Share Captiva - PART 06

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
CumiDarat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: 06 Feb 2018, 15:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CaptivaVCDi

Re: Share Captiva - PART 06

Post by CumiDarat » 22 Jan 2019, 05:41

EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.

apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 27 Nov 2015, 08:35

Re: Share Captiva - PART 06

Post by apoge » 22 Jan 2019, 06:05

CumiDarat wrote:
22 Jan 2019, 05:41
EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
Wow gitu toh, udah pasrah kirain gak bisa delete egr kaya merk sebelah, lubangnya kira2 yg ukuran diameter brapa?, posisinya lubangnya pas di tengah plat? Gimana hasilnya habis delete egr?
:big_smile]

Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 26 Jul 2012, 21:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 » 22 Jan 2019, 10:45

hendrahot wrote:
21 Jan 2019, 21:19
Mid69 wrote:
hendrahot wrote:
20 Jan 2019, 21:21
Hahaha.... Berarti almost confirm ya itu penyebab nya. Sebab baca-baca di forum luar emang ada yg sebut2 gt jg sih karena EGR closed. Tapi yg saya bingung logic nya karena apa ya? Kalau deteksi EGR valve nya seharusnya masa nunggu cuaca agak dingin? Atau kalau suhu dingin ECU suru EGR Valve buka besaran eh dia merasa kok ketendang balik dan memicu error. Entah lahhhh.... (Cucoklogi mode on)
Saya jg sama. Cuekin dah, sampe sekarang sudah 1000km lebih ndak ada muncul lagi error P0101 ini.

Btw jadi maksudnya captiva om dan temen om ngalami hal yg kira-kira sama ya?
Bengkel mana yg suru ganti MAF? Wahhhh eman2 donk MAF baru nya om? Untung ane jg ga cepet2 beli MAF. Mana harga nya lumayan ajib. Ane hanya try beli semprotan pembersih MAF aja sih kemaren.
Mungkin terlalu sensitif sensor di captiva, suka bikin sport jantung kalau check engine nyala :big_biglaugh:
Iya, temen sesama pemakai captiva dan sering rood trip bareng, jd di kondisi yg sama saat rood trip kalau di sy muncul error MAF gak lama pasti di temen jg error atau sebaliknya, sampai2 di jadiin candaan error kok janjian. Di sy jg muncul error P0101 tetapi di captiva temen selain P0101 ada error P0404 jg.
Gak enak lah sebut nama bengkel di sini, mungkin temen sy aja yg terlalu parno error di sensor MAF maunya langsung ganti aja padahal udah di pakai 2,5 thn jg gak kenapa napa. Sy jg rutin bersihin sensor MAF setiap 5K km, utk di sekitaran jakarta sih blm pernah muncul error nya kecuali lebaran thn lalu waktu ke Batu Malang muncul error sekali.
Hahaha... Dan ke 2 nya tutup EGR pakai plat? Kalo iya almost 100% confirm ini happen karena itu. Sebab dari 0 km - sebelum tutup EGR, saya ndak pernah CE sama sekali. Begt tutup EGR ga lama ga sampe 1000km muncul error saat dingin.
Hmmm kalo ada yg punya flowchart pemrograman / logic nya baru ketauan. mungkin dia baca "if udara dingin maka do ini dan ini" . Wkwkwkwkw..... Sotoy mode om. Kalo error EGR harusnya confirm dia karena deteksi valve nya gagal buka.
Waaaa berea resmi kah om? Saya jg waktu itu hampir mikir coba beli MAF, eh tau2 mati sendiri. Nah curiga saya.

Hehehehe.....
Iya, keduanya tutup pakai plat.

hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: 29 Sep 2013, 11:17

Re: Share Captiva - PART 06

Post by hendrahot » 22 Jan 2019, 12:21

CumiDarat wrote:EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
Om. Terima kasih.... Ternyata benar dugaan saya... Senang nya tau bahwa saya tidak sendirian. Wkwkwkw....
Btw sama dengan om di atas, posisi lubang nya di center?

Siapa yg kasi ide lubangin dulu om?

CumiDarat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: 06 Feb 2018, 15:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CaptivaVCDi

Re: Share Captiva - PART 06

Post by CumiDarat » 22 Jan 2019, 13:07

Nah pas ngebolongin, sy ga liat om dimana posisi dibolonginnya. Dan yg kasih tau dibolongin, bengkelnya jg om.
hendrahot wrote:
CumiDarat wrote:EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
Om. Terima kasih.... Ternyata benar dugaan saya... Senang nya tau bahwa saya tidak sendirian. Wkwkwkw....
Btw sama dengan om di atas, posisi lubang nya di center?

Siapa yg kasi ide lubangin dulu om?

Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 26 Jul 2012, 21:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 » 22 Jan 2019, 14:51

Ternyata simple ya beresin error sensor MAF gara2 EGR di tutup, thanks sharing nya om CumiDarat.

hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: 29 Sep 2013, 11:17

Re: Share Captiva - PART 06

Post by hendrahot » 22 Jan 2019, 16:41

CumiDarat wrote:Nah pas ngebolongin, sy ga liat om dimana posisi dibolonginnya. Dan yg kasih tau dibolongin, bengkelnya jg om.
hendrahot wrote:
CumiDarat wrote:EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
Om. Terima kasih.... Ternyata benar dugaan saya... Senang nya tau bahwa saya tidak sendirian. Wkwkwkw....
Btw sama dengan om di atas, posisi lubang nya di center?

Siapa yg kasi ide lubangin dulu om?
Maksud ane gw ke bengkel itu jg om.
Bisa help japri om nama bengkel nya dan alamat.

Terima kasih

juprexz
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 20 Aug 2014, 23:24

Re: Share Captiva - PART 06

Post by juprexz » 23 Jan 2019, 23:15

Mau nanya dong gan,

Captiva 2009 NFL, kalo pagi susah start, kira2 2x6 detik baru nyala tuh mobil. Tapi kalo sudah panas mesinnya, bisa starter sekali langsung jreng. BBM pake Biosolar+norival+oli samping jaso FD. Kira2 apanya ya gan??

Begscyb
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 03 Feb 2019, 10:14
Location: LA
Daily Vehicle: Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Begscyb » 04 Feb 2019, 09:40

Permisi Om-Om,
saya baru ambil Captiva NFL 2010 2 minggu lalu , mau tanya juga kasus nya sama dengan Om Juprexz kalau pagi susah start, harus paling sedikit 4x strater bahkan sering lebih dari 6.
dah dipasang VS untuk mengamankan Aki, dan BBM Dexlite+PSDK , mungkin Om-om sekalian punya ilmu yang bisa di share untuk masalah seperti ini

Chelov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 20 Nov 2018, 12:59
Location: Depok
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Chelov » 05 Feb 2019, 08:43

Om disini ada yang udah pernah ganti glow plug? Captiva bisa ga ya di tes manual glow plugnya?

Joejahat06
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 18 Jan 2019, 21:45
Location: Bekasi

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Joejahat06 » 05 Feb 2019, 15:56

Sore om. .mau tanya om. .
Klo captiva diesel fl 2011 pas nanjak bunyi seek seek tuh apaanya yah om. .

Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 03 Feb 2019, 09:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat » 09 Feb 2019, 11:31

Halo para suhu, di Captiva CRDi yang masih sehat ada yang pernah ngecek kah kalo mesin lagi running di cabut dipstick kayak gimana?
Kemaren saya ngecek pas hunting Captiva FL, cabut dipstick langsung muncrat oli kemana2.
Makanya pengen tau kalo yang masih sehat kyk gmna ya? Klo boleh share video nya juga.

Chelov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 20 Nov 2018, 12:59
Location: Depok
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Chelov » 09 Feb 2019, 23:23

Badongdat wrote:
09 Feb 2019, 11:31
Halo para suhu, di Captiva CRDi yang masih sehat ada yang pernah ngecek kah kalo mesin lagi running di cabut dipstick kayak gimana?
Kemaren saya ngecek pas hunting Captiva FL, cabut dipstick langsung muncrat oli kemana2.
Makanya pengen tau kalo yang masih sehat kyk gmna ya? Klo boleh share video nya juga.
Newbie bantu jawab om. Sepengetahuan newbie kalo mesinnya sehat si ga ngeluarin asep apalagi muncrat olinya om mobil saya ga ada asep atau oli muncrat om. Hehehe CMIIW yang jadi masalah cuman pagi susah stater butuh 3 - 4x cranking. Oh ya oli juga bisa si ngaruh dlu sempet salah oli di Km 5000an udah ngebul. Sekarang pake Q8 8700 HDEO. Ga ada tuh ngebul

Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 03 Feb 2019, 09:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat » 10 Feb 2019, 21:35

Chelov wrote:
Badongdat wrote:
09 Feb 2019, 11:31
Halo para suhu, di Captiva CRDi yang masih sehat ada yang pernah ngecek kah kalo mesin lagi running di cabut dipstick kayak gimana?
Kemaren saya ngecek pas hunting Captiva FL, cabut dipstick langsung muncrat oli kemana2.
Makanya pengen tau kalo yang masih sehat kyk gmna ya? Klo boleh share video nya juga.
Newbie bantu jawab om. Sepengetahuan newbie kalo mesinnya sehat si ga ngeluarin asep apalagi muncrat olinya om mobil saya ga ada asep atau oli muncrat om. Hehehe CMIIW yang jadi masalah cuman pagi susah stater butuh 3 - 4x cranking. Oh ya oli juga bisa si ngaruh dlu sempet salah oli di Km 5000an udah ngebul. Sekarang pake Q8 8700 HDEO. Ga ada tuh ngebul
Wah info yang sangat berharga ini. Jadi bisa dibilang kalo yang muncrat-muncrat oli itu sudah pasti perlu penanganan yang lebih lagi ya.? Seperti overhaul gitu..

Chelov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 20 Nov 2018, 12:59
Location: Depok
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Chelov » 10 Feb 2019, 23:17

Badongdat wrote:
10 Feb 2019, 21:35
Chelov wrote:
Newbie bantu jawab om. Sepengetahuan newbie kalo mesinnya sehat si ga ngeluarin asep apalagi muncrat olinya om mobil saya ga ada asep atau oli muncrat om. Hehehe CMIIW yang jadi masalah cuman pagi susah stater butuh 3 - 4x cranking. Oh ya oli juga bisa si ngaruh dlu sempet salah oli di Km 5000an udah ngebul. Sekarang pake Q8 8700 HDEO. Ga ada tuh ngebul
Wah info yang sangat berharga ini. Jadi bisa dibilang kalo yang muncrat-muncrat oli itu sudah pasti perlu penanganan yang lebih lagi ya.? Seperti overhaul gitu..
Ga melulu si om kadang ada oli yang bikin kerak juga bisa jadi seperti linier gentong om CMIIW. Coba aja nonton videonya ki gentong pamungkas di Youtube om. Tapi saran kalo emang masi bisa cari yang lain cari yang ga ngebul om. Tapi kalo hati sudah memilih ya persiapkan aja budgednya om heheheh. :mky_01:

Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 03 Feb 2019, 09:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat » 13 Feb 2019, 02:33

Halo para master semua, saya pake CTV FL2011
Di mode D, Tiap kali di mau pindah gigi dari 3 ke 4 di rpm 2000an, itu kok rasanya kayak yang Torque converter lock nya bolak balik ngunci dan lepas gitu y? kalo saya pake mode manual sih aman2 aja.
ada yang punya pengalaman?

Abmalkaltara
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Feb 2019, 21:55
Location: Kaltara
Daily Vehicle: Captiva 2010

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Abmalkaltara » 18 Feb 2019, 22:23

Mau gabung di wa bolehkah di invite 081351851888

Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 03 Feb 2019, 09:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat » 18 Feb 2019, 23:10

Badongdat wrote:Halo para master semua, saya pake CTV FL2011
Di mode D, Tiap kali di mau pindah gigi dari 3 ke 4 di rpm 2000an, itu kok rasanya kayak yang Torque converter lock nya bolak balik ngunci dan lepas gitu y? kalo saya pake mode manual sih aman2 aja.
ada yang punya pengalaman?
Update: Ternyata masalahnya bukan di transmisi. Tapi di mesin. Belakangan keluar engine check. Coba di scan pake DTC nya P02D0 : Cylinder 3 Fuel Injector Offset Learning at Min Limit.
Gejalanya kalo gas coba di panteng di rpm 1600an itu naik turun. Dan hanya di rpm itu, idle mulus, 2000an keatas mulus juga.
Kalo liat di forum bimmer diesel, katanya CBU Carbon Build Up) di saluran udara (intake, valve, exhaust)
Om disini ada yang pernah ngalamin ga?

User avatar
artoodetoo
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 5956
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: Share Captiva - PART 06

Post by artoodetoo » 19 Feb 2019, 06:54

Abmalkaltara wrote:
18 Feb 2019, 22:23
Mau gabung di wa bolehkah di invite 081351851888
Maksudnya minta diinvite grup khusus Captiva atau SM umum?
Mod @y_anjasrana bisa bantu?
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net

Arshafira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 10 Feb 2018, 09:41
Location: Batu
Daily Vehicle: Hyundai

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Arshafira » 19 Feb 2019, 08:09

Arshafira wrote:
Arshafira wrote:
Ngasepngaspal wrote:Scan aja dlu om supaya pasti. Klo punya OBD 2 scannya, scan sendi4i, harganya cuman kisaran 50rb, aplikasinya 100rb.

Atau bawa ke bengkel terprrcaya.
Udah saya coba ke bengkel langganan om, cuma scanner nya gak tembus katanya.
Akhirnya ke beres dan di scan. Ternyata O2 sensor yang diatas trobel. Karena gak ada efek ke mesin, saran mekanik pakai aja dulu.

Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 26 Jul 2012, 21:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 » 19 Feb 2019, 09:50

Badongdat wrote:
18 Feb 2019, 23:10
Badongdat wrote:Halo para master semua, saya pake CTV FL2011
Di mode D, Tiap kali di mau pindah gigi dari 3 ke 4 di rpm 2000an, itu kok rasanya kayak yang Torque converter lock nya bolak balik ngunci dan lepas gitu y? kalo saya pake mode manual sih aman2 aja.
ada yang punya pengalaman?
Update: Ternyata masalahnya bukan di transmisi. Tapi di mesin. Belakangan keluar engine check. Coba di scan pake DTC nya P02D0 : Cylinder 3 Fuel Injector Offset Learning at Min Limit.
Gejalanya kalo gas coba di panteng di rpm 1600an itu naik turun. Dan hanya di rpm itu, idle mulus, 2000an keatas mulus juga.
Kalo liat di forum bimmer diesel, katanya CBU Carbon Build Up) di saluran udara (intake, valve, exhaust)
Om disini ada yang pernah ngalamin ga?
Gejalanya kok mirip injector yg bermasalah ya, dulu sy pernah alami seperti itu dgn error code P02CE indikasi injektor mampet dan akhirnya sy ganti 1 biji. Sekarang mungkin bisa di repair injectornya.

Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 03 Feb 2019, 09:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat » 19 Feb 2019, 18:43

Mid69 wrote:
19 Feb 2019, 09:50
Badongdat wrote:
18 Feb 2019, 23:10
Badongdat wrote:Halo para master semua, saya pake CTV FL2011
Di mode D, Tiap kali di mau pindah gigi dari 3 ke 4 di rpm 2000an, itu kok rasanya kayak yang Torque converter lock nya bolak balik ngunci dan lepas gitu y? kalo saya pake mode manual sih aman2 aja.
ada yang punya pengalaman?
Update: Ternyata masalahnya bukan di transmisi. Tapi di mesin. Belakangan keluar engine check. Coba di scan pake DTC nya P02D0 : Cylinder 3 Fuel Injector Offset Learning at Min Limit.
Gejalanya kalo gas coba di panteng di rpm 1600an itu naik turun. Dan hanya di rpm itu, idle mulus, 2000an keatas mulus juga.
Kalo liat di forum bimmer diesel, katanya CBU Carbon Build Up) di saluran udara (intake, valve, exhaust)
Om disini ada yang pernah ngalamin ga?
Gejalanya kok mirip injector yg bermasalah ya, dulu sy pernah alami seperti itu dgn error code P02CE indikasi injektor mampet dan akhirnya sy ganti 1 biji. Sekarang mungkin bisa di repair injectornya.
Setelah diganti langsung mendingan om?
kira2 yang bisa repair injector dimana ya om?

Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 26 Jul 2012, 21:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 » 20 Feb 2019, 13:17

Badongdat wrote:
19 Feb 2019, 18:43
Mid69 wrote:
19 Feb 2019, 09:50
Badongdat wrote:
18 Feb 2019, 23:10
Update: Ternyata masalahnya bukan di transmisi. Tapi di mesin. Belakangan keluar engine check. Coba di scan pake DTC nya P02D0 : Cylinder 3 Fuel Injector Offset Learning at Min Limit.
Gejalanya kalo gas coba di panteng di rpm 1600an itu naik turun. Dan hanya di rpm itu, idle mulus, 2000an keatas mulus juga.
Kalo liat di forum bimmer diesel, katanya CBU Carbon Build Up) di saluran udara (intake, valve, exhaust)
Om disini ada yang pernah ngalamin ga?
Gejalanya kok mirip injector yg bermasalah ya, dulu sy pernah alami seperti itu dgn error code P02CE indikasi injektor mampet dan akhirnya sy ganti 1 biji. Sekarang mungkin bisa di repair injectornya.
Setelah diganti langsung mendingan om?
kira2 yang bisa repair injector dimana ya om?
Habis ganti langsung sembuh penyakitnya. Sebaiknya di cek dulu apakah problemnya bener dari injector krn harganya lumayan jg, sy sampai cek di bengkel resmi & bengkel di kemayoran utk pastiin kalau injector yg bermasalah meskipun sdh sy scan dgn obd II di android.
Sebenarnya bisa coba di bersihkan dulu daleman injector cuma gak semua bengkel mau ngerjain, utk tempat service injector coba cek di thread sebelah mengenai Recovery captiva korban solar busuk.

Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 03 Feb 2019, 09:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat » 22 Feb 2019, 20:42

Mid69 wrote:
Badongdat wrote:
19 Feb 2019, 18:43
Mid69 wrote:
19 Feb 2019, 09:50
Gejalanya kok mirip injector yg bermasalah ya, dulu sy pernah alami seperti itu dgn error code P02CE indikasi injektor mampet dan akhirnya sy ganti 1 biji. Sekarang mungkin bisa di repair injectornya.
Setelah diganti langsung mendingan om?
kira2 yang bisa repair injector dimana ya om?
Habis ganti langsung sembuh penyakitnya. Sebaiknya di cek dulu apakah problemnya bener dari injector krn harganya lumayan jg, sy sampai cek di bengkel resmi & bengkel di kemayoran utk pastiin kalau injector yg bermasalah meskipun sdh sy scan dgn obd II di android.
Sebenarnya bisa coba di bersihkan dulu daleman injector cuma gak semua bengkel mau ngerjain, utk tempat service injector coba cek di thread sebelah mengenai Recovery captiva korban solar busuk.
Bener om, ternyata injectornya. Buat mastiin saya coba scan di kemayoran dan emang disuruh ganti injector no 2. Tapi berhubung budget terbatas, akhirnya coba caranya rebuild cara mas Judi. Dan suksesful.. Larinya langsung enak banget.. jadi pengen nyetok control valve yang banyak nih, buat jaga jaga..

Chelov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 20 Nov 2018, 12:59
Location: Depok
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Chelov » 27 Feb 2019, 22:59

Om nannya dong mobil saya CTV 2011 FL waktu dulu dapet emang stater agak panjang tapi sekali stater langsung nyala. Nah sekarang kalo pagi dan setiap berenti agak lama kira kira lebih dari 30 menit itu stater susah butuh 3-4x stater apalagi kalo pagi itu butuh 6x stater. Aki baru ganti di oktober 2018, filter udara baru ganti, bbm dexlite + dft2000, oli masi baru. Kira kira apa ya ada yang bisa bantu?

Post Reply