[ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
[ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Selamat Sore Om2, Perkenalkan Nama saya Jidan.
Saya baru beli Everest TDCi AT, karena memang suka dengan Exteriormya, Mesinnya juga cukup Yahud...
Ada satu permasalahan besar yang mengganjal, masalah Suspensi.
Awalnya suspensi Depan terlalu Lembut, dan Belakang Mengayun kalo di jalan Tol yang Bergelombang (Jadi Ciut nyali nih, kalo bawa agak ngebut).
Atas saran Teman2 saya ganti S/A Bilstain yang Hitam Depan Belakang. Masalah pertama Hilang, Ngayun dijalan bergelombang juga jauh berkurang.
Beberapa waktu lalu saya Pergi Tasikmalaya untuk tugas rutin, sekalian Testdrive lewat garut yang punya banyak tikungan dan tanjakan "lumayan",
untuk Tanjakan buat saya mesin Everest cukup Kuat dan ga ada komplain sama sekali , tapi ditikungan ngeri bener, tapi wajar juga sih, mengingat postur Evie yang mayan tinggi, jadi harus ada penyesuaian aja.
Setelah sampe dirumah baru sadar, Capek juga bawa Everest, Badan Pegel2 semua . Saya biasa bawa Innova ga secapek itu.
Mohon Masukan dari Teman2, kira2 Solusinya apa?,
apa dengan ganti Per bisa lebih membantu?, yang pasti ga bijaksana kalo Mobil dijual lagi (Masih Kredit Pula). apa ada teman yang pernah ganti set suspensi?. Mohon dishare dong.
Regards
Faiz Zaidan
Saya baru beli Everest TDCi AT, karena memang suka dengan Exteriormya, Mesinnya juga cukup Yahud...
Ada satu permasalahan besar yang mengganjal, masalah Suspensi.
Awalnya suspensi Depan terlalu Lembut, dan Belakang Mengayun kalo di jalan Tol yang Bergelombang (Jadi Ciut nyali nih, kalo bawa agak ngebut).
Atas saran Teman2 saya ganti S/A Bilstain yang Hitam Depan Belakang. Masalah pertama Hilang, Ngayun dijalan bergelombang juga jauh berkurang.
Beberapa waktu lalu saya Pergi Tasikmalaya untuk tugas rutin, sekalian Testdrive lewat garut yang punya banyak tikungan dan tanjakan "lumayan",
untuk Tanjakan buat saya mesin Everest cukup Kuat dan ga ada komplain sama sekali , tapi ditikungan ngeri bener, tapi wajar juga sih, mengingat postur Evie yang mayan tinggi, jadi harus ada penyesuaian aja.
Setelah sampe dirumah baru sadar, Capek juga bawa Everest, Badan Pegel2 semua . Saya biasa bawa Innova ga secapek itu.
Mohon Masukan dari Teman2, kira2 Solusinya apa?,
apa dengan ganti Per bisa lebih membantu?, yang pasti ga bijaksana kalo Mobil dijual lagi (Masih Kredit Pula). apa ada teman yang pernah ganti set suspensi?. Mohon dishare dong.
Regards
Faiz Zaidan
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
waktu sebelum ganti shock breaker, apakah badan pegel2 juga waktu bawa touring?
trus, komentar penumpang belakang gimana sebelum dan sesudah ganti shock?
trus, komentar penumpang belakang gimana sebelum dan sesudah ganti shock?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Everest memang nggak cocok di top speed, tapi untuk jalan biasa termasuk paling nyaman di kelasya.. dan jelas untuk tikungan.. (terutama jika jalanan menurun curam langsung nikung) body roll terasa banget.. Tapi menurut saya Evie termasuk gesit untuk body segede gaban.. mungkin karena tenaganya yang konsisten.. Entah dibandingkan PS karena belum pernah coba di keadaan beneran (evie juga jadi penumpang doang..)
Sebaiknya ganti dari awal coilover aftermarket yang adjustable jika ada.. konsekuensi akan lebih keras sedikit.. tapi ga akan seberapa ngayun..
Sisanya ya saya rasa itu konsekuensi punya mobil segede gaban
maaf kalau nggak membantu.....
Sebaiknya ganti dari awal coilover aftermarket yang adjustable jika ada.. konsekuensi akan lebih keras sedikit.. tapi ga akan seberapa ngayun..
Sisanya ya saya rasa itu konsekuensi punya mobil segede gaban
maaf kalau nggak membantu.....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Pegelnya karena apa Om ?
Karena terlalu keras ? Terlalu empuk/goyang ? Posisi driver nggak pas ke badan ? Steering terlalu berat ? atau apa nih...
atau jangan2 ada penyakit encok bawaan.............(just kiddin bro.. )
Tapi berita baru juga nih ada yg ganti shock Everest ke yg lebih keras. .. Biasanya org "komplen" konon katanya Everest terlalu keras.
Karena terlalu keras ? Terlalu empuk/goyang ? Posisi driver nggak pas ke badan ? Steering terlalu berat ? atau apa nih...
atau jangan2 ada penyakit encok bawaan.............(just kiddin bro.. )
Tapi berita baru juga nih ada yg ganti shock Everest ke yg lebih keras. .. Biasanya org "komplen" konon katanya Everest terlalu keras.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
salam kenal om zidane
sepengalaman saya bawa evie atau ranger, karakter suspensinya memang seperti itu, membal di depan dan mantul (bounching) di belakang. ditambah lagi dengan GC tinggi tentunya body roll nya lbh terasa krn mbl bukan didesain untuk jago melahap tikungan...tapi untuk merambah ke medan berat.
sekarang fokus om zidan yang ingin didapat apakah suspensi yang empuk nyaman atau suspensi yang lbh minim body roll ?(limbung).
sebab IMHO, suspensi keras bikin cepet lelah dan body roll berlebih juga bikin lelah krn badan terombang ambing.CMIIW
sepengalaman saya bawa evie atau ranger, karakter suspensinya memang seperti itu, membal di depan dan mantul (bounching) di belakang. ditambah lagi dengan GC tinggi tentunya body roll nya lbh terasa krn mbl bukan didesain untuk jago melahap tikungan...tapi untuk merambah ke medan berat.
sekarang fokus om zidan yang ingin didapat apakah suspensi yang empuk nyaman atau suspensi yang lbh minim body roll ?(limbung).
sebab IMHO, suspensi keras bikin cepet lelah dan body roll berlebih juga bikin lelah krn badan terombang ambing.CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Sebelum diganti ga terlalu perhatiin juga Om, lagi pula cuman ke Bandung, ga terlalu jauh (posisi saya dibekasi).maskopat wrote:waktu sebelum ganti shock breaker, apakah badan pegel2 juga waktu bawa touring?
trus, komentar penumpang belakang gimana sebelum dan sesudah ganti shock?
Kalo penumpang belakang sebelumnya diganti bilangnya kaya naik Kuda, mantul2 soalnya. setelah ganti SA, ga ada komplen lagi, cuman pada kecapean aja keliatannya.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Yang pasti terlalu Keras Om, Kalo posisi duduk udah nyaman banget.uch wrote:Pegelnya karena apa Om ?
Karena terlalu keras ? Terlalu empuk/goyang ? Posisi driver nggak pas ke badan ? Steering terlalu berat ? atau apa nih...
atau jangan2 ada penyakit encok bawaan.............(just kiddin bro.. )
Tapi berita baru juga nih ada yg ganti shock Everest ke yg lebih keras. .. Biasanya org "komplen" konon katanya Everest terlalu keras.
Encok Alhamdullah belum ada om, lawong masih belia koq, baru 35...halah itumah udah cukup berumur yah...hehe.
Iya om...menurut sales Ford, Evie yang lama suspensinya lebih keras dibanding yang baru.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Salam kenal juga Om Jalu,jalu wrote:salam kenal om zidane
sekarang fokus om zidan yang ingin didapat apakah suspensi yang empuk nyaman atau suspensi yang lbh minim body roll ?(limbung).
sebab IMHO, suspensi keras bikin cepet lelah dan body roll berlebih juga bikin lelah krn badan terombang ambing.CMIIW
maunya sih Nyaman dapet, BodyRoll minim om...terlalu muluk ga ya untuk mobil bongsor...
ada yang menyarankan diroll per belakangnyanya, atau ganti dengan OME, kira2 bisa jauh lebih nyaman ga ya, dengan SA tetap bilstain.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
om jidan, evie baru ini berarti yang versi 2009 yah? yang udah facelift mata belok?
busa joknya keras gak? soalnya di evie 2008, joknya rada keras. jadi kurang nyaman dipake duduk.
saran ane sih kalo udah pake SUV gambot seperti ini, emang udah gak pantes lagi untuk cepat di tikungan. emang harus santai aja. wong mau pindah lajur di tol aja udah limbung.
busa joknya keras gak? soalnya di evie 2008, joknya rada keras. jadi kurang nyaman dipake duduk.
saran ane sih kalo udah pake SUV gambot seperti ini, emang udah gak pantes lagi untuk cepat di tikungan. emang harus santai aja. wong mau pindah lajur di tol aja udah limbung.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
sori om TS, ga bisa bantu, cuman bisa ikutan komen aja.
baru ngecek web ford indonesia karena baca ini topik, ternyata everest panjangnya 5,060 meter cuma punya lebar 1,788m ya, padahal kalo saya liat seperti fortuner atau pajero sport lebarnya 1,8 m lebih dengan panjang kurang dari 5 meter. wajar bgt om TS rada ngeri di tikungan. kalo tinggi (overall) lebih tinggi PS atau fortuner, ga tau ya kalo tinggi bodi mobilnya.
om TS ngambilnya yang 4x2 atau 4x4?
kalo boleh tau nih, menurut om TS kelebihan everest yang om rasakan selain yang udah disebutin apa lagi? kalo kekurangannya (selain yang dah disebutin) ada lagi ga om?
tadi ngeliat web, everest tertulisnya memiliki VGT. nah gimana om apakah punya masalah dengan solar biasa? trus konsumsi bahan bakarnya boleh tau om?
thanks berat sebelumnya om.
baru ngecek web ford indonesia karena baca ini topik, ternyata everest panjangnya 5,060 meter cuma punya lebar 1,788m ya, padahal kalo saya liat seperti fortuner atau pajero sport lebarnya 1,8 m lebih dengan panjang kurang dari 5 meter. wajar bgt om TS rada ngeri di tikungan. kalo tinggi (overall) lebih tinggi PS atau fortuner, ga tau ya kalo tinggi bodi mobilnya.
om TS ngambilnya yang 4x2 atau 4x4?
kalo boleh tau nih, menurut om TS kelebihan everest yang om rasakan selain yang udah disebutin apa lagi? kalo kekurangannya (selain yang dah disebutin) ada lagi ga om?
tadi ngeliat web, everest tertulisnya memiliki VGT. nah gimana om apakah punya masalah dengan solar biasa? trus konsumsi bahan bakarnya boleh tau om?
thanks berat sebelumnya om.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
everest ini kalo seingat ane, jika muatan penuh, menjadi lebih enak bantingannya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
betul wan, ane dulu juga pernah nebeng evie temen isi full 8 orang yg jauh dari kurus2 berasa anteb bener dehAbu2 wrote:everest ini kalo seingat ane, jika muatan penuh, menjadi lebih enak bantingannya...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
anteb ini maksudnya empuk atau stabil om?mandala1 wrote:betul wan, ane dulu juga pernah nebeng evie temen isi full 8 orang yg jauh dari kurus2 berasa anteb bener dehAbu2 wrote:everest ini kalo seingat ane, jika muatan penuh, menjadi lebih enak bantingannya...
karena si TS sedang menanyakan penggabungan hal yang bertentangan.
untuk om jidan, coba diperiksa di roda depan dan belakang, apakah ada stabilizernya. dengan adanya stabilizer, mobil jadi lebih tidak limbung..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
per belakang diroll maksudnya digimanain ya oom... ?apakah dipress...?? . Mungkin om zidan bs dicek per daun belakangnya..apakah konstruksinya seperti ini ?jidan wrote:Salam kenal juga Om Jalu,
maunya sih Nyaman dapet, BodyRoll minim om...terlalu muluk ga ya untuk mobil bongsor...
ada yang menyarankan diroll per belakangnyanya, atau ganti dengan OME, kira2 bisa jauh lebih nyaman ga ya, dengan SA tetap bilstain.
terlihat di konstruksi itu..ada celah sekitar 1-2 cm antar lapisan paling bawah dng lapisan diatasnya, jika dengan kondisi std kurang empuk, bisa diakalin dng di press ulang dan celah tsb ditambah sekitar 1 cm...kalo bs jangan lbh dr 2 cm krn bisa terlalu mengayun.CMIIW.Tapi kalo udah dirobah seperti itu sebaiknya SA ganti aftermarket...tp dalam analisa saya mudah2an bilstein yg terpasang udah cukup.
Jika diblkg blm pake stabilizer, penambahan stabilizer juga bs membantu stabilitas.CMIIW
Kalo memang mobil lbh dominan dipake dijalan raya, bagi saya sih mending diceperin dikit...hehehehe...
Mohon dikoreksi kalo ada yang keliru krn itu semua cuma berdasarkan eksperimen pribadi.....
Kalo om zidan sering ke tasik..untuk obrak abrik per saya sering mampir ke bengkel PWN di jalan bypass dkt bunderan yang dari arah singaparna, disitu ongkos kerjanya murah dan kerjanya cepet krn montirnya banyak.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Kalo dibanding Innova lebih empuk evie koq om...maskopat wrote:om jidan, evie baru ini berarti yang versi 2009 yah? yang udah facelift mata belok?
busa joknya keras gak? soalnya di evie 2008, joknya rada keras. jadi kurang nyaman dipake duduk.
saran ane sih kalo udah pake SUV gambot seperti ini, emang udah gak pantes lagi untuk cepat di tikungan. emang harus santai aja. wong mau pindah lajur di tol aja udah limbung.
iya sih...saya juga udah rela untuk pengyesuaian driving style, yang jadi masalah sekarang gimana supaya lebih ga terlalu capek keluar kota.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Saya yang 4x2 AT om.zweifellos wrote:sori om TS, ga bisa bantu, cuman bisa ikutan komen aja.
baru ngecek web ford indonesia karena baca ini topik, ternyata everest panjangnya 5,060 meter cuma punya lebar 1,788m ya, padahal kalo saya liat seperti fortuner atau pajero sport lebarnya 1,8 m lebih dengan panjang kurang dari 5 meter. wajar bgt om TS rada ngeri di tikungan. kalo tinggi (overall) lebih tinggi PS atau fortuner, ga tau ya kalo tinggi bodi mobilnya.
om TS ngambilnya yang 4x2 atau 4x4?
kalo boleh tau nih, menurut om TS kelebihan everest yang om rasakan selain yang udah disebutin apa lagi? kalo kekurangannya (selain yang dah disebutin) ada lagi ga om?
tadi ngeliat web, everest tertulisnya memiliki VGT. nah gimana om apakah punya masalah dengan solar biasa? trus konsumsi bahan bakarnya boleh tau om?
thanks berat sebelumnya om.
Buat saya Masalah lain yang harus segera dibenerin adalah
-REM, bukan kurang pakem, tapi harus agak dalam kalo ngerem agak mendadak perbandingan saya lagi2 dg Innova,
-Jok Baris ketiga ga ada headrest
-Belum nemu lagi kekurangan
Kelebihannya selain mesin galak,
-posisi duduk Baris pertama dan kedua buat saya nyaman, joknya juga egronomis
-Legroom luas banget (berlebihan menurut gw)
-overall harus diakui juga, terlepas masalah suspensi, ini mobil asik dikendarai
KM belum 5000 om, sejauh ini ga ada masalah dengan solar biasa (biosolar), lagi pula pihak FMI udah menjamin koq. FC sekitar 1:8-9, menurut salesnya bisa 1:10-11, ga ngerti juga gimana cara bawanya bisa dapet segitu
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Ada Stabilizernya om...maskopat wrote:anteb ini maksudnya empuk atau stabil om?mandala1 wrote:betul wan, ane dulu juga pernah nebeng evie temen isi full 8 orang yg jauh dari kurus2 berasa anteb bener dehAbu2 wrote:everest ini kalo seingat ane, jika muatan penuh, menjadi lebih enak bantingannya...
karena si TS sedang menanyakan penggabungan hal yang bertentangan.
untuk om jidan, coba diperiksa di roda depan dan belakang, apakah ada stabilizernya. dengan adanya stabilizer, mobil jadi lebih tidak limbung..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
hm... jadi capeknya karena apa ya? harusnya dari suspensi dan jok udah gak ya? jok juga sudah ergonomis... apa ya?
ane belum pernah bawa evie lama sih. paling di tol doangan.. sanggup 150 lebih dan gak berasa kalo lurus. pas mau nyalip dan ngerem baru berasa oleng dan limbung..
ane belum pernah bawa evie lama sih. paling di tol doangan.. sanggup 150 lebih dan gak berasa kalo lurus. pas mau nyalip dan ngerem baru berasa oleng dan limbung..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
jalu wrote:per belakang diroll maksudnya digimanain ya oom... ?apakah dipress...?? . Mungkin om zidan bs dicek per daun belakangnya..apakah konstruksinya seperti ini ?jidan wrote:Salam kenal juga Om Jalu,
maunya sih Nyaman dapet, BodyRoll minim om...terlalu muluk ga ya untuk mobil bongsor...
ada yang menyarankan diroll per belakangnyanya, atau ganti dengan OME, kira2 bisa jauh lebih nyaman ga ya, dengan SA tetap bilstain.
terlihat di konstruksi itu..ada celah sekitar 1-2 cm antar lapisan paling bawah dng lapisan diatasnya, jika dengan kondisi std kurang empuk, bisa diakalin dng di press ulang dan celah tsb ditambah sekitar 1 cm...kalo bs jangan lbh dr 2 cm krn bisa terlalu mengayun.CMIIW.Tapi kalo udah dirobah seperti itu sebaiknya SA ganti aftermarket...tp dalam analisa saya mudah2an bilstein yg terpasang udah cukup.
Jika diblkg blm pake stabilizer, penambahan stabilizer juga bs membantu stabilitas.CMIIW
Kalo memang mobil lbh dominan dipake dijalan raya, bagi saya sih mending diceperin dikit...hehehehe...
Mohon dikoreksi kalo ada yang keliru krn itu semua cuma berdasarkan eksperimen pribadi.....
Kalo om zidan sering ke tasik..untuk obrak abrik per saya sering mampir ke bengkel PWN di jalan bypass dkt bunderan yang dari arah singaparna, disitu ongkos kerjanya murah dan kerjanya cepet krn montirnya banyak.
sama sekali ga ada celah ya...rapet semua.
Gimana menurut Om Jalu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Oo...konstruksinya model yang gak ada celah yah, kalo model begini umumnya memang didesain untuk kerja berat, karakternya adalah saat kosong cenderung rigid tapi baru enak kalo penuh CMIIW, makanya menurut keterangan bbrp temen diatas, Everest kalo udah penuh baru terasa empuk mantap (anteb). Untuk mengejar kelenturan, biasanya konstruksi gini jarak antar gelungannya (mounting) lbh panjang pada umumnya.CMIIW.
Sementara konstruksi yang ada celah, biasanya itu terdapat di mobil2 minibus....jadi menurut ingpo dr bengkel per...pada saat posisi rumpun lembaran bawah masih ada celah dengan rumpun lembaran diatasnya berarti per daun masih dalam "zona empuk", sedangkan jika sudah berhimpit (ada beban atau gerakan manuver) per daun sudah dlm "zona keras".CMIIW
Skrg kembali ke tujuan om jidan sendiri...kalo mau lbh empuk, biasanya bengkel per mengganti salah satu lembarnya dng bahan yang lbh lentur...ada juga yang dilepas 1 lembarnya...atau ada juga yang dipress 2 lembaran yang paling bawah (mengacu pada foto ini) sehingga agak melengkung kebawah dan terbentuk celah, tentunya clamp penjaganya harus dirombak untuk mengakomodasi celah...biasanya clamp penjaga ini sudah dicetak paten dengan lembarannya CMIIW, ada jg bbrapa bengkel melakukan subtitusi dari lembaran per mbl lain yang mirip.
sebaliknya kalo mau lbh keras, ada yang mengganti salah satu lembarnya dng bahan yang lbh tebal...ada juga yang menambah lembarannya.
Semua itu tergantung rekomendasi & hasil diskusi dr bengkel per yang kt kunjungi... penjelasan saya diatas cuma mengutip info dari bengkel per langganan, jadi mohon dikoreksi kalo ada yang keliru karena saya juga awam
Terlihat dari foto, everest standar sudah dilengkapi dengan batang stabilizer....CMIIW
Sementara konstruksi yang ada celah, biasanya itu terdapat di mobil2 minibus....jadi menurut ingpo dr bengkel per...pada saat posisi rumpun lembaran bawah masih ada celah dengan rumpun lembaran diatasnya berarti per daun masih dalam "zona empuk", sedangkan jika sudah berhimpit (ada beban atau gerakan manuver) per daun sudah dlm "zona keras".CMIIW
Skrg kembali ke tujuan om jidan sendiri...kalo mau lbh empuk, biasanya bengkel per mengganti salah satu lembarnya dng bahan yang lbh lentur...ada juga yang dilepas 1 lembarnya...atau ada juga yang dipress 2 lembaran yang paling bawah (mengacu pada foto ini) sehingga agak melengkung kebawah dan terbentuk celah, tentunya clamp penjaganya harus dirombak untuk mengakomodasi celah...biasanya clamp penjaga ini sudah dicetak paten dengan lembarannya CMIIW, ada jg bbrapa bengkel melakukan subtitusi dari lembaran per mbl lain yang mirip.
sebaliknya kalo mau lbh keras, ada yang mengganti salah satu lembarnya dng bahan yang lbh tebal...ada juga yang menambah lembarannya.
Semua itu tergantung rekomendasi & hasil diskusi dr bengkel per yang kt kunjungi... penjelasan saya diatas cuma mengutip info dari bengkel per langganan, jadi mohon dikoreksi kalo ada yang keliru karena saya juga awam
Terlihat dari foto, everest standar sudah dilengkapi dengan batang stabilizer....CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Monggo join : [email protected]jidan wrote:Selamat Sore Om2, Perkenalkan Nama saya Jidan.
Saya baru beli Everest TDCi AT, karena memang suka dengan Exteriormya, Mesinnya juga cukup Yahud...
Ada satu permasalahan besar yang mengganjal, masalah Suspensi.
Awalnya suspensi Depan terlalu Lembut, dan Belakang Mengayun kalo di jalan Tol yang
Konsul dgn pak Firman G (Joe Black)
Evie TDCi beliau enak dinaekkinnya, suspensi belakangnya udah serasa per keong tetapi tetap stabil buat nikung. Bisa konsul dgn beliau apa2 aja yg udah dilakukan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
hi all,
saya nubi nih. masuk ke sini karena pengen cari SUV juga buat di Jakarta. Sehari-hari saya di Aceh pakai Everest 2005. meski ada supir, saya sering pakai juga di jalanan ancur Banda Aceh-Calang yang ajrut-ajrutan, bukan sekeddar gravel. paling lama nyetir 4 jam, dan tidak pegel sama sekali. kalau disetirin, sampai hotel juga masih seger.
makanya saya heran kalau disebut Everest lama ini suspensinya keras.
saya nubi nih. masuk ke sini karena pengen cari SUV juga buat di Jakarta. Sehari-hari saya di Aceh pakai Everest 2005. meski ada supir, saya sering pakai juga di jalanan ancur Banda Aceh-Calang yang ajrut-ajrutan, bukan sekeddar gravel. paling lama nyetir 4 jam, dan tidak pegel sama sekali. kalau disetirin, sampai hotel juga masih seger.
makanya saya heran kalau disebut Everest lama ini suspensinya keras.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
nah...ini beda lagi testimoninya....afatchur wrote:hi all,
saya nubi nih. masuk ke sini karena pengen cari SUV juga buat di Jakarta. Sehari-hari saya di Aceh pakai Everest 2005. meski ada supir, saya sering pakai juga di jalanan ancur Banda Aceh-Calang yang ajrut-ajrutan, bukan sekeddar gravel. paling lama nyetir 4 jam, dan tidak pegel sama sekali. kalau disetirin, sampai hotel juga masih seger.
makanya saya heran kalau disebut Everest lama ini suspensinya keras.
Apakah ada perbedaan karakter suspensi yang cukup besar dr beberapa generasi everest ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Menurut Sales Ford memang begitu Om Jalu, Suspensi gen yang terakhir ini lebih lembut. dishare dong yang pake Evie...jalu wrote:nah...ini beda lagi testimoninya....afatchur wrote:hi all,
saya nubi nih. masuk ke sini karena pengen cari SUV juga buat di Jakarta. Sehari-hari saya di Aceh pakai Everest 2005. meski ada supir, saya sering pakai juga di jalanan ancur Banda Aceh-Calang yang ajrut-ajrutan, bukan sekeddar gravel. paling lama nyetir 4 jam, dan tidak pegel sama sekali. kalau disetirin, sampai hotel juga masih seger.
makanya saya heran kalau disebut Everest lama ini suspensinya keras.
Apakah ada perbedaan karakter suspensi yang cukup besar dr beberapa generasi everest ?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Thu Oct 08, 2009 8:07
Re: [ASK] Membuat Lebih Nyaman New Everest
Baik Om Jalu, terimakasih atas bagi2 ilmunya, penjelasan yang sangat berguna, sesegera mungkin saya saya ke bengkel per.jalu wrote:Oo...konstruksinya model yang gak ada celah yah, kalo model begini umumnya memang didesain untuk kerja berat, karakternya adalah saat kosong cenderung rigid tapi baru enak kalo penuh CMIIW, makanya menurut keterangan bbrp temen diatas, Everest kalo udah penuh baru terasa empuk mantap (anteb). Untuk mengejar kelenturan, biasanya konstruksi gini jarak antar gelungannya (mounting) lbh panjang pada umumnya.CMIIW.
Sementara konstruksi yang ada celah, biasanya itu terdapat di mobil2 minibus....jadi menurut ingpo dr bengkel per...pada saat posisi rumpun lembaran bawah masih ada celah dengan rumpun lembaran diatasnya berarti per daun masih dalam "zona empuk", sedangkan jika sudah berhimpit (ada beban atau gerakan manuver) per daun sudah dlm "zona keras".CMIIW
Skrg kembali ke tujuan om jidan sendiri...kalo mau lbh empuk, biasanya bengkel per mengganti salah satu lembarnya dng bahan yang lbh lentur...ada juga yang dilepas 1 lembarnya...atau ada juga yang dipress 2 lembaran yang paling bawah (mengacu pada foto ini) sehingga agak melengkung kebawah dan terbentuk celah, tentunya clamp penjaganya harus dirombak untuk mengakomodasi celah...biasanya clamp penjaga ini sudah dicetak paten dengan lembarannya CMIIW, ada jg bbrapa bengkel melakukan subtitusi dari lembaran per mbl lain yang mirip.
sebaliknya kalo mau lbh keras, ada yang mengganti salah satu lembarnya dng bahan yang lbh tebal...ada juga yang menambah lembarannya.
Semua itu tergantung rekomendasi & hasil diskusi dr bengkel per yang kt kunjungi... penjelasan saya diatas cuma mengutip info dari bengkel per langganan, jadi mohon dikoreksi kalo ada yang keliru karena saya juga awam
Terlihat dari foto, everest standar sudah dilengkapi dengan batang stabilizer....CMIIW
ada rekomendasi bengkel per yang bagus di seputaran bekasi Om2...
Om Jalu...biasa ketasik sampenya tengah malam om, pulangnyanya juga kadang ba'da Isya, jadi ga bisa mampir2, apalagi kebengkel.