Blazer swap or LPG???

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

syahrir86
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed May 13, 2015 2:10

Blazer swap or LPG???

Post by syahrir86 »

Dear para suhu Blazer ane galau tingkat tinggi
ane dapet hibah Blazer Montera 2001, tapi setelah sebulan pakai dalkot terasa sakit di dompet (BBM boros)
ane coba browsing, dapat pencerahan untuk swap engine... tapi setelah browsing lagi ada inovasi pake konverter dari BBM ke LPG
tolong arahannya para master dan suhu-suhu disini :big_childish: :big_childish:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Blazer swap or LPG???

Post by amfibi »

Hmmm, kalo pake LPG sih konsumsi bahan bakarnya tetep diitung mirip2 dgn pake bensin biasa (tentunya LPG rada lebih irit), tp yg bikin murah adalah harga LPG yg lebih murah dibandingkna bensin per-liter (cuma 3.100 per 'liter'), jd hemat jatohnya :mky_02:

Pemasangan nya sih di montera ga akan ribet, orang mobil2 canggih ber elektronik macem2 aja bisa dipasang kit converter LPG ...

Temen bokap ada yg pake konverter LPG di harrier V6 nya... Katanya sih jd lebih enak jg tarikan mesinnya karna kualitas LPG ini tinggi (lebih tinggi dr pertamax + )
Kendalanya, SPBG jumlahnya sedikit banget ... :ungg:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Blazer swap or LPG???

Post by Turboman »

syahrir86 wrote:Dear para suhu Blazer ane galau tingkat tinggi
ane dapet hibah Blazer Montera 2001, tapi setelah sebulan pakai dalkot terasa sakit di dompet (BBM boros)
ane coba browsing, dapat pencerahan untuk swap engine... tapi setelah browsing lagi ada inovasi pake konverter dari BBM ke LPG
tolong arahannya para master dan suhu-suhu disini :big_childish: :big_childish:
Sudah lakukan penyehatan mesinnya belum ?

Spt carbon clean / purging injector

Perlu juga cek yg lain2, atau kalau perlu Cyl Head turun utk bersihkan / skir klep dll

gimana kondisi bearing2 roda / Powertrain dll, supaya jangan jadi hambatan

Udah itu, biasanya boros bisa juga disebebkan krn sistem injeksi mesin tahun lama mekanisme Fuel Cut nya gak gitu presisi, ini bisa dibantu dgn Dastek Q, jadi setting utk Fuel Cut saat lepas gas

Kalo converter gas, skg ini better beli yg utk CNG aja / Envogas, kayaknya yg bakal dikembangkan ke depan ya Envogas / CNG yg cuman Rp 3100 / LSP
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Blazer swap or LPG???

Post by amfibi »

Eh iya CNG deng bukan LPG, kirain sama :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Blazer swap or LPG???

Post by ChZ »

Turboman wrote:
Sudah lakukan penyehatan mesinnya belum ?

Spt carbon clean / purging injector

Perlu juga cek yg lain2, atau kalau perlu Cyl Head turun utk bersihkan / skir klep dll

gimana kondisi bearing2 roda / Powertrain dll, supaya jangan jadi hambatan

Udah itu, biasanya boros bisa juga disebebkan krn sistem injeksi mesin tahun lama mekanisme Fuel Cut nya gak gitu presisi, ini bisa dibantu dgn Dastek Q, jadi setting utk Fuel Cut saat lepas gas

Kalo converter gas, skg ini better beli yg utk CNG aja / Envogas, kayaknya yg bakal dikembangkan ke depan ya Envogas / CNG yg cuman Rp 3100 / LSP
Sependapat oom turbo... kalau boros ya dibenerin dulu mesinnya... tune up, bersihin injektor, sampe OH... ganti oli transmisi, dll... kalo masih kerasa boros ya ada opsi piggyback... pasang LPG atau swap engine malah waste money yang efeknya kadang g kerasa signifikan dengan duit yang dikeluarkan... plus was-was kalo ke luar kota krn mo ngisi dimana?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Blazer swap or LPG???

Post by newrubble »

dgn original gm-holden ecotech engine yg ada

problem ada di reliability yg (by time, normal use, non-enthusiast) tdk lagi tropically reliable di udara typical indo bgn barat yg punya high dust intensity

hanya enthusiasts n community mrk yg bilang engine itu masih reliable...apalagi brand holder sdh amnesia dgn type itu...plus biz pattern mrk yg miscalculate apapun, hobby dg factory closure n walk away

swap sj dgn engine lain n anggap sj unit nya sdh non branded
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Blazer swap or LPG???

Post by amfibi »

newrubble wrote:dgn original gm-holden ecotech engine yg ada

problem ada di reliability yg (by time, normal use, non-enthusiast) tdk lagi tropically reliable di udara typical indo bgn barat yg punya high dust intensity


hanya enthusiasts n community mrk yg bilang engine itu masih reliable...apalagi brand holder sdh amnesia dgn type itu...plus biz pattern mrk yg miscalculate apapun, hobby dg factory closure n walk away

swap sj dgn engine lain n anggap sj unit nya sdh non branded
Setuju wkwkwk...
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Blazer swap or LPG???

Post by alexdonovan »

Blazer is a Blazer... mau diapain juga bakal boros karena inherently under-powered. body hampir 2.5 ton didorong mesin 2.2 liter (aslinya 4.3 liter, yang malah lebih irit)... lebih tepat swap pake engine Prado (sudah ada yang praktek dulu). Di thread sebelah, ada info pernah swap pake engine panther turbo.

BTW, yang dimaksud boros tuh berapa ya? Blazer dalam kota 1:6 standard... luar kota dapet 1:9. Kondisi mesin sehat (DOHC LT 2000)
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Blazer swap or LPG???

Post by ChZ »

Kalo mau irit swap ke D-4D 2KD atau 1KD saja... gampang maintain nya, gampang modif nya sampai 200hp dan torsi 400 lebih... lebih dari cukup buat gerakin sebuah Blazer. Ngisinya cuma Biosolar pula...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Blazer swap or LPG???

Post by nyotnyet »

ChZ wrote:Kalo mau irit swap ke D-4D 2KD atau 1KD saja... gampang maintain nya, gampang modif nya sampai 200hp dan torsi 400 lebih... lebih dari cukup buat gerakin sebuah Blazer. Ngisinya cuma Biosolar pula...
Engine mountingnya gimana? Kalo banyak ngubah jadi too much effort donk..hehehe..

Soul Red zoom zoom
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Blazer swap or LPG???

Post by Turboman »

IMO :
kalo mau swap mesin mungkin yg paling deket dengan Isuzu 4JA1-L

secara di Tavera (Panther Chevy) pake mesin Blazer 2.2 juga

Tapi nanti harus kalkulasi dgn seksama Final drive nya
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Blazer swap or LPG???

Post by aspsilver »

konversi gas menurut saya lebih masuk akal.
Dengan harga 12 jutaan, udah beres. Bagasi blazer cukup besar, jadi tambahan tanki bbg gak masalah.

Pastikan saja ada yang jual Vigas di rute anda.

Saya dijelaskan oleh petugas PERTAMINA waktu IIMS, bedanya LNG dan CNG

LNG atau Vigas itu gas yang dibuat jadi cair. Tangki penyimpanan lebih kecil, proses isi bahan bakaar lebih cepat, dan jarak tempuh lebih jauh (untuk kapasitas tangki yang sama besar). Jeleknya harganya 5100.

CNG, masi bentuk gas, murah cuma 3000an, tapi tangki gede (maksudnya ukuran fisiknya), proses pengisian lebih lama.

CNG dipake transjakarta dan bajaj biru.

Vigas dipake sama beberapa taxi premium (pernah lihat mereka isi)

Petugas menyarankan kalau mobil pribadi pake VIgas, soalnya kalo CNG, ngisi melulu.

teorinya, konverternya bisa diccopot lagi dan dipindah ke mobil lain. Tapi intake manifold kan dibolongin, untuk masukkin nosel gasnya, jadi nanti ditambal.

Teorinya pakai BBG, konsumsi BBG lebih boros drp Bensin. Tapi karena perliter lebih murah lama2 nutup.

Kalo keluar kota, gak masalah soalnya kan tangki BBM gak dilepas, tinggal isi bensin aja.
mobil bisa jalan pake bensin atau gas, ada switch nya.

Anda tinggal.hitung, ongkos pasangnya sama keiritan yang dihasilkan, berapa lama balik modalnya.

Sekarang sebulan habis uang bensin berapa, dibagi ke harga bensin, dapat liternya.
Liter kali harga Vigas
kurangin 2 angka tadi.
ongkos pasang dibagi sama selisih tadi, dapat berapa bulan.

Kalo dapatnya 5 tahun, ya mending gak usah.

Rasanya kalo engine swap duit 15 juta gak cukup. Dan pasti lebih ribet.

Ganti engine apalagi yang bukan peruntukannya, banyak bobok, banyak rubah, nah makin banyak ongkosnya.

Saya juga setuju sih, kadang mobil tua, boros, karena gak diservice. Coba service yang bener, bersihkan injektor.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15569
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Blazer swap or LPG???

Post by ChZ »

nyotnyet wrote: Engine mountingnya gimana? Kalo banyak ngubah jadi too much effort donk..hehehe..
tidak ada mustahil bagi seorang mafia :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Blazer swap or LPG???

Post by billyd1773dz »

Swap enjin urusanya di surat2..... mesiny hrs yg ber pib biasany jarang yg jual, harga mesin prado 1kz te dulu 45jt halfcut... Blm pasang dan modifikasi pernik2..... Dan waktuny bisa berbulan2 jika modip tdk semerek dan banyak yg harus dibikin ulang. Ada resiko instrument dashboard tidak jalan seperti orisinal, trutama jika sudah pke BCM. Effortnya besar dan ongkosnya easily half or more dri harga mblnya. Ada resiko trial n error most Mbl hsl swap enjin gado2 dgn mrk lain hargany tiarap apalagi klw g rapih.

Jika tidak cinta mati dengan mblnya jangan lakukan swap enjin.

Sehatin mesin pling bener, Envogas good choice meski ongkosnya mahal juga Dan spbg dikit Ron nyaris 100 + piggyback timing advancenya bisa banyak expectasi tenaga lebih tinggi.

Wise choice Ganti stnk aja klw uda g sreg

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Blazer swap or LPG???

Post by htannis »

billyd1773dz wrote:Swap enjin urusanya di surat2..... mesiny hrs yg ber pib biasany jarang yg jual, harga mesin prado 1kz te dulu 45jt halfcut... Blm pasang dan modifikasi pernik2..... Dan waktuny bisa berbulan2 jika modip tdk semerek dan banyak yg harus dibikin ulang. Ada resiko instrument dashboard tidak jalan seperti orisinal, trutama jika sudah pke BCM. Effortnya besar dan ongkosnya easily half or more dri harga mblnya. Ada resiko trial n error most Mbl hsl swap enjin gado2 dgn mrk lain hargany tiarap apalagi klw g rapih.

Jika tidak cinta mati dengan mblnya jangan lakukan swap enjin.

Sehatin mesin pling bener, Envogas good choice meski ongkosnya mahal juga Dan spbg dikit Ron nyaris 100 + piggyback timing advancenya bisa banyak expectasi tenaga lebih tinggi.

Wise choice Ganti stnk aja klw uda g sreg

:beer:
kok gak 1kd aja, tanggung ah 1kz, blok nya sih waktu saya bandingin sih mirip sih, cuman head atas aja beda jauh lebih besar 1kd karena dohc dan 16 valve, 45 jt sih dapet lah head + short block nya :mky_01:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Blazer swap or LPG???

Post by Turboman »

Swap mesin realita-nya nggak seindah / semudah yg dibayangkan

semua harus penyesuaian, gardan / propeller shaft / dudukkan mesin dan bagaimana efek vibrasi-nya

Kalo memang owner memposisikan mobil ini sbg experiment / project ya monggo2 aja, tapi kalao nggak hobby modif2 sih gak recommend

Better lakukan penyehatan mesin aja....carbon clean / cek injector (spray pattern masih bagus gak) / turun Cyl head utk periksa - skir klep / ganti seal klep - paking sekalian kalo dah jelek

Cek bearing2 sekitar puli

Lalu bisa ke om Soleh - Sigma utk konsultasikan Dastek sbg Fuel Cut controller, utk kontrol mekanisme Fuel Cut saat deselerasi / lepas gas
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Blazer swap or LPG???

Post by ginting »

@oom Turbo : Kalau Innova GNKI 2011 bensin, apakah sdh ada mekanisme fuel cut kalau pedal gas diangkat ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Blazer swap or LPG???

Post by Turboman »

ginting wrote:@oom Turbo : Kalau Innova GNKI 2011 bensin, apakah sdh ada mekanisme fuel cut kalau pedal gas diangkat ?
Ada doongg

Kalo yg saya tanya2 ke om Soleh, beliau pernah install Dastek Q utk kontrol Fuel Cut di mobil2 tertentu yg BBM nya terus ngocor walau pedal gas diangkat, tapi saya lupa mobil apa aja.
syahrir86
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed May 13, 2015 2:10

Re: Blazer swap or LPG???

Post by syahrir86 »

terimakasih para suhu-suhu diatas... :frm_salut: :frm_salut:

untuk ilmu dan masukanya.. mungkin untuk awal ane mau sehatin mesin dulu...
karena selama ini taunya itu mobil jarang jalan dan cuam di kandangin aja
klo boleh tau bengkel yang recomendasi untuk blazer dan untuk swap dimana ya...

posisi ane di jakarta..

thx para master-master...
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Blazer swap or LPG???

Post by TUFF Stough »

TSnya mana ya? Calon thread kaput kah? :mky_05:
syahrir86
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed May 13, 2015 2:10

Re: Blazer swap or LPG???

Post by syahrir86 »

:mky_01: :mky_01: :mky_01:

maaf suhu...
ini muncul... ane lagi di luar jaringan internet.. jadi ngak update..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Blazer swap or LPG???

Post by Turboman »

Utk carbon Clean & purging injector bisa ke GBT - Meruya

Kalau mau bongkar Cyl head - skir klep bisa ke Autodyne di Ps Baru timur (tapi parts2 sebaiknya bawa sendiri aja)

Utk urusan perbaikan kaki2 bisa ke Istana Per - A Kong di Jl Pahlawan revolusi sebelah RS Yadika

Google for details

Utk urusan kelistrikan / kabel2 / relay2 bisa ke A Chien di Ps Segar Citra 2 - 0819 056 86669
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Blazer swap or LPG???

Post by aspsilver »

Turboman wrote:Swap mesin realita-nya nggak seindah / semudah yg dibayangkan

semua harus penyesuaian, gardan / propeller shaft / dudukkan mesin dan bagaimana efek vibrasi-nya

Kalo memang owner memposisikan mobil ini sbg experiment / project ya monggo2 aja, tapi kalao nggak hobby modif2 sih gak recommend

Better lakukan penyehatan mesin aja....carbon clean / cek injector (spray pattern masih bagus gak) / turun Cyl head utk periksa - skir klep / ganti seal klep - paking sekalian kalo dah jelek

Cek bearing2 sekitar puli

Lalu bisa ke om Soleh - Sigma utk konsultasikan Dastek sbg Fuel Cut controller, utk kontrol mekanisme Fuel Cut saat deselerasi / lepas gas

Setuju sama oom diatas.

Swap engine gak gampang. Dan sekali udah swap, gak bisa balik lagi. Jalannya cuma ada 2 pilihan, berhasil atau, itu mobil jadi bangkai. Dipake gak bisa, dijual gak bisa.

Kalo rencana swap engine cuma karena boros bbm, mending mobilnya dijual, trus buat DP beli LCGC.

Ongkosnya sama, bahkan lebih murah.

Blazer kan lebih keren drp LCGC.....
Tapi blazer di bengkel vs LCGC dipake, rasanya koq lebih keren LCGC.

Saya baca di suatu majalah asing, ada orang di UK, swap engine Mercedes Benz E320 ke E36 AMG, cuma ganti size aja, electricnya problem. lama beresinnya.

Ini cerita sukses, yang gagal, gak ada artikelnya.

Saya ada kenalan yang 280GE nya teronggok digarasi, karena swap engine gagal.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Blazer swap or LPG???

Post by newrubble »

sy pengalaman engine swap mobil alm kakek n alm ayah ada total 21 units various brands pertama x tj86 n trahir 2013

dr smua limapuluh mobil yg pernah ada n tdk ada yg gagal lrn tiga perkara

sy (bkn bengkel/teman) yg tentukan engine n trx apa
budget tdk permah mepet n hrs ada time target kapan wajip klaar

siapkan bengkel mana sng plan-b kalo yg skrg dead-end / brengsek (mobil tdk ada yg jadi bangkai tapi bbrp bengkel masuk blacklist )

m.soleh trmsk yg berjasa u swap datsun stanza rwd dg L20 jaman dulu n datsun 280c dg rd27t ...prince dg L16 trahir isa (kzero) kerjakan fiat 132 n 130 dg tyt engine
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Blazer swap or LPG???

Post by newrubble »

emgine swap itu bukan mahal vs murah. siap siap bankrupt kalo itu basis nya ...ini perkara reliability improvement (n ini mainan iseng org punya duit)