Jangan takut men swap Blazer anda

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

Setelah saya melakukan engine swap di blazer ada beberapa poin untuk penguat mental
1. Engine swap memang harus siap dana. Gimana cara mensiasatinya? Ya di buat santai jangan dibuat target kelar dalam waktu cepat. Seperti orang mbangun rumah. Ada duit jalan , lagi bokek ya brenti dulu.
2. Harus dikerjakan oleh bengkel yang perpengalaman. Karena engine swap asalnya dari percobaan trial and error. Semakin sering bengkel itu ngerjain maka semakin pengalaman. Dan semakin sedikit melakukan kesalahan ato gagal.
3. Ikuti apa kata tukang bengkel yang berpengalaman. Percayalah, mereka juga ingin memberikan hasil yang baik. Jangan keminter ikut ngatur2. Apalagi kembali ke masalah dana misalnya. Duit saya cekak, saya maunya beli mesin doang trus transmisi sm gardan pake aslinya. Pasti hasilnya bubar. Memang itu duit2 anda. Tapi kalo hasilnya ga memuaskan, anda sendiri yang rugi. Untuk masalah dana kembali ke poin 1.

Mungkin itu sedikit yang ingin saya sharing. Jujur aja swap blazer saya cuma pake mesin 4JA1 non turbo saja bisa mendapatkan hasil yang beyond my expectation. Ga saya sangka sebelumnya.
Akselerasi dan top speednya itu sangat luar biasa. Gigi 1-2 bisa spin. Top speed 120-130 dapet. Ini belum pernah saya dapet di panther turbo sekalipun. Apalagi mesin bensin ori blazer. Wah , ya jauh banget lah. Ya mungkin top speednya aja yang kalah sama blazer bensin. Benernya bisa2 aja kalo mau nambah top speednya. Tinggal rubah final gearnya lagi tapi saya sih udah cukup top speed 130km/jam. Mau ngebut seberapa lagi? Tar akselerasinya yang berkurang. Dan setingan sekarang ini yang pas buat saya. Dikit2 spin terus kaya pake turbo. Tinggal nunggu mlintir aja as kopel ato gardan nya. Ga bisa bayangin kalo saya kemarin jadi milih mesin 4JB1T apalagi 4JG2T. Bisa terbang kali itu blazer.
Jangan ragu untuk menswap blazer anda. Kapan lagi dapet mobil yang nyaman, empuk, kedap tapi dengan tarikan yang sadis dan bengis. Yang terpenting, IRIT pulak. Ga usah takut sama suara berisik dieselnya, itu mah urusan tetangga anda. Tinggal tutup pintu blazernya, bleng!! suara nyaris tak terdengar. Akhirnya saya lebih menikmati naik blazer saya daripada pajero fortuner saya. Lebih beringas rpm bawahnya. Sementara pajero fortuner nunggu turbonya nyala ada jeda lag nya. Blazer mah dibejek dikit langsung ngacir. Sensasinya bikin kaki saya gak sekolah. Kalo pajero fortuner kaki saya jadi berpendidikan. Solarnya dex terus belum borosnya pula.
Ya semua modifikasi ga bisa 100% sempurna. Terutama di sektor2 panel indikator suka ngaco. Iyalah kan ecu nya jadi bingung.
Cuma 1 hal yang bikin saya nyesel. Kalo tau hasilnya bakal begini, dulu nyari body blazernya yang bagus sekalian, ga asal nyari body murah akhirnya dapet yang agak kurang terawat.
Last edited by diesel mania on Sat Jun 25, 2016 0:24, edited 1 time in total.
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

Diesel in my head
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by dream_theater »

Wah, mantap engine swapnya om... :frm_tumbleft:
BTW itu transmisi & gardan masih pake punya Blazer? Abis berapa duit om? STNK masih bensin?
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by dieselman228 »

Mantap om, cakep tenan...

Anyway kalau bs spin brati torsi dan body enteng dong ya om?
Power to weight sama torque to weightnya brp om?
Pernah tes dyno ga om?

Speechless mesin cuma 4ja1 non turbo, dipanther aja ga wah wah banget...
Itu boros karena settingan solarnya rich ya om? (CMIIW rich=banjir, lean=kering kan ya?)
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by Turboman »

Kalo ke 4JA1 plug n play, mestinya masukkin 4JJ1 aja ke Blazer beserta transmisinya

Harga mesin lebih murah drpd 1 KD

Bisa dijadikan monster
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by solar_kerosen »

kalau nurut gue sih mesin blazer DOHC udah cukup lain hal kalau yg masih SOHC perlu upgrade mesin
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

dream_theater wrote:Wah, mantap engine swapnya om... :frm_tumbleft:
BTW itu transmisi & gardan masih pake punya Blazer? Abis berapa duit om? STNK masih bensin?
Nah ini yang dimaksud modif nanggung. Kalo mau bagus emang harus sekalian mesin+transmisi+gardan punya panther semua. Ibaratnya naik panther tapi body blazer. Itupun awalnya setelah sempet kepasang semua ternyata kalo pake gardan panther agak keberatan tarikan ngeden. Akhirnya ratio-nya dibesarin bonggolnya diganti pake punya sodaranya Isuzu. Maaf sponsor bengkel minta dirahasiakan pake apa.
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

:frm_snipper:
Turboman wrote:Kalo ke 4JA1 plug n play, mestinya masukkin 4JJ1 aja ke Blazer beserta transmisinya

Harga mesin lebih murah drpd 1 KD

Bisa dijadikan monster
Benernya awalnya saya bikin ini cuma simple aja.
1. Kangen sama panther saya jaman masih susah dulu.
2. Saya ga cocok sama attitude n driving style sopir saya, jadi suka sayang kalo dikasi mobil bagus. Wong rencananya cuma dijadiin mobil harian buat antar jemput anak pake sopir.

Akhirnya saya putuskan pake mesin yang simple aja 4JA1 bekas panther LM thn 2004 daripada mesin ex sing. selain harganya juga murah, part lokalnya gampang dicari n murah2 juga. Maklum saya skrg tinggalnya di desa, yg ngerjain temen bengkel di surabaya. Padahal waktu itu diworkshop temen saya banyak tersedia mesin2 mau isuzu,toyota 1kzte,mitsu 4d56T. Cuma yang ga saya sangka hasilnya bisa begini. Malah keasikan saya pake sendiri.
Oya kebetulan temen bengkel saya rada alergi sama commonrail. Full elektronik kabelnya bikin mumet. Belum lagi klo rusak injektornya sebiji bisa 5jtan.
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

diesel mania wrote::frm_snipper:
Turboman wrote:Kalo ke 4JA1 plug n play, mestinya masukkin 4JJ1 aja ke Blazer beserta transmisinya

Harga mesin lebih murah drpd 1 KD

Bisa dijadikan monster
Benernya awalnya saya bikin ini cuma simple aja.
1. Kangen sama panther saya jaman masih susah dulu.
2. Saya ga cocok sama attitude n driving style sopir saya, jadi suka sayang kalo dikasi mobil bagus. Wong rencananya cuma dijadiin mobil harian buat antar jemput anak pake sopir.

Akhirnya saya putuskan pake mesin yang simple aja 4JA1 bekas panther LM thn 2004 daripada mesin ex sing. selain harganya juga murah, part lokalnya gampang dicari n murah2 juga. Maklum saya skrg tinggalnya di desa, yg ngerjain temen bengkel di surabaya. Takutnya kalo ada apa2 tukang bengkel disini mana ada yang mudeng. Padahal waktu itu diworkshop temen saya banyak tersedia mesin2 mau isuzu 4JB1T,4JG2T,toyota 2LT, 1kzte,mitsu 4d56T. Cuma yang ga saya sangka kalo hasilnya bisa begini. Malah keasikan saya pake sendiri.
Oya kebetulan temen bengkel saya rada alergi sama yang namanya commonrail. Full elektronik kabelnya sekarung sendiri bikin mumet. Belum lagi klo rusak injektornya sebiji bisa 5jtan. Dia emang punya kadang stok mesin 1KD, 2KD. Tapi maunya buat kanibalan ga mau kalo disuruh ngeswap ke mobil yang beda tipe.
Last edited by diesel mania on Sat Jun 25, 2016 3:19, edited 1 time in total.
Diesel in my head
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by Turboman »

Posisi engine mounting lgs plek masuk or ada rubah gak ?

Utk injector CRD kalo rusak ada repair kit nya, ga perlu ganti injector assy

Bengkel CRD yg alat en parts sgt lengkap justru ada di Sidoarjo, si Dizzo - pak Wawan
* Bukan ajakan Beli *
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

Turboman wrote:Posisi engine mounting lgs plek masuk or ada rubah gak ?

Utk injector CRD kalo rusak ada repair kit nya, ga perlu ganti injector assy

Bengkel CRD yg alat en parts sgt lengkap justru ada di Sidoarjo, si Dizzo - pak Wawan
CMIIW, bukannya CRD kalo rusak kebanyakan kena body valvenya? Jarang kena noselnya aja? It means harus ganti utuh injektornya.
Engine n transmisi mounting. Ini yang saya curiga jangan2 panther sama blazer ini masih 1 sodara. Kalo diliat dari sejarahnya GM sama isuzu emang sodaraan. Chevy trooper mesin c223, CJ7 mesin c240, belom lagi MUX sm Trailblazer. Engine mounting sangat2 plek. Ga ada bikin lobang baru. Cuma pake mountingnya mobil apa disuruh rahasiain lagi.
Saya pernah baca dari SMers proyek pabrikan astra indo yang bikin prototipe blazer mesin panther tapi ga dilanjutin karena power weight to rationya ga pas. Itu non sense, jawabannya pemilihan gardan yang salah. Mungkin juga ga dilanjutin proyeknya takut mematikan pasaran panther itu sendiri. Makanya justru dibuatlah chevy tavera. Bisa jadi buat ngabisin stock mesin blazer. Maybe..
Last edited by diesel mania on Sat Jun 25, 2016 4:45, edited 1 time in total.
Diesel in my head
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by dsign1990 »

wah pake blazer om
april 13 - januari 15 saya pake montera yg 3 baris mesin SOHC.
padahal mesinnya paling boyo dibanding DOHC , tapi buat ane yg seringnya dibawa sendirian powernya udah lumayan puas kok meski seingat saya kalau di tol kecepatan 100 itu RPM nya nyentuh 3000 lebih. BBM juga masih logis masih mirip kijang kapsul 2,0.
Pernah bawa 7 orang , rasanya yang kewalahan bukan mesinnya tapi sasisnya yang jadi gak enak rasanya .
buluangsa
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Mar 04, 2012 2:19

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by buluangsa »

Boleh share bengkel dan total damage cost nya om?

Dr dulu kesemsem blazer diesel [GRINNING FACE WITH SMILING EYES][GRINNING FACE WITH SMILING EYES]

Sent from my X9009 using Tapatalk
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by PRBS »

jadi penasaran kalo blazer di swap pakai 2KD..

pasaran 2KD berapa ya? pasti masih tinggi ya..

cuma kalau mesin panther aja bisa langsam, dan masih sanggup top speed 130an. ya lumayan juga hehe
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by billyd1773dz »

liat di video, tachonya blm jalan ya om?

rasanya gigi 1 -2 spin dan topspeed mentok 130kmh, karena ratio transmisi + fg nya terlalu kasar/low. gigi 5 @ 100kmh ada di rpm brp? pasti tinggi ya?


eh bentar tachonya kyanya blm jalan. :mky_01:


mantap om proyeknya.

klw surat gmn om... sya ada beberapa mbl sya yg di swap enjin, kendala paling sulit justru di ngelurusin surat dri bensin k diesel,trutama klw ada yg g lengkap suratnya dan panel2 indikator tentunya

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

billyd1773dz wrote:liat di video, tachonya blm jalan ya om?

rasanya gigi 1 -2 spin dan topspeed mentok 130kmh, karena ratio transmisi + fg nya terlalu kasar/low. gigi 5 @ 100kmh ada di rpm brp? pasti tinggi ya?


eh bentar tachonya kyanya blm jalan. :mky_01:


mantap om proyeknya.

klw surat gmn om... sya ada beberapa mbl sya yg di swap enjin, kendala paling sulit justru di ngelurusin surat dri bensin k diesel,trutama klw ada yg g lengkap suratnya dan panel2 indikator tentunya

:beer:
Wakakak ketauan. Emang tacho rpm speed ga bisa jalan. Rpm kendalanya dari girbok panther aslinya emang ga ada rpmnya. Nah klo top speed emang kira2. Di tol iringan sama temen pake panther royal 2.5 jalan 100-110km/jam ditinggal jauh sama si blazer. Katanya sih masi ada sisa rpm lah. Benernya klo mau ngecek via gps bisa sih. Tp blm sempet ini mbengkel lagi nepel selang solarnya bocor gara2 kaki saya ga sekolah. Bejek2 mlulu.
Last edited by diesel mania on Sat Jun 25, 2016 5:17, edited 2 times in total.
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

PRBS wrote:jadi penasaran kalo blazer di swap pakai 2KD..

pasaran 2KD berapa ya? pasti masih tinggi ya..

cuma kalau mesin panther aja bisa langsam, dan masih sanggup top speed 130an. ya lumayan juga hehe
Ini bro PRBS dari lapak sebelah ya? Waduh saran seperti diatas deh. Jangan main2 deh sama mesin crd. Full elektronik, ecu, belum lagi sensor2nya. Ga konek dikit mesin ngambek ga mau idup. Jangan under estimate diesel lawas lah. Kalo mau ada tuh toyota 1KZTE vs isuzu 4JG2T. Diesel top dimasanya, peralihan konvensional ke crd. Suara lebih halus, drpd 2KD lho. Tenaga ga kalah sm CRD. Elektronik masih pake semi commonrail. Aplikasinya masih gampang buat swap.
Diesel in my head
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by billyd1773dz »

Ngawinin tacho petrol ke diesel pasti peer sie..... source nya beda. Apalagi klw blazernya uda via ecu tacho nya


Sya ada cj7 pke KZ dan girbox matic.... imho larinya so so ya memang hanya 130ps wkwk jauh dibanding vnt standar.. ini juga uda mayan ribet kabel2nya.


Klw KD peernya lebih banyak lagi selain unitnya mahal, paling gampang klw halfcut uda banyak jadi bisa di pasang semua g perlu ngawin2in. Pedal gas aja uda dbw wkwk

Tp sya lg pengen masang KD di XJ wkwk

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by PRBS »

diesel mania wrote:
PRBS wrote:jadi penasaran kalo blazer di swap pakai 2KD..

pasaran 2KD berapa ya? pasti masih tinggi ya..

cuma kalau mesin panther aja bisa langsam, dan masih sanggup top speed 130an. ya lumayan juga hehe
Ini bro PRBS dari lapak sebelah ya? Waduh saran seperti diatas deh. Jangan main2 deh sama mesin crd. Full elektronik, ecu, belum lagi sensor2nya. Ga konek dikit mesin ngambek ga mau idup. Jangan under estimate diesel lawas lah. Kalo mau ada tuh toyota 1KZTE vs isuzu 4JG2T. Diesel top dimasanya, peralihan konvensional ke crd. Suara lebih halus, drpd 2KD lho. Tenaga ga kalah sm CRD. Elektronik masih pake semi commonrail. Aplikasinya masih gampang buat swap.
betul sekali om. id saya di kas*us sama mod*kom sama.

nah iya, dulu pas di bengkel langganan saya (arj4x4) nyaranin 4jg2t. tapi untuk spareparts, takut ga segampang swap diesel panther sih. (kalau tenaga emang buass). soalnya niatnya emang untuk daily..

sebenernya sih, swap panther udah cukup banget buat saya.. mobilnya juga bukan buat banter2an di toll..

lagi coba arrange budget sih. racun om kuat nih hahaha. semoga tercapai..

*oiya, untuk FC, sudah ada perhitungan dapatnya berapa belum om?*
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

PRBS wrote:
diesel mania wrote:
PRBS wrote:jadi penasaran kalo blazer di swap pakai 2KD..

pasaran 2KD berapa ya? pasti masih tinggi ya..

cuma kalau mesin panther aja bisa langsam, dan masih sanggup top speed 130an. ya lumayan juga hehe
Ini bro PRBS dari lapak sebelah ya? Waduh saran seperti diatas deh. Jangan main2 deh sama mesin crd. Full elektronik, ecu, belum lagi sensor2nya. Ga konek dikit mesin ngambek ga mau idup. Jangan under estimate diesel lawas lah. Kalo mau ada tuh toyota 1KZTE vs isuzu 4JG2T. Diesel top dimasanya, peralihan konvensional ke crd. Suara lebih halus, drpd 2KD lho. Tenaga ga kalah sm CRD. Elektronik masih pake semi commonrail. Aplikasinya masih gampang buat swap.
betul sekali om. id saya di kas*us sama mod*kom sama.

nah iya, dulu pas di bengkel langganan saya (arj4x4) nyaranin 4jg2t. tapi untuk spareparts, takut ga segampang swap diesel panther sih. (kalau tenaga emang buass). soalnya niatnya emang untuk daily..

sebenernya sih, swap panther udah cukup banget buat saya.. mobilnya juga bukan buat banter2an di toll..

lagi coba arrange budget sih. racun om kuat nih hahaha. semoga tercapai..

*oiya, untuk FC, sudah ada perhitungan dapatnya berapa belum om?*
FC ngitungnya agak ngaco indikatornya. Dari full to full tanki dari surabaya ke tempat saya di pantura jateng t*g*l sekitaran habis 100rb.
Coba om pake 4JB1T nya elf. Sparepartnya gampang. Harga juga ga banyak beda sama 4JA1. Torsi lebih buas lagi. Cuma ya getaran sm suara lebih gede daripada 4JA1. Tapi body blazer sangguplah meredamnya.
Diesel in my head
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by stevenanthony »

sorry om ane ga khatam blazer ataupun disel.... cuma penasaran, kalo mesin biasa blazer (sblm di swap) ga dapet ya om 120 kmh? :mky_01:
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by PRBS »

stevenanthony wrote:sorry om ane ga khatam blazer ataupun disel.... cuma penasaran, kalo mesin biasa blazer (sblm di swap) ga dapet ya om 120 kmh? :mky_01:
blazer montera (SOHC) punya saya sih masih sanggup dan tergolong ga lama sih mencapai 120. naik ke 140 barulah lama banget.

TAPI, speknya sudah body + suspension lift, dan ban MT 31.

blazer yang DOHC, 160kmh juga masih sanggup.. mencapai 140an juga tergolong ga lama.. (pernah pinjem anak BIC). kondisi ban MT 31 juga..


(btw, dengan catatan semua blazer yang saya coba diatas itu terawat loh ya. )


dulu pernah coba blazer kondisi ga terawat (DOHC) speed 100kmh udah geter semua.. kayaknya engine mounting udah kena.. atau malah udah minta turun mesin? mboh lah


ga enaknya mesin blazer itu boros.. digas sih bisa ngacir, tapi lebih ngacir jarum bensinnya :mky_07: :mky_07:
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

stevenanthony wrote:sorry om ane ga khatam blazer ataupun disel.... cuma penasaran, kalo mesin biasa blazer (sblm di swap) ga dapet ya om 120 kmh? :mky_01:
Dapetlah. Top speed blazer lumayan juga. Akselerasinya aja yang boyo sama bensin yang kencing. Kalo punya blazer jangan sampai bermasalah sama mesinnya. Rewel
Setidaknya itu sih keluhan para ownernya. No offense. Mencapai 120-130km/jam itu jelas hal yang mudah buat mobil2 pabrikan. Yang perlu saya tekankan disini adalah suatu keberhasilan dalam engine swap. Banyak komplain yang didapat habis engine swap entah itu
1. Malah ga bisa akselerasi (ngeden) ato kebalikannya ga dapet top speednya.
2. Getaran mesin yang hebat sampe dashboardnya goyang. Baik itu saat stasioner ato jalan.
3. Daya tahan komponen. Klo maksa misal mesin dan transmisi ga pas. Mesin 3000cc dipasang di girbok 2000cc ya bisa dipastikan dalam waktu singkat jebol girboknya.

Akhirnya malah menambah penderitaan dan penyesalan udah keluar duit banyak ga sesuai hasilnya. makanya percayakan dengan bengkel yang pasti2 aja dan kalonperlu tes drive sendiri hasil karyanya gimana.
Diesel in my head
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by Turboman »

Mesin 1KZ TE dgn Rotary distribution pump ber ECU ?

1HD FTE / ZD 30 / 4 JH1 T dll

DENSO VRZ / BOSCH VP 37 / 44 ?

Itu kalo rusak biaya reparasi bisa LEBIH MAHAL drpd CRD om.......hati2......krn solenoid injector menyatu di pompa injeksi.......yg ke ruang bakar si nozzle nya aja

Di atas pompa injeksi ada modul elektronik lagi selain ECU

Kecuali dapet pompa seken copotan ya

Makanya transisi dr VE pump ke era VRZ / VP pump ini gak berlangsung lama, abisi itu ke era CRD karen CRD lebih simple drpd sistem rotary dist electronic

Kalo CRD injector rusak cukup reparasi injector yg rusak, repair kit ada, ane pernah lihat printilan jeroan injector CRD waktu si Dizzo ikut IIMS bbrp tahun lalu

Di Indonesia CRD masih menjadi momok saat reparasi orn bengkel2 specialist CRD masih jarang

Kalo di Thailand dan KorSel mah udah hal jamak
* Bukan ajakan Beli *
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Jangan takut men swap Blazer anda

Post by diesel mania »

Ini ada ilustrasi kasus. Ada blazer pake 4D56T. Karena kap mesinnya blazer pendek ,intercooler 4D56Tnya dicopot. Transmisi sama gardannya dibiarin pake stdnya blazer. Top speed cuma dapet 80km/jam mesin udah teriak2. Trus keluhan berikutnya gampang overheat. Radiator diganti pake truk yang segede gaban ya ga menyelesaikan masalah. Wong overheatnya gara2 rasio kependekan akhirnya mesin bekerja dalam rpm tinggi terus.
Diesel in my head