Santa Fe gen.3 user @SM

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by ipOi78 »

imsus2c wrote:
ipOi78 wrote:Salam kenal sebelumnya, kebetulan baru ngangkat santafe crdi 2nd bulan lalu..proyektor hid bawaannya kurang terang yah menurut saya kd kalo drivimg malam kepala harus "maju" ke depan biar lihat lebih jelas..ada yg pernah punya pengalaman yg sama ? Dan apakah bisa diganti hid bulbnya ? Thx
Join komunitasnya aja pak, kebetulan udah banyak disana yg udah utak atik lampu :D

Gmana pak cara join komunitasnya ? Thx
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by imsus2c »

ipOi78 wrote:
imsus2c wrote:
ipOi78 wrote:Salam kenal sebelumnya, kebetulan baru ngangkat santafe crdi 2nd bulan lalu..proyektor hid bawaannya kurang terang yah menurut saya kd kalo drivimg malam kepala harus "maju" ke depan biar lihat lebih jelas..ada yg pernah punya pengalaman yg sama ? Dan apakah bisa diganti hid bulbnya ? Thx
Join komunitasnya aja pak, kebetulan udah banyak disana yg udah utak atik lampu :D

Gmana pak cara join komunitasnya ? Thx
Kalau punya akun FB, masuk saja di https://www.facebook.com/groups/Hyundaisantafe/
Kalau punya nomor whatsapp, bisa join group. Admin by PM :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Siegfried wrote:baru nabung, mau ganti ama ini santafe.. untuk 2013 Crdi 2nd pasarannya berapa ya skrng ?
sama nih angan2 nya, mobil yg worth to buy terutama secondnya.
kemarin iseng2 browsing sih kisaran kl 2013 mulai dari 300-350 an, semakin immaculate kondisinya ya makin tinggi harganya Om.

kl 2014 sih start dr 340an-up itu kl lgs dr user, kl pedagang sih selisih 10-20jt an harusnya..
semoga dapet yg sreg dihati Om Siegfried..
:mky_03: :mky_03:
kensfield
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Aug 14, 2016 6:46

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by kensfield »

Om mau nanya santi ini bisa di isi bisol gak
Atau harus bisol + aditip.
Harga barunya brp ya?
Ada rencana ganti santi soalnya
Siegfried
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Jul 27, 2016 1:51

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Siegfried »

xtr40rd1n4rym4n wrote:
Siegfried wrote:baru nabung, mau ganti ama ini santafe.. untuk 2013 Crdi 2nd pasarannya berapa ya skrng ?
sama nih angan2 nya, mobil yg worth to buy terutama secondnya.
kemarin iseng2 browsing sih kisaran kl 2013 mulai dari 300-350 an, semakin immaculate kondisinya ya makin tinggi harganya Om.

kl 2014 sih start dr 340an-up itu kl lgs dr user, kl pedagang sih selisih 10-20jt an harusnya..
semoga dapet yg sreg dihati Om Siegfried..
:mky_03: :mky_03:
hahaha ternyata pemikiran kita sama ya om, setuja klo 2nd worth to buy banget ini santy..
cuman HeadUnit 2013 bawaannya itu memang harus langsung diganti ya, biar ga terkesan kuno ? ada saran om xtr40rd1n4rym4n
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Siegfried wrote: hahaha ternyata pemikiran kita sama ya om, setuja klo 2nd worth to buy banget ini santy..
cuman HeadUnit 2013 bawaannya itu memang harus langsung diganti ya, biar ga terkesan kuno ? ada saran om xtr40rd1n4rym4n
Ogut agak awam om utk HU nya.
Tp kl ogut sih pas hunting cari2 yg uda pake layar aja biar ga susah2 lagi.
Syukur dapet yg D spec ya? Yg ada all around camera..
#ngarep
:mky_02:
guladig
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Aug 22, 2016 7:15

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by guladig »

Naksir santa fe, liat review torsinya lumayan badak.
minta masukannya oms, untuk objek wisata alam seputaran jawa cukup 2WD atau ambil 4WD, secara harga dan pajaknya lumayan jauh beda.

trims,
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

halo semua, lama tidak update di forum ini

selama ini saya bingung knp ini kampas rem kok gak abis2 yah, nah saat servis 110 ribu, akhirnya kampas rem depan dan belakang diganti jg. Berikut ini saya sharing problem2 yg pernah dialami ANSF saya:

1. saat km sekitar 30 ribu hidrolik pintu bagasi blkg tidak berfungsi (diganti baru saat garansi).

2. saat kira2 km 50-60 ribu (agak lupa) pulley damper(sptnya kelahar utk muterin tali kipas ac) bermasalah, akhirnya saya klaim kemudian diganti baru pulley damper nya saat msh masa garansi), TETAPI skrg penyakitnya kambuh lagi, ciri2nya saat gas ditarik kemudian di lepas terdengar spt bunyi jangkrik (kriik...kriikk..kriikk), udah tny beres harga nya sekitar 3,7 juta (mahal jg, udah lewat garansi pulak). :big_cry:

3. saat km 90 ribuan pipa sambungan ac mobil pernah bocor, olinya merembes, ini kali benerinnya ke tkg ac mobil, bukan di beres, di tk ac, hanya diakalin di las ulang kepala sambungannya tapi pipa nya diganti, kalo di beres mungkin bakal diganti baru 1 set. )

4. bau sangit terbakar saat kecepatan tinggi, dari awal sampai hari ini tetep gak ilang2, dulu tiap servis selalu saya complain, tp gak pernah selesai problemnya,udah males complain lg skrg, pasrah aja.

5. saat km 100 ribuan rem roda depan ngunci, jadi rem nya stlh di rem gak bisa balik lg, penyebabnya piston utk rem berkarat. awalnya berasa stir getar saat kecepatan tinggi kemudian saat pelan mobil jalannya tersendat-sendat, dan pelek sangat panas. Akhirnya ketahuan saat di tukang ban, mobil cuma di dongrak trus diputar lsg ketahuan sblm di balancing, padahal wkt ganti kampas rem di beres, saya udah komplain masalah setir getar dll, tapi hanya disuruh finish balancing, saya kecewa krn di beres tidak di test roda nya ngunci apa tidak, apalagi pas lg ada pengerjaan ganti kampas rem, mestinya ya cek-cek dikitlah, hrg piston nya sekitar 500 ribuan.

6. Terakhir yg skrg cukup mengganggu adalah bunyi ban blkg, saat jalan kalo diperhatikan spt ada bunyi buk..buk..buk..buk..udah bawa ke tukang ban, mrk blg shock yg udah kurang bagus, tp coba di balancing, tetep aja bunyi/gangguan nya tidak hilang, bikin was-was aja krn sering lewat tol, saya awalnya curiga ini bunyi dari ban (karakter ban), ban pake yokohama geolander, udah pake sekitar 15 ribu km tapi wkt awal beli sih tidak ada bunyi spt ini, mohon petunjuk dari teman2 yang mengerti masalah ban, dari mana penyebab bunyi ini? dan pengecekan apa yg mesti saya lakukan?

Nah itu diatas beberapa problem ansf saya, 2 hari lalu pertama kali nya keluar kota pake ANSF , tepatnya ke purwokerto, saya mau sharing sedikit penglaman selama perjalanan :

jkt-cikampek tidak ada yg istimewa.(rada macet).

tetapi saat udah masuk cipali, keadaan waktu itu sepi, tidak terasa kecepatan mencapai 160 km/h, anak dan istri msh santai2 di belakang (gak menyadari he..he..he..), untung bunyi ban yg cukup mengganggu dan bau sangit terbakar bikin saya bete, jd gak bisa lama2 di high speed dan terpaksa menurunkan kecepatan, padahal pedal gas kyknya msh jauh utk bisa ditekan lbh dalam he..he..he..Akselerasi yg memuaskan dan kampas rem yg baru membuat saya cukup enjoy selama di cipali, akselerasi untuk ke high speed cukup cepat dan saat butuh pengereman, tinggal injek rem pelan2 kemudian kecepatan turun drastis tetapi mobil gak spt di rem kyk gmn gitu (susah jelasinnya hehe). saya perhatikan suara ban cukup berisik masuk ke kabin saat mobil melintas di jalan beton, dan bunyi deru angin juga cukup kencang suaranya saat high speed.

Saat keluar cipali, rute perjalanan ke brebes-bumiayu-aji barang-jatibarang dll, jalanan kebanyakan 2 jalur, dan sepanjang perjalanan aspalnya kurang bagus, bergelombang/kasar, istri dan anak termasuk saya cukup tegang, krn pas di depan ada truk/kendaraan yg pelan, saya harus menyalip, kadang 3 mobil sekaligus sekali salip, nah disini enjoy nya, tinggal ancang2, pas arah berlawanan kira2 kosong lsg kick down, mobil lsg ganas menyalip, sekaligus sering jg rem mendadak krn saat nyalip melewati truk harus buru2 nge rem krn hanya ada space kosong ditengah2, di depan saya dah ada mobil lg, adrenalin yg nyetir sih naik :mky_01: , tp anak dan istri teriak2 di belakang, haha. Hanya yg patut disayangkan adalah kenyamanan ANSF ini kurang sekali saat berkendara di jalan yg bergelombang/rusak, bantingannya keras sekali, gak nyaman deh (mungkin shock nya memang udah "mati" atau semua ansf begini ya?)

akhirnya sampe jg ke purwokerto dgn selamat, perjalanan lbh kurang 7 jam dr jkt (udah termasuk macet2an di jkt dan makan di rest area) , hari minggu ini akan balik lagi ke jkt. cheers :thanks:
seba666
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Dec 27, 2014 1:24

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by seba666 »

Santafe taun brp nih udah 110k km?

Mantab nih ada yg review sampe 110k km..


Sent from my iPad using Tapatalk
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

seba666 wrote:Santafe taun brp nih udah 110k km?

Mantab nih ada yg review sampe 110k km..


Sent from my iPad using Tapatalk
ansf keluaran 1, thn 2012 kyknya, lupa jg
Broll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Apr 09, 2013 10:10

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Broll »

leiv wrote:halo semua, lama tidak update di forum ini

selama ini saya bingung knp ini kampas rem kok gak abis2 yah, nah saat servis 110 ribu, akhirnya kampas rem depan dan belakang diganti jg. Berikut ini saya sharing problem2 yg pernah dialami ANSF saya:

1. saat km sekitar 30 ribu hidrolik pintu bagasi blkg tidak berfungsi (diganti baru saat garansi).

2. saat kira2 km 50-60 ribu (agak lupa) pulley damper(sptnya kelahar utk muterin tali kipas ac) bermasalah, akhirnya saya klaim kemudian diganti baru pulley damper nya saat msh masa garansi), TETAPI skrg penyakitnya kambuh lagi, ciri2nya saat gas ditarik kemudian di lepas terdengar spt bunyi jangkrik (kriik...kriikk..kriikk), udah tny beres harga nya sekitar 3,7 juta (mahal jg, udah lewat garansi pulak). :big_cry:

3. saat km 90 ribuan pipa sambungan ac mobil pernah bocor, olinya merembes, ini kali benerinnya ke tkg ac mobil, bukan di beres, di tk ac, hanya diakalin di las ulang kepala sambungannya tapi pipa nya diganti, kalo di beres mungkin bakal diganti baru 1 set. )

4. bau sangit terbakar saat kecepatan tinggi, dari awal sampai hari ini tetep gak ilang2, dulu tiap servis selalu saya complain, tp gak pernah selesai problemnya,udah males complain lg skrg, pasrah aja.

5. saat km 100 ribuan rem roda depan ngunci, jadi rem nya stlh di rem gak bisa balik lg, penyebabnya piston utk rem berkarat. awalnya berasa stir getar saat kecepatan tinggi kemudian saat pelan mobil jalannya tersendat-sendat, dan pelek sangat panas. Akhirnya ketahuan saat di tukang ban, mobil cuma di dongrak trus diputar lsg ketahuan sblm di balancing, padahal wkt ganti kampas rem di beres, saya udah komplain masalah setir getar dll, tapi hanya disuruh finish balancing, saya kecewa krn di beres tidak di test roda nya ngunci apa tidak, apalagi pas lg ada pengerjaan ganti kampas rem, mestinya ya cek-cek dikitlah, hrg piston nya sekitar 500 ribuan.

6. Terakhir yg skrg cukup mengganggu adalah bunyi ban blkg, saat jalan kalo diperhatikan spt ada bunyi buk..buk..buk..buk..udah bawa ke tukang ban, mrk blg shock yg udah kurang bagus, tp coba di balancing, tetep aja bunyi/gangguan nya tidak hilang, bikin was-was aja krn sering lewat tol, saya awalnya curiga ini bunyi dari ban (karakter ban), ban pake yokohama geolander, udah pake sekitar 15 ribu km tapi wkt awal beli sih tidak ada bunyi spt ini, mohon petunjuk dari teman2 yang mengerti masalah ban, dari mana penyebab bunyi ini? dan pengecekan apa yg mesti saya lakukan?
Bung Leiv, thanks for sharing, ANSF saya yang baru 25000km terasa junior banget jadinya. So, kalau diperhatikan, sampai 110,000 km masalah yang agak perlu perhatian khusus adalah pulley damper (senilai 3,7jt), dan piston rem berkarat (500rb), ya. Kalau AC, memang sepertinya mesti rutin dibersihkan setiap 30,000, biar tetep seger dingin dan juga untuk memastikan gak ada komponen yg rusak. Informasi tentang piston rem berkarat akan coba saya tanya2kan pas servis berikut supaya selalu dicek. Kalau hidrolik pintu sepertinya emang Bung Leiv kebetulan dapet masalah itu ya. Kalau liat ini menurut saya masalahnya masih moderate dan masih the car is really good to have.

Kalau bau sangit, apakah bukaan udara luar sudah dipastikan tertutup? kadang2 kalau kita set ACnya auto pada saat dingin sudah tercapai dia suka mbuka mati sendiri (mbuka) jadi bau diesel masuk. Kita mesti press button itu lagi biar nutup. Saya sering jalan bogor - jakarta highspeed 160-180 di segmen Sentul - Cimanggis, abis itu udah susah mau kenceng, tapi sejauh ini gak ada bau sih.

Kemudian untuk suara ban, dari pengalaman saya 3 kali ganti ban emang pengaruh banget jenis ban dan tipe kembangnya. Waktu pakai Toyo Proxes 4 suaranya lebih kenceng daripada abis itu saya ganti belakang Toyo Proxes ST II dan depan Yokohama Geolandar SUV, apalagi kalau sudah dipakai lewat 20,000-25,000 km pasti sudah lebih berisik.

Kemudian problem yang saya alamin dan claim (garansi) terakhir di awal taun ini adalah: headlight (berembun setelah hujan/cuci mobil), foglamp agak berkabut. Dan yang sekarang sedang saya order 2 minggu lalu adalah circuit board utk kontrol power window di pintu driver karena mirror kiri dan kanan kalau lagi disetel kadang bisa (gerak) kadang ga ada reaksi, seperti ada koneksi yg putus kena putus kena. Katanya harganya Rp.350rb.

So far, saya sangat enjoy mobil ini dan tidak ada penyesalan. Puas. Semoga beberapa puluh ribu km ke depan juga tetap enak....hehehe.

:big_exellent: :e-dance:
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

Broll wrote:
leiv wrote:
Bung Leiv, thanks for sharing, ANSF saya yang baru 25000km terasa junior banget jadinya. So, kalau diperhatikan, sampai 110,000 km masalah yang agak perlu perhatian khusus adalah pulley damper (senilai 3,7jt), dan piston rem berkarat (500rb), ya. Kalau AC, memang sepertinya mesti rutin dibersihkan setiap 30,000, biar tetep seger dingin dan juga untuk memastikan gak ada komponen yg rusak. Informasi tentang piston rem berkarat akan coba saya tanya2kan pas servis berikut supaya selalu dicek. Kalau hidrolik pintu sepertinya emang Bung Leiv kebetulan dapet masalah itu ya. Kalau liat ini menurut saya masalahnya masih moderate dan masih the car is really good to have.

Kalau bau sangit, apakah bukaan udara luar sudah dipastikan tertutup? kadang2 kalau kita set ACnya auto pada saat dingin sudah tercapai dia suka mbuka mati sendiri (mbuka) jadi bau diesel masuk. Kita mesti press button itu lagi biar nutup. Saya sering jalan bogor - jakarta highspeed 160-180 di segmen Sentul - Cimanggis, abis itu udah susah mau kenceng, tapi sejauh ini gak ada bau sih.

Kemudian untuk suara ban, dari pengalaman saya 3 kali ganti ban emang pengaruh banget jenis ban dan tipe kembangnya. Waktu pakai Toyo Proxes 4 suaranya lebih kenceng daripada abis itu saya ganti belakang Toyo Proxes ST II dan depan Yokohama Geolandar SUV, apalagi kalau sudah dipakai lewat 20,000-25,000 km pasti sudah lebih berisik.

Kemudian problem yang saya alamin dan claim (garansi) terakhir di awal taun ini adalah: headlight (berembun setelah hujan/cuci mobil), foglamp agak berkabut. Dan yang sekarang sedang saya order 2 minggu lalu adalah circuit board utk kontrol power window di pintu driver karena mirror kiri dan kanan kalau lagi disetel kadang bisa (gerak) kadang ga ada reaksi, seperti ada koneksi yg putus kena putus kena. Katanya harganya Rp.350rb.

So far, saya sangat enjoy mobil ini dan tidak ada penyesalan. Puas. Semoga beberapa puluh ribu km ke depan juga tetap enak....hehehe.

:big_exellent: :e-dance:
hai bro broll, wah udah lama juga ya megang santi, kykny sejak forum ini baru2 dibikin udah nongol nih bro broll, kyknya usia shockbreaker santi saya udah saatnya diganti semua, menurut penumpang tengah, kalo kena jalan jelek, bantingannya terasa banget, jd bukan masalah ban kyknya. Selain itu mslh pulley damper memang bikin bete , mesin jd berisik. blm sempat beresin ke beres, mobilnya kyk angkot, jalan terus gak berhenti2, skrg aja dah masuk 120 rb km
B3ndol1sm
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Oct 17, 2016 8:41

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by B3ndol1sm »

imsus2c wrote:
ipOi78 wrote:
imsus2c wrote:
Join komunitasnya aja pak, kebetulan udah banyak disana yg udah utak atik lampu :D

Gmana pak cara join komunitasnya ? Thx
Kalau punya akun FB, masuk saja di https://www.facebook.com/groups/Hyundaisantafe/
Kalau punya nomor whatsapp, bisa join group. Admin by PM :D

saya pengen joint komunitas nya dong Om
minggu lalu baru ngandangin ANSF CRDI 2013
supaya dapat bimbingan dan pencerahan dari para senior
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by imsus2c »

^^^
Udah masuk group di FB? Nanti disana bisa request sama admin-nya buat masuk ke group WA, secara kalau di group WA ada tambahan S&K nya :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
kulilumpur
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Jan 12, 2017 8:00

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by kulilumpur »

om om...mohon bimbingannya...hal apa saja yang harus dicek untuk membeli santa fe second....pengennya sih yang umurnya masih muda...
satriabergitar
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Jul 23, 2016 11:57

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by satriabergitar »

Om2, suhu2... Ane newbie nih untuk ansf, saat ini ane paka captiva vcd Dan sepertinya setelah 9 tahun bersama, harus merelakan untuk di lego, sorry mate it's been nine years we're together, from jakarta-madura, urban-rural, on road & off road, I've to release you... Sorry for oftenly push you exceed the limit..hiks, hiks,hiks...

Mau nanya om2 ane udah baca posting dari awal sampai akhir ini, tapi rasanya belum Ada yang menanyakan terkait dengan penambahan fuel catalyst seperti Br*qu*t, atau ring d*esel, apakah dengan pemasangan ini benar aman ansf ini jika di Isi bio atau solar biasa? Ada kemungkinan ane Ada mutasi ke Sumatra, takut dex jarang... Makasih sebelumnya suhu2...

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

kulilumpur wrote: Thu Jan 12, 2017 9:34 om om...mohon bimbingannya...hal apa saja yang harus dicek untuk membeli santa fe second....pengennya sih yang umurnya masih muda...
mungkin bisa start cek servis recordnya di beres, sekalian tanya2 di beres tsb mobilnya pernah ada masalahv/ganti part apa, atau mobil yg mau diincer lsg masukin aja ke beres utk di general check up, ya paling bayar
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

satriabergitar wrote: Sat Jan 14, 2017 23:24 Om2, suhu2... Ane newbie nih untuk ansf, saat ini ane paka captiva vcd Dan sepertinya setelah 9 tahun bersama, harus merelakan untuk di lego, sorry mate it's been nine years we're together, from jakarta-madura, urban-rural, on road & off road, I've to release you... Sorry for oftenly push you exceed the limit..hiks, hiks,hiks...

Mau nanya om2 ane udah baca posting dari awal sampai akhir ini, tapi rasanya belum Ada yang menanyakan terkait dengan penambahan fuel catalyst seperti Br*qu*t, atau ring d*esel, apakah dengan pemasangan ini benar aman ansf ini jika di Isi bio atau solar biasa? Ada kemungkinan ane Ada mutasi ke Sumatra, takut dex jarang... Makasih sebelumnya suhu2...

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
mungkin bisa tny sama yg lain, saya dari awal beli selalu pake dex, maklum cuma di jkt aja maennya
satriabergitar
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Jul 23, 2016 11:57

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by satriabergitar »

Makasih Om leiv atas sarannya, nunggu info dari suhu2 yg lain

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

B3ndol1sm
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Oct 17, 2016 8:41

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by B3ndol1sm »

Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.

Mohon pencerahannya
Terima kasih
haikal25
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Feb 14, 2017 3:12
Location: jakarta
Daily Vehicle: hyundai

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by haikal25 »

Coba di cek aje gan di bengkel service Hyundai..Biar pasti apa penyebab penyakitnya

Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app

kulilumpur
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Jan 12, 2017 8:00

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by kulilumpur »

om2...beda fitur 2014 sama 2015 apa aja ya? kalo ada yg mau lepas tolong kontak saya wa: +6281328030755
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by gaspol »

B3ndol1sm wrote: Wed Mar 01, 2017 9:03 Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.

Mohon pencerahannya
Terima kasih
Kebetulan saya pernah pakai santi 2013 dan skrg upgrade ke santi 2016..jujur aja untuk keduanya sama sama empuk rasanya hampir ga berasa bedanya :drinking: mungkin saya sebelumnya kebiasa sama karakter suspensi captiva yang jauh lebih kaku bantingannya :frm_bang_head:

Malah lagi baca2 cari referensi untuk upgrade suspensi biar ngga terlalu ngayun..suspensi std santafe sudah cukup nyaman kok, kalo dibuat terlalu lembut apa ga bahaya mengingat powernya yang ganas :shrug:
satriabergitar
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Jul 23, 2016 11:57

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by satriabergitar »

Om leiv Dan suhu2 santi Yang lain, minta info nya dong terkait beberapa part yang mungkin di Atas 50 ribu sudah waktunya ganti :

1. Shock breaker depan : ane pakai captiva 1st gen ganti 1 pasang 2 jutaan, setelah pakai 8 tahun
2. Bushing lower arm : 1 pasang 1.4 juta
3. Long tie rod : 450 ribu
4. Timing belt set : 2.250 juta
5. Pulley alternator : 1.45 juta
6. Engine mounting (4buah) : 4 jutaan
7. Sekali ganti oli 5-30 pakai oli yang total yang Ada dexos 2 + oil filter Dan fuel filter = 1 juta, cat fuel filter Dan oil filter nyoba sakura ( aslinya mahal Kali, 600 ribu dan 250 ribu)

Karena sudah cukup uzur, ane service di non Beres tapi kualitas ok, di kemayoran dengan Om jco, omega motor..

Untuk Santa Fe bisa dibantu Om harga2 part tersebut? Dan Ada rekomendasikan non Beres tapi kualitas service nya sama baik dengan beres...

Sama2 built up Korea, so far c*pt*va ane puas, tahan Banting Dan jujur, selama 9 tahun ini 90% ane minumin biosolar... Dan Alhamdulillah nggak pernah Ada masalah dengan turbonya, lari 160 km masih bisa tercapai dengan velg 20 inch.

Dibantu infonya suhu2.. makasih banyak sebelumnya.. oh iya kalo mau gabung SOCI belum punya santi nya bisa ndak?


Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

satriabergitar wrote: Sun Mar 26, 2017 1:47 Om leiv Dan suhu2 santi Yang lain, minta info nya dong terkait beberapa part yang mungkin di Atas 50 ribu sudah waktunya ganti :

1. Shock breaker depan : ane pakai captiva 1st gen ganti 1 pasang 2 jutaan, setelah pakai 8 tahun
2. Bushing lower arm : 1 pasang 1.4 juta
3. Long tie rod : 450 ribu
4. Timing belt set : 2.250 juta
5. Pulley alternator : 1.45 juta
6. Engine mounting (4buah) : 4 jutaan
7. Sekali ganti oli 5-30 pakai oli yang total yang Ada dexos 2 + oil filter Dan fuel filter = 1 juta, cat fuel filter Dan oil filter nyoba sakura ( aslinya mahal Kali, 600 ribu dan 250 ribu)

Karena sudah cukup uzur, ane service di non Beres tapi kualitas ok, di kemayoran dengan Om jco, omega motor..

Untuk Santa Fe bisa dibantu Om harga2 part tersebut? Dan Ada rekomendasikan non Beres tapi kualitas service nya sama baik dengan beres...

Sama2 built up Korea, so far c*pt*va ane puas, tahan Banting Dan jujur, selama 9 tahun ini 90% ane minumin biosolar... Dan Alhamdulillah nggak pernah Ada masalah dengan turbonya, lari 160 km masih bisa tercapai dengan velg 20 inch.

Dibantu infonya suhu2.. makasih banyak sebelumnya.. oh iya kalo mau gabung SOCI belum punya santi nya bisa ndak?


Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
saya sih udah lupa semua itu harganya, mungkin bisa telp lgsg ke hyundai nya, ke bagian sparepart, kalo hyundai pondok indah jkt biasanya discount service dan sparepart 10% kalo booking service, jd hrg sparepartnya lbh murah,