BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

maap nih oot

iya, gw thn kemarin liat fj cruiser di ivan motor. pas liat, wah depannya kok hardtop bgt. Tp ternyata fj cruiser bukan penerus seri fj dan bukan bagian dari landcruiser fam. sedangkan fj 40 (soft top dan hardtop) merupakan moyangnya landcruiser yg sekarang2...mungkin klo ada yg pernah pake hardtop ada tulisan 'landcruiser' di samping kap mesin..hehe..jadi inget pas toyota blm ganti logo...cmiiw

back to topic

udah ah, org ngomongin x5 ml ama jero
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

kalo udah ada billy n om mdid, 4x4 apa aja juga diomongin
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by imsus2c »

last weekend saat nganter santi saya ke bengkel spesialis mitsu, saya lihat ada pajero warna putih gading terparkir dengan manisnya. Saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama :oops: :mrgreen:

Karena buru2, saya ga sempet tanya2, baru sesampainya di kerjaan sy langsung search di internet, kira2 pajero yg sy lihat tu seperti gambar dibawah (warnanya juga loh...). Di grill mesinnnya ada emblem tulisan GDI trus di bonnet samping bawah spion ada tulisan (kalo gasala) super exceed.

Tolong dong para SM yg tahu seluk beluk pajero ini dikupas habis disini yah... :thanks:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

om imsus,
itu pajero generasi 3 seperti pajero om mdid yang versi bensin, kalo pajero mdid versi diesel, masuk ke indo mulai tahun 2000. GDI singkatan dari Gasoline Direct Injection. Kalo 3000cc enginenya 6G72 6 cyl V6, sama dengan engine pajero saya tapi injection systemnya beda. ada juga engine 3500cc 6 cyl V6. untuk yang diesel atau Di-D 3.2 sudah dibahas di thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7683 share dari om mdid yang piara versi ATPM GLS dan versi IU Super Exceed. mungkin om mdid, billy dan om2 lainnya bisa menambahkan.

om mdid,
om imsus aja bisa jatuh cinta pada pandangan pertama, om mdid malah mau ganti :shrug:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
hehehe iya itu wujud pajero yang di perdebatin d treat ini.......... dri knp sampai ingin di ganti sampai pajero vs VX100.... hehehe :D :D :D

yang GDI lebih murah pasarannya dri yang DiD, beda sampai 50jt.. dan yang GDI mesinnya kyannya jarang sparepartnnya yah? 3.5ltr? mending ambil yang diesel deh...

btw, sya lihat d youtube, gtu kyannya kemampuan oprut X5 gen1 kurang yah? kaki2nnya sedan bngt "stiff" stabil sih, buat ngebut tpi giliran ketemu jalan gelombang mudah sekali hilang traksi.... takutnnya om, mdid lgi ke kebon, terus hujan besar, kejebak, biasa pke pajero lancar ntar pke X5 bermasalah? sama2 FISS sih, tpi punnya pajero tetep lebih lentur dan ada lowgirnnya.

kecuali memang, lebih bnyak d pkai ngebut sampai light sih sip bngt nih..... klw X5 yg gen 2 sih.... beda lagi, xDrive2 nya jauh lebih responsif tu...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by imsus2c »

gmx wrote:om imsus,
itu pajero generasi 3 seperti pajero om mdid yang versi bensin, kalo pajero mdid versi diesel, masuk ke indo mulai tahun 2000. GDI singkatan dari Gasoline Direct Injection. Kalo 3000cc enginenya 6G72 6 cyl V6, sama dengan engine pajero saya tapi injection systemnya beda. ada juga engine 3500cc 6 cyl V6. untuk yang diesel atau Di-D 3.2 sudah dibahas di thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7683 share dari om mdid yang piara versi ATPM GLS dan versi IU Super Exceed. mungkin om mdid, billy dan om2 lainnya bisa menambahkan.

om mdid,
om imsus aja bisa jatuh cinta pada pandangan pertama, om mdid malah mau ganti :shrug:
ooh...gitu yah... :thanks:
mungkin krn yg sy lihat kemarin tuh masih klimis, terawat betul...makanya jadi jatu cinta hehehe :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:^^
btw, sya lihat d youtube, gtu kyannya kemampuan oprut X5 gen1 kurang yah? kaki2nnya sedan bngt "stiff" stabil sih, buat ngebut tpi giliran ketemu jalan gelombang mudah sekali hilang traksi.... takutnnya om, mdid lgi ke kebon, terus hujan besar, kejebak, biasa pke pajero lancar ntar pke X5 bermasalah? sama2 FISS sih, tpi punnya pajero tetep lebih lentur dan ada lowgirnnya.

kecuali memang, lebih bnyak d pkai ngebut sampai light sih sip bngt nih..... klw X5 yg gen 2 sih.... beda lagi, xDrive2 nya jauh lebih responsif tu...

thx
:beer:
om billy, tanya dong..koq kalo SUV jaman dulu, bantingannya keras semua? seperti CJ, FJ, SJ.. tapi kalo sedan bantingannya lembut, empuk.

nah, jaman sekarang malah kebalik.. SUV yang lembut dan empuk (boleh lah dibilang lentur), tapi kalo sedan malah kaku, keras?

kenapa ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by GTR »

SUVnya apa aja...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
om billy, tanya dong..koq kalo SUV jaman dulu, bantingannya keras semua? seperti CJ, FJ, SJ.. tapi kalo sedan bantingannya lembut, empuk.

nah, jaman sekarang malah kebalik.. SUV yang lembut dan empuk (boleh lah dibilang lentur), tapi kalo sedan malah kaku, keras?

kenapa ya?
ok sya coba jwb sebisanya yah...

gini om benar kalau di bilang lentur itu berarti bersuspensi nyaman dan lembut/empuk. tapi itu tidak sepenuhnya benar. lentur itu bearti, kaki2nya harus mampu "melar" berartikulasi menyesuaikan medan/bidang pijaknnya. sehingga roda senantiasa mendapat traksi.

SUV jaman dulu seperti FJ,CJ,jimny bersuspnsi keras akibat, alasan ketangguhan dan saat itu teknologi coil spring belum secanggih sekarang, production cost pun jadi tinggi. suspensi keras ini membuat, kemampuan jelajahnnya jadi berkurang, karena suspensi sulit menyesuaikan artikulasi utk menapak tanah. namun, sekarang sistem suspnsi SUV jadul mudah saja di buat jauh lebih lentur dari suv modern manapun juga (kec yg masih pke teknologi jadul). ini akibat sistem suspensi rigid yang sebenernya bisa berartikulasi hampir tak terbatas. beda dengan SUV sekarang, yang umumnya bersuspensi independent. gerak main artikulasinya terbatas panjang swing arm. mau di modifikasi gimanapun juga, kalau masih pakai sistem FISS tidak akan selentur sistem rigid. hasilnya kalau di bilang SUV sekarang mampu meredam guncangan dan berkaki lebih lentur dari SUV jadul hal ini tdk sepenuhnya benar.

masalahnya definisi empuk/nyaman/lembut juga luas bukan hannya dari guncangan dan kelenturan saja, ke sunyian kabin bebas dari suara2 kaki,mesin dan luar juga ikut mempengaruhi sugesti dri rasa empuk itu sendiri.. sering jip jadul bersuspensi leaf spring yg sudah d tune ulang. sebenernya suspensinya sudah empuk (di geber di jalan gelombang/oprut masih mantap apa lagi klw nda di bilang suspnsinya yahut?)tapi kabin tidak terisolir dengan baik, tiap ada goncangan bodi berderik, segala bunyi kedenger tentu saja kerasanya tidak nyaman, dan d bilangnya keras....

kalau sedan jaman dulu, memang asli buat kenyamanan, suspensi empuk dan lentur, untuk kebutuhan jalan raya.. dan saat itu mobil blm bnyk yg bisa melaju dengan sangat kencang. sehingga suspensi empuk tidak terlalu menggangu handling. kalau sekrang sedan 1500cc sja sudah bisa lari sampai 170kmh dengan bodi kecil agar tetap aman dan stabil maka di buat suspensi yang lebih keras dan kaku, dengan jarak main sedikit. sehingga tercipta pengendalian yang akurat. sekerasnya2 juga tetep sja orang bilang lebih enak naik sedan ini di banding suv jadul.

suv sekarang lebih empuk juga enggak sepenuhnya benar, pernah nganterin temen dia pke Xtrail 2ltr 4x2 sya pke XJ. dri luar aja kelihat, goyangannya yang x trail jauh lebih banyak, saat ada lubang xtrail langsung nunduk, danban blkng ke angkat keudara untung enggak kepater. XJ lewat sana bodi tetep datar namun suspensi menekuk menyesuikan lubang. jadi tidak terasa ada lubang.

ini karena suspnsi xtrail kompromi dengan keperluan handing di kecepatan tinggi.. jadi tetep mesti di buat kaku.

pernah testdrive jip FJ40 temen, dia bangun tu mobil dari sasis selama hampir 1 tahun. kaki-kaki asli leaf spring yg dia racik sendiri, d buat memang sebagai city slicker, transmisi matic mesin 1KZ-TE. begitu masuk tutup pintu. waduh.... suara kabin sangat terisolasi,suara motor di samping pun tdk terdengar nyalain mesin, deru diesel berhasil di redam, sampai hannya terdengar deru halus enggak kalah dengan inova d4d juga. sya bawa keliling2 komplek lewat pasar, jalan bolong2 bagai kena meteor. di sini yang sya kagumin, tiap masuk lubang, bodi tetap datar, kalu di kebut yang terasa hannya goyangan ringan.. bgtu d tanya habis brp buat bangun ni mobil.. dia cuma nyengir.... waduh..

waduh semoga enggak tambah pusing baca postingan sepanjang ini... kalau ada yg kurang jelas, langsung sja kita diskusikan lagi...

hehehe om mdid nda apa apakan bicaraiin ini d treat om?hehehe

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

Full Independent Suspension System VS Full RIGID Axle

artikulasi suspnsi hiline...
Image
perhatiin roda tetep melekat erat d tanah sedangkan bodi tetap stabil.

yang ini hummer H1 dengan suspensi full independent suspension sistem (FISS)
Image
ban belakang ngankat hilang traksi, kalau sudah seperti ini, yang d dalam pasti tidak nyaman dan mobil sangat rawan terbalik...
pajero gen2
Image
kalau d pajero suspnsinya Independent Front Ssuspnsion, hasilnya bisa memadukan ke handalan,ketangguhan dan kelenturan rigid d suspensi belkang dengan, kestabilan,handling, dan kenyamanan d jalan aspal d kecepatan tinggi d suspnsi depan. kelemahan suspensi depan dalam berartikulasi di bayar oleh suspensi belakang yang bisa lebih lentur. namun tetap aja ada saat2 ban depan terpaksa mengankat..

walau d trek bergelombang seperti di indonesia, suspensi independent kurang efektif, tapi di medan gurun, dengan pasir dalam dan lembek, namum relatif rata. FISS bisa lebih unggul, karena kolongnya lebih rapih rata/flat serta groundclearence tinggi. minim hambatan seperti d bonggol axle rigid, yang melintang besar d bawahnya, bisa lebih rawan nyangkut dan jadi hambatan dalam melaju. tak heran humvee d gunakan d AS untuk nyerang irak dan pajero menjadi jawara d paris dakar.


klw d XJ
http://i282.photobucket.com/albums/kk24 ... VD_032.jpg
http://i282.photobucket.com/albums/kk24 ... VD_005.jpg
ini kaki2 standar semua lho d ganjel dan lepas stabilizer saja......

SUV modern yang FISS "mengakali" kelemahan artikulasi ini, dengan kontrol traksi, jadi saat ban lepas dri tanah, tu ban langsung d rem, jadi torsi d pindahin ke ban yang punnya traksi mobil jadi masih bisa maju. tapi tetep saja tidak se nyaman dan aman yang bannya tetep melekat d tanah.

di sini kelenturan suspensi benar-benar d uji. dalam pemakaian normal, semakin lentur suspnesi, bearti punnya jarak main yang panjang, dan gerak main roda kanan dan kiri bisa berbeda. tidak terikat oleh stabilizer/swaybar seperti di sedan2 dan suv modern.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by imsus2c »

billyd1773dz wrote: kalau d pajero suspnsinya Independent Front Ssuspnsion, hasilnya bisa memadukan ke handalan,ketangguhan dan kelenturan rigid d suspensi belkang dengan, kestabilan,handling, dan kenyamanan d jalan aspal d kecepatan tinggi d suspnsi depan. kelemahan suspensi depan dalam berartikulasi di bayar oleh suspensi belakang yang bisa lebih lentur. namun tetap aja ada saat2 ban depan terpaksa mengankat..

walau d trek bergelombang seperti di indonesia, suspensi independent kurang efektif, tapi di medan gurun, dengan pasir dalam dan lembek, namum relatif rata. FISS bisa lebih unggul, karena kolongnya lebih rapih rata/flat serta groundclearence tinggi. minim hambatan seperti d bonggol axle rigid, yang melintang besar d bawahnya, bisa lebih rawan nyangkut dan jadi hambatan dalam melaju. tak heran humvee d gunakan d AS untuk nyerang irak dan pajero menjadi jawara d paris dakar.

di sini kelenturan suspensi benar-benar d uji. dalam pemakaian normal, semakin lentur suspnesi, bearti punnya jarak main yang panjang, dan gerak main roda kanan dan kiri bisa berbeda. tidak terikat oleh stabilizer/swaybar seperti di sedan2 dan suv modern.

thx
:beer:
hehehe...kayaknya sdh mulai ngeh dikit nih....thanks to meneer billy...
btw, spt yg ditulis diatas, pajero (dan hummer) lebi cocok di medan gurun, nah trus yg lebih cocok dengan medan negara kita (bergelombang dan berlumpur) kira2 jenis SUV/off-roader yg kayak mana apa yah,... meneer billy? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

@billy

sekali lagi .... :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:

kemaren2 gw jd agak o'on kalo billy ngomongin FISS dan IFS, sekarang jelaslah..
Last edited by gmx on Thu Dec 04, 2008 13:51, edited 1 time in total.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

imsus2c wrote: ooh...gitu yah... :thanks:
mungkin krn yg sy lihat kemarin tuh masih klimis, terawat betul...makanya jadi jatu cinta hehehe :mrgreen:
om, biasanya pajero yg dipake di dalam kota masih klimis (kayak pajero gw hehehe), karena bisa dibilang termasuk mobil hobby, jadi yg punya pasti ngerawat, at least punya driver buat ngerawat pajeronya. beda lagi ceritanya kalo pajero yg dipake sebagaimana mestinya seperti tujuannya pajero dibuat, yaitu buat proyek atau kebon..

kayak om mdid, udah pake pajero dua generasi
lonelyguy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by lonelyguy »

Yg pasti...

Pajero 2008, ML350 & X5... sama-sama mengadopsi Suspensi Full-Independent dpn+blkg (kompromi buat on-road & off-road)...

klo LandCruiser.. walau terbaru sekalipun... masih pake Solid-Axle di suspensi belakangnya... klo nikung pasti limbung.. namun lebih mudah perawatan kaki-kakinya...

:beer:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

imsus2c wrote: hehehe...kayaknya sdh mulai ngeh dikit nih....thanks to meneer billy...
btw, spt yg ditulis diatas, pajero (dan hummer) lebi cocok di medan gurun, nah trus yg lebih cocok dengan medan negara kita (bergelombang dan berlumpur) kira2 jenis SUV/off-roader yg kayak mana apa yah,... meneer billy? :e-think:
wah. jgn d panggil meneer.. ane buka orang belanda hehehe..... :D :D :D

kalau kita bicara d kondisi terburuk yah di negara kita yang tercinta ini, dgn ke adaan alam hutan hujan tropis, dengan kontur tanah bergelombang dalam, tentu butuh, mobil yang punnya suspensi yang selentur mungkin kya "karet" yg bisa melar, agar bisa terus mejejak ke tanah, agar selalu dpt traksi dan aman..

kalau ada medan lumpur, (mud bogger) asal datar, FISS & IFS bisa unggul, karena kolong mobil yang minim hambatan itu. tapi begitu ada kontur tanah yang bergelombang, mulai ada ban yang ngankat bisa repot. selain itu, FISS groundclearencenya tidak fix. karena axlenya mengikat ke gardan, dan ikut mengayun seiring guncangan an beban. hati2 saat ngayun bisa terbentur sesuatu.

beberapa contoh mobil yg beredar d indo dgn sistem suspnsinya
Rigid : Keluarga landcruiser except prado 90,120,Lc 100 dan 200, defender, CJ,XJ,YJ,TJ,ZJ,WJ,taft except F73 & F78,nissan patrol GQ,disco gen 1 & 2
IFS : Taft F73/8,pajero gen 1 & 2,Trooper,prado,fortuner,rush/terios/taruna,Vitara gen 1 & 2,sportage,terrano,everest. D-cab strada ranger,triton frontier dll..
FISS: escape,santafe,captiva, pajero gen 3 & 4,xtrail,CRV,GV gen 3,BMW,Rangerover, Disco gen 3, audi Q7, toareg dll...

oyah di atas kita bicarakan d kondisi terparah.. waduh.. jgn2 jadi enggak pede nih sma mobilnya, biar yakin hayu atuh kpn kita ke sentul/poncab? yang pakai FISS atw IFS juga nyantai aja kok, seru tuh sensasinya bgtu ngerasain ban ada yang ngangkat d foto juga keren tu aman kok.. asal dimanapun juga stay cool.....

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

billyd1773dz wrote: oyah di atas kita bicarakan d kondisi terparah.. waduh.. jgn2 jadi enggak pede nih sma mobilnya, biar yakin hayu atuh kpn kita ke sentul/poncab? yang pakai FISS atw IFS juga nyantai aja kok, seru tuh sensasinya bgtu ngerasain ban ada yang ngangkat d foto juga keren tu aman kok.. asal dimanapun juga stay cool.....
januari ya..

sabtu kemarin gw n adik ke poncab, blm mau turun, baru mau liat2 aja, wong bawa eterna ga bawa pajero.. ada beberapa FJ40 lagi turun, kita liat aja dari jauh, asik ya..

om imsus di sby sih ya
FortunerMan

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by FortunerMan »

Kalo Fortuner 4x2 ban standar mampus ya kalo ke Pondok Cabe bro billy? Ada gak trek cemen buat beginner hehehe...buat main2 aja
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by imsus2c »

billyd1773dz wrote:
imsus2c wrote: hehehe...kayaknya sdh mulai ngeh dikit nih....thanks to meneer billy...
btw, spt yg ditulis diatas, pajero (dan hummer) lebi cocok di medan gurun, nah trus yg lebih cocok dengan medan negara kita (bergelombang dan berlumpur) kira2 jenis SUV/off-roader yg kayak mana apa yah,... meneer billy? :e-think:
wah. jgn d panggil meneer.. ane buka orang belanda hehehe..... :D :D :D
:mrgreen: gapapa toh.... disini banyak yg dipanggil; pak, oom, mas, koh, kang, dll... tapi blom ada yg pake "meneer", makanya biar saya yg pake ajah... :e-whistle:
billyd1773dz wrote:kalau kita bicara d kondisi terburuk yah di negara kita yang tercinta ini, dgn ke adaan alam hutan hujan tropis, dengan kontur tanah bergelombang dalam, tentu butuh, mobil yang punnya suspensi yang selentur mungkin kya "karet" yg bisa melar, agar bisa terus mejejak ke tanah, agar selalu dpt traksi dan aman..
oyah di atas kita bicarakan d kondisi terparah.. waduh.. jgn2 jadi enggak pede nih sma mobilnya, biar yakin hayu atuh kpn kita ke sentul/poncab? yang pakai FISS atw IFS juga nyantai aja kok, seru tuh sensasinya bgtu ngerasain ban ada yang ngangkat d foto juga keren tu aman kok.. asal dimanapun juga stay cool.....
thx
:beer:
kalo bicara terparah...saya sudah coba semua...push to the limit mobil saya, tapi ingat meneer...saya bicara "yg terparah" disini untuk konteks SUV 4x2 loh....hehehe :mrgreen: jangan disamakan dgn persepsi meneer billy yg sdh biasa membajak lumpur...wekekeke...
sy hanya coba mo test setangguh apa SUV korea (punya saya), dan ternyata sanggup disiksa sampe habis-habisan (tentunya masih dalam batasan SUV 4x2), dari tanah liat, pasir vulkanis, naik-turun gunung sampe terjang banjir 50 cm...sudah tak cobain hehehe...semuanya ada di thread santafe

tapi jujur aja meneer billy, saya seumur-umur blom pernah ngerasain trek offroad, sekali naik mobil 4x4 (Toyota FJ40/hardtop) waktu iseng2 jelajah lautan pasir bromo di musim kemarau...pasirnya lembut, sempat keperosok beberapa kali sampe harus aktifkan 4L-nya (bener ga ya...?)

tapi setelah baca-baca testimoni-nya meneer billy, kalo di lautan pasir vulkanis bromo, mungkin lebi cocok pajero daripada FJ40 kali yah? :e-think: sayang, 100% persewaan offroader disana hanya sediakan FJ40 yg tuwirr... mungkin kl pake pajero masih kemahalan (termasuk servis/spare-parts-nya)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by imsus2c »

gmx wrote:
billyd1773dz wrote: oyah di atas kita bicarakan d kondisi terparah.. waduh.. jgn2 jadi enggak pede nih sma mobilnya, biar yakin hayu atuh kpn kita ke sentul/poncab? yang pakai FISS atw IFS juga nyantai aja kok, seru tuh sensasinya bgtu ngerasain ban ada yang ngangkat d foto juga keren tu aman kok.. asal dimanapun juga stay cool.....
januari ya..

sabtu kemarin gw n adik ke poncab, blm mau turun, baru mau liat2 aja, wong bawa eterna ga bawa pajero.. ada beberapa FJ40 lagi turun, kita liat aja dari jauh, asik ya..

om imsus di sby sih ya
wah...bisa ngebayangin nih...pasti sudah menggebu-gebu pengin menceburkan diri juga yah..? :mrgreen:

posisi saya sebenarnya ga di surabaya downtown kok...saya ada di perbatasan mojokerto-pasuruan-sidoarjo, itu loh...kira2 13-17 KM dari lokasi semburan lumpur Porong... :shrug:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

imsus2c wrote:
kalo bicara terparah...saya sudah coba semua...push to the limit mobil saya, tapi ingat meneer...saya bicara "yg terparah" disini untuk konteks SUV 4x2 loh....hehehe :mrgreen: jangan disamakan dgn persepsi meneer billy yg sdh biasa membajak lumpur...wekekeke...
sy hanya coba mo test setangguh apa SUV korea (punya saya), dan ternyata sanggup disiksa sampe habis-habisan (tentunya masih dalam batasan SUV 4x2), dari tanah liat, pasir vulkanis, naik-turun gunung sampe terjang banjir 50 cm...sudah tak cobain hehehe...semuanya ada di thread santafe

tapi jujur aja meneer billy, saya seumur-umur blom pernah ngerasain trek offroad, sekali naik mobil 4x4 (Toyota FJ40/hardtop) waktu iseng2 jelajah lautan pasir bromo di musim kemarau...pasirnya lembut, sempat keperosok beberapa kali sampe harus aktifkan 4L-nya (bener ga ya...?)

tapi setelah baca-baca testimoni-nya meneer billy, kalo di lautan pasir vulkanis bromo, mungkin lebi cocok pajero daripada FJ40 kali yah? :e-think: sayang, 100% persewaan offroader disana hanya sediakan FJ40 yg tuwirr... mungkin kl pake pajero masih kemahalan (termasuk servis/spare-parts-nya)
alow om.... hehehe santafe juga keren lho..... kan ada yg 4x4 om? yg 2,7ltr yah? sya rasa untuk ke gurun bromo santafe 4x2 om, masih bisa masuk kok, klw waktu sya ke bromo dulu, d dlm sana rupannya bnyk angkutan kota atau elf yang pastinnya 4x2 hehehe.... asal, drivernya bisa milih2 jalur, lewat bekas pasir yg sering di lewati jadinnya kan keras dan aman..

hehehehe soal di sana pke FJ40 sya kira bukan masalah cocok tidak cocok di jalur oprut, lebih ke tersediaan part dan harga part di pedalaman... gimanapun juga, FJ40 tetep aja di anggap lebih tangguh, dan mudah di oprek2 & d akalin klw rusak, d banding pajero.. se tidaknnya dlm sudut pandang masyrakat supir d bromo itu.
btul sekali om.. klw pke pajero bisa sekali jalan 1jt tuh.... pke fj40 aja klw nda salah 400rb yah? hehehe tpi mungkin aja bikin usaha, trip k bromonya yg eksekutif, pke pajero di kemas sekalian nuansa rally gitu d gurun bromo kyannya asik tuh...



hayu atuh om.. coba aja, klw nda salah di poncab/sentul ada trek 4x2nya juga.. tpi klw lagi musim hujan gini sih.... bisa ribet tuh..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Abu2 »

waduh, kaki2 taft hiline nya mantep tuh....

kalo bawaan mobil kaki2nya full independent kayak GV, gak memungkinkan dibikin kayak Hline itu ya Om Billy...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
bisa aja om.. d swap jadi rigid axle pke punnya hiline itu.. FISSnya di gusur semua... kya karimun estilo yg d IIMS kemarin..

bisa tuh,ntar jadi GV gen 3 ajaib.... kalau ada tumpukan pasir di pinggir jalan di lindesin bodi enggak miring sma sekali... hehehe

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by ibar78 »

ada yang kenal pajero item 2005 item BxxxxRD jenis diesel ga....? :frm_bang_head: waktu minggu cara bawa mobilnya mengerikan kayak sopir bus mayasari.....kasih sein kanan, tahu2 ke kiri......dah di kiri, lihat kosong ke kanan motong parah ke keluar, eh ga jadi lagi dan motong lagi ke kiri ke arah tol ancol, dari tol tangerang.

coba gw lagi bawa pajero juga, bener2 gw salip deh..lecet2 dah.....untung aja gw bawa sedan punya bokap, n ada nyokap n histeris jeritannya....sialan...gw kejar ke ancol buset, ngebut banget tuh mobil.......kayak kesetanan......plus ama panther mau nyium spion gw.....ada mobil patroli alim, pas ngelewatin kayak setan lagi.... :upss:
:popcorn:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

supir kebelet kali mas...
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by cruizer »

trit nya udah mentok ye..bingung ngomongin ape lagi..kekeke..apa Ts nye udeh beli yg baru?