BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

@mdid
sekali2 bole aja. Mungkin lain x, test dgn yg agak sebanding spt harrier 3.0 atau x5 4.0 atau cherokee, panas2in mereka. Setelah itu review nya taruh sini, seru drpd majalah.

@gmx
gw kurang tau nih seberapa kenceng nya pajero yg v6 3.0l, tp klo harrier 3.0ltr naik ke 180km nya mudah & body ga sebesar pajero. Mungkin tanding 320i atau 323i gitu, gw masih berani *pernah*. Tp klo lwn sedan yg udah 2.5ltr ke atas (kecuali camry 2.4) wah gw ogah deh. Gw pernah kejer2an dgn stream baru, ga nyangka kenceng pdhal 1.8ltr. Napas nya dia abis duluan emang, tp tetep aja kenceng utk ukuran segitu. Mungkin krn harrier gw jg udah tua. Pernah jg kejer2an ama New civic, kenceng jg tuh. Kayaknya klo utk tarikan bawah-tengah nih honda2 pd jago2, tapi klo udah napas panjang abis jg.

@risol 1
wah, keknya klo pajero v6 3.0 diadu ama 42ner/prado 2.7ltr, gw pegang pajero bro..
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

roadtrain99 wrote: @risol 1
wah, keknya klo pajero v6 3.0 diadu ama 42ner/prado 2.7ltr, gw pegang pajero bro..
betul om, gw beberapa kali dikejar fortuner, tp ga gw ceritain di sini, karena emang ngga ada ceritanya, not even close at all

om mdid,
saya blm sempet service 75rb nih, pengen juga sih carbon clean & injector clean, mohon info bengkel mana yg recommended untuk pajero tua ini ya, boleh bengkel resmi atau swasta, kali aja bisa lebih irit

sampai saat ini saya selalu ke MTB Sahardjo Tebet, belum ada keluhan, tapi pengen tau kali aja ada yg lebih bagus
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
klw dri data yg gw dpt engine 6G72 pajero GMX, tahun 91 powernya 155ps 235Nm, terus tahun 97 yg terakhir di gen2 powernya jadi 185ps 264Nm ... maknyus tuh... bedanya compresi naik jadi 9:1 dan nda tw juga nih di tulisnya yg ini 24valve nda tw yg sebelumnya brp valve..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

billy, kalo gw liat di manual booknya sih masih 155ps 235Nm kompresi 1:8.9 nih
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
mungkin punya om bearti engine sma dgn yg versi awal, yg 185ps yg terakhir jadi bodi masih gen 2 tpi engine kemungkinan udah ada penyempurnaan dan d pkai d gen3..

kompresinya 9:1 tpi kompresi naik dikit bisa ningkati power 30ps yah?kyanya setingan dan timing engine juga, jadi mesti pke pertamax...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Risol1 »

gmx wrote:billy, kalo gw liat di manual booknya sih masih 155ps 235Nm kompresi 1:8.9 nih
berarti walaupun hp kalah dari fortuner (159hp dan torsi 244Nm) dan tahun juga jauh lebih tua, tetep bisa memang lawan fortuner ya? hehe...ya berarti memang hebat mitsu :mrgreen:
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

gmx wrote:
roadtrain99 wrote: @risol 1
wah, keknya klo pajero v6 3.0 diadu ama 42ner/prado 2.7ltr, gw pegang pajero bro..
betul om, gw beberapa kali dikejar fortuner, tp ga gw ceritain di sini, karena emang ngga ada ceritanya, not even close at all

om mdid,
saya blm sempet service 75rb nih, pengen juga sih carbon clean & injector clean, mohon info bengkel mana yg recommended untuk pajero tua ini ya, boleh bengkel resmi atau swasta, kali aja bisa lebih irit

sampai saat ini saya selalu ke MTB Sahardjo Tebet, belum ada keluhan, tapi pengen tau kali aja ada yg lebih bagus
Kalo perawatan dan service berkala cukup di bengkel resmi, apalagi KM pajero GMx masih rendah. Daripada carbon clean dan injector dll meingat KM nya rendah tapi produksi tahun 90 akhir , mending cek part2 yang rentan rusak karena waktu seperti seperti seal2 oli di mesin, trasmisi. Cek bagian 4x4 yang pasti jarang dipakai seperti solenoid2 dan sensor apakah kendor, kotor dll cek juga breather di gardan depan dan belakang apakah mampet debu/retak lalu sistim pendinginan - radiator dkk.
Khusus bagian pendinginan pengalaman saya sering bermasalah dengan beberapa mobil mitsubishi seperti strada, kuda termasuk pajero dari type Gmx punya sampai mesin DiD. Cek kelenturan pipa, klem2, thermostat, water pump, visko fan, radiator dll. Karena usia sudah tinggi, kalau sampai kepanasan semua bagian diatas akan silih bergantian rewel. Segera ganti baru kalau ada yang secara fisik kelihatan tidak bagus.

Mau bersihin injector kenapa ? tarikan nya kurang ? boros dan getar? saringan bensin sering kotor ngak ? kalo bukan dan cuma mau akselarasi cepat pakai cara gampang ini, pindah handle 4x4 nya ke 4H. Apalagi kalo jalanan licin seperti musim hujan sekarang. Efek negatifnya kalo ngerem lebih jauh dan F/C nambah dikit . Tapi ini masih irit biaya daripada nambah tambahan ini-itu.

Pajero saya malah dengan 4H terus ,awalnya karena sering lupa pindahin ke 2H tapi lama2nya jadi dibiarin. Di majalah2 sering ditulis Super Select Mitsubishi terkenal, bisa pindah 2H ke 4L tanpa stop itu mah dulu tahun 80-90an sekarang hampir semua mobil bisa, tapi sebenarnya ada kelebihan lain yaitu bisa LANSUNG memilih SETIAP SAAT sistim pengerak 4x4 ke PART TIME dan FULL TIME.
Terus dengan super select itu, 4H nya mitsubishi mirip pengerak 4x4 subaru atau AWD, kebut2an di jalan tol atau jalanan licin karena hujan atau lumpur tipis Sip banget. Kelebihan AWD subaru untuk roda depan dan belakang perbandingan gigi diatur2 oleh ECU, sedangkan untuk Pajero sudah di set paten di 40:60. Lalu sudut belok roda depan dengan 4H masih sama seperti 2H, tapi kalo di 4L sudah beda.

Kebanyakan SUV 4x4 lain seperti X5, LC, ML, Jeep pakai full time, bahkan fortuner 4x4 yang baru sekarang full time. Kalo sering luarkota, beban berat, tanjakan terjal FULL time sih bagus banget, tapi kalo dalam kota seperti jakarta yang macet dimana2 dan sering stop n go maka sistim full time yang melibatkan banyak part bergerak jadi tidak efektif dan lebih boros dibanding part time.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

roadtrain99 wrote:@mdid
sekali2 bole aja. Mungkin lain x, test dgn yg agak sebanding spt harrier 3.0 atau x5 4.0 atau cherokee, panas2in mereka. Setelah itu review nya taruh sini, seru drpd majalah.

@gmx
gw kurang tau nih seberapa kenceng nya pajero yg v6 3.0l, tp klo harrier 3.0ltr naik ke 180km nya mudah & body ga sebesar pajero. Mungkin tanding 320i atau 323i gitu, gw masih berani *pernah*. Tp klo lwn sedan yg udah 2.5ltr ke atas (kecuali camry 2.4) wah gw ogah deh. Gw pernah kejer2an dgn stream baru, ga nyangka kenceng pdhal 1.8ltr. Napas nya dia abis duluan emang, tp tetep aja kenceng utk ukuran segitu. Mungkin krn harrier gw jg udah tua. Pernah jg kejer2an ama New civic, kenceng jg tuh. Kayaknya klo utk tarikan bawah-tengah nih honda2 pd jago2, tapi klo udah napas panjang abis jg.

@risol 1
wah, keknya klo pajero v6 3.0 diadu ama 42ner/prado 2.7ltr, gw pegang pajero bro..
Saat di tahun 97-2001, Pajero V6 3.0 gen 2 untuk jenis SUV lawan yang tangguh cuma Jeep Cherokee 4.0. Yang lain sebut Jimny, Taft GT, Trooper, hartop FJ40, LC 80 kalau perfoma on road putus semua dengan Pajero.

Kalo pajero 3.0 ama fortuner , kalo diadu start dari 0 KPJ pajero bisa kalah, tapi kalo u overtaking, atau akselasi pertengahan Pajero bisa menang. Meski tenaga dan torsi pajero lebih kecil dari Fortuner tapi ratio gigi 3 dan 4 Pajero pas sekali u kebut2an. Belum lagi fortuner A/T 4 speed biasa dan lebih tinggi.

Pajero 3.0 pernah juga kebut2an dengan Harrier 3.0, untuk harrier yang muncul di tahun 2000 dan 2001 lawan yang berat dan Pajero kalah di tikungan /jalan berbelok .
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

mdid wrote: Pajero saya malah dengan 4H terus ,awalnya karena sering lupa pindahin ke 2H tapi lama2nya jadi dibiarin. Di majalah2 sering ditulis Super Select Mitsubishi terkenal, bisa pindah 2H ke 4L tanpa stop itu mah dulu tahun 80-90an sekarang hampir semua mobil bisa, tapi sebenarnya ada kelebihan lain yaitu bisa LANSUNG memilih SETIAP SAAT sistim pengerak 4x4 ke PART TIME dan FULL TIME.
Terus dengan super select itu, 4H nya mitsubishi mirip pengerak 4x4 subaru atau AWD, kebut2an di jalan tol atau jalanan licin karena hujan atau lumpur tipis Sip banget. Kelebihan AWD subaru untuk roda depan dan belakang perbandingan gigi diatur2 oleh ECU, sedangkan untuk Pajero sudah di set paten di 40:60. Lalu sudut belok roda depan dengan 4H masih sama seperti 2H, tapi kalo di 4L sudah beda.

Kebanyakan SUV 4x4 lain seperti X5, LC, ML, Jeep pakai full time, bahkan fortuner 4x4 yang baru sekarang full time. Kalo sering luarkota, beban berat, tanjakan terjal FULL time sih bagus banget, tapi kalo dalam kota seperti jakarta yang macet dimana2 dan sering stop n go maka sistim full time yang melibatkan banyak part bergerak jadi tidak efektif dan lebih boros dibanding part time.
hehehe koreksi dikit om.. yg d bold.. 2H ke 4H kli yah? klw ke 4L sampai mercy ML tw rangerover jaman sekrang juga blm bisa.. masih tetep harus berhenti.. rationya terlalu berbeda seakan-akan pindah ke gearbox lain, jadi klw di hitung klw 5 speed sma dgn punya 10speed.. hehehe

tahun 80-90 yg menyediakan pilihan 2H-4Hpart-4Hfull-N-4Lpart mitsu dan jeep XJ atw wagoner SJ juga sudah ada..
bener untuk luar kota atw kecepatan tinggi sih mending nyalain aja 4Fullnya, ke FC malah d XJ sih hampir nda ngaruh tuh... cuma klw d jlan macet sih.. percuma klw bisa sih di matiin aja 5Cyld yg nyala tinggal 1 biar irit hehehe..

om mdid punya pengalaman pke subaru kah?? hehehehe... lgi kesemsem forester uy....

klw pajero gen 4nya om mdid sih jgn lawan XJ dunk... lawanya WK yg4.7 V8 klw nda yg SRT8 aja d jkt udah ada yg punya tuh warna hitam... hehehehe.... 420hp & 420Nm serem....

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

Hehehe, jadi ngomonging speeding pake bip SUV..

Om mdid, gimana beda rasanya antara pajero gen4 dgn X5, dulu kan pengen ganti X5..
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

mdid wrote: Saat di tahun 97-2001, Pajero V6 3.0 gen 2 untuk jenis SUV lawan yang tangguh cuma Jeep Cherokee 4.0. Yang lain sebut Jimny, Taft GT, Trooper, hartop FJ40, LC 80 kalau perfoma on road putus semua dengan Pajero.
kalo lawan cherokee 4.0 ga berani deh om, ampun
Risol1 wrote: berarti walaupun hp kalah dari fortuner (159hp dan torsi 244Nm) dan tahun juga jauh lebih tua, tetep bisa memang lawan fortuner ya? hehe...ya berarti memang hebat mitsu :mrgreen:
power to weight rationya gimana bro..
mdid wrote: Tutup radiator udah diganti belom ?
udah tadi siang om, beli 2 sekalian buat eterna. tadinya nyari di pasar cipete, yg pedagangnya klaim asli denso kok ga meyakinkan, akhirnya mampir sun motor mitsu fatmawati, ternyata emang beda banget materialnya
mdid wrote: Kalo perawatan dan service berkala cukup di bengkel resmi, apalagi KM pajero GMx masih rendah. Daripada carbon clean dan injector dll meingat KM nya rendah tapi produksi tahun 90 akhir , mending cek part2 yang rentan rusak karena waktu seperti seperti seal2 oli di mesin, trasmisi. Cek bagian 4x4 yang pasti jarang dipakai seperti solenoid2 dan sensor apakah kendor, kotor dll cek juga breather di gardan depan dan belakang apakah mampet debu/retak lalu sistim pendinginan - radiator dkk.
Khusus bagian pendinginan pengalaman saya sering bermasalah dengan beberapa mobil mitsubishi seperti strada, kuda termasuk pajero dari type Gmx punya sampai mesin DiD. Cek kelenturan pipa, klem2, thermostat, water pump, visko fan, radiator dll. Karena usia sudah tinggi, kalau sampai kepanasan semua bagian diatas akan silih bergantian rewel. Segera ganti baru kalau ada yang secara fisik kelihatan tidak bagus.

Mau bersihin injector kenapa ? tarikan nya kurang ? boros dan getar? saringan bensin sering kotor ngak ? kalo bukan dan cuma mau akselarasi cepat pakai cara gampang ini, pindah handle 4x4 nya ke 4H. Apalagi kalo jalanan licin seperti musim hujan sekarang. Efek negatifnya kalo ngerem lebih jauh dan F/C nambah dikit . Tapi ini masih irit biaya daripada nambah tambahan ini-itu.
udah general check up waktu km 60rb, banyak juga karet2 yang diganti, biayanya lumayan nguras rekening :mrgreen:

pengen nyoba tune up bersihin injector & carbon clean bukan karena masalah tarikan sih om, tapi karena:
- blazer temen saya abis carbon clean & bersihin injector jadi larinya lebih enak dan lebih irit
- waktu saya liat montir nyetel eterna, pake sensor panca indra, asapnya dirasain pake tangan & dibauin, distel sampai asapnya jernih nyaris tidak berbau, hasilnya tarikannya tetep nyuss.. saya bandingin dengan asap pajero, asap eterna lebih jernih, pajero lebih berbau, mungkin pembakaran kurang efisien. oli mesin ngga berkurang, jadi ngga ada masalah oli rembes ke pembakaran.. paddock bilang mungkin stelannya terlalu rich, jadi pengen tune up, tapi pake sensor beneran bukan panca indra :mrgreen:
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

billyd1773dz wrote:
mdid wrote: Pajero saya malah dengan 4H terus ,awalnya karena sering lupa pindahin ke 2H tapi lama2nya jadi dibiarin. Di majalah2 sering ditulis Super Select Mitsubishi terkenal, bisa pindah 2H ke 4L tanpa stop itu mah dulu tahun 80-90an sekarang hampir semua mobil bisa, tapi sebenarnya ada kelebihan lain yaitu bisa LANSUNG memilih SETIAP SAAT sistim pengerak 4x4 ke PART TIME dan FULL TIME.
Terus dengan super select itu, 4H nya mitsubishi mirip pengerak 4x4 subaru atau AWD, kebut2an di jalan tol atau jalanan licin karena hujan atau lumpur tipis Sip banget. Kelebihan AWD subaru untuk roda depan dan belakang perbandingan gigi diatur2 oleh ECU, sedangkan untuk Pajero sudah di set paten di 40:60. Lalu sudut belok roda depan dengan 4H masih sama seperti 2H, tapi kalo di 4L sudah beda.

Kebanyakan SUV 4x4 lain seperti X5, LC, ML, Jeep pakai full time, bahkan fortuner 4x4 yang baru sekarang full time. Kalo sering luarkota, beban berat, tanjakan terjal FULL time sih bagus banget, tapi kalo dalam kota seperti jakarta yang macet dimana2 dan sering stop n go maka sistim full time yang melibatkan banyak part bergerak jadi tidak efektif dan lebih boros dibanding part time.
hehehe koreksi dikit om.. yg d bold.. 2H ke 4H kli yah? klw ke 4L sampai mercy ML tw rangerover jaman sekrang juga blm bisa.. masih tetep harus berhenti.. rationya terlalu berbeda seakan-akan pindah ke gearbox lain, jadi klw di hitung klw 5 speed sma dgn punya 10speed.. hehehe

tahun 80-90 yg menyediakan pilihan 2H-4Hpart-4Hfull-N-4Lpart mitsu dan jeep XJ atw wagoner SJ juga sudah ada..
bener untuk luar kota atw kecepatan tinggi sih mending nyalain aja 4Fullnya, ke FC malah d XJ sih hampir nda ngaruh tuh... cuma klw d jlan macet sih.. percuma klw bisa sih di matiin aja 5Cyld yg nyala tinggal 1 biar irit hehehe..

om mdid punya pengalaman pke subaru kah?? hehehehe... lgi kesemsem forester uy....

klw pajero gen 4nya om mdid sih jgn lawan XJ dunk... lawanya WK yg4.7 V8 klw nda yg SRT8 aja d jkt udah ada yg punya tuh warna hitam... hehehehe.... 420hp & 420Nm serem....

thx
:beer:
@billy, thanks koreksinya maksudnya 4H.
Di Batam pernah bawa Forester 2.5T beberapa hari setelah itu ngak pernah lagi. Kencang tapi berisik banget.

Pajero gen4 belum pernah di adu XJ, apalagi ketemu SRT8 he he he. Kalo WK itu yang grand cherokee yang model cakep dan agak bulat ya ? Kalo itupun Pajero DiD gen 3 pernah jajal di tol jagorawi, terus terang ngak bisa motong cuma ngeliatin dari belakang terus :mrgreen: Tapi kalo yang gen4 bisa sejajar dan berani adu sprint deh :e-snooty:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

ow berisik yah? peredamnya kah? atw berisik suara "cuss cuss" nya? hehehe forester yg 2ltr asik jg tuh, AWD harganya bisa di bilang termurah 298jt.... g tw nih kualitasnya..

iya om WK grand yg pling baru... enginenya ada 5 macem tuh... dri
diesel CRD 3ltr V6 215hp & 376lb-ft(510Nm) Turbo with VGT
terus bensin
V6 3.7 210Hp 235lb-ft(315Nm)
V8 4.7 305Hp 334lb-ft(410Nm) DIS
V8 5.7 357Hp 389lb-ft(500Nm) HEMI MDS DIS peak power dri 2400rpm-5100rpm flat
V8 6.1 420Hp 420lb-ft(569Nm) HEMI MDS DIS 0-100 <5s
HEMI=bentuk kepala cyld yg hemisphere, d klaim mampu membuat pembakaran leih efisien dan menghasilkan suara yang khas.
MDS=Multi Displacement System jadi bisa matin 4 cyld klw tdk d perlukan.
DIS=Distrbutionless Ignition Sistem with Dual Two Spark plug(dua busi per cyld kya jazz I-DSI kli yah?)

herannya semua mesin bensin kec yg 6.1lr oktane minimalnya RON 87 alias bisa minum premium.. atau ethanol 85% cuma malu kli yah pke grand ngantri premium?

jauh jga dgn grand WJ mesin V8 4.7 tpi powernya hanya 235ps tpi musti pertamax...

sumbernya dri jeep.com

yg pasti klw blm ada ATPMnya susah nih nyari sparepartnya... hehehe

sorry oot..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

mdid wrote: Saat di tahun 97-2001, Pajero V6 3.0 gen 2 untuk jenis SUV lawan yang tangguh cuma Jeep Cherokee 4.0. Yang lain sebut Jimny, Taft GT, Trooper, hartop FJ40, LC 80 kalau perfoma on road putus semua dengan Pajero.
waduh..ya iyalah..jimny kan cuma 1000cc ahahaha, taft gt diesel lagi? ya abislah...trooper 2.3 bensin? waduh bences abis. hardtop fj40 ya udah jadul mesinnya jgn dibandingin kali hahahah...nah klo lc80 ya kalah lah diesel ama paj 3.0 bensin.
mdid wrote:Kalo pajero 3.0 ama fortuner , kalo diadu start dari 0 KPJ pajero bisa kalah, tapi kalo u overtaking, atau akselasi pertengahan Pajero bisa menang. Meski tenaga dan torsi pajero lebih kecil dari Fortuner tapi ratio gigi 3 dan 4 Pajero pas sekali u kebut2an. Belum lagi fortuner A/T 4 speed biasa dan lebih tinggi.
lho? kok malah kalah, kan lebih gede 300cc dari 42ner, apalagi 42ner bensin agak2 letoy mesinnya?
mdid wrote:Pajero 3.0 pernah juga kebut2an dengan Harrier 3.0, untuk harrier yang muncul di tahun 2000 dan 2001 lawan yang berat dan Pajero kalah di tikungan /jalan berbelok .
gw sekedar share pengalaman harrier 3.0 2001. Ini mobil kecil2 cabe rawit. Suv kayak lc atau pajero jgn diadu dgn harrier, kesian soalnya bongsor berat. Pernah odyssey nempel di tol sampe 160 mulai ngos2an menjelang 180kmh dia udah jauh. new civic (kenceng lho, jgn salah) klo ga krn gw ketutupan mobil dpn, dia blm bs lewat. new stream pernah jg (kenceng jg ini), 323i..pendeknya kejer2an dgn sedan yg dibawah 3.0 masih bisa.
gw serem klo ketemu x5 4.0 atau grand cherokee, wah super babon tenaga nya...harrier 3.0 v6 fourcam cuma 220hp torque 300nm. gw pernah test 0-100kmh sendiri sekitar 2-3x, dpt sekitar 9,7dtk taruhlah 10dtk, lumayan utk mobil usia 7thn. sayang, stop watch keburu distopin krn gw terusin ke top nya 180kmh..lumayan cepet..

mungkin skrg agak serem ketemu paj 3.8ltr ya..baru lagi..tenaga nya masih segerrr...
FortunerMan

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by FortunerMan »

mdid wrote:Kalo pajero 3.0 ama fortuner , kalo diadu start dari 0 KPJ pajero bisa kalah, tapi kalo u overtaking, atau akselasi pertengahan Pajero bisa menang. Meski tenaga dan torsi pajero lebih kecil dari Fortuner tapi ratio gigi 3 dan 4 Pajero pas sekali u kebut2an. Belum lagi fortuner A/T 4 speed biasa dan lebih tinggi.
Mungkin juga power-to-weight rationya timpang. Biar kalah output mesin tapi mungkin berat Pajero lebih ringan (karena mobil mahal aslinya)...pake bahan2 yg kuat dan ringan. Kalo Fortuner kan SUV murmer jadi biar kuat tapi berat. Apalagi kalo manual lawan matic...kadang matic konvensional kan suka bodo, buat yang nyetir santai2 aja.
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by shochu »

billyd1773dz wrote: hehehe koreksi dikit om.. yg d bold.. 2H ke 4H kli yah? klw ke 4L sampai mercy ML tw rangerover jaman sekrang juga blm bisa.. masih tetep harus berhenti.. rationya terlalu berbeda seakan-akan pindah ke gearbox lain, jadi klw di hitung klw 5 speed sma dgn punya 10speed.. hehehe
semua G class W463, mulai thn '93 sampe sekarang, bisa pindah ke low range sambil jalan lho.. :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
oh iya om... bener jg G-Klass bisa pindah ke 4L tampa berhenti.. tpi tetep mesti pelan kli yah? biar nda over rev saat pindah..

btw pindahnya mesti gmn? cukup d kopling (klw MT) atw mesti di netralin dulu?

kya ke 4H aja kah?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by shochu »

billyd1773dz wrote:^^
oh iya om... bener jg G-Klass bisa pindah ke 4L tampa berhenti.. tpi tetep mesti pelan kli yah? biar nda over rev saat pindah..

btw pindahnya mesti gmn? cukup d kopling (klw MT) atw mesti di netralin dulu?

kya ke 4H aja kah?

thx
:beer:

kalo ga salah inget dibawah 30 kpj
masukin netral, shift ke low range (sambil ngegelinding ok), baru masukin gigi lagi
kan full time 4WD, jadi pilihannya cuma H atau L :)
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

jadi ga semua SUV 4WD itu ada 2WD-nya ya? baru tau gw.. gw pikir semua yang 4WD itu ada 4x4 dan 4x2-nya

dasar gaptek nih gw..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

gmx wrote:jadi ga semua SUV 4WD itu ada 2WD-nya ya? baru tau gw.. gw pikir semua yang 4WD itu ada 4x4 dan 4x2-nya

dasar gaptek nih gw..
hah? ga ngerti gw...

klo yg full time berarti awd kan, tinggal h & L aja. Tp denger2 4wd beda dgn AWD..apanya ya...
sedangkan klo 4x4, msh bisa jadi rwd normal atau 2H lalu 4h dan 4L..setau gw gitu. apa bukan?
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

maksud gw, apa semua SUV yg kita omongin ini ada 2H-nya?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
tdk semua om...

rata -raya SUV modern tdk ada 2Hnya. kaya fortuner 4x4 jg sudah tdk ada 2Hnya.

jadi sehari2 jalannya fulltime alias AWD, terus bgtu butuh, tuas transfernya bwat mindahin ke 4Hpart dan 4Low. ada juga yang ke partimenya pakai tombol.

adapun bedanya AWD/Fulltime dgn 4WD/partime ada di differential tengahnya.

AWD differentialnya aktif mau 60:40 atau perbandingan axle dpn blkng brp pun bisa berganting keperluan, sehingga aman d pke d aspal/harian.

sedangkan 4WD differential tengahnya ngunci. sehinga perbandingan pembagian torsi depan bkngnya fix selalu 50:50. akibatnya sistem ini tidak di sarankan d gunakan di jalan raya karena akan sulit belok, sebaliknya d tanah traksinya lebih baik dan stabil.

ok om?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

betul, pakai 4h di jalan raya, terutama klo lagi muter U turn, sangat terasa beda, yaitu seperti tertahan. Tapi klo di tol lurus2 gitu aja ga terlalu terasa.
kayk vxr80, minimal seminggu sekali lah hub wheel depan di lock selama 60km walaupun ga masuk 4h, klo ga salah supaya jeroan dlm nya ikut olah raga hehehe...

gw sih yg tau pasti dan yakin, pokoke yg AWD boros deeh ahahah...
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

mestinya gw sekali2 periodically pake 4H, 4HLc & 4 LLc-nya ya, kadang2 sih gue pake, tapi jaraaaaang..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
coba dunk om..... hehehe

btw skrng lgi pembukaan SCOP sentul yah? ada yg kesana?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz