Santa Fe gen.3 user @SM

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
yukemp
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 02 Mar 2017, 09:52
Location: Jakarta

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by yukemp »

permisi om om dan suhu ,...
salam kenal

saya newbie dalam bidang otomotif dan mau menimba ilmu bersama om dan suhu disini semoga ada pencerahan yang saya dapatkan, semoga saya diterima.

saya berencana membeli santapi diesel, namun karena diluar dari budget setelah potong discount masih belum tercapai juga, dan akhirnya memikirkan untuk versi gasoline 2,4 sport dengan discount pengajuan 50jt NIK2015 dari harga 416jt menjadi 366jt.

setelah saya membaca di thread ini dari halaman pertama hingga akhir halaman hampir tidak ada yang membahas type gasoline, saya minta maaf kalo saya salah masuk di thread ini.

dan kembali ke gasoline, karena dengan pertimbangan konsomsi BBM yang mungkin dari prediksi saya ini boros karena ini adalah gasoline 2,4 maka saya diberi kesempatan dari showroom untuk mengijinkan saya TD keluar kota dan didampingi oleh sales, maka kemarin kesempatan itu diberikan.

jam 9 pagi 2 sales datang membawa mobil kekantor saya dibelakang mall sunter dengan indicator BBM berada pada strip paling bawah, kemudian kami mengisi pertamax sebanyak 200rb sekitar 24ltr, anjuran dari salesnya, indicator BBM berada di strip tengah lebih dikit dan trip B direset menjadi 0

perjalanan dimulai dari sunter ke Hotel GM diharmoni mengantar istri bertemu temannya dengan kondisi trafic sedang, lalu kami ke arah toll pluit dan menuju bandung yang awalnya tollnya lancar, dan mulai masuk toll cikampek padat merayap kurang lebih 1jam, setelah itu kami berisitiraht di rest area, setelah 40menitan direst area kami lanjtukan perjalan dengan kondisi trafic sedang dan masuk toll cipularang lancar hingga exit pasteur, dan dibandung kami berjalan dengan trafic padat namun lancar selama 30an menit dan kami beristirahat 1jam lebih. indicator BBM menunjukan strip ke 3 dari bawah jadi hanya turun 2 strip dari awal kami isi pertamx dijkt dari strip ke 5 lebiih dikit.

setelah beristirahat kami lanjutkan balik ke jkt dengan kondisi trafic yang lancar, namun begitu masuk toll cikampek trafic padat merayap juga macet dikarenakan hujan, dan berlangsung hampir 2jam hingga toll lingkar luar. (sempat kawatir kalo prediksi sales salah dgn konsumsi BBM dan dapat menjadi penderitaan ditoll yg macet karena estimasi BBM di display sudah menghilang dari angka 50km dan indicator sudah mulai masuk distrip terakhir pada saat di toll cikarang hehehe)
lanjutkan perjalan setelah masuk toll lingkar luar kondisi trafic lancar dan keluar toll cakung timur, karena sales mengantar saya pulang ke perum JGC dan setibanya 300 meter dari rumah saya, kami beristiraht dan melihat trip B yang awal kami reset 0 menjadi 314.2km penunjuk indicator sudah posisi strip paling akhir dan lampu indicator gelas pun menyala. Asumsi BBM menurut sales 1/12 dan 1/14

Overall dari kendaraan ini saya sangat puas dan nyaman walaupun dari fitur yang minim dari type atasnya yg lebih baik tapi ngak masalah.
menurut salesnya konsumsi BBM diesel lebih hemat dari type gasoline.

yang menjadi pertanyaan saya, semoga om dan suhu disini ada yang dapat memberi pencerahan,


- jika saya membeli bekas santapi diesel untuk jangka pemakaian 3-5thn kedepan sebaiknya melihat kilometer yang max di km berapa ?
dengan berbagai pertimbangan mengingat aktifitas saya sehari hari perjalanan 50 - 60km

- dan kalo saya membeli versi gasoline NIK 2015 setelah pengajuan discount menjadi 366jt apakah worth to buy ?
melihat NJK bekasnya 299jt versi samsat.


demikian pertanyaan saya om om dan suhu, dan kiranya dimaafkan kalo saya salah dengan topik pertanyaan saya disini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

B3ndol1sm wrote:Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.

Mohon pencerahannya
Terima kasih
kalo shock dah di atas 2 tahun wajar kalo dah jelek, either jadi ngayun or kaku

ganti aja shock nya

kalo misal masi garansi claim aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

satriabergitar wrote:Om leiv Dan suhu2 santi Yang lain, minta info nya dong terkait beberapa part yang mungkin di Atas 50 ribu sudah waktunya ganti :

1. Shock breaker depan : ane pakai captiva 1st gen ganti 1 pasang 2 jutaan, setelah pakai 8 tahun
2. Bushing lower arm : 1 pasang 1.4 juta
3. Long tie rod : 450 ribu
4. Timing belt set : 2.250 juta
5. Pulley alternator : 1.45 juta
6. Engine mounting (4buah) : 4 jutaan
7. Sekali ganti oli 5-30 pakai oli yang total yang Ada dexos 2 + oil filter Dan fuel filter = 1 juta, cat fuel filter Dan oil filter nyoba sakura ( aslinya mahal Kali, 600 ribu dan 250 ribu)

Karena sudah cukup uzur, ane service di non Beres tapi kualitas ok, di kemayoran dengan Om jco, omega motor..

Untuk Santa Fe bisa dibantu Om harga2 part tersebut? Dan Ada rekomendasikan non Beres tapi kualitas service nya sama baik dengan beres...

Sama2 built up Korea, so far c*pt*va ane puas, tahan Banting Dan jujur, selama 9 tahun ini 90% ane minumin biosolar... Dan Alhamdulillah nggak pernah Ada masalah dengan turbonya, lari 160 km masih bisa tercapai dengan velg 20 inch.

Dibantu infonya suhu2.. makasih banyak sebelumnya.. oh iya kalo mau gabung SOCI belum punya santi nya bisa ndak?


Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
om JCO

[emoji106] [emoji106] [emoji106]
satriabergitar
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 23 Jul 2016, 18:57

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by satriabergitar »

Makasih Om leiv, Om turboman, semoga Ada bengkel non Beres Hyundai yang pelayanannya sebaik Om JCO[emoji16]

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

dapat dr kawan Image

tapi sy gak tahu ya gimana harga dan koleksi nya
Junior
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 07 Apr 2014, 09:30

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Junior »

B3ndol1sm wrote: 01 Mar 2017, 16:03 Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.

Mohon pencerahannya
Terima kasih
om, dulu saya sempat pake Santa Fe CRDi 2013, terus saya jual setahun kemudian, jangan-jangan unit saya ada di om sekarang..coba kalau warna unitnya Arabian Mocha dan nopol berakhir di 3-18, mungkin itu unit ex saya dan saya bisa jelaskan kenapa itu bisa keras begitu..japri atau di sini juga gpp om jawabnya :big_smile]
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 27 Nov 2015, 08:35

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by apoge »

yukemp wrote: 12 Apr 2017, 11:11 permisi om om dan suhu ,...
salam kenal

saya newbie dalam bidang otomotif dan mau menimba ilmu bersama om dan suhu disini semoga ada pencerahan yang saya dapatkan, semoga saya diterima.

saya berencana membeli santapi diesel, namun karena diluar dari budget setelah potong discount masih belum tercapai juga, dan akhirnya memikirkan untuk versi gasoline 2,4 sport dengan discount pengajuan 50jt NIK2015 dari harga 416jt menjadi 366jt.

Diskonnya kok sedikit untuk nik2015, saya barusan ambil captiva diesel nik2015 dapat diskon 100 juta dari harga otr 498juta, coba di nego lagi minta diskonnya di tambah kan ini nik2015 dealer juga pasti pingin cepat stok lamanya laku.
yukemp
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 02 Mar 2017, 09:52
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by yukemp »

apoge wrote:
yukemp wrote: 12 Apr 2017, 11:11 permisi om om dan suhu ,...
salam kenal

saya newbie dalam bidang otomotif dan mau menimba ilmu bersama om dan suhu disini semoga ada pencerahan yang saya dapatkan, semoga saya diterima.

saya berencana membeli santapi diesel, namun karena diluar dari budget setelah potong discount masih belum tercapai juga, dan akhirnya memikirkan untuk versi gasoline 2,4 sport dengan discount pengajuan 50jt NIK2015 dari harga 416jt menjadi 366jt.

Diskonnya kok sedikit untuk nik2015, saya barusan ambil captiva diesel nik2015 dapat diskon 100 juta dari harga otr 498juta, coba di nego lagi minta diskonnya di tambah kan ini nik2015 dealer juga pasti pingin cepat stok lamanya laku.
Iya om hanya 50jt paling mentok, saya kemarin di telp lagi hanya bisa segitu, dan kalo ngak mau disuru ngisi formulir pembatalan uang serius dibalikin[emoji17]

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 13 Mar 2008, 17:27

Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

Turboman wrote: 12 Apr 2017, 11:25
kalo shock dah di atas 2 tahun wajar kalo dah jelek, either jadi ngayun or kaku

ganti aja shock nya

kalo misal masi garansi claim aja
halo om Turbo, santi saya kalo jalan gelombang ada bunyi geruduk geruduk di area belakang, apakah perlu ganti shock? shock nya dah 4 thn hehe

ada rekomen shock apa yg cocok? krn bantingan santi ini emang agak keras

terima kasih suhu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

leiv wrote:
Turboman wrote: 12 Apr 2017, 11:25
kalo shock dah di atas 2 tahun wajar kalo dah jelek, either jadi ngayun or kaku

ganti aja shock nya

kalo misal masi garansi claim aja
halo om Turbo, santi saya kalo jalan gelombang ada bunyi geruduk geruduk di area belakang, apakah perlu ganti shock? shock nya dah 4 thn hehe

ada rekomen shock apa yg cocok? krn bantingan santi ini emang agak keras

terima kasih suhu
ganti shock std nya

saya kurang paham shock aftermarket santa fe ada apa aja
B3ndol1sm
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 17 Oct 2016, 15:41

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by B3ndol1sm »

Junior wrote: 13 Apr 2017, 13:36
B3ndol1sm wrote: 01 Mar 2017, 16:03 Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.

Mohon pencerahannya
Terima kasih
om, dulu saya sempat pake Santa Fe CRDi 2013, terus saya jual setahun kemudian, jangan-jangan unit saya ada di om sekarang..coba kalau warna unitnya Arabian Mocha dan nopol berakhir di 3-18, mungkin itu unit ex saya dan saya bisa jelaskan kenapa itu bisa keras begitu..japri atau di sini juga gpp om jawabnya :big_smile]
Dijelaskan di sini aja Om, biar nambah pengetahuan rekan2 yang baca semua di sini
Thx
gaspol wrote: 15 Mar 2017, 21:12
Kebetulan saya pernah pakai santi 2013 dan skrg upgrade ke santi 2016..jujur aja untuk keduanya sama sama empuk rasanya hampir ga berasa bedanya :drinking: mungkin saya sebelumnya kebiasa sama karakter suspensi captiva yang jauh lebih kaku bantingannya :frm_bang_head:

Malah lagi baca2 cari referensi untuk upgrade suspensi biar ngga terlalu ngayun..suspensi std santafe sudah cukup nyaman kok, kalo dibuat terlalu lembut apa ga bahaya mengingat powernya yang ganas :shrug:
Wah jangan2 ini yang punya Santi 2013 saya yg sebelumnya?
Warna hitamkah yg 2013, dan sekarang yg unit 2016 juga hitam?
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: 25 Nov 2012, 23:19

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by gaspol »

B3ndol1sm wrote: 02 May 2017, 10:15
Junior wrote: 13 Apr 2017, 13:36
B3ndol1sm wrote: 01 Mar 2017, 16:03 Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.

Mohon pencerahannya
Terima kasih
om, dulu saya sempat pake Santa Fe CRDi 2013, terus saya jual setahun kemudian, jangan-jangan unit saya ada di om sekarang..coba kalau warna unitnya Arabian Mocha dan nopol berakhir di 3-18, mungkin itu unit ex saya dan saya bisa jelaskan kenapa itu bisa keras begitu..japri atau di sini juga gpp om jawabnya :big_smile]
Dijelaskan di sini aja Om, biar nambah pengetahuan rekan2 yang baca semua di sini
Thx
gaspol wrote: 15 Mar 2017, 21:12
Kebetulan saya pernah pakai santi 2013 dan skrg upgrade ke santi 2016..jujur aja untuk keduanya sama sama empuk rasanya hampir ga berasa bedanya :drinking: mungkin saya sebelumnya kebiasa sama karakter suspensi captiva yang jauh lebih kaku bantingannya :frm_bang_head:

Malah lagi baca2 cari referensi untuk upgrade suspensi biar ngga terlalu ngayun..suspensi std santafe sudah cukup nyaman kok, kalo dibuat terlalu lembut apa ga bahaya mengingat powernya yang ganas :shrug:
Wah jangan2 ini yang punya Santi 2013 saya yg sebelumnya?
Warna hitamkah yg 2013, dan sekarang yg unit 2016 juga hitam?
Yaps 2013 crdi warna hitam..pas saya ambil unit tsb kondisi body nya di wrapping hitam doff. Dan kilometer 30rb km kira kira saat itu
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 13 Mar 2008, 17:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

Godsigma
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 04 Jul 2017, 19:34

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Godsigma »

yukemp wrote: 12 Apr 2017, 11:11 - jika saya membeli bekas santapi diesel untuk jangka pemakaian 3-5thn kedepan sebaiknya melihat kilometer yang max di km berapa ?
dengan berbagai pertimbangan mengingat aktifitas saya sehari hari perjalanan 50 - 60km

- dan kalo saya membeli versi gasoline NIK 2015 setelah pengajuan discount menjadi 366jt apakah worth to buy ?
melihat NJK bekasnya 299jt versi samsat.

demikian pertanyaan saya om om dan suhu, dan kiranya dimaafkan kalo saya salah dengan topik pertanyaan saya disini.
Malam agan2.. saya juga menunggu jawaban dr senior2 disini.. apakah worty beli yg gasoline? Sy pikiran juga mau ambil yg bensin di surabaya..

Mohon pencerahannya. Makasih para suhu2
Kolorij
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 29 May 2016, 23:29

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Kolorij »

santi gasoline so far mantep om,uda pake 3 taun ga ada keluhan bearti, kcuali kualitas bengkel resminya amburadul,sy di km 40k,50k rawat sndiri ga ke bengkel rsmi.. bbm skrg 9,4/100 (1/12), ron 92
B3ndol1sm
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 17 Oct 2016, 15:41

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by B3ndol1sm »

http://olx.co.id/iklan/rare-santa-fe-4w ... 6;promoted

ada unit CRDI 4WD 2013 dijual ... worthed gk ya di harga segitu?
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 13 Mar 2008, 17:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

Godsigma wrote: 04 Jul 2017, 19:45
yukemp wrote: 12 Apr 2017, 11:11 - jika saya membeli bekas santapi diesel untuk jangka pemakaian 3-5thn kedepan sebaiknya melihat kilometer yang max di km berapa ?
dengan berbagai pertimbangan mengingat aktifitas saya sehari hari perjalanan 50 - 60km

- dan kalo saya membeli versi gasoline NIK 2015 setelah pengajuan discount menjadi 366jt apakah worth to buy ?
melihat NJK bekasnya 299jt versi samsat.

demikian pertanyaan saya om om dan suhu, dan kiranya dimaafkan kalo saya salah dengan topik pertanyaan saya disini.
Malam agan2.. saya juga menunggu jawaban dr senior2 disini.. apakah worty beli yg gasoline? Sy pikiran juga mau ambil yg bensin di surabaya..

Mohon pencerahannya. Makasih para suhu2
hmm... saya pakai santa fe diesel udah jalan 140 rb km skrg, tarikan nya masih enak, sensasi dieselnya menyenangkan, tp gak tau kalo versi bensin, menurut saya lbh bagus test drive aja, tapi dijamin pasti lsg kebanting rasanya kalo abis test drive yg bensin trus test drive yang diesel, selamat mencoba
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 13 Mar 2008, 17:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

B3ndol1sm wrote: 05 Jul 2017, 11:14 http://olx.co.id/iklan/rare-santa-fe-4w ... 6;promoted

ada unit CRDI 4WD 2013 dijual ... worthed gk ya di harga segitu?
baru tahu kalo ada yg versi AWD thn 2013, tapi FWD aja dah cukup enak kok mobilnya, kecuali memang butuh yg AWD, krn dgn 400 juta bisa dpt yg thn lbh muda
chestershire
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 09 Jul 2017, 20:42
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Panther

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by chestershire »

Setelah sekian lama jadi silent reader di SM, ane butuh saran dari suhu2 SM khususnya yang pernah memakai hyundai santa fe gen 3 ini.
Ayah sy ingin up mobil menggantikan panther turbo 2005 krn sodara sy kepingin panther untuk operasional di desa. Kebetulan sy pernah ngrasain ANKI Kantor Ayah dan pastinya beda kelas jauh sekali dibanding panther baik itu suara dan kenyamanan dan brand ' T ' menjadikan ortu ane kukuh ingin ANKI.
Tapi ketika sy baca kasus2 ANKI yang russian roulette ya takut juga om (tp ANKI yg dibawa tidak jedug dan putu meskipun sudah 8000 km)
Kebetulan sy inget kalau ada diesel santa fe ini yg modelnya lebih ok dan dieselnya mantab, tp ayah ane blm tahu kira2 seperti apa perawatan diesel korea ini.
Rencana sih kalau ambil ANKI, pasti ANKI baru akhir taun
kalau santa fe, santa fe diesel seken 2013 km 50.000 an
pertanyaan sy :
1. Kira2 perawatannya apakah lebih mahal dibandingkan ANKI (untuk part fast moving seperti filter2 & oli) - karena nanti kedepan saya yg merawat mobil ini tanpa biaya dari ortu.
2. apakah ada perlakuan khusus di diesel korea ini dibandingkan diesel2 jepang ? cth : lebih sering ganti oli atau apa
3. apakah bisa meminum bio solar ? sepertinya lebih sering minum bio solar, mungkin dioplos lux + aditif cuma tidak terlalu sering)
4. rencana mobil dipakai jangka panjang, mengingat ortu ingin mobil yg reliable - apakah ada penyakit2 spesial ?

Sekarang ini masih condong ke ANKI (ortu mikirnya brand 'T' pasti bagus & reliable - pikiran orang jadul) , tapi kalau memang poin2 di atas lebih condong ke diesel korea ini, maka bisa jadi pilihan geser ke Santa fe.
Terima kasih suhu2 SM.ers
Please state your opinion & experience. :mky_02:
satriabergitar
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 23 Jul 2016, 18:57

Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by satriabergitar »

chestershire wrote:Setelah sekian lama jadi silent reader di SM, ane butuh saran dari suhu2 SM khususnya yang pernah memakai hyundai santa fe gen 3 ini.
Ayah sy ingin up mobil menggantikan panther turbo 2005 krn sodara sy kepingin panther untuk operasional di desa. Kebetulan sy pernah ngrasain ANKI Kantor Ayah dan pastinya beda kelas jauh sekali dibanding panther baik itu suara dan kenyamanan dan brand ' T ' menjadikan ortu ane kukuh ingin ANKI.
Tapi ketika sy baca kasus2 ANKI yang russian roulette ya takut juga om (tp ANKI yg dibawa tidak jedug dan putu meskipun sudah 8000 km)
Kebetulan sy inget kalau ada diesel santa fe ini yg modelnya lebih ok dan dieselnya mantab, tp ayah ane blm tahu kira2 seperti apa perawatan diesel korea ini.
Rencana sih kalau ambil ANKI, pasti ANKI baru akhir taun
kalau santa fe, santa fe diesel seken 2013 km 50.000 an
pertanyaan sy :
1. Kira2 perawatannya apakah lebih mahal dibandingkan ANKI (untuk part fast moving seperti filter2 & oli) - karena nanti kedepan saya yg merawat mobil ini tanpa biaya dari ortu.
2. apakah ada perlakuan khusus di diesel korea ini dibandingkan diesel2 jepang ? cth : lebih sering ganti oli atau apa
3. apakah bisa meminum bio solar ? sepertinya lebih sering minum bio solar, mungkin dioplos lux + aditif cuma tidak terlalu sering)
4. rencana mobil dipakai jangka panjang, mengingat ortu ingin mobil yg reliable - apakah ada penyakit2 spesial ?

Sekarang ini masih condong ke ANKI (ortu mikirnya brand 'T' pasti bagus & reliable - pikiran orang jadul) , tapi kalau memang poin2 di atas lebih condong ke diesel korea ini, maka bisa jadi pilihan geser ke Santa fe.
Terima kasih suhu2 SM.ers
Please state your opinion & experience. :mky_02:
Setahu ane untuk part2 Yang rutin di ganti seperti filter solar Dan filter oli nggak Ada versi OEM atau sakuranya Om, jadi harganya relatif mahal... 500 ribuan kalo nggak salah, ane dari pakai captiva ke Santa Fe jadi nggak gitu jetlag hehehe untuk pemakaian solar baca2 di forum bisa Karena Ada pre filter nya, tapi kalo nanya sama teknisi bengkel agar di hindari, pernah Tanya di beres Cibubur jika habis pakai bio solar harus langsung ganti filter solar... Tentunya suhu2 disini lebih paham...

Kelas nya Santa Fe kalo di luar di bandingkannya sama Mazda cx 9, beda kasta cukup jauh dengan ANKI...

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: 05 Mar 2013, 10:25
Location: Pati - Jateng

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by papico »

Kmrn sy ganti filter oli cuman ganti cartrid saja, harga ga mahal (sy lupa harganya) , dan bisa murah soalnya sudah diproduksi lokal, gak impor.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

yg mahal mah filter solar

filter oli mah mestinya gak mahal
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by vp920b »

filter solar di indo seharga 450rb per PCS. Filter oli 180rb per PCS.

Kalau ada temen ke Korea nitip aja banyak bengkel Kia/Hyundai, filter solar tinggal 200rb per PCS dan filter oli hanya 60rb per PCS..

Sekalian filter udara, AC beli aja disana. Murah kaya mobil LCGC harga spare partnya..
chestershire
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 09 Jul 2017, 20:42
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Panther

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by chestershire »

satriabergitar wrote: 12 Jul 2017, 20:34 Setahu ane untuk part2 Yang rutin di ganti seperti filter solar Dan filter oli nggak Ada versi OEM atau sakuranya Om, jadi harganya relatif mahal... 500 ribuan kalo nggak salah, ane dari pakai captiva ke Santa Fe jadi nggak gitu jetlag hehehe untuk pemakaian solar baca2 di forum bisa Karena Ada pre filter nya, tapi kalo nanya sama teknisi bengkel agar di hindari, pernah Tanya di beres Cibubur jika habis pakai bio solar harus langsung ganti filter solar... Tentunya suhu2 disini lebih paham...

Kelas nya Santa Fe kalo di luar di bandingkannya sama Mazda cx 9, beda kasta cukup jauh dengan ANKI...

Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Terima kasih atas jawabannya om satriabergitar. Ayah ane kmrn sempet kepikiran captiva FL, tp om satriabergitar blg ga gitu jetlag setelah pindah santa fe, berarti bisa diambil kesimpulan sparepart yg rutin diganti di captiva lebih mahal dibanding santa fe hehehe. oke om sepertinya sebisa mungkin jika memang dipaksa minum bio, selalu ditambah aditif + lux untuk memperpanjang usia filter solar.
papico wrote: 12 Jul 2017, 21:27 Kmrn sy ganti filter oli cuman ganti cartrid saja, harga ga mahal (sy lupa harganya) , dan bisa murah soalnya sudah diproduksi lokal, gak impor.
Turboman wrote: 12 Jul 2017, 22:21 yg mahal mah filter solar

filter oli mah mestinya gak mahal
vp920b wrote: 12 Jul 2017, 22:26 filter solar di indo seharga 450rb per PCS. Filter oli 180rb per PCS.

Kalau ada temen ke Korea nitip aja banyak bengkel Kia/Hyundai, filter solar tinggal 200rb per PCS dan filter oli hanya 60rb per PCS..

Sekalian filter udara, AC beli aja disana. Murah kaya mobil LCGC harga spare partnya..
Terima kasih om papico, om turbo dan om VP atas pencerahannya.
om turbo, untuk ANKI harga sparepartnya hampir sama dengan santa fe ini om ?, oli mesinnya butuh berapa liter ya ?
maaf suhu2 ane blm sempat ke beres / toko sparepart di sby karena masih terkendala pekerjaan di luar kota sehingga blm sempat untuk benchmarking harga sparepart. :big_sorry:
satriabergitar
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 23 Jul 2016, 18:57

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by satriabergitar »

Turboman wrote:yg mahal mah filter solar

filter oli mah mestinya gak mahal
Oh iya betul Om turboman filter solar Yang mahal. Captiva gen 2-4 lebih Gila lagi harganya, 2 kalinya, emang ganti 2 biji tapi emang baru gantinya setelah 30 ribu km...

Sent from my MI 5

Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post