Tahun 2005, Tahun Pertarungan Honda CRV dan Nissan X-Trail

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Tahun 2005, Tahun Pertarungan Honda CRV dan Nissan X-Trail

Post by pinoh_boy »

MASUKNYA Honda CRV 2.4 ke pasar pada tanggal 27 Januari 2005, membuat PT Honda Prospect Motor lebih percaya diri. Mengingat dengan hadirnya CRV 2.4 perusahaan itu mempunyai dua produk untuk menjepit Nissan X-Trail, yang menumbangkan CRV 2.0 dari kedudukannya sebagai sport utility vehicle atau SUV ringan nomor satu di Indonesia dari segi penjualan.

Selain itu, dengan kapasitas mesin 2.4 Liter berarti PT Honda Prospect Motor memiliki SUV ringan yang mendekati Nissan X-Trail yang kapasitas mesinnya 2.5 Liter.

X-Trail menyandang mesin 2.5 Liter (2.488 cc), 4 silinder segaris, double over-head camshaft (DOHC), 16 katup (4 katup per silinder), dan dilengkapi dengan continuous variable valve timing control (CVTC). Mesin itu menghasilkan tenaga maksimum 178 PK pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 254 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga dan torsi mesin itu disalurkan ke roda depan (front wheel drive) melalui persneling otomatik dengan 4 tingkat kecepatan.

Sementara itu, CRV menyandang mesin 2.4 Liter, 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup, yang dilengkapi dengan intellectual variable valve timing and lift electronic control (i-VTEC). Mesin itu menghasilkan tenaga maksimum 158 PK pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 186 Nm pada 3.600 rpm. Tenaga dan torsi mesin itu disalurkan ke roda depan melalui persneling otomatik atau manual dengan 5 tingkat kecepatan.

Penggunaan teknologi CVTC dan i-VTEC membuat tenaga mesin menjadi lebih besar, tetapi tetap hemat dalam mengonsumsi bahan bakar dan ramah lingkungan.

Walaupun hasil pertarungan itu baru didapat pada akhir tahun 2005 atau awal tahun 2006, tetapi PT Honda Prospect Motor tampaknya yakin dapat merebut kembali posisinya sebagai SUV ringan nomor satu, meski keyakinan itu dimunculkan dengan sikap yang agak menahan diri. Saat meluncurkan CRV 2.4, Jonfis Fandy, Sales and Marketing General Manager PT Honda Prospect Motor, mengatakan, "Dengan diluncurkannya varian baru CRV tersebut, saya yakin posisi CRV akan semakin kuat di segmen SUV ringan."

Pertarungan antara CRV dan X-Trail adalah pertarungan selama satu tahun penuh. Itu terlihat dari pertarungan antara keduanya pada tahun 2004. Karena sampai bulan November 2004 CRV masih unggul 9 unit dibandingkan X-Trail. Dan, keadaan itu berbalik pada bulan Desember 2004, di mana X-Trail melampaui CRV dengan 430 unit. Selama tahun 2004, CRV terjual 6.701 unit, sedangkan X-Trail terjual 7.131 unit.

Itu sebabnya menarik untuk mengikuti pertarungan di antara kedua SUV ringan tersebut. Di pasar SUV ringan itu sesungguhnya masih ada pemain-pemain lain, seperti Mazda Tribute, Ford Escape, Hyundai Santa Fe, Suzuki Escudo, dan pendatang baru yang sedang naik daun, KIA Sportage II.

PT Honda Prospect Motor tampaknya sungguh-sungguh mempersiapkan diri dalam menghadapi pertarungannya dengan Nissan X-Trail. Karena selain memasukkan CRV 2.4 untuk mendampingi CRV 2.0, PT Honda Prospect Motor juga memperbaiki penampilan CRV. CRV dibuat lebih gagah dengan memasang grille depan baru yang terlihat lebih kokoh dan lampu depan ganda (dual headlight).

Bagi konsumen yang masih menganggap CRV kurang gagah dan masih mempunyai dana ekstra, PT Honda Prospect Motor pun menyediakan aksesori lengkap untuk menjawab tuntutan tersebut, misalnya dengan menyediakan skid plate chrome untuk di depan dan belakang. Juga disediakan tailgate spoiler, fender flare set, dan side step set.

Untuk meningkatkan kemewahan interior CRV, dipasang hiasan kayu yang warnanya disesuaikan dengan perpaduan warna krem (beige) dan kuning gading (ivory) yang mendominasi interior.

Kompas yang mendapatkan kesempatan men-test drive merasakan bahwa peningkatan kapasitas mesin sebesar 400 cc itu membawa perbedaan yang berarti. Bagi orang-orang yang mendambakan SUV ringan yang bertenaga besar dan berperforma sport, CRV 2.4 mungkin merupakan pilihan yang tepat. Dan, untuk mengimbangi performa sport CRV 2.4 yang sangat menonjol itu, suspensinya dibuat agak keras. Dengan demikian, dapat melahap jalan bergelombang dengan mantap dan menikung dengan kecepatan tinggi tanpa gejala limbung yang berlebihan.

CRV 2.4 cukup responsif. Dengan tenaga besar yang disediakan mesin 2.4 Liter, CRV 2.4 dengan mudah dipacu melewati kecepatan 100 kilometer (km) per jam. Tenaga besar itu membuat CRV 2.4 dengan mudah mendahului mobil-mobil lain di jalan tol.

Sama seperti Nissan X-Trail, berkat tenaga besar yang dimiliki mesin, CRV 2.4 dapat melesat dengan cepat saat pedal gas (akselerator) diinjak penuh (kickdown). Suara deruman mesin bertenaga besar segera menyeruak ke dalam kabin saat mobil dipacu dengan secara ekstrem.

Dan, bagi orang yang menganggap itu belum cukup, mereka bisa memilih CRV 2.4 yang menggunakan persneling manual. Tidak seperti Nissan X-Trail yang hanya tersedia dalam varian yang menggunakan persneling otomatik, CRV 2.4 juga memiliki varian yang menggunakan persneling manual.

Bagi orang-orang yang menginginkan SUV ringan sebagai kendaraan keluarga, CRV 2.0 adalah kendaraan yang dapat mereka pilih. Itu sebabnya, PT Honda Prospect Motor tetap memasarkan CRV 2.0 bersama-sama dengan CRV 2.4.

Perangkat keamanan pasif dan aktif CRV cukup lengkap. Perangkat keamanan pasif itu mencakup struktur bodi G-Force Control Technologi, yang lebih dikenal dengan singkatannya, G-CON, yang dapat menyerap benturan saat terjadi tabrakan sehingga mengurangi terjadinya cedera yang lebih parah bagi pengendara dan penumpangnya. Bukan itu saja, bodi CRV pun dirancang untuk melindungi pejalan kaki dari kemungkinan cedera yang lebih parah jika sampai tertabrak. CRV juga dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik plus pretensioner dan load limiter, serta kantung udara (airbag) bagi pengendara dan penumpang depan.

Sedangkan perangkat keamanan aktif mencakup antilock brake system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dan brake assist (BA). ABS memungkinkan mobil tetap dapat dikemudikan untuk menghindari rintangan yang tiba-tiba muncul di depan dalam keadaan pedal rem diinjak penuh. EBD menyalurkan tekanan pada rem di tiap-tiap roda sesuai dengan beban yang ditanggung roda-roda tersebut sehingga jarak pengereman bisa diperpendek. Sedangkan BA membantu pengendara dalam melakukan pengereman. Sebuah sensor memonitor kecepatan gerak kaki pengendara ke pedal rem, dan menerapkan rem sesuai dengan kecepatan gerak kaki tersebut. Mengingat dalam keadaan darurat, biasanya pengendara tidak menginjak pedal rem secara cukup kuat.

Sistem pengereman dibantu oleh rem cakram berventilasi dengan diameter 30 sentimeter pada roda depan, serta rem cakram dan rem tromol berdiameter 30,5 sentimeter pada roda belakang. Rem tromol pada roda belakang khusus digunakan untuk parking brake.

Yang menarik, Honda CRV 2.4 menggunakan electronic throttle control (ETC). Dengan kata lain, hubungan pedal gas dengan mesin tidak lagi menggunakan sambungan mekanis lewat kabel kawat, melainkan dihubungkan secara elektronis. Sistem ini pertama kali digunakan pada mesin mobil balap Honda Formula 1 dan Honda CART (Championship Auto Racing Team).(
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Omong kosong! Tahun 2005 ini adalah tahun kehancuran X-Trail dan CRV, dengan munculnya Fortuner! :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Tenang bung Conan, Fortuner kan blum dipasarkan secara resmi. Mungkin tahun 2006 baru kehancuran mereka! hehehe
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

pinoh_boy wrote:Tenang bung Conan, Fortuner kan blum dipasarkan secara resmi. Mungkin tahun 2006 baru kehancuran mereka! hehehe
Anda salah Bung Pinoh, fortuner diluncurkan tahun ini. Tunggu aja Motor show di Jakarta yg mendatang.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalo memang benar masyarakat Indonesia lebih mengutamakan model, maka bisa jadi si Fortuner (Harrier Berotot) ini merajai kelas SUV ringan.

Gw liat sih Fortuner sangat keren, dari depan oke, samping juga oke dan belakang oke. Bahkan terlihat lebih gagah dan maskulin dibandingkan 2 rivalnya (X-TRAIL dan CR-V). Coba deh liat Fortuner versi OZ yang sudah beredar duluan. Seperti gabungan antara Land Cruiser, Harrier, dan Innova !

Misal mesinnya pake yang 2.7L bensin dan 3.0L diesel seperti versi OZ punya, jamin deh bakal jadi the king di kelas SUV tanah air.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Ralat Bung Digit. Fortuner sebenarnya bukan versi OZ punya, Bung Digit. Yg benar asli dari Thailand. Mulai dari perancangan, production dan launching semuanya dilakukan di Thailand.

Yg di oz cuman sekedar buat show dan test drive.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Herry wrote:Anda salah Bung Pinoh, fortuner diluncurkan tahun ini. Tunggu aja Motor show di Jakarta yg mendatang.
Saya tau kalau fortuner mau diluncurin tahun ini atau tepatnya di gaikindo auto expo bulan juli nanti, tapi apa bisa fortuner yang datang belakangan lansung menghancurkan nissan X-trail dan Honda CRV?

Apalagi datangnya pas pertengahan tahun, mana mungkin bisa mengalahkan nisssan Xtrail dan honda CRV hanya dalam 1/2 tahun. Sedangkan pertarungan yang dimaksud adalah pertarungan dari segi penjualan selama setahun penuh!!! Jadi tidak mungkin si Fortuner bisa menghancurkan nissan X-trail dan honda CRV hanya dalam 1/2 tahun.

Sedangkan X-trail untuk bisa mengambil alih posisi honda CRV dari segi penjualan saja memerlukan waktu selama 1/2 tahun, itu pun karena memang X-trail telah terbukti sebagai SUV yang berkualitas di negaranya, Jepang. Dengan memperoleh peringkat pertama selama tahun 2001 dan 2002!

Nah si Fortuner masih perlu pembuktian!!! :e-naughty:
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Herry wrote:Anda salah Bung Pinoh, fortuner diluncurkan tahun ini. Tunggu aja Motor show di Jakarta yg mendatang.
Saya tau kalau fortuner mau diluncurin tahun ini atau tepatnya di gaikindo auto expo bulan juli nanti, tapi apa bisa fortuner yang datang belakangan lansung menghancurkan nissan X-trail dan Honda CRV?

Apalagi datangnya pas pertengahan tahun, mana mungkin bisa mengalahkan nisssan Xtrail dan honda CRV hanya dalam 1/2 tahun. Sedangkan pertarungan yang dimaksud adalah pertarungan dari segi penjualan selama setahun penuh!!! Jadi tidak mungkin si Fortuner bisa menghancurkan nissan X-trail dan honda CRV hanya dalam 1/2 tahun.

Sedangkan X-trail untuk bisa mengambil alih posisi honda CRV dari segi penjualan saja memerlukan waktu selama 1,5tahun, itu pun karena memang X-trail telah terbukti sebagai SUV yang berkualitas di negara asalnya, Jepang. Dengan memperoleh peringkat pertama selama tahun 2001 dan 2002!

Nah si Fortuner masih perlu pembuktian!!! :e-naughty:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

pinoh_boy wrote:Saya tau kalau fortuner mau diluncurin tahun ini atau tepatnya di gaikindo auto expo bulan juli nanti, tapi apa bisa fortuner yang datang belakangan lansung menghancurkan nissan X-trail dan Honda CRV?

Apalagi datangnya pas pertengahan tahun, mana mungkin bisa mengalahkan nisssan Xtrail dan honda CRV hanya dalam 1/2 tahun. Sedangkan pertarungan yang dimaksud adalah pertarungan dari segi penjualan selama setahun penuh!!! Jadi tidak mungkin si Fortuner bisa menghancurkan nissan X-trail dan honda CRV hanya dalam 1/2 tahun.

Sedangkan X-trail untuk bisa mengambil alih posisi honda CRV dari segi penjualan saja memerlukan waktu selama 1,5tahun, itu pun karena memang X-trail telah terbukti sebagai SUV yang berkualitas di negara asalnya, Jepang. Dengan memperoleh peringkat pertama selama tahun 2001 dan 2002!

Nah si Fortuner masih perlu pembuktian!!! :e-naughty:
Wow, bung Pinoh, I think this is your longest post ever? :)

Maksud bung Herry, penjualan juga kan bisa dihitung per setengah tahun atau per bulan, misalnya. Setelah diluncurkan, penjualan Fortuner bisa saja langsung melampaui CRV atau X-Trail.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

menurut sy sih blm tentu bisa saingi xtrail dan crv dalam penjualan, disamping dimensi , harga juga sangat menentukan....
ntar juga xtrail dan crv facelift lagi
Image
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

handling wrote:menurut sy sih blm tentu bisa saingi xtrail dan crv dalam penjualan, disamping dimensi , harga juga sangat menentukan....
ntar juga xtrail dan crv facelift lagi
Facelift hanya sekali, bung Handling. Berikutnya ya ganti model. Tapi generasi baru X-Trail dan CRV akan tetap 5-seater.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

kita liat saja apa reaksi nissan dan honda .....dgn keluarnya fortuner nanti.....ha...ha...ha......
xtrail kalo gak salah belum pernah di facelift.......cmiiw
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

x trail pernah di operasi di kuping aja,spion nya diganti yang pake sein kayak mercy
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

thanks atas infonya bung mpoezz.
sy juga curiga dgn accord yg kasih 0% utk kredit, salah2 jg mau facelift.....he...he..he.....
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kayak nya,kayak bmw juga e46 di beri kredit 0% lalu di beri diskon gede gede an gara gara E90 udah keluar
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Ralat Bung Digit. Fortuner sebenarnya bukan versi OZ punya, Bung Digit. Yg benar asli dari Thailand. Mulai dari perancangan, production dan launching semuanya dilakukan di Thailand.

Yg di oz cuman sekedar buat show dan test drive.
Iya memang dibuat di Thailand. Tapi spec versi OZ lebih tinggi. Tuas juga ada 2, 1 matic dan 1 lagi untuk 4WD.

Kayanya OZ udah duluan keluarnya, akhir taon 2004 kemaren ini gw udah baca reviewnya di sebuah majalah otomotif Aussie. Dan emang handlingnya bagus sekali. Untuk akselerasi cukup responsif (versi bensin 2.7L).
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

DigitALL wrote: Iya memang dibuat di Thailand. Tapi spec versi OZ lebih tinggi. Tuas juga ada 2, 1 matic dan 1 lagi untuk 4WD.
Tidak, bung Digi. Coba liat di halaman2 sebelumnya, sudah dibahas tentang Fortuner memang memiliki 2 transmisi untuk versi maticnya. Dan Fortuner itu hanya diproduksi di Thailand, dan diekspor ke OZ.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Gw rasa nama besar Toyota udah ngga diragukan lagi oleh masyarakat Indo. Harrier laku, Land Cruiser laku, Rav4 lumayan. Inget, itu harganya di atas 300 jt loh. Dan SUV Fortuner ini 3 baris loh, moga2 baris ketiganya lega, ngga spt CR-V yg cuma buat hiasan aja. Jadi otomatis dimensinya harus lebih panjang ...

Oiya, tahun lalu aja, Innova langsung sukses dan kembali merajai kelas mid-MPV hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan (1/2 thn).
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Tidak, bung Digi. Coba liat di halaman2 sebelumnya, sudah dibahas tentang Fortuner memang memiliki 2 transmisi untuk versi maticnya. Dan Fortuner itu hanya diproduksi di Thailand, dan diekspor ke OZ.
Oh jadi yang matic itu udah pasti 4WD ya. Sedangkan yg manualnya tidak 4WD. Karena di Indo kan udah pernah di test versi Diesel Manual Trans dan non 4WD.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

DigitALL wrote:Gw rasa nama besar Toyota udah ngga diragukan lagi oleh masyarakat Indo. Harrier laku, Land Cruiser laku, Rav4 lumayan. Inget, itu harganya di atas 300 jt loh. Dan SUV Fortuner ini 3 baris loh, moga2 baris ketiganya lega, ngga spt CR-V yg cuma buat hiasan aja. Jadi otomatis dimensinya harus lebih panjang ...

Oiya, tahun lalu aja, Innova langsung sukses dan kembali merajai kelas mid-MPV hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan (1/2 thn).
Udah pasti baris ke 3 fortuner lebih lega dari crv, sama persis kayak punya innova.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

DigitALL wrote:
Tidak, bung Digi. Coba liat di halaman2 sebelumnya, sudah dibahas tentang Fortuner memang memiliki 2 transmisi untuk versi maticnya. Dan Fortuner itu hanya diproduksi di Thailand, dan diekspor ke OZ.
Oh jadi yang matic itu udah pasti 4WD ya. Sedangkan yg manualnya tidak 4WD. Karena di Indo kan udah pernah di test versi Diesel Manual Trans dan non 4WD.
4WD bagi fortuner itu optional kog, jadi baik matic dan manual semuanya ada versi 4WD dan 2WD nya.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

conan wrote: Wow, bung Pinoh, I think this is your longest post ever? :)
Yeah, this is maybe my longer post that ever posted in this forum! :oops:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Udah pasti baris ke 3 fortuner lebih lega dari crv, sama persis kayak punya innova.
Wah kalo gitu sih udah pasti disukai oleh msy sini. Kan belum ada tuh SUV range 250 jutaan dengan baris ketiga yg segitu lega.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Kalau begitu kita berikan selamat buat keberhasilan fortuner!
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalau begitu kita berikan selamat buat keberhasilan fortuner!
Plok ... Plok ... Plok ... :)