SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 23 Apr 2014, 16:13

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 39 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 30 Oct 2008, 21:29 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 30 Jul 2008, 22:48
Posts: 11
dear All,

saya punya kijang LGX 2001 diesel. tarikan awal sampai mencapai 100 km/jam enteng, tapi setelah itu terasa berat sekali..setelah dicoba maksimum (AC dimatikan dan tanpa penumpang) kecepatan maksimum hanya 135 km/jam dna itupun mesin sudah meraung-raung dan rpm sudah tidak mau naik lagi (gigi 5 pada rpm +/- 4700 rpm).

Lalu saya mencoba panther LS 2000 milik teman (non turbo m/t) serasa lebih kencang tarikan atasnya.

mohon tanggapan teman2 apakah LGX diesel saya normal atau memang boyo dan perlu di tune up.

terima kasih.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Oct 2008, 21:43 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Tunggangan saya selama 3 tahun sampai bbrp bulan lalu kijang diesel LSX 2002, ga susah kok untuk sampe ke 160kpj dengan AC nyala, coba kijangnya di tune up dulu om. tapi saya ngga ada saran apanya yg di tune up, dulu biasa terima beres


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2008, 00:35 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7331
pointone wrote:
dear All,

saya punya kijang LGX 2001 diesel. tarikan awal sampai mencapai 100 km/jam enteng, tapi setelah itu terasa berat sekali..setelah dicoba maksimum (AC dimatikan dan tanpa penumpang) kecepatan maksimum hanya 135 km/jam dna itupun mesin sudah meraung-raung dan rpm sudah tidak mau naik lagi (gigi 5 pada rpm +/- 4700 rpm).


1. Gimana kondisi filter solar ?
2. Udah pernah purging ?
3. Ukuran bannya brp ?
4. Baut suplai solar di pompa injeksi masih segel atau dah pernah disetel ?

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2008, 18:14 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
wah padahal gue ngincer kijang diesel juga,.
klo panther touring ma LGX diesel lebih recommend mana bos Turboman?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Nov 2008, 10:30 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 04 Jul 2007, 13:16
Posts: 243
Location: Java
dulu gue pernah pake LGX diesel 2001, ban ukuran standar bawaan pabrik, di tol mentok2nya 145 kpj..
saran gue sih coba filter2nya dibersihin dulu, terutama filter udara. mesin diesel itu setau gue sensitif sama kebersihan filter2nya.

tapi menurut gue, mesin 2L Kijang kapsul ini memang nafasnya 'pendek', untuk lari 120 kpj di gigi 5, mesinnya udah meraung di 3800 rpm, padahal redlinenya cuma 4800 rpm, bisa dihitung sendirilah berapa top-speednya kalo mesin bisa sampe redline.

kalo bro pointone 130 kpj tapi rpm udah 4700 rpm, kayanya udah yang nggak pas tuh, apa mungkin bannya udah diganti ukurannya lebih kecil, jadi mesin udah 'meraung' di kecepatan yang lebih rendah.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Nov 2008, 12:56 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7331
Speedo kapsul Diesel pas tepat dgn ban ukuran 195/65 R 15 (diukur pake Garmin Nuvi)

Kalo mau lari lebih kenceng ganti ban dgn diameter lebih besar atau ganti final drive-nya, tapi konsekuensi tarikan bawah jadi sedikit lebih berat.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Nov 2008, 15:42 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
paddock wrote:
wah padahal gue ngincer kijang diesel juga,.
klo panther touring ma LGX diesel lebih recommend mana bos Turboman?


kijang, tiada duanya..

serius nih, gw recommend kijang diesel.. gw jg pernah ngincer kijang diesel untuk keluarga gw, ter-eliminasi oleh mobil gw yg sekarang


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2008, 10:52 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 30 Jul 2008, 22:48
Posts: 11
Thanks teman2..

filter udara dan filter solar baru aja diganti baru. cuman memang asap agak hitam (kl pas oper gigi).

tarikan bawah seh super enteng, cuman setelah 100 km/jam tarikan berat.

kemaren itu sempet ada rembes oli (posisi di dekat filter oli) lalu di bawa ke bengkel terus diperbaiki katanya ada selang yang bocor.

selebihnya seh mesin dari dulu tidka pernah mogok atau turun mesin, cuman ya sekarang itu paling bisa lari 120 -130 km/jam itupun mesin sudah meraung raung dan gigi perseneling bergetar hebat.

kenapa ya?

oh iya. sekarang ini mobil sudah jalan 220.000 km.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 06:56 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10334
Location: betawi barat
pointone wrote:
oh iya. sekarang ini mobil sudah jalan 220.000 km.

Sedikit nanya n usulan neh bro:

Apa nt dah pernah ganti plat kopling n temen2nye?. :e-think: :e-think:

Kebetulan boil ane juga kijang diesel, tapi th 97. Yg ane dah lakukan adalah mengganti injector dg yg 4 lubang (aslinya 2 lubang), trus puli ac juga diganti, spy tarikan lebih enteng (ukuran ane kaga tau, tapi bisa ane tanyakan).
Klo boil ditarik ampe diatas 140 km/jam oke2 aja tuh, n tarikan juga mantapppp......... (untuk ukuran kijang diesel yah), jangan dibandingkan dg sedan.

Mudah2an bisa membantu.

btw klo pas ganti ban sebaiknya pilih yg profil 60, spy tarikan jadi terasa lebih enteng. Klo di bawah itu memang bisa lbh enteng, tapi ada resiko klo pas kena lubang jadi repot.


Last edited by sjamsul on 04 Nov 2008, 07:02, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 06:58 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
ada nggak sih bengkel/mekanik diesel yg instingnya udah terasah dg very good?
maksdunya, kalau kita bawa ke dia, lalu dia dengarkan suara mesinnya... nah, dg itu saja sudah cukup baginya utk memberikan diagnose yg cukup tepat.

soalnya, gw cukup sering denger mesin (terutama 2L), yg suaranya beda2.
ada yg nyaring, ada yg mendem, ada yg haluuus, ada yg begini, ada yg beginu...
yg suara mesinnya paling benar tu yg gimana ya?
:angel:

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 07:06 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10334
Location: betawi barat
andy1800 wrote:
ada nggak sih bengkel/mekanik diesel yg instingnya udah terasah dg very good?
maksdunya, kalau kita bawa ke dia, lalu dia dengarkan suara mesinnya... nah, dg itu saja sudah cukup baginya utk memberikan diagnose yg cukup tepat.

soalnya, gw cukup sering denger mesin (terutama 2L), yg suaranya beda2.
ada yg nyaring, ada yg mendem, ada yg haluuus, ada yg begini, ada yg beginu...

Agak susah juga cari ahli kayak gitu, tapi ane ada sedikit masukan bos, wlp ane bukan ahlinye.

Pada boil ane klo pagi (mesin masih dingin), suara mesin agak nyaring (krn injector dah diganti yg 4 lubang). Tapi klo dah dipake sebentar, suara mesin jadi normal / lbh halus, wlp tidak sehalus 42ner... hehehe......... :big_peace: :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 07:13 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
:big_weee:

itu die juragan...
gw pernah coba 2L dg suara yg beda...
satunya dg suara "ctang-ctang-ctang" cukup nyaring, spt ada logam yg beradu....
sdgkan yg satunya lbh halus...
tp kebetulan, yg suaranya "ctang-ctang-ctang" tu kok malah berasa lbh bertenaga ya...

itu injector 4 lobangnya dari Denso jg, jur ?

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 07:21 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10334
Location: betawi barat
andy1800 wrote:
:big_weee:

itu die juragan...
gw pernah coba 2L dg suara yg beda...
satunya dg suara "ctang-ctang-ctang" cukup nyaring, spt ada logam yg beradu....
sdgkan yg satunya lbh halus...
tp kebetulan, yg suaranya "ctang-ctang-ctang" tu kok malah berasa lbh bertenaga ya...

itu injector 4 lobangnya dari Denso jg, jur ?

Kemungkinan dia dah pake injector spt ane punya, emang klo dibandingkan dg standar suara mesin jadi agak nyaring.

Betul bro. :big_smoking:

btw ada 1 lagi neh, klo dah dirubah jadi 4 lubang (injectornya), sebaiknya timing dirubah sedikit.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 08:02 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
ngubah timing nya gimana ?
mainin timing beltnya ?

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 08:40 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
mobil keluarga disel gitu 120kph aja udah cukup lah...ngeri tebalik..blon lagi remnya ABS..asal brenti sukur :D
di top speed dengan low gearing (high rpm) = boros disel
peak torque sekitar di 2500-3000an, ga guna jg dipaksa ke redline

rasanya gearingnya si kijang udah ditune begitu tuh...biar akselerasi lebih enak, bisa bawa beban berat, kuat nanjak, mengorbankan top speed..
rubah2 injektor bisa aja tapi kalo jadi rich gimana..cumi2 dong. rasanya ga guna kalo ga dibarengi modipikasi lain..(apa lagi yang bisa dirubah ye?)
denger2 sih bisa tuning di injection pump, tapi relatip mahal
paling2 direkondisi aja, tune up, setel injeksen pamp, filter2..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 10:02 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7331
pointone wrote:
oh iya. sekarang ini mobil sudah jalan 220.000 km.


mengingat odometer mobil maka yg penting & utama adalah Revitalisasi mesin & Powertrain dulu.

Btw ada yg belum dijawab neh
1. Udah pernah purging belom ?
2. Ukuran ban yg skg dipake brp ?

Lalu juga :
1. Udah cek kondisi bearing2 di sekitar puli belom ?
2. Udah pernah kuras tangki & cuci sedimenter ?
3. Udah cek kondisi bearing roda ?
4. Kondisi pompa injeksi masih standard atau udah di oprek ?

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 12:06 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10334
Location: betawi barat
andy1800 wrote:
ngubah timing nya gimana ?
mainin timing beltnya ?

Memang agak sdikit repot. Pake alat khusus (spt meteran yg ada jarumnye). Standard ukuran timing antara 86 - 96. Dirubah ke angka 110. Itu aja yg ane tau sewaktu dikerjakan di salah satu beres. Hasilnya lbh mantaff bro, tarikan jadi enteng banget.
Selain itu sekali2 pompa injeksi bahan bakar diserpis n saringan solar ama saringan udara dijaga perawatannya.

Klo timing belt pada kijang diesel kaga bisa diapa2in, paling2 diganti tiap 100 rb km (menurut std kijang). Tapi ane ganti tiap kira2 80 rb km, biar lebih aman. :mrgreen:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 12:32 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 02 Jan 2008, 00:15
Posts: 196
pointone wrote:
dear All,

saya punya kijang LGX 2001 diesel. tarikan awal sampai mencapai 100 km/jam enteng, tapi setelah itu terasa berat sekali..setelah dicoba maksimum (AC dimatikan dan tanpa penumpang) kecepatan maksimum hanya 135 km/jam dna itupun mesin sudah meraung-raung dan rpm sudah tidak mau naik lagi (gigi 5 pada rpm +/- 4700 rpm).

Lalu saya mencoba panther LS 2000 milik teman (non turbo m/t) serasa lebih kencang tarikan atasnya.

mohon tanggapan teman2 apakah LGX diesel saya normal atau memang boyo dan perlu di tune up.

terima kasih.


ngomongin kijang keinget ama Krista diesel bokap thn 2000. Waktu baru nyobain tarikan bwhnya emang enak responsif, sama kaya bro pointone bilng. Tapi seumur pake tuh mobil keceptn maksimum yang pernh digapai ya sama 135kpj lebih dari itu ga mau nambah lagi. Rasanya normal kok bro, 135 kpj juga udh kenceng. panther 2300 thn 1995 aja pernah punya juga mentok di 125kpj.. semuanya standar n servis diberes mulu.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Nov 2008, 12:40 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10334
Location: betawi barat
@remedusakti:

bro klo gak salah gear ratio di kijang diesel keluaran th 2000 ama kijang ane th 97 agak berbeda deh. Klo untuk top speed di boil ane lebih tinggi, tapi klo di tanjakan boil nt lebih baik. Hal ini ane tau dari beberapa kepala bengkel beres. cmiiw. :mrgreen:

btw ane pernah coba di tol dari pluit ke tj priok, bisa mencapai 150 km/jam, wlp tidak secepat klo naik boil 42ner milik bro andy. hehehe..........


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Jan 2009, 13:30 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 06 Oct 2008, 17:30
Posts: 9
Boleh coba juga :
Ganti saringan udara nya dgn JFC (lapis tipis oli). Buatan Lokal tetapi bagus. Ukuran sama dengan Kijang Kapsul EFI.
Pasang juga Magic jet di Kotak saringan udara nya.
Ada beda dengan tarikan yang lebih enteng.

Kijang 2 L memang enak nya di putaran bawah. Paling enak kalo jalan penuh tanjakan.

Untuk sampai 120KM/jam , RPM ada di 3200 RPM.
Mau lebih dari 120 KM/jam : nggak perlu lah. Bisa berapa lama sih dgn lebih dari 120 KM/jam di jalan-jalan negeri merah putih ini. Paling pake jam 23:00 - 03:00 di Jagorawi atau toll dalam kota.

Jika ada kenaikan temp. radiator saat tanjakan panjang atau digeber >12O Km/jam : servis lah radiatornya. Biasanya ada yang mampet.

Semoga mobil "tua" kijang diesel tetap awet, nyaman, dan irit ongkos merawatnya.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Jan 2009, 10:25 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
yg khawatir, klo udah kaya gini, bukan sekedar radiator, tp disinyalir head nya ada "retak rambut", cirinya cadangan air radiator keluar air terus setelah digeber2 continuously.
pengalaman lalu, udah diservis berulang sampe bagus radiatornya tetep aja gitu kalo digeber >120kmh continuosly, akhirnya tiada jalan lain klo mau coba yaitu ganti head, tapi jadinya dijual aja.

qjank2L wrote:
Jika ada kenaikan temp. radiator saat tanjakan panjang atau digeber >12O Km/jam : servis lah radiatornya. Biasanya ada yang mampet.

Semoga mobil "tua" kijang diesel tetap awet, nyaman, dan irit ongkos merawatnya.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Jan 2009, 12:28 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 12 Jan 2009, 11:56
Posts: 32
GTR wrote:
yg khawatir, klo udah kaya gini, bukan sekedar radiator, tp disinyalir head nya ada "retak rambut", cirinya cadangan air radiator keluar air terus setelah digeber2 continuously.
pengalaman lalu, udah diservis berulang sampe bagus radiatornya tetep aja gitu kalo digeber >120kmh continuosly, akhirnya tiada jalan lain klo mau coba yaitu ganti head, tapi jadinya dijual aja.

qjank2L wrote:
Jika ada kenaikan temp. radiator saat tanjakan panjang atau digeber >12O Km/jam : servis lah radiatornya. Biasanya ada yang mampet.

Semoga mobil "tua" kijang diesel tetap awet, nyaman, dan irit ongkos merawatnya.



waduhhh boss,,
kalo kijang gw digeber >100km/jam terus2an kayak di tol suka overheat,,
pas gw liat2 air radiator masuk ke tabung reservoir mulu,,
itu knp yha??
ada yg bisa membantu??
apa gara2 head nya retak rambut juga??
uda servis radiator masi gitu juga,,
ganti tutup radiator jg uda,,
oia btw hidup kijang,,
hehehe,,


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Jan 2009, 19:04 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10334
Location: betawi barat
bolakbalikmabok wrote:

waduhhh boss,,
kalo kijang gw digeber >100km/jam terus2an kayak di tol suka overheat,,
pas gw liat2 air radiator masuk ke tabung reservoir mulu,,
itu knp yha??
ada yg bisa membantu??
apa gara2 head nya retak rambut juga??
uda servis radiator masi gitu juga,,
ganti tutup radiator jg uda,,
oia btw hidup kijang,,
hehehe,,

ane coba menganalisa yah, mungkin apa kaga neh nyetirnye sambil mabok......... (jk)....

coba nt liat dlm keadaan stationer, apakah air radiator jalannye bagus (dg tutup radiator dibuka). Hati2 yah, sebaiknya hal ini dilakukan di pagi hari, jadi air masih dingin shg tidak ada resiko air muncrat keluar. Klo jalannya air di radiator kaga bagus, maka ada kemungkinan water pump udah kaga bagus, jadi mesti diganti.

mudah2an bisa sedikit membantu. :e-whistle:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Jan 2009, 21:22 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 12 Jan 2009, 11:56
Posts: 32
sjamsul wrote:
bolakbalikmabok wrote:

waduhhh boss,,
kalo kijang gw digeber >100km/jam terus2an kayak di tol suka overheat,,
pas gw liat2 air radiator masuk ke tabung reservoir mulu,,
itu knp yha??
ada yg bisa membantu??
apa gara2 head nya retak rambut juga??
uda servis radiator masi gitu juga,,
ganti tutup radiator jg uda,,
oia btw hidup kijang,,
hehehe,,

ane coba menganalisa yah, mungkin apa kaga neh nyetirnye sambil mabok......... (jk)....

coba nt liat dlm keadaan stationer, apakah air radiator jalannye bagus (dg tutup radiator dibuka). Hati2 yah, sebaiknya hal ini dilakukan di pagi hari, jadi air masih dingin shg tidak ada resiko air muncrat keluar. Klo jalannya air di radiator kaga bagus, maka ada kemungkinan water pump udah kaga bagus, jadi mesti diganti.

mudah2an bisa sedikit membantu. :e-whistle:



wah kalo lg mabok mah gw nyetirnya ga pernah > 100 km / jam lah bos,,
>120 km / jam mungkin,,
hahahaha,,
nah tau ataw ngga nya air radiator jalannya bagus ataw ngga itu yg kayak gmn bos??
iya ni satu2nya yg blum diperiksa water pump ane,,
oiaa untuk informasi thermostat jg uda ga gw pake,,
apakah ada efek negatif??
kalo uda ada duit sih pengen pasang thermostat lagi,,
thanx buat info nya,,


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Jan 2009, 21:28 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 12 Jan 2009, 11:56
Posts: 32
sjamsul wrote:
pointone wrote:
oh iya. sekarang ini mobil sudah jalan 220.000 km.

Sedikit nanya n usulan neh bro:

Apa nt dah pernah ganti plat kopling n temen2nye?. :e-think: :e-think:

Kebetulan boil ane juga kijang diesel, tapi th 97. Yg ane dah lakukan adalah mengganti injector dg yg 4 lubang (aslinya 2 lubang), trus puli ac juga diganti, spy tarikan lebih enteng (ukuran ane kaga tau, tapi bisa ane tanyakan).
Klo boil ditarik ampe diatas 140 km/jam oke2 aja tuh, n tarikan juga mantapppp......... (untuk ukuran kijang diesel yah), jangan dibandingkan dg sedan.

Mudah2an bisa membantu.

btw klo pas ganti ban sebaiknya pilih yg profil 60, spy tarikan jadi terasa lebih enteng. Klo di bawah itu memang bisa lbh enteng, tapi ada resiko klo pas kena lubang jadi repot.



bos ganti injektor abis brp yha??
trus puli buat ac beli dmn??
abis brp tu bos dua2nya??
minat ni kayaknya,,
oiaaa sama bengkel yg rekomen dmn??
maaf ni banyak nanya,,
maklum newbie di bidang diesel,,
hehehe,,

kijang diesel maju terus!!!
hahaha,,


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 39 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: fredtop, Google [Bot], hendrabig and 13 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group