Share Captiva - PART 06

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Share Captiva - PART 06

Post by roadtrain99 »

Ferin wrote: Sat Jan 06, 2018 13:02 Numpang tanya pada teman2 pengguna Captiva. Saya pakai captiva 2.4l FWD thn 2009. Waktu dipakai dipendakian yg terjal dibandung pakai gigi satu dari bawah, tiba2 dipertengahan engine dan di indikatornya nya pindah ke matic D, padahal tuasnya masih di manual. Dan dicoba di pindahkan + atau -, tetap ajah di posisi matic D. Dan di panelnya ada tanda maintenance engine (gambar kunci gitu). Trus pada saat di restart lagi. Indikatornya udah baik lagi.
Apakah ini hal yang wajar atau kenapa yah?
sekarang setelah itu, pernah dicoba nanjak lagi gak? apa sudah normal?
sepertinya ini mungkin masalah ke electrical. kalau ada indicator muncul, baiknya bawa scan saja dan terangin masalah om, sebab soal electrical bisa gampang ketemu bisa gak.
denbagus1910
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Apr 05, 2018 8:26
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva VCDi 2010

Re: Share Captiva - PART 06

Post by denbagus1910 »

Misi Om..

Bisa join ke Grup Wa gak.. Atau line

mohon diinvite ya

081524879824
line : bagus_skan3

terima kasih
denbagus1910
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Apr 05, 2018 8:26
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva VCDi 2010

Re: Share Captiva - PART 06

Post by denbagus1910 »

Misi teman2 mau nanya,

sy kan biasa pake matic mode manual pada captiva vcdi 2010 sy,
tp kemarin itu sy ga sadar di gigi 2 rpm kurang lebih 4000 sy mau naikkin ke gigi 3 eh tau2nya sy trik mundur ke gigi 1 rpm +- 6000an :big_dunno:
mobil lngsung trhentak. kira kira berefek pada transmisi ya , apa kira kira ada komponen yg rusak ?

mohon pencerahannya gan :D
Mikolirt
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Apr 22, 2018 10:51
Location: Makassar

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mikolirt »

Om mau ikutan join di grup line juga dong hehehe
Id line mikolirt
Baru meminang badak awd diesel 2010 nfl nih hehehe
pugi69
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Jun 01, 2018 17:41
Location: Bogor
Daily Vehicle: peugeot 206

Re: Share Captiva - PART 06

Post by pugi69 »

Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
feryandi2209
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Jun 26, 2018 7:53
Location: Medan
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by feryandi2209 »

pugi69 wrote: Fri Jun 01, 2018 19:50 Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
om pugi69, ini saran saya
1. ambil captiva yang 2010 kebawah aja, lebih tahan minum solar busuk. perawatan juga lebih murah ketimbang FL. kalau fitur uda pasti kalah..hehe
2. lihat dari spakbor nya om kalau yang AWD sewarna dengan body, kalau yang FWD warna hitam. kecuali captiva prime edition kayak punya saya. spakbor sewarna body juga..
3. Harga parts tergantung ada yang asli dan ada yg wkwk juga, jadi ada perbandingan harga. tapi untuk yang sifatnya pemakaian jangka panjang sebaiknya pakai yang ori, contoh shockbreaker dll
4. kalau dari mesin, lihat ada rembesan oli apa gak om, biasa nya rembesan oli dari selang turbo yang sudah termakan usia, kalau dari paking deksel biasanya jarang terjadi, terus kondisi mesin nyala tarik stik oli nya om, ada asep apa gk, kalau gk ada sih harusnya aman2 aja.
- kaki kaki test om ditest dijalan yang rusak biar ketahuan ada bunyi apa gak. matiin suara radio atau music om..
- transmisi, test masih enak tarikannya apa gak, lemot apa gak, jgn lupa test mundur juga..kalau tahun 2010 kebawah dapet KM yang masih rendah mantep om, biasanya mobil itu rumahan.
nomor 5 kagak tau, soalnya saya orang medan..hehehe
demikian, semoga bermanfaat
feryandi2209
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Jun 26, 2018 7:53
Location: Medan
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by feryandi2209 »

om, mohon add Line ane dong, mau bagi2 tips dan trik, badak ane uda 4 tahun Prime edition 2010.hehe
id : feryandi2209
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Share Captiva - PART 06

Post by ginting »

pugi69 wrote: Fri Jun 01, 2018 19:50 Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.

Saya jawab saja no. 5

Untuk Bogor sejauh ini belum ada. Tapi di Serpong ada, yaitu Badak Auto Raya (BAR) langganan anak anak Captiva / Blazer.

Jl. T.P.M. Tanjung No.59, RT.007/RW.002, Pondok Jagung, Serpong Utara, Pd. Jagung, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326
Jam buka: Buka ⋅ Tutup pukul 17.30
Telepon: 0858-1353-4555
Provinsi: Banten

Silahkan google atau call dulu..
Dari bogor mah satu jam saja lewat Parung, Gaplek, Pamulang, Serpong.
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Share Captiva - PART 06

Post by CumiDarat »

pugi69 wrote:Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
Sy coba bantu jawab Om..
1. Banyak user captiva maupun teknisi di bengkel spesialis mengatakan bahwa captiva yg NFL khususnya diesel lebih bandel mesin+electricalnya dan lbh tahan minum solbus.
3. Utk harga sparepart menurut sy ga terlalu jauh bedanya dng mbl jepun. Dan ada jg yg OEMnya. Utk harga servis (jasa) ini tergantung bengkel. Ya kalo servisnya ke BeRes udah pasti mahal. Lbh baik ke bengkel spesialis captiva aja om kalo mau servis.
4. Om coba tonton video ini smp selesai, itu lumayan ngasih kita pengetahuan sblm 'berburu' mbl captiva : https://youtu.be/_Geu1EIHT6A
5. Utk bengkel spesialis chevy yg rekomen di bogor mohon maaf sy jg kurang tau om. Tp biasanya user captiva bawa ke : PRM di pamulang, BAR, JCO/Omega Motor di PMK, atau Salatiga motor di MGK.

Semoga membantu, dan mudah2an om dpt 'badak' yg sehat..
Bigsam
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Jul 15, 2018 13:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Captiva diesel

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Bigsam »

Malam para suhu.

Sy newbie dr BDG yg butuh pencerahan dr master disini.mohon bantuan nya.

Sy bbrp mg lalu baru nembak ctv 2011 FL seken.km 96rban.sy kepincut gara2 diesel dan turbonya mantaf abissss...

Sblmnya sy test dl selama bbrp keliling n hasilnya oke,jd fix dech sy meminang si badak ctv ini.pertama2 semuanya berasa enak dan mantaf,tp stlh +- sy pakai antara 600km an,disini sy mulai ada kendala.

1. Perpindahan gigi dr 2 ke 3 dan 6 ke 5 agak tersentak walau halus tp kerasa tdk smooth.terutama saat pelan dan saat sedang engine break pas speed menurun dr 100km/jam ke 80 km/jam an.lebih parah lg pas mao parkir saat msk gigi mundur lebih keras sentakan nya.apakah pr master pernah mengalami dan paham solusinya?
2. Mengacu pada thread tetangga soal recall modul matic ctv 2011 - 12,ada yg pernah melakukan nya ke beres terutama master dr BDG?bisa info nya apakah itu msh bisa dilakukan tahun ini dan brp biayanya?
3. EPB sy sempat berbunyi saat posisi on dan diam pas jalanan agak landai.setelah kej itu,saat diam posisi jalan datar pun tetap berbunyi seperti besi yg beradu.ada yg tao solusinya bagaimana?

Sebelumnya,sy sdh melakukan General Checkup pas baru beli dan dinyatakan oke.tp pas setelah no 1 n 3 kej,sy balik lg kesana dan solusinya menurut sy agak terlalu over price dan tdk jelas permasalahan nya,hny disebut ini itu hrs ganti, overhaul dan ganti2 elektrik dgn kondisi part pun yg tdk ready alias nunggu.

Newbie ini sdg butuh info yg paten dr para suhu disini ttg kendala2 yg sdg sy hadapi.mudah2an para suhu bisa membantu.nuhun sadayana terima kasih.
garduinduk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Aug 07, 2016 7:56

Re: Share Captiva - PART 06

Post by garduinduk »

dwi24 wrote:
pugi69 wrote:Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
Sy coba bantu jawab Om..
1. Banyak user captiva maupun teknisi di bengkel spesialis mengatakan bahwa captiva yg NFL khususnya diesel lebih bandel mesin+electricalnya dan lbh tahan minum solbus.
3. Utk harga sparepart menurut sy ga terlalu jauh bedanya dng mbl jepun. Dan ada jg yg OEMnya. Utk harga servis (jasa) ini tergantung bengkel. Ya kalo servisnya ke BeRes udah pasti mahal. Lbh baik ke bengkel spesialis captiva aja om kalo mau servis.
4. Om coba tonton video ini smp selesai, itu lumayan ngasih kita pengetahuan sblm 'berburu' mbl captiva : https://youtu.be/_Geu1EIHT6A
5. Utk bengkel spesialis chevy yg rekomen di bogor mohon maaf sy jg kurang tau om. Tp biasanya user captiva bawa ke : PRM di pamulang, BAR, JCO/Omega Motor di PMK, atau Salatiga motor di MGK.

Semoga membantu, dan mudah2an om dpt 'badak' yg sehat..
Baru ngeh dari tautan video itu kalau Pertadex baru setara Euro 2. Pertadex HQ yang setara Euro 4 belum keluar ya?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Share Captiva - PART 06

Post by roadtrain99 »

pugi69 wrote: Fri Jun 01, 2018 19:50 Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
sy coba share
1. sama seperti yg smer lainnya tulis, kalau dari segi perawatan menurut beberapa mekanik dari beberapa bengkel resmi / specialist, yg nfl memang tidak terlalu rewel dalam hal solar non dex. kebetulan sy user dari baru dan blm pernah ngalamin masalah yg disebabkan solar, tapi ini juga dengan catatan jgn telat2 ganti filter bbm nya. merk filter apa pun yg oem pun gak apa2. kalau misalnya pake yg lebih murah dan oem, bisa ganti lebih sering. kalau dengan jadwal manual biasanya per 30rbkm jika pakai filter GM nya. tapi kalu oem yang setara, kita ganti per 15rb km secara harga lebih murah. purging juga gak perlu sering2 sebab kalau sering juga nanti ada pengaruh ke selang2 karet fuel line nya.
Untuk selang2 karet pasti nya ada umurnya. Cuma kalau yg FL sudah pakai timing chain, sementara yg nfl masih belt.

2. secara kasat mata, ada emblemnya di belakang. tapi kalau ga ada..berarti mungkin liat kolong ya? kalau pemakaian sehari2, 2wd jg sangat cukup. tapi kembali ke selera masing2.

3. mahal mungkin relatif. di non beres, nfl oli mesin sekitar 900rb, oli atf 900-1jt. timing belt 2.5jtan, fan/v serpentine belt sekitar 2,3jtan. shock depan belakang 8jtan, bushing kaki depan per pcs 400rban, tapi kalo tie rod katanya 300-400rban, oli power steering murah, brake oil murah, kalau brake pad depan tergantung merk tapi rem mah pentinglah. compressor ac oem 3.5jtan, evap 1,3jtan. tapi bisa dibilang kaki2 captiva ini sepertinya lumayan tahan banting dibanding jepang. tapi ya tergantung user nya kalau semua lubang jalan rusak dihajar ya gak bakal awet.

4. mesin, bawa senter terang om, periksa sorot ada rembes gak, kalau perlu buka cover mesinnya supaya enak lihatnya, lihat pcv valve nya apa ada oli, (pcv valve di google aja utk lihat bentuknya) kalau ada, biasanya tinggal buka dan bersihin aja, kalau ganti hrg nya 400ribuan.
selang2 pencet kaku atau masih flexible. air radiator bersih gak. denger bunyi sekitar bearing pulley belt. a/c nyalain depan belakang. cek temperatur sampe working condition. lihat ke bawah dak mesin ada bekas lelehan oli atau gak.
kalau kaki2 test aja jalan om, dengering ada bunyi2. kalau kondisi normal bantingan peredaman shock nya captiva ini tergolong mantep lembut tapi gak terlalu soft.

5. bogor? kalau jakarta utk non resmi ada jco kemayoran, kalau tngerang serpong ciater ada fajar motor, BAR, dan ada 1 sy lupa sekitar puspitek serpong, kalau beres ada di serpong raya.

ini ada link manual perawatan ctv lama
https://www.autocats.ws/manual/chevrole ... B0.en.html

lumayan lengkap ada troubleshooting jg.

sekian..mudah2an membantu.
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Bulgogi »

roadtrain99 wrote:
pugi69 wrote: Fri Jun 01, 2018 19:50 Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
sy coba share
1. sama seperti yg smer lainnya tulis, kalau dari segi perawatan menurut beberapa mekanik dari beberapa bengkel resmi / specialist, yg nfl memang tidak terlalu rewel dalam hal solar non dex. kebetulan sy user dari baru dan blm pernah ngalamin masalah yg disebabkan solar, tapi ini juga dengan catatan jgn telat2 ganti filter bbm nya. merk filter apa pun yg oem pun gak apa2. kalau misalnya pake yg lebih murah dan oem, bisa ganti lebih sering. kalau dengan jadwal manual biasanya per 30rbkm jika pakai filter GM nya. tapi kalu oem yang setara, kita ganti per 15rb km secara harga lebih murah. purging juga gak perlu sering2 sebab kalau sering juga nanti ada pengaruh ke selang2 karet fuel line nya.
Untuk selang2 karet pasti nya ada umurnya. Cuma kalau yg FL sudah pakai timing chain, sementara yg nfl masih belt.

2. secara kasat mata, ada emblemnya di belakang. tapi kalau ga ada..berarti mungkin liat kolong ya? kalau pemakaian sehari2, 2wd jg sangat cukup. tapi kembali ke selera masing2.

3. mahal mungkin relatif. di non beres, nfl oli mesin sekitar 900rb, oli atf 900-1jt. timing belt 2.5jtan, fan/v serpentine belt sekitar 2,3jtan. shock depan belakang 8jtan, bushing kaki depan per pcs 400rban, tapi kalo tie rod katanya 300-400rban, oli power steering murah, brake oil murah, kalau brake pad depan tergantung merk tapi rem mah pentinglah. compressor ac oem 3.5jtan, evap 1,3jtan. tapi bisa dibilang kaki2 captiva ini sepertinya lumayan tahan banting dibanding jepang. tapi ya tergantung user nya kalau semua lubang jalan rusak dihajar ya gak bakal awet.

4. mesin, bawa senter terang om, periksa sorot ada rembes gak, kalau perlu buka cover mesinnya supaya enak lihatnya, lihat pcv valve nya apa ada oli, (pcv valve di google aja utk lihat bentuknya) kalau ada, biasanya tinggal buka dan bersihin aja, kalau ganti hrg nya 400ribuan.
selang2 pencet kaku atau masih flexible. air radiator bersih gak. denger bunyi sekitar bearing pulley belt. a/c nyalain depan belakang. cek temperatur sampe working condition. lihat ke bawah dak mesin ada bekas lelehan oli atau gak.
kalau kaki2 test aja jalan om, dengering ada bunyi2. kalau kondisi normal bantingan peredaman shock nya captiva ini tergolong mantep lembut tapi gak terlalu soft.

5. bogor? kalau jakarta utk non resmi ada jco kemayoran, kalau tngerang serpong ciater ada fajar motor, BAR, dan ada 1 sy lupa sekitar puspitek serpong, kalau beres ada di serpong raya.

ini ada link manual perawatan ctv lama
https://www.autocats.ws/manual/chevrole ... B0.en.html

lumayan lengkap ada troubleshooting jg.

sekian..mudah2an membantu.
Terima kasih om roadtrain, infonya lengkap & jelas.

Saya ada rencana ambil captiva nfl minggu depan, abis baca tips dr om roadtrain minimal saya ngga buta2 amat sm captiva bekas.. [emoji4]
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Share Captiva - PART 06

Post by ginting »

roadtrain99 wrote:
pugi69 wrote: Fri Jun 01, 2018 19:50 Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
sy coba share
1. sama seperti yg smer lainnya tulis, kalau dari segi perawatan menurut beberapa mekanik dari beberapa bengkel resmi / specialist, yg nfl memang tidak terlalu rewel dalam hal solar non dex. kebetulan sy user dari baru dan blm pernah ngalamin masalah yg disebabkan solar, tapi ini juga dengan catatan jgn telat2 ganti filter bbm nya. merk filter apa pun yg oem pun gak apa2. kalau misalnya pake yg lebih murah dan oem, bisa ganti lebih sering. kalau dengan jadwal manual biasanya per 30rbkm jika pakai filter GM nya. tapi kalu oem yang setara, kita ganti per 15rb km secara harga lebih murah. purging juga gak perlu sering2 sebab kalau sering juga nanti ada pengaruh ke selang2 karet fuel line nya.
Untuk selang2 karet pasti nya ada umurnya. Cuma kalau yg FL sudah pakai timing chain, sementara yg nfl masih belt.

2. secara kasat mata, ada emblemnya di belakang. tapi kalau ga ada..berarti mungkin liat kolong ya? kalau pemakaian sehari2, 2wd jg sangat cukup. tapi kembali ke selera masing2.

3. mahal mungkin relatif. di non beres, nfl oli mesin sekitar 900rb, oli atf 900-1jt. timing belt 2.5jtan, fan/v serpentine belt sekitar 2,3jtan. shock depan belakang 8jtan, bushing kaki depan per pcs 400rban, tapi kalo tie rod katanya 300-400rban, oli power steering murah, brake oil murah, kalau brake pad depan tergantung merk tapi rem mah pentinglah. compressor ac oem 3.5jtan, evap 1,3jtan. tapi bisa dibilang kaki2 captiva ini sepertinya lumayan tahan banting dibanding jepang. tapi ya tergantung user nya kalau semua lubang jalan rusak dihajar ya gak bakal awet.

4. mesin, bawa senter terang om, periksa sorot ada rembes gak, kalau perlu buka cover mesinnya supaya enak lihatnya, lihat pcv valve nya apa ada oli, (pcv valve di google aja utk lihat bentuknya) kalau ada, biasanya tinggal buka dan bersihin aja, kalau ganti hrg nya 400ribuan.
selang2 pencet kaku atau masih flexible. air radiator bersih gak. denger bunyi sekitar bearing pulley belt. a/c nyalain depan belakang. cek temperatur sampe working condition. lihat ke bawah dak mesin ada bekas lelehan oli atau gak.
kalau kaki2 test aja jalan om, dengering ada bunyi2. kalau kondisi normal bantingan peredaman shock nya captiva ini tergolong mantep lembut tapi gak terlalu soft.

5. bogor? kalau jakarta utk non resmi ada jco kemayoran, kalau tngerang serpong ciater ada fajar motor, BAR, dan ada 1 sy lupa sekitar puspitek serpong, kalau beres ada di serpong raya.

ini ada link manual perawatan ctv lama
https://www.autocats.ws/manual/chevrole ... B0.en.html

lumayan lengkap ada troubleshooting jg.

sekian..mudah2an membantu.
Yang di Puspitek namanya Panorama Motor.
google aja.
depan perumahan Panorama Serpong
Triska
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sat Feb 18, 2017 3:10
Location: Jakarta

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Triska »

Om2, kalau bengkel non resmi di daerah cinere atau sekitarnya, ada dimana ya?
Dan saya dgr harga injectornya 5jt/pcs ya.. ada cara cek agar gak kena segtu om?
Thx.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Share Captiva - PART 06

Post by silentIm2 »

Triska wrote:Om2, kalau bengkel non resmi di daerah cinere atau sekitarnya, ada dimana ya?
Dan saya dgr harga injectornya 5jt/pcs ya.. ada cara cek agar gak kena segtu om?
Thx.
biasanya injektor masih bisa direpair om, entah kena control valve atau nozzlenya saja, jadi ga perlu full 1 assy. sekitar 1 - 1,5 jutaan. Kalo 1 assy ya segitu om.

Kalo daerah sono saya kurang tau om, mungkin bisa tanya temen2 KCI/ kocak, 3C di telegram.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
goena
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Aug 27, 2018 7:40
Location: medan
Daily Vehicle: Captiva_2011

Re: Share Captiva - PART 06

Post by goena »

Udah mulai sepi yaa page ini om..
Mau nanya om,.. Saya baru ambil Captiva Seken, 2011, Diesel, Facelift.
Permasalahan yg saya hadapi :
1. Deepstick berasap dan keluar percikan oli.
2. Oli berkurang setelah 1.000 km.

Saya baca2 di gugel bahwa ini gejala kena linier gentong ya om...?
Mohon solusi dan pencerahan nya om..
Dan kalau masih ada forum line, tolong invite om,
id Line : goena_sinurat
Makasih om.
opunbuds
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Sep 16, 2018 17:16
Location: Bandung
Daily Vehicle: Chevy Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by opunbuds »

Selamat malam para suhu,

Salam kenal, ane baru minang si badak nih non facelift (2009 diesel KM 85.000an) baru sekitar 3 mingguan yg lalu. ane mau tanya nih setir badak ane kalau jalan di kecepatan sedang (30 - 50 kpj) suka goyang2 kiri kanan gitu, sempet ane bawa ke Beres (dibandung Andalan Chevy) buat general checkup katanya steering rack nya harus ganti harganya 12 jeti (belum pasang) :big_dunno:

nah yang ane mau tanyain :
1. Apakah benar itu dari steering rack nya ? (ane sih masih nyaman dengan kondisi kaya gitu, cuman was2 aja takut tiba2 ga bisa belok ...)
2. Pas di kecepatan diatas 80kpj suara ban terasa mendengung, apakah ini normal ? atau ada masalah di roda nya ?
3. Bengkel rekomen non Beres di bandung yg rekomen dmn ya (yg ngerti electrikal juga) ?

kalau ada grup WA ikut gabung dong thx :big_deal:
opunbuds
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Sep 16, 2018 17:16
Location: Bandung
Daily Vehicle: Chevy Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by opunbuds »

Selamat malam suhu,

Salam kenal, ane newbie pengguna badak non facelift (2009 diesel). ikut gabung grup WA dong ^_^
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Share Captiva - PART 06

Post by B064RT »

opunbuds wrote: Sun Sep 16, 2018 17:34 Selamat malam para suhu,

Salam kenal, ane baru minang si badak nih non facelift (2009 diesel KM 85.000an) baru sekitar 3 mingguan yg lalu. ane mau tanya nih setir badak ane kalau jalan di kecepatan sedang (30 - 50 kpj) suka goyang2 kiri kanan gitu, sempet ane bawa ke Beres (dibandung Andalan Chevy) buat general checkup katanya steering rack nya harus ganti harganya 12 jeti (belum pasang) :big_dunno:

nah yang ane mau tanyain :
1. Apakah benar itu dari steering rack nya ? (ane sih masih nyaman dengan kondisi kaya gitu, cuman was2 aja takut tiba2 ga bisa belok ...)
2. Pas di kecepatan diatas 80kpj suara ban terasa mendengung, apakah ini normal ? atau ada masalah di roda nya ?
3. Bengkel rekomen non Beres di bandung yg rekomen dmn ya (yg ngerti electrikal juga) ?

kalau ada grup WA ikut gabung dong thx :big_deal:
kalo spesialis chevy di bandung sya kurang paham
tapi kalo bengkel umum yang smenurut saya bagus... coba ke
om Fritz, jln tampomas no 27
banyak mobil yang 'ga lazim' servis disana....
kemaren liat Nissan Dualis lagi overhaul girbox.....
opunbuds
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Sep 16, 2018 17:16
Location: Bandung
Daily Vehicle: Chevy Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by opunbuds »

B064RT wrote: Mon Sep 17, 2018 3:27
opunbuds wrote: Sun Sep 16, 2018 17:34 Selamat malam para suhu,

Salam kenal, ane baru minang si badak nih non facelift (2009 diesel KM 85.000an) baru sekitar 3 mingguan yg lalu. ane mau tanya nih setir badak ane kalau jalan di kecepatan sedang (30 - 50 kpj) suka goyang2 kiri kanan gitu, sempet ane bawa ke Beres (dibandung Andalan Chevy) buat general checkup katanya steering rack nya harus ganti harganya 12 jeti (belum pasang) :big_dunno:

nah yang ane mau tanyain :
1. Apakah benar itu dari steering rack nya ? (ane sih masih nyaman dengan kondisi kaya gitu, cuman was2 aja takut tiba2 ga bisa belok ...)
2. Pas di kecepatan diatas 80kpj suara ban terasa mendengung, apakah ini normal ? atau ada masalah di roda nya ?
3. Bengkel rekomen non Beres di bandung yg rekomen dmn ya (yg ngerti electrikal juga) ?

kalau ada grup WA ikut gabung dong thx :big_deal:
kalo spesialis chevy di bandung sya kurang paham
tapi kalo bengkel umum yang smenurut saya bagus... coba ke
om Fritz, jln tampomas no 27
banyak mobil yang 'ga lazim' servis disana....
kemaren liat Nissan Dualis lagi overhaul girbox.....
Makasih banyak om, nnti coba check kesana. Sekarang kalau jalan pelan banget goyang2(dikit) kalau sedang atau kenceng malah stabil banget. Jadi heran juga sama vonis beres.

Nah sekarang ane ngerasa kalau jalan 80-120kpj suara ban berisik banget masuk kabin, apakah karakter captiva emang gitu ya? Atau ada masalah sama ban atau peredam ane?

Mungkin kalau buat bengkel recommend di bandung nunggu user captiva yg di bandung aja kasib review nya hehehe.

Thx
Ziwey
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Oct 03, 2018 14:02
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Ziwey »

Salam kenal nebie masih polos...
Mohon pencerahan dari kasepuhan penguna captiva.. dah hampir 3/4 bulan ini captiva saya mengeluarkan suara tek tek tek...
Udah berobat tradisional ampe internasional hehehe belum sembuh sembuh...
Dah reparasi dan ganti turbo/injector yang terakhir baru bersihin injector.. tapi masih ada suara nya..
1. Bengkel rekomendasi buat berobat di daerah bandung
2. Mohon pencerahan dari kasepuhan itu suara asal nya dari mana...
SPH
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
Location: Bandung

Re: Share Captiva - PART 06

Post by SPH »

Pak bos semua, saya hari ini main ke dealer chevy. Katanya captiva udah sold out dan gak di restock sama gm indo karena mau diganti equinox tahun depan, apakah ada yang punya info ini betul atau tidak ?
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Share Captiva - PART 06

Post by silentIm2 »

SPH wrote:Pak bos semua, saya hari ini main ke dealer chevy. Katanya captiva udah sold out dan gak di restock sama gm indo karena mau diganti equinox tahun depan, apakah ada yang punya info ini betul atau tidak ?
Rumornya sih om. baru tau Captiva sekarang di clearance kan. Thanks infonya om.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Share Captiva - PART 06

Post by CumiDarat »

opunbuds wrote:Selamat malam para suhu,

Salam kenal, ane baru minang si badak nih non facelift (2009 diesel KM 85.000an) baru sekitar 3 mingguan yg lalu. ane mau tanya nih setir badak ane kalau jalan di kecepatan sedang (30 - 50 kpj) suka goyang2 kiri kanan gitu, sempet ane bawa ke Beres (dibandung Andalan Chevy) buat general checkup katanya steering rack nya harus ganti harganya 12 jeti (belum pasang) :big_dunno:

nah yang ane mau tanyain :
1. Apakah benar itu dari steering rack nya ? (ane sih masih nyaman dengan kondisi kaya gitu, cuman was2 aja takut tiba2 ga bisa belok ...)
2. Pas di kecepatan diatas 80kpj suara ban terasa mendengung, apakah ini normal ? atau ada masalah di roda nya ?
3. Bengkel rekomen non Beres di bandung yg rekomen dmn ya (yg ngerti electrikal juga) ?

kalau ada grup WA ikut gabung dong thx :big_deal:
Halo om..
Kalo sy boleh saranin coba cari bengkel spesialis kaki2 aja utk pastikan lg apa problemnya. Kdg spesialis kaki2 lbh detail analisanya, bs jd beda jg dng analisa beRes. Tp maaf sy krg tau bengkel spesialis kaki2 di Bandung, taunya di Jakarta [emoji120]