Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Sedikit tips, cara kerja alternator.

Setau ane, alternator itu bekerjanye otomatis, jadi klo kondisi aki stroomnye cukup, maka alternator kerjanye ringan alias daya stroom nyang dikirim ke aki itu kecil, sebagai contoh: kira-kira sekitar 3-5 amper saja. Tapi klo stroomnye dah tinggal sedikit, maka daya yg dikeluarkan dari alternator bisa mencapai angka di atas 20 amper, tergantung dari kapasitas alternator itu sendiri.

Pembuktiannye:
Pada saat itu aki ane dalam kondisi baik (full charge), trus diperiksa daya pengisiannye dg alat yg bernama ampermeter (di tukang alternator biasanye pake alat ini). Di alat ini besarnya pengisian terbaca sekitar 3 amper saja.
Kemudian aki dipake nyalain lampu ampe stroomnye abis, kmd aki tsb dipake lagi di boil ane & untuk menghidupkan boil dipancing dulu. Lalu diukur lagi pengisiannye pake amper meter, hasilnya adalah pengisian menunjukkan angka sekitar 25 amper.

Dari hasil pengetesan ini, dapat diambil kesimpulan bahwa kerja alternator tergantung dari kondisi aki itu, maksudnya adalah klo aki dlm keadaan full charge, kerja alternator ringan dan berlaku kebalikannya. ok
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Klo ade pertanyaan lebih mengenai masalah aki ini, silahkan posting aja, ane akan dg senang hati menjawabnye selama ane bisa.

Mohon maaf ya, ane bukannye sok tau, tapi berusaha menyajikan tulisan yg diharapkan bisa sangat berguna bagi pemake aki, spy bisa terjadi penghematan yg cukup besar terutama bagi nyang mempunyai armada boil yg banyak. ok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

contoh hidrometer mini u/ spd mtr, bisa juga u/ mobil
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
iwan1206
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Sep 24, 2008 14:01

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by iwan1206 »

vitamin utk aki nya namanya power batt?
bisa dibeli dimana? n berapa harganya? :e-think:
tq
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

iwan1206 wrote:vitamin utk aki nya namanya power batt?
bisa dibeli dimana? n berapa harganya? :e-think:
tq
Funny motor.
jl. lap. bola kebon jeruk no:2. (perempatan kb jeruk - perjuangan)
jakarta- barat.

Waktu itu sekitar rp 20 rb, tapi sekarang kaga tau krn dah diatas 2 th ane kaga kesana.
Ntar klo lewat sana ane tanyain lagi deh. ok :big_peace:
wrx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by wrx »

jadi kalo aki2 yg semi kering juga bisa dicharge yea??
yg maksud P sjamsul di motor itu aki semi kering kali yea pa?? krn setau sy kalo aki yg bener2 kering ga pake sistem cairan... dan harganya mahal bgt.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

wrx wrote:jadi kalo aki2 yg semi kering juga bisa dicharge yea??
yg maksud P sjamsul di motor itu aki semi kering kali yea pa?? krn setau sy kalo aki yg bener2 kering ga pake sistem cairan... dan harganya mahal bgt.
Ya bisa dong, khan di boil ato di motor ada alatnya buat charge aki, klo di mobil namanya alternator, sedangkan di motor disebut kiprok (nama benernye ane lupa). Jadi yg namanya aki itu semuanya harus bisa dicharge.

Klo aki di motor itu menurut nt benar2 aki kering ato semi kering?. Krn klo itu aki dibalik, kaga ada air yg tumpah. Nah kebetulan ane sdh pernah coba n berhasil memperpanjang umur aki jenis ini (aki bawaan supra x 125).

Aki benar2 kering, kebanyakan import, yah terang aja jadi mahal, krn ongkos kirim, biaya masuk dll.
So menurut saya pribadi lebih baik pakai aki basah n buatan lokal, krn selain harganya lebih bersaing, juga dg tulisan saya ini bisa membuat aki seperti aki bawaan dari boil / mtr. :big_peace:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by nescafe »

waduh.. belajar banyak dr pak dosen.. ampe ketiduran.. Image

pak sjamsul, apakah kerak pada aki hanya timbul di aki basah? tp tidak di aki free maintenance? benarkah itu?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Kurang bener nes, di aki maintenance free hal semacam ini bisa terjadi juga, tapi mungkin agak lebih lama. Oleh sebab itu pemakaian ring plastik bisa sangat berguna. ok. :big_smoking: :big_smoking:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Hayoo neo88 jangan ngumpet aja, mo tanya apa?. :big_peace:
akikosukiko
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by akikosukiko »

apa semua mobil memiliki sistem pengisian aki yang sama? yang saya tahu, kalau di espass saya dinamo amper yang berfungsi mengalirkan arus listrik menggunakan IC untuk mengatur arus yang dihasilkan, dan saya tidak melihat alat tambahan lain semacam alternator/cut out (istilah bengkel: ketot) seperti di toyota kijang grand extra misalnya CMIIW.

nah disinilah kesulitan yang saya alami ketika saya harus merombak keluaran arus dinamo amper karena tidak ada cara lain selain mengganti dengan type lain yang lebih besar... apa pak sjam tahu type dinamo amper yang bisa dijejalkan ke espass? minta tolong ya... :thanks:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

sjamsul wrote:Kurang bener nes, di aki maintenance free hal semacam ini bisa terjadi juga, tapi mungkin agak lebih lama. Oleh sebab itu pemakaian ring plastik bisa sangat berguna. ok. :big_smoking: :big_smoking:
tul.....betul.......tetep nongol kerak......hanya saja tdk secepat di aki basah........kejadian d mobil+motor sy yg pd pk aki kering :frm_salut:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

akikosukiko wrote:apa semua mobil memiliki sistem pengisian aki yang sama? yang saya tahu, kalau di espass saya dinamo amper yang berfungsi mengalirkan arus listrik menggunakan IC untuk mengatur arus yang dihasilkan, dan saya tidak melihat alat tambahan lain semacam alternator/cut out (istilah bengkel: ketot) seperti di toyota kijang grand extra misalnya CMIIW.

nah disinilah kesulitan yang saya alami ketika saya harus merombak keluaran arus dinamo amper karena tidak ada cara lain selain mengganti dengan type lain yang lebih besar... apa pak sjam tahu type dinamo amper yang bisa dijejalkan ke espass? minta tolong ya... :thanks:
Ic itu nampaknya sbg pengganti voltage regulator (ketot), yg tentu saja kerjanya lebih baik dari ketot.

namanya bukan dinamo amper, tapi alternator. Ini salah kaprah, krn ada sedikit perbedaan dari 2 nama ini wlp secara fungsi itu sama.

Kenapa keluaran arus dari alternator harus dirubah?. Sebaiknya nt pergi dulu ke tukang alternator, trus suruh dia periksa apakah dg pemakaian beban yg sekarang masih mencukupi. Klo tidak baru nt ganti dg kapasitas yg lebih besar. Tapi klo dah cukup untuk apa diganti, yg penting alternatornya bekerja dg baik. ok.

Memangnye nt pake apa aja di boil, tlg posting disene, spy ane bisa kaseh masukan. klo bisa juga foto akinye,krn ane mo liat kabel akinya juga.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by nescafe »

doq wrote:
sjamsul wrote:Kurang bener nes, di aki maintenance free hal semacam ini bisa terjadi juga, tapi mungkin agak lebih lama. Oleh sebab itu pemakaian ring plastik bisa sangat berguna. ok. :big_smoking: :big_smoking:
tul.....betul.......tetep nongol kerak......hanya saja tdk secepat di aki basah........kejadian d mobil+motor sy yg pd pk aki kering :frm_salut:
ahh.. sip2.. :D
memang propesor beserta asistennye yg kompak.. Image

soalnya mekanik shop and drive bilang bgitu sma ane.. tp karena disini ada ahlinya, ane tanya saja sama pak sjamsul.. :frm_salut:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by nescafe »

pak sjamsul, capacitor bank pada sistem audio sebetulnya buat apa yah? ada yg bilang supaya aki mobilnya tidak cepat drop.. karena saya pakai capacitor bank.. kapasitasnya kalau ndak salah 1 farad..

mohon penjelasannya.. :e-pray:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

nescafe wrote:pak sjamsul, capacitor bank pada sistem audio sebetulnya buat apa yah? ada yg bilang supaya aki mobilnya tidak cepat drop.. karena saya pakai capacitor bank.. kapasitasnya kalau ndak salah 1 farad..

mohon penjelasannya.. :e-pray:
dah di pm nes.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by imsus2c »

pak sjamsul sebagai guru besar di bidang AKI universitas SM, saya mo nanya nih...(serius nanya loh, engga nge-test)

sebelum ini saya pake aki GS Hybrid dengan kapasitas sesuai petunjuk buku manual mobil (NS70, mobil hyundai santa fe), kondisi mobil standard (ga ada modifikasi ato penambahan kelistrikan, cuman ganti HU biar bisa muter CD/DVD dan USB) dan alternator masih normal.

Di aki GS-hybrid tu kan ada lubang kecil pengintip buat indikasi kondisi aki, kalo ga salah ada 3 indikator= sehat (warna biru), tambah stroom/air (warna bening/putih) dan almarhum (warna merah)

Waktu itu umur aki sudah hampir 3 tahun, waktu mo distart sering ngadat sampe akhirnya bener-bener ga ngangkat, di cek bengkel ternyata aki-nya sudah almarhum, jadi kepala-nya ga perlu disiram air panas dan diketok ma tang lagi. TAPI kenapa lubang intipnya masih warna biru yah? yg menandakan aki sebenarnya masih bugar? Kan jadi ketipu alias fungsi indikatornya percuma dong?

Sekarang sih pake aki yg konvensional/biasa...tapi coba yg Yuasa.

Makasih kalo mo kasih kuliah dan pencerahan-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

imsus2c wrote:pak sjamsul sebagai guru besar di bidang AKI universitas SM, saya mo nanya nih...(serius nanya loh, engga nge-test)

sebelum ini saya pake aki GS Hybrid dengan kapasitas sesuai petunjuk buku manual mobil (NS70, mobil hyundai santa fe), kondisi mobil standard (ga ada modifikasi ato penambahan kelistrikan, cuman ganti HU biar bisa muter CD/DVD dan USB) dan alternator masih normal.

Di aki GS-hybrid tu kan ada lubang kecil pengintip buat indikasi kondisi aki, kalo ga salah ada 3 indikator= sehat (warna biru), tambah stroom/air (warna bening/putih) dan almarhum (warna merah)

Waktu itu umur aki sudah hampir 3 tahun, waktu mo distart sering ngadat sampe akhirnya bener-bener ga ngangkat, di cek bengkel ternyata aki-nya sudah almarhum, jadi kepala-nya ga perlu disiram air panas dan diketok ma tang lagi. TAPI kenapa lubang intipnya masih warna biru yah? yg menandakan aki sebenarnya masih bugar? Kan jadi ketipu alias fungsi indikatornya percuma dong?

Sekarang sih pake aki yg konvensional/biasa...tapi coba yg Yuasa.

Makasih kalo mo kasih kuliah dan pencerahan-nya
Yg ane mo tanya tuh bengkel bilang aki nt mati berdasarkan apa?.
Tlg kaseh masukan yg lebih detail, apakah sdh diliat dg hidrometer ato cuma dilliat aja tanpa di test volt n bjnya.

nt bilang kagak ngangkat nya bagaimane?. Apakah hanya berbunyi ck,ck..ck pada saat distarter atau ada muter sedikit mesinnya tapi lemah?. misalkan ngeeek.....ngeeeeekkkk.

Fungsi warna pada indikator biasanya memang menunjukkan kondisi aki, wlp tidak selalu akurat. Bisa aja terjadi warna maseh biru, tapi kaga mo starter. Oleh sebab itu klo mo lebih akurat, sebaiknya diperiksa volt n berat jenisnye. ok
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by r1210g »

imsus2c wrote:pak sjamsul sebagai guru besar di bidang AKI universitas SM, saya mo nanya nih...(serius nanya loh, engga nge-test)

sebelum ini saya pake aki GS Hybrid dengan kapasitas sesuai petunjuk buku manual mobil (NS70, mobil hyundai santa fe), kondisi mobil standard (ga ada modifikasi ato penambahan kelistrikan, cuman ganti HU biar bisa muter CD/DVD dan USB) dan alternator masih normal.

Di aki GS-hybrid tu kan ada lubang kecil pengintip buat indikasi kondisi aki, kalo ga salah ada 3 indikator= sehat (warna biru), tambah stroom/air (warna bening/putih) dan almarhum (warna merah)

Waktu itu umur aki sudah hampir 3 tahun, waktu mo distart sering ngadat sampe akhirnya bener-bener ga ngangkat, di cek bengkel ternyata aki-nya sudah almarhum, jadi kepala-nya ga perlu disiram air panas dan diketok ma tang lagi. TAPI kenapa lubang intipnya masih warna biru yah? yg menandakan aki sebenarnya masih bugar? Kan jadi ketipu alias fungsi indikatornya percuma dong?

Sekarang sih pake aki yg konvensional/biasa...tapi coba yg Yuasa.

Makasih kalo mo kasih kuliah dan pencerahan-nya

kalo yang ogud tau.. indikator di aki ga sepenuhnya bisa dipercaya..
kliatannya masih bagus tapi sebnarnya aki dah mau mati..
karena tuh indikator cuma ngecek satu bagian sel aja.. ga keseluruhan..

biasa sel yang pinggir2 lebih cepet mati.. bener om sjamsul?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Mungkin aja secara keseluruhan, tapi averagenye aja. Jadi nt ada benernye juga.
Klo diperiksa satu persatu cell, bisa aja terjadi salah satu cell ada yg lemah/ mati.

Betul, tapi ane lagi coba cell yg mati diambil langkah pencegahannye n hasil sementara bisa teratasi, tapi ane kaga tau bisa bertahan berapa lama. Krn lagi eksperimen (eksperimen lanjutan).

Khan namanye juga propessor, jadi seneng melakukan eksperimen. Nah klo ada rekan2 smers nyang mo jadi kelinci percobaan, silahkan aja daftar, apalagi klo lagi pegel2, dikaseh stroom aja apakah bisa jadi ilang tuh pegelnye?. hehehe..... (just kidding aja lho)...... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by esh »

sjamsul wrote:Mungkin aja secara keseluruhan, tapi averagenye aja. Jadi nt ada benernye juga.
Klo diperiksa satu persatu cell, bisa aja terjadi salah satu cell ada yg lemah/ mati.

Betul, tapi ane lagi coba cell yg mati diambil langkah pencegahannye n hasil sementara bisa teratasi, tapi ane kaga tau bisa bertahan berapa lama. Krn lagi eksperimen (eksperimen lanjutan).

Khan namanye juga propessor, jadi seneng melakukan eksperimen. Nah klo ada rekan2 smers nyang mo jadi kelinci percobaan, silahkan aja daftar, apalagi klo lagi pegel2, dikaseh stroom aja apakah bisa jadi ilang tuh pegelnye?. hehehe..... (just kidding aja lho)...... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
Saya daftarkan om nescafe saja deh untuk om sjamsul kasih stroom biar pegel2nya hilang. :mrgreen:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

back to topic again.

Klo kite2 dah pake boil cukup lama biasanye di bawah aki (di platnya) suka pada berkarat. Lama kelamaan karat tsb makin meluas. Saran ane di bagian ini diberikan lapisan anti karat (flinkote) spy bagian ini tidak cepat berkarat.
:big_smoking: :big_smoking:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by nescafe »

pak sjamsul, kalau ane pasang volt meter di mobil, apa jg bisa dijadikan indaktor terhadap aki?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
akikosukiko
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by akikosukiko »

Hm... begitu ya... Ok deh, nanti saya coba foto2in apa yang terpasang di dalam mobil... cuma head unit standar dan sebuah tv model visor,... saya akhirnya mengembalikan wattage headlamp ke standarnya 65/55 setelah sebelumnya saya pakai 130/100 dengan relay... saya rasa A/C lah yang wattagenya paling besar, karena ketika a/c hidup, layar lcd TV kehilangan tampilan gambar meski suaranya masih terdengar...
wrx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by wrx »

pa sjamsul...

aki itu kan ada 3 macem...
aki biasa cair...
aki yg dibilang semi kering ky dimotor.... sebenernya tetep aki cair tapi pake teknologi di sealed jadi disebutnya maintenance free...
n yg suka disebut aki kering.. ky optima.. yg bahannya GEL..nah yg terakhir sih harganya ampun mahal bener....