Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by juanaxel »

Turboman wrote:ini adalah panduan chart list berbagai standard oli baik dr API / ACEA serta LongLife std dari produsen mobil, supaya menjadi lebih jelas kriteria apa saja yg tercantum dalam ACEA A3 vs API SM vs ILSAC GF-4 vs MB 229.3 misalnya :

http://sas-origin.onstreammedia.com/ori ... index.html

Bukanya pakai PC / Notbuk / Tablet yg bisa jalanin flash yah
Om turboman memang mantap kalo ngomongin tentang oli... Trims bro
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

baru liat nehh ada oli ginian... emang sjak kapan yahh shell ada kerja sama ama astra... trus emang atpm astra mana yg oli "wajib" nya si shell ini ??
IMG00423-20111202-1740.jpg
btw uda api SM... trus kayanya ini semi syn... cuman harga nya masi naujubileh... seliter 78 rebu di shop and drive... mending ane hajar NGO atau petronas synthium 800 aj dehh... sama2 10W-30 tapi jauhhh lebi murah...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

Aku cek di shell.com
Shell co branding astra terdaftar di situs shell,kalo diliat speknya sptnya ini adalah shell helix hx7 aj,ada beberapa line up shell hx 7 tapi di indo cuma beredar 1 line up aja utk shell helix hx7 diluar indo ada shell helix hx7 C,D,E,G,AJ,AJ-L
Spek aj ok juga tuh ada ilsac gf4,tp lucu yah shell indo sendiri line upnya dikit bgt padahal diluar udah pada api sn utk shell hx7nya
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Hansen »

DOHC wrote: mending ane hajar NGO atau petronas synthium 800 aj dehh... sama2 10W-30 tapi jauhhh lebi murah...
Jangan dihajar chiong, ntar tumpah berserakan olinya... :upss: :upss: :upss:
Image
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

Hansen wrote:
DOHC wrote: mending ane hajar NGO atau petronas synthium 800 aj dehh... sama2 10W-30 tapi jauhhh lebi murah...
Jangan dihajar chiong, ntar tumpah berserakan olinya... :upss: :upss: :upss:
jangan dihajar kasian dunk mending kasi ke ane aja :mky_01: :mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

DOHC wrote:baru liat nehh ada oli ginian... emang sjak kapan yahh shell ada kerja sama ama astra... trus emang atpm astra mana yg oli "wajib" nya si shell ini ??

btw uda api SM... trus kayanya ini semi syn... cuman harga nya masi naujubileh... seliter 78 rebu di shop and drive... mending ane hajar NGO atau petronas synthium 800 aj dehh... sama2 10W-30 tapi jauhhh lebi murah...
Coba cek Kendall 10w30 di Toda, dulu sih ga sampe 70 rb per L
* Bukan ajakan Beli *
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by MitshuToyo »

Buat pak Turbo / yg lain mo tanya nih : sebaiknya oli apa dan jenis yg gmn untuk ipah bensin matik dan grandis ? Thanks sebelumnya
Lagi nginjek rem..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

Turboman wrote:
DOHC wrote:baru liat nehh ada oli ginian... emang sjak kapan yahh shell ada kerja sama ama astra... trus emang atpm astra mana yg oli "wajib" nya si shell ini ??

btw uda api SM... trus kayanya ini semi syn... cuman harga nya masi naujubileh... seliter 78 rebu di shop and drive... mending ane hajar NGO atau petronas synthium 800 aj dehh... sama2 10W-30 tapi jauhhh lebi murah...
Coba cek Kendall 10w30 di Toda, dulu sih ga sampe 70 rb per L
sebulanan yg lalu ane ke toda... utk 10w-30 kayanya utk kendall dah ga ada om... entahlah dimasukin lg atau kaga... cuman ini oli bagus ga sehh om ?? deket rumah lg ada bengkel yg promo tuh soalnya.. beli 2 gratis 2 liter...

btw mengenai shell for astra tsb.. stelah ane ubek2 gugel.. ternyata si shell (helix hx7 aj 10W-30 nama asli nya) ini spek nya ga beda2 amat ama si petronas 10W-30 yg ane lg pake... jadi yahh mending ane stick ke si petronas aj dehh... so far pake ini oli puas banget... livina ane tarikan tetep galak padahal odo uda 3000 km... blom ada penurunan performance...

skalian review dehh oli FK pulSE RS 10W-40 yg ane pake di ipah ane... sejauh ini uda jalan ampir 3500 km... cuman penurunan performance uda ane rasakan cukup drastis nehh... mesin kalo panas gampang banget glitik... tarikan nya pun uda agak berat... kayanya calon oli yg ga bakal ane pake lg nehh... kayanya utk si ipah ane bakal balik lagi ke grade 10W-30... enjin nya lebi cucok pake oli encer gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

Hansen wrote:
DOHC wrote: mending ane hajar NGO atau petronas synthium 800 aj dehh... sama2 10W-30 tapi jauhhh lebi murah...
Jangan dihajar chiong, ntar tumpah berserakan olinya... :upss: :upss: :upss:
dihajar trus ditumpahin ke dalem enjin nya siong... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

MitshuToyo wrote:Buat pak Turbo / yg lain mo tanya nih : sebaiknya oli apa dan jenis yg gmn untuk 1. ipah bensin matik dan 2. grandis ? Thanks sebelumnya
1. Kalau mau enak kasih 5W30 Full Synthetic, start dari Motul H-Tec 5W30 or better. Tapi kalo sering bawa beban sebaiknya pakai yg buntut 40 ajah.

2. Grandis SAE terendah yg diijinkan utk ambient s/d 30 deg C itu SAE berapa ? kalo diijinkan buntut 30 maka bisa pakai 5W30 Full Synthetic juga.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

DOHC wrote: btw mengenai shell for astra tsb.. stelah ane ubek2 gugel.. ternyata si shell (helix hx7 aj 10W-30 nama asli nya) ini spek nya ga beda2 amat ama si petronas 10W-30 yg ane lg pake... jadi yahh mending ane stick ke si petronas aj dehh... so far pake ini oli puas banget... livina ane tarikan tetep galak padahal odo uda 3000 km... blom ada penurunan performance...
Oli 10W-30 scr global jarang yg VI nya di atas 150, hanya bbrp merek yg VI nya di atas 150, salah 1 nya merek yg sales-nya sering promosi di forum ini.

Berbeda dgn 5W30 yg VI nya tinggi2, bahkan yg non Synthetic-pun VI nya byk yg > 160 spt Mobil Drive Clean 5W30
* Bukan ajakan Beli *
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

Turboman wrote:
DOHC wrote: btw mengenai shell for astra tsb.. stelah ane ubek2 gugel.. ternyata si shell (helix hx7 aj 10W-30 nama asli nya) ini spek nya ga beda2 amat ama si petronas 10W-30 yg ane lg pake... jadi yahh mending ane stick ke si petronas aj dehh... so far pake ini oli puas banget... livina ane tarikan tetep galak padahal odo uda 3000 km... blom ada penurunan performance...
Oli 10W-30 scr global jarang yg VI nya di atas 150, hanya bbrp merek yg VI nya di atas 150, salah 1 nya merek yg sales-nya sering promosi di forum ini.

Berbeda dgn 5W30 yg VI nya tinggi2, bahkan yg non Synthetic-pun VI nya byk yg > 160 spt Mobil Drive Clean 5W30


om turbo,jd menurut om turbo kalo hobi ngebut kyk ane mending pake buntut 40 apa 30 yah utk proteksinya ? performa no 2 dulu,ane keseringan make oli encer apa lama2 membahayakan mesin ?
Last edited by imsus2c on Mon Dec 05, 2011 13:38, edited 1 time in total.
Reason: dirapikan dikit quote-nya biar enak dibaca
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
MitshuToyo wrote:Buat pak Turbo / yg lain mo tanya nih : sebaiknya oli apa dan jenis yg gmn untuk 1. ipah bensin matik dan 2. grandis ? Thanks sebelumnya
1. Kalau mau enak kasih 5W30 Full Synthetic, start dari Motul H-Tec 5W30 or better. Tapi kalo sering bawa beban sebaiknya pakai yg buntut 40 ajah.

2. Grandis SAE terendah yg diijinkan utk ambient s/d 30 deg C itu SAE berapa ? kalo diijinkan buntut 30 maka bisa pakai 5W30 Full Synthetic juga.
pak Turbo, numpang nanya terutama yg saya tebalin diatas...
dengan kisaran harga yg sama, apa yg sama atau lebih baik dari Motul htech 5w30? :thanks:

*jgn khawatir...saya tau pak tubo bukan sales, jadi sebut merk buat saya gpp... :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

fernando_lim wrote: om turbo,jd menurut om turbo kalo hobi ngebut kyk ane mending pake buntut 40 apa 30 yah utk proteksinya ? performa no 2 dulu,ane keseringan make oli encer apa lama2 membahayakan mesin ?
Di manual mobilnya tertulis bagaimana ? Utk ambient temp s/d 40 deg C diijinkan kekentalan terendah sampai SAE berapa ? (Chart-nya)

Lalu mesin mobil std atau heavily modified ?

Catatan kecil di sini :
Bila tertulis diijinkan pakai 10W-30 (terencer) maka juga boleh gunakan 5W30 krn sy perhatikan bbrp merek itu rentang visc kinematic dan HTHS nya sgt lah mirip (bermain di rentang yg 90% sama)
* Bukan ajakan Beli *
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

Turboman wrote:
fernando_lim wrote: om turbo,jd menurut om turbo kalo hobi ngebut kyk ane mending pake buntut 40 apa 30 yah utk proteksinya ? performa no 2 dulu,ane keseringan make oli encer apa lama2 membahayakan mesin ?
Di manual mobilnya tertulis bagaimana ? Utk ambient temp s/d 40 deg C diijinkan kekentalan terendah sampai SAE berapa ? (Chart-nya)

Lalu mesin mobil std atau heavily modified ?

Catatan kecil di sini :
Bila tertulis diijinkan pakai 10W-30 (terencer) maka juga boleh gunakan 5W30 krn sy perhatikan bbrp merek itu rentang visc kinematic dan HTHS nya sgt lah mirip (bermain di rentang yg 90% sama)
Ada om tercantum 5w30 dibuku manual,tapi kadang2 ane ngeri jg dgn oli encer hehehehe soalnya getz cbu india manual booknya kadang ga disesuaikan dgn sikon indo,malah manual booknya inggris semua lagi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

imsus2c wrote: dengan kisaran harga yg sama, apa yg sama atau lebih baik dari Motul htech 5w30? :thanks:
Kalo di rentang harga yg beda tipis ama Motul H-Tec ada sainz Genius 5W-30, saya pernah coba, kinerja mirip2 lah ama si H-Tec.

Naik dikit yg spec scr teoritis di atas si H-Tec ada Q8 Formula Special 5W30 Full Synth, hrg sekitar 100 - 103 rb / L (after bonus) krn lagi ada promo beli 3 bonus 1, dia comply to MB 229.31 dll

Btw kalo ada channel bisa dapetin Agip Sint Evolution 0W-30 Full Synth harga miring itu highly recommended, konon harga miringnya sekitar 110 rb / L., dia MB 229.3 en saya pernah coba itu oke. Dia 0W30 "kental" aka HTHS tinggi utk ukuran 0W30, jadi kekentalan mirip 5W30.

Juga kalo masih bisa dapat Caltex Havoline Energy 5W30 itu oke banget, harga bersahabat, tapi di Jkt udah lama gak ada.

Di pasaran sih 5W30 harga ekonomis mulai banyak pilihan, dr Suzuki Oil 5W-30 (55 rb) / Honda Oil 5W30 (under 80 rb), ada Conoco 5W30, Nicolub 5W30, tapi saya gak bisa komen krn belum pernah coba, tapi at least utk pemakaian normal sih mestinya jalan 5500 - 6000 Km aman, asal mesin gak di modif aneh2.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

fernando_lim wrote: Ada om tercantum 5w30 dibuku manual,tapi kadang2 ane ngeri jg dgn oli encer hehehehe soalnya getz cbu india manual booknya kadang ga disesuaikan dgn sikon indo,malah manual booknya inggris semua lagi
Chart 5W30 nya membentang sampai ambient 30 - 40 deg C ? maka aman digunakan, asal mesin sehat.

Kalo misal sering bawa beban maka bisa pilih yg kentalan dikit spt 0W40 atau 5W40.

Kalo mau uji coba safe / enggaknya oli 5w30 yah oli bekasnya bawa ke lab aja, kalo kandungan logam2 terlarut masih di bwh ambang batas, visc kinematic akhir masih masuk range en gak ada Fuel dilution yah aman.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Cmiiw,,,kalau tertera 10w30 di buku manual sebetul nya sih aman2 aja memakai 5w30,,,untuk aman sih 5w40, dgn sedikit trade-off di performa.
Mengenai proteksi sih blm tentu encer proteksi kurang....
And kalau saya tidak salah, bentang makin luas VII (polymer) nya semakin banyak..
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ilhami »

Kalau fastron full synthetic 0W-50 rentang nya jauh banget. kira-kira bagaimana penilainnya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Tambahan

Bila ingin menggunakan oli 5W30 yg daya perlindungannya tinggi maka bisa gunakan :
- 5W30 yg kandungan antiwear additive-nya tinggi (umumnya buatan persh spesialis oli high performance)
- 5W30 Heavy Duty Diesel Oil Full Synth API CJ-4 / SM

Diesel Oil umumnya memiliki antiwear agent yg tinggi, krn ditujukan utk beban berat, sekalipun di era Euro V ini kadar ZDDP dan SAPS byk dikurangi, tetapi mrk menggunakan zat antiwear additive pengganti yg lebih ramah thd emission devices, en efektif dlm perlindungan mesin utk kerja berat.

Utk mesin Gasoline, bisa cari oil Diesel 5W30 yg API CJ-4 Full Synth (Mid SAPS), dimana kadar SAPS en TBN nya mirip oli utk passenger vehicle yg bukan low SAPS, sementara zat antiwear-nya juga sgt baik, mengikuti regulasi CJ-4 yg menekankan antiwear aspect yg lebih baik drpd CI-4

Atau

5W30 Full synth spt buatan "garis merah" / "Ungu" atau "initial A" yg Signature Series, hanya saja merek Ungu dan initial A harganya sgt tinggi, "garis merah" lebih bersahabat.

*Bukan sales oli merek tertentu*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

ilhami wrote:Kalau fastron full synthetic 0W-50 rentang nya jauh banget. kira-kira bagaimana penilainnya?
Oli 0W-50 saat ini sdh jarang dipakai, SAE yg byk dipakai lately adalah yg buntut 30 atau buntut 20 utk mobil2 Gasoline modern yg ditujukan utk hemat BBM, atau utk Sports Car pake-nya 10W-60 krn pertimbangan mesin yg sgt panas saat digeber.

Buntut 40 masih banyak dipakai, khususnya utk Diesel Oil & sebagian Gasoline modern.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

"Garis Merah" performa nya konsisten...bole lah dianggap ane cuma jual kecap (gak ada UOA utk backing statement ane)...opini dan pilihan secara personal..‎​‎​Ђεђεђε :D Ђεђεђε™ adapun performa cuma dirasakan melalui butt-dyno:)
@ilhami: ane gak pernah nyoba bang...tapi setau ane, secara umum, komposisi oli multi-weight dgn rentang rating SAE cukup jauh mengandung polymer lbh byk dr rentang nyang dekat.
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

Turboman wrote:
imsus2c wrote: dengan kisaran harga yg sama, apa yg sama atau lebih baik dari Motul htech 5w30? :thanks:
Kalo di rentang harga yg beda tipis ama Motul H-Tec ada sainz Genius 5W-30, saya pernah coba, kinerja mirip2 lah ama si H-Tec.

Naik dikit yg spec scr teoritis di atas si H-Tec ada Q8 Formula Special 5W30 Full Synth, hrg sekitar 100 - 103 rb / L (after bonus) krn lagi ada promo beli 3 bonus 1, dia comply to MB 229.31 dll

Btw kalo ada channel bisa dapetin Agip Sint Evolution 0W-30 Full Synth harga miring itu highly recommended, konon harga miringnya sekitar 110 rb / L., dia MB 229.3 en saya pernah coba itu oke. Dia 0W30 "kental" aka HTHS tinggi utk ukuran 0W30, jadi kekentalan mirip 5W30.

Juga kalo masih bisa dapat Caltex Havoline Energy 5W30 itu oke banget, harga bersahabat, tapi di Jkt udah lama gak ada.

Di pasaran sih 5W30 harga ekonomis mulai banyak pilihan, dr Suzuki Oil 5W-30 (55 rb) / Honda Oil 5W30 (under 80 rb), ada Conoco 5W30, Nicolub 5W30, tapi saya gak bisa komen krn belum pernah coba, tapi at least utk pemakaian normal sih mestinya jalan 5500 - 6000 Km aman, asal mesin gak di modif aneh2.
tqq om turbo
oya aku tadi baru tanya temen di caltex medan utk caltex energy memang sudah di stop produksinya,secara asia pacific ada havoline full syn 5w-40 pas ane tanya seh katanya importir tidak masukin oli ini krn tidak cocok dgn indo tapi ga tau jg yah menurut ane seh "krn oli full syn marketnya ga sebesar semi syn havoline 10w-40 krn di indo harga menjadi masalah sensitif"
garis merah dan ungu dimedan ga ada yg jual,sainz itu conoco yah om turbo ? udah ilang dr peredaran jg :ungg: :ungg:
1500km lg jadwal ganti oli neh bingung mo tes oli apalagi krn disini pilihan sangat terbatas,motul aja cuma ada di ace hardware
"mobil" & kerang fullsyn ane kurang sreg krn jujur kecewa dgn performanya
kalo petrocanada om turbo pernah bandingin langsung ga tuh dari spesifikasi msdsnya ? yg supreme 10w-40 om bukan duron e-xlnya
mo ngetes tapi kog ragu ane ga hbs2 ampe sekarang soalnya 4 liter 400an rb jg kalo harus keluarin isi dompet yg sama dgn kualitasnya dibawah dari oli yg biasa ane pake ya rugi dunk om
minta input om turbo deh plz :ungg:
soal lab dimedan ane ga tau dimana ada lab uji oli,boro boro lab oli utk dyno test aja kagak ade om :frm_bang_head:
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

Sbg perbandingan pilihan menurut om turbo bagusan mana
Motul h tech plus,fk freshing,repsol elite mutivalvulas,petro canada supreme
Ke 4 oli ini harga hampir seimbang cuma utk motul dan fk freshing 5w30 sedang petro canada sn tp 10w40 repsol 10w40jg tapi lulus 229,3
Mohon inputan om turbo
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Duduk tertib tangan terlipat menyimak dgn tekun...