Tanya" pajero sport

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Magusfaisal
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Jul 21, 2016 1:25

Tanya" pajero sport

Post by Magusfaisal »

Suhu" sekalian, mau nanya nih PS ane tahun 2012 dakar 4x4 skrg udh mulai boros banget, serasa netesin solar di jalanan. Kata bengkel mtsbhsi disuruh 1. genti timming belt 2. Intake manifold 3 Egr system ditutup 4. Diesel purging 5. Pakek dastek supaya erit *harga mehong.
Setelah ane itung" itu gede banget biaya nya, tapi menurut suhu" sekaian apakah bisa menjadi irit 5 poin diatas untuk mobil ane? Terimakasih
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Tanya" pajero sport

Post by silentIm2 »

Saya sih ga familier dokar, tapi kalo diesel lumayan lah.

Sebaiknya kembalikan ke standar dulu om. Ganti filter udara dan solar. Bersihkan jalur intake manifold. Boleh skalian purging. Liat apa sudah baik belum?
Asap knalpot hitem / putih banget ga, kalo dicoba gas di jalan? Kalo asap ga transparan ato hitem tipis dan yg diatas sudah dilakukan,solar masih boros, brarti kmungkinan nozel dah kena. Harus dites nozelnya di bengkel common rail.

Timing belt kalo blom 80.000 km ato 5 tahun bisa ditunda dulu om.. biasanya timing belt ini ga keliatan.. ga ada gejala langsung snap, modyar dah klep ngehajar piston.

Egr & dastek ga perlu lah. Malah bikin boros.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
undertaker2011
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Tue Nov 26, 2013 1:35

Re: Tanya" pajero sport

Post by undertaker2011 »

Nubie 4th, 100,000 baru ganti timing belt.

Kalo menurut fc di mobil sie, malah makin irit , dulu kalo tol sekitar 12,x0 skrg bisa 14,x0 dalam kondisi sama....
Padahal makin kemari makin banyak minum solar busuk, dibanding pas awal2 yang 2-3minggu dicampur Dex
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Tanya" pajero sport

Post by paidjho »

Magusfaisal wrote:Suhu" sekalian, mau nanya nih PS ane tahun 2012 dakar 4x4 skrg udh mulai boros banget, serasa netesin solar di jalanan. Kata bengkel mtsbhsi disuruh 1. genti timming belt 2. Intake manifold 3 Egr system ditutup 4. Diesel purging 5. Pakek dastek supaya erit *harga mehong.
Setelah ane itung" itu gede banget biaya nya, tapi menurut suhu" sekaian apakah bisa menjadi irit 5 poin diatas untuk mobil ane? Terimakasih
Maaf kalau newbie gak jawab pertanyaan Om...
Mungkin bisa di perjelas dulu, biar para suhu bisa jawab.
Selama ini maintenance nya bagaimana
Purging terakhir kapan
Km sekarang berapa?
Kondisi trafic seperti apa
Borosnya segimana?
Gaya nyetir bagaimana
Kata bengkel nya Om apa, knapa manifold harus diganti?

IMHO, Kalau piggy mungkin belakangan ya atau optional, yg penting penyakitnya ketemu dulu dan dibenerin.
Magusfaisal
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Jul 21, 2016 1:25

Re: Tanya" pajero sport

Post by Magusfaisal »

paidjho wrote:
Magusfaisal wrote:Suhu" sekalian, mau nanya nih PS ane tahun 2012 dakar 4x4 skrg udh mulai boros banget, serasa netesin solar di jalanan. Kata bengkel mtsbhsi disuruh 1. genti timming belt 2. Intake manifold 3 Egr system ditutup 4. Diesel purging 5. Pakek dastek supaya erit *harga mehong.
Setelah ane itung" itu gede banget biaya nya, tapi menurut suhu" sekaian apakah bisa menjadi irit 5 poin diatas untuk mobil ane? Terimakasih
Maaf kalau newbie gak jawab pertanyaan Om...
Mungkin bisa di perjelas dulu, biar para suhu bisa jawab.
Selama ini maintenance nya bagaimana
Purging terakhir kapan
Km sekarang berapa?
Kondisi trafic seperti apa
Borosnya segimana?
Gaya nyetir bagaimana
Kata bengkel nya Om apa, knapa manifold harus diganti?

IMHO, Kalau piggy mungkin belakangan ya atau optional, yg penting penyakitnya ketemu dulu dan dibenerin.
Kalau purging gak pernah
Skrg udh 75.000 km
Dibersihin aja intekmanifold nya kata bengkelnya
Pemakaian pelan dan stabil aja mobil terasa berat, berbunyi sedikit mesin / ato timingbeltya. Solar pun kgk terasa cepet amat turunya. Itu sih suhu kendalanya, makanya dilema nih dimobil :big_cry:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Tanya" pajero sport

Post by Hansen »

Udah 75rb km dan egr belum tutup? Sudah pasti intake manifoldnya mampet penuh kerak hitam yg mengeras, jalur udaranya makin menyempit ibarat org lg flu berat susah bernapas.
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Tanya" pajero sport

Post by ipat »

Buset 75rb blm pernah purging,mungkin jarang dirawat mobilnya, borosnya brp km/l? 10/kml?
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Tanya" pajero sport

Post by Hanggar »

BBM sehari2 nya pake apa Om? Setahu saya efek solar subsidi dlm jangka panjang yaa seperti ituh salah satunya.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Tanya" pajero sport

Post by silentIm2 »

Oh ya lupa.. keadaan tubo bagaimana? Masih sehat apa bocor? Apa antara turbo, intercooler, intake manifold tidak ada kebocoran?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Tanya" pajero sport

Post by daftar »

untuk yang ganti timming belt memang sudah mau waktunya, tidak ada hubungan sama keluhan borosnya
:ngacir:
Magusfaisal
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Jul 21, 2016 1:25

Re: Tanya" pajero sport

Post by Magusfaisal »

Gak dibolehin org bengkel om egr nya ditutup, katanya ngeri miss klo lagi ngerem.
Purging berapa tahun sekali ya om? -,- saya service" aja dibengkel resmi, jadi pasrah aja sm mekanik.
Pakek biosolar om
Turbo alhmdllah bagus om
Geardownflaps15
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Jul 23, 2016 15:22

Re: Tanya" pajero sport

Post by Geardownflaps15 »

Egr ditutup engga ada hubungannya sama ngerem bro..
Dia circulate exhaust gas masuk ke intake lagi, jd udara panas masuk intake lagi, jdnya rpm bawah rasanya boyo dan pembakaran engga efisien..
Klo mau enak egr ditutup/ disuspend, kerjainnya jangan di beres, nanti cuma ditutup pake guntingan kaleng bekas..
Sama beres kok nyaranin dastek ya? Dastek engga da hubungannya sama irit sih, dia lebih ke ningkatin performa..
Menurut pribadi ane juga sama kaya jawaban2 diatas, mungkin intakenya udah penuh kerak secara egr engga ditutup dan engga pernah purging..
Nah klo purging beres bisa, dan obat purgingnya beres engga semahal merk2 yg diluar..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Tanya" pajero sport

Post by Hansen »

Nggak tutup egr juga gpp, asal mau rutin rajin bersihin intake manifold dan saluran egr nya.
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Tanya" pajero sport

Post by Hanggar »

Kenapa pabrik repot2 bikin EGR kalau ternyata malah nyusahin? pasti karena di Jepang didesain dgn solar yg bermutu baik, begitu di indo kena solar busuk malah jadi bumerang . . . puyeeng daaah.

Jgn sampe kaya anggapan orang jaman dulu soal thermostat yg dilepas biar mobil lebih adem . . . .adem sih adem . . .tapi mesin jadi boros dan berkerak, akhirnya lama2 rontok juga dalemannya.
tya
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Aug 12, 2016 2:17

Re: Tanya" pajero sport

Post by tya »

Newbi nih, mau tanya exceed 2015..knapa udara/bau dr luar bs masuk dlm kabin Ya? Posisi jendela tertutup semua, ac juga posisi udara dr dlm sj, dr awal beli sudah ky gini.. mohon solusinya. tks..
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Tanya" pajero sport

Post by marzoochi »

Coba cek bagian flipper atau sirip yang mengatur sirkulasi udara luar ke dalam ya oom, biasanya ada di deket filter kabin, belakang glovebox. Beberapa kali kejadian, ada ganjalan sehingga flipper tidak nutup sempurna padahal dah diset sirkulasi udara dalam.
Kemungkinan lain, dek body ada yg keropos, udara luar masuk ke kabin