[Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Speed

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

--nubie
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Nov 26, 2010 4:06

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by --nubie »

kayaknya emang masalah di gearboxnya om..
tapi gak tau juga ya..bisa dibenerin atau harus ganti..
soalnya pas tanjakan curam pake 4x4 tenaganya oke bgt..
tapi pas 4x2, jalan normal di aspal aja gak ada tenaga...
udah gitu pindah gigi musti pendek2,
tenaga di gigi 4 gak ada lagi.. :shrug:

C240 bisa pasang turbo ya om ?
pake turbo apa ya ?

@BrI: thanks infonya.. :frm_salut:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by maskopat »

berat L200 GLX sekitar 1.7ton... taft kayaknya sekitaran itu juga..
kang bil, taft pake ban 31, ban MT? kalo L200 standar? mungkin ini kali penyebabnya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:berat L200 GLX sekitar 1.7ton... taft kayaknya sekitaran itu juga..
kang bil, taft pake ban 31, ban MT? kalo L200 standar? mungkin ini kali penyebabnya?
itu sya nyobanya di aspal kok om... jd yg ban std halus tentu lebih untung.....

mungkin g karna inreyen? soalnya Kmnya bru sekitar 300an? 3digitan lah, hehe perawan banget....

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by billyd1773dz »

--nubie wrote:kayaknya emang masalah di gearboxnya om..
tapi gak tau juga ya..bisa dibenerin atau harus ganti..
soalnya pas tanjakan curam pake 4x4 tenaganya oke bgt..
tapi pas 4x2, jalan normal di aspal aja gak ada tenaga...
udah gitu pindah gigi musti pendek2,
tenaga di gigi 4 gak ada lagi.. :shrug:

C240 bisa pasang turbo ya om ?
pake turbo apa ya ?

@BrI: thanks infonya.. :frm_salut:
4x4nya 4Lo maksudnya? atw sama2 di H tp beda larinya? hehe

klw turbo bisa pke copotan C223T troper yg turbo atw copotan 4JB1T juga bisa.. IHI RHB5 - CT20 deh maksimal.. hehe


klw g ya sabar aja dulu ngumpulin2 ntar langsung ganti engine+trans aja sekalian hahaha... yg pasti pasti aja deh.. :big_peace:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
BrI
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Nov 09, 2010 6:55

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by BrI »

billyd1773dz wrote:
maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:^^
hehe itusih memang karakternya boil turbo bro turbo lag d rpm bawah hehehe...

omong omong.. kemarin gw kebagian nyicipin L200 GLX 2010 bwat proyek.... enginenya 4M40 yg n.a non crd tp terus terang gw kecewa dgn performanya.... sya pakai lumayan lama seharian, iseng aja d bawa ke daerah punclut... ada beberapa tanjakan, klw sya pakai taft std yg sama2 2800cc n/a tp tentu beda jaman masih ohv dan tahun 91 pula.... sya biasa lewat itu sambil ngembat bisa di gigi 2, sedangkan L200 dgn cara yang sama ngembat sekuatnya terpaksa hrs nyerah dan di oper ke gigi 1... pdahal ban taftnya uda 31, dan L200nya std....d jalanan biasanya jg overall tarikannya masih kalah oleh taft, meskipun umurnya beda hampir 20thn dan ban lebih besar... bsknya kesana lg pke taft mastiin aja ternyata bener bisa pke pakai gigi 2... hohoho....

aneh yah... gw heran temen gw yg punya jg heran tp bgtu di tol 120kmh masih bisa lebih lagi baru nih enak.... taft sih 100 jg uda sukur hehe.... ntah faktor body L200 lebih berat namun punya coefficient of drag lebih baik sehingga d tol lebih enjoy kli yah.. hehe

oyah gw jg seblumnya nyicipin ranger yg TDI 06 ini sih bener2 bekas proyek kondisi seadanya bwat d lelang... tp imho masih lebih narik sih turbony... hehe...d rpm bawah sih pasti kalah klw bwat nanjak yah karna turbony blm narik/lag... tp klw d banding rugger atw bighorn masih jauh deh gedean 2 mesin itu...

thx
:beer:
faktor gear ratio kali ya kang bil? :e-think:
kalo dari spek torsi, perbandingan taft dan L200 gimana ya?
klw dri speknya sih tetep aja L200 unggul yah...

taft 74ps 170Nm klw L200 94ps 200Nm
ratio jg FG taft 1:3.36 L200 1:4.63
ratio first gear Taft 3.45 L200 3.967

semuanya L200 lebih low dan power serta torque lebih besar...

mungkin bobotnya jauh lebih berat kli yah? atw masi inreyen ngaruh g yah?

thx
:beer:
pembahasan yang menarik om billyd, mungkin ada faktor bobot flywheel, atau grafik torsinya. bisa jadi taft berat flywheel dan grafik torsinya lebih cocok untuk tarikan bawah dan tanjakan CMIIW. seperti pengalaman om billy tentang ranger disalip L300 di tanjakan.

dan menurut pengalaman saya yang masih dangkal, memang kita tidak bisa berpatokan secara pasti dari angka-angka. contohnya Nissan Navara dari data spek tenaganya 160+hp torsi 400+Nm. Namun untuk merayap pelan di tanjakan gigi 2 mesinnya mati, sementara phanter di tanjakan yang sama santai aja CMIIW :big_peace:
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by firawan6275 »

Setuju dengan pengaruh gear rasio baik gearbox maupun final drive. Mobil dengan engine turbo yang karakter torsinya baru efektif di rpm 1600 ke atas akan kesulitan jika diajak jalan pelan di tanjakan jika rpm engine di bawah range turbo boostnya. Bisa saja pada saat speed 2 dengan kecepatan rendah putaran engine di bawah 1600 rpm sehingga turbo belum efektif memberikan boost. Perlu dicatat dengan kapasitas engine yg sama, rasio kompresi engine turbo lebih rendah dari engine N/A dengan kapasitas yg sama. Jadi wajar klo rpm di bawah range turbo boost L300 atau panther bisa santai dgn speed 2 sementara Ranger harus turun ke speed 1. Daya yg dihasilkan engine pada rpm di bawah range turbo boost akan lebih rendah di engine turbo dibanding N/A. Coba tahan putaran engine di atas 1800 atau 2000 rpm (posisi speed bisa berbeda), maka L300 atau panther akan sangat kesulitan ngejar ranger.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by billyd1773dz »

^^
wah yg ranger di salip L300 bukan kta sya bro... klw itu sih uda jelas hehe memang boil turbo kelemahannya gtu...

yg jadi masalah L200 GLX itu N.A dan taft Juga N.A di spek hampir semuanya lebih baik ke L200 tp sayangnya waktu d pakai beda... klw bobot fly wheel mungkin aja, tp seharusnya langsung kelihat d angka torsi dan peak torsinya kli yah, ini hampir sama taft 170 @ 1900 L200 200@2000 tp 4M40 SOHC sedangkan DL42 OHV klw sya baca sih, karna pke pushrod RPM maksimal OHV lebih rendah tp tenaga lebih padat d rpm bawah... memang 4m40 lebih ngacir d rpm atasnya hehe...

dan memang karakter mobil turbo gtu d rpm bawah pasti kosong,bahkan d boil VGT yg katanya uda bisa ngeboost dri bawah ternyata tetep aja di bawah masih "lebih" kosong dibanding d atas walau g separah yg biasa.

kosong d rpm bawah selain karna kompresi mesin yg lebih rendah juga krna ada turbo saat blm mulai ngeboost <2000rpm udara yang masuk kemesin jadi vakum dan lebih dikit, dibanding mesin N.a yg dri air intake langsung masuk mesin tampa lewat turbo atau intercooler.... dan itu alasan masang AAI/CAI d sistem turbo agar saat turbo blm ngeboost udara segar langsung masuk ke throttlebody lewat PCV valve/AAI/CAI itu tampa lewat turbo sehingga tidak ada vakum...

akibatnya klw gw bw mobil turbo pasti jd tukang ngembat RPM di atas 2500 trus selama itu bertahan di tanjakan yg sama gigi 3 juga bisa lewat.... tp klw berhenti aja atw tau2 ada motor ngagokin jd harus gigi 1...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
BrI
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Nov 09, 2010 6:55

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by BrI »

Om, AAI/CAI itu apa ya? semacam saluran by pass udara masuk ke intake? :ungg:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by billyd1773dz »

^^
iya om..Auxilary Air Intake n Cold Air Intake coba cari deh d SM artikelnya om turboman hehe...

blm pernah pakai sih cuma pernah kejadian aja.. slank boost meter lepas dan efeknya kurang lebih sama dgn AAI d rpm rendah jd lebih ngisi.... tp klw kasus sya sih di atasnya tentu ngempos karna teknana keluar lewat slank lepas td... klw AAI dia pke one way valve jd udara masuk aja g bisa kluar...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by firawan6275 »

billyd1773dz wrote:^^
wah yg ranger di salip L300 bukan kta sya bro... klw itu sih uda jelas hehe memang boil turbo kelemahannya gtu...

yg jadi masalah L200 GLX itu N.A dan taft Juga N.A di spek hampir semuanya lebih baik ke L200 tp sayangnya waktu d pakai beda... klw bobot fly wheel mungkin aja, tp seharusnya langsung kelihat d angka torsi dan peak torsinya kli yah, ini hampir sama taft 170 @ 1900 L200 200@2000 tp 4M40 SOHC sedangkan DL42 OHV klw sya baca sih, karna pke pushrod RPM maksimal OHV lebih rendah tp tenaga lebih padat d rpm bawah... memang 4m40 lebih ngacir d rpm atasnya hehe...

dan memang karakter mobil turbo gtu d rpm bawah pasti kosong,bahkan d boil VGT yg katanya uda bisa ngeboost dri bawah ternyata tetep aja di bawah masih "lebih" kosong dibanding d atas walau g separah yg biasa.

kosong d rpm bawah selain karna kompresi mesin yg lebih rendah juga krna ada turbo saat blm mulai ngeboost <2000rpm udara yang masuk kemesin jadi vakum dan lebih dikit, dibanding mesin N.a yg dri air intake langsung masuk mesin tampa lewat turbo atau intercooler.... dan itu alasan masang AAI/CAI d sistem turbo agar saat turbo blm ngeboost udara segar langsung masuk ke throttlebody lewat PCV valve/AAI/CAI itu tampa lewat turbo sehingga tidak ada vakum...

akibatnya klw gw bw mobil turbo pasti jd tukang ngembat RPM di atas 2500 trus selama itu bertahan di tanjakan yg sama gigi 3 juga bisa lewat.... tp klw berhenti aja atw tau2 ada motor ngagokin jd harus gigi 1...

:beer:
Tambahin supercharger aja Bro buat ngisi putaran bawah, tapi memang harus tepat hitungannya agar engine nggak jebol. Supercharger biasanya diputar pake puli dan ngambil power engine. Mungkin di puli bisa dikasih magnet kayak kompresor A/C, begitu rpm udah 1500 keatas magnet off dan kerjanya digantiin turbo. Ribet juga bikin kontrolernya kali ya, karena klo enginenya udah pake ECM ada resiko sensor salah membaca sehingga jumlah solar yg disemprotkan bisa ndak sesuai dengan jumlah udara masuk.

Yang paling aman menurut saya tinggal pintar-pintar mainkan speed transmisi agar nggak terjadi kehilangan momen. Selama putaran engine ada di range turbo boost, engine turbo nggak ada matinya.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by billyd1773dz »

^^
hehe akal2an ingilang lag bnyk kyanya yah om.. klw pke s/c jd kya TFSI nya VW hehe.. d masukin ke lubang AAI pasti lebih asik tuh.... s/c yg pernah sya nyicip memang ada swicthnya sih, jd bisa di on off, mungkin bisa d tempel d wastegate turbo yah.. saat buka bearti turbo boost jd s/c off..sensornya klw boil dkasih turbo highboost biasanya diganti yg bisa baca tekanan/debit udara lebih tinggi biar g salah... hehe haha ngimpi applikasinya pasti jauh lebih ribet..


itu dia bro.. klw dpke proyek supirnya blm tentu tau cara bawa turbo gimana, malah bisa jadi di training ngebawanya se gentle mungkin artinya sehalus mungkin dan sebisa mungkin g d rpm atas... jd yah turbonya blm sempet narik...

blm lagi klw ada anggapan awam klw mbl harus meraung dulu ke rpm atas = tenaga lebih kecil di banding yg d rpm bawah lebih padat g perlu meraung dulu.

alhasil L200 GLX yg n.a jadi lebih kondang di banding ranger yg turbo.. karna lebih bisa di ajak santai di rpm bawah hehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by jalu »

dan di proyek itu rata2 ada aturan safety yg ketat, geber2 mesin sih boleh saja, yg penting top speed, akselerasi dan deselerasi tetap dalam batasnya, kan rata2 dipasang speedmonitor.... :D

*)paling enak kalo speedmonitor-nya lg error......bebasss... :big_weee: :big_weee:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by firawan6275 »

jalu wrote:dan di proyek itu rata2 ada aturan safety yg ketat, geber2 mesin sih boleh saja, yg penting top speed, akselerasi dan deselerasi tetap dalam batasnya, kan rata2 dipasang speedmonitor.... :D

*)paling enak kalo speedmonitor-nya lg error......bebasss... :big_weee: :big_weee:
Yaaa...di tempat saya kecepatan maksimum yang diperbolehkan cuma 30 kmh..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by billyd1773dz »

^^
wew 30km?? hehe parah, gmn mw mancing turbo... hehehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by jalu »

billyd1773dz wrote:^^
wew 30km?? hehe parah, gmn mw mancing turbo... hehehe

:beer:
itulah bedanya antara offroader hobbist dng offroader pencari nafkah.... :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by billyd1773dz »

^^
offroader mencari nafakah = beres oprut dpet duit...
offroder hobbyist = beres oprut garuk2 kepala,garuk dada siap2 btulin ini itu.... hahah

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by jalu »

kang billy....setau saya Jeep ini kan grup Chrysler, sedangkan Isuzu grup GM,
lantas gmn ceritanya kok keduanya bisa bersetubuh di CJ7 ini...?? :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by firawan6275 »

billyd1773dz wrote:^^
wew 30km?? hehe parah, gmn mw mancing turbo... hehehe

:beer:
Yah..itulah Bro..standar mining safetynya tinggi banget, paling kepake cuma sampai speed 2. Ranger, Hi Lux dan Triton baru-baru tapi nggak kepake maksimal. Tapi memang tanjakannya curam-curam, ga tahu juga kok bisa securam itu tanjakannya.
Banyak stop signnya dan harus berhenti.

Cara mancing turbonya ya pake 4L dan speed 3 - 4...he3x.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: [Help] Ganti Mesin 4JB/4JG buat CJ7 Diesel C240 T176 4Sp

Post by firawan6275 »

jalu wrote:kang billy....setau saya Jeep ini kan grup Chrysler, sedangkan Isuzu grup GM,
lantas gmn ceritanya kok keduanya bisa bersetubuh di CJ7 ini...?? :e-think:

Ya bisa-bisa aja Om, lha wong Jeep Cherokee XJ aja pake transmisi Aisin Warner AW4 yang notabene juga Toyota. Mungkin ada beberapa pertimbangan yg kita nggak ketahui. Cherokee juga sempat pake engine GM 2800cc V6 bensin di awal produksi dan baru berhenti karena engine tersebut juga dipake oleh Chevy S10 Blazer yg notabene juga saingan berat Cherokee.