Nice info. Kalo boleh tau berapa harga repair kit buat pajero fortuner?Turboman wrote:Mesin 1KZ TE dgn Rotary distribution pump ber ECU ?
1HD FTE / ZD 30 / 4 JH1 T dll
DENSO VRZ / BOSCH VP 37 / 44 ?
Itu kalo rusak biaya reparasi bisa LEBIH MAHAL drpd CRD om.......hati2......krn solenoid injector menyatu di pompa injeksi.......yg ke ruang bakar si nozzle nya aja
Di atas pompa injeksi ada modul elektronik lagi selain ECU
Kecuali dapet pompa seken copotan ya
Makanya transisi dr VE pump ke era VRZ / VP pump ini gak berlangsung lama, abisi itu ke era CRD karen CRD lebih simple drpd sistem rotary dist electronic
Kalo CRD injector rusak cukup reparasi injector yg rusak, repair kit ada, ane pernah lihat printilan jeroan injector CRD waktu si Dizzo ikut IIMS bbrp tahun lalu
Di Indonesia CRD masih menjadi momok saat reparasi orn bengkel2 specialist CRD masih jarang
Kalo di Thailand dan KorSel mah udah hal jamak
Jangan takut men swap Blazer anda
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Diesel in my head
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
niat mau pamer malah amsiongdiesel mania wrote:Ini ada ilustrasi kasus. Ada blazer pake 4D56T. Karena kap mesinnya blazer pendek ,intercooler 4D56Tnya dicopot. Transmisi sama gardannya dibiarin pake stdnya blazer. Top speed cuma dapet 80km/jam mesin udah teriak2. Trus keluhan berikutnya gampang overheat. Radiator diganti pake truk yang segede gaban ya ga menyelesaikan masalah. Wong overheatnya gara2 rasio kependekan akhirnya mesin bekerja dalam rpm tinggi terus.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
bentar bentardiesel mania wrote:Ini ada ilustrasi kasus. Ada blazer pake 4D56T. Karena kap mesinnya blazer pendek ,intercooler 4D56Tnya dicopot. Transmisi sama gardannya dibiarin pake stdnya blazer. Top speed cuma dapet 80km/jam mesin udah teriak2. Trus keluhan berikutnya gampang overheat. Radiator diganti pake truk yang segede gaban ya ga menyelesaikan masalah. Wong overheatnya gara2 rasio kependekan akhirnya mesin bekerja dalam rpm tinggi terus.
ini jadi mesin aja yg diganti? transmisi dan gardan standar blazer?
klw gtu harusnya ga jadi kependekan rationya, kan transmisi dan gardan masih ratio standar blazer yang sama g dirobah2?
klw transmisi atw final gir diganti atw ban diganti, ya bisa bikin rasio kependekan/terlalu low, klw ga dihitung.
mesin saja berkerja di rentang rpm yang sama dan ga ada rasio reduksi, apalagi khusus 4D56 non crd rev nya cukup tinggi hampir 5K
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Wah kalo terawat untuk ukuan mobil usia segith ngacirr juga ya om larinyaPRBS wrote:
blazer montera (SOHC) punya saya sih masih sanggup dan tergolong ga lama sih mencapai 120. naik ke 140 barulah lama banget.
TAPI, speknya sudah body + suspension lift, dan ban MT 31.
blazer yang DOHC, 160kmh juga masih sanggup.. mencapai 140an juga tergolong ga lama.. (pernah pinjem anak BIC). kondisi ban MT 31 juga..
(btw, dengan catatan semua blazer yang saya coba diatas itu terawat loh ya. )
dulu pernah coba blazer kondisi ga terawat (DOHC) speed 100kmh udah geter semua.. kayaknya engine mounting udah kena.. atau malah udah minta turun mesin? mboh lah
ga enaknya mesin blazer itu boros.. digas sih bisa ngacir, tapi lebih ngacir jarum bensinnya
Kao yang 100 uda gter2 baru dah gawat.... Apalagi kal ditambah bensinnya boros.
Ohhh begitu ya om... Ane salut sih sama swap enginnya, rela waktu+ biaya+ usaha... Pasti worth it sekali... Dan di videonya ane juga dengerin kalo uda di interiornya teredam sekali suara dieselnya..diesel mania wrote:
Dapetlah. Top speed blazer lumayan juga. Akselerasinya aja yang boyo sama bensin yang kencing. Kalo punya blazer jangan sampai bermasalah sama mesinnya. Rewel
Setidaknya itu sih keluhan para ownernya. No offense. Mencapai 120-130km/jam itu jelas hal yang mudah buat mobil2 pabrikan. Yang perlu saya tekankan disini adalah suatu keberhasilan dalam engine swap. Banyak komplain yang didapat habis engine swap entah itu
1. Malah ga bisa akselerasi (ngeden) ato kebalikannya ga dapet top speednya.
2. Getaran mesin yang hebat sampe dashboardnya goyang. Baik itu saat stasioner ato jalan.
3. Daya tahan komponen. Klo maksa misal mesin dan transmisi ga pas. Mesin 3000cc dipasang di girbok 2000cc ya bisa dipastikan dalam waktu singkat jebol girboknya.
Akhirnya malah menambah penderitaan dan penyesalan udah keluar duit banyak ga sesuai hasilnya. makanya percayakan dengan bengkel yang pasti2 aja dan kalonperlu tes drive sendiri hasil karyanya gimana.
Semoga ttp trouble free om blazernya ... Oh ya mesin2 isuzu kalo liat di wiki, ada yang dipake opel dan holden... (Gm group yg berari sau group sama chevy) makanya bisa pas fittingny
2015 Honda HR-V E CVT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Gimana dengan putaran kruk asnya? Ada yg long stroke dan short. Dari cc besar 4d56 harusnya langkahnya panjangan mitsu drpd blazer. Perputaran yang dihasilkan di kruk as dan roda gila juga beda harusnya sih.billyd1773dz wrote:bentar bentardiesel mania wrote:Ini ada ilustrasi kasus. Ada blazer pake 4D56T. Karena kap mesinnya blazer pendek ,intercooler 4D56Tnya dicopot. Transmisi sama gardannya dibiarin pake stdnya blazer. Top speed cuma dapet 80km/jam mesin udah teriak2. Trus keluhan berikutnya gampang overheat. Radiator diganti pake truk yang segede gaban ya ga menyelesaikan masalah. Wong overheatnya gara2 rasio kependekan akhirnya mesin bekerja dalam rpm tinggi terus.
ini jadi mesin aja yg diganti? transmisi dan gardan standar blazer?
klw gtu harusnya ga jadi kependekan rationya, kan transmisi dan gardan masih ratio standar blazer yang sama g dirobah2?
klw transmisi atw final gir diganti atw ban diganti, ya bisa bikin rasio kependekan/terlalu low, klw ga dihitung.
mesin saja berkerja di rentang rpm yang sama dan ga ada rasio reduksi, apalagi khusus 4D56 non crd rev nya cukup tinggi hampir 5K
cmiiw
Diesel in my head
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
1 rotasi rpm = 1 putaran flywheel / crank shaft. so panjang stroke harusnya tidak berpegaruh ke jumlah putaran flywheel. panjang stroke berpengaruh ke torque curve per rpm nya.diesel mania wrote:Gimana dengan putaran kruk asnya? Ada yg long stroke dan short. Dari cc besar 4d56 harusnya langkahnya panjangan mitsu drpd blazer. Perputaran yang dihasilkan di kruk as dan roda gila juga beda harusnya sih.billyd1773dz wrote:bentar bentardiesel mania wrote:Ini ada ilustrasi kasus. Ada blazer pake 4D56T. Karena kap mesinnya blazer pendek ,intercooler 4D56Tnya dicopot. Transmisi sama gardannya dibiarin pake stdnya blazer. Top speed cuma dapet 80km/jam mesin udah teriak2. Trus keluhan berikutnya gampang overheat. Radiator diganti pake truk yang segede gaban ya ga menyelesaikan masalah. Wong overheatnya gara2 rasio kependekan akhirnya mesin bekerja dalam rpm tinggi terus.
ini jadi mesin aja yg diganti? transmisi dan gardan standar blazer?
klw gtu harusnya ga jadi kependekan rationya, kan transmisi dan gardan masih ratio standar blazer yang sama g dirobah2?
klw transmisi atw final gir diganti atw ban diganti, ya bisa bikin rasio kependekan/terlalu low, klw ga dihitung.
mesin saja berkerja di rentang rpm yang sama dan ga ada rasio reduksi, apalagi khusus 4D56 non crd rev nya cukup tinggi hampir 5K
cmiiw
oyah, blazer 2.2 stroke 94.5mm, mitsu 4D56 95mm.. tdk signifikan jg bedanya
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Hmmm, jujur saya masi belum nemu jawabnya. Maklumlah saya sekolahnya juga bukan jurusan teknik mesin. Tapi feeling saya pasti ada yang beda putaran kruk as diesel sama bensin apa itu diameter ,etc. Mungkin om turbo bisa bantu jawab. Ya, kembali lagi ke jawaban diplomatis aja deh. Semua engineering sudah merancang dengan baik komposisi mesin, matic,gardan. Kalo bengkel modifikator pastilah kebanyakan pakai trial and error. Belajar aja dari yang sudah2, yang pernah mencoba dan gagal. Yang berhasil ya ditiru. Sori jawabannya ga memuaskan.billyd1773dz wrote:1 rotasi rpm = 1 putaran flywheel / crank shaft. so panjang stroke harusnya tidak berpegaruh ke jumlah putaran flywheel. panjang stroke berpengaruh ke torque curve per rpm nya.diesel mania wrote:Gimana dengan putaran kruk asnya? Ada yg long stroke dan short. Dari cc besar 4d56 harusnya langkahnya panjangan mitsu drpd blazer. Perputaran yang dihasilkan di kruk as dan roda gila juga beda harusnya sih.billyd1773dz wrote:
bentar bentar
ini jadi mesin aja yg diganti? transmisi dan gardan standar blazer?
klw gtu harusnya ga jadi kependekan rationya, kan transmisi dan gardan masih ratio standar blazer yang sama g dirobah2?
klw transmisi atw final gir diganti atw ban diganti, ya bisa bikin rasio kependekan/terlalu low, klw ga dihitung.
mesin saja berkerja di rentang rpm yang sama dan ga ada rasio reduksi, apalagi khusus 4D56 non crd rev nya cukup tinggi hampir 5K
cmiiw
oyah, blazer 2.2 stroke 94.5mm, mitsu 4D56 95mm.. tdk signifikan jg bedanya
Diesel in my head
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
pendekatan ala dummies sih mungkin dgn :
- lihat dimensi roda mobil donor dan resipient
- bobot mobil donor dan resipient
- Lihat rasio Final Gear mobil donor dan resipient
Kalo kita masukkan mesin 4JJ1 dari D-Max D-Cab sih mestinya tinggal penyesuaian di FG nya aja (dgn catatan mesin dan transmisi udah terpasang bagus)
Mengingat :
- Dimensi roda D-Max D-Cab dgn Blazer mirip
- Bobot lebih berat D Max malah
masukkin 4JJ1 dgn transmisi-nya
nah tinggal FG mau pake dari mobil apa dan rasio-nya gimana
- lihat dimensi roda mobil donor dan resipient
- bobot mobil donor dan resipient
- Lihat rasio Final Gear mobil donor dan resipient
Kalo kita masukkan mesin 4JJ1 dari D-Max D-Cab sih mestinya tinggal penyesuaian di FG nya aja (dgn catatan mesin dan transmisi udah terpasang bagus)
Mengingat :
- Dimensi roda D-Max D-Cab dgn Blazer mirip
- Bobot lebih berat D Max malah
masukkin 4JJ1 dgn transmisi-nya
nah tinggal FG mau pake dari mobil apa dan rasio-nya gimana
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Jul 11, 2016 4:45
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Lagi nyari bengkel buat nge swap blazer ke diesel nih..ada info om bngkel pengalaman di jakarta dn sktrnya..?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Thx buat masukannya, om turbo. Setelah saya pake 3 bulanan diem2 gardannya saya tukar tambahin sama dmax. Emang tarikannya jadi kurang responsif tapi top speednya nambah, buat luar kota jadi lebih enak.Turboman wrote:pendekatan ala dummies sih mungkin dgn :
- lihat dimensi roda mobil donor dan resipient
- bobot mobil donor dan resipient
- Lihat rasio Final Gear mobil donor dan resipient
Kalo kita masukkan mesin 4JJ1 dari D-Max D-Cab sih mestinya tinggal penyesuaian di FG nya aja (dgn catatan mesin dan transmisi udah terpasang bagus)
Mengingat :
- Dimensi roda D-Max D-Cab dgn Blazer mirip
- Bobot lebih berat D Max malah
masukkin 4JJ1 dgn transmisi-nya
nah tinggal FG mau pake dari mobil apa dan rasio-nya gimana
Diesel in my head
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Om turbo. Numpang nanya, Blazer mesin panther 2.5 saya ada keluhan kadang gasnya ga bisa balik sendiri kaya seperti nyangkut gitu. Pas ane cek ke tukang bospom saran tkg bospom, "udah semoet dibongkar trus bospomnya klo diservis total sama nozelnya kena 4,5jt. Feed pump, valve spring, as throtle, rotor cam, sama roller 4pcs kondisi 40% semua". Anjir mahal benerr. Ga jadi saya servisin deh, cuma ganti ongkos bongkar bospom n pakingnya. Sementara ini tarikan masih oke, ga ada yang pincang. Cuma masalah gas doang kadang suka nyangkut. Ada yang punya referensi toko khusus buat spare part bospom?
Diesel in my head
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Unggul Jaya Diesel - Jatinegaradiesel mania wrote:Om turbo. Numpang nanya, Blazer mesin panther 2.5 saya ada keluhan kadang gasnya ga bisa balik sendiri kaya seperti nyangkut gitu. Pas ane cek ke tukang bospom saran tkg bospom, "udah semoet dibongkar trus bospomnya klo diservis total sama nozelnya kena 4,5jt. Feed pump, valve spring, as throtle, rotor cam, sama roller 4pcs kondisi 40% semua". Anjir mahal benerr. Ga jadi saya servisin deh, cuma ganti ongkos bongkar bospom n pakingnya. Sementara ini tarikan masih oke, ga ada yang pincang. Cuma masalah gas doang kadang suka nyangkut. Ada yang punya referensi toko khusus buat spare part bospom?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: RE: Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Bisa pm saya kontaknya? Menurut om turbo apa harus diganti semua parts tersebut? Coz penyebab gas nyangkutnya sih as rollernya aja.Turboman wrote:Unggul Jaya Diesel - Jatinegaradiesel mania wrote:Om turbo. Numpang nanya, Blazer mesin panther 2.5 saya ada keluhan kadang gasnya ga bisa balik sendiri kaya seperti nyangkut gitu. Pas ane cek ke tukang bospom saran tkg bospom, "udah semoet dibongkar trus bospomnya klo diservis total sama nozelnya kena 4,5jt. Feed pump, valve spring, as throtle, rotor cam, sama roller 4pcs kondisi 40% semua". Anjir mahal benerr. Ga jadi saya servisin deh, cuma ganti ongkos bongkar bospom n pakingnya. Sementara ini tarikan masih oke, ga ada yang pincang. Cuma masalah gas doang kadang suka nyangkut. Ada yang punya referensi toko khusus buat spare part bospom?
Diesel in my head
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: Jangan takut men swap Blazer anda
google ada kan ?diesel mania wrote:Bisa pm saya kontaknya? Menurut om turbo apa harus diganti semua parts tersebut? Coz penyebab gas nyangkutnya sih as rollernya aja.Turboman wrote:Unggul Jaya Diesel - Jatinegaradiesel mania wrote:Om turbo. Numpang nanya, Blazer mesin panther 2.5 saya ada keluhan kadang gasnya ga bisa balik sendiri kaya seperti nyangkut gitu. Pas ane cek ke tukang bospom saran tkg bospom, "udah semoet dibongkar trus bospomnya klo diservis total sama nozelnya kena 4,5jt. Feed pump, valve spring, as throtle, rotor cam, sama roller 4pcs kondisi 40% semua". Anjir mahal benerr. Ga jadi saya servisin deh, cuma ganti ongkos bongkar bospom n pakingnya. Sementara ini tarikan masih oke, ga ada yang pincang. Cuma masalah gas doang kadang suka nyangkut. Ada yang punya referensi toko khusus buat spare part bospom?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Pengalaman beberapa tahun yang lalu.
Datang ke Beres Isuzu bawa Panther. Tanya-tanya kalibrasi pompa injector.
Diperkirakan sekitar 4 - 6 juta, tergantung penggantian spare part. Mobil nginap di bengkel.
Dibawa ke Unggul Jaya.
Bongkar di tempat, 4 jam selesai.
Kena 270 ribu rupiah saja
Datang ke Beres Isuzu bawa Panther. Tanya-tanya kalibrasi pompa injector.
Diperkirakan sekitar 4 - 6 juta, tergantung penggantian spare part. Mobil nginap di bengkel.
Dibawa ke Unggul Jaya.
Bongkar di tempat, 4 jam selesai.
Kena 270 ribu rupiah saja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Wow keren. Mau ga ya dia dikirim boschpomnya aja buat diservis? Secara jauh dari tempat saya.sapifr22 wrote:Pengalaman beberapa tahun yang lalu.
Datang ke Beres Isuzu bawa Panther. Tanya-tanya kalibrasi pompa injector.
Diperkirakan sekitar 4 - 6 juta, tergantung penggantian spare part. Mobil nginap di bengkel.
Dibawa ke Unggul Jaya.
Bongkar di tempat, 4 jam selesai.
Kena 270 ribu rupiah saja
Diesel in my head
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Mar 23, 2017 14:07
- Location: Jawa Timur
- Daily Vehicle: Toyotawish
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Om Diesel mania...
inbox alamat bengkelnya dong...
tertarik nih
inbox alamat bengkelnya dong...
tertarik nih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Ga bisa inbox nih. Nih alamatnya Jl. Raung no.5 pepelegi indah waru sda. Sekalian bisa liat W124 saya yg on progress.
Diesel in my head
-
- SM Moderator
- Posts: 288
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
waduh pepelegi ya dekat dengan delta sari... wah kapan-kapan saya mau liat blazernya om... siap tau lagi on location hihihi...
eh ini mo diesel mania yang dr bukan yah... hihi...
eh ini mo diesel mania yang dr bukan yah... hihi...
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Saya udah jarang di sby skrg dinasnya di jateng. Yg di pepelegi itu bengkelnya. Blazernya udh sy bawa ke jateng.
Diesel in my head
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Fri May 31, 2013 9:48
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Fortuner
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Newbie coba bantu jawab ya om.diesel mania wrote: ↑Sat Jun 25, 2016 14:25Hmmm, jujur saya masi belum nemu jawabnya. Maklumlah saya sekolahnya juga bukan jurusan teknik mesin. Tapi feeling saya pasti ada yang beda putaran kruk as diesel sama bensin apa itu diameter ,etc. Mungkin om turbo bisa bantu jawab. Ya, kembali lagi ke jawaban diplomatis aja deh. Semua engineering sudah merancang dengan baik komposisi mesin, matic,gardan. Kalo bengkel modifikator pastilah kebanyakan pakai trial and error. Belajar aja dari yang sudah2, yang pernah mencoba dan gagal. Yang berhasil ya ditiru. Sori jawabannya ga memuaskan.billyd1773dz wrote:1 rotasi rpm = 1 putaran flywheel / crank shaft. so panjang stroke harusnya tidak berpegaruh ke jumlah putaran flywheel. panjang stroke berpengaruh ke torque curve per rpm nya.diesel mania wrote:
Gimana dengan putaran kruk asnya? Ada yg long stroke dan short. Dari cc besar 4d56 harusnya langkahnya panjangan mitsu drpd blazer. Perputaran yang dihasilkan di kruk as dan roda gila juga beda harusnya sih.
oyah, blazer 2.2 stroke 94.5mm, mitsu 4D56 95mm.. tdk signifikan jg bedanya
Kalau enggak salah penyebabnya karena rpm di mesin diesel lebih rendah dari bensin om, juga power maksimal di mesin diesel di dapat di rpm yang rendah dibandingkan bensin. Jadi kalau pakai gearbox bawaan mesin bensin terus di swap pakai mesin diesel biasanya sering kehabisan tenaga di kecepatan tinggi karena mesin dieselnya udah hampir red line gitu. Semoga membantu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
izin rembug,..
torque per rpm tidak hanya ditentukan oleh panjang langkah (stroke), tapi juga berapa kekuatan hempasan dari tiap kali piston turun naik (cycle).
Kuat hempasan itu ditentukan oleh banyaknya energi
banyaknya energi diesel per mililiter dari solar yang dibakar itu, lebih banyak dari per mililiter bensin..
makanya diesel selalu menang torsi lawan bensin..dengan ukuran displacement yang saya.
** maaf saya bukan insiyur (juga)..
torque per rpm tidak hanya ditentukan oleh panjang langkah (stroke), tapi juga berapa kekuatan hempasan dari tiap kali piston turun naik (cycle).
Kuat hempasan itu ditentukan oleh banyaknya energi
banyaknya energi diesel per mililiter dari solar yang dibakar itu, lebih banyak dari per mililiter bensin..
makanya diesel selalu menang torsi lawan bensin..dengan ukuran displacement yang saya.
** maaf saya bukan insiyur (juga)..
-
- SM Specialist
- Posts: 21988
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
paling bener swap Blazer dgn Blazer lagi yg VIN 2016 - 2017
hehehehe
kaboorrrrr
hehehehe
kaboorrrrr
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Mar 23, 2017 14:07
- Location: Jawa Timur
- Daily Vehicle: Toyotawish
Re: Jangan takut men swap Blazer anda
Suwun Om diesel maniadiesel mania wrote: ↑Thu Mar 23, 2017 15:40 Ga bisa inbox nih. Nih alamatnya Jl. Raung no.5 pepelegi indah waru sda. Sekalian bisa liat W124 saya yg on progress.