HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by cuple »

Sudah hampir seminggu ini gw ma bini binun menentukan pilihan antara Captiva AWD dengan Pajero Sport 4x2..

Suka Captiva krn featuresnya seabrek, practical, n lebih responsive di rpm rendah. Tapi kita (terutama gw sih...) suka bgt ma tongkrongannya PS yg gagah berani, interior jg lebih luas, sama suspensi pas bandingin test drive kmrn kyknya si lebih nyaman yah..

Harga keduanya bisa dibilang sama (PS: 370jt vs CTV: 369jt)

Image

Jadi menurut bos2 di SM gimana nih.. Musti ambil yang mana dan alesannya apa? Mohon pencerahannya.... :e-pray:
User avatar
topspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Jun 26, 2009 4:21

Re: HELP: Captiva AWD or Pajero Sport?

Post by topspeed »

cuple wrote:Sudah hampir seminggu ini gw ma bini binun menentukan pilihan antara Captiva AWD dengan Pajero Sport..

Suka Captiva krn featuresnya seabrek, practical, n lebih responsive di rpm rendah. Tapi kita (terutama gw sih...) suka bgt ma tongkrongannya PS yg gagah berani, interior jg lebih luas, sama suspensi pas bandingin test drive kmrn kyknya si lebih nyaman yah..

Harga keduanya bisa dibilang sama (PS: 370jt vs CTV: 369jt)

Image

Jadi menurut bos2 di SM gimana nih.. Musti ambil yang mana dan alesannya apa? Mohon pencerahannya.... :e-pray:
klu mnrt pendapat gw sih milih Captiva AWD
alasannya :

1. Mesin Double Cabin Typeblock 4D56, bukan dirancang untuk SUV
Jadi sulit bisa di pacu kencang.

2. Body depan jelas doube kabin walaupun di iklan di sanding dgn pajero Rely
tapi tetep bukan pajero, dan body tengah ke belakang tdk inline ( pameran di PI mall )

3. Per dan body rangka tidak monokok sepertinya...jadi 2-3 tahun bakal bunyi dech

4. 4x4 nya bukan design SUV yg on demand namun konsep 4WD yg konfensinoal ,
manual tongkat khusus untuk kecepatan rendah saja( off road ) bukan untuk
kestabilan layaknya SUV modern.

5. Bangku ke tiga sempit karena akibat desin double cabin di mana tempat
barang yg harus tinggi di pasang bangku ketiga

6. Seperti Fortuner (rangka dan mesin sama dgn kijang inova) maka Pejero
Sport itu jadi-jadiiannya double kabin Triton.

7. Interior lumayan bagus, bangku ke 2 pada sambungan keras krn pembatasnya
keluar...


Dgn harga segitu kalu gw pasti pilih CAPTIVA AWD yang sementara is the best.. apa
lagi mesin Desiel 2.5 cuman torsi ngk jauh beda dan hp nya masih di bawah
Captiva AWD 2.0 yg torsinya dn HP nya lebih besar. Dan 4WD/AWD sdh modern
utk kesetabilan mobil.

cheers.....
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: HELP: Captiva AWD or Pajero Sport?

Post by cuple »

topspeed wrote:
cuple wrote:Sudah hampir seminggu ini gw ma bini binun menentukan pilihan antara Captiva AWD dengan Pajero Sport..

Suka Captiva krn featuresnya seabrek, practical, n lebih responsive di rpm rendah. Tapi kita (terutama gw sih...) suka bgt ma tongkrongannya PS yg gagah berani, interior jg lebih luas, sama suspensi pas bandingin test drive kmrn kyknya si lebih nyaman yah..

Harga keduanya bisa dibilang sama (PS: 370jt vs CTV: 369jt)

Image

Jadi menurut bos2 di SM gimana nih.. Musti ambil yang mana dan alesannya apa? Mohon pencerahannya.... :e-pray:
klu mnrt pendapat gw sih milih Captiva AWD
alasannya :

1. Mesin Double Cabin Typeblock 4D56, bukan dirancang untuk SUV
Jadi sulit bisa di pacu kencang.

2. Body depan jelas doube kabin walaupun di iklan di sanding dgn pajero Rely
tapi tetep bukan pajero, dan body tengah ke belakang tdk inline ( pameran di PI mall )

3. Per dan body rangka tidak monokok sepertinya...jadi 2-3 tahun bakal bunyi dech

4. 4x4 nya bukan design SUV yg on demand namun konsep 4WD yg konfensinoal ,
manual tongkat khusus untuk kecepatan rendah saja( off road ) bukan untuk
kestabilan layaknya SUV modern.

5. Bangku ke tiga sempit karena akibat desin double cabin di mana tempat
barang yg harus tinggi di pasang bangku ketiga

6. Seperti Fortuner (rangka dan mesin sama dgn kijang inova) maka Pejero
Sport itu jadi-jadiiannya double kabin Triton.

7. Interior lumayan bagus, bangku ke 2 pada sambungan keras krn pembatasnya
keluar...


Dgn harga segitu kalu gw pasti pilih CAPTIVA AWD yang sementara is the best.. apa
lagi mesin Desiel 2.5 cuman torsi ngk jauh beda dan hp nya masih di bawah
Captiva AWD 2.0 yg torsinya dn HP nya lebih besar. Dan 4WD/AWD sdh modern
utk kesetabilan mobil.

cheers.....
Thx much for masukannya bro TopSpeed..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: HELP: Captiva AWD or Pajero Sport?

Post by billyd1773dz »

topspeed wrote: klu mnrt pendapat gw sih milih Captiva AWD
alasannya :

1. Mesin Double Cabin Typeblock 4D56, bukan dirancang untuk SUV
Jadi sulit bisa di pacu kencang.

2. Body depan jelas doube kabin walaupun di iklan di sanding dgn pajero Rely
tapi tetep bukan pajero, dan body tengah ke belakang tdk inline ( pameran di PI mall )

3. Per dan body rangka tidak monokok sepertinya...jadi 2-3 tahun bakal bunyi dech

4. 4x4 nya bukan design SUV yg on demand namun konsep 4WD yg konfensinoal ,
manual tongkat khusus untuk kecepatan rendah saja( off road ) bukan untuk
kestabilan layaknya SUV modern.

5. Bangku ke tiga sempit karena akibat desin double cabin di mana tempat
barang yg harus tinggi di pasang bangku ketiga

6. Seperti Fortuner (rangka dan mesin sama dgn kijang inova) maka Pejero
Sport itu jadi-jadiiannya double kabin Triton.

7. Interior lumayan bagus, bangku ke 2 pada sambungan keras krn pembatasnya
keluar...


Dgn harga segitu kalu gw pasti pilih CAPTIVA AWD yang sementara is the best.. apa
lagi mesin Desiel 2.5 cuman torsi ngk jauh beda dan hp nya masih di bawah
Captiva AWD 2.0 yg torsinya dn HP nya lebih besar. Dan 4WD/AWD sdh modern
utk kesetabilan mobil.

cheers.....
bentar2

1. klw pajero beneran dari gen 1 dan 2 kan SUV tulen tu om..... mesinya 4D56T tuh om... skrng yang baru uda di sempurnain lagi jd DiD, power lebih gede torsi lebih gede...jd tidak ada alesan dunk disebut mesin Dcab yang tidak bisa lari?tp emang sih masih kalah oleh ctv power dan torquenya.... tpi klw uda kondisi sulit, tanjakan extrime misalnya.. PS masih lebih enak di ajak nanjak di banding ctv.. kuncinya di ratio drivetrainya...

2. hmmm... emang salah sih nyadingin dgn pajero beneran.. padahal dengan triton ajah... jgn salah triton juga turun di paris dakar.. bukan pajero ajah...

3. hmm..... kyanya yang rawan bunyi yang FISS (CTV)deh om.... arm2 dan rangka kakinya jauh lebih bnyk dan lemah dari IFS(PS)

4. weleh tinggal masukin 4H bisa lari tuh di tol.... klw mw ngerayap ke 4L ajah di jamin tanjakan segimana jg bisa naik asal masih dpt traksi bannya... CTV kan kaga ada beginiian.... selain itu kontrol 4x4 ondeman elektronik gini kalah jauh tangguhnya dan fungsinya di banding sistem tuas konvensional....

5. --- blm pernah coba naik uy

6. fortuner dgn hilux kli ya om... jgn di bandingin sma inova dunk... tpi so fan SUV yang pernah di coba yg third rownya layak bwat 3 orang dewasa hanya forti om... blm pernah nyoba klw PS sih.. soal rangka ya bearti nilai plus dunk... rangka D-cab bearti mobil kerja witch is terbukti tangguh..

7. nda tau.... ---


hmmm.. IMO klw makenya dlm kota sih mending ambil CTV 4x2 aja.. lebih murah soalnya... klw tempat TS jalan ancur uda jadi rutinitas, mending ambil PS 4x2 aja... tidak perlu yang 4x4 selama masih ada bekas aspal sih...

sya kira PS 4x2 dgn cara bawa yg bener bisa menyamain atau bahkan melebihi kemampuan CTV AWD dalam ngelewati trek oprut tertentu,asal bukan lumpur.. PS 4x2 bisa lebih jago tu menang artikulasi dan daya dorong axle blkngnya.. RWD dgn axle rigid VS AWD dgn axle FISS.. hmmmmm.. sok aja coba hehehe... di tambah lagi kekuatan komponennya, spa yg rusak duluan...
hehehe

klw jalannya jalur proyek dimana tdk pernah di aspal lumpur dimana-mana baru ambil PS 4x4, sistem transfercase partimenya pasti lebih mumpuni dlm mengunci center diff dan membagi samarata 50:50 di banding on-demandnya ctv, yg cendrung berubah2 tergantung perintah ECU..

thx
:beer:
Last edited by billyd1773dz on Fri Jun 26, 2009 7:42, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by maskopat »

pilihan yang sulit..

Pajero 4x2:
Pros:
- design ladder frame cukup tangguh untuk beban berat.
- bantingan cukup nyaman dan stabil di tikungan.
- body baru

Cons:
- power dan torsi mesin kurang
- tidak lincah
- kursi 3rd row kurang nyaman untuk dewasa dalam jalan jauh

Captiva AWD:
Pros:
- design monokok lebih lincah untuk diajak manuver.
- design body menurut saya keren.
- tenaga dan torsi mesin RRRUUAAR BIASA

Cons:
- AWD bukan untuk keperluan off road serius. karena informasi yang saya baca, AWD digunakan untuk memperbaiki traksi di jalan on road dan soft off road.

kalo seneng kenceng dan manuver tajam, mungkin captiva pilhan yang pas. saya belum pernah test drive captiva. kalo PS walaupun bongsor, ternyata cukup stabil. kebetulan waktu itu TD yang 4x4.. :big_peace: :big_peace:

mesin captiva lebih advanced daripada 4D56 PS. saya kurang tahu bagaimana dengan mengkonsumsi bio solar. mungkin perlu trik2 tersendiri untuk membersihkan injector, dan mesin. mungkin om topspeed bisa sharing di sini. soalnya avatarnya captiva, jadi kemungkinan pake captiva.. :mrgreen: :mrgreen:

kalo mempertimbangkan resale value, saya kurang tahu. karena PS baru dan saya tidak tahu harga second captiva.

PS tidak sama dengan Pajero. nama boleh sama, tapi ini barang yang bener2 berbeda. walau mungkin beberapa teknologi sama... tapi dari komersial info nya, PS dirancang dari pajero yang dipake di rally dakar.. :big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by billyd1773dz »

^^
hmmm promonya kyanya kurang pas tu, nyandingin dgn pajero beneran..
padahal sandingin dgn triton versi dakarnya aja..

Image
Image

tpi ya, apalah artinya sebuah rally dakar dgn mobil versi produksi... toh komponen yang sama bisa jadi di bawah 10%....


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: HELP: Captiva AWD or Pajero Sport?

Post by cuple »

billyd1773dz wrote: hmmm.. IMO klw makenya dlm kota sih mending ambil CTV 4x2 aja.. lebih murah soalnya... klw tempat TS jalan ancur uda jadi rutinitas, mending ambil PS 4x2 aja... tidak perlu yang 4x4 selama masih ada bekas aspal sih...

sya kira PS 4x2 dgn cara bawa yg bener bisa menyamain atau bahkan melebihi kemampuan CTV AWD dalam ngelewati trek oprut tertentu,asal bukan lumpur.. PS 4x2 bisa lebih jago tu menang artikulasi dan daya dorong axle blkngnya.. RWD dgn axle rigid VS AWD dgn axle FISS.. hmmmmm.. sok aja coba hehehe... di tambah lagi kekuatan komponennya, spa yg rusak duluan...
hehehe

klw jalannya jalur proyek dimana tdk pernah di aspal lumpur dimana-mana baru ambil PS 4x4, sistem transfercase partimenya pasti lebih mumpuni dlm mengunci center diff dan membagi samarata 50:50 di banding on-demandnya ctv, yg cendrung berubah2 tergantung perintah ECU..

thx
:beer:
Pemakaian 75% dalam kota.. sisanya 25% buat weekend gateway (Jabar dan skitarnya).. ada rencana kedepannya seh pingin ke Bromo, driving di savananya, bayanginnya kok manteb bgt....

Cheers! :beer:
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by cuple »

maskopat wrote:pilihan yang sulit..

Pajero 4x2:
Pros:
- design ladder frame cukup tangguh untuk beban berat.
- bantingan cukup nyaman dan stabil di tikungan.
- body baru

Cons:
- power dan torsi mesin kurang
- tidak lincah
- kursi 3rd row kurang nyaman untuk dewasa dalam jalan jauh

Captiva AWD:
Pros:
- design monokok lebih lincah untuk diajak manuver.
- design body menurut saya keren.
- tenaga dan torsi mesin RRRUUAAR BIASA

Cons:
- AWD bukan untuk keperluan off road serius. karena informasi yang saya baca, AWD digunakan untuk memperbaiki traksi di jalan on road dan soft off road.

kalo seneng kenceng dan manuver tajam, mungkin captiva pilhan yang pas. saya belum pernah test drive captiva. kalo PS walaupun bongsor, ternyata cukup stabil. kebetulan waktu itu TD yang 4x4.. :big_peace: :big_peace:

mesin captiva lebih advanced daripada 4D56 PS. saya kurang tahu bagaimana dengan mengkonsumsi bio solar. mungkin perlu trik2 tersendiri untuk membersihkan injector, dan mesin. mungkin om topspeed bisa sharing di sini. soalnya avatarnya captiva, jadi kemungkinan pake captiva.. :mrgreen: :mrgreen:

kalo mempertimbangkan resale value, saya kurang tahu. karena PS baru dan saya tidak tahu harga second captiva.

PS tidak sama dengan Pajero. nama boleh sama, tapi ini barang yang bener2 berbeda. walau mungkin beberapa teknologi sama... tapi dari komersial info nya, PS dirancang dari pajero yang dipake di rally dakar.. :big_peace: :big_peace:
Emang sulit nih bro... Kalo cuman milih berdasarkan bentuk mobil.. buat gw PS deh, ga usah mikir2 lagi.. Tp kalo dipikir2 lebih dalem lg kok jd ctv yg lebih makes sense utk disanding..

Cheers!
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: HELP: Captiva AWD or Pajero Sport?

Post by yunan »

[/quote]

Pemakaian 75% dalam kota.. sisanya 25% buat weekend gateway (Jabar dan skitarnya).. ada rencana kedepannya seh pingin ke Bromo, driving di savananya, bayanginnya kok manteb bgt....

Cheers! :beer:[/quote]

klu liat dari persentase pemakaian mending pake captiva AWD aja bro, krn konstruksi sasis nya lebih condong untuk comfort dan AWD nya ada tambahan untuk safety/handling :big_peace:
pengalaman g test drive pake everest yg merupakan expansion dari ranger itu kelemahannya di segi comfort dan kursi baris ke 3 yg sempit dan terlalu tinggi sehingga bagasi tidak bisa dilipat rata
User avatar
topspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Jun 26, 2009 4:21

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by topspeed »

maskopat wrote:pilihan yang sulit..

Pajero 4x2:
Pros:
- design ladder frame cukup tangguh untuk beban berat.
- bantingan cukup nyaman dan stabil di tikungan.
- body baru

Cons:
- power dan torsi mesin kurang
- tidak lincah
- kursi 3rd row kurang nyaman untuk dewasa dalam jalan jauh

Captiva AWD:
Pros:
- design monokok lebih lincah untuk diajak manuver.
- design body menurut saya keren.
- tenaga dan torsi mesin RRRUUAAR BIASA

Cons:
- AWD bukan untuk keperluan off road serius. karena informasi yang saya baca, AWD digunakan untuk memperbaiki traksi di jalan on road dan soft off road.

kalo seneng kenceng dan manuver tajam, mungkin captiva pilhan yang pas. saya belum pernah test drive captiva. kalo PS walaupun bongsor, ternyata cukup stabil. kebetulan waktu itu TD yang 4x4.. :big_peace: :big_peace:

mesin captiva lebih advanced daripada 4D56 PS. saya kurang tahu bagaimana dengan mengkonsumsi bio solar. mungkin perlu trik2 tersendiri untuk membersihkan injector, dan mesin. mungkin om topspeed bisa sharing di sini. soalnya avatarnya captiva, jadi kemungkinan pake captiva.. :mrgreen: :mrgreen:

kalo mempertimbangkan resale value, saya kurang tahu. karena PS baru dan saya tidak tahu harga second captiva.

PS tidak sama dengan Pajero. nama boleh sama, tapi ini barang yang bener2 berbeda. walau mungkin beberapa teknologi sama... tapi dari komersial info nya, PS dirancang dari pajero yang dipake di rally dakar.. :big_peace: :big_peace:
bro maskopat,

dari info beberapa milis yang didaerahnya belum kebagian dex, pake bio solar ndak masalah bro dan bisa diterima, biasanya dicampur dengan additive dan secara berkala kurang lebih tiap 15.000 km
mereka bisa ke beres untuk carbon clean.
FortunerMan

Re: HELP: Captiva AWD or Pajero Sport?

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:
topspeed wrote: klu mnrt pendapat gw sih milih Captiva AWD
alasannya :

1. Mesin Double Cabin Typeblock 4D56, bukan dirancang untuk SUV
Jadi sulit bisa di pacu kencang.

2. Body depan jelas doube kabin walaupun di iklan di sanding dgn pajero Rely
tapi tetep bukan pajero, dan body tengah ke belakang tdk inline ( pameran di PI mall )

3. Per dan body rangka tidak monokok sepertinya...jadi 2-3 tahun bakal bunyi dech

4. 4x4 nya bukan design SUV yg on demand namun konsep 4WD yg konfensinoal ,
manual tongkat khusus untuk kecepatan rendah saja( off road ) bukan untuk
kestabilan layaknya SUV modern.

5. Bangku ke tiga sempit karena akibat desin double cabin di mana tempat
barang yg harus tinggi di pasang bangku ketiga

6. Seperti Fortuner (rangka dan mesin sama dgn kijang inova) maka Pejero
Sport itu jadi-jadiiannya double kabin Triton.

7. Interior lumayan bagus, bangku ke 2 pada sambungan keras krn pembatasnya
keluar...


Dgn harga segitu kalu gw pasti pilih CAPTIVA AWD yang sementara is the best.. apa
lagi mesin Desiel 2.5 cuman torsi ngk jauh beda dan hp nya masih di bawah
Captiva AWD 2.0 yg torsinya dn HP nya lebih besar. Dan 4WD/AWD sdh modern
utk kesetabilan mobil.

cheers.....
bentar2

1. klw pajero beneran dari gen 1 dan 2 kan SUV tulen tu om..... mesinya 4D56T tuh om... skrng yang baru uda di sempurnain lagi jd DiD, power lebih gede torsi lebih gede...jd tidak ada alesan dunk disebut mesin Dcab yang tidak bisa lari?tp emang sih masih kalah oleh ctv power dan torquenya.... tpi klw uda kondisi sulit, tanjakan extrime misalnya.. PS masih lebih enak di ajak nanjak di banding ctv.. kuncinya di ratio drivetrainya...

2. hmmm... emang salah sih nyadingin dgn pajero beneran.. padahal dengan triton ajah... jgn salah triton juga turun di paris dakar.. bukan pajero ajah...

3. hmm..... kyanya yang rawan bunyi yang FISS (CTV)deh om.... arm2 dan rangka kakinya jauh lebih bnyk dan lemah dari IFS(PS)

4. weleh tinggal masukin 4H bisa lari tuh di tol.... klw mw ngerayap ke 4L ajah di jamin tanjakan segimana jg bisa naik asal masih dpt traksi bannya... CTV kan kaga ada beginiian.... selain itu kontrol 4x4 ondeman elektronik gini kalah jauh tangguhnya dan fungsinya di banding sistem tuas konvensional....

5. --- blm pernah coba naik uy

6. fortuner dgn hilux kli ya om... jgn di bandingin sma inova dunk... tpi so fan SUV yang pernah di coba yg third rownya layak bwat 3 orang dewasa hanya forti om... blm pernah nyoba klw PS sih.. soal rangka ya bearti nilai plus dunk... rangka D-cab bearti mobil kerja witch is terbukti tangguh..

7. nda tau.... ---


hmmm.. IMO klw makenya dlm kota sih mending ambil CTV 4x2 aja.. lebih murah soalnya... klw tempat TS jalan ancur uda jadi rutinitas, mending ambil PS 4x2 aja... tidak perlu yang 4x4 selama masih ada bekas aspal sih...

sya kira PS 4x2 dgn cara bawa yg bener bisa menyamain atau bahkan melebihi kemampuan CTV AWD dalam ngelewati trek oprut tertentu,asal bukan lumpur.. PS 4x2 bisa lebih jago tu menang artikulasi dan daya dorong axle blkngnya.. RWD dgn axle rigid VS AWD dgn axle FISS.. hmmmmm.. sok aja coba hehehe... di tambah lagi kekuatan komponennya, spa yg rusak duluan...
hehehe

klw jalannya jalur proyek dimana tdk pernah di aspal lumpur dimana-mana baru ambil PS 4x4, sistem transfercase partimenya pasti lebih mumpuni dlm mengunci center diff dan membagi samarata 50:50 di banding on-demandnya ctv, yg cendrung berubah2 tergantung perintah ECU..

thx
:beer:
Ha ha...Topspeed baca2 lagi dulu ya. Banyak banget infonya yg salah. Thx Billy sudah diluruskan.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by gmx »

gw yakin om cuple pasti tambah bingung.. captiva udah berapa tahun di release ya om, gaungnya ngga kedengeran.. PS mobilnya aja belum beredar tapi gaungnya udah ke mana2, everybody waiting.. jangan lupa after sales servicenya om, bengkel mitsu ada di mana2, bengkel yang montirnya ngga bisa bahasa indonesia pun udah familiar sama engine 4D56, spare partnya juga gw yakin di toko sebelah juga ada, apalagi di toko om mandala
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by gmx »

gmx wrote:PS mobilnya aja belum beredar tapi gaungnya udah ke mana2, everybody waiting..
tambahin.. termasuk yang menunggu jandanya.. :mrgreen:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by Hansen »

Kebetulan bro cuple suka ama tongkrongannya PS yg garang ya udah ambil PS 4x2 ajah :big_smoking: toh kebanyakan cuman dipake di dalam kota...:D
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by ZombiEE »

smlm sudah liat PS...gagah bgt nih mobil...desain yah...kaga sempat TD>.huhuhu
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by Abu2 »

ps warna black solid...manteeeeppp.....akomodasi nya, cb aja banding sendiri ama ctv..legaan mana...

Idem ama billy deh secara detail...

Ooppss ada yg kurang, PS nya pake pelek 20" ban tebel.....guannnnnnntennnnnggg.....
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by mandala1 »

gmx wrote: bengkel yang montirnya ngga bisa bahasa indonesia pun udah familiar sama engine 4D56, spare partnya juga gw yakin di toko sebelah juga ada, apalagi di toko om mandala
Huehehehe........masih lama lah rusaknya PS ini,, lha wong sodaranya yg pesek ajah kuat koq buat ngangkut bahan2 matrial apalagi yg cuma buat ngangkut orang? :mrgreen:
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by cuple »

gmx wrote:gw yakin om cuple pasti tambah bingung.. captiva udah berapa tahun di release ya om, gaungnya ngga kedengeran.. PS mobilnya aja belum beredar tapi gaungnya udah ke mana2, everybody waiting.. jangan lupa after sales servicenya om, bengkel mitsu ada di mana2, bengkel yang montirnya ngga bisa bahasa indonesia pun udah familiar sama engine 4D56, spare partnya juga gw yakin di toko sebelah juga ada, apalagi di toko om mandala
Bener banget ni bos.. hehehe ..pusing ayee..mana dapet info ctv bakal naik harga 5-10 jt pas tgl 1 juli nanti.. jadi musti ambil tindakan lebih cepat, lebih baik neh.. kekekeke..

PS emang gaungnya kenceng sekali.. sayangnya aye belum nemu review2 dr site2 mobil local/international yg membahas kemampuan mobil ini secara detail.. Kalo Captiva udah banyak tuh.. gw si ambil patokan dr Captivanya Australia yg ada dibawah bendera Holden.. Banyak yg puas, malah ni mobil baru menang Best Car for Mums in the AutoChic Car of the Year Awards for Women.... hmmmm..perasaan gw sukannya mobil yg cowo bgt.. tp knp malah bermain hati dengan mobil ibu2? :e-wall: .. huhuhuhu..

Seandainya ada mobil baru segagah PS dengan feature AWD, Cruise Control dll spt Ctv di bawah 400jt.. hidup pasti jauuuhh lebih mudah..hueheuheu..
gerandong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sun Jun 28, 2009 7:35

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by gerandong »

cuple wrote:Sudah hampir seminggu ini gw ma bini binun menentukan pilihan antara Captiva AWD dengan Pajero Sport 4x2..

Suka Captiva krn featuresnya seabrek, practical, n lebih responsive di rpm rendah. Tapi kita (terutama gw sih...) suka bgt ma tongkrongannya PS yg gagah berani, interior jg lebih luas, sama suspensi pas bandingin test drive kmrn kyknya si lebih nyaman yah..

Harga keduanya bisa dibilang sama (PS: 370jt vs CTV: 369jt)

Image

Jadi menurut bos2 di SM gimana nih.. Musti ambil yang mana dan alesannya apa? Mohon pencerahannya.... :e-pray:
hi mate, lam knal
newbie nih.. just sharing....

sebelumnya terlepas dengan merk tetapi dengan realiatas dan ASUMSI bro cuple
maka idenya sbb:

setiap merk akan mempunyai kecanggihan masing-masing,
tetapi yang manakah yang berani memberikan semua fitur premium dengan
harga yg sangat realistis ? apalagi buat kita yang kantongnya masih berbudget 300-400 jt

saran saya kenalilah produk yg akan dibeli lebih dalam dulu, compare, benchmark, test drive, name
etc..

kemampuan semua SUV secara general imbang tak kurang tak lebih, namun bisa anda bayangkan
SUV mana yang menawarkan kemampuan berikut dengan pas dengan budget diatas :

-ESP - Electrical Stability Program
-Cruise Control ( walaupun di indo mungkin belum terlalu bermanfaat )
-HDC - Hill Descent Control
-Auto Rain Sensor
-AWD - On demand
-AUtomatic / Digital Climate COntrol
-Auto levelizer
-dll.

wow..keamanan dan kenyamanan mengendara sangat memanjakan kita yang mana hanya ada pada SUV-SUV premium dengan harga yang berawalan M....

ada nggak ATPM yang menawarkan seperti diatas

kalau ada gw yakin seru deh...karena yang sering kita jumpai adalah Black Campaign yg mana
konsumen awam tak akan memahaminya karena ketidak tahuannya

SEMENTARA INI yg gw tahu hanya ctv. memenuhinya, atau mungkin gw ya yang cupet,
mohon pencerahannya dari bro lainnya

Kalau pajero OK banget dan harganya hampir M, i ndak tahu pajero sport, namun dari brosur
mesinnya pakai Mesin Strada Triton, kayaknya belum pas jika disandingkan dengan pajero dan karena baru reabilitasnya ??.. siapa yang mau uji....he..he...he..

Captiva sudah teruji sejak diluncurkan tahun 2007, dimana sebelum diluncurkan ia sudah di test drive sejauh 3 JUTA MILES, i cuplik disini
http://www.autotrader.co.uk/EDITORIAL/C ... y_yet.html

bukan promo lho...ini yang saya tahu...

he..hee.he.. tapi dari jaman dulu juga banyak SUV yg mempunyai kemampuan seperti CTV, bahkan
yg lebih dari itu, namun kembali pada ASUMSI diatas ...

kalau ada yang murah dengan kwalitas wah dan reliability yg ok,...why not...

kalau sekarang gw pilih CTV, ndak tahu nanti.....

tapi tetap....yang pake khan bro cuple....judgement tetap pada yang punya duitlah dan pandangan, need dan selera bisa beda untuk setiap orang...he...he..he

just my 2 cents.....

cheerss.......
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by billyd1773dz »

^^
skrng soal hill decent control... alias HDC,
fungsinya untuk mempertahan kan kecepatan serendah mungkin saat menuruni bukit..

sekarang lihat dulu soal kebutuhan.. knp diciptakan HDC, padahal klw mobil mau ngerayap turun bukit kan ada REM di kaki dan ada engine brake? pertama HDC, sangat di butuhkan untuk keamanan saat menurunin turunan panjang yang licin, dimana menekan pedal rem hanya akan mengakibatkan ban ngunci dan mobil malah makin cepet "nyerosot" kebawah tampa kendali, lalu penggunaan transmisi AT, yang berratio tinggi bahkan di gigi 1nya sehingga minim engine brake yg bisa bikin ban tetap berputar dgn kecepatan sangat rendah <5kmh tampa nginjak rem. nah stw sya HDC baru bener2 di perlukan klw ada turunan yang curam dan licin..ECUnya memerintahkan rem,abs dan ESP agar menjaga keseimbangan dan tetep menurunin bukit secara aman. lalu apakah di jalanan indo ada?yak klw di indo ada salju yg bikin jalan licin atw anda mw oprut dgn ctvnya fitur ini berguna bngt....

sebenernya di PS 4x4 juga ada bahkan lebih efektif dan durable, yaitu transfercase dengan low gearnya.. di jamin tidak hanya bisa membuat mobil ngerayap turun bukit yg super licin dgn lambat dan smooth, tpi bisa membuat mobil menanjak dgn tenang dan stabil....selain untuk memudahkan merayap SUV dgn low gir seakan2 memiliki satu gearbox lagi sebagai senjata tambahan bila mebutuhkan torsi dan tenaga lebih besar untuk menarik beban, kalau Gearboxnya ada 5speed bearti dgn low gir jadi ada 10speed!

HDC semkin di butuhkan d SUV modrn untuk nutup kelemahan akibat tidak adanya low gear dt transfercase klwbicara efektif mana, selalu ada +-nya,

HDC karena di kontrol komputer memungkinkan distribusi braking yang sama atau berbeda di tiap roda walau dalam kondisi jalan licin dan tidak rata di bantu ECU ESP dll sehingga driver pling awam sekalipun bisa menurunin bukit licin dgn smooth,dlm kasus ctv HDC sangat perlu dan sebuah keunggulan sendiri dibanding SUV sekelasnya macam escape 4x4 dlm hal menuruni turunan,karena kurang rendahnya ratio..

sedangkan Low Gear, bisa membuat mobil merayap turun sama lambatnya dgn HDC namun karena di bantu engine brake, bila menuruni turunan curam jalan tidak rata dan traksi di tiap roda beda, maka differential hanya membagi daya ke ban yg traksinya pling rendah kemudian mengunci sebelah bannya.. sehingga tetep beresiko membuat mobil nyorosot. tapi dalam kasus ini di PS, axle blkng sudah di tanam LSD yg menjaga traksi di roda kanan dan kiri sehingga minim resiko ban ngunci sebelah.ditambah dgn sedikit sentuhan "driving art" dri driver mobil akan dikendalikan dgn mudah dan tentunya suspensi jg pengaruh dlm memberi porsi traksi di tiap roda. selain itu kegunaan low gir bukan hanya untuk turun saja, untuk nanjak dan menarik beban juga sangat berguna,atw mau coba dragrace pke low gir?ngacir deh.. kya pke quickshift... pendek2...

soal durabilitasnya jelas part elektronik sulit mengalahkan kekuatan mekanis.

selain itu triton yg jadi basis PS, terkenal punya ratio drivetrain rendah, sehingga walau tenaganya tidak sebesar dcab lain, tapi soal nanjak narik beban dan merayap triton yg terbaik bahkan dgn navara sekalipun... ini alasan lain knp d pasar fleet triton pling diminati, selain alasan durabilitas...
klw PS, sya blm ngecek nih rationya sama tidak dgn triton.. klw yg MT sih mungkin sama...
Kalau pajero OK banget dan harganya hampir M, i ndak tahu pajero sport, namun dari brosur
mesinnya pakai Mesin Strada Triton, kayaknya belum pas jika disandingkan dengan pajero dan karena baru reabilitasnya ??.. siapa yang mau uji....he..he...he..
hmmm.... triton kan uda lama ada di indo om? uda di pke di penjuru indonesia sebagai mobil kerja yg di siksa.. kyanya yg uda terbukti sekali realibilitas dan durabilitasnya justru triton deh om? witch is same as PS..
malah ni triton/ps gw yakin lebih tangguh dari pajero asli yang Milyaran itu...

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: HELP: Captiva AWD or Pajero Sport?

Post by billyd1773dz »

cuple wrote:
Pemakaian 75% dalam kota.. sisanya 25% buat weekend gateway (Jabar dan skitarnya).. ada rencana kedepannya seh pingin ke Bromo, driving di savananya, bayanginnya kok manteb bgt....

Cheers! :beer:
hehehe mantap emang jalan2 di kaldera bromo... tpi klw ke kaldera bromo sih... 4x2 asal RWD cukup tu om... bnyk angkot kok di bawah sana.... klw FWD waktu naik ke penanjakan dri kaldera,klw hujan kya repot tu dpt traksinya....
tpi klw liburan seneng main2 gini pling maknyus 4x4 beneran sih om... waktu nanjak ada low gir.. ga perlu di gas juga nanjak sendiri tu mobil... nikmat.. semua tanjakan jadi ringan..

PS 4x4 GLX aja om.. atw pajero did gen3 bekas aja... hahaha.... kyanya malah lebih enak gen3 ini deh...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
gerandong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sun Jun 28, 2009 7:35

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by gerandong »

billyd1773dz wrote:^^
skrng soal hill decent control... alias HDC,
fungsinya untuk mempertahan kan kecepatan serendah mungkin saat menuruni bukit..

sekarang lihat dulu soal kebutuhan.. knp diciptakan HDC, padahal klw mobil mau ngerayap turun bukit kan ada REM di kaki dan ada engine brake? pertama HDC, sangat di butuhkan untuk keamanan saat menurunin turunan panjang yang licin, dimana menekan pedal rem hanya akan mengakibatkan ban ngunci dan mobil malah makin cepet "nyerosot" kebawah tampa kendali, lalu penggunaan transmisi AT, yang berratio tinggi bahkan di gigi 1nya sehingga minim engine brake yg bisa bikin ban tetap berputar dgn kecepatan sangat rendah <5kmh tampa nginjak rem. nah stw sya HDC baru bener2 di perlukan klw ada turunan yang curam dan licin..ECUnya memerintahkan rem,abs dan ESP agar menjaga keseimbangan dan tetep menurunin bukit secara aman. lalu apakah di jalanan indo ada?yak klw di indo ada salju yg bikin jalan licin atw anda mw oprut dgn ctvnya fitur ini berguna bngt....

sebenernya di PS 4x4 juga ada bahkan lebih efektif dan durable, yaitu transfercase dengan low gearnya.. di jamin tidak hanya bisa membuat mobil ngerayap turun bukit yg super licin dgn lambat dan smooth, tpi bisa membuat mobil menanjak dgn tenang dan stabil....selain untuk memudahkan merayap SUV dgn low gir seakan2 memiliki satu gearbox lagi sebagai senjata tambahan bila mebutuhkan torsi dan tenaga lebih besar untuk menarik beban, kalau Gearboxnya ada 5speed bearti dgn low gir jadi ada 10speed!

HDC semkin di butuhkan d SUV modrn untuk nutup kelemahan akibat tidak adanya low gear dt transfercase klwbicara efektif mana, selalu ada +-nya,

HDC karena di kontrol komputer memungkinkan distribusi braking yang sama atau berbeda di tiap roda walau dalam kondisi jalan licin dan tidak rata di bantu ECU ESP dll sehingga driver pling awam sekalipun bisa menurunin bukit licin dgn smooth,dlm kasus ctv HDC sangat perlu dan sebuah keunggulan sendiri dibanding SUV sekelasnya macam escape 4x4 dlm hal menuruni turunan,karena kurang rendahnya ratio..

sedangkan Low Gear, bisa membuat mobil merayap turun sama lambatnya dgn HDC namun karena di bantu engine brake, bila menuruni turunan curam jalan tidak rata dan traksi di tiap roda beda, maka differential hanya membagi daya ke ban yg traksinya pling rendah kemudian mengunci sebelah bannya.. sehingga tetep beresiko membuat mobil nyorosot. tapi dalam kasus ini di PS, axle blkng sudah di tanam LSD yg menjaga traksi di roda kanan dan kiri sehingga minim resiko ban ngunci sebelah.ditambah dgn sedikit sentuhan "driving art" dri driver mobil akan dikendalikan dgn mudah dan tentunya suspensi jg pengaruh dlm memberi porsi traksi di tiap roda. selain itu kegunaan low gir bukan hanya untuk turun saja, untuk nanjak dan menarik beban juga sangat berguna,atw mau coba dragrace pke low gir?ngacir deh.. kya pke quickshift... pendek2...

soal durabilitasnya jelas part elektronik sulit mengalahkan kekuatan mekanis.

selain itu triton yg jadi basis PS, terkenal punya ratio drivetrain rendah, sehingga walau tenaganya tidak sebesar dcab lain, tapi soal nanjak narik beban dan merayap triton yg terbaik bahkan dgn navara sekalipun... ini alasan lain knp d pasar fleet triton pling diminati, selain alasan durabilitas...
klw PS, sya blm ngecek nih rationya sama tidak dgn triton.. klw yg MT sih mungkin sama...
Kalau pajero OK banget dan harganya hampir M, i ndak tahu pajero sport, namun dari brosur
mesinnya pakai Mesin Strada Triton, kayaknya belum pas jika disandingkan dengan pajero dan karena baru reabilitasnya ??.. siapa yang mau uji....he..he...he..
hmmm.... triton kan uda lama ada di indo om? uda di pke di penjuru indonesia sebagai mobil kerja yg di siksa.. kyanya yg uda terbukti sekali realibilitas dan durabilitasnya justru triton deh om? witch is same as PS..
malah ni triton/ps gw yakin lebih tangguh dari pajero asli yang Milyaran itu...

cmiiw

thx
:beer:
he..he..

emangnya di indonesia juga kayak di paris dakar.....apa istimewanya padang gurun ???
justru menurut i jalan yg curam masih lebih banyak di indo dan tetap kenyamanan pada saat meniti jalan curam lebih enak pakai HDC, terutama driver-driver yang blm berpengalaman. ndak percaya...coba aja.....

kasih tambahan kok ndak mau, ndak diperlukan yah ndak usah di pake bro..he..hee.he..

dengan fitur yang ada di ctv awd nyaman bro bermanuver ndak was-was slip..ndak percaya coba deh test drive triton bro dibandingkan dengan ctv dengan speed cepat ditukungan......yang mana yang selip....

fwd kok dibandingkan dengan awd dengan fitur yang mumpuni...he...he..he..

kalau bro ndak mau ya pake triton saja, kalau saya ya demen CTV

mungkin si jaim lebih suka fortuner... he...he....

cheers bro
admirercp
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Mon May 21, 2007 6:43

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by admirercp »

cuple wrote:Sudah hampir seminggu ini gw ma bini binun menentukan pilihan antara Captiva AWD dengan Pajero Sport 4x2..
Suka Captiva krn featuresnya seabrek, practical, n lebih responsive di rpm rendah. Tapi kita (terutama gw sih...) suka bgt ma tongkrongannya PS yg gagah berani, interior jg lebih luas, sama suspensi pas bandingin test drive kmrn kyknya si lebih nyaman yah.. Harga keduanya bisa dibilang sama (PS: 370jt vs CTV: 369jt)
Image
Jadi menurut bos2 di SM gimana nih.. Musti ambil yang mana dan alesannya apa? Mohon pencerahannya.... :e-pray:
Aku mau share pengalamanku pake mitsu. Pertama kuda grandia 2.0 MPI bensin, mesin badak, pakai 3 tahun 60.000 km ga pernah ada masalah dengan kaki2 walaupun aku pakenya kasar, jalan lobang, polisi tidur hajar. Di cipularang arah bandung pas tanjakan aja masuk 160 km/h, edan ga. Sekarang sdh ganti grandis, beda banget, mobil halus tapi tenaga sih lebih badak lagi di tol aja rata2 140-160 km/j ga berasa apa2. Saat lari di 190 km/j bodi kaga goyang sama sekali, istriku aja yg disebelahku ga ada protes2nya jalan begitu kencang. Kesimpulanku mitsubishi menawarkan value for money. Quality sangat reliable. Mesin sempurna, stabilitas pada saat jalan kencang sempurna, kekuatan kaki2 ga usah ditanya deh, biaya perawatan sangat murah karena partsnya awet banget, grandisku aja saringan olinya sama dg kuda jadi cuma Rp 30.000 an. Kebetulan aku sering tugas ke balikpapan n samarinda, wah triton dan strada disana se abrek2. Sejauh mata memandang kalau di jkt sih avanza dimana2, kalau di sana yg triton n strada itu dimana2. Aku dengar dari sopirku disana kualitas solarnya jelek banget tapi strada n triton ga pernah rewel. Jadi mitsu itu identik dg macho n power. Saranku utk bung cuple : PS aja deh pasti PUASS ga bakal nyesel di kemudian hari.
gerandong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sun Jun 28, 2009 7:35

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by gerandong »

gerandong wrote:
billyd1773dz wrote:^^
skrng soal hill decent control... alias HDC,
fungsinya untuk mempertahan kan kecepatan serendah mungkin saat menuruni bukit..

sekarang lihat dulu soal kebutuhan.. knp diciptakan HDC, padahal klw mobil mau ngerayap turun bukit kan ada REM di kaki dan ada engine brake? pertama HDC, sangat di butuhkan untuk keamanan saat menurunin turunan panjang yang licin, dimana menekan pedal rem hanya akan mengakibatkan ban ngunci dan mobil malah makin cepet "nyerosot" kebawah tampa kendali, lalu penggunaan transmisi AT, yang berratio tinggi bahkan di gigi 1nya sehingga minim engine brake yg bisa bikin ban tetap berputar dgn kecepatan sangat rendah <5kmh tampa nginjak rem. nah stw sya HDC baru bener2 di perlukan klw ada turunan yang curam dan licin..ECUnya memerintahkan rem,abs dan ESP agar menjaga keseimbangan dan tetep menurunin bukit secara aman. lalu apakah di jalanan indo ada?yak klw di indo ada salju yg bikin jalan licin atw anda mw oprut dgn ctvnya fitur ini berguna bngt....

sebenernya di PS 4x4 juga ada bahkan lebih efektif dan durable, yaitu transfercase dengan low gearnya.. di jamin tidak hanya bisa membuat mobil ngerayap turun bukit yg super licin dgn lambat dan smooth, tpi bisa membuat mobil menanjak dgn tenang dan stabil....selain untuk memudahkan merayap SUV dgn low gir seakan2 memiliki satu gearbox lagi sebagai senjata tambahan bila mebutuhkan torsi dan tenaga lebih besar untuk menarik beban, kalau Gearboxnya ada 5speed bearti dgn low gir jadi ada 10speed!

HDC semkin di butuhkan d SUV modrn untuk nutup kelemahan akibat tidak adanya low gear dt transfercase klwbicara efektif mana, selalu ada +-nya,

HDC karena di kontrol komputer memungkinkan distribusi braking yang sama atau berbeda di tiap roda walau dalam kondisi jalan licin dan tidak rata di bantu ECU ESP dll sehingga driver pling awam sekalipun bisa menurunin bukit licin dgn smooth,dlm kasus ctv HDC sangat perlu dan sebuah keunggulan sendiri dibanding SUV sekelasnya macam escape 4x4 dlm hal menuruni turunan,karena kurang rendahnya ratio..

sedangkan Low Gear, bisa membuat mobil merayap turun sama lambatnya dgn HDC namun karena di bantu engine brake, bila menuruni turunan curam jalan tidak rata dan traksi di tiap roda beda, maka differential hanya membagi daya ke ban yg traksinya pling rendah kemudian mengunci sebelah bannya.. sehingga tetep beresiko membuat mobil nyorosot. tapi dalam kasus ini di PS, axle blkng sudah di tanam LSD yg menjaga traksi di roda kanan dan kiri sehingga minim resiko ban ngunci sebelah.ditambah dgn sedikit sentuhan "driving art" dri driver mobil akan dikendalikan dgn mudah dan tentunya suspensi jg pengaruh dlm memberi porsi traksi di tiap roda. selain itu kegunaan low gir bukan hanya untuk turun saja, untuk nanjak dan menarik beban juga sangat berguna,atw mau coba dragrace pke low gir?ngacir deh.. kya pke quickshift... pendek2...

soal durabilitasnya jelas part elektronik sulit mengalahkan kekuatan mekanis.

selain itu triton yg jadi basis PS, terkenal punya ratio drivetrain rendah, sehingga walau tenaganya tidak sebesar dcab lain, tapi soal nanjak narik beban dan merayap triton yg terbaik bahkan dgn navara sekalipun... ini alasan lain knp d pasar fleet triton pling diminati, selain alasan durabilitas...
klw PS, sya blm ngecek nih rationya sama tidak dgn triton.. klw yg MT sih mungkin sama...
Kalau pajero OK banget dan harganya hampir M, i ndak tahu pajero sport, namun dari brosur
mesinnya pakai Mesin Strada Triton, kayaknya belum pas jika disandingkan dengan pajero dan karena baru reabilitasnya ??.. siapa yang mau uji....he..he...he..
hmmm.... triton kan uda lama ada di indo om? uda di pke di penjuru indonesia sebagai mobil kerja yg di siksa.. kyanya yg uda terbukti sekali realibilitas dan durabilitasnya justru triton deh om? witch is same as PS..
malah ni triton/ps gw yakin lebih tangguh dari pajero asli yang Milyaran itu...

cmiiw

thx
:beer:
he..he..

emangnya di indonesia juga kayak di paris dakar.....apa istimewanya padang gurun ???
justru menurut i jalan yg curam masih lebih banyak di indo dan tetap kenyamanan pada saat meniti jalan curam lebih enak pakai HDC, terutama driver-driver yang blm berpengalaman. ndak percaya...coba aja.....

kasih tambahan kok ndak mau, ndak diperlukan yah ndak usah di pake bro..he..hee.he..

dengan fitur yang ada di ctv awd nyaman bro bermanuver ndak was-was slip..ndak percaya coba deh test drive triton bro dibandingkan dengan ctv dengan speed cepat ditukungan......yang mana yang selip....

fwd kok dibandingkan dengan awd dengan fitur yang mumpuni...he...he..he..

kalau bro ndak mau ya pake triton saja, kalau saya ya demen CTV

mungkin si jaim lebih suka fortuner... he...he....

cheers bro

tambahan ni bro,

jangan bicara lainnya dulu yang sederhana saja untuk mesin yahud mana :
triton berapa cc ?
captiva awd berapa cc ? .. kalau disamakan ...?
power dan torqi yang dimuntahkan besar mana ?
enteng dan maknyus yang mana ?
boros mana ?

he...he...?
gerandong wrote:
billyd1773dz wrote:^^
hmmm.... triton kan uda lama ada di indo om? uda di pke di penjuru indonesia sebagai mobil kerja yg di siksa.. kyanya yg uda terbukti sekali realibilitas dan durabilitasnya justru triton deh om? witch is same as PS..
sejak jaman ngkong i chevrolet juga dipake sebagai mobil kerja yang sangat di siksa bro....
he...he..mungkin lebih dulu chevy kayaknya ya ??...

cheers....
Last edited by gerandong on Sun Jun 28, 2009 10:54, edited 1 time in total.
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: HELP: Captiva AWD vs Pajero Sport 4x2?

Post by surya »

Gue prefer PS dengan pertimbangan ketangguhan mesin Triton yang sudah terbukti badak dan tahan banting dengan konsisi solar dan iklim Indonesia. Kebetulan gue kerja dan tinggal di daerah pertambangan, di sini Triton sangat dominan dibandingkan mobil 4WD double cab yang lainnya.
Gue dah pernah pakai Captiva beberapa kali .... dan terus terang gak terlalu terkesan. Dibandingkan dengan X-Trail - masih lebih nyaman X-Trail 2.5. Belum lagi kualitas buatan kabin Captiva yang menurut gue tidak cukup menarik, terutama speedometer nya yang , sorry no offense , mirip angkot dan sangat tidak menarik... hehe...
Gue sendiri melihat desain dashboard Captiva agak mirip dengan Toyota LC Prado tapi dengan kualitas lebih rendah... kebetulan gue pakai Prado untuk di kerjaan.... t

PS sendiri gue belum pernah TD... Tapi selama gue pakai mobil mitsu seperti Grandis, rasanya built-in quality Mitsu lebih baik dibanding Chevy....