Share Captiva - PART 06

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Share Captiva - PART 06

Post by CumiDarat »

EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Share Captiva - PART 06

Post by apoge »

CumiDarat wrote: Mon Jan 21, 2019 22:41 EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
Wow gitu toh, udah pasrah kirain gak bisa delete egr kaya merk sebelah, lubangnya kira2 yg ukuran diameter brapa?, posisinya lubangnya pas di tengah plat? Gimana hasilnya habis delete egr?
:big_smile]
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 »

hendrahot wrote: Mon Jan 21, 2019 14:19
Mid69 wrote:
hendrahot wrote: Sun Jan 20, 2019 14:21 Hahaha.... Berarti almost confirm ya itu penyebab nya. Sebab baca-baca di forum luar emang ada yg sebut2 gt jg sih karena EGR closed. Tapi yg saya bingung logic nya karena apa ya? Kalau deteksi EGR valve nya seharusnya masa nunggu cuaca agak dingin? Atau kalau suhu dingin ECU suru EGR Valve buka besaran eh dia merasa kok ketendang balik dan memicu error. Entah lahhhh.... (Cucoklogi mode on)
Saya jg sama. Cuekin dah, sampe sekarang sudah 1000km lebih ndak ada muncul lagi error P0101 ini.

Btw jadi maksudnya captiva om dan temen om ngalami hal yg kira-kira sama ya?
Bengkel mana yg suru ganti MAF? Wahhhh eman2 donk MAF baru nya om? Untung ane jg ga cepet2 beli MAF. Mana harga nya lumayan ajib. Ane hanya try beli semprotan pembersih MAF aja sih kemaren.
Mungkin terlalu sensitif sensor di captiva, suka bikin sport jantung kalau check engine nyala :big_biglaugh:
Iya, temen sesama pemakai captiva dan sering rood trip bareng, jd di kondisi yg sama saat rood trip kalau di sy muncul error MAF gak lama pasti di temen jg error atau sebaliknya, sampai2 di jadiin candaan error kok janjian. Di sy jg muncul error P0101 tetapi di captiva temen selain P0101 ada error P0404 jg.
Gak enak lah sebut nama bengkel di sini, mungkin temen sy aja yg terlalu parno error di sensor MAF maunya langsung ganti aja padahal udah di pakai 2,5 thn jg gak kenapa napa. Sy jg rutin bersihin sensor MAF setiap 5K km, utk di sekitaran jakarta sih blm pernah muncul error nya kecuali lebaran thn lalu waktu ke Batu Malang muncul error sekali.
Hahaha... Dan ke 2 nya tutup EGR pakai plat? Kalo iya almost 100% confirm ini happen karena itu. Sebab dari 0 km - sebelum tutup EGR, saya ndak pernah CE sama sekali. Begt tutup EGR ga lama ga sampe 1000km muncul error saat dingin.
Hmmm kalo ada yg punya flowchart pemrograman / logic nya baru ketauan. mungkin dia baca "if udara dingin maka do ini dan ini" . Wkwkwkwkw..... Sotoy mode om. Kalo error EGR harusnya confirm dia karena deteksi valve nya gagal buka.
Waaaa berea resmi kah om? Saya jg waktu itu hampir mikir coba beli MAF, eh tau2 mati sendiri. Nah curiga saya.

Hehehehe.....
Iya, keduanya tutup pakai plat.
hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17

Re: Share Captiva - PART 06

Post by hendrahot »

CumiDarat wrote:EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
Om. Terima kasih.... Ternyata benar dugaan saya... Senang nya tau bahwa saya tidak sendirian. Wkwkwkw....
Btw sama dengan om di atas, posisi lubang nya di center?

Siapa yg kasi ide lubangin dulu om?
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Share Captiva - PART 06

Post by CumiDarat »

Nah pas ngebolongin, sy ga liat om dimana posisi dibolonginnya. Dan yg kasih tau dibolongin, bengkelnya jg om.
hendrahot wrote:
CumiDarat wrote:EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
Om. Terima kasih.... Ternyata benar dugaan saya... Senang nya tau bahwa saya tidak sendirian. Wkwkwkw....
Btw sama dengan om di atas, posisi lubang nya di center?

Siapa yg kasi ide lubangin dulu om?
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 »

Ternyata simple ya beresin error sensor MAF gara2 EGR di tutup, thanks sharing nya om CumiDarat.
hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17

Re: Share Captiva - PART 06

Post by hendrahot »

CumiDarat wrote:Nah pas ngebolongin, sy ga liat om dimana posisi dibolonginnya. Dan yg kasih tau dibolongin, bengkelnya jg om.
hendrahot wrote:
CumiDarat wrote:EGR sy udah ditutup jg om pk plat. Dulu awal br tutup, sempat suka muncul CE. Ternyata perlu dimodif plat penutup EGRnya, dikasi bolongan dikit (selubang paku cukup) supaya sensor ttp detect ada sirkulasi yg masuk. So far udah ga pernah nyala2 lg skrg CE nya gara2 tutup EGR.
Om. Terima kasih.... Ternyata benar dugaan saya... Senang nya tau bahwa saya tidak sendirian. Wkwkwkw....
Btw sama dengan om di atas, posisi lubang nya di center?

Siapa yg kasi ide lubangin dulu om?
Maksud ane gw ke bengkel itu jg om.
Bisa help japri om nama bengkel nya dan alamat.

Terima kasih
juprexz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Aug 20, 2014 16:24

Re: Share Captiva - PART 06

Post by juprexz »

Mau nanya dong gan,

Captiva 2009 NFL, kalo pagi susah start, kira2 2x6 detik baru nyala tuh mobil. Tapi kalo sudah panas mesinnya, bisa starter sekali langsung jreng. BBM pake Biosolar+norival+oli samping jaso FD. Kira2 apanya ya gan??
Begscyb
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Feb 03, 2019 3:14
Location: LA
Daily Vehicle: Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Begscyb »

Permisi Om-Om,
saya baru ambil Captiva NFL 2010 2 minggu lalu , mau tanya juga kasus nya sama dengan Om Juprexz kalau pagi susah start, harus paling sedikit 4x strater bahkan sering lebih dari 6.
dah dipasang VS untuk mengamankan Aki, dan BBM Dexlite+PSDK , mungkin Om-om sekalian punya ilmu yang bisa di share untuk masalah seperti ini
Chelov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Tue Nov 20, 2018 5:59
Location: Depok
Daily Vehicle: Toyota Raize Turbo

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Chelov »

Om disini ada yang udah pernah ganti glow plug? Captiva bisa ga ya di tes manual glow plugnya?
Joejahat06
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Jan 18, 2019 14:45
Location: Bekasi

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Joejahat06 »

Sore om. .mau tanya om. .
Klo captiva diesel fl 2011 pas nanjak bunyi seek seek tuh apaanya yah om. .
Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Feb 03, 2019 2:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat »

Halo para suhu, di Captiva CRDi yang masih sehat ada yang pernah ngecek kah kalo mesin lagi running di cabut dipstick kayak gimana?
Kemaren saya ngecek pas hunting Captiva FL, cabut dipstick langsung muncrat oli kemana2.
Makanya pengen tau kalo yang masih sehat kyk gmna ya? Klo boleh share video nya juga.
Chelov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Tue Nov 20, 2018 5:59
Location: Depok
Daily Vehicle: Toyota Raize Turbo

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Chelov »

Badongdat wrote: Sat Feb 09, 2019 4:31 Halo para suhu, di Captiva CRDi yang masih sehat ada yang pernah ngecek kah kalo mesin lagi running di cabut dipstick kayak gimana?
Kemaren saya ngecek pas hunting Captiva FL, cabut dipstick langsung muncrat oli kemana2.
Makanya pengen tau kalo yang masih sehat kyk gmna ya? Klo boleh share video nya juga.
Newbie bantu jawab om. Sepengetahuan newbie kalo mesinnya sehat si ga ngeluarin asep apalagi muncrat olinya om mobil saya ga ada asep atau oli muncrat om. Hehehe CMIIW yang jadi masalah cuman pagi susah stater butuh 3 - 4x cranking. Oh ya oli juga bisa si ngaruh dlu sempet salah oli di Km 5000an udah ngebul. Sekarang pake Q8 8700 HDEO. Ga ada tuh ngebul
Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Feb 03, 2019 2:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat »

Chelov wrote:
Badongdat wrote: Sat Feb 09, 2019 4:31 Halo para suhu, di Captiva CRDi yang masih sehat ada yang pernah ngecek kah kalo mesin lagi running di cabut dipstick kayak gimana?
Kemaren saya ngecek pas hunting Captiva FL, cabut dipstick langsung muncrat oli kemana2.
Makanya pengen tau kalo yang masih sehat kyk gmna ya? Klo boleh share video nya juga.
Newbie bantu jawab om. Sepengetahuan newbie kalo mesinnya sehat si ga ngeluarin asep apalagi muncrat olinya om mobil saya ga ada asep atau oli muncrat om. Hehehe CMIIW yang jadi masalah cuman pagi susah stater butuh 3 - 4x cranking. Oh ya oli juga bisa si ngaruh dlu sempet salah oli di Km 5000an udah ngebul. Sekarang pake Q8 8700 HDEO. Ga ada tuh ngebul
Wah info yang sangat berharga ini. Jadi bisa dibilang kalo yang muncrat-muncrat oli itu sudah pasti perlu penanganan yang lebih lagi ya.? Seperti overhaul gitu..
Chelov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Tue Nov 20, 2018 5:59
Location: Depok
Daily Vehicle: Toyota Raize Turbo

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Chelov »

Badongdat wrote: Sun Feb 10, 2019 14:35
Chelov wrote:
Newbie bantu jawab om. Sepengetahuan newbie kalo mesinnya sehat si ga ngeluarin asep apalagi muncrat olinya om mobil saya ga ada asep atau oli muncrat om. Hehehe CMIIW yang jadi masalah cuman pagi susah stater butuh 3 - 4x cranking. Oh ya oli juga bisa si ngaruh dlu sempet salah oli di Km 5000an udah ngebul. Sekarang pake Q8 8700 HDEO. Ga ada tuh ngebul
Wah info yang sangat berharga ini. Jadi bisa dibilang kalo yang muncrat-muncrat oli itu sudah pasti perlu penanganan yang lebih lagi ya.? Seperti overhaul gitu..
Ga melulu si om kadang ada oli yang bikin kerak juga bisa jadi seperti linier gentong om CMIIW. Coba aja nonton videonya ki gentong pamungkas di Youtube om. Tapi saran kalo emang masi bisa cari yang lain cari yang ga ngebul om. Tapi kalo hati sudah memilih ya persiapkan aja budgednya om heheheh. :mky_01:
- Toyota LGX 5K (1995)
- Suzuki G15A 1.5 (2005)
- Hyundai Trajet G4JP 2.0 (2004)
- Chevy Captiva Z20D VCDI (2011)
- 1KR-VET 1.0 (2021)
:big_bored:
Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Feb 03, 2019 2:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat »

Halo para master semua, saya pake CTV FL2011
Di mode D, Tiap kali di mau pindah gigi dari 3 ke 4 di rpm 2000an, itu kok rasanya kayak yang Torque converter lock nya bolak balik ngunci dan lepas gitu y? kalo saya pake mode manual sih aman2 aja.
ada yang punya pengalaman?
Abmalkaltara
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Feb 18, 2019 14:55
Location: Kaltara
Daily Vehicle: Captiva 2010

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Abmalkaltara »

Mau gabung di wa bolehkah di invite 081351851888
Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Feb 03, 2019 2:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat »

Badongdat wrote:Halo para master semua, saya pake CTV FL2011
Di mode D, Tiap kali di mau pindah gigi dari 3 ke 4 di rpm 2000an, itu kok rasanya kayak yang Torque converter lock nya bolak balik ngunci dan lepas gitu y? kalo saya pake mode manual sih aman2 aja.
ada yang punya pengalaman?
Update: Ternyata masalahnya bukan di transmisi. Tapi di mesin. Belakangan keluar engine check. Coba di scan pake DTC nya P02D0 : Cylinder 3 Fuel Injector Offset Learning at Min Limit.
Gejalanya kalo gas coba di panteng di rpm 1600an itu naik turun. Dan hanya di rpm itu, idle mulus, 2000an keatas mulus juga.
Kalo liat di forum bimmer diesel, katanya CBU Carbon Build Up) di saluran udara (intake, valve, exhaust)
Om disini ada yang pernah ngalamin ga?
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Share Captiva - PART 06

Post by artoodetoo »

Abmalkaltara wrote: Mon Feb 18, 2019 15:23 Mau gabung di wa bolehkah di invite 081351851888
Maksudnya minta diinvite grup khusus Captiva atau SM umum?
Mod @y_anjasrana bisa bantu?
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
Arshafira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Sat Feb 10, 2018 2:41
Location: Batu
Daily Vehicle: Hyundai

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Arshafira »

Arshafira wrote:
Arshafira wrote:
Ngasepngaspal wrote:Scan aja dlu om supaya pasti. Klo punya OBD 2 scannya, scan sendi4i, harganya cuman kisaran 50rb, aplikasinya 100rb.

Atau bawa ke bengkel terprrcaya.
Udah saya coba ke bengkel langganan om, cuma scanner nya gak tembus katanya.
Akhirnya ke beres dan di scan. Ternyata O2 sensor yang diatas trobel. Karena gak ada efek ke mesin, saran mekanik pakai aja dulu.
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 »

Badongdat wrote: Mon Feb 18, 2019 16:10
Badongdat wrote:Halo para master semua, saya pake CTV FL2011
Di mode D, Tiap kali di mau pindah gigi dari 3 ke 4 di rpm 2000an, itu kok rasanya kayak yang Torque converter lock nya bolak balik ngunci dan lepas gitu y? kalo saya pake mode manual sih aman2 aja.
ada yang punya pengalaman?
Update: Ternyata masalahnya bukan di transmisi. Tapi di mesin. Belakangan keluar engine check. Coba di scan pake DTC nya P02D0 : Cylinder 3 Fuel Injector Offset Learning at Min Limit.
Gejalanya kalo gas coba di panteng di rpm 1600an itu naik turun. Dan hanya di rpm itu, idle mulus, 2000an keatas mulus juga.
Kalo liat di forum bimmer diesel, katanya CBU Carbon Build Up) di saluran udara (intake, valve, exhaust)
Om disini ada yang pernah ngalamin ga?
Gejalanya kok mirip injector yg bermasalah ya, dulu sy pernah alami seperti itu dgn error code P02CE indikasi injektor mampet dan akhirnya sy ganti 1 biji. Sekarang mungkin bisa di repair injectornya.
Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Feb 03, 2019 2:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat »

Mid69 wrote: Tue Feb 19, 2019 2:50
Badongdat wrote: Mon Feb 18, 2019 16:10
Badongdat wrote:Halo para master semua, saya pake CTV FL2011
Di mode D, Tiap kali di mau pindah gigi dari 3 ke 4 di rpm 2000an, itu kok rasanya kayak yang Torque converter lock nya bolak balik ngunci dan lepas gitu y? kalo saya pake mode manual sih aman2 aja.
ada yang punya pengalaman?
Update: Ternyata masalahnya bukan di transmisi. Tapi di mesin. Belakangan keluar engine check. Coba di scan pake DTC nya P02D0 : Cylinder 3 Fuel Injector Offset Learning at Min Limit.
Gejalanya kalo gas coba di panteng di rpm 1600an itu naik turun. Dan hanya di rpm itu, idle mulus, 2000an keatas mulus juga.
Kalo liat di forum bimmer diesel, katanya CBU Carbon Build Up) di saluran udara (intake, valve, exhaust)
Om disini ada yang pernah ngalamin ga?
Gejalanya kok mirip injector yg bermasalah ya, dulu sy pernah alami seperti itu dgn error code P02CE indikasi injektor mampet dan akhirnya sy ganti 1 biji. Sekarang mungkin bisa di repair injectornya.
Setelah diganti langsung mendingan om?
kira2 yang bisa repair injector dimana ya om?
Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mid69 »

Badongdat wrote: Tue Feb 19, 2019 11:43
Mid69 wrote: Tue Feb 19, 2019 2:50
Badongdat wrote: Mon Feb 18, 2019 16:10 Update: Ternyata masalahnya bukan di transmisi. Tapi di mesin. Belakangan keluar engine check. Coba di scan pake DTC nya P02D0 : Cylinder 3 Fuel Injector Offset Learning at Min Limit.
Gejalanya kalo gas coba di panteng di rpm 1600an itu naik turun. Dan hanya di rpm itu, idle mulus, 2000an keatas mulus juga.
Kalo liat di forum bimmer diesel, katanya CBU Carbon Build Up) di saluran udara (intake, valve, exhaust)
Om disini ada yang pernah ngalamin ga?
Gejalanya kok mirip injector yg bermasalah ya, dulu sy pernah alami seperti itu dgn error code P02CE indikasi injektor mampet dan akhirnya sy ganti 1 biji. Sekarang mungkin bisa di repair injectornya.
Setelah diganti langsung mendingan om?
kira2 yang bisa repair injector dimana ya om?
Habis ganti langsung sembuh penyakitnya. Sebaiknya di cek dulu apakah problemnya bener dari injector krn harganya lumayan jg, sy sampai cek di bengkel resmi & bengkel di kemayoran utk pastiin kalau injector yg bermasalah meskipun sdh sy scan dgn obd II di android.
Sebenarnya bisa coba di bersihkan dulu daleman injector cuma gak semua bengkel mau ngerjain, utk tempat service injector coba cek di thread sebelah mengenai Recovery captiva korban solar busuk.
Badongdat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Feb 03, 2019 2:02

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Badongdat »

Mid69 wrote:
Badongdat wrote: Tue Feb 19, 2019 11:43
Mid69 wrote: Tue Feb 19, 2019 2:50 Gejalanya kok mirip injector yg bermasalah ya, dulu sy pernah alami seperti itu dgn error code P02CE indikasi injektor mampet dan akhirnya sy ganti 1 biji. Sekarang mungkin bisa di repair injectornya.
Setelah diganti langsung mendingan om?
kira2 yang bisa repair injector dimana ya om?
Habis ganti langsung sembuh penyakitnya. Sebaiknya di cek dulu apakah problemnya bener dari injector krn harganya lumayan jg, sy sampai cek di bengkel resmi & bengkel di kemayoran utk pastiin kalau injector yg bermasalah meskipun sdh sy scan dgn obd II di android.
Sebenarnya bisa coba di bersihkan dulu daleman injector cuma gak semua bengkel mau ngerjain, utk tempat service injector coba cek di thread sebelah mengenai Recovery captiva korban solar busuk.
Bener om, ternyata injectornya. Buat mastiin saya coba scan di kemayoran dan emang disuruh ganti injector no 2. Tapi berhubung budget terbatas, akhirnya coba caranya rebuild cara mas Judi. Dan suksesful.. Larinya langsung enak banget.. jadi pengen nyetok control valve yang banyak nih, buat jaga jaga..
Chelov
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Tue Nov 20, 2018 5:59
Location: Depok
Daily Vehicle: Toyota Raize Turbo

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Chelov »

Om nannya dong mobil saya CTV 2011 FL waktu dulu dapet emang stater agak panjang tapi sekali stater langsung nyala. Nah sekarang kalo pagi dan setiap berenti agak lama kira kira lebih dari 30 menit itu stater susah butuh 3-4x stater apalagi kalo pagi itu butuh 6x stater. Aki baru ganti di oktober 2018, filter udara baru ganti, bbm dexlite + dft2000, oli masi baru. Kira kira apa ya ada yang bisa bantu?
- Toyota LGX 5K (1995)
- Suzuki G15A 1.5 (2005)
- Hyundai Trajet G4JP 2.0 (2004)
- Chevy Captiva Z20D VCDI (2011)
- 1KR-VET 1.0 (2021)
:big_bored: