BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

^
biar ga cape, pk supir lebih enak bro hiihihih

soal awet ga nya, rata2 mobil sekarang 5-6thn br kena tie rod, bushing, ganti shock itu pun sering lewat jalan rusak. Kembali ke owner nya jg gitu. Cm klo sering dipegang supir, apalagi kalo yg asal, ya udah deh...

spr part mitsu bukannya terkenal mahal? kayak honda? soalnya mitsu agak jarang pasarannya di indo, apalagi kayak pajero. Istilahnya barang dikit harga otomatis naik gitu...

gw kurang ngeh nih soal pajero baru, 3.8ltr fc nya 1:4-5, berarti bensin?
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

roadtrain99 wrote:^
biar ga cape, pk supir lebih enak bro hiihihih

soal awet ga nya, rata2 mobil sekarang 5-6thn br kena tie rod, bushing, ganti shock itu pun sering lewat jalan rusak. Kembali ke owner nya jg gitu. Cm klo sering dipegang supir, apalagi kalo yg asal, ya udah deh...

spr part mitsu bukannya terkenal mahal? kayak honda? soalnya mitsu agak jarang pasarannya di indo, apalagi kayak pajero. Istilahnya barang dikit harga otomatis naik gitu...

gw kurang ngeh nih soal pajero baru, 3.8ltr fc nya 1:4-5, berarti bensin?
Kalau keluar kota mending nyupir sendiri, minimal human factor di tangan sendiri.

Pajero 3.8 adalah mesin bensin, dan 3.2 l mesin diesel CRD.

Harga parts mahal pertimbangannya lain, yang utama adalah ketersediaan parts ada /tidak, kalau tidak ada seberapa lama menunggunya.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

cruizer wrote:@mdid

kekeke ada vx80 terbalik ngejer pajero kok nunjuknye ke gout..hahaha..gara2 obrolan vx100 vs ipah...kesannye kek gout wakil toyota gitu kekekek...
itu tergantung orgnye jg kali. bs jg lg apes. vx80 yg body nye lebih tinggi dari pajero pasti beda ditikungan.
Biasanye yg kayak gitu, kurang bs mantesin, namanye jg suv bukan utk tarik2an gitu.

toyota yg gout tau, model vx100, alphard (yg pk suspension mode nye comfort/sport), harrier emang bantingannye empuk, tapi kaga limbung. Setau gout klo vx80, masih rada keras klo dibandingin ama yg model2 akhir. tapi ye balik lagi dah, versi empuk ama keras tiap org kan beda beda gitu..

ambil baru pajero nye, kena hrg berapaan skrg?? bensin ape diesel? slalom dan top speed test dong...ripiuw sekalian gituh..
@cruiser, mau curhat aja :shrug: :shrug: . Abis suka ketemu LC di jalan, LC nya didepan udah itu jalannya santai, dan kita mo cepat . kita minta jalan dan motong eh LC ngak ngasih jalan malah bajek gas lagi :2gunfire: :2gunfire:
Memang sih SUV ngak cocok buat tarik2an ,ngak kayak sedan. SUV punya bodyroll tinggi, body berat dan suspensi lembut, tapi kebanyakan SUV fullsize kaya LC yg tinggi dan gede suka merasa lebih unggul jadi mobil lain harus dibelakangnya dan dilarang mendahuluinya.

Pajeronya ambil yang bensin 3.8, 253 HP, type super exceed, dari showroom IU di pondok indah. Top speed cuma 180KPJ, tapi ditempuh 16-an detik.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

weleh 253hp..... maknyus tu...

top speed 180kpj itu d batasi yah? klw nda salah mobil JDM memang ada limiternya sampe 180kmh? klw nda bisa 200kmh++ nih...

wah klw udah d jalan cendrung "bigger rule" nda usah jauh-jauh sma SUV full size bus dan truk aja tuh... klw perjalanan jauh mereka suka nyebelin... ngambil jaln d tengah2 lah mw di susul malah tancap gas.. d tambah lgi suka berhenti tiba-tiba..... hehehe

tpi klw ada yang kesenggol yg besar juga yang d salahin....

klw kt orang jawa sih...
"wes sing waras ngalah"

hehehe

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

wew..oo bensin toh. boros jg ya. ck ck ck..
kenceng jg ya utk ukuran bongsor

he'eh tuh, mobil yg di jepun memang dpt speedo restriction smp 180kmh. liat aja tuh supra, gt-r, subaru, harrier..pokoke klo lsg import dr jepun pasti gitu.

bener kt billy, yg waras ngalah. hahaha..klo di tol yg depan ga mau dilewatin setelah di signalin berapa kali, lewat kiri nya aja...asal jgn jalur darurat.
Yg kayak gini, bus sering bgt, apalagi kijang rover/super. Ada tuh kemarin, kijang ga mau minggir, udah di dim in berapa kali, akhirnya gw lewat kiri. Terus dibelakang ada mobil box yg kenceng ngasih lampu ke kijang itu, tetep di kanan, ga mau minggir, pdhal dia pelan...

Ada lg tuh, kijang lagi hehehe..siang2 di kanan, padahal kiri nya kosong, ga mau minggir, gw balap lewat kiri pengen liat tampang supir nya, kaca sampingnya gelap, pas gw di depan dia, gw liat spion ternyata polisi seragam pula..ya ampiun..ga tau malu ..topi nya di dashboard lagi...di kanan tp pelan...
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by cruizer »

@mdid

hehehe..jadi curhat gitu yak...
itu emang ada aje org yg songong ga mo ngasih jalan, sering ketemu gituan apalagi di tol. jgnkan suv/bus, mobil kecil yg pelan aje sok di kanan banyak disini. Nah udah ketemu org kayak gitu, ditambah elo nye anti toyota, ya udeh jadi terakumulasi semua dah...jd nyorot nye setiap LC norak..hahahaha..
kaga semua lc owner arogan lah, tergantung driver nye ajelah, mungkin perasaan elo nye aja secara ga demen ama tyt..wajar ajeh..

kalo lg ketemuan yg kaga mau minggir, gout males paksa, paling lewatin dari samping nye agak deket, terus udeh di depannye kita pelanin deh, kadang misalnye gout kesel bgt, sekalian aje kejutin rem. Gout pernah gituin bus gede, kelabakan supir nye kekekeke...

apalg klo elo nye di daerah, kan udeh bilang sendiri org daerah ngasal bawa nye..ya udeh deh..

ow bensin ye, body gede, ditanjakkan ngacir kaga tuh.test dimane masukin 180kph di daerah?
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

mdid wrote: Maksudnya nambah unit pajero 2nd bukan yang baru. Gmx beruntung sekali bisa dapat yg bagus dan jarang dipakai, mungkin kalau sudah bosan boleh info.

Sebenaranya ada 3 alasan mau pajero lagi
- berpegian dari satu kota ke kota lain dengan Pajero tidak begitu capai dan lega dibandingkan kebanyakan SUV/ Dcab.
- mesin, transmisi, suspensi dan lain secara keseluruhan awet, bandel dan mudah dirawat di mana2. --pengalaman yang sudah setelah 5 tahun keatas paling ganti shockbreaker, bushing2 karet itupun kalau sering lewat jalan rusak.
- harga nya lebih terjangkau, terutama unit 2nd yang terdepresiasi banyak karena pasar

Nyarinya gen3, tapi kalo gen2 yg masih bagus juga mau meski jarang sekali ada, kalaupun ada kebanyakan jam terbang sudah sangat tinggi. FYI, pajero gen2 Gmx, asset bagus tuh, peminatnya di sumatra masih banyak.

Tutup radiator udah diganti belom ?
perlukah tutup radioator diganti? soalnya saya liat masih bagus, ngga ada bocor, karetnya juga bagus..

alasan saya pake pajero mirip2 dengan om mdid, gara2 liat FJ55-nya pemilik lahan BTS daerah fatmawati, dia bilang dari baru tahun 79 belum turun mesin! pengennya sih lc80, tapi belum mampu duitnya, untuk tahun yang sedikit lebih tua bisa dapet 2 unit pajero gen2 yang lebih muda :mrgreen:

emang sih di daerah banyak peminatnya, waktu itu baru selese transaksi, baru serah terima surat2, masih di rumah pemilik sebelumnya, udah ditawar lebih tinggi sama orang sumatra, kalo mau untung 10juta aja mungkin bisa, tapi saya bukan pedagang, dan kalo dijual pasti susah cari unit yang kondisinya sebagus pajero saya ini.

kayaknya ngga akan bosen om, atau bosennya masih lama, sekeluarga saya sampe om tante pakde bude sepupu2 sayang sama pajero ini, terutama nyokap, sampe dimodalin buat rebuild eterna supaya pajero ngga saya pake harian :mrgreen:
roadtrain99 wrote:^
biar ga cape, pk supir lebih enak bro hiihihih
betul om, walaupun saya suka banget driving, saya akui posisi paling enak di pajero gen2 adalah dibaris kedua sebelah kiri, itu posisi favorit nyokap hehehe..
FortunerMan

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by FortunerMan »

Foto2 mobil barunya dong om mdid...
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

FortunerMan wrote:Foto2 mobil barunya dong om mdid...
wah iya bener nih, fotonya dong om, yang gaya narcis hehehe
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

cruizer wrote:@mdid
ow bensin ye, body gede, ditanjakkan ngacir kaga tuh.test dimane masukin 180kph di daerah?
Torsinya pajero bensin memang lebih kecil dari yang diesel DiD; 34 kgf.m-2800rpm vs 37kgf.m-2000rpm, sedangkan Hp 252 vs 165, untuk tanjakan panjang ngak masalah untuk tanjakan pendek dan terjal mungkin akan beda karena rpm bensin lebih tinggian.

top speed 180kph di tol jagorawi dan lintas timur daerah PTP tulangbawang-sukadana, LAMPUNG tapi jarang topspeed karena kondisi jalan. Tapi yang sangat sensasional dan fun banget adalah AKSELARIS PERTENGAHANNYA, LUAR BIASA SEKALI. Meski tanpa turbo tenaga mengalir besar dan lancar, dibetot pada gigi berapapun akseralasi terasa sekali, tiap gas dibajek mobilnya nyodok terus. Jujur tidak merasa sedang bawa SUV besar. Belum lagi tiptronik, beda dengan versi KTB, versi IU ada paddle shift di stir. Pindah gigi jadi lebih cepat dan engine brake lansung terasa imbasnya rem jadi jarang dipakai dan momen gaya tidak hilang banyak. Ada yang jelek, karena asyiknya gaya nyetir jadi berubah moderat cenderung radikal. Kalau jalan di luar kota merasa mobil lain didepan jalannya lambat dan selalu memotongnya. Beberapa Suv seperti all new CRV, Xtrail yang dulu kalau pake Pajero Di-D haram diajak kebut2an sekarang tinggal cerita.

Pernah ketemu toyota prado Tx ltd , LC 120, thn 2007, plat nomor BK (Sumut) saat perjalanan ke Pekanbaru. Mungkin merasa bawa Prado, diminta jalan ngak mau ngasih. begitu jalan depan kosong gigi saya pindah manual di gigi 3, banting stir kekanan, lau bajek gas, adu sprint beberapa detik udah selesai overtaking, terasa gampang. Terus kasih prado nya lewat lagi, sesaat setelah agak jauh segera nyusul Prado, dan Prado tahu segera tancap gas juga tapi sekali lagi dengan pajero nya ngelewatin lagi. Dasar lagi iseng, Prado kita kasih lewat lagi, eh prado nya ragu2 dan tetap di belakang terus, sengaja mobil saya pelanin biar prado biar jalan dulu eh prado malah ikutan pelan jalan di belakang pajero tidak berani motong ...
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

si om iseng banget, tapi ada asiknya sih, dengan lawan yang sepadan.. kalo lagi gitu, nyonya gimana tuh om?
Naruto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat May 07, 2005 18:15
Location: Sby

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Naruto »

mdid wrote:
cruizer wrote:@mdid

kekeke ada vx80 terbalik ngejer pajero kok nunjuknye ke gout..hahaha..gara2 obrolan vx100 vs ipah...kesannye kek gout wakil toyota gitu kekekek...
itu tergantung orgnye jg kali. bs jg lg apes. vx80 yg body nye lebih tinggi dari pajero pasti beda ditikungan.
Biasanye yg kayak gitu, kurang bs mantesin, namanye jg suv bukan utk tarik2an gitu.

toyota yg gout tau, model vx100, alphard (yg pk suspension mode nye comfort/sport), harrier emang bantingannye empuk, tapi kaga limbung. Setau gout klo vx80, masih rada keras klo dibandingin ama yg model2 akhir. tapi ye balik lagi dah, versi empuk ama keras tiap org kan beda beda gitu..

ambil baru pajero nye, kena hrg berapaan skrg?? bensin ape diesel? slalom dan top speed test dong...ripiuw sekalian gituh..
@cruiser, mau curhat aja :shrug: :shrug: . Abis suka ketemu LC di jalan, LC nya didepan udah itu jalannya santai, dan kita mo cepat . kita minta jalan dan motong eh LC ngak ngasih jalan malah bajek gas lagi :2gunfire: :2gunfire:
Memang sih SUV ngak cocok buat tarik2an ,ngak kayak sedan. SUV punya bodyroll tinggi, body berat dan suspensi lembut, tapi kebanyakan SUV fullsize kaya LC yg tinggi dan gede suka merasa lebih unggul jadi mobil lain harus dibelakangnya dan dilarang mendahuluinya.

Pajeronya ambil yang bensin 3.8, 253 HP, type super exceed, dari showroom IU di pondok indah. Top speed cuma 180KPJ, tapi ditempuh 16-an detik.
Gila bener akselarasinya? Beneran itu ?
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

gmx wrote:
mdid wrote: Tutup radiator udah diganti belom ?
perlukah tutup radioator diganti? soalnya saya liat masih bagus, ngga ada bocor, karetnya juga bagus..
Sudah terjadi di banyak pajero gen 2 dan gen 3, tutup radiator kelihatan bagus tapi overheat hanya karena tutupnya macet. Untuk tahu tutupnya bagus/tidak tidak bisa lihat fisik dari seal karet dan per nya tapi di tes dengan semacam alat tekan yang ada di bengkel, disana bisa diukur tutup tersebut mulai buka pada tekanan berapa bar. Setelah pakai lama apalagi sering pakai jalan jauh, ini sangat riskan, karena tutup mendadak rusak tanpa gejala. Tahu2 indikator suhu di dashboard sudah tinggi dan rembesan air di bawah mesin, semacam T junction yang terbuat dari plastik pecah dan kalah duluan untuk melindungi mesin dan radiator tidak jebol. Air akan keluar banyak dari sini berapanya banyak dan sering air ditambahkan di radiator, mobil tidak bisa dipakai jalan lagi. Untuk membetulkan T jucntion ini harus membuka beberapa dak penutup dibawah mesin,yang mana susah dilakukan diluar bengkel dan peralatan lengkap sedangkan T junction yang berbentuk segitiga ini jarang tersedia di bengkel resmi, T junction ini tidak bisa dibypass lansung karena membagi air ke mesin dan intercooler, akhirnya di buatkan dari pipa tembaga/ kuningan daripada nunggu beberapa minggu dikirim. Kalo mo aman lagi cek termostat dan waterpump apabila pakai coolant tapi lama / jarang sekali diganti kemungkinan banyak endapan dari coolant yang mengangu kerja kedua komponen vital tadi.
Harga tutup radiator < Rp 50,000 dan sudah dipakai sekian tahun, luangkan waktu sedikit agar pajero tetap kesayangan Gmx dan keluarga .
gmx wrote: betul om, walaupun saya suka banget driving, saya akui posisi paling enak di pajero gen2 adalah dibaris kedua sebelah kiri, itu posisi favorit nyokap hehehe..
Kalo mau enak lagi ada 2 hal,
- pastikan kolong kedua kursi baris 1 kosong jangan isi apapun yang ngak perlu, sehingga telapak kaki penumpang baris kedua bisa masuk dan selonjor dengan nyaman.

- AC di panel depan pindahkan ke posisi bifrost , yang semburan angin ke kepala dan kaki penumpang. Bila dipilih setelan ini, pada penumpang baris kedua akan mendapat angin dingin di blower plafon atas dan angin hangat dari blower bawah konsol tengah. Pasti ibunda akan lebih nyaman dan hangat sepanjang perjalanan.
Untuk pajero gen 2, sayang untuk wadah penyimpan air masih kurang terutama untuk penumpang baris pertama ya.

Satu lagi, alasan kenapa orangtua, ibu2 gampang dan nyaman naik mobil ini meski tinggi karena ada pegangan tangan di sisi kiri atas yang sangat membantu saat naik turun mobil.
Pegangan tangan tambahan ini ada di semua pintu masuk kecuali pintu belakang.

Oli mesin sudah coba pakai 10W-40 belum ? ada beda ngak ?
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

gmx wrote:si om iseng banget, tapi ada asiknya sih, dengan lawan yang sepadan.. kalo lagi gitu, nyonya gimana tuh om?
Sebenarnya tidak sepadan, yang saya tahu Prado di Indo kebanyakan mesin 2.7 ltr, 160 Hp, A/T 4speed biasa. kalo pradonya yang versi 4.0 ltr baru sepadan. Mungkin pengemudi Prado yang ngak tahu mobil lain, kebanyakan yang beli toyota mikirnya jualnya nanti berapa :big_peace: .
Waktu itu yonya biasa2 saja dirumah :mad:karena tidak ikutan.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

mdid wrote: Harga tutup radiator < Rp 50,000 dan sudah dipakai sekian tahun, luangkan waktu sedikit agar pajero tetap kesayangan Gmx dan keluarga .
wah, gitu yah, besok saya ganti deh, kebetulan udah waktunya service 75rb km
mdid wrote: Oli mesin sudah coba pakai 10W-40 belum ? ada beda ngak ?
pernah om waktu saya ambil mobil itu di km 55rb, pemilik yang lama (pemilik ke-2) pake Castrol Magnatec 10w-40, trus di km 60-70rb saya ganti dengan Shell Helix Plus 10w-40 karena mobil saya sebelumnya selalu pake shell dan ngga ada keluhan. tenaganya enak, BBM lebih irit, tapi suara mesin sedikit kasar

saya baca di service record bengkel, pemilik pertama dulu pake Motul 15w-50, saya baca di manual book pajero mintanya 20w-50, dan saya baca di thread rangking pemilihan oli, thread yg sangat informatif dan bermanfaat sekali terutama karena kehadiran pak Penyu Turbo, bahwa oli 20w-50 cocok untuk dipake di jalan macet dan menjaga keawetan mesin, jadi di km 70rb saya kembali pake motul 15w-50. suara mesin jadi lebih lembut tapi BBM sedikit lebih boros. kata2 "menjaga keawetan mesin" ini yang membuat saya kembali ke oli 15w-50, karena sebisa mungkin saya pengen pajero ini last forever :mrgreen:
mdid wrote: Sebenarnya tidak sepadan, yang saya tahu Prado di Indo kebanyakan mesin 2.7 ltr, 160 Hp, A/T 4speed biasa. kalo pradonya yang versi 4.0 ltr baru sepadan. Mungkin pengemudi Prado yang ngak tahu mobil lain, kebanyakan yang beli toyota mikirnya jualnya nanti berapa :big_peace: .
saya juga pernah main seperti itu, atau lebih tepatnya "dimainin" seperti itu, tapi dia salah memilih kombinasi saya dan pajero saya sebagai lawannya :mrgreen:

waktu itu di cipularang, saya dan teman2 saya pulang dari kondangan teman saya dari bandung, di tol cipularang ada E320 masterpiece lari kenceng, saya tempel dibelakangnya. berapa lama mungkin dia gerah juga saya tempel terus gitu, dia minggir ngasih saya jalan tapi terus nempel di belakang saya nyoba2 nyusul lagi. saya jadi ngerasa dimainin ya udah saya bejek gas saya langsung saya tinggal. :big_smoking:

waktu itu kecepatan di 175-185 km/jam, padahal pajero isinya 6 orang dewasa, masterpiecenya isinya cuma dua orang

pajero V.6 3.0 isi 6 orang dewasa lawan E320 masterpiece isi 2 orang, sepadan ga ya? :e-whistle:

yg sepadan pernah juga di tol merak lawan harrier 3.0, saya cuma berdua teman saya pulang survey kabel laut di anyer.. teman saya sampe gemeteran ketakutan.. :mrgreen:

pengalaman saya dgn pajero baru di speeding nih, di offroad masih blank.. postingan billy sangat bermanfaat buat nambah2 pengetahuan ttg offroad.. :frm_salut:
FortunerMan

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by FortunerMan »

mdid wrote:Sebenarnya tidak sepadan, yang saya tahu Prado di Indo kebanyakan mesin 2.7 ltr, 160 Hp, A/T 4speed biasa. kalo pradonya yang versi 4.0 ltr baru sepadan. Mungkin pengemudi Prado yang ngak tahu mobil lain, kebanyakan yang beli toyota mikirnya jualnya nanti berapa :big_peace:
Waduh beda 1100 cc bos, 2.7 itu mah mesin mobil saya juga. Belon pernah liat Prado 4.0 V6 di Indonesia, itu bener baru lawannya. Kalo yang beli Toyota Avanza ya jelas dong mikirin resale value, mungkin uang gak ada nilainya bagi om mdid - tp buat sebagian besar rakyat Indonesia, uang masih dihitung. Kalo yang beli Toyota/Lexus harga > 1/2 milyaran pasti udah gak gitu pusing juga. Kalo saya sih sedeng2 aja...masih mikirin resale juga, reliability masih no.1.

Berikut review Jeep Commander vs Mitsubishi Pajero vs Toyota Landcruiser Prado http://www.overlander.com.au/vehicle_te ... o-vs-Prado
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

pembeli tyt ga selalu mikir hrg jual, terutama yg hrg nya udah 400jt ke atas spt lc, alphard harrier dan lainnya. Nah utk kasus lc, contoh aja spt lc vx80 dulu thn 95 hrg sekitar 130jtan baru, sekarang yg 97 bekas nya bisa 250-275jt, hrg masih kuat, krn demand masih ada dan peminat nya banyak. Dan memang udah melekat di otak org indo mesin toyota memang bandel. Sebekas2nya pembeli mobil ini jarang yg mikir hrg jual balik, krn sebagian ada yg ingin koleksi atau memang dipakai off road atau proyek atau sehari2.

soal hrg jual yg bagus, itu menurut gw bonus aja. Rasanya jarang ada org yg beli mobil lc milyaran tp masih bertanya, ntar jual nya berapa ya... Sama juga seperti pembeli mobil2 jerman yg hrg nya gampang "terjun payung".

klo avanza, ipah atau 42ner itu lain cerita lagi secara memang hrg nya ekonomis jd resale value masih jadi bagian consideration.

btw, prado yg tarik2an itu, bukannya mesin fortuner? yaelah, fortuner sama yang kecilan aja lewat, apalagi ama pajero 3.8ltr.
klo crv 2.4 masih bisa, atau harrier 3.0ltr, atau grand cherokee atau sama x5 4ltr.

@gmx
mungkin yg di e320 mikir..wah nih pajero lagi buru2 kali hahaha..makanya dikasih lewat. Yah gimana, dia sedan, kalo dia nekat, suv yg masih kisaran 3.0ltran dilalap lah. e320 lagi, itu pun kalo e320 betulan ya..mana tau kalo cuma emblem nya aja. o iya, jgn lupa, plat body europe kan tebel..ngaruh juga itu ke beratnya...

yg lawan harrier gimana kelanjutaannya?
FortunerMan

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by FortunerMan »

mdid wrote:
gmx wrote:Sebenarnya tidak sepadan, yang saya tahu Prado di Indo kebanyakan mesin 2.7 ltr, 160 Hp, A/T 4speed biasa.
Tapi kok yang dijual banyakan yang 3.0 D4D ya...apa ini online aja? http://mobil.kapanlagi.com/toyota/land_ ... prado.html Lagi nyari yg 2.7 harga miring...mudah2an cari2 di Kemayoran lebih banyak stok...
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

FortunerMan wrote:
mdid wrote:
gmx wrote:Sebenarnya tidak sepadan, yang saya tahu Prado di Indo kebanyakan mesin 2.7 ltr, 160 Hp, A/T 4speed biasa.
Tapi kok yang dijual banyakan yang 3.0 D4D ya...apa ini online aja? http://mobil.kapanlagi.com/toyota/land_ ... prado.html Lagi nyari yg 2.7 harga miring...mudah2an cari2 di Kemayoran lebih banyak stok...
@fortunerman,
prado di kapanlagi.com coba lihat lagi mesin nya ditulis 4.0 lt meski title atas ditulis 3.0.

FYI saya pernah naik Prado 2.7 Tx ltd dan duduk dibaris kedua lama saat di jalan lurus dan mulus terasa lebih pusing dibanding penumpang baris pertama. Mendingan naik fortuner karena semua sudah sudah coil spring, dibandingkan prado masih live axle di belakang kecuali sering offroad. Kalo mo nyari Prado 2nd mending yg 3.0 diesel karena (hanya) suspensi belakang bisa di naik turunkan dan di atur kekerasannya. Yang banyak di pasaran kayaknya yang 2.7 ltr deh bukan 4.0 atau 3.0 diesel.

Kalo lihat LC 200 dan new RAV 4 yang sudah keluar, kayaknya Prado ngak lama akan nyusul mungkin harga Prado sekarang akan terkoreksi lagi.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Risol1 »

gmx wrote:saya juga pernah main seperti itu, atau lebih tepatnya "dimainin" seperti itu, tapi dia salah memilih kombinasi saya dan pajero saya sebagai lawannya :mrgreen:

waktu itu di cipularang, saya dan teman2 saya pulang dari kondangan teman saya dari bandung, di tol cipularang ada E320 masterpiece lari kenceng, saya tempel dibelakangnya. berapa lama mungkin dia gerah juga saya tempel terus gitu, dia minggir ngasih saya jalan tapi terus nempel di belakang saya nyoba2 nyusul lagi. saya jadi ngerasa dimainin ya udah saya bejek gas saya langsung saya tinggal. :big_smoking:

waktu itu kecepatan di 175-185 km/jam, padahal pajero isinya 6 orang dewasa, masterpiecenya isinya cuma dua orang

pajero V.6 3.0 isi 6 orang dewasa lawan E320 masterpiece isi 2 orang, sepadan ga ya? :e-whistle:

yg sepadan pernah juga di tol merak lawan harrier 3.0, saya cuma berdua teman saya pulang survey kabel laut di anyer.. teman saya sampe gemeteran ketakutan.. :mrgreen:

pengalaman saya dgn pajero baru di speeding nih, di offroad masih blank.. postingan billy sangat bermanfaat buat nambah2 pengetahuan ttg offroad.. :frm_salut:
wah kalo di jalan mulus (tol) gitu mah E320 lebih ngacir daripada pajero 3.0l....dimasukkin diatas 210kpj masih bisa itu E320.

kalo lawan harrier 3.0....Hmm, IMO: kalo tingkat kenekatan supirnya sama, kayaknya masih menang harrier 3.0 jg deh kalo di tol yg mulus.
apalagi harrier itu kan sebenernya sedan yg ditinggiin (monokok), pasti lebih enak di high speed aspal dibanding SUV ladder frame (pajero gen2), juga kalo diliat dari dimensi dan berat, kayaknya harrier lebih kecil dan lebih enteng :mrgreen:

Mungkin lawan yg sepadan fortuner 2.7 kali.....walaupun fortuner kalah gede di mesin dan power (2.7l 4 cyl), tapi dibayar dengan umur yg lebih muda (biasanya mobil yg umurnya lebih dari 10 tahun output powernya juga menurun), bodi sama2 gambot.....hehehe....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:@gmx
mungkin yg di e320 mikir..wah nih pajero lagi buru2 kali hahaha..makanya dikasih lewat. Yah gimana, dia sedan, kalo dia nekat, suv yg masih kisaran 3.0ltran dilalap lah. e320 lagi, itu pun kalo e320 betulan ya..mana tau kalo cuma emblem nya aja. o iya, jgn lupa, plat body europe kan tebel..ngaruh juga itu ke beratnya...

yg lawan harrier gimana kelanjutaannya?
jah udah dicomment sama bro roadtrain :mrgreen:
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

roadtrain99 wrote: btw, prado yg tarik2an itu, bukannya mesin fortuner? yaelah, fortuner sama yang kecilan aja lewat, apalagi ama pajero 3.8ltr.
klo crv 2.4 masih bisa, atau harrier 3.0ltr, atau grand cherokee atau sama x5 4ltr.

@gmx
mungkin yg di e320 mikir..wah nih pajero lagi buru2 kali hahaha..makanya dikasih lewat. Yah gimana, dia sedan, kalo dia nekat, suv yg masih kisaran 3.0ltran dilalap lah. e320 lagi, itu pun kalo e320 betulan ya..mana tau kalo cuma emblem nya aja. o iya, jgn lupa, plat body europe kan tebel..ngaruh juga itu ke beratnya...

yg lawan harrier gimana kelanjutaannya?
@roadtrain99 dan @gmx, kayaknya bukan sikap yang bagus kalo SUV dipakai untuk tarik2an atau siapa sepadan ngelawan siapa apalagi kalau jalan di tol atau jalan dalam kota yang relatif ramai, tapi sesekali OK lah :big_peace:

Memang asyik dan memicu adrenalin saat di kecepatan tinggi apalagi mengalahkan mobil lain. Saya ikut beberapa safety driving training yg pernah di adakan Shell dan Ford jadi tahu dan sadar banyak yang tidak boleh dilakukan pengendara di jalan untuk keselamatan kita dan keselamatan pengendara yang lain. Kalo saya speeding dan share di forum ini, itu saya lakukan di luar kota yang jalan nya relatif sepi dan motif mendahului mobil lain bukan mau cari lawan dan ngajak kebut2an apalagi meingat SUV yang tinggi dan berat cenderung limbung di kecepatan tinggi terlebih bukan di jalan lurus.

Saya juga suka sepeda gunung, malah dengan sepeda lebih asyik kebut2an atau offroad ke trek tanah becek dan terjal. Saya selalu bawa sepeda di mobil kalo ke perkebunan dan tempat baru, saat survey atau masuk ke trek jelek yang abis disiram hujan kadang saya pakai sepeda, yang mana dengan SUV / D cab belum tentu gampang lewat. Dengan sepeda ketemu medan sesulit apapun masih bisa lewat selama kaki kita dapat pijakan, maksud nya kalo jalan jelek, licil, terjal ya turun dari sepeda dan tuntun saja he he he... tapi yang penting lebih cepat dan gampang bonus sehat. kekurangan sepeda jarak tempuh tidak bisa terlalu jauh karena modalnya dengkul .

Rekan rekan lain di SM, ada juga yang suka sepeda gunung - MTB ?
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

roadtrain99 wrote: @gmx
mungkin yg di e320 mikir..wah nih pajero lagi buru2 kali hahaha..makanya dikasih lewat. Yah gimana, dia sedan, kalo dia nekat, suv yg masih kisaran 3.0ltran dilalap lah. e320 lagi, itu pun kalo e320 betulan ya..mana tau kalo cuma emblem nya aja. o iya, jgn lupa, plat body europe kan tebel..ngaruh juga itu ke beratnya...

yg lawan harrier gimana kelanjutaannya?
hehehe.. sekilas waktu gw susul E320, waktu sebelah2an, gw liat nyonya si E320 udah mulai ngambek tuh om, makanya minggir :mrgreen:

lawan harrier seri, sama2 masuk pom bensin di km 45 barengan, saya isi bensin, dia ke toilet :big_peace:
mdid wrote: @roadtrain99 dan @gmx, kayaknya bukan sikap yang bagus kalo SUV dipakai untuk tarik2an atau siapa sepadan ngelawan siapa apalagi kalau jalan di tol atau jalan dalam kota yang relatif ramai, tapi sesekali OK lah :big_peace:
sekali2 aja boleh kan om, saya jalan di tol luar kota yg bisa speeding juga cuma sekali2, biasanya ada speed limiternya :big_slap:

tenang om, di training safety defence driving di kantor, saya dapet nilai paling bagus, trainernya ngasih compliment ke saya :big_smoking:

ngeri sih emang speeding pake SUV bongsor, no. 1 killer ya..
FortunerMan

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by FortunerMan »

mdid wrote:@fortunerman,
prado di kapanlagi.com coba lihat lagi mesin nya ditulis 4.0 lt meski title atas ditulis 3.0.

FYI saya pernah naik Prado 2.7 Tx ltd dan duduk dibaris kedua lama saat di jalan lurus dan mulus terasa lebih pusing dibanding penumpang baris pertama. Mendingan naik fortuner karena semua sudah sudah coil spring, dibandingkan prado masih live axle di belakang kecuali sering offroad. Kalo mo nyari Prado 2nd mending yg 3.0 diesel karena (hanya) suspensi belakang bisa di naik turunkan dan di atur kekerasannya. Yang banyak di pasaran kayaknya yang 2.7 ltr deh bukan 4.0 atau 3.0 diesel.
Fortuner juga live axle di belakangnya om...live axle pake coil spring, alias...the exact same suspension setup. Kalo Hilux baru pake per daun. Yang 3.0 Diesel iya pastinya lebih OK, cuman harganya pasti lebih mahal....dan mau masuk juga mesin (1KD-FTV) itu di Hilux (cuman 320 juta pula). Yang 2.7 dah cukup buat saya, gak pernah ngebut juga...

Mana foto2nya om Mdid...kan gak seru liat foto brosur doang kite2. Comfort featuresnya juga...buat ngayal aja. Versi KTB udah 900 juta masih dipangkas pangkas juga ya..cape dech...kalo full version kaya om jadinya mendekati LC 200 baru ya (1,4M?)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
iya btul suspensi blkng forti ma prado sma2 rigid axle pke coil spring...depannya juga sma, double wishbone pke coilovershock

cuma kyanya tunenya beda, forti kan 7s klw prado 5s, sehingga di forti di buat lebih keras..

om mdid bilang suka pusing naik prado kemungkinan karena suspensi blkngnya di tune lebih empuk sehingga body rollnya lebih terasa, sedangkan forti pernya lebih keras namun jadi stabil..

cmiiw

iya nih... picnya mana yah.... lgi actnya juga dunk...

forti/prado yg 4ltr V6 1GR-FE 239 & 377Nm bru ni lawanya pajero gen 4 tpi powernya kyanya tetep klah nih..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz