Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Pengalaman pake mobil2 ini, dgn perbandingan 50% on road dan 50% off road (nggak ekstrim/ tambang batu bara):
Klo ford ranger tua 2002 barunya dalkot 1:9 - 1:10 km/l dan 1:12 km/l lukot pake ban std michelin LTX A/T 235/75R15, setelah berumur 5 thn dalkot 1:7.5 - 1:8 dalkot dan 1:10 - 1:11 km/l lukot.
L200 strada baru 1:8 - 1:9 km/l dalkot dan 1:11 lukot pake ban Michelin Radial XZL 7.5R16, setelah 5 thn 1:6: - 1:7.5 km/l dalkot dan 1:9 km/l lukot.
2008 Strada triton GLS 1:9 - 1:10 dalkot dan 1:12 lukot (20% off road dan 80% on road)
Maintenance rata-rata baik dan selalu pake genuine parts, cara bawa moderat lah. Nggak sering geber2an.
thanks om firawan....
kira2 kenapa ya kalo sudah 5-6 tahun jadi lebih boros? trus, gimana caranya supaya kembali irit?
Om Kopat..IMHO,
Yang pasti keausan komponen2 bergerak, efisiensi kerja engine turun. jarak tempuhnya > 100 ribu dlm 5 tahun.Yang paling besar kayaknya sistem pemasukan udara dan pengelauran gas buang (turbocharger dan intercooler, valve2, seat valve) dan sistem injeksi bahan bakar. Rata-rata pompa injeksi belum pernah direkondisi, paling kalibrasi berkala. Malah nozel belum pernah ganti, paling juga dibersihkan dan ditest .
Klo mau balik normal lagi memang harus perbaiki komponen2 tersebut. Kebanyakan pemakai lalai cek dan bersihkan berkala saringan udara dan drain water sedimenter. Klo udah gini biasanya engine diesel udah mulai bolot dan boros bbm krn power berkurang kaki jadi hiper aktif...
Pengalaman pake mobil2 ini, dgn perbandingan 50% on road dan 50% off road (nggak ekstrim/ tambang batu bara):
Klo ford ranger tua 2002 barunya dalkot 1:9 - 1:10 km/l dan 1:12 km/l lukot pake ban std michelin LTX A/T 235/75R15, setelah berumur 5 thn dalkot 1:7.5 - 1:8 dalkot dan 1:10 - 1:11 km/l lukot.
L200 strada baru 1:8 - 1:9 km/l dalkot dan 1:11 lukot pake ban Michelin Radial XZL 7.5R16, setelah 5 thn 1:6: - 1:7.5 km/l dalkot dan 1:9 km/l lukot.
2008 Strada triton GLS 1:9 - 1:10 dalkot dan 1:12 lukot (20% off road dan 80% on road)
Maintenance rata-rata baik dan selalu pake genuine parts, cara bawa moderat lah. Nggak sering geber2an.
thanks om firawan....
kira2 kenapa ya kalo sudah 5-6 tahun jadi lebih boros? trus, gimana caranya supaya kembali irit?
gmn perawatan dan outputnya sih om, apalgi klw diesel memang perlu di kalibrasi ulang klw uda tembus 100rb
exp: 1KZ-TE itu fcnya dalkt 1:7 padahal mesinnya tahun 2006 tp KMnya uda tembus 100rb walau masih tergolong sehat mesinnya. nah taft F75 sya tahun 91 FCnya mudah aja di atas 1:10 padahal ccnya beda dikit, dan Km baru 65rb dari baru hehehe...... cuma 1kz-TE outputnya 130ps 300Nm sedangkan F75 cuma 74ps 172Nm haha..... high input high ouput....
oyah mekanik diesel biasany punya jurus bwat naikin tenaga mulai dri sekedar geser timing semprot solar, sampai injektornya di ganti yang lebih besar dan bisa nyemprot solar lebih banyak.... memang tenaga meningkat tp asap jadi tebal dan jadi boros mesin pun terdengar lebih kasar walau konon tdk merusak mesin.
exp: taft F78 turbo saya injeksinya di ganti mitsubishi......... tenaga sih memang dasyat... tp asap jadi hitam klw lg ngebejek, dan FC tinggal 1:6an..... skrng asapnya sih rada mendingan setelah turbonya d oprek hehe.. cuma FC tetep aja segitu2nya...
biasany bus malam sama elf oprekannya gini... hehe FCsih kya bensin jdnya haha.... simplenya klw asapnya hitam dan banyak, kemungkinan besar boros aja tu mobil, karna pembakrannya terlalu rich dan banyak solar yang ga kebakar.....
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Pengalaman pake mobil2 ini, dgn perbandingan 50% on road dan 50% off road (nggak ekstrim/ tambang batu bara):
Klo ford ranger tua 2002 barunya dalkot 1:9 - 1:10 km/l dan 1:12 km/l lukot pake ban std michelin LTX A/T 235/75R15, setelah berumur 5 thn dalkot 1:7.5 - 1:8 dalkot dan 1:10 - 1:11 km/l lukot.
L200 strada baru 1:8 - 1:9 km/l dalkot dan 1:11 lukot pake ban Michelin Radial XZL 7.5R16, setelah 5 thn 1:6: - 1:7.5 km/l dalkot dan 1:9 km/l lukot.
2008 Strada triton GLS 1:9 - 1:10 dalkot dan 1:12 lukot (20% off road dan 80% on road)
Maintenance rata-rata baik dan selalu pake genuine parts, cara bawa moderat lah. Nggak sering geber2an.
thanks om firawan....
kira2 kenapa ya kalo sudah 5-6 tahun jadi lebih boros? trus, gimana caranya supaya kembali irit?
gmn perawatan dan outputnya sih om, apalgi klw diesel memang perlu di kalibrasi ulang klw uda tembus 100rb
exp: 1KZ-TE itu fcnya dalkt 1:7 padahal mesinnya tahun 2006 tp KMnya uda tembus 100rb walau masih tergolong sehat mesinnya. nah taft F75 sya tahun 91 FCnya mudah aja di atas 1:10 padahal ccnya beda dikit, dan Km baru 65rb dari baru hehehe...... cuma 1kz-TE outputnya 130ps 300Nm sedangkan F75 cuma 74ps 172Nm haha..... high input high ouput....
oyah mekanik diesel biasany punya jurus bwat naikin tenaga mulai dri sekedar geser timing semprot solar, sampai injektornya di ganti yang lebih besar dan bisa nyemprot solar lebih banyak.... memang tenaga meningkat tp asap jadi tebal dan jadi boros mesin pun terdengar lebih kasar walau konon tdk merusak mesin.
exp: taft F78 turbo saya injeksinya di ganti mitsubishi......... tenaga sih memang dasyat... tp asap jadi hitam klw lg ngebejek, dan FC tinggal 1:6an..... skrng asapnya sih rada mendingan setelah turbonya d oprek hehe.. cuma FC tetep aja segitu2nya...
biasany bus malam sama elf oprekannya gini... hehe FCsih kya bensin jdnya haha.... simplenya klw asapnya hitam dan banyak, kemungkinan besar boros aja tu mobil, karna pembakrannya terlalu rich dan banyak solar yang ga kebakar.....
cmiiw
Hm..setuju dgn Bro Billy...asap sebenarnya kan timbul krn pembakaran tidak sempurna..udara masih kurang sehingga solar yg diinjeksikan tdk semuanya terbakar dan berubah jadi tenaga, klo turbo sudah dioprek, mungkin intercoolernya juga perlu disesuaikan..
1HDT memang unik..walaupun gede tapi irit, mungkin karena karakternya besar torsi di rpm rendah atau malah merata sampai putaran tengah jadi nggak perlu bejek2 gas buat mobil melaju, 1HD-FTE bukannya sudah 24 valve Bro? tapi ini SOHC apa DOHC? Memang idealnya engine lectronic lebih irit dari mekanikal kayak 1HDT. Makin banyak valve logikanya makin banyak udara yg dihisap tapi juga nakin baik efisiensi pemasukan dan pembuangannya.
Contoh :
Ranger lama 2.5 Tdi 12 valve dibanding L200 Tdi 8 valve ..sama2 baru utk luar kota Ranger 1:12 km/l sedangkan L200 1:11 km/l. dalkot Ranger 1:10 km/l sedangkan L200 1:8 km/l..tapi begitu ketemu lumpur, L200 nggak ada matinya atau harus ngerem di tanjakan lalu bejek gas lagi, L200 nggak perlu oper dari speed 3 sampai speed 1, klo ranger..harus!
billyd1773dz wrote:harganya jg klw d tasik 115rb/pc d bandung 99rb/pc @10ltr hehe jauh lebih mahal dri P+.... tapi memang worthit sih... jgnkan d CRD di taft jadul gw aja sangat signifikan efeknya..... FYI pernah coba petronas duh hampir g ada beda dgn solar biasa ckckck....
selain di Jl RE Martadinata juga ada SPBU lain di Jl. Perintis Kemerdekaan (arah kawalu sebelah kiri), disitu harganya 99rb/10 liter (1 can), stoknya lumayan banyak ada 200 liter...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
selain di Jl RE Martadinata juga ada SPBU lain di Jl. Perintis Kemerdekaan (arah kawalu sebelah kiri), disitu harganya 99rb/10 liter (1 can), stoknya lumayan banyak ada 200 liter...
ow mantap tuh....... btw sempet nanyain nda om, klw trade in jerrycannya harganya jadi brp?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
firawan6275 wrote:
Hm..setuju dgn Bro Billy...asap sebenarnya kan timbul krn pembakaran tidak sempurna..udara masih kurang sehingga solar yg diinjeksikan tdk semuanya terbakar dan berubah jadi tenaga, klo turbo sudah dioprek, mungkin intercoolernya juga perlu disesuaikan..
1HDT memang unik..walaupun gede tapi irit, mungkin karena karakternya besar torsi di rpm rendah atau malah merata sampai putaran tengah jadi nggak perlu bejek2 gas buat mobil melaju, 1HD-FTE bukannya sudah 24 valve Bro? tapi ini SOHC apa DOHC? Memang idealnya engine lectronic lebih irit dari mekanikal kayak 1HDT. Makin banyak valve logikanya makin banyak udara yg dihisap tapi juga nakin baik efisiensi pemasukan dan pembuangannya.
Contoh :
Ranger lama 2.5 Tdi 12 valve dibanding L200 Tdi 8 valve ..sama2 baru utk luar kota Ranger 1:12 km/l sedangkan L200 1:11 km/l. dalkot Ranger 1:10 km/l sedangkan L200 1:8 km/l..tapi begitu ketemu lumpur, L200 nggak ada matinya atau harus ngerem di tanjakan lalu bejek gas lagi, L200 nggak perlu oper dari speed 3 sampai speed 1, klo ranger..harus!
yup bener om 1HD-FTE itu 24valve DOHC hehehe....... mungkin g karna cetane number solar biasa terlalu rendah jd ecunya nyesuain dgn nambal suplai solar...
iya sering dgrn jg kemampuan strada di lumpur hehehe walau blm pernah bawa sendiri, klw ranger tdi sih pernah beberapa kli bawa dan trusterang memang kurang impresif hehe.... walau di atas kertas seharusnya ranger lebih galak, 110ps vs 100ps dan punya ratio low gear yg lebih rendah, strada hanya 1:1.9 ranger di atas 1:2 hehe jd penasaran pingin nyoba....
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
^^
diatas kertas sih udah sip klw boleh di sebutkan, leafspring blkng jg overaxle which is better groundclearece for mud bogger di banding strada yg underaxle (gtw triton jd over atw ga)..
tp anehnya bnyk yg bilang bagusan strada yah? hehehe makin penasaran... haha
oot nih dri JK ke DCAB... weleh g ada yg tw nih soal perawatan s JK CRD??
karna sodaraan sama captiva mungkin perlakuannya sama kli yah?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
billyd1773dz wrote:^^
diatas kertas sih udah sip klw boleh di sebutkan, leafspring blkng jg overaxle which is better groundclearece for mud bogger di banding strada yg underaxle (gtw triton jd over atw ga)..
tp anehnya bnyk yg bilang bagusan strada yah? hehehe makin penasaran... haha
oot nih dri JK ke DCAB... weleh g ada yg tw nih soal perawatan s JK CRD??
karna sodaraan sama captiva mungkin perlakuannya sama kli yah?
Klo nggak salah torsinya strada lebih besar dari ranger Bro..strada 300 Nm vs ranger 255Nm.. mungkin ini kuncinya kenapa ford ranger klo hilang momen di tanjakan harus oper ke 1 sedangkan strada dari 3 bisa oper ke 2 gas sedikit paling asap tebel sebentar trus narik lagi..Belum lagi gear trainnya perbandingan antar gigi kedua dcab ini. Klo nengok l300 hampirga ada matinya..ngsis terus klo digas..
Kembali ke topic yah..denger2 memang katanya JK CRD agak susah, ga tahu berapa tekanan commron rail sistemnya ya?! Klo kayak triton memang tekanannya lebih rendah jadi lebih aman minum solar biasa. Makin tinggi tekanan makin presisi juga komponen injektornya, klo kena solar sulfur tinggi, tinggal wassalam ja dah...
^^
ummm... nda juga om... 4D56T torsinya 240Nm sedangkan Ranger WL-T 260Nm sama2 di 2000 RPM... powernya WLT 109ps @3500rpm 4D56T 104@4200RPM malah RPMnya harus lebih tinggi tuh bwat mencapai peak powernya....
JK CRD kyanya selevel atw malah setingkat di atas captiva nih 1600bar...
btw JK wrangler versi militer J8 juga pakai mesin diesel ini, pernah baca klw mobil standar militer AS mesti bisa minum berbagai fuel kan? cmiiw yah...
btw speknya sangar tuh... lebih sangar dri rubi hehehe....
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
om bil, masih inget kan mesin defender yang powernya lumayan tinggi untuk mesin 2400cc tapi bisa minum solar dengan sulfur tinggi. apakah teknologi defender ada di JK ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
^^
umm, mungkin karena teknologi d defendernya yg tergolong biasa untuk kelas diesel modrn 2,4 crd yaitu 120ps & 360Nm jd g terlalu menuntut solar premium.... bisa juga memang di sesuaikan ke durability, meski performa berkurang. well klw JK kya d peres abis tu performanya.... 2.8ltr 175ps 460nm.
tp seandainnya distribusi solar bagus udah rata aja, meskipun/liternya lebih mahal, kyanya tetep worthit toh FCnya tentu lebih irit di banding yg bensin...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
kalo dari teweh mayan jauh saya di daerah kujan,lamandau sekitar 30menit lah dari pangkalan speed boat nanga bulik, kalo gambar diatas TKP nya di deket2 lubuk hiju
egon wrote:aga2 OOT dikit om, menyangkut strada jadi inget waktu di site dulu,
peminum oplosan kelas berat tapi tangguh abis
itu mesin sampe kerendam om? itu udah kaya nyelam aja.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
g sengaja nyelem om asalnya cuma setengah ban lama2 sepintu lama2 mati deh tuh mesin 3jam kemudian dia fully submerged biar g kebawa aer diikat pake tali ke pohon. setelah air surut dia ditarik dan ditiriskan n anehnya masih tokcer om cuma power window n radio aja yang bermasalah.,
aga ragu juga sih mesin2 diesel canggih yang serba elektronis bisa kuat disiksa n tahan minum solar dangdut,
ane belum pernah liat si ruby keliaran di hutan (apa ane yang kuper y )kalo di jakarta mah sering pisan liat
kalo nyetir rubicon di dalam kota, udah kebayang kayak bawa hardtop, malah mungkin agak parah sebab fender nya jauh lebih lebar dari seat driver.
utk irit2an, gw kurang jelas rubicon bensin/solar, tp sahara cukup irit bisa 1:10an dalkot.
kalo utk offroad dua2nya pasti bisa. utk sekedar tanah lumpur seperti gbr di atas, msh bisalah, maksudnya utk tidak di modifikasikan.
kalo nyetir rubicon di dalam kota, udah kebayang kayak bawa hardtop, malah mungkin agak parah sebab fender nya jauh lebih lebar dari seat driver.
utk irit2an, gw kurang jelas rubicon bensin/solar, tp sahara cukup irit bisa 1:10an dalkot.
kalo utk offroad dua2nya pasti bisa. utk sekedar tanah lumpur seperti gbr di atas, msh bisalah, maksudnya utk tidak di modifikasikan.
sahara dgn rubi memang lebar fendernya beda gtu om?
setau sya ada yg fendernya nempel k bumper depan untuk pasar eropa,oz dan indonesia(atpm),sedangkan model US, fendernya g nempel ke bemper dpn ada celahnya serta tampak lebih ringkas. konon bempernya yg oz/euro tampak lebih besar pernah baca sih bwat memenuhi standar pedestrian crash yg lebih tinggi d eropa.. tp lebar fendernya sendiri sih hampir sama...
bukan specifik fender untuk rubicon atw sahara yah tp lebih ke regionalnya...
sahara lebih irit? kok bisa yah... klw sama-sama bensin sih mestinya sama aja mesin 3.8 V6, memang ada rubi yg rationya lebih rendah tp bwat dalkot harusnya malah bikin irit... kec klw itu solar tentu lebih irit hehehe
hehe JK overall emang gede om.... WBnya 116" jauh lebih panjang dri WJ atw XJ yg skitar 101"... lebarnya hampir sama dgn Lc80 hoho... itu dgn velg oem... klw velgnya yg celong gmn yah....
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
haha..sorry nih..ternyata jeep sahara ya. gw pikir lc sahara hehe..pantesan jd bingung...
tp soal fender, rubicon yg sy pernah liat, spertinya lebar sekali (bukan modifan), entah mungkin krn designnya mempengaruhi perspective kali ya, kalo diukur mungkin ga jauh beda.