Pajero Sport VS Fortuner

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Ecrush
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Fri Jan 01, 2010 1:40

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Ecrush »

remedusakti wrote:@ecrush.. ya lumayan bgs om.. tadinya mau ditambh clear coat tp ya biarin aj dl deh..
:big_love:
thx for the quick response bro.

Ngomong2 soal clear coat, ini emang rada ironis ya...
paman saya camry putihnya di clear coat... (biar tambah "pelangi" dan katanya anti UV dll)...bbrp tahun setelah itu, pas ada kejadian mau di cat di A2K (ass garda oto)... malah agak belang :wkkk: , SA body&repair-nya agak bingung...pdhl dah di pakein alat "mata digital" sebelum di cat...
kita sih diem2 aja... kita duga gara2 "aging" clear coat tambahannya :mky_03:

sampe sekarang kl lht tuh camry yg aku cek ya pintu bagasinya itu hahahha... (camry 2011 kalau g salah inget),
emang tambah lama tambah tidak kentara belangnya (setelah dari B&R A2K di clear coat lagi).
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Greenhunter »

http://m.detik.com/oto/read/2016/05/10/ ... 7142/1207/

Mitubishi aktif sekali update penjualan APS, sedangkan Toyota jarang update penjualan ANF, apa karena kalah jualan ya ? Ada yg tai penjualan ANF diangka berapa ?

Semakin dilihat semakin keliatan kalau tampang APS memang lebih galak dan lebih modern dibanding ANF yang cenderung kuno dalam tanda kutip. Tapi balik lagi ke selera masing masing sih.
burhanmakkita
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun May 01, 2016 7:30

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by burhanmakkita »

Mau nanya alamat DIZZO Om dimana ya soalnya sy dimakassar btw to kalibrasi injektor

Sent from my SM-A510F using Tapatalk
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by hbobo »

uda lama banget kaga review. kebetulan 2 mobil ini emang lagi fenomenal. ANF dan ANPS. Jujur pas mau beli bingung banget. maklum budget terbatas so gak bisa pilih dua duanya dan buat jadi mobil perang. pertama kali td di anps, pas mau td anf di senci buset yang ngantri banyak banget. padahal sama ss auto2000 uda dimasukin nama dulu. berhubung telat jadi musti antri lama dan gak jadi td anf. setelah anps launching dikasih td sama sales mitsu.

kesan pertama liat fisik secara langsung dan ini bener bener subjektif. depan cakep cuma kok too much chrome yah. kasar kata mirip angkot yang kebanyakan asesoris chrome. tapi tetep depannya cakep banget walo kebanyakan chrome masih tetep keren. liat kesamping...hmmm uda mulai ilfil. kegedean di pantat, pantatnya mirip kaya salat satu ketum parpol. wakakakakaka....trus liat bagian belakangnya. alamakkkkkk. ini yang design wuedan. kok lampu belakang dibikin kaya model bus antar kota. perhatiin bus antar kota dan liat lampunya. merasa ada kemiripan?

masuk ke dalam kabin. hmmm typical interior mitsu. boring dan terkesan murahan buat mobil hampir 500juta. material dipake all cheap plastic. tipis dan sangat terkesan murahan. liat baris tengah masih ok lah. cek ke baris belakang. ini yang gua suka bisa dilipat dan jadi flat. sayang belom power back door, kembali lagi ke depan, duduk dan setel jok. hmmm good driving position.
nyalain mesin, typical diesel engine suara ngeraung. pas nyetir loh kok mesin under power banget, gas diinjek mobil kurang responsif, lewatin jalan lubang, polisi tidur etc etc. sorry mitsu suspensi mu tidak nyaman. bisa mabok yang duduk dibelakang. body limbung, terlalu empuk kali yah sampe ngayun banget dan bikin pusink kepala. trus bagian spakbor ban belakang celahnya besar banget. setelah melewati jalan rusak, mulai deh masuk tol. nah disini baru berasa tenaga anps. mantep banget buat tenaga putaran atasnya. kesimpulan gua overall semua dari design exterior, design interior, engine, dan fitur. gua kasih 7.5 dari 10.
kebetulan gua tiap hari pasti lewat tol.

akhirnya punya kesempatan td ANF, liat depan...hmmm biasa banget. typical toyota yang designnya maen aman. liat samping, ah masih biasa juga, mirip vnt lama, still boring. ngeliat belakangnya. hmmm masih tetep typical toyota yang suka maen aman. tapi design belakangnya cakep banget. walo maen aman tapi simple dan cakep. seandainya depannya anps dan belakangnya anf. pasti keren. hahahaha...
masuk deh ke dalam kabin, one word wow...kesannya mewah. interior definetely ini jauh ngelewatin rivalnya. ada bagian dashboard dari kulit dan empuk. good job toyota. ini baru interior mobil seharga 500juta. gak kalah sama interior x3. masuk deh ke baris tengah, gak dikasih pegangan buat masuk ke dalem, buat orang tua bisa kesulitan. pelit sekali kau toyota. rival mu saja kasih pegangan buat ngebantu masuk ke dalam mobil. liat baris ketiga, good ada power back door, gua gak suka baris ketiga dan bagasinya. dilipet kesamping dan gak bisa rata kaya di anps.
duduk dan setel jok, dunno nga dapet driving position yang enak. kaki bisa pegel. anyway kita jalan deh, amazing tenaga putaran bawahnya dapet banget, jauh dibanding anps, padahal spec tenaga dan torsi anf ini dibawah anps. lewatin jalan lubang, poldur dan lain lain. suspensi sangat nyaman. bokap di baris kedua gak ribut bilang pusink atau mual. pas di anps bokap gua ribut bikin pusink nih mobilnya. masuk deh ke tol, bejek gas, wuih berasa tarikannya. cuma pas di putaran atas baru deh berasa mesinnya p pasan. wakakakakaka...kalo uber uberan sama anps sih ini pasti kalah. anps tenaga putaran atasnya idup banget. ini putaran atasnya loyo. kalo ibarat pelari anf itu pelari sprinter kalo anps itu pelari marathon.

setelah td, jadi bingung milihnya. rayu bokap biar beli aja 2 2 nya. buat harian pergi kerja pake lah anps, kalo wiken pake anf. sayang gak bole. musti choose 1.
setelah menimang nimang banyak hal akhirnya diputusin ambil ANF. design luar gak terlalu penting. gua duduk di dalem, duduk dibaris kedua. supir yang setirin. so kenyamanan baris 2 itu wajib. anps sangat tidak nyaman baris keduanya. terlebih lagi bokap gua yang lebih pendek dari gua kepalanya pas lewatin poldur suka mentok. fyi bokap gua 178. kalo gua uda pasti mentok. gua 185. ini yang gua suka dari anf ada chargeran buat baris dua. biar wiken gua setir sendiri pun juga gak akan kebut, please mobil segede bagong begini yah masa mau buat diajak selip selipan. so interior baris depan penting biar gak bete liat macetnya jakarta. cuma bini protes liat bagasi nya yang naek turun kaga jelas di anf.

akhirnya unit dateng setelah pesan dari febuari. walah kaca kaya akuarium. hari kedua langsung ganti. berhubung sibuk mustinya windshield 40, baris 1 80, baris dua, tiga dan belakang 40. karena lupa, windshild 40, sisanya 80. jadi deh kaya mobil mesum. baris dua dan 3 gak tembus sama sekali biar jidat nempel. supir protes, pak vin, ini susah sekali melihat kaca belakang kalo malam. gak keliatan sama sekali. oiya supir gua gendut, tinggi 175 berat bisa 90 kali. katanya kakinya enak pak nga nyangkut. nga ngerti maksudnya apa sih. kemarenan pas td di anps, dia bilang kakinya nga nyaman. padahal menurut gua driving position anps lebih nyaman dibanding anf.

satu hal yang sangat menyebalkan sekali, auto lamp nya anf totally sux. dibawah pohon aja nyalain lampu. tanya ke auto2000 dijawab gak bisa setting. di buku pedoman tulis bisa. dibawa kesana suru setting uda ngabisin waktu 2 jem masih begitu juga.
buat toyota kudu training dulu deh mekaniknya sebelom launching produk baru.

sebenernya agak sayang beli anf, harga sama kaya anps, gak ada hill assist control, rem belakang masih tromol dan gak ada vehicle stability control. tapi overall gua nilai anf 7.8 dari 10.

sebenernya point ampir sama. cuma rv bagi orang gak penting, bagi gua penting. gua pake mobil max 4taon. bayangin rv kalo nyungsep. kemarenan jual outlander px. beli 300, pake 2 taon, km 15000. dihargain 200 aja. sakit ati rasanya.
jual crv baru 3.5 taon. km 21000. beli 400, jual 300. lebih nga sakit ati. buat yang beli dan gak dijual jual lagi. 2 ini akan jadi pilihan sulit. tinggal tergantung preferensi masing masing.

sekedar masukan, tadi supir gua bilang, pak kalo giginya dari R dan langsung dipindahin ke P trus dari P mau dipindahin lagi ke N atau gigi lainnya jadi keras dan ada bunyi krek. lagian dari R dipindahin ke P. dimana mana dari R juga ke N dulu. tarik hand brake dan baru pindahin ke P. cuma katanya itu aja.

coba buat yang punya anf di cek juga sama gak. sequencenya dari R ke P, trus pindahin lagi dari P ke R/N/D. pas saat pindahin dari P nya ada bunyi krek. cuma kalo dari N ke P trus P ke N, smooth aja. jadi pantangannya cuma dari R nga boleh langsung ke P.

overall anf ini fun and comfort.

saya bukan sales T dan M. semua pendapat adalah menurut pendapat saya dan sifatnya subjektif.
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by hbobo »

kompresorz wrote:
Timbo224 wrote:Tadi sempet liat2 ANPS sama ANF di mall di JakBar, kesel banget sama sales Toyotanya, bukannya nerangin kelebihan ANF malah jelek2in tetangga. Mau jualan ato apa sih? Kalo kaya gitu mah orang udah sinis aja mau masuk mobilnya...
:big_biglaugh:

Bulan lalu di sowrom honda medan salesnya bilang produk honda 5 tahun ganti model...klo toyota tiap tahun n bersikeras..sambil saya pancing..di pikir saya br mo punya mobil(sales gak lihat saya datang)...pas saya kluar itu sales lihat saya bawa metromini..saya lihat spion msh nengok liatin aja...akhirnya saya beli sama sales honda sowrom lain..
Sama konyolnya dgn fans forum mobil...biasanya bawa2 rivalnya..malas saya bacanya...
Semua ada klebihan masing2...klo suka ya beli aja..masing2 punya selera..
wakakakakaka...emang paling nyebelin liat sales yang jelekin produk laen. sales T jelekin M, sales M jelekin T.

kemarenan sales H jelekin T, sales T jelekin H. please deh setiap mobil ada plus minus.

paling bete liat orang review bagusan T bagusan M. tapi gak jelasin. so bilang bagus dan bilang jelek dimananya dan apanya. parahnya banyak review cuma berdasarkan lihat doank dan kasih review. minimal uda td lah baru kasih review.

kalo belom td dan kasih review, kesannya sales dari salah satu merek. no offense yah buat yang tersungging.

coba sales representative corporate T, M dan I berani jelek jelekin merek laen. bakalan gua omelin. wkwkwkwkwkw...
karena itu 3 merek truknya ada aja jeleknya.
one small step for a man, a giant leap for mankind
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by nflfrs705 »

Wah selamat atas fortuner nya om ..

Seandainya toyota ngasih VSC+TC+HSA aja, bakal perfect ini mobil, so sad hanya 4x4 yg ada fitur itu
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Chevyman »

Kolo saya pilih..







MU-X...


Hehe..kaboor :ngacir:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by htannis »

Good pilih apa aja dah selain anpjs dakar
Jelek tuh mobil
Kasih pelajaran ke ktb biar stock nya numpuk gara2 kagak laku
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by hbobo »

htannis wrote:Good pilih apa aja dah selain anpjs dakar
Jelek tuh mobil
Kasih pelajaran ke ktb biar stock nya numpuk gara2 kagak laku
kalo bole tau anps dakar jelek dimananya yah bro?

sebenernya kalo ada eagle eye nya aja. gua bela belain deh ambil tuh anps. sayang eagle eye cuma ada di dakar 4x4.
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by hbobo »

nflfrs705 wrote:Oke, final conclusion.

Driver's car = Pajero.
Boss's car = Fortuner.

Intinya, yang lebih suka disetirin, ambil Fortuner. Tapi yang lebih suka nyetir sendiri, Pajero is much better. Dakar vs VRZ only yah, bukan Exceed vs G. :big_peace:

Oiya, performance parts buat 2GD skrg udah mulai tersedia. Kalo buat 4N15 ane gatau.
ini komen nga tau kenapa kok nyentil gua yah...hahaha...bro ane kalo hari biasa disetirin, tapi kalo wiken jadi supir. gemana donk pilihnya?

tapi emang bener kok, 2nd row anps bener bener nga nyaman. pala gua kejedut melulu.

trus tadi ada yang bilang juga soal lemot, hmmm, ini diesel pasti tarikan awal gak akan sengacir mobil bensin. tapi kalo soal putaran bawah pas ane td anps yah menurut ane emang agak sedikit kosong diawalnya. baru setelah rpm naek deh baru tenaga nya keluar. kalo anf putaran bawah lebih berisi, cuma yah gitu deh putaran atasnya. kalo kebut di tol pasti kalah sama anps. oiya soal transmisi anps ini 8 speed lo. so semustinya lebih alus, kalo anf agak kasar berasa banget perpindahan giginya. anf kalo pake cvt enak kali yah. kalo anf ini berasa perpindahan giginya dan menurut gua agak kasar.

anehnya pas td dua duanya gua nga perhatiin. baru pas unit dateng dan pake jalan baru sadar ih ini anf pindah giginya kasar berasa nyentak. kalo anps semustinya lebih alus. gak tau juga aslinya. pas td nga merhatiin sampe kesitu.

ada yang tau buat ngakalin itu auto lamp anf? asli geblek nih mobil, dibawah pohon aja pake nyala lampu gede. suruh auto2000 sa nya pake bilang gak bisa setel. ngotot pula itu sa auto2000 nya. sampe gua kluarin balesan email dari tam yang nyatakan itu bisa di setting dan tulisan di buku pedoman itu bisa di setting baru diem tuh bacot sa auto2000.

parahnya udah 2 jem masih nga bisa juga settingnya. bilangnya uda ok. taunya podowae.

inilah kalo kluarin produk tapi belom training after sales mechanic nya secara mateng.

eh kok jadi oot. maaf yah oot. monggo dilanjut diskusinya.
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by armann »

hbobo wrote:
nflfrs705 wrote:Oke, final conclusion.

Driver's car = Pajero.
Boss's car = Fortuner.

Intinya, yang lebih suka disetirin, ambil Fortuner. Tapi yang lebih suka nyetir sendiri, Pajero is much better. Dakar vs VRZ only yah, bukan Exceed vs G. :big_peace:

Oiya, performance parts buat 2GD skrg udah mulai tersedia. Kalo buat 4N15 ane gatau.
ini komen nga tau kenapa kok nyentil gua yah...hahaha...bro ane kalo hari biasa disetirin, tapi kalo wiken jadi supir. gemana donk pilihnya?

tapi emang bener kok, 2nd row anps bener bener nga nyaman. pala gua kejedut melulu.

trus tadi ada yang bilang juga soal lemot, hmmm, ini diesel pasti tarikan awal gak akan sengacir mobil bensin. tapi kalo soal putaran bawah pas ane td anps yah menurut ane emang agak sedikit kosong diawalnya. baru setelah rpm naek deh baru tenaga nya keluar. kalo anf putaran bawah lebih berisi, cuma yah gitu deh putaran atasnya. kalo kebut di tol pasti kalah sama anps. oiya soal transmisi anps ini 8 speed lo. so semustinya lebih alus, kalo anf agak kasar berasa banget perpindahan giginya. anf kalo pake cvt enak kali yah. kalo anf ini berasa perpindahan giginya dan menurut gua agak kasar.

anehnya pas td dua duanya gua nga perhatiin. baru pas unit dateng dan pake jalan baru sadar ih ini anf pindah giginya kasar berasa nyentak. kalo anps semustinya lebih alus. gak tau juga aslinya. pas td nga merhatiin sampe kesitu.

ada yang tau buat ngakalin itu auto lamp anf? asli geblek nih mobil, dibawah pohon aja pake nyala lampu gede. suruh auto2000 sa nya pake bilang gak bisa setel. ngotot pula itu sa auto2000 nya. sampe gua kluarin balesan email dari tam yang nyatakan itu bisa di setting dan tulisan di buku pedoman itu bisa di setting baru diem tuh bacot sa auto2000.

parahnya udah 2 jem masih nga bisa juga settingnya. bilangnya uda ok. taunya podowae.

inilah kalo kluarin produk tapi belom training after sales mechanic nya secara mateng.

eh kok jadi oot. maaf yah oot. monggo dilanjut diskusinya.
Sy make fortuner vrz yg bingung, itu lampu gk bs mati, bs nya nyala mulu, cmn kalo di setting di auto jdnya kyk org sarep, mobil ada tmpt yg gk kena matahari lgsg nyala lampu gedenya, which is terang bgt & gk perlu, jd ya sampe skrg pake tuh mobil lampunya di set di lampu kecil aja, prnh tanya ke toyota, mereka jg blgnya emg gitu deh lampunya :mky_01:
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by dimassn25 »

hbobo wrote:
nflfrs705 wrote:Oke, final conclusion.

Driver's car = Pajero.
Boss's car = Fortuner.

Intinya, yang lebih suka disetirin, ambil Fortuner. Tapi yang lebih suka nyetir sendiri, Pajero is much better. Dakar vs VRZ only yah, bukan Exceed vs G. :big_peace:

Oiya, performance parts buat 2GD skrg udah mulai tersedia. Kalo buat 4N15 ane gatau.
ini komen nga tau kenapa kok nyentil gua yah...hahaha...bro ane kalo hari biasa disetirin, tapi kalo wiken jadi supir. gemana donk pilihnya?

tapi emang bener kok, 2nd row anps bener bener nga nyaman. pala gua kejedut melulu.

trus tadi ada yang bilang juga soal lemot, hmmm, ini diesel pasti tarikan awal gak akan sengacir mobil bensin. tapi kalo soal putaran bawah pas ane td anps yah menurut ane emang agak sedikit kosong diawalnya. baru setelah rpm naek deh baru tenaga nya keluar. kalo anf putaran bawah lebih berisi, cuma yah gitu deh putaran atasnya. kalo kebut di tol pasti kalah sama anps. oiya soal transmisi anps ini 8 speed lo. so semustinya lebih alus, kalo anf agak kasar berasa banget perpindahan giginya. anf kalo pake cvt enak kali yah. kalo anf ini berasa perpindahan giginya dan menurut gua agak kasar.

anehnya pas td dua duanya gua nga perhatiin. baru pas unit dateng dan pake jalan baru sadar ih ini anf pindah giginya kasar berasa nyentak. kalo anps semustinya lebih alus. gak tau juga aslinya. pas td nga merhatiin sampe kesitu.

ada yang tau buat ngakalin itu auto lamp anf? asli geblek nih mobil, dibawah pohon aja pake nyala lampu gede. suruh auto2000 sa nya pake bilang gak bisa setel. ngotot pula itu sa auto2000 nya. sampe gua kluarin balesan email dari tam yang nyatakan itu bisa di setting dan tulisan di buku pedoman itu bisa di setting baru diem tuh bacot sa auto2000.

parahnya udah 2 jem masih nga bisa juga settingnya. bilangnya uda ok. taunya podowae.

inilah kalo kluarin produk tapi belom training after sales mechanic nya secara mateng.

eh kok jadi oot. maaf yah oot. monggo dilanjut diskusinya.
Cvt kuat kah buat ngeseimbangin mesin diesel? V6 aja kayaknya jarang pake cvt.

Setting sensifitas ada di manual. Dan komplain aja tuh beres auto2000 di cilandak, katanya sih udah akrab banget tuh beres sama kfoc. Sampe bisa initiate transmisi buat ganti gigi ke rpm yang tepat, soalnya karakter mesin anf setelah 4000 rpm kayak ada yang ilang walaupun redline di 4400.

April menurut data gaikindo anf penjualannya lebih unggul dari anps. Kayaknya Tam udah mulai pinter ngatur produksi buat dalem dan luar negeri.

Tinggal Tam mikirin facelift apa yang perlu ditambahain buat ngalahin anps, apalagi anps nanti bakal ckd dan ga menutup kemungkinan fitur2nya bakal lebih all-out lagi.

Menurut saya TAM harus nunggu facelift anps setelah ckd. Jadi biar bisa menyesuaikan fitur apa yang pantes buat anps fl.

Sama kayak mitsu yang nunggu anf keluar buat adjust harganya. Mungkin untung tiap mobilnya ga sebanyak toyota, tapi penjualannya lebih banyak dari toyota.

Tapi overall kedua mobil ini bener2 bikin banyak orang ga tertarik sama sekali sama mobil sebelumnya
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by newrubble »

yg satu mobil bagus dr bankrupt brand
yg lain mobil biasa dr strong brand

yg recently bankrupt skrg punya parent dgn image tdk terlalu bagus

yg biasa dari dulu punya aftersales overall quality memuaskan

silakan pilih .....

(di african conflict zones sy biasa disediakan LHD hilux crewcab ..... made in tailand .... dua yg diatas tdk dipakai krn tdk qualified)
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by htannis »

hbobo wrote:
htannis wrote:Good pilih apa aja dah selain anpjs dakar
Jelek tuh mobil
Kasih pelajaran ke ktb biar stock nya numpuk gara2 kagak laku
kalo bole tau anps dakar jelek dimananya yah bro?

sebenernya kalo ada eagle eye nya aja. gua bela belain deh ambil tuh anps. sayang eagle eye cuma ada di dakar 4x4.
Jeleknya gara2 masih laku belum ada disc bro, lagi nunggu2 ni buat trade in dakar lama ke dakar baru mau nunggu disc minimal 30 jt dulu atau malah kayak dulu disc 50 jt kehantem sama fortuner jadi overstock, beda jauh lah transmisi sama mesin bagus ps dakar lah, transmisi juga bener2 bisa dimanualin gak kayak fortuner cuman buat nahan gigi doang itu tiptronic nya :big_childish:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by iamwewe »

nice pick om hbobo. saya hampir setuju smua review comparison om hbobo pjs dan anf. pilih salah satu dari antar 2 mobil ini cuma masalah rela trade off nya apa nggak aja sih. soal suspensi pjs ngayun, walah.. waktu di isi full smua keluarga plus 2 pembokat di row 3 rute pluit cilegon, 1 pembokat sukses jackpot (muntah) dan satu lagi sukses begitu turun muka pucat dan mulut biru, padahal saya bawanya nggak zigzag dan nggak gas rem gas rem, ngebut pun nggak. matic 8sp pjs jg nggak sehalus yg om harapkan. kita ambil contoh matic 6sp cx5, saya rasain jauh lbh halus drpada matic 8sp pjs . dan lemot di putaran bawah si pjs? yoi banget ini penyakit, ditambah jarak gigi 1 ke 2 yg sangat pendek, kombinasi ruar byasahhh di stop and go ibukota.

kalo bagasi anf kemarin itu saya diajarin ada memory nya. bisa dipencet yg lama itu tombol utk save ketinggiannya. jadi emang mgkn ketinggiannya bisa berubah2 tergantung org yg nyetelnya om.

soal review.. emang bener om, org kadang suka review tanpa memberikan pembandingnya. cuma bilang empuk lah, responsif lah dll, padahal nggak ada pembandingnya (feeling based), no offence buat para reviewer di luar sana. dan tipikal indo, kalo jagoannya di review jelek, langsung deh pasukan berani mati membela mati2an sampe tetes darah terakhir membabi buta ala fanboy wkwkwkw.

next nya tolong bikin thread khusus om user review fortunernya. biar lebih enak buka threadnya khusus bahas fortuner om dan byk foto2 nya.

@htannis: skrg baru ngerasa bedanya tiptronic palsu dan asli spt yg om blg hahaha. 2 mobil ini udh saya jajal di turunan parkiran empo dan emang bnr sih, mitsu punya lah yg real tiptro wkwkwkwk. anf pny bnr2 cuma ibarat sesuaiin aja ya d6 d5 d4 dst.. mgkn kalo bikin shift gate sampe d6 bisa abis itu console box nya nggak ada karena gatenya kepanjangan wkwkwkw.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Venturtle »

hbobo wrote: Sun Jun 05, 2016 0:31 uda lama banget kaga review. kebetulan 2 mobil ini emang lagi fenomenal. ANF dan ANPS. Jujur pas mau beli bingung banget. maklum budget terbatas so gak bisa pilih dua duanya dan buat jadi mobil perang. pertama kali td di anps, pas mau td anf di senci buset yang ngantri banyak banget. padahal sama ss auto2000 uda dimasukin nama dulu. berhubung telat jadi musti antri lama dan gak jadi td anf. setelah anps launching dikasih td sama sales mitsu.

kesan pertama liat fisik secara langsung dan ini bener bener subjektif. depan cakep cuma kok too much chrome yah. kasar kata mirip angkot yang kebanyakan asesoris chrome. tapi tetep depannya cakep banget walo kebanyakan chrome masih tetep keren. liat kesamping...hmmm uda mulai ilfil. kegedean di pantat, pantatnya mirip kaya salat satu ketum parpol. wakakakakaka....trus liat bagian belakangnya. alamakkkkkk. ini yang design wuedan. kok lampu belakang dibikin kaya model bus antar kota. perhatiin bus antar kota dan liat lampunya. merasa ada kemiripan?

masuk ke dalam kabin. hmmm typical interior mitsu. boring dan terkesan murahan buat mobil hampir 500juta. material dipake all cheap plastic. tipis dan sangat terkesan murahan. liat baris tengah masih ok lah. cek ke baris belakang. ini yang gua suka bisa dilipat dan jadi flat. sayang belom power back door, kembali lagi ke depan, duduk dan setel jok. hmmm good driving position.
nyalain mesin, typical diesel engine suara ngeraung. pas nyetir loh kok mesin under power banget, gas diinjek mobil kurang responsif, lewatin jalan lubang, polisi tidur etc etc. sorry mitsu suspensi mu tidak nyaman. bisa mabok yang duduk dibelakang. body limbung, terlalu empuk kali yah sampe ngayun banget dan bikin pusink kepala. trus bagian spakbor ban belakang celahnya besar banget. setelah melewati jalan rusak, mulai deh masuk tol. nah disini baru berasa tenaga anps. mantep banget buat tenaga putaran atasnya. kesimpulan gua overall semua dari design exterior, design interior, engine, dan fitur. gua kasih 7.5 dari 10.
kebetulan gua tiap hari pasti lewat tol.

akhirnya punya kesempatan td ANF, liat depan...hmmm biasa banget. typical toyota yang designnya maen aman. liat samping, ah masih biasa juga, mirip vnt lama, still boring. ngeliat belakangnya. hmmm masih tetep typical toyota yang suka maen aman. tapi design belakangnya cakep banget. walo maen aman tapi simple dan cakep. seandainya depannya anps dan belakangnya anf. pasti keren. hahahaha...
masuk deh ke dalam kabin, one word wow...kesannya mewah. interior definetely ini jauh ngelewatin rivalnya. ada bagian dashboard dari kulit dan empuk. good job toyota. ini baru interior mobil seharga 500juta. gak kalah sama interior x3. masuk deh ke baris tengah, gak dikasih pegangan buat masuk ke dalem, buat orang tua bisa kesulitan. pelit sekali kau toyota. rival mu saja kasih pegangan buat ngebantu masuk ke dalam mobil. liat baris ketiga, good ada power back door, gua gak suka baris ketiga dan bagasinya. dilipet kesamping dan gak bisa rata kaya di anps.
duduk dan setel jok, dunno nga dapet driving position yang enak. kaki bisa pegel. anyway kita jalan deh, amazing tenaga putaran bawahnya dapet banget, jauh dibanding anps, padahal spec tenaga dan torsi anf ini dibawah anps. lewatin jalan lubang, poldur dan lain lain. suspensi sangat nyaman. bokap di baris kedua gak ribut bilang pusink atau mual. pas di anps bokap gua ribut bikin pusink nih mobilnya. masuk deh ke tol, bejek gas, wuih berasa tarikannya. cuma pas di putaran atas baru deh berasa mesinnya p pasan. wakakakakaka...kalo uber uberan sama anps sih ini pasti kalah. anps tenaga putaran atasnya idup banget. ini putaran atasnya loyo. kalo ibarat pelari anf itu pelari sprinter kalo anps itu pelari marathon.

setelah td, jadi bingung milihnya. rayu bokap biar beli aja 2 2 nya. buat harian pergi kerja pake lah anps, kalo wiken pake anf. sayang gak bole. musti choose 1.
setelah menimang nimang banyak hal akhirnya diputusin ambil ANF. design luar gak terlalu penting. gua duduk di dalem, duduk dibaris kedua. supir yang setirin. so kenyamanan baris 2 itu wajib. anps sangat tidak nyaman baris keduanya. terlebih lagi bokap gua yang lebih pendek dari gua kepalanya pas lewatin poldur suka mentok. fyi bokap gua 178. kalo gua uda pasti mentok. gua 185. ini yang gua suka dari anf ada chargeran buat baris dua. biar wiken gua setir sendiri pun juga gak akan kebut, please mobil segede bagong begini yah masa mau buat diajak selip selipan. so interior baris depan penting biar gak bete liat macetnya jakarta. cuma bini protes liat bagasi nya yang naek turun kaga jelas di anf.

akhirnya unit dateng setelah pesan dari febuari. walah kaca kaya akuarium. hari kedua langsung ganti. berhubung sibuk mustinya windshield 40, baris 1 80, baris dua, tiga dan belakang 40. karena lupa, windshild 40, sisanya 80. jadi deh kaya mobil mesum. baris dua dan 3 gak tembus sama sekali biar jidat nempel. supir protes, pak vin, ini susah sekali melihat kaca belakang kalo malam. gak keliatan sama sekali. oiya supir gua gendut, tinggi 175 berat bisa 90 kali. katanya kakinya enak pak nga nyangkut. nga ngerti maksudnya apa sih. kemarenan pas td di anps, dia bilang kakinya nga nyaman. padahal menurut gua driving position anps lebih nyaman dibanding anf.

satu hal yang sangat menyebalkan sekali, auto lamp nya anf totally sux. dibawah pohon aja nyalain lampu. tanya ke auto2000 dijawab gak bisa setting. di buku pedoman tulis bisa. dibawa kesana suru setting uda ngabisin waktu 2 jem masih begitu juga.
buat toyota kudu training dulu deh mekaniknya sebelom launching produk baru.

sebenernya agak sayang beli anf, harga sama kaya anps, gak ada hill assist control, rem belakang masih tromol dan gak ada vehicle stability control. tapi overall gua nilai anf 7.8 dari 10.

sebenernya point ampir sama. cuma rv bagi orang gak penting, bagi gua penting. gua pake mobil max 4taon. bayangin rv kalo nyungsep. kemarenan jual outlander px. beli 300, pake 2 taon, km 15000. dihargain 200 aja. sakit ati rasanya.
jual crv baru 3.5 taon. km 21000. beli 400, jual 300. lebih nga sakit ati. buat yang beli dan gak dijual jual lagi. 2 ini akan jadi pilihan sulit. tinggal tergantung preferensi masing masing.

sekedar masukan, tadi supir gua bilang, pak kalo giginya dari R dan langsung dipindahin ke P trus dari P mau dipindahin lagi ke N atau gigi lainnya jadi keras dan ada bunyi krek. lagian dari R dipindahin ke P. dimana mana dari R juga ke N dulu. tarik hand brake dan baru pindahin ke P. cuma katanya itu aja.

coba buat yang punya anf di cek juga sama gak. sequencenya dari R ke P, trus pindahin lagi dari P ke R/N/D. pas saat pindahin dari P nya ada bunyi krek. cuma kalo dari N ke P trus P ke N, smooth aja. jadi pantangannya cuma dari R nga boleh langsung ke P.

overall anf ini fun and comfort.

saya bukan sales T dan M. semua pendapat adalah menurut pendapat saya dan sifatnya subjektif.
nice review om.. penjelasannya sangat mendetail.. hehe.. :big_exellent:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Venturtle »

Koddy wrote: Fri Feb 19, 2016 10:06 Sedikit review dari saya, karena hari ini berkesempatan test drive kedua mobil tersebut dengan trayek yang sama.

ANPS Dakar:
Kesan sekeian kali masuk ke mobil ini, masih menyenangkan. Posisi setir yang semi truck, mirip Pajero Sport versi sebelumnya. Pertama dicoba di tikungan jalan sempit, masih jalan lalu coba tarikan di dalam kota, menyenangkan. Turbo lag hanya berasa ketika start dari berhenti lampu bangjo. Setelahnya, gas dikit, naik. Sepak selip, enak. Coba melibas jalan berlubang parah, nyaman. Lalu coba tanjakan, mesinnya garang, enak, bertenaga. Intinya menyenangkan kalau merasakan jambakan mesinnya. Hanya.... ketika melewati jalan bergelombang sambil menanjak/menurun dengan kecepatan tinggi (diatas 80kmh), rasanya oleng. Saya coba 3x di tempat berbeda, terasa oleng, sampai setir harus saya pegang kuat supaya terkontrol. Anehnya kalau jalan berlubang ga masalah, hanya kalah dengan jalan bergelombang (biasa, bekas rem truk/bus over kapasitas yang merusak jalan). Yang biasa melaju di Pantura pasti tahu maksud saya jalan bergelombang. Sampai detik ini, saya masih belum ketemu kenapa di jalan berlubang2 mobilnya enak, tapi di jalan bergelombang, jadi hampir out of control. Coba pindah tengah, posisi duduk mirip yang lama, kaki menggantung. Suspensi namun jauh lebih enak. Empuk, bantingan lebih mirip Innova lama dibanding Pajero Sport lama.

ANF:
Kesan pertama masuk VRZ ini sepertinya biasa saja (maklum sebetulnya sudah lebih tertarik ANPS, namun tidak pernah TD ANF, karena unit TD ga pernah ada). Lalu coba duduk, diatur posisi duduknya, biasanya saya reflek tekan bawah mentok, loh... kok dalam sekali. Terpaksa dinaikin lagi supaya pas. Posisi duduk serasa naik sedan dibanding naik SUV. Majuin mobil, belok2in setir, loh, kok lebih enak dibanding ANPS. Lewatin jalan sempit yang sama, lah kok lebih berasa enak besoknya, padahal mobil ini lebih bongsor harusnya. Masih takjub dengan handling nya. Coba keluar, test tenaganya, lah kok melempem. Coba pencet Power mode, beda dikit di tarikannya saja. Di tanjakan yang sama, terasa powernya jauh beda. Kalau di ANPS sudah 120 kmh, Fortuner masih 70-80 an. Terasa lemot naik gas nya, terutama di 50-100, sepertinya karena rpm red line nya ketinggian. Ok... mesin kalah jauh. Namun.... suspensi yang katanya keras, tapi rigid, memang terbukti. Test di jalan bergelombang yang sama, mobil terkontrol enak. Test putaran bunderan di speed 70, mobil terkontrol, walau ban berdecit. Test rem mendadak di jalan berpasir, aman. Abs berfungsi, rem terkontrol. Yang lebih penting, ada engine break nya. Tidak seperti generasi sebelumnya yang los.
Coba pindah duduk tengah, mampus rasanya, kepala disentor AC melulu. Akhirnya saya tutup alias tidak guna lagi AC di row kedua buat saya. Suspensi di tengah terasa lebih keras dilempar dibanding Pajero. Namun masih takjub akan handlingnya sampai sekarang.

Kesimpulannya:
Pemakaian dalam kota, jarak pendek-menengah, enakan ANF. Karena nyetir terasa menyenangkan. Sayangnya mesin underpower, mau pake mode Power juga ga enak. Terasa mau selip2 kurang tenaganya. (Kebiasaan dibanding pake VNT di Dastek, terasa underpower jadinya)
Pemakaian luar kota, jarak jauh, enak ANPS. Mesin responsif, bertenaga, buat selip2 enak. Hanya.... masih belon ketemu kenapa limbung waktu jalan bergelombang, namun enak melewati jalan berlubang.

Akhir kata.... seandainya ada mobil dengan handling & suspensi ANF, namun mesin, transmisi dan cakram belakang ANPS, pasti langsung SPK. Posisi sekarang musti mikir2 karena sama2 ada kekurangannya, padahal harganya setengah M.

Sekian review dari saya.

Sent from my K016 using Tapatalk
kemarin dapat kesempatan test drive singkat dan tes duduk di unit punya teman.. pas kumpul kumpul pas kali ada yang bawa ANF, ANPS, ANKI G.. :big_biglaugh:
kurang lebih impresinya sama dengan yang dirasakan om.. :big_exellent:
tambahan : bagian bawah kursi tempat naruh kaki di ANPS cukup sempit tempatnya.. di ANKI dan ANF, tempatnya lebih leluasa untuk naruh kaki..
dan yang ane agak bingung, kok setir ANKI lebih berasa berat dari ANF ya? padahal sama sama HPS dan ladder frame.. ban ANKI ring 16, ANF ring 18.. apakah ada perbedaan teknologi yang diusung atau apa? lebih fun bawa ANF dari ANKI, meski kap mesin ANF panjang banget, jadi kurang pede bawanya, mesti pake around view monitor nih..
ANPS jok dan headrest baris kedua empuk, nyaman.. jok baris pertamanya juga empuk, nyaman, meski headrest keras.. versi CKD yang pake piano black di interior membuat rasa kabin jadi lebih mewah.. oh ya, di versi CKD, lighter dan asbak uda ga ada lagi seperti yang versi CBU..
btw, sayang banget di versi CKD Dakar 4*2 ini belum dikasih headrest tengah baris kedua padahal headroom lega.. di ANF yang headroom tengah baris kedua lebih sempit justru dikasih headrest.. ANF kalo yang duduk di kabinnya minimal 170 cm, cuma nyaman 4 orang, soalnya bagian tengah row 2 dan row 3 headroom mentok..


demikian report singkat dari ane.......... :ngacir:
User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by jiwul »

Setujuh untuk suspensi ANPS yg super ngayun... yg kalo sales2nya bilang empuk...
Hadeh...empuk yg kebangetan untuk sebuah SUV 7 segedhe itu
Saya test drive aja berasa mual.. anak saya duduk di 2nd row juga ngeluh mual... tapi si salesnya tetep kekeuh bilang 'itu lebih nyaman dr yg dulu, lebih empuk'
Lebih empuk...yes
Lebih nyaman.... big no
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Koddy »

jiwul wrote:Setujuh untuk suspensi ANPS yg super ngayun... yg kalo sales2nya bilang empuk...
Hadeh...empuk yg kebangetan untuk sebuah SUV 7 segedhe itu
Saya test drive aja berasa mual.. anak saya duduk di 2nd row juga ngeluh mual... tapi si salesnya tetep kekeuh bilang 'itu lebih nyaman dr yg dulu, lebih empuk'
Lebih empuk...yes
Lebih nyaman.... big no
Tinggal ganti shockbreaker, masalah beres, untuk ngayun ANPS.
Emangnya shock ANF bagus dari sononya?
Banyak yang belum 10rb km udah merembes, mau claim TWC tapi dibilang normal oleh beres, karena lelehan olinya belum banyak sampai bawah. Artinya, selama belum rusak sampai bunyi "jedag", walau mobil sudah mulai goyang dombret dan mengayun ga jelas akibat bocor, tapi ga ada solusi resmi TWC. Mau enak? Sama aja ganti shockbreaker sendiri untuk membereskan masalah tersebut.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Turboman »

Soal suspensi AN PJS mah gampang

Ganti shock yg lebih firm, banyak merek tersedia di pasaran

Ada Space Arm -JS Works

ada chassis bar / Sway Bar - aneka merek

Bushing2 juga bisa ganti PU di tempat si A Khong

Ngapain bingung ?

Yg bingung itu kalo punya mobil yg pilihan shock aftermarket-nya dikit......nah itu bikin jengkel deh

User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by bensinsolar »

Venturtle wrote: Mon Dec 04, 2017 2:39
Koddy wrote: Fri Feb 19, 2016 10:06 Sedikit review dari saya, karena hari ini berkesempatan test drive kedua mobil tersebut dengan trayek yang sama.

ANPS Dakar:
Kesan sekeian kali masuk ke mobil ini, masih menyenangkan. Posisi setir yang semi truck, mirip Pajero Sport versi sebelumnya. Pertama dicoba di tikungan jalan sempit, masih jalan lalu coba tarikan di dalam kota, menyenangkan. Turbo lag hanya berasa ketika start dari berhenti lampu bangjo. Setelahnya, gas dikit, naik. Sepak selip, enak. Coba melibas jalan berlubang parah, nyaman. Lalu coba tanjakan, mesinnya garang, enak, bertenaga. Intinya menyenangkan kalau merasakan jambakan mesinnya. Hanya.... ketika melewati jalan bergelombang sambil menanjak/menurun dengan kecepatan tinggi (diatas 80kmh), rasanya oleng. Saya coba 3x di tempat berbeda, terasa oleng, sampai setir harus saya pegang kuat supaya terkontrol. Anehnya kalau jalan berlubang ga masalah, hanya kalah dengan jalan bergelombang (biasa, bekas rem truk/bus over kapasitas yang merusak jalan). Yang biasa melaju di Pantura pasti tahu maksud saya jalan bergelombang. Sampai detik ini, saya masih belum ketemu kenapa di jalan berlubang2 mobilnya enak, tapi di jalan bergelombang, jadi hampir out of control. Coba pindah tengah, posisi duduk mirip yang lama, kaki menggantung. Suspensi namun jauh lebih enak. Empuk, bantingan lebih mirip Innova lama dibanding Pajero Sport lama.

ANF:
Kesan pertama masuk VRZ ini sepertinya biasa saja (maklum sebetulnya sudah lebih tertarik ANPS, namun tidak pernah TD ANF, karena unit TD ga pernah ada). Lalu coba duduk, diatur posisi duduknya, biasanya saya reflek tekan bawah mentok, loh... kok dalam sekali. Terpaksa dinaikin lagi supaya pas. Posisi duduk serasa naik sedan dibanding naik SUV. Majuin mobil, belok2in setir, loh, kok lebih enak dibanding ANPS. Lewatin jalan sempit yang sama, lah kok lebih berasa enak besoknya, padahal mobil ini lebih bongsor harusnya. Masih takjub dengan handling nya. Coba keluar, test tenaganya, lah kok melempem. Coba pencet Power mode, beda dikit di tarikannya saja. Di tanjakan yang sama, terasa powernya jauh beda. Kalau di ANPS sudah 120 kmh, Fortuner masih 70-80 an. Terasa lemot naik gas nya, terutama di 50-100, sepertinya karena rpm red line nya ketinggian. Ok... mesin kalah jauh. Namun.... suspensi yang katanya keras, tapi rigid, memang terbukti. Test di jalan bergelombang yang sama, mobil terkontrol enak. Test putaran bunderan di speed 70, mobil terkontrol, walau ban berdecit. Test rem mendadak di jalan berpasir, aman. Abs berfungsi, rem terkontrol. Yang lebih penting, ada engine break nya. Tidak seperti generasi sebelumnya yang los.
Coba pindah duduk tengah, mampus rasanya, kepala disentor AC melulu. Akhirnya saya tutup alias tidak guna lagi AC di row kedua buat saya. Suspensi di tengah terasa lebih keras dilempar dibanding Pajero. Namun masih takjub akan handlingnya sampai sekarang.

Kesimpulannya:
Pemakaian dalam kota, jarak pendek-menengah, enakan ANF. Karena nyetir terasa menyenangkan. Sayangnya mesin underpower, mau pake mode Power juga ga enak. Terasa mau selip2 kurang tenaganya. (Kebiasaan dibanding pake VNT di Dastek, terasa underpower jadinya)
Pemakaian luar kota, jarak jauh, enak ANPS. Mesin responsif, bertenaga, buat selip2 enak. Hanya.... masih belon ketemu kenapa limbung waktu jalan bergelombang, namun enak melewati jalan berlubang.

Akhir kata.... seandainya ada mobil dengan handling & suspensi ANF, namun mesin, transmisi dan cakram belakang ANPS, pasti langsung SPK. Posisi sekarang musti mikir2 karena sama2 ada kekurangannya, padahal harganya setengah M.

Sekian review dari saya.

Sent from my K016 using Tapatalk
kemarin dapat kesempatan test drive singkat dan tes duduk di unit punya teman.. pas kumpul kumpul pas kali ada yang bawa ANF, ANPS, ANKI G.. :big_biglaugh:
kurang lebih impresinya sama dengan yang dirasakan om.. :big_exellent:
tambahan : bagian bawah kursi tempat naruh kaki di ANPS cukup sempit tempatnya.. di ANKI dan ANF, tempatnya lebih leluasa untuk naruh kaki..
dan yang ane agak bingung, kok setir ANKI lebih berasa berat dari ANF ya? padahal sama sama HPS dan ladder frame.. ban ANKI ring 16, ANF ring 18.. apakah ada perbedaan teknologi yang diusung atau apa? lebih fun bawa ANF dari ANKI, meski kap mesin ANF panjang banget, jadi kurang pede bawanya, mesti pake around view monitor nih..
ANPS jok dan headrest baris kedua empuk, nyaman.. jok baris pertamanya juga empuk, nyaman, meski headrest keras.. versi CKD yang pake piano black di interior membuat rasa kabin jadi lebih mewah.. oh ya, di versi CKD, lighter dan asbak uda ga ada lagi seperti yang versi CBU..
btw, sayang banget di versi CKD Dakar 4*2 ini belum dikasih headrest tengah baris kedua padahal headroom lega.. di ANF yang headroom tengah baris kedua lebih sempit justru dikasih headrest.. ANF kalo yang duduk di kabinnya minimal 170 cm, cuma nyaman 4 orang, soalnya bagian tengah row 2 dan row 3 headroom mentok..


demikian report singkat dari ane.......... :ngacir:
Om TD ANF yang setelah bulan 8 2017 ya? memang ada perubahan stir di ANF 2017 setelah bulan 8 dibuat jadi lebih ringan, karena ane ikutin trit tetangga sebelah & katanya bantingannya lebih alusan (tidak tau apa ada perubahan/peningkatan kualitas shock)
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by Venturtle »

bensinsolar wrote: Wed Dec 06, 2017 2:04
Venturtle wrote: Mon Dec 04, 2017 2:39
Koddy wrote: Fri Feb 19, 2016 10:06 Sedikit review dari saya, karena hari ini berkesempatan test drive kedua mobil tersebut dengan trayek yang sama.

ANPS Dakar:
Kesan sekeian kali masuk ke mobil ini, masih menyenangkan. Posisi setir yang semi truck, mirip Pajero Sport versi sebelumnya. Pertama dicoba di tikungan jalan sempit, masih jalan lalu coba tarikan di dalam kota, menyenangkan. Turbo lag hanya berasa ketika start dari berhenti lampu bangjo. Setelahnya, gas dikit, naik. Sepak selip, enak. Coba melibas jalan berlubang parah, nyaman. Lalu coba tanjakan, mesinnya garang, enak, bertenaga. Intinya menyenangkan kalau merasakan jambakan mesinnya. Hanya.... ketika melewati jalan bergelombang sambil menanjak/menurun dengan kecepatan tinggi (diatas 80kmh), rasanya oleng. Saya coba 3x di tempat berbeda, terasa oleng, sampai setir harus saya pegang kuat supaya terkontrol. Anehnya kalau jalan berlubang ga masalah, hanya kalah dengan jalan bergelombang (biasa, bekas rem truk/bus over kapasitas yang merusak jalan). Yang biasa melaju di Pantura pasti tahu maksud saya jalan bergelombang. Sampai detik ini, saya masih belum ketemu kenapa di jalan berlubang2 mobilnya enak, tapi di jalan bergelombang, jadi hampir out of control. Coba pindah tengah, posisi duduk mirip yang lama, kaki menggantung. Suspensi namun jauh lebih enak. Empuk, bantingan lebih mirip Innova lama dibanding Pajero Sport lama.

ANF:
Kesan pertama masuk VRZ ini sepertinya biasa saja (maklum sebetulnya sudah lebih tertarik ANPS, namun tidak pernah TD ANF, karena unit TD ga pernah ada). Lalu coba duduk, diatur posisi duduknya, biasanya saya reflek tekan bawah mentok, loh... kok dalam sekali. Terpaksa dinaikin lagi supaya pas. Posisi duduk serasa naik sedan dibanding naik SUV. Majuin mobil, belok2in setir, loh, kok lebih enak dibanding ANPS. Lewatin jalan sempit yang sama, lah kok lebih berasa enak besoknya, padahal mobil ini lebih bongsor harusnya. Masih takjub dengan handling nya. Coba keluar, test tenaganya, lah kok melempem. Coba pencet Power mode, beda dikit di tarikannya saja. Di tanjakan yang sama, terasa powernya jauh beda. Kalau di ANPS sudah 120 kmh, Fortuner masih 70-80 an. Terasa lemot naik gas nya, terutama di 50-100, sepertinya karena rpm red line nya ketinggian. Ok... mesin kalah jauh. Namun.... suspensi yang katanya keras, tapi rigid, memang terbukti. Test di jalan bergelombang yang sama, mobil terkontrol enak. Test putaran bunderan di speed 70, mobil terkontrol, walau ban berdecit. Test rem mendadak di jalan berpasir, aman. Abs berfungsi, rem terkontrol. Yang lebih penting, ada engine break nya. Tidak seperti generasi sebelumnya yang los.
Coba pindah duduk tengah, mampus rasanya, kepala disentor AC melulu. Akhirnya saya tutup alias tidak guna lagi AC di row kedua buat saya. Suspensi di tengah terasa lebih keras dilempar dibanding Pajero. Namun masih takjub akan handlingnya sampai sekarang.

Kesimpulannya:
Pemakaian dalam kota, jarak pendek-menengah, enakan ANF. Karena nyetir terasa menyenangkan. Sayangnya mesin underpower, mau pake mode Power juga ga enak. Terasa mau selip2 kurang tenaganya. (Kebiasaan dibanding pake VNT di Dastek, terasa underpower jadinya)
Pemakaian luar kota, jarak jauh, enak ANPS. Mesin responsif, bertenaga, buat selip2 enak. Hanya.... masih belon ketemu kenapa limbung waktu jalan bergelombang, namun enak melewati jalan berlubang.

Akhir kata.... seandainya ada mobil dengan handling & suspensi ANF, namun mesin, transmisi dan cakram belakang ANPS, pasti langsung SPK. Posisi sekarang musti mikir2 karena sama2 ada kekurangannya, padahal harganya setengah M.

Sekian review dari saya.

Sent from my K016 using Tapatalk
kemarin dapat kesempatan test drive singkat dan tes duduk di unit punya teman.. pas kumpul kumpul pas kali ada yang bawa ANF, ANPS, ANKI G.. :big_biglaugh:
kurang lebih impresinya sama dengan yang dirasakan om.. :big_exellent:
tambahan : bagian bawah kursi tempat naruh kaki di ANPS cukup sempit tempatnya.. di ANKI dan ANF, tempatnya lebih leluasa untuk naruh kaki..
dan yang ane agak bingung, kok setir ANKI lebih berasa berat dari ANF ya? padahal sama sama HPS dan ladder frame.. ban ANKI ring 16, ANF ring 18.. apakah ada perbedaan teknologi yang diusung atau apa? lebih fun bawa ANF dari ANKI, meski kap mesin ANF panjang banget, jadi kurang pede bawanya, mesti pake around view monitor nih..
ANPS jok dan headrest baris kedua empuk, nyaman.. jok baris pertamanya juga empuk, nyaman, meski headrest keras.. versi CKD yang pake piano black di interior membuat rasa kabin jadi lebih mewah.. oh ya, di versi CKD, lighter dan asbak uda ga ada lagi seperti yang versi CBU..
btw, sayang banget di versi CKD Dakar 4*2 ini belum dikasih headrest tengah baris kedua padahal headroom lega.. di ANF yang headroom tengah baris kedua lebih sempit justru dikasih headrest.. ANF kalo yang duduk di kabinnya minimal 170 cm, cuma nyaman 4 orang, soalnya bagian tengah row 2 dan row 3 headroom mentok..


demikian report singkat dari ane.......... :ngacir:
Om TD ANF yang setelah bulan 8 2017 ya? memang ada perubahan stir di ANF 2017 setelah bulan 8 dibuat jadi lebih ringan, karena ane ikutin trit tetangga sebelah & katanya bantingannya lebih alusan (tidak tau apa ada perubahan/peningkatan kualitas shock)
ANF 2017 sebelum minor change..
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by b8099ok »

Anf,... Putjed,... :ngacir: :big_slap:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by jiwul »

Koddy wrote:
jiwul wrote:Setujuh untuk suspensi ANPS yg super ngayun... yg kalo sales2nya bilang empuk...
Hadeh...empuk yg kebangetan untuk sebuah SUV 7 segedhe itu
Saya test drive aja berasa mual.. anak saya duduk di 2nd row juga ngeluh mual... tapi si salesnya tetep kekeuh bilang 'itu lebih nyaman dr yg dulu, lebih empuk'
Lebih empuk...yes
Lebih nyaman.... big no
Tinggal ganti shockbreaker, masalah beres, untuk ngayun ANPS.
Emangnya shock ANF bagus dari sononya?
Banyak yang belum 10rb km udah merembes, mau claim TWC tapi dibilang normal oleh beres, karena lelehan olinya belum banyak sampai bawah. Artinya, selama belum rusak sampai bunyi "jedag", walau mobil sudah mulai goyang dombret dan mengayun ga jelas akibat bocor, tapi ga ada solusi resmi TWC. Mau enak? Sama aja ganti shockbreaker sendiri untuk membereskan masalah tersebut.
Kalau ANF saya memang gak mau menyinggung krn memang nggak pernah tertarik...kalo ini saya memang skeptis terutama dgn brand itu ;p

Saya lebih sreg dgn Old PS...dan saya pun akhirnya ke Old PS
kerogawa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13

Re: Pajero Sport VS Fortuner

Post by kerogawa »

ANF TRD sama VRZ cuma beda bodikit aja yah?