SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 26 Oct 2014, 05:48

All times are UTC + 7 hours





Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 1229 posts ]  Go to page Previous  1 ... 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42 ... 50  Next
Author Message
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 20:46 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Posts: 5875
Location: 3700 West Juneau Avenue, Milwaukee
Ngotot amat API SM? GV dicekokin SL bukannya masih rekomen mods?

_________________

I live on my own faith
I die on my own destiny


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 20:47 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8240
imsus2c wrote:
saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30

bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.


Utk mesin keluaran 2001 hati2 pake oli dgn API SM, cek dulu valvetrain udah roller rocker arm / belum, jika sudah RRA maka monggo pake API SM, jika belum maka pakailah API SL atau SJ.

Atau nanti sekalian pakai API SN, krn dia ada Phosphorous retention-nya.

mengapa ? Search di google : API SM - ZDDP - Flat tappet

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:11 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Nightster Guy wrote:
Mods Santa Fe....

Kantong OB mikir2 beli 6100 Synergie, secara dia made in Prancis mods.... :ngacir: :ngacir:


lain kali minta dibikin di vietnam... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:12 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Abu2 wrote:
imsus2c wrote:
saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30

bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.

Di level 10w40, banyak keluaran dari motul, saya sendiri sampe bingung

tapi jika mau yg "bagus", pakai yg seri synergie, yg saya lihat di synergie 6100, itu oli masih 10w40 dan keterangannya technosyntese alias semi sintetis.
Tapi harga per Liternya sama atau sedikit lebih mahal dibanding H-Tech plus yg visko-nya 5w30 dan ada keterangan "100% synthetic"
Konon sih, base oil-nya synergie 6100 memang bagus dan mahal dan konon lagi, ada kandungan esther-nya, entah bener entah engga...
Kalau yg mau lebih yahud lagi buat harian, pakai yg x-cess 8100

Atau ini:
http://ew5.earlweb.com/recommendations. ... 7&brand=45



set dah, yg 6100 synergie aja dah gak kuat, apalagi yg kayak di list itu, DC nya ntah berapa, trus available ndak ya di Indo..

dha ah..untuk sementara HX7 aja dulu... :ngacir:


rasanya yg synergie 6100 masih terjangkau buat meneer lhaa... :mky_04:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:16 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Turboman wrote:
imsus2c wrote:
saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30

bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.


Utk mesin keluaran 2001 hati2 pake oli dgn API SM, cek dulu valvetrain udah roller rocker arm / belum, jika sudah RRA maka monggo pake API SM, jika belum maka pakailah API SL atau SJ.

Atau nanti sekalian pakai API SN, krn dia ada Phosphorous retention-nya.

mengapa ? Search di google : API SM - ZDDP - Flat tappet


:thanks: infonya pak turbo,

meski saya juga ga yakin 100%, tempo hari waktu buka daleman mesin, kayaknya rocker-nya uda yg pakai lubang (roller), apalagi lihat di katalog partsnya, ada item untuk rocker assy...
diluar itu, hyundai sekarang juga jualan genuine oil (HGMO) di BeRes mereka (meskipun saya belum pernah pake HGMO), tapi kalau saya lihat, api service-nya juga udah SM...

tar deh coba saya pastikan tanya2 lagi...apakah rocker udah pake roller atau flat bed

:thanks:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:20 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8240
imsus2c wrote:
:thanks: infonya pak turbo,

meski saya juga ga yakin 100%, tempo hari waktu buka daleman mesin, kayaknya rocker-nya uda yg pakai lubang (roller), apalagi lihat di katalog partsnya, ada item untuk rocker assy...
diluar itu, hyundai sekarang juga jualan genuine oil (HGMO) di BeRes mereka (meskipun saya belum pernah pake HGMO), tapi kalau saya lihat, api service-nya juga udah SM...

tar deh coba saya pastikan tanya2 lagi...apakah rocker udah pake roller atau flat bed

:thanks:


Paling pasti sih buka valve Cover, diliat lgs atau minimal liat model rocker arm-nya di parts katalog.

HGMO API SM, yah krn mereka utk memenuhi kebutuhan mesin2 Gasoline Hyundai keluaran 2006 ke atas.

Apapun merek mesinnya kalau belum RRA teteuuppp gunakan API SL aja maksimal.........bahkan ane baca di forum2 luar user2 yg miara mesin2 tahun lama byk yg pake oli Diesel API CI-4 scr ZDDP nya masih cukup tinggi.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:25 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Turboman wrote:
imsus2c wrote:
:thanks: infonya pak turbo,

meski saya juga ga yakin 100%, tempo hari waktu buka daleman mesin, kayaknya rocker-nya uda yg pakai lubang (roller), apalagi lihat di katalog partsnya, ada item untuk rocker assy...
diluar itu, hyundai sekarang juga jualan genuine oil (HGMO) di BeRes mereka (meskipun saya belum pernah pake HGMO), tapi kalau saya lihat, api service-nya juga udah SM...

tar deh coba saya pastikan tanya2 lagi...apakah rocker udah pake roller atau flat bed

:thanks:


Paling pasti sih buka valve train, diliat lgs atau minimal liat model rocker arm-nya di parts katalog.

HGMO API SM, yah krn mereka utk memenuhi kebutuhan mesin2 Gasoline Hyundai keluaran 2006 ke atas.

Apapun merek mesinnya kalau belum RRA teteuuppp gunakan API SL aja maksimal.........bahkan ane baca di forum2 luar user2 yg miara mesin2 tahun lama byk yg pake oli Diesel API CI-4 scr ZDDP nya masih cukup tinggi.


nah itu dia pak, waktu dulu buka mesin buat port+polished, saya lupa2 ingat...

yg jelas, kata bengkelnya, anatominya sama persis dengan mesin mitsubishi 4G63, header-nya aja plek dan bolt on

kalo mesin mitsu 4G63 pakai roller, berarti aman deh...tapi kalo pakai flat bed, berarti apes :e-doh: musti balik ke SL lagi, padahal cari oli SL sekarang sudah mulai susah :e-doh:

nanti deh, pas waktunya ganti oli, saya pastikan lagi...kalo ga kelupaan :mky_01:

:thanks:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:30 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8240
Nightster Guy wrote:
Ngotot amat API SM? GV dicekokin SL bukannya masih rekomen mods?


kalo sayah sih misal ada suatu jenis oli yg sama en masih ada stock API SL maka ane akan pilih yg SL instead of SM

API SM = utk perlindungan Cat Conv, akhirnya ZDDP dikebiri sampe 800 ppm aja

API SL ZDDP nya masih 1000 - 1100 ppm, SJ lebih tinggi lagi dikit

ZDDP ini sgt penting utk perlindungan komponen valve train.

Kecuali nanti API SN / Dexos 1 dimana ZDDP 800 ppm tetapi ditambah zat SAPS retention sehingga teorinya zat zat penting utk perlindungan mesin gak akan ikut nguap dari oli selama pemakaian, juga mandatory perlindungan thd keausan komponen mesin, scr teoritis ada tambahan zat2 anti friction lain di luar ZDDP. Tapi gimana realita-nya juga kita masih belum tahu.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:30 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 13041
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
kalo susah... coba cekokin oli nissan genuine oil aja om... itu oli idemitsu yg semi syn dgn tingkatan 10W-30... dan masi API SL.... kalo HGMO, entahlah itu oli buatan mana, cuman yg jelas ane perna coba dan hasil nya cukup mengecewakan...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:32 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Turboman wrote:
Nightster Guy wrote:
Ngotot amat API SM? GV dicekokin SL bukannya masih rekomen mods?


kalo sayah sih misal ada suatu jenis oli yg sama en masih ada stock API SL maka ane akan pilih yg SL instead of SM

API SM = utk perlindungan Cat Conv, akhirnya ZDDP dikebiri sampe 800 ppm aja

API SL ZDDP nya masih 1000 - 1100 ppm, SJ lebih tinggi lagi dikit

ZDDP ini sgt penting utk perlindungan komponen valve train.

Kecuali nanti API SN / Dexos 1 dimana ZDDP 800 ppm tetapi ditambah zat SAPS retention sehingga teorinya zat zat penting utk perlindungan mesin gak akan ikut nguap dari oli selama pemakaian, juga mandatory perlindungan thd keausan komponen mesin, scr teoritis ada tambahan zat2 anti friction lain di luar ZDDP. Tapi gimana realita-nya juga kita masih belum tahu.


info yg sangat mencerahkan dan berguna :thanks:

tar saat ganti oli, mau ubek2 dulu merk mana2 yg berlabel SL :D

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:35 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8240
imsus2c wrote:
kalo mesin mitsu 4G63 pakai roller, berarti aman deh...tapi kalo pakai flat bed, berarti apes :e-doh: musti balik ke SL lagi, padahal cari oli SL sekarang sudah mulai susah :e-doh:


Bisa pakai oli yg meet LongLife standard spt MB 229.3 atau .5 / BMW LL-98 / LL-01 krn ZDDP nya masih 1000 an ppm, atau oli Diesel 10W-40 semi synth spt Shell HX-7 Diesel / Fastron 10W-40 yg MB 229.1 / ACEA A3 / API SL.

Oli Diesel utk passenger vehicle boleh dipake ke bensin scr TBN paling cuman 10 an.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:50 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Turboman wrote:
imsus2c wrote:
kalo mesin mitsu 4G63 pakai roller, berarti aman deh...tapi kalo pakai flat bed, berarti apes :e-doh: musti balik ke SL lagi, padahal cari oli SL sekarang sudah mulai susah :e-doh:


Bisa pakai oli yg meet LongLife standard spt MB 229.3 atau .5 / BMW LL-98 / LL-01 krn ZDDP nya masih 1000 an ppm, atau oli Diesel 10W-40 semi synth spt Shell HX-7 Diesel / Fastron 10W-40 yg MB 229.1 / ACEA A3 / API SL.

Oli Diesel utk passenger vehicle boleh dipake ke bensin scr TBN paling cuman 10 an.


ok pak turbo, :thanks: infonya lagi...

omong2, sedikit spin off, apakah pak turbo sudah test/review oli diesel Motul Specific CRDi Diesel? dgn spesifikasi (sesuai web motul) 100% synthetic, ACEA B4/API SL, visko 5w40
kalo lihat saran pak turbo diatas, kayaknya oli ini bisa buat alternatif pengganti...

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:51 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
DOHC wrote:
kalo susah... coba cekokin oli nissan genuine oil aja om... itu oli idemitsu yg semi syn dgn tingkatan 10W-30... dan masi API SL.... kalo HGMO, entahlah itu oli buatan mana, cuman yg jelas ane perna coba dan hasil nya cukup mengecewakan...


ada yg bilang, katanya HGMO juga OEM-nya idemitsu :e-think:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 21:59 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 13041
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
imsus2c wrote:
DOHC wrote:
kalo susah... coba cekokin oli nissan genuine oil aja om... itu oli idemitsu yg semi syn dgn tingkatan 10W-30... dan masi API SL.... kalo HGMO, entahlah itu oli buatan mana, cuman yg jelas ane perna coba dan hasil nya cukup mengecewakan...


ada yg bilang, katanya HGMO juga OEM-nya idemitsu :e-think:



botol nya sehh mirip menner ama oli2 idemitsu... tp entahlah itu jenis oli apa... semi syn atau mineral... perna ane coba compare dgn NGO semi syn yg sama2 10W-30... terlihat kalo yg HGMO lebi keruh dan bau nya jg beda ama NGO... yg NGO lebi jernih dan bau nya lebi mirip ama petronas synthium 800 semi syn yg 10W-30...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 22:36 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8240
imsus2c wrote:
[
omong2, sedikit spin off, apakah pak turbo sudah test/review oli diesel Motul Specific CRDi Diesel? dgn spesifikasi (sesuai web motul) 100% synthetic, ACEA B4/API SL, visko 5w40
kalo lihat saran pak turbo diatas, kayaknya oli ini bisa buat alternatif pengganti...


Betul, bisa.......ane lom pernah coba en test oli tsb., soalnya di teritorry 5W40 Full Synth ACEA B4 / MB 229.3 saat ini gak ada yg lawan harganya Q8 Excel / Excel Diesel 5W40.....he hee

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 22:48 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Turboman wrote:
imsus2c wrote:
[
omong2, sedikit spin off, apakah pak turbo sudah test/review oli diesel Motul Specific CRDi Diesel? dgn spesifikasi (sesuai web motul) 100% synthetic, ACEA B4/API SL, visko 5w40
kalo lihat saran pak turbo diatas, kayaknya oli ini bisa buat alternatif pengganti...


Betul, bisa.......ane lom pernah coba en test oli tsb., soalnya di teritorry 5W40 Full Synth ACEA B4 / MB 229.3 saat ini gak ada yg lawan harganya Q8 Excel / Excel Diesel 5W40.....he hee


hoo...gitu yah,
boleh ni dicoba saat ganti oli besok..., memang harganya si motul ini tinggian... :e-wall:

masalahnya saat ini saya belom nemu yg jualan Q8 (posisi di surabaya/semarang/solo)

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 22:59 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8240
imsus2c wrote:
hoo...gitu yah,
boleh ni dicoba saat ganti oli besok..., memang harganya si motul ini tinggian... :e-wall:

masalahnya saat ini saya belom nemu yg jualan Q8 (posisi di surabaya/semarang/solo)


Catatan : kalo dari 5W30 pindah ke 5W40 sih ada resiko tarikan jadi agak kerasa sedikit berat yah

Kalo udah cocok dgn 5W30 bisa pakai Shell Helix Ultra AB / Petronas Syntium 3000 LL 5W30, itu ZDDP nya juga minimal 1000 ppm or more, TBN 10 an, bisa dipake jauh (LongLife).

Kalo mau yg ekonomis : Caltex Havoline Energy 5W30 API SL (kalo masih ada stock)

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 23:21 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Turboman wrote:
imsus2c wrote:
hoo...gitu yah,
boleh ni dicoba saat ganti oli besok..., memang harganya si motul ini tinggian... :e-wall:

masalahnya saat ini saya belom nemu yg jualan Q8 (posisi di surabaya/semarang/solo)


Catatan : kalo dari 5W30 pindah ke 5W40 sih ada resiko tarikan jadi agak kerasa sedikit berat yah

Kalo udah cocok dgn 5W30 bisa pakai Shell Helix Ultra AB / Petronas Syntium 3000 LL 5W30, itu ZDDP nya juga minimal 1000 ppm or more, TBN 10 an, bisa dipake jauh (LongLife).

Kalo mau yg ekonomis : Caltex Havoline Energy 5W30 API SL (kalo masih ada stock)


sebenarnya sih iya pak, sdh cocok pake 5w30 :mky_01:

dasarnya sederhana dan awam aja, tarikan lebih ringan dan suara mesin tdk bertambah kasar (dibanding sebelumnya pakai 10w40, apalagi mesin sdh pakai tappet hidrolis/hla yg konon butuh oli yg relatif encer), dan sampai 3000an km cek dipstick belum ada gejala pengurangan oli, FC dirasakan ada beda meski tipiiissss...

yg sekarang dipakai (motul htech+) harganya sekitar 100k/L, sekilas lihat-lihat tempo hari yg specific crdi, sekitar 115k/L, jadi ga beda jauh lah...

kalo yg SHU AB belom cek harga lagi, mungkin lebih mahal dari motul ya? :e-think: eh, yg SHU AB diatas buat yg bensin atau diesel pak? secara saya lihat, yg SHX7 juga ada versi bensin dan dieselnya :e-think:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 23:27 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Turboman wrote:
imsus2c wrote:
[
omong2, sedikit spin off, apakah pak turbo sudah test/review oli diesel Motul Specific CRDi Diesel? dgn spesifikasi (sesuai web motul) 100% synthetic, ACEA B4/API SL, visko 5w40
kalo lihat saran pak turbo diatas, kayaknya oli ini bisa buat alternatif pengganti...


Betul, bisa.......ane lom pernah coba en test oli tsb., soalnya di teritorry 5W40 Full Synth ACEA B4 / MB 229.3 saat ini gak ada yg lawan harganya Q8 Excel / Excel Diesel 5W40.....he hee


saya lihat di brosurnya: http://www.q8oils.com/uploads/com/broch ... r_oils.pdf
yg excel/excel diesel ternyata sudah SM :e-think:

wah..padahal mo cari alternatif yg SL :e-think:

Turboman wrote:
Nightster Guy wrote:
Ngotot amat API SM? GV dicekokin SL bukannya masih rekomen mods?


kalo sayah sih misal ada suatu jenis oli yg sama en masih ada stock API SL maka ane akan pilih yg SL instead of SM

API SM = utk perlindungan Cat Conv, akhirnya ZDDP dikebiri sampe 800 ppm aja

API SL ZDDP nya masih 1000 - 1100 ppm, SJ lebih tinggi lagi dikit

ZDDP ini sgt penting utk perlindungan komponen valve train.

Kecuali nanti API SN / Dexos 1 dimana ZDDP 800 ppm tetapi ditambah zat SAPS retention sehingga teorinya zat zat penting utk perlindungan mesin gak akan ikut nguap dari oli selama pemakaian, juga mandatory perlindungan thd keausan komponen mesin, scr teoritis ada tambahan zat2 anti friction lain di luar ZDDP. Tapi gimana realita-nya juga kita masih belum tahu.

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 23:48 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8240
imsus2c wrote:
kalo yg SHU AB belom cek harga lagi, mungkin lebih mahal dari motul ya? :e-think: eh, yg SHU AB diatas buat yg bensin atau diesel pak? secara saya lihat, yg SHX7 juga ada versi bensin dan dieselnya :e-think:


SHU AB itu AC / DC......bisa utk Gasoline / Diesel scr dia MB 229.5 (Di Eropa Passenger Diesel MB pake standard LL yg sama), kalo di Jkt harganya sekitar 125 - 130 rb. / L. (di toko2 tertentu)

Kalo HX-7 yg Diesel itu kemungkinan besar ZDDP nya masih 1000 an (API SL), kalo yg HX-7 Gasoline API SM.

Utk Q8 Excel Diesel sih since dia MB 229.3 kadar ZDDP nya masih 1000 an ppm mestinya, di test di D4 D jalan 8800 km kadar logam Fe dan Al yg terlarut jauh di bawah ambang batas, dimana D4 D itu flat tappet / non RRA, berarti zat antiwear-nya mencukupi.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 Oct 2011, 23:55 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Posts: 5875
Location: 3700 West Juneau Avenue, Milwaukee
Rumit amad ni master2 milih oli......... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: OB pusiiiiiiiiingggggg................

_________________

I live on my own faith
I die on my own destiny


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Nov 2011, 00:03 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Nightster Guy wrote:
Rumit amad ni master2 milih oli......... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: OB pusiiiiiiiiingggggg................


looh...kan uda dikasih yg ga pusing2 buat cudo

imsus2c wrote:
Nightster Guy wrote:
Motul Multi Power Plus. Tapi SL keknya. Uda cukuplah mods buat GV. Itu nyang ane pakek di Cudo, mods.


coba lihat ini meneer: http://ew5.earlweb.com/recommendations. ... 7&brand=45
:mky_08:


:mky_01:

ayo...segera ganti ke synergie 6100, atau sekalian 8100 x-cess :mky_03:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Nov 2011, 00:06 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6222
Location: almost there...
Turboman wrote:
imsus2c wrote:
kalo yg SHU AB belom cek harga lagi, mungkin lebih mahal dari motul ya? :e-think: eh, yg SHU AB diatas buat yg bensin atau diesel pak? secara saya lihat, yg SHX7 juga ada versi bensin dan dieselnya :e-think:


SHU AB itu AC / DC......bisa utk Gasoline / Diesel scr dia MB 229.5 (Di Eropa Passenger Diesel MB pake standard LL yg sama), kalo di Jkt harganya sekitar 125 - 130 rb. / L. (di toko2 tertentu)

Kalo HX-7 yg Diesel itu kemungkinan besar ZDDP nya masih 1000 an (API SL), kalo yg HX-7 Gasoline API SM.

Utk Q8 Excel Diesel sih since dia MB 229.3 kadar ZDDP nya masih 1000 an ppm mestinya, di test di D4 D jalan 8800 km kadar logam Fe dan Al yg terlarut jauh di bawah ambang batas, dimana D4 D itu flat tappet / non RRA, berarti zat antiwear-nya mencukupi.


ouw...brarti bener, yg SHU AB masih sedikit lebih mahal (dibanding motul crdi)

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Nov 2011, 10:30 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Nov 2010, 22:07
Posts: 1578
Location: medhan
Klo oli 5W-50 api sl/ch-4 mksdny gmn tu?

_________________
Image
Vote mod 2015
1. Akang
2. Uchychan
3. Maskopat
4. Madcat015
5. Chz
6. Zombie


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Nov 2011, 11:42 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 07 Jun 2007, 00:39
Posts: 429
Location: Home sweet home
Update :
Saya mau sharing pengalaman yang menurut saya lucu selama 2 hari ini.

Sesuai saran para sesepuh di sini, maka dicarilah OLI transmisi 75W90 GL-4.
Huaaaa.... luar biasa langka. bahkan di siantar ini bukan langka, tapi bisa dibilang gak ada.
Kenapa saya bilang begitu?

a. saya sudah mendatangi kurang lebih 18 – 20 toko oli dan tempat penggantian oli dan service mobil di siantar ini. jumlah ini mencakup kurang lebih 85% penyedia oli di siantar.
b. Dari semua yang saya datangi, tidak ada yang menjual OLI 75W90 GL4. dan hanya 1 yang punya oli 75W90 GL5. itu pun oli untuk metic.
c. Rata2 mereka memiliki oli 80W90/90 GL5 dan tidak ada yang GL4.
d. Beberapa merek yang saya temui :
Shell spirax 80W90 GL5
Mobil 1 80W90 GL5
FK 80W90 GL5
FK 75W90 GL5 Metic
Rored GL5 (kekentalannya lupa. Yang jelas bukan 75W90.

Ada beberapa hal yang lucu saya rasa :
1. pada salah satu toko yang saya datangi, penjaganya seorang anak gadis cantik sekali. Pakai kaos lengan pendek yang agak ketat sehingga bentuk bodi dan detailnya ciamik hihih... trus pakai rok sedikit di atas lutut tapi masih sopan dan cukup buat panas. Pas saya tanya :
saya : (sambil senyum2 menggoda) “punya Oli transmisi yang 75W90 GL4?”
gadis cantik : wah.. gak ada Ko. GL4 itu oli jelek lah. Lebih encer dari GL5. trus kalau mobil bagus gak pakai itu. Pakainya yang GL5. itu juga pakai yang 80W90”
waduh.. kalau gw gak dapat pencerahan dari SM, uda iya aja nih ikut kata nona itu :D
saya : “oo gitu ya. Kalau untuk oli gardan ada gak yang 90 GL5?”
cewek cantik : “lah .. koko salah lagi nih. Kalau gardan itu pakainya yang 140. kalau pakai yang 90 nanti bisa rusak.”
Saya : (dalam hati mikir gawat juga ya kalau kita gak punya pengetahuan) trus sok tau mode on : “wah. kayanya kamu yang salah deh. Kalau 140 itu biasanya untuk truk atau mobil besar, kalau untuk mobil pribadi sih sebaiknya pakai yang 90 biar gak terlalu berat.”
Gadis cantik : (sambil meyakinkan) “ah.. kita di sini uda biasa kok pakai 140 untuk gardan. Kaya itu innova sama terios juga lagi gandi oli gardan pakai yg 140. Ko, kalau makin besar angkanya itu makin bagus. Kaya GL4 dan GL5 bagusan GL5. makanya sekarang orang gak mau lagi yang GL4. trus kalau 90 dan 140 lebih bagus yang 140 karena lebih tinggi angkanya. Kalau makin besar angkanya, tarikannya pun makin bagus (sambil main mata).
Saya : gubrax.... kabuuurrr...

Note : dari pengakuan di atas, gak tau deh uda berapa banyak mobil pribadi di siantar ini termasuk mobil baru tahun tinggi yang pakai oli gardan kekentalan 140.

2. saya : “bang, punya OLI transmisi yang 75W90 GL4?
As abang : wah gak ada ko. Yang ada 80W90. mobil apa ko?
Saya : mobil biasa aja bang, kijang.
Si abang : kenapa mau pakai yang 75W90?
Saya : (dalam hati waduh jawab apa ya? Masa dijawab karena saran dari sesepuh SM sih? Akhirnya sok tau mode on) “supaya kalau pagi2 oli cepat naik dan merata. Jadi bisa langsung cepat enak lo bang”
Si abang : “ooo. Kalau gitu koko pakai ini aja oli yang 40. ini oli encer dan pasti langsung enak deh.
Saya : bukannya oli 40 itu oli mesin bang?
Si abang : iya ko. Tapi semua oli sama aja kok untuk pelicin aja. Mau yang 40, 75, 80, 90 atau 140 sama aja. Beda lebih kental atau encer aja. Jadi tergantung koko mau yang encer atau kental.
Saya : ooo iya deh bang, makasih ya infonya. Saya coba cari yang 75W90 dulu. Kalau gak ketemu nanti saya beli deh yang 40. (dalam hati gak bakalan deh saya isi oli 40 ke tranmisi) sambil kabur.


Note : dari cara si abang di atas yang menganggap semua oli sama, jangan2 ada oli kekentalan 40 yang masuk ke gardan, atau oli 90 yang masuk ke mesin.

3. memasuki toko ke 15, ketemu seorang penjaga toko.
Ibu2 muda : rambut diurai sedikit dibawah bahu. Aroma farfumnya enak :D. Cari apa bang?
Saya : ada oli transmisi yang 75W90? (gak nanya lagi GL5 or GL4. yang penting dapat dulu 75W90.)
Ibu2 muda : oo sebentar ya bang (sambil masuk ke arah lemari pajangan oli)
Saya : dalam hati (wah ada harapan nih. Akhirnya ketemu juga yang saya cari) tak lama kemudian;
Ibu2 muda : oli transmisi itu yang gimana ya bang? Apa sama dengan minyak rem?
Saya : gubrax..... sambil menahan tertawa.... dan liat sendiri ke lemari oli. Hasilnya? Nehii....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 1229 posts ]  Go to page Previous  1 ... 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42 ... 50  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google Adsense [Bot], pdm, Yandex [Bot] and 14 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com