oh.. rupanya kawasaki......didietkeren wrote:Mereknya Kawasaki ZX130, sperti di gambar profil saya..
Trus ada lagi info dari teman, pasang kaki relay yg (+) di jumper... ada juga yang bilang ambil listrik dari kontak..
Misal saya ambil dari aki berarti panjang kabel sekitar 80cm.. wajib pake kabel yang setebal apa? (saya dah punya kabel yg harganya 5000/m (kabel rada gede) dan 2500/m (kaya dua kabel ditempelin) (maaf ga apal ukuran diameter, cuman tau harganya)
Skarang dah pasang klaksonnya di posisi klakson std, tanpa relay/skring, jarang dipencet lama2, kuatir ntar malah ngrusak bagian lain (karena lom pake relay & sekring), suara sih sementara ini cukup lantang.. mudah2an ntar kl pasang kabelnya bener bisa tambah kenceng.. (tapi sekenceng2nya denso kijang, masih cukup sopan)
kaki relay dijumper ane ga ngarti maksudnya bro.... apakah maksudnya kabel + nya disambung dg kaki no 86, jadi ga ambil stroom dari aki..... klo benar hal ini sama aja dg ga pake relay bro.... trus klo ambil listrik dari kontak, sebaiknya dihindarkan, takutnya akan menggangu kelistrikan mtr nt sendiri..... so klo mau aman 'harus' ambil positip langsung dari aki, buat supply kebutuhan klakson.....
nt dah coba apa belon saran ane , yaitu terminal original klakson langsung dimasukkan ke kaki relay no 85 n 86......
btw lokasi nt di kota mana yah........... klo dekat dg tempat ane........ silahkan mampir......... nanti ane akan kasih pengarahan.......