Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Dear all

Berikut adalah perbandingan standard antara API Service vs ACEA vs ILSAC GF vs LongLife compliance dari MB / BMW

http://sas-origin.onstreammedia.com/ori ... index.html

Terlihat sekali bahwa "tuntutan syarat kinerja pelumas" pada standard API Service "sangatlah ringan" dibandingkan standard2 lainnya macam ACEA A5 apalagi standard LongLife compliance dari BMW & Mercedes Benz macam MB 229.5

ILSAC GF-4 merp pengembangan dari API SM, dimana GF-4 menekankan kpd aspek efisiensi BBM.

Sedangkan standard LongLife yg cakupan kinerjanya sgt luas adalah MB 229.5 (Daimler), nggak heran oli yg comply dgn MB 229.5 bisa digunakan utk mesin Diesel mobil penumpang.

Saat ini bbrp merek mobil menetapkan syarat penggunaan oli yg comply dgn standard yg mereka buat + ACEA ratingnya & standard API Service nya boleh diabaikan.

CMIIW & semoga membantu
* Bukan ajakan Beli *
Michelin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 30, 2009 6:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Michelin »

Turboman wrote:
Michelin wrote:Bro Bro semua,minta bantuan dong!bingung milih oli untuk chevrolet captiva diesel...
dari beres cuma ada merek total quartz 9000 5W-40 synthetic oil...dimana oli total tsb memang bisa untuk bensin maupun diesel,tapi lebih fokus ke bensin...sedangkan di manual captiva tercetak spek oli yg dibutuhkan adalah acuan dari Mercedes-Benz 229.31 dgn SAE 5W-40 dan ACEA C3 (semacam API untuk standard Eropa)
MB 229.31 dan ACEA C3 adalah standard oli mid SAPS dimana angka TBN sekitar 7 - 8 mg KOH, kandungan SAPS tdk begitu tinggi utk menjaga keawetan sistem exhaust aftertreatment.

Tapi sistem tsb akan berjalan mulus jika BBM yg digunakan berkadar sulphur sekitar 10 - 50 ppm (50 ppm Max)

Sedangkan di Indonesia u know lah, sulphur BBM solar sekitar 500 - 3000 ppm (kecuali DEX yg sedikit under 300 ppm) membutuhkan oli dgn TBN minimal 10 mg KOH & kadar SAPS minimal 1.1%

So kalo utk mesin Diesel digunakan di Indonesia & mau pake oli Full Synth carilah oli dgn kualifikasi :
MB 229.3 / 229.5
BMW LL-01
ACEA B3 / B4

Selengkapnya bisa dibaca di :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/
All about Lubricant
Standard pelumas Diesel dari produsen kendaraan bermotor & mesin Diesel

Semoga membantu

Thx alot yah Bro Turboman...reply bro jelas jelas membantu...
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by karupin »

mau tanya.. maklum masih newbie..

1. sy punya honda maestro MT thn 93, apa efek + - nya kalo mau pake oli idemitsu 10-30 (saat ini pake shell
helix 15w 50)? apa oli ini ada jual di pasaran? kira2 harga nya berapa ya?

2. honda maestro ini kata bengkel langganan oli transmisinya pake oli mesin (saat ini pake shell helix 15w-50),
nah kalo mau ganti oli idemitsu apa transmisi nya pake oli ini juga? apa boleh?

3. sy jg punya ipah AT thn 06, kalo mau pake oli idemitsu jg apa efek + - nya? oli rekomendasi dari smers apa ya?
budgetnya ga mahal2 ( kira2 skitar 200k kalo bisa dibawah itu.. hehe.. )

4. trus kalo ipah ini mau ganti oli apakah harus ATF T4? pingin juga disirkulasi in sih.. bengkel mana nih
recommended smers? maklum slama ini kalo ipah diserahin ke beres.. skali2 pingin kluar dari beres lah.. hehe...

Thx infonya.. :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

idemitsu nya apa dulu neh bro, soalnya kalo yg di jual di sini rata2 kalo yg jenis 10W-30 itu jenis oli mineral, kcuali yg dijual di beres nissan, itu baru jenis yg semi synthetic... ganti oli yg lebi encer sigh selama mesin nya sehat yah tentu akan berakibat bagus, karena beban kerja mesin lebi ringan, ujung2 nya ada penghematan bbm dikit... nah kalo soal oli mesin dan transmisi manual honda, ini emang perna ane tanyain ke beres honda, mereka blg sigh kalo honda2 yg jenis lama emang utk oli transmisi dipake sama dgn oli mesin, tapi jgn yg terlalu encer, 10W-40 jg uda cukup koq.... pake honda MTF pun jg boleh walaupun mereka blg kaga bagus, nahh kalo ini ane agak kurang percaya karena gt ane minta penjelasan logis dan teknis nya, mereka kaga bisa jelasin....

skali lagi, idemitsu yg bro maksud itu jenis yg apa ?? setau ane yg umum djual dgn tingkatan 10W-30 itu jenis yg mineral, idemitsu eco drive namanya.... kalo mo yg semi synthetic, pake idemitsu eco touring, ini 10W-40... ga beda jauh koq keenceran nya ama yg 10W-30... nah kalo yg full syn, ndak tau dehh ane...

btw ane pake idemitsu jg koq, dan overall puas ama neh merek... tarikan kaga cepet berat walaupun km beranjak, kaga kaya shell helix plus yg cepet berat tarikan nya... detergensi nya jg cukup bagus koq... dan utk FC slama pake nigh oli, konstan walaupun km uda diatas 5000 km...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by karupin »

DOHC wrote:idemitsu nya apa dulu neh bro, soalnya kalo yg di jual di sini rata2 kalo yg jenis 10W-30 itu jenis oli mineral, kcuali yg dijual di beres nissan, itu baru jenis yg semi synthetic... ganti oli yg lebi encer sigh selama mesin nya sehat yah tentu akan berakibat bagus, karena beban kerja mesin lebi ringan, ujung2 nya ada penghematan bbm dikit... nah kalo soal oli mesin dan transmisi manual honda, ini emang perna ane tanyain ke beres honda, mereka blg sigh kalo honda2 yg jenis lama emang utk oli transmisi dipake sama dgn oli mesin, tapi jgn yg terlalu encer, 10W-40 jg uda cukup koq.... pake honda MTF pun jg boleh walaupun mereka blg kaga bagus, nahh kalo ini ane agak kurang percaya karena gt ane minta penjelasan logis dan teknis nya, mereka kaga bisa jelasin....

skali lagi, idemitsu yg bro maksud itu jenis yg apa ?? setau ane yg umum djual dgn tingkatan 10W-30 itu jenis yg mineral, idemitsu eco drive namanya.... kalo mo yg semi synthetic, pake idemitsu eco touring, ini 10W-40... ga beda jauh koq keenceran nya ama yg 10W-30... nah kalo yg full syn, ndak tau dehh ane...

btw ane pake idemitsu jg koq, dan overall puas ama neh merek... tarikan kaga cepet berat walaupun km beranjak, kaga kaya shell helix plus yg cepet berat tarikan nya... detergensi nya jg cukup bagus koq... dan utk FC slama pake nigh oli, konstan walaupun km uda diatas 5000 km...
justru blom tau banget nih ttg oli idemitsu.. hehehe... :oops: barusan nanya ke toko oli langganan aja malah ga jual dia :frm_bang_head: :frm_bang_head:

kalo yg oli mineral itu kurang bagus ya bro? kalo yg semi syntetic di beres nissan berapa duid om? ( kynya kalo udah ngomong beres pasti harganya mhanthabs ya.. :frm_bang_head: )
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

mineral sebenernya jg ga jelek koq.... ada beberapa merek yg oli mineral nya bagus koq, malah beberapa scara spek dan teknis nya lebi bagus dari yg semi syn... cuman yah itu, oli mineral mentok di umur pakai nya bro, utk pemakaian normal, maksimal umurnya cuman 5000 km, beda dgn semi syn yg bisa tahan ampe maksimal 10000 km utk kondisi normal.... kalo kondisi jakarta yg super macet yah otomatis angka2 diatas dibagi 2.... oli semi syn nissan itu kalo ga salah 63 rebu per liter bro.... ga worth it sigh kalo saya blg, mendingan beli yg eco touring aja, plg cuman 50an rebu doank... toh sama2 idemitsu, sama2 semi syn.... kalo mo nyari oli2, coba ke Toda aja bro, disitu lengkap oli nya walaupun harga nya kaga bisa dibilang paling murah....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by karupin »

DOHC wrote:mineral sebenernya jg ga jelek koq.... ada beberapa merek yg oli mineral nya bagus koq, malah beberapa scara spek dan teknis nya lebi bagus dari yg semi syn... cuman yah itu, oli mineral mentok di umur pakai nya bro, utk pemakaian normal, maksimal umurnya cuman 5000 km, beda dgn semi syn yg bisa tahan ampe maksimal 10000 km utk kondisi normal.... kalo kondisi jakarta yg super macet yah otomatis angka2 diatas dibagi 2.... oli semi syn nissan itu kalo ga salah 63 rebu per liter bro.... ga worth it sigh kalo saya blg, mendingan beli yg eco touring aja, plg cuman 50an rebu doank... toh sama2 idemitsu, sama2 semi syn.... kalo mo nyari oli2, coba ke Toda aja bro, disitu lengkap oli nya walaupun harga nya kaga bisa dibilang paling murah....
maaf bro, sy kurang ngerti bagian biru itu.. :e-wall:

bukannya oli idemitsu semi syn = eco touring = 63000 itu bro bilang ga worth it?

kalo yg saya biasa pake shell helix 15w-50 itu termasuk golongan oli apa ya? mineral / semi syn?

trus sy biasa ganti oli tiap 5000km, dari info bro dohc, oli mineral max 5000km, dan kalo di jakarta yg stop & go dibagi 2 jadi nya 2500km donk?apa itu harga mati? apa efeknya kalo sy tetep ganti tiap 5000km?

maaf buta banget.. masalahnya sekarang ini sy brand minded bgt.. hehehe.. sekarang ini lagi mau cari pencerahan.. dan saat nya mau ganti oli.. :big_peace:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by y_anjasrana »

Tergantung kondisi mobilnya juga boss. Yg penting jgn malas cek kondisi oli per minggu. Intip aja sebentar. Kalu warnanya udah item bgt pdhl baru 2000km, ya ganti. Tapi kalu masih bening walau udah 4000, ya terusin aja...

Yg parah kalu baru jalan 1000-2000, tapi olinya udah abis. Naa.. itu bukan ganti oli lagi, tapi turun mesin....

:big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by karupin »

y_anjasrana wrote:Tergantung kondisi mobilnya juga boss. Yg penting jgn malas cek kondisi oli per minggu. Intip aja sebentar. Kalu warnanya udah item bgt pdhl baru 2000km, ya ganti. Tapi kalu masih bening walau udah 4000, ya terusin aja...

Yg parah kalu baru jalan 1000-2000, tapi olinya udah abis. Naa.. itu bukan ganti oli lagi, tapi turun mesin....

:big_peace:
oo gitu ya.. slama ni jg ga perna nglongok2 in oli...hahaha.. slama ini yg penting ga bocor... salah juga sih pandangan kaya gini.. :upss:
thx info nya bro anjas.. :big_peace:

kalo info tukang jual nya oli idemitsu ini dmana ya?
baik yg mineral maupun semi syn?
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by toratora »

Bro bro sekalian

Ada yg tau oli suzuki terbaru namanya SGO (suzuki genuine oil) sae 5w30 kata orang beres sih synthetic, tapi ane kurang percaya, soalnya harganya cuma 55rb/liter???

Terakhir ane mau ganti oli neobal, karena ga ada info mengenai SGO ini, akhirnya pake oli total quartz 9000 sae 5w40 (pake yg udah pasti2 aja). Tapi secara mobil keluaran baru dan sudah vvt, ane memang nantinya mau pake oli yg buntutnya 30, tapi belum ketemu yg bagus (synthetic) dan pas dikantong.

Kalaupun ada yg bagus tapi harganya ga kuat euy, spt FK freshing ato shell helix ab 5w30. Apalagi FK susah nyarinya neh, di toda aja gada.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

toratora wrote: Tapi secara mobil keluaran baru dan sudah vvt, ane memang nantinya mau pake oli yg buntutnya 30, tapi belum ketemu yg bagus (synthetic) dan pas dikantong.

Kalaupun ada yg bagus tapi harganya ga kuat euy, spt FK freshing ato shell helix ab 5w30. Apalagi FK susah nyarinya neh, di toda aja gada.
Kan ada Motul H-Tec 5W30 om ?

Itu harganya sgt value 4 money.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

karupin wrote: 1. sy punya honda maestro MT thn 93, apa efek + - nya kalo mau pake oli idemitsu 10-30 (saat ini pake shell
helix 15w 50)? apa oli ini ada jual di pasaran? kira2 harga nya berapa ya?

2. honda maestro ini kata bengkel langganan oli transmisinya pake oli mesin (saat ini pake shell helix 15w-50),
nah kalo mau ganti oli idemitsu apa transmisi nya pake oli ini juga? apa boleh?

3. sy jg punya ipah AT thn 06, kalo mau pake oli idemitsu jg apa efek + - nya? oli rekomendasi dari smers apa ya?
budgetnya ga mahal2 ( kira2 skitar 200k kalo bisa dibawah itu.. hehe.. )

4. trus kalo ipah ini mau ganti oli apakah harus ATF T4? pingin juga disirkulasi in sih.. bengkel mana nih
recommended smers? maklum slama ini kalo ipah diserahin ke beres.. skali2 pingin kluar dari beres lah.. hehe...
1. Utk mobil berumur lebih baik pakai oli agak kental & mineral based aja um, atau paling encer pakai 10W-40 aja.

2. Utk transmisi manual Honda kasih Honda genuine MTF aja, itu cukup oke kok.

3. Mesin TR-FE memang kalau mau enak kasih oli buntut -30, lebih disarankan yg Full Synth or VI above 160.

4. Ipahnya A/T ?
A/T nya Ipah harus pake ATF yg comply ke T-4 atau JWS 3309.
* Bukan ajakan Beli *
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Dogies »

karupin wrote:
y_anjasrana wrote:Tergantung kondisi mobilnya juga boss. Yg penting jgn malas cek kondisi oli per minggu. Intip aja sebentar. Kalu warnanya udah item bgt pdhl baru 2000km, ya ganti. Tapi kalu masih bening walau udah 4000, ya terusin aja...

Yg parah kalu baru jalan 1000-2000, tapi olinya udah abis. Naa.. itu bukan ganti oli lagi, tapi turun mesin....

:big_peace:
oo gitu ya.. slama ni jg ga perna nglongok2 in oli...hahaha.. slama ini yg penting ga bocor... salah juga sih pandangan kaya gini.. :upss:
thx info nya bro anjas.. :big_peace:

kalo info tukang jual nya oli idemitsu ini dmana ya?
baik yg mineral maupun semi syn?
ane jual oli IDEMITSU om, dijamin asli krn ambilan langsung dari distributor.
Utk. mobil bensin:
1). Extreme Touring (Semi Syn) SM/CF, 10w–40 :
a) Rp 1,082,000 / 6 galon @ 4 liter
b) Rp 1,094,000 / 24 botol @ 1 liter

2). Extreme Eco (Mineral) SM/CF, 10w–30 :
a) Rp 965,000 / 6 galon @ 4 liter
b) Rp 986,000 / 24 botol @ 1 liter

Syarat dan kondisi :
 Dijamin 100% keasliannya.
 Harga nett, sudah termasuk pengiriman di wilayah DKI Jakarta.
 Minimum pembelian : 6 galon sejenis atau 24 liter sejenis.
 Harga tidak mengikat, sewaktu–waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.
 Pengiriman : Senin – Jum’at (atau sesuai perjanjian)
 Pembayaran transfer BCA
 Jika ingin barang diambil sendiri, di alamat berikut:
i) Komplek Sekretariat Negara (SetNeg) Cidodol Baru Blok C–11, Jln. Panjang Cidodol, Kby. Lama, JakSel (telp.: 021–722.7244 / 0811-926.361)
ii) Jln. Panjang Cidodol no. 32, Rt 12 / Rw 06, Kby. Lama, JakSel (telp.: 021–720.9446)

Salam hangat,
Harry
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by karupin »

Turboman wrote:
1. Utk mobil berumur lebih baik pakai oli agak kental & mineral based aja um, atau paling encer pakai 10W-40 aja.

2. Utk transmisi manual Honda kasih Honda genuine MTF aja, itu cukup oke kok.

3. Mesin TR-FE memang kalau mau enak kasih oli buntut -30, lebih disarankan yg Full Synth or VI above 160.

4. Ipahnya A/T ?
A/T nya Ipah harus pake ATF yg comply ke T-4 atau JWS 3309.
1. walaupun kondisi mesin sehat ga boleh ya bro turboman?
2. yang sekarang pake sih oli shell helix 15w-50, mungkin untuk kedepan lbh bagus ganti MTF itu aja ya..
3. contohnya apa bro turboman? yang idemitsu tadi bolehkah?
4. oo.. harus pake t-4 ya, kalo gitu elf t-4 bisa la ya..

thx 4 the infos.. :big_peace:
daffafirdaus
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Dec 22, 2008 5:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by daffafirdaus »

Oli BM1 gimana bro2x?
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by karupin »

Dogies wrote: ane jual oli IDEMITSU om, dijamin asli krn ambilan langsung dari distributor.
Utk. mobil bensin:
1). Extreme Touring (Semi Syn) SM/CF, 10w–40 :
a) Rp 1,082,000 / 6 galon @ 4 liter
b) Rp 1,094,000 / 24 botol @ 1 liter

2). Extreme Eco (Mineral) SM/CF, 10w–30 :
a) Rp 965,000 / 6 galon @ 4 liter
b) Rp 986,000 / 24 botol @ 1 liter

Syarat dan kondisi :
 Dijamin 100% keasliannya.
 Harga nett, sudah termasuk pengiriman di wilayah DKI Jakarta.
 Minimum pembelian : 6 galon sejenis atau 24 liter sejenis.
 Harga tidak mengikat, sewaktu–waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.
 Pengiriman : Senin – Jum’at (atau sesuai perjanjian)
 Pembayaran transfer BCA
 Jika ingin barang diambil sendiri, di alamat berikut:
i) Komplek Sekretariat Negara (SetNeg) Cidodol Baru Blok C–11, Jln. Panjang Cidodol, Kby. Lama, JakSel (telp.: 021–722.7244 / 0811-926.361)
ii) Jln. Panjang Cidodol no. 32, Rt 12 / Rw 06, Kby. Lama, JakSel (telp.: 021–720.9446)

Salam hangat,
Harry
buset dah... banyaaaaakkkk amat bro kalo mesti pesen?? hahaha... :big_slap:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

nah om karupin, yg om turboman bilang uda bener tuh... kalo mesin yg uda agak tua, pake mendingan yg 10W-40 aja... lebi encer dari itu takutnya malah rembes oli nya ke ruang bakar...

btw, mengenai yg ane bilang ga worth it itu soalnya, oli nissan genuine oil itu kan sama aja jenis nya dgn oli idemitsu yg semi syn yg dijual di pasaran (yg eco touring kalo dipasaran), nahh tapi beda harga nya cukup signifikan gt, yg nissan itu 63 rebu kalo ga salah, sedangkan yg dijual di pasaran dgn label eco touring cuman 50an rebu kalo ga salah... nah beda duit nya kan lumayan tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Dogies »

karupin wrote:
Dogies wrote: ane jual oli IDEMITSU om, dijamin asli krn ambilan langsung dari distributor.
Utk. mobil bensin:
1). Extreme Touring (Semi Syn) SM/CF, 10w–40 :
a) Rp 1,082,000 / 6 galon @ 4 liter
b) Rp 1,094,000 / 24 botol @ 1 liter

2). Extreme Eco (Mineral) SM/CF, 10w–30 :
a) Rp 965,000 / 6 galon @ 4 liter
b) Rp 986,000 / 24 botol @ 1 liter

Syarat dan kondisi :
 Dijamin 100% keasliannya.
 Harga nett, sudah termasuk pengiriman di wilayah DKI Jakarta.
 Minimum pembelian : 6 galon sejenis atau 24 liter sejenis.
 Harga tidak mengikat, sewaktu–waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.
 Pengiriman : Senin – Jum’at (atau sesuai perjanjian)
 Pembayaran transfer BCA
 Jika ingin barang diambil sendiri, di alamat berikut:
i) Komplek Sekretariat Negara (SetNeg) Cidodol Baru Blok C–11, Jln. Panjang Cidodol, Kby. Lama, JakSel (telp.: 021–722.7244 / 0811-926.361)
ii) Jln. Panjang Cidodol no. 32, Rt 12 / Rw 06, Kby. Lama, JakSel (telp.: 021–720.9446)

Salam hangat,
Harry
buset dah... banyaaaaakkkk amat bro kalo mesti pesen?? hahaha... :big_slap:
pan buat maestro and ipah om... jadi lebih murah harganya daripada beli satuan... :big_peace:
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by karupin »

Dogies wrote:
pan buat maestro and ipah om... jadi lebih murah harganya daripada beli satuan... :big_peace:
iya sih bro.. tapi kan kantongnya boolloooonnnggg.... ahahahaha.... :upss: :ngacir: :ngacir:
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Dogies »

karupin wrote:
Dogies wrote:
pan buat maestro and ipah om... jadi lebih murah harganya daripada beli satuan... :big_peace:
iya sih bro.. tapi kan kantongnya boolloooonnnggg.... ahahahaha.... :upss: :ngacir: :ngacir:
daripada telat ganti oli malah bikin mesin cepet rusak... jadinye lebih bolong lagi nanti om... :big_smoking:
toratora
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sat Feb 14, 2009 9:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by toratora »

Turboman wrote:
Kan ada Motul H-Tec 5W30 om ?

Itu harganya sgt value 4 money.

Trims bos Turboman, akan saya ingat kalo ganti oli berikutnya

Tuk bos karupin
Maestro mendingan lanjut pake 15w50 .... kalo memangnya tidak kenapa2 sebaiknya jgn ganti oli yg lebih encer bro, tar takutnya oli cepet abis ato rembes, mengingat mobil sdh >10thn
Kalo ipah boleh bos pake oli encer yg buntutnya 30, harusnya ga masalah, malah konsumsi bbm bisa irit sedikit
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by karupin »

toratora wrote: Tuk bos karupin
Maestro mendingan lanjut pake 15w50 .... kalo memangnya tidak kenapa2 sebaiknya jgn ganti oli yg lebih encer bro, tar takutnya oli cepet abis ato rembes, mengingat mobil sdh >10thn
Kalo ipah boleh bos pake oli encer yg buntutnya 30, harusnya ga masalah, malah konsumsi bbm bisa irit sedikit
ipah rencana mau pake elf aja yg 10w-30.. bagus ga ya?ada tmen bengkel tawarin.. :ungg:

kalo maestro nya keburu pake shell 10w-40.. hehe... soalnya pake shell yg 15w-50 baru 4000km aja uda ga enak banget.. mobil jadi ngelitik, boros.. abis ganti yg 10w-40 jadi mak nyusss... kondisi mesin sih sehat walafiat bro toratora.. awalnya sih kuatir jg suara mesin jadi kasar pake oli 10w-40, eh ternyata halus2 aja, tarikan siiipp, ga nglitik lagi ( mungkin gue pikir masalah nglitik ini banyak faktor ga cuma oli soalnya waktu itu carbon clean skalian )

:big_peace:
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by herbid »

Sekedar sharing info, kebetulan punya copy-an buku manual service mazda.

Rentang suhu kerja dari oli spec 10W-30 adalah:
Minus 25 hingga 85 Derajat Celsius.

Sepertinya oli tsb kurang cocok untuk daerah panas dan macet di jakarta, karena suhu mesin bisa mencapai 92 derajat atau bahkan lebih jika sistem pendingin radiator bekerja kurang maximal.

Idealnya untuk di jakarta pakai oli yang belakangnya 40 atau 50.

Sekarang saya lagi cari Amsoil ARO 20W-50 atau yang dibawah sedikit AMO 10W-40.
http://www.amsoil.com/StoreFront/aro.aspx


Semoga bermanfaat.

NB. Untuk lebih jelasnya silakan lihat link berikut:
http://s809.photobucket.com/albums/zz19 ... 13_oil.jpg
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

anehh, kalo gt knapa nissan bikin oli resmi mereka yg 10w-30.... suru diganti per 10000 km pula....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by herbid »

Dilihat spek untuk negara dengan iklim seperti apa,
tropis, semi tropis atau negara dengan 4 musim.