TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by glendotan »

Duh tapi yang putih cakep bgt lho om.... jarang lihat Cygnus putih ini.. jd penanda kalo dijalan... hahaha
Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: Fri Jun 24, 2011 15:20

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by Gl4cier »

1. 1juta an per pcs
2. 400rb per pcs
3. 1.2 jt
4. 500-1jt
5. telescopic motor: 4jtan, tilt motor: 4jtan
imanoff
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by imanoff »

Maaf nimbrung lagi, jadi penasaran saya. Misal ada budget 300an, baiknya ambil LC apa? Kalau budgetnya 500an, yang mana? Mohon sarannya.

LC ini kayaknya beneran the last car ya. Kalo udah punya, kayaknya bakalan tahan lama, susah ganti. Kalaupun ganti ya ke yang mudaan. Hehe
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 16:14
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 15:53
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 15:45

kalau saya rule of thumb nya mesin harus rapih karena kalau rusak bisa ngerembet kemana2, kalau body panel masih bisa di cat dan gak se ganggu itu sepanjan clear coat nya aja yang kena bisa di poles atau di recoat hehehe, tapi kalau pudar harus re-paint sih. little quirck kaya gini bisa jadi bargaining power sih untuk neken harga lagi supaya bisa ada savings buat rapihin hehehehe.

04 setau saya belum ada built in parking sensor, sensor nya ada kayak model harrier accesories tambahan di atas dashboard (ori toyota). mkn ini aftermarket, jadi kalau mau di isi dan ganti gak mahal sih. washer lampu plastik nya juga gak mahal sih om simple fix. headlamp butek bisa di poles atau ganti aftermarket kayak eagle eyes lumayan gak terlalu mahal juga.

heheheh :big_smile]
Setuju sih om.. mesin no 1 ya..berarti klo ada rembes2 gitu mending di skip aja ya hehe.. berarti si putih lebih baik di skip saja ya.. sambil nyari2 unit lain hehe

Btw yg hitam 2004 kmrn blom sempet test night vision, test nya gmn ya om?
ada tombol di kiri bawah stir om dan nanti ada heads-up display di atas speedometer yang kebuka buat project camera night vision nya.
Ooo ok sip thanks om agathos..

Apa mending sy ambil yg hitam, nego harga, trus body di cat ulang aja om? Klo cat ulang di auto2000 oke ngga ya?
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

glendotan wrote: Mon Mar 25, 2019 17:50 Duh tapi yang putih cakep bgt lho om.... jarang lihat Cygnus putih ini.. jd penanda kalo dijalan... hahaha
Hehe iya om.. saya aja cinta pandangan pertama sama yg putih.. hehe
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

Gl4cier wrote: Mon Mar 25, 2019 19:01 1. 1juta an per pcs
2. 400rb per pcs
3. 1.2 jt
4. 500-1jt
5. telescopic motor: 4jtan, tilt motor: 4jtan
Siap om glacier.. kira2 sparepart hrs indent atau banyak beredar ya om ?
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 23:46
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 16:14
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 15:53

Setuju sih om.. mesin no 1 ya..berarti klo ada rembes2 gitu mending di skip aja ya hehe.. berarti si putih lebih baik di skip saja ya.. sambil nyari2 unit lain hehe

Btw yg hitam 2004 kmrn blom sempet test night vision, test nya gmn ya om?
ada tombol di kiri bawah stir om dan nanti ada heads-up display di atas speedometer yang kebuka buat project camera night vision nya.
Ooo ok sip thanks om agathos..

Apa mending sy ambil yg hitam, nego harga, trus body di cat ulang aja om? Klo cat ulang di auto2000 oke ngga ya?
Kalau hitam dalam kondisi mesin bagus dan bisa nego lumayan ok banget om. Karena fitur lebih banyak dari yang model 2000 terutama safety karena all around airbag plus transmisi juga uda 5 speed A750F yang lebih smooth dari 4 Speed A442F.

Kemaren prado diesel saya claim asuransi di A2K Sunter body repair bagus sih hasil cat nya. Sempet tanya buat 105 body siram sekitar 12-15an katanya.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

imanoff wrote: Mon Mar 25, 2019 23:09 Maaf nimbrung lagi, jadi penasaran saya. Misal ada budget 300an, baiknya ambil LC apa? Kalau budgetnya 500an, yang mana? Mohon sarannya.

LC ini kayaknya beneran the last car ya. Kalo udah punya, kayaknya bakalan tahan lama, susah ganti. Kalaupun ganti ya ke yang mudaan. Hehe
Kalau buat long trip sendiri dan sering offroad berat mkn 80 Series om, tapi kalau buat long distance touring dengan mild offroad mkn Cygnus di budget 300an dan sahara 100 series di budget 500an. 100 series sahara enak nya double blower, locker belakang, dual tank dan uda 1HD-FTE 5 speed tapi gak pake hydraulic jadi lebih durable.

Heheh iya om, saya pake 105 uda dari thn 2008 sampe hari ini daily driven dan uda di bawa touring sampe bali. Sekarang ada 200 lagi di siapin buat ganti 105 as daily dan 105 mundur jadi week-end aja.
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 1:09
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 23:46
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 16:14

ada tombol di kiri bawah stir om dan nanti ada heads-up display di atas speedometer yang kebuka buat project camera night vision nya.
Ooo ok sip thanks om agathos..

Apa mending sy ambil yg hitam, nego harga, trus body di cat ulang aja om? Klo cat ulang di auto2000 oke ngga ya?
Kalau hitam dalam kondisi mesin bagus dan bisa nego lumayan ok banget om. Karena fitur lebih banyak dari yang model 2000 terutama safety karena all around airbag plus transmisi juga uda 5 speed A750F yang lebih smooth dari 4 Speed A442F.

Kemaren prado diesel saya claim asuransi di A2K Sunter body repair bagus sih hasil cat nya. Sempet tanya buat 105 body siram sekitar 12-15an katanya.
Ooo 15 ga terlalu mahal jg ya.. oya transmisi beda ya.. point penting jg tuh ya.. sy baru inget, pas test drive kmrn sebelah kanan pas hajar lubang ada bunyi sekali.. tp setelah itu ga ada lg bunyi nya.. jd tambah puyeng deh hehe
Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: Fri Jun 24, 2011 15:20

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by Gl4cier »

Kalo ambil semua land cruiser bekas jangan mikir duit dulu di awal, 100 jt confirm pasti habis kalau mau enak / balik ke fresh condition, kadang bisa 150jt, tp sesudah itu mobil enak dipake sampe 5th kedepan ngak rewel. Kecuali ambil yg sudah didandan pernghobby tp itupun pasti open price nya diatas market price.
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by mamat »

agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 1:15
Kalau buat long trip sendiri dan sering offroad berat mkn 80 Series om, tapi kalau buat long distance touring dengan mild offroad mkn Cygnus di budget 300an dan sahara 100 series di budget 500an. 100 series sahara enak nya double blower, locker belakang, dual tank dan uda 1HD-FTE 5 speed tapi gak pake hydraulic jadi lebih durable.

Heheh iya om, saya pake 105 uda dari thn 2008 sampe hari ini daily driven dan uda di bawa touring sampe bali. Sekarang ada 200 lagi di siapin buat ganti 105 as daily dan 105 mundur jadi week-end aja.
Om agathos, 105 itu kan gardan depannya solid axle dan katanya basis sasisnya pakai 80, untuk spare part kaki kaki emang sama dengan 80 atau beda ya om?
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 1:09
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 23:46
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 16:14

ada tombol di kiri bawah stir om dan nanti ada heads-up display di atas speedometer yang kebuka buat project camera night vision nya.
Ooo ok sip thanks om agathos..

Apa mending sy ambil yg hitam, nego harga, trus body di cat ulang aja om? Klo cat ulang di auto2000 oke ngga ya?
Kalau hitam dalam kondisi mesin bagus dan bisa nego lumayan ok banget om. Karena fitur lebih banyak dari yang model 2000 terutama safety karena all around airbag plus transmisi juga uda 5 speed A750F yang lebih smooth dari 4 Speed A442F.

Kemaren prado diesel saya claim asuransi di A2K Sunter body repair bagus sih hasil cat nya. Sempet tanya buat 105 body siram sekitar 12-15an katanya.
Om agathos, barusan sy tanya a2k sunter, ktnya 30jt cat ulang LC cygnus.. ktnya per februari kmrn naik 100% :big_think:
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

Gl4cier wrote: Tue Mar 26, 2019 3:20 Kalo ambil semua land cruiser bekas jangan mikir duit dulu di awal, 100 jt confirm pasti habis kalau mau enak / balik ke fresh condition, kadang bisa 150jt, tp sesudah itu mobil enak dipake sampe 5th kedepan ngak rewel. Kecuali ambil yg sudah didandan pernghobby tp itupun pasti open price nya diatas market price.
Haha iya om 100jt sih aman ya hrsnya
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

mamat wrote: Tue Mar 26, 2019 4:55
agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 1:15
Kalau buat long trip sendiri dan sering offroad berat mkn 80 Series om, tapi kalau buat long distance touring dengan mild offroad mkn Cygnus di budget 300an dan sahara 100 series di budget 500an. 100 series sahara enak nya double blower, locker belakang, dual tank dan uda 1HD-FTE 5 speed tapi gak pake hydraulic jadi lebih durable.

Heheh iya om, saya pake 105 uda dari thn 2008 sampe hari ini daily driven dan uda di bawa touring sampe bali. Sekarang ada 200 lagi di siapin buat ganti 105 as daily dan 105 mundur jadi week-end aja.
Om agathos, 105 itu kan gardan depannya solid axle dan katanya basis sasisnya pakai 80, untuk spare part kaki kaki emang sama dengan 80 atau beda ya om?
iya om, sasis sama dengan 80 series dengan tamabahan cross member. kaki2 depan sama persis dengan 80 series, saya pake caster plate dan lift kit 80 series - shock dan per, HD steering rod dan HD CV axle depan 80 series. bagian depan yang bedain di hub nya 5x150 di 105 series sementara 80 series 6x139. kalau gardan belakan 105 series gearing nya sama dengan 100 series (9.5 denga 32 spline) dan beda sama 80 series (9.5 dengan 30 spline), axle dan diffrentialnya beda juga ukurannya. suspnesi belakang 105 series juga sama-sama 5 link kayak 80 dan 100 series tapi geometri nya beda dari 100 series dan 105 full-floating sementara 100 series semi floating.

velg 100 juga gak bisa masuk di 105 biarpun sama2 5x150 karena 105 minimal velg nya pake offset 0 sementara 100 series +60.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 5:11
agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 1:09
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 23:46

Ooo ok sip thanks om agathos..

Apa mending sy ambil yg hitam, nego harga, trus body di cat ulang aja om? Klo cat ulang di auto2000 oke ngga ya?
Kalau hitam dalam kondisi mesin bagus dan bisa nego lumayan ok banget om. Karena fitur lebih banyak dari yang model 2000 terutama safety karena all around airbag plus transmisi juga uda 5 speed A750F yang lebih smooth dari 4 Speed A442F.

Kemaren prado diesel saya claim asuransi di A2K Sunter body repair bagus sih hasil cat nya. Sempet tanya buat 105 body siram sekitar 12-15an katanya.
Om agathos, barusan sy tanya a2k sunter, ktnya 30jt cat ulang LC cygnus.. ktnya per februari kmrn naik 100% :big_think:
gileeee naiknya tega banget A2K, nyesel juga tahun lalu gak jadi cat haisss

:mky_05:
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by mamat »

agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 5:17
iya om, sasis sama dengan 80 series dengan tamabahan cross member. kaki2 depan sama persis dengan 80 series, saya pake caster plate dan lift kit 80 series - shock dan per, HD steering rod dan HD CV axle depan 80 series. bagian depan yang bedain di hub nya 5x150 di 105 series sementara 80 series 6x139. kalau gardan belakan 105 series gearing nya sama dengan 100 series (9.5 denga 32 spline) dan beda sama 80 series (9.5 dengan 30 spline), axle dan diffrentialnya beda juga ukurannya. suspnesi belakang 105 series juga sama-sama 5 link kayak 80 dan 100 series tapi geometri nya beda dari 100 series dan 105 full-floating sementara 100 series semi floating.

velg 100 juga gak bisa masuk di 105 biarpun sama2 5x150 karena 105 minimal velg nya pake offset 0 sementara 100 series +60.
Wah baru tau saya 105 itu full floating om. Jdi 105 geometri suspensi beda sendiri dari 100 ataupun 80, bener nggak om?
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

mamat wrote: Tue Mar 26, 2019 5:37
agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 5:17
iya om, sasis sama dengan 80 series dengan tamabahan cross member. kaki2 depan sama persis dengan 80 series, saya pake caster plate dan lift kit 80 series - shock dan per, HD steering rod dan HD CV axle depan 80 series. bagian depan yang bedain di hub nya 5x150 di 105 series sementara 80 series 6x139. kalau gardan belakan 105 series gearing nya sama dengan 100 series (9.5 denga 32 spline) dan beda sama 80 series (9.5 dengan 30 spline), axle dan diffrentialnya beda juga ukurannya. suspnesi belakang 105 series juga sama-sama 5 link kayak 80 dan 100 series tapi geometri nya beda dari 100 series dan 105 full-floating sementara 100 series semi floating.

velg 100 juga gak bisa masuk di 105 biarpun sama2 5x150 karena 105 minimal velg nya pake offset 0 sementara 100 series +60.
Wah baru tau saya 105 itu full floating om. Jdi 105 geometri suspensi beda sendiri dari 100 ataupun 80, bener nggak om?
iya om 105 full floating dan geometri suspensi belakang nya agak beda dari 100 series tapi kaykaknya sama 80 series juga (cm gak yakin 100% gak pernah bandingan langsung soalnya) makanya saya bilang frankenstein hahahaha. tapi panhard rod dan rear control arm 105 sama kayak 80 series bushing juga sharing sama. saya pake adjustable panhard dan control arm punya 80 series di 105. 80 series seinget saya ada yang full floatin juga sih.
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 5:18
ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 5:11
agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 1:09

Kalau hitam dalam kondisi mesin bagus dan bisa nego lumayan ok banget om. Karena fitur lebih banyak dari yang model 2000 terutama safety karena all around airbag plus transmisi juga uda 5 speed A750F yang lebih smooth dari 4 Speed A442F.

Kemaren prado diesel saya claim asuransi di A2K Sunter body repair bagus sih hasil cat nya. Sempet tanya buat 105 body siram sekitar 12-15an katanya.
Om agathos, barusan sy tanya a2k sunter, ktnya 30jt cat ulang LC cygnus.. ktnya per februari kmrn naik 100% :big_think:
gileeee naiknya tega banget A2K, nyesel juga tahun lalu gak jadi cat haisss

:mky_05:
Iya om, kayanya klo claim di asuransi yg rekanan a2k sunter jatohnya jd lbh murah ya hehe.. sy hitung klo seandainya per panel 300K, berarti kira2 ada 15-an panel x 300K, cuma 4.5jt ya.. separah2nya paling 5-6 jt :mky_01:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ginting »

ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 6:59
agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 5:18
ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 5:11

Om agathos, barusan sy tanya a2k sunter, ktnya 30jt cat ulang LC cygnus.. ktnya per februari kmrn naik 100% :big_think:
gileeee naiknya tega banget A2K, nyesel juga tahun lalu gak jadi cat haisss

:mky_05:
Iya om, kayanya klo claim di asuransi yg rekanan a2k sunter jatohnya jd lbh murah ya hehe.. sy hitung klo seandainya per panel 300K, berarti kira2 ada 15-an panel x 300K, cuma 4.5jt ya.. separah2nya paling 5-6 jt :mky_01:
price list untuk ngecat sekarang mahal oom...
kalau kategori authorized workshop gitu, kalau pintu aja udah bervariasi antara 700 - 1 juta
kalau kap mesin bisa 1.2 juta
tergantung bengkel juga sih.
udah gak dapat lagi 300K sekarang oom...secara OR aja udah 300K..
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by jivos »

ginting wrote: Tue Mar 26, 2019 7:38
ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 6:59
agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 5:18

gileeee naiknya tega banget A2K, nyesel juga tahun lalu gak jadi cat haisss

:mky_05:
Iya om, kayanya klo claim di asuransi yg rekanan a2k sunter jatohnya jd lbh murah ya hehe.. sy hitung klo seandainya per panel 300K, berarti kira2 ada 15-an panel x 300K, cuma 4.5jt ya.. separah2nya paling 5-6 jt :mky_01:
price list untuk ngecat sekarang mahal oom...
kalau kategori authorized workshop gitu, kalau pintu aja udah bervariasi antara 700 - 1 juta
kalau kap mesin bisa 1.2 juta
tergantung bengkel juga sih.
udah gak dapat lagi 300K sekarang oom...secara OR aja udah 300K..
300rb/panel ada um..cat duco sepanjang jalan salemba, ready siap ambil dlm 1jam..kering d jemur pinggir jalan. :weekk:

avg/panel d kisaran 600-700 itu excld di luar bidang panel yg lebar spt kap mesin, roof,dll bisa 1.5jt/panel....itu hrg begkl cat kls mediocre. diatasnya...lbh mahal lg.

siram full body oven...di 15jt an up utk small size, segede LC ya beda lg :mrgreen:

klo bisa ambil yg ngga perlu ngecat lg yg penting cat msh ori, krn pd saat proses bongkar pasang panel...ada resiko patah/rusak/tdk rapat t'pasang kembali.

bs d blg...semua minus yg dsbtkan diatas msh kategory minor utk semua kategori mobkas.
imo, agak over ribut cost printilan d dpn, yg utama
xterior ..ori lempeng kaleng/no x tabrak/dempul
interior.. panel" utuh n b' fungsi
mesin....normal n sehat
matic/diffrential/kaki" ..normal n baik.
bukan ex routine d pake offroad

ganti boot/seal/gasket...msh maklum utk takaran bli mobkas.

terakhir nemenin member dmari main cygnus preowned 2006FL tanpa liat fisik unit...hrg final d 258jt
IMG_3823.jpg
Last edited by jivos on Tue Mar 26, 2019 8:40, edited 4 times in total.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by F272 »

ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 6:59
agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 5:18
ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 5:11

Om agathos, barusan sy tanya a2k sunter, ktnya 30jt cat ulang LC cygnus.. ktnya per februari kmrn naik 100% :big_think:
gileeee naiknya tega banget A2K, nyesel juga tahun lalu gak jadi cat haisss

:mky_05:
Iya om, kayanya klo claim di asuransi yg rekanan a2k sunter jatohnya jd lbh murah ya hehe.. sy hitung klo seandainya per panel 300K, berarti kira2 ada 15-an panel x 300K, cuma 4.5jt ya.. separah2nya paling 5-6 jt :mky_01:
Bisa di coba ke :

Plaza Toyota Body Paint Karanggan
Loc : https://goo.gl/maps/tvX2BWZ8iyS2

Saya lihat disana banyak Lexus selain Toyota yang di kerjakan...

Saya sudah beberapa kali ke sana untuk beresin F272

Siapa tau lebih kompetitif... :mky_02:
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by mamat »

agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 5:51
iya om 105 full floating dan geometri suspensi belakang nya agak beda dari 100 series tapi kaykaknya sama 80 series juga (cm gak yakin 100% gak pernah bandingan langsung soalnya) makanya saya bilang frankenstein hahahaha. tapi panhard rod dan rear control arm 105 sama kayak 80 series bushing juga sharing sama. saya pake adjustable panhard dan control arm punya 80 series di 105. 80 series seinget saya ada yang full floatin juga sih.
Setau saya pun floating adanya di 80 series aja, rupanya di 105 series juga ada floating. Thanks infonya om agathos.
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

ginting wrote: Tue Mar 26, 2019 7:38
ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 6:59
agathos wrote: Tue Mar 26, 2019 5:18

gileeee naiknya tega banget A2K, nyesel juga tahun lalu gak jadi cat haisss

:mky_05:
Iya om, kayanya klo claim di asuransi yg rekanan a2k sunter jatohnya jd lbh murah ya hehe.. sy hitung klo seandainya per panel 300K, berarti kira2 ada 15-an panel x 300K, cuma 4.5jt ya.. separah2nya paling 5-6 jt :mky_01:
price list untuk ngecat sekarang mahal oom...
kalau kategori authorized workshop gitu, kalau pintu aja udah bervariasi antara 700 - 1 juta
kalau kap mesin bisa 1.2 juta
tergantung bengkel juga sih.
udah gak dapat lagi 300K sekarang oom...secara OR aja udah 300K..
Om ginting.. mksd sy 300K itu OR om :mky_01: jd mksd saya lebih baik kita masuk asuransi, trus baru kita claim om hehe.. :mky_01:
Last edited by ibenn on Tue Mar 26, 2019 10:06, edited 1 time in total.
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

jivos wrote: Tue Mar 26, 2019 8:40
ginting wrote: Tue Mar 26, 2019 7:38
ibenn wrote: Tue Mar 26, 2019 6:59

Iya om, kayanya klo claim di asuransi yg rekanan a2k sunter jatohnya jd lbh murah ya hehe.. sy hitung klo seandainya per panel 300K, berarti kira2 ada 15-an panel x 300K, cuma 4.5jt ya.. separah2nya paling 5-6 jt :mky_01:
price list untuk ngecat sekarang mahal oom...
kalau kategori authorized workshop gitu, kalau pintu aja udah bervariasi antara 700 - 1 juta
kalau kap mesin bisa 1.2 juta
tergantung bengkel juga sih.
udah gak dapat lagi 300K sekarang oom...secara OR aja udah 300K..
300rb/panel ada um..cat duco sepanjang jalan salemba, ready siap ambil dlm 1jam..kering d jemur pinggir jalan. :weekk:

avg/panel d kisaran 600-700 itu excld di luar bidang panel yg lebar spt kap mesin, roof,dll bisa 1.5jt/panel....itu hrg begkl cat kls mediocre. diatasnya...lbh mahal lg.

siram full body oven...di 15jt an up utk small size, segede LC ya beda lg :mrgreen:

klo bisa ambil yg ngga perlu ngecat lg yg penting cat msh ori, krn pd saat proses bongkar pasang panel...ada resiko patah/rusak/tdk rapat t'pasang kembali.

bs d blg...semua minus yg dsbtkan diatas msh kategory minor utk semua kategori mobkas.
imo, agak over ribut cost printilan d dpn, yg utama
xterior ..ori lempeng kaleng/no x tabrak/dempul
interior.. panel" utuh n b' fungsi
mesin....normal n sehat
matic/diffrential/kaki" ..normal n baik.
bukan ex routine d pake offroad

ganti boot/seal/gasket...msh maklum utk takaran bli mobkas.

terakhir nemenin member dmari main cygnus preowned 2006FL tanpa liat fisik unit...hrg final d 258jt
IMG_4195.jpg
Haha iya mksd saya 300K itu OR om.. bukan biaya nge cat hehe

Wih.. cygnus 2006 di 258jt kondisi gmn om?? Koq hrgnya miring bgt

Justru yg sy incer Cygnus hitam 2004, ini cat ori dan no penyok. Tp lumayan banyak baret dalem dan stone chip nya cukup banyak dan besar2 om.. jadi ga bs dipoles.. malah ada 2 panel yaitu pintu depan kiri dan fender yg cat nya ud botak, jd keliatan dasar nya
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by akbarfit »

Sedikit komentar ya om.. buat pertimbangan... kayaknya galau banget ya pilih barang dikombinasikan dengan tahun dan warna, serta kondisi mekanis mobilnya... hehehhe....

Saya punya SUV cap Nissin Monde Danish Cookies... eh.. Nissan, dimana pada tengah tahun produksi ada facelift besar-besaran (yang mana ini biasanya Nissan lakukan dengan banyak ubahan segi tidak kasat mata selain penampilan).

Hal terpenting buat beli suatu tipe kalo buat saya ya..
1a. Tahun
1b. Mesin
2. Interior
3. Kaki-kaki
4. Exterior.

urutan saya sih seperti itu karena :
Tahun akan menentukan sebuah mobil, saya rasa untuk mobil mahal setiap kenaikan tahunnya justru fitur dan intangible feature (fitur tidak kasat mata seperti electrical, peredaman, mechanical improvement, dsb.) akan semakin bertambah. Hal seperti ini biasanya tidak bisa ditambahkan sendiri, atau biasanya fitur akan saling berkaitan, contoh sederhana HID bawaan biasanya akan dilengkapi auto leveling yang biasanya diletakkan di arm belakang agar mengikuti load axis belakang yang akan bikin dongak kendaraan. Tambah sendiri di bengkel? Batok HID dan Lampunya mungkin ada, tapi belum tentu harness dan jalur tersedia. Airbag? VSC? Transmisi yang berbeda, mesin yang berbeda dsbnya dsbnya... Ini yang harus difikirkan sebetulnya..

Mesin harus dipastikan memang belum pernah bermasalah. Paling utama biasanya masalah overheat karena pasti akan menyebabkan paling tidak head cylinder pasti melengkung untuk mobil-mobil yang pake teknologi cyl head tertentu, dan lagi biasanya internal mesin yang lain bisa ikut deteriorasi walau belum terlihat pada saat dekat dengan kejadian tersebut. Atau reparasi yang walaupun mungkin sesuai dengan SOP service manual pabrikan, ukurannya dipastikan juga berubah karena perlu set-up ulang dari perbaikan tersebut. Perawatan mesin yang baik tentunya bisa dilihat dari history dan kebiasaan pemilik. Saran terbaik memang membawa seseorang yang sangat faham dengan engine (Head Foreman, Head Mechanic, atau yang berpengalaman).
Perbaikan kecil-kecil yang bersifat preventif terkadang bisa menyelamatkan efek lanjutan dari suatu masalah kecil dan murah. semisal bearing yang sudah mulai macet atau engine mounting yang sudah afkir membuat goyangan berlebih atau defleksi karet belt berlebih sehingga bikin putus belt(kasus ekstrimnya) misalnya...
Ada sebagian orang yang juga bilang, lebih baik KM tinggi sekalian (>200.000km) tapi maintenance jelas. Bisa diiyakan untuk opini yang satu ini karena memang mayoritas beberapa parts akan afkir di kilometer 150.000-225.000km. Ini mobil biasa pada umumnya, saya kurang tahu lagi kalo LC bagaimana apakah durabilitasnya lebih lagi... Monggo teman-teman yang punya dan penggiat LC bisa berkomentar.

Kedua hal diatas 1a dan 1b bisa saling tukar prioritas. Mesin yang baik tentunya akan menghindari masalah yang bikin puyeng akhirnya, Tahun yang muda tentunya bisa mendapatkan fitur yang lebih baik dan komplit serta pemakaian lebih rendah sebagai bonusnya.

Interior juga harus diperhatikan, perintilan interior jelas lebih banyak dan kecil-kecil serta ada kemungkinan spesifik lebih banyak dibanding eksterior. Termasuk kesehatan parts-parts mekanikal dan electrical harus diperhatikan juga karena biasanya lebih mahal, syukur-syukur ketemu padanannya yang lebih murah di tipe lain.

Kaki-kaki untuk rekondisi memang biasanya berkutat diantara karet-karet dan mekanis suspensi. Ini saya taruh nomor 3 karena sambil jalan masih bisa dibetulkan perlahan. Urgensinya hanya di bagian-bagian moving parts seperti boot driveshaft yang bocor seperti diatas. Ya yang seperti itu yang paling urgent tetapi lainnya masih bisa disusulkan berikutnya. Lagi-lagi... Perbaikan kecil-kecil yang bersifat preventif terkadang bisa menyelamatkan efek lanjutan dari suatu masalah kecil dan murah. Boot-boot yang berisi gemuk/grease yang harusnya bisa melumasi, karena pecah dan bocor, efek pelumasan ke gear-gear driveshaft berkurang, akhirnya gearnya rompal dan berkarat misalnya, berujung ganti driveshaft utuh kan ndlahom juga jadinya... Hahaha 400ribu vs 14juta misalnya... sama-sama angka empatnya tapi nilainya beda...

Exterior saya taruh paling akhir karena tidak jarang mobil harian yang rawatan mesinnya bagus banyak dibiarkan kondisi exteriornya karena dipake untuk alat perang harian. Memang tidak sedap dipandang, tapi andaikata mesin dan interior adalah jiwa dan sifat, eksterior yang sifatnya kosmetik masih bisa diperbaiki lebih mudah kan? Dan mengembalikan eksterior ke kondisi yang lebih baik serta melengkapi perintilan lainnya saya kira lebih mudah daripada prioritas-prioritas nomor-nomor diatas. Saya rasa kalo LC, paling gak lama juga sedikit-sedikit oprud kan... hehehe...

Just my 2 cents, hanya sekedar opini rakjat ketjil, hanya sekedar ngopi cangkruk sambil liat trit yang seru ini.


Semoga bisa membantu dan bisa menetapkan pilihan akhir serta puas dan gak bikin masalah nantinya.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.