All About Ford Everest
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All About Ford Everest
Hehehe....... Masih 'THE LEGEND' 4D56 lah terbandel ya om? Blueprint konstruksi enjin jadul taun 80an yang tetep bisa ngimbangin kebandelan Duratorq nya Ford yang notabene blueprint taun 2000an.
Oya sebenernya si Mazda's WLT 2.5 itu sami mawon kalo gak salah om ma Duratorq 2.5?
Oya sebenernya si Mazda's WLT 2.5 itu sami mawon kalo gak salah om ma Duratorq 2.5?
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
cmiiw..Nightster Guy wrote:Hehehe....... Masih 'THE LEGEND' 4D56 lah terbandel ya om? Blueprint konstruksi enjin jadul taun 80an yang tetep bisa ngimbangin kebandelan Duratorq nya Ford yang notabene blueprint taun 2000an.
Oya sebenernya si Mazda's WLT 2.5 itu sami mawon kalo gak salah om ma Duratorq 2.5?
Kayaknya kisah mereka berdua ini sama Om..
4D56T (L200-L300) menjadi 4D56T DID commonrail tanpa VGT (Dakar pakai versi VGT)
Madza WLT menjadi WLC commonrail VGT (yang 3000 cc kodenya WEC)
Klo WLT 12 valve SOHC 4D56T 8 valve SOHC, begitu diupgrade dua-duanya jadi DOHC 16 valve common rail tapi WLC pakai VGT.
Karakter engine Triton dan Evie yg saya rasakan klo jalan di aspal pelan posisi speed 3, Evie bisa diajak jalan pelan 20 kmh tanpa bergetar dan tersendat-sendat. Klo Triton udah getar dan mau mati enginenya, klo dibejek mendadak malah mati sedangkan Evie paling agak tertahan tapi putaran engine naik pelean s/d 1500 rpm terus baru terasa torsinya meledak dan rpm naik lebih cepat.
Yang bikin saya geli, semua rekan-rekan yg bawa Evie ini pertama kali pasti mengalami engine mati walaupun start di speed 1 jalan rata karena karakter kopling dan feelingnya beda dgn Triton. Saya tanya sama BERES Ford katanya karakter kopling Dual Clutch memang gitu..Jadi merasa orang paling gaptek di dunia deh..he3x. Evie ini gampang banget dibejek sama putaran 3500 (Max Power) dan raungan engine ke dalam kabin lebih rendah dibanding triton (mungkin peredamnya lbh baik) plus karakter engine Ford/ Mazda suara trubochargernya nggak sangar kayak 4D56T..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
om firawan... maap banyak nanya.. kalo DC yg TC nya elektrikal sama yg mekanikal lebih maknyos mana buat oprut??? navara kl g salah elektrikal kan?? perawatan yg elektrikal gmn dibanding ama yg mekanikal??? kl antara 4d56 yg non crdi (L200) sama yg crdi (triton) bagus mn buat oprut sejauh yg om firawan rasain?? renger yg base sama non base apa bedanya???
ane beru denger ada everest off road package (cmiiw).... spek tambahannya apa aja??? kl bisa review dmax donk...
thankz berat....
ane beru denger ada everest off road package (cmiiw).... spek tambahannya apa aja??? kl bisa review dmax donk...
thankz berat....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Bro Ak4ng..ak4ng wrote:om firawan... maap banyak nanya.. kalo DC yg TC nya elektrikal sama yg mekanikal lebih maknyos mana buat oprut??? navara kl g salah elektrikal kan?? perawatan yg elektrikal gmn dibanding ama yg mekanikal??? kl antara 4d56 yg non crdi (L200) sama yg crdi (triton) bagus mn buat oprut sejauh yg om firawan rasain?? renger yg base sama non base apa bedanya???
ane beru denger ada everest off road package (cmiiw).... spek tambahannya apa aja??? kl bisa review dmax donk...
thankz berat....
Klo Ford memang ada yg khusus buat Off Road package kitnya kayak GFS/ RMA. Saya sudah tanya ke Ford bahwa aksesoris RMA tidak menggugurkan Garansi Ford. Jadi klo mau aman buat paket off road sementara kendaraan masih baru, saya sarankan pake RMA. Klo garansi sudah habis silakan pilih mana yg paling cocok, paket RMA juga belum tentu sesuai dgn kebutuhan dan selera masing-masing.
Saya belum pernah nyoba navara dan dmax untuk sehari-hari. Dmax juga pernah nyoba sebentar itupun yg single cab. Yg pernah saya pake cuma Ranger Gen1&2, L200, Triton dan Evie. Saya pikir belum layak kasih testi untuk TC elektrik. Cuma bedanya Ranger dan Evie kayaknya belum Shift on the Fly kayak Triton yg udah select trac. Pernah saya coba evie pindah dari 2H ke 4H sdg jalan 30 kmh, bunyi gruuunggg...kayaknya gear transfernya ga mau pindah. Klo pake triton dari 2H ke 4H aman aja pindah di speed 40 kmh, petunjuknya bilang bisa dipindah <100 kmh. Cuma untuk ke 4L memang harus berhenti. Krn penasaran saya pernah coba pindah dari 4H ke 4L sdg jalan 20 kmh..hasilnya sama, bunyi grrunnggg....
Pendapat saya klo untuk Off Road dengan medan variasi lebih simple pake keluarga mitsubishi karena select tracnya. Untuk LSD lebih nyaman pake keluarga Ford, di aspal bisa nikung pake roda belakang alias mainkan LSD. Tapi saya sarankan jangan dicoba klo belum kenal betul karakter kendaraan dan sebenarnya cenderung berbahaya. Tapi klo keluarga Mitsu kecuali Triton lebih jinak LSDnya dibanding L200. sudah banyak rekan kerja saya yg jungkir balik di tikungan karena salah nekan gas bawa L200 ini. Klo jalan gelombang dan pick upnya kosong, mitsu cenderung lebih liar dari Ranger ( Pantat mobil cenderung joged) begitu ada beda traksi roda kiri & kanan belakang. Klo panik sudah ada yang jungkir balik juga karena sebelah roda keluar badan jalan dan bergelombang, hasilnya mobil baru triton GLX (2 bulan) jungkir balik dan keluar Rp. 50 jt buat perbaikan.
Klo untuk free wheel hub elektrik kayak ranger dan evie, saya belum pernah dapat masalah (2 thn pake Ranger Gen1 yg udah jalan 120 ribu km). Ngoperasikannya gampang, otomatis ngunci begitu masuk 4WD, tapi harus dilepas dgn menekan tombol begitu balik ke 2H.
Pilihan sebenarnya tergantung kita, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
thankz berat om firawan.... ga sekalian jeep XJ nya dicoba om???....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Nggak mau ah nyoba XJ saya, wong untuk urusan kantor. XJ sementara masih Mall Terrain. Belum punya dana cukup buat nyobain off road. Apalagi cuma kendaraan satu2nya. Klo bonyok nggak ada kaki lagi nanti buat bawa keluarga..he3xak4ng wrote:thankz berat om firawan.... ga sekalian jeep XJ nya dicoba om???....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
BTT yuk..
Ada yang bisa share tentang dual clutch Ford Everest ini? Pa memang benar pakai dual clutch, kayaknya jarang mobil harian yg mengaplikasikan sistem dual clutch ini..Thanks
Ada yang bisa share tentang dual clutch Ford Everest ini? Pa memang benar pakai dual clutch, kayaknya jarang mobil harian yg mengaplikasikan sistem dual clutch ini..Thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
mohon konfirmasi: everest 2012 yg model om firawan masi indirect injection????
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Bro Ak4ng..ak4ng wrote:mohon konfirmasi: everest 2012 yg model om firawan masi indirect injection????
Everest yg saya pakai entah Gen3 atau Gen2 facelift namanya. Sejak Gen2 Evie sudah pakai engine WLC. DOHC 16Valve direct injection common rail turbo diesel intercooler atau Duratorq TDCi. Saya nggak nggak athu apakah sudah pakai Variable Geometri Turbocharger (VGT).
Klo evie yg saya pakai sudah pakai VGT ini. Memang terasa agak beda torsi putaran <1500 rpm dibanding Triton. Triton jalan sekitar 20 kmh (datar aspal) pakai gigi 3 bakal bikin bodi bergetar (mobil baru - Jan 2011), dibejek gas malah bisa mati enginenya klo nggak diselip kopling. Tapi klo Evie ini bisa jalan santai 20 kmh pakai gigi 3 putaran <1500 rpm. Gas dibejek memang agak ngeden tapi putaran pelan-pelan naik tanpa bodi bergetar paling asap hitam. Klo sudah lewat 1500 rpm mulai nendang dan enteng mencapai putaran 3500 rpm.
Dulu waktu saya bawa triton selalu tercecer klo iring2an dgn Evie jika mengerem dari 100 kmh ke 70 kmh trus akelerasi, pasti triton saya tercecer. Itu Evie cepat banget kaburnya. Gmana klo udah diracunin kayak thread sebelah pakai Piggy Back dan ubahan [cencored]...Cherokee saya bisa dilibas juga klo 0-100 kmh dibawah 9 detik. Cherokee saya sekitar 10 - 11 detik utk 0-100 kmh (engine standar, cuma exhaust / header plus pipa free flow saringan tunggal).
FC.. Evie dalkot Medan 1-7 km/l luar kota bejek habis 1:9.2 km/l. Cherokee saya dalkot medan 1:3.8 km/l, luar kota bejek habis 1:7.6 km/l muatan penuh sampai roof rack. Cuma akselerasi beda jauh...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All About Ford Everest
Seingat saya, sejak Everest-Ranger yang gril kotak besar (non krom), itulah saat di mana VGT dicangkokkan, om Firawan.
Kalo di Evie, semua varian pake VGT. Cukup yakin dengan ingatan saya, walau masih terbuka kemungkinan saya salah ingat.
Kalo di Ranger, tipe XLT 4WD dan Hi-Rider 2WD ke atas doank yang dikasi VGT.
Bersamaan dengan era VGT inilah penamaan Duratorq diperkenalkan.
Ranger/Everest yang gril krom blom VGT. Kebetulan ngumpulin brosur Ranger sejak generasi awal. Walau tu brosur2 sampe sekarang ntah di kardus mana saat pindah rumah.
Kalo di Evie, semua varian pake VGT. Cukup yakin dengan ingatan saya, walau masih terbuka kemungkinan saya salah ingat.
Kalo di Ranger, tipe XLT 4WD dan Hi-Rider 2WD ke atas doank yang dikasi VGT.
Bersamaan dengan era VGT inilah penamaan Duratorq diperkenalkan.
Ranger/Everest yang gril krom blom VGT. Kebetulan ngumpulin brosur Ranger sejak generasi awal. Walau tu brosur2 sampe sekarang ntah di kardus mana saat pindah rumah.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Thanks pencerahannya Om...Nightster Guy wrote:Seingat saya, sejak Everest-Ranger yang gril kotak besar (non krom), itulah saat di mana VGT dicangkokkan, om Firawan.
Kalo di Evie, semua varian pake VGT. Cukup yakin dengan ingatan saya, walau masih terbuka kemungkinan saya salah ingat.
Kalo di Ranger, tipe XLT 4WD dan Hi-Rider 2WD ke atas doank yang dikasi VGT.
Bersamaan dengan era VGT inilah penamaan Duratorq diperkenalkan.
Ranger/Everest yang gril krom blom VGT. Kebetulan ngumpulin brosur Ranger sejak generasi awal. Walau tu brosur2 sampe sekarang ntah di kardus mana saat pindah rumah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
maap... kamsudnya ranger... indirect.. http://www.ford.co.id/trucks/ranger/spe ... erformance bener ga?? atw web nya yg ga apdet??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Kayaknya cuma yg 4x2 XLT yg dapat jatah TDCi alias pakai VGT..mungkin karena 4x4 2.5L banyak dipakai fleet, makanya dipertimbangkan cuma pakai indirect injection agar bandel sama solar jelek..ak4ng wrote:maap... kamsudnya ranger... indirect.. http://www.ford.co.id/trucks/ranger/spe ... erformance bener ga?? atw web nya yg ga apdet??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: All About Ford Everest
kenapa musti bingung om Enji kan situsnya ada fitur multiple languangeNightster Guy wrote:New Everest blom ada tuh tampangnya, om Solar. Mo masuk di web Ford Thai, bingung ama aksara cacingnya mereka.......
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Bro Billy kemana nih? Bisa kasih testinya nggak waktu nyoba Ford eks team Borneo Equator? Denger2 mereka kembali dengan kondisi mobil masih bagus...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
om bily aktifnya di sebelah brooo.... di sini jarang bahas oprut....firawan6275 wrote:Bro Billy kemana nih? Bisa kasih testinya nggak waktu nyoba Ford eks team Borneo Equator? Denger2 mereka kembali dengan kondisi mobil masih bagus...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: All About Ford Everest
maaf, ini info tambahan :
utk mensupply kebutuhan fleet, tersedia paket harga diskon sangat menarik, dengan jumlah pembelian tertentu
utk mensupply kebutuhan fleet, tersedia paket harga diskon sangat menarik, dengan jumlah pembelian tertentu
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Iseng-iseng baru non aktifkan EGR valve..hasilnya suara dan getaran lebih halus, akselerasi lebih responsif dan konsumsi BBM lebih irit..sejauh ini lampu check engine belum nyala setelah 1 minggu. Ada yang bisa share trik non aktifkan EGR ini? Saya cuma menyumbat saluran vakuum ke EGR valave sehingga tidak aktif.
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: All About Ford Everest
teman sy non aktifkan EGR di Evie juga dgn cabut saluran vakuum, utk detailnya coba join : [email protected] then diskusi dgn bro Yudi Tamarafirawan6275 wrote:Iseng-iseng baru non aktifkan EGR valve..hasilnya suara dan getaran lebih halus, akselerasi lebih responsif dan konsumsi BBM lebih irit..sejauh ini lampu check engine belum nyala setelah 1 minggu. Ada yang bisa share trik non aktifkan EGR ini? Saya cuma menyumbat saluran vakuum ke EGR valave sehingga tidak aktif.
Lalu utk memudahkan pengamatan utk efeknya bisa ukur dgn boost meter atau OBD2 reader yg colok ke OBD port, kalo bacaan boost gak drop berarti benar katup EGR menutup.
Kalo dari tanda2 yg bro alami yaitu akselerasi membaik dan kons BBM lebih hemat berarti benar katup EGR telah menutup dan tidak membuka lagi.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Wah..terima kasih banyak sharing infonya Om Turboman, cuma saya masih penasaran dgn check engine lightnya. Klo yg saya baca2 di forum luar. check engine light ini nggak tentu bisa nyala, ada yg nyala dalam satu hari ada yg nyala dalam hitungan minggu setelah EGR dinonaktifkan. Mereka belum dapat cara nipu ECUnya, paling yg ada dibikin blanking plate tapi dikasih lubang kecil agar sebagian exhaust gas masih bisa lewat. Hanya sifatnya coba-coba.Turboman wrote:teman sy non aktifkan EGR di Evie juga dgn cabut saluran vakuum, utk detailnya coba join : [email protected] then diskusi dgn bro Yudi Tamarafirawan6275 wrote:Iseng-iseng baru non aktifkan EGR valve..hasilnya suara dan getaran lebih halus, akselerasi lebih responsif dan konsumsi BBM lebih irit..sejauh ini lampu check engine belum nyala setelah 1 minggu. Ada yang bisa share trik non aktifkan EGR ini? Saya cuma menyumbat saluran vakuum ke EGR valave sehingga tidak aktif.
Lalu utk memudahkan pengamatan utk efeknya bisa ukur dgn boost meter atau OBD2 reader yg colok ke OBD port, kalo bacaan boost gak drop berarti benar katup EGR menutup.
Kalo dari tanda2 yg bro alami yaitu akselerasi membaik dan kons BBM lebih hemat berarti benar katup EGR telah menutup dan tidak membuka lagi.
Kali harus pakai ECU aftermarket yg bisa diprogram untuk nonaktifkan sensor EGR ini ya Om? Thanks.
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: All About Ford Everest
paling aman yah cabut pipa EGR nya dan lubang2-nya tutup pakai pelat 2 mm, sementara katup EGR diamkan aja apa adanya, jadi katup tetap kerja gerak2 tapi dah gak ada gas exhaust yg lewat, gak bakalan check engine......hehehehehehehehfirawan6275 wrote: Kali harus pakai ECU aftermarket yg bisa diprogram untuk nonaktifkan sensor EGR ini ya Om? Thanks.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Iya ya..klo mo aman tinggal kasih air filter kecil aja agar udara & kotoran ga masuk cylinder..tks sarannya Om...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
om firawan.. kl bole fotoin tuas/pencetan yg merubah dr 2H ke 4H nya donk.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Sorry Akang, baru inget, fotonya baru diambil pake HP..mudah2an cukup jelas hasil uploadnya.ak4ng wrote:om firawan.. kl bole fotoin tuas/pencetan yg merubah dr 2H ke 4H nya donk.....
Dashboard
ROPS dari driver side
ROPS dari pintu tengah
ROPS dari belakang