Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by juanaxel »

ipah saya jg begitu, pake FK Pulse GT 10w40. Enaknya di kentel in atao di encerin ya oli mesin nya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

juanaxel wrote:ipah saya jg begitu, pake FK Pulse GT 10w40. Enaknya di kentel in atao di encerin ya oli mesin nya?
wahh kita sama2 pemakai oli FK nehh om... cuman ane pake yg kelas pahe... :mky_01: :mky_01: fk pulse RS 10W-40...

waktu pake petronas yg 10W-30 sehh berasa nya tarikan lebi enteng pas lari di tol... dan pas cold start, ga ada bunyi2 tek2 kaya skrg ini... kayanya ane nanti bakal balik ke oli ini lagi..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Mgkn ada nguap chiong....tapi saya gak anggap nguap...seratusan cc...tapi utk interval ganti oli seperti biasa....wajar toh..uwkwkkww
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

maklum jemb.. kalo si ipah kan seal cover deket busi uda rembes ane punya... blom ane ganti ampe skrg...

tapi kalo di lipina ane ga ngerti dahh knapa bisa nguap gt... mungkin karena kelewat panas kali mesin nya... atau ane yg nyetir nya kelewat "panas"... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Uwkwkwkw asem lah ente...pantes itu oli bisa kurang...wong ada yg bocor...‎​Ђåђåђå ‎​=)) Ђåђåђå™
Tapi ane sampai skg masih gak ngerti, kalau oli nguap itu kemana ya?yg nguap sampe literan mksd ane:)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

kalo ilmu yg ane dapet dari nyopet sana sini... kalo penguapan sebanyak up to 500 cc per 1000 km itu masi normal... karena itu bisa aja dari ring2 (entah itu ring kompresi atau ring bilas) yg celah nya ga mungkin 100 persen sama di tiap mesin.. nahh kalo yg kebetulan ga "rapet2" amat yahh otomatis oli nya nyusup dikit ke ruang bakar dan terbakar... makanya disini lah penting nya inreyen.. biar celah tsb ga gede2 banget gara2 tergerus waktu masi baru..
selaen faktor itu, ad jg dari lingkungan kerja, beban kerja dan cara nyetir mobil itu sendiri jemb... semakin panas, semakin berat kerja mesin dan semakin sering high rpm, otomatis oli akan lebi cepet nyusut, karena semakin banyak yg kebakar gara2 kegesek2 atau kebawa ama ring bilas di piston tsb..
dan ada satu lagi sehh penyebab nya... cuman ini jarang banget... yaitu seal oil pan yg uda getas, atau seal2 di crankshaft (biasa nya posisi deket belt mesin bawah) ... bisa diliat di lantai gerasi mobil tsb.. pasti banyak netes oli..

tapi kalo yg uda ampe boros literan oli sehh biasanya uda bocor kompresi itu... asap knalpot uda ngebul putih parah... itu mahh 1000 km uda bisa nambah 1 botol oli itu... biasa ring2 piston uda aus parah... atau bisa jg klep2 uda bermasalah... jadi oli yg buat lumasin tuh klep2 nyusup ke klep intake / exhaust trus ikut masuk ke ruang bakar...

cmiiw....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

DOHC wrote:kalo ilmu yg ane dapet dari nyopet sana sini... kalo penguapan sebanyak up to 500 cc per 1000 km itu masi normal... karena itu bisa aja dari ring2 (entah itu ring kompresi atau ring bilas) yg celah nya ga mungkin 100 persen sama di tiap mesin.. nahh kalo yg kebetulan ga "rapet2" amat yahh otomatis oli nya nyusup dikit ke ruang bakar dan terbakar... makanya disini lah penting nya inreyen.. biar celah tsb ga gede2 banget gara2 tergerus waktu masi baru..
selaen faktor itu, ad jg dari lingkungan kerja, beban kerja dan cara nyetir mobil itu sendiri jemb... semakin panas, semakin berat kerja mesin dan semakin sering high rpm, otomatis oli akan lebi cepet nyusut, karena semakin banyak yg kebakar gara2 kegesek2 atau kebawa ama ring bilas di piston tsb..
dan ada satu lagi sehh penyebab nya... cuman ini jarang banget... yaitu seal oil pan yg uda getas, atau seal2 di crankshaft (biasa nya posisi deket belt mesin bawah) ... bisa diliat di lantai gerasi mobil tsb.. pasti banyak netes oli..

tapi kalo yg uda ampe boros literan oli sehh biasanya uda bocor kompresi itu... asap knalpot uda ngebul putih parah... itu mahh 1000 km uda bisa nambah 1 botol oli itu... biasa ring2 piston uda aus parah... atau bisa jg klep2 uda bermasalah... jadi oli yg buat lumasin tuh klep2 nyusup ke klep intake / exhaust trus ikut masuk ke ruang bakar...

cmiiw....
Kalau gitu,,seharus nya namanya bocor instead of nguap..uwkwkwkw
Bener ga bang?cmiiw
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

wahh kalo gt susah jg yahh bang jemb... kalo bocor kann orang2 anggap nya kaya netes atau ngocor terus kaya buka keran air... sedangkan ini kurang nya dikit2... jadi mungkin biar lebi keren kita pake istilah nguap kali yahh... cmiiw...

btw ane rasa, di oli tsb, apalagi stelah dipake beberapa lama atau beberapa rebu km gt pasti uda kecampur ama uap air dehh... entah itu dari udara yg masuk atau dari bensin itu sendiri... nahh setelah "bercampur" dgn oli tsb lahh jg bikin oli nya nguap... cmiiw lagi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Wah...kalau sampai ilmu hidrolisis gitu ane nyerah dah chiong.... |*JP*
 :'( 
`` ampunnnn 
<,<,)  dije....
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by juanaxel »

ipahnya vvti ya bro? Ada jg idemitsu extreme eco sae 10w30 (dino oil) buat perbandingan dgn yg petronas punya api udah SM/CF
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

juanaxel wrote:ipahnya vvti ya bro? Ada jg idemitsu extreme eco sae 10w30 (dino oil) buat perbandingan dgn yg petronas punya api udah SM/CF
betul om... yg vvt-i... idemitsu yg eco itu ane jg uda perna coba.. cuman hasil nya kurang memuaskan.. mending ane cekokin oli NGO nya nissan skalian... 10W-30 jg tapi uda semi syn... harga jg terpaut dikit dgn idemitsu eco...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by copper rod »

gw pake mobil1 10-40 berasa lbh berat tarikannya dibanding pk castrol 10-40,bener gak sih atau cm perasaan aja yak?
gw tanya beberapa org yg punya bengkel mrk blg emang bgt karakteristik mobil1 dan daya lumasnya lbh baik dr castrol,kira2 gmn mnrt suhu2 sekalian disini?
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Halo para master semua.
Mohon saran dan pendapat nih.

Mobil : Kijang Kapsul tahun 2000 LGX
Mesin : 1.8 EFI bensin (belum pernah turun mesin)
Jarak tempuh : 146.447 KM plus

History perawatan :
Pakai dari baru
Ganti oli mesran setiap 5rb KM
Sejak 100rb KM s/d 130rb KM ganti oli per 3000km pakai sintium petronas
Dari sana sampai sekarang ganti oli pakai kastrol macnetech (kalau gak salah tulis) per 3000 KM.

Minyak rem, oli gardang, oli transmisi semua masih bawaan pabrik alias belum pernah ganti.

Mobil kalau di jalan tol tarik panjang masih bisa capai kecepatan 150km/jam berdasarkan speedo meter. Dan capai 120km/jam cukup mudah.

Pemakaian dijadikan sebagai transportasi harian untuk dalam kota (jarak pendek) dan sesekali luar kota (300km plus sekali jalan.)

Baru2 ini saya beli top 1 pembersih yang dimasukkan ke tangki minyak.
Trus pakai semprotan botol kecil yang disemprot ke lubang saringan udara.
Hasilnya konsumsi bensin membaik sedikit walau gak siknifikan.
Tapi suara mesin tidak berubah.

Keluhan :
- Minyak boros sekitar 7km/liter untuk root kombinasi dalam kota dan luar kota.
- Suara mesin cukup kasar untuk kategori bensin. Bunyinya shiiiiiii.... sssshhhiiii..... ssshhhiiiiiiii..... shheekk... sheekk... gitu..

Pertanyaan :
1. untuk kondisi mobil di atas, OLI merek apa dan jenis apa yang paling baik supaya mesin bersuara halus dan performa bagus?
2. perawatan apa yang harus dilakukan untuk kondisi di atas agar mesin mobil dan komponen lainnya kembali segar?
3. bila focus nya adalah kenyamanan penumpang (selalu pakai supir), apa yang dapat kita lakukan untuk menambah kenyamanan mobil ini? sejauh ini saya merasa suspensi mobil ini kurang halus.

Mohon saran, kritik dan pendapatnya.
Terima kasih banyak ya sebelumnya.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by doq »

bantu jawab nomer 2 aja oom;
wah......sudah mesti ganti semua fluida tuh (selain ganti oli rutin) soal nya udah kelamaan banget oom :e-think:
oli gardan aja setau saya mesti ganti periodic setiap 15-20rb km begitu jg dg minyak rem dan transmisi, ada interval penggantian nya, coba baca manual book nya deh
jangan lupa juga kuras radiator klo memang belum pernah ganti sama sekali.

dg penggantian semua fluida diatas saja, saya yakin performa dan keiritan akan membaik :D
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ilhami »

hebat ya minyak rem, gardan, transmisi 11 tahun gak ganti :D.
ternyata baik-baik aja..berarti sebenarnya daya oli itu luar biasa
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Gold Pocket wrote:- CUT -

Mobil : Kijang Kapsul tahun 2000 LGX
Mesin : 1.8 EFI bensin (belum pernah turun mesin)
Jarak tempuh : 146.447 KM plus

History perawatan :

- CUT -

Minyak rem, oli gardang, oli transmisi semua masih bawaan pabrik alias belum pernah ganti.

- CUT -

2. perawatan apa yang harus dilakukan untuk kondisi di atas agar mesin mobil dan komponen lainnya kembali segar?

- CUT -

Mohon saran, kritik dan pendapatnya.
Terima kasih banyak ya sebelumnya.
Om Gold....

Saran (sekaligus kritik) saya pastinya sama persis ama temen2 lain. SEGERA ganti yang saya bold red di atas. Bro, 11 taun dan 146K kilometer jelas bukan usia ideal lagi buat ketiga cairan ini. Uda lewat sangaaaaaaat jauh dari rekomendasi.

Oli transmisi dan gardan direkomen pabrikan diganti di KM 20K, rata2. Mungkin anda cuman nambah2 trus tanpa diganti. Kasian banget bro gearbox dan gardannya. Jarak 146K itu sebenarnya blom apa2 buat mereka berdua. Umur 2 bagian ini sangat2 longlife. Tapi gak akan lama bila perawatannya gak ada. Dan ngerawat transmisi dan gardan ini cuman 2 hal kok, simpel: Rutin ganti fluidanya, plus rajin mantau level ketinggiannya.
Das Beste oder nichts.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Hansen »

Nightster Guy wrote:
Gold Pocket wrote:- CUT -

Mobil : Kijang Kapsul tahun 2000 LGX
Mesin : 1.8 EFI bensin (belum pernah turun mesin)
Jarak tempuh : 146.447 KM plus

History perawatan :

- CUT -

Minyak rem, oli gardang, oli transmisi semua masih bawaan pabrik alias belum pernah ganti.

- CUT -

2. perawatan apa yang harus dilakukan untuk kondisi di atas agar mesin mobil dan komponen lainnya kembali segar?

- CUT -

Mohon saran, kritik dan pendapatnya.
Terima kasih banyak ya sebelumnya.
Om Gold....

Saran (sekaligus kritik) saya pastinya sama persis ama temen2 lain. SEGERA ganti yang saya bold red di atas. Bro, 11 taun dan 146K kilometer jelas bukan usia ideal lagi buat ketiga cairan ini. Uda lewat sangaaaaaaat jauh dari rekomendasi.

Oli transmisi dan gardan direkomen pabrikan diganti di KM 20K, rata2. Mungkin anda cuman nambah2 trus tanpa diganti. Kasian banget bro gearbox dan gardannya. Jarak 146K itu sebenarnya blom apa2 buat mereka berdua. Umur 2 bagian ini sangat2 longlife. Tapi gak akan lama bila perawatannya gak ada. Dan ngerawat transmisi dan gardan ini cuman 2 hal kok, simpel: Rutin ganti fluidanya, plus rajin mantau level ketinggiannya.
satu lagi jgn kelupaan : oli power steering
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by doq »

11 taun ga ganti; minyak rem, oli transmisi, oli gardan, oli power steering, aer radiator............weeewwww keliatan nya mesti siap2 ada pergantian seal2 jg yg udah berkerak nempel kuat, ngeri malah bocor ntar waktu udah diganti fluida baru :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by bushkntl »

:mrgreen: dulu accord gw juga gitu dari beli baru sampai di jual lagi kalo gak salah 50rban miles/3 tahunan gak pernah ganti oli atau filter apa pun, semua oil, fluids(kecuali washer fluid)dan filter masih orisinil pabrik honda :mrgreen:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by BADAK »

Mantap nian kijang EFI nya, bener2 low maintenance n ketahanannya setara mbl diesel.
Gak heran kijang jd raja di indo.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Terima kasih buat semua respon dan masukannya.
Sebenarnya ini mobil sebelum ini diluar pengawasan saya. Soalnya ini dipakai sama ortu. Ini saya baru balik rumah trus liat ini kijang.
Tapi kondisinya baru saya cek dan tidak ada yang bocor. Oli dan lainnya masih aman2 saja.
Ini membuktikan mobil kijang itu kuat sekali ya. :d

Jadi rekap masukan sementara ialah :

Pertanyaan :
1. untuk kondisi mobil di atas, OLI merek apa dan jenis apa yang paling baik supaya mesin bersuara halus dan performa bagus?
... ???

2. perawatan apa yang harus dilakukan untuk kondisi di atas agar mesin mobil dan komponen lainnya kembali segar?
a. ganti oli gardan
b. ganti oli transmisi
c. ganti oli power steering
d. ganti minyak rem
e. ganti air radiator
f. ganti seal – seal tertentu

3. bila focus nya adalah kenyamanan penumpang (selalu pakai supir), apa yang dapat kita lakukan untuk menambah kenyamanan mobil ini? sejauh ini saya merasa suspensi mobil ini kurang halus.
... ???

@om DOQ
Buku manualnya uda ilang entah kemana om 
Dan justru itu lah takutnya kalau mobil tua dibongkar2 gini makin banyak kerusakannya nanti. Seperti yang om bilang seal2 itu.
Apa biaya seal2 ini mahal?
Trus kalau lebih baik diganti, seal apa saja yang harus diganti sekalian supaya gak ada kebocoran nantinya om?

@om ilhami
Itu lah gw juga gak ngerti. Yang pasti semua masih baik2 saja. Terbukti di jalan tol masih gampang capai 120km/jam. Malah kalau ditarik lurus sekitar 1 menit bisa dapat 150km/jam.
Tapi ini mobil memang gak untuk ngebut2 kok. Lebih pentingkan kenyamanan sih.

@ Om Nightster Guy
Iya bos . memang ini dipakai oleh ibu2 sih. Jadi cuman tau ganti OLI. Mesin. Itu pun karena ada kartu penggantian oli di mobil. Makanya saya bisa tau sejarah merek oli nya apa saja di KM berapa.
Kalau mantau ketinggian minyak gardan dimana ya?

@OM hansen
Kalau ganti oli power steering itu efeknya apa ya? Scara sekarang ini pengendalian masih terasa enak. Maksudnya masih presisi gitu.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Gold Pocket wrote:- CUT -

Tapi kondisinya baru saya cek dan tidak ada yang bocor. Oli dan lainnya masih aman2 saja.
Ini membuktikan mobil kijang itu kuat sekali ya. :d[/b]

Yup. Kijang itu bandel dan handal banget. TAPI, udah saya buktiin di Kijang pikap '87 milik bokap bermesin 5K orange head yang konon materialnya masih impor Jepang (5K generasi terbandel), toh setelah disiksa minim perawatan selama nyaris 20 taun y RONTOK JUGA. Cylinder headnya sampe cracked, gigi nanas di gardan belakang bunyi 'nging2....', ngebul asap putih mirip mesin fogging. Intinya karena MINIM NGERAWAT, OVERLOAD KERJANYA. :)
Gold Pocket wrote:Jadi rekap masukan sementara ialah :

Pertanyaan :
1. untuk kondisi mobil di atas, OLI merek apa dan jenis apa yang paling baik supaya mesin bersuara halus dan performa bagus?
... ???
Simpelnya, oli apapun selama itu termasuk dalam range rekomendasi pabrikan (API donut servicenya dan viskositasnya), pakailah. Magnatec lumayan kok.
Gold Pocket wrote:2. perawatan apa yang harus dilakukan untuk kondisi di atas agar mesin mobil dan komponen lainnya kembali segar?
a. ganti oli gardan
b. ganti oli transmisi
c. ganti oli power steering
d. ganti minyak rem
e. ganti air radiator
f. ganti seal – seal tertentu
Poin F apaan y om? A sampe E is a MUST.
Gold Pocket wrote:3. bila focus nya adalah kenyamanan penumpang (selalu pakai supir), apa yang dapat kita lakukan untuk menambah kenyamanan mobil ini? sejauh ini saya merasa suspensi mobil ini kurang halus.
... ???
Biar master2 kaki2 yang nginput info.

- CUT -
Gold Pocket wrote:@ Om Nightster Guy
Iya bos . memang ini dipakai oleh ibu2 sih. Jadi cuman tau ganti OLI. Mesin. Itu pun karena ada kartu penggantian oli di mobil. Makanya saya bisa tau sejarah merek oli nya apa saja di KM berapa.
Kalau mantau ketinggian minyak gardan dimana ya?
Tengok bonggol gardan si Kijang, dari arah belakang. Ada bautnya yang menghadap belakang? Nah itulah baut tempat ngisi dan ngecek. Buka aja, ketinggian olinya kudu sejajar bibir lubang drat.
Gold Pocket wrote:@OM hansen
Kalau ganti oli power steering itu efeknya apa ya? Scara sekarang ini pengendalian masih terasa enak. Maksudnya masih presisi gitu.
Bantu jawab. Yup, OK lah presisi. Jangan senang dulu. Masalah besar bakal menanti anda ntar2 lagi. Fluida power steering yang overtime umurnya akan kehilangan fungsi lubrikasinya. Karet2 dalam sistem power steering akan getas jadinya. Akibatnya? BOCOR kayak Escudo saya. Dan di Escudo 2.0, KEMALASAN dan KELALAIAN saya mengganti fluida power steering harus dibayar sangat mahal. Ganti unit utuh seharga 6 jeti 2 taun lalu.... :frm_bang_head:
Das Beste oder nichts.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by imsus2c »

Gold Pocket wrote:Halo para master semua.
Mohon saran dan pendapat nih.

Mobil : Kijang Kapsul tahun 2000 LGX
Mesin : 1.8 EFI bensin (belum pernah turun mesin)
Jarak tempuh : 146.447 KM plus
11 tahun = 146.447 km
1 tahun = +/- 13.300an ++ km

untuk ukuran kijang, ini sih termasuk minim jalannya...

pengalaman pelihara buat operasional, ada 4 tokisul, 2 karbu + 2 injeksi, yg karbu keluaran 1997. yg injeksi keluaran 2001an
2 dari mereka (1 karbu + i injeksi) akhirnya "nyerah" juga mesti turun mesin/overhaul di odo 300.000++an KM
yang 2 lainnya "selamat" sampai akhir masa pengabdian mereka di kantor
perawatan sih rutin, termasuk ganti semua cairan pada waktunya...
kalau overhaul kaki2 sih sudah bolak-balik...
akhirnya beberapa bulan kemaren, semua tokisul dilepas, odo ada yg sudah nyaris 500.000 km, sisanya 400.000++km lebih...

semua pelumas pakai produk domestik, alias pertamina (Prima XP) 15w40

tp secara keseluruhan, mobil ini memang bandel dan cocok buat operasional :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

@ Om Nightster Guy

Gubrax... kok makin dapat penjelasan saya jadi takut ya sama ini mobil?
Sepertinya serem sekali ini karena sudah diterlantarkan selama ini.
Jadi apakah sudah terlambat untuk mengganti minyak power steering?

kalau untuk oli mesin, masalahnya saya gak tau spesifikasi range rekomendasi pabrikan (API donut servicenya dan viskositasnya) untuk kijang kapsul ini. buku service nya ilang 
Makanya saya minta merek atau kekentalan berapa yang pas untuk ini mobil
Trus soal 5w40, 10w50, atau berapa sih yang pas untuk kijang ini?
Trus apakah perlu flash mesin?
Dan apa perlu pakai oli full sintetik?
Soalnya setelah baca2 di sini, ternyata magnetec itu semi sintetic ya.

Untuk poin (F) itu seperti yang dikatakan om Doq soal seal karena sudah lama (11 tahun) gak ganti, takutnya ada yang aus. Gw juga belum jelas soal seal apa aja ini. tunggu penjelasan om doq juga 

Jadi soal oli gardan, oli steer, dll (selain oli mesin) ini kudu ganti di bengkel resmi ya? Maksudnya gak bisa ganti di toko oli biasa?

@om imsus2c
Iya bos. Ini termasuk sedikit jarak tempuh nya karena ini mobil posisi di kota kecil yang memang kemana2 itu gak jauh2 amat. Paling jauh sesekali keluar kota 300km plus.
Sisanya ya dalam kota perjalanan 5 menit – 15 menit sudah sampai.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by doq »

biaya seal2 bervariasi tergantung posisi seal tsb dimana dan berfungsi apa, sebagai contoh kasus saja, seandai nya seal2 pada master rem yg mestii turut diganti mungkin biaya nya ga bakal mahal...........tapi ini harus liat kasus per kasus apaakah perlu tidak nya penggantian2 seal tsb.
keyakinan saya sih utk jarak tempuh sebesar itu ditambah tidak pernah ada nya penggantian fluida, kemungkinan seal2 ada yg perlu diganti juga

imho jangan takut saat dibongkar akan menambah kerusakan, karena sejati nya yg dianggap kerusakan "tambahan" tersebut memang semesti nya sudah diganti/diremajakan (wajar mengingat usia kendaraan + jara tempuh)......................dan jangan terlalu berpatokan pada peperforma saat ini oom, walaupun misal nya masih bisa utk mencapai kecepatan 150kph tapi resiko kerusakan pada komponen2 yg fluida nya belum diganti suuuaaangaattt besar. seandai nya terjadi rem blong gara2 minyak rem udah "basi" gimana? better be safe than sorry :D
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator