subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by asudarsono »

Wah om Joko ini penggemar Subaru juga ya, salam dari Jakarta pak.

Boleh donk review performa, perawatan, kenyamanan. Mumpung emang treadnya ini.
Ready to Race
jokosuryo1254
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by jokosuryo1254 »

asudarsono wrote:Wah om Joko ini penggemar Subaru juga ya, salam dari Jakarta pak.

Boleh donk review performa, perawatan, kenyamanan. Mumpung emang treadnya ini.

g' emang jatuh hati nih ma subaru brooooo ... mantap banget, ngga rugi deh, tapi kalo g saranin jangan ambil yang matic.... heheehehehe,.... manual top abizzzzz bagi yang doyan speed! ngambil nya aja seperti berjudi. karena belon terkenal ma orang kita. n belon bisa dengar kiri kanan. yaaa ngga bisa cari informasi, hanya cari diinternet aja untuk datanya .....

kalo performa, top banget deh ...... 4 bintang deh .... ngga bakal nyesal ngambil ni mobil. dibawa kencang juga ok' n stabil, walaupun standar pabrikan, tapi orang belum banyak kenal..
kenyamanan nya lumayan ac cukup dingin, kalo nemu lobang dijalan ngga terlalu berasa,... comfort banget deh...
untuk ruang mesin emang terkesan penuh bin rame ....
untuk soundsystem standar juga okay loh... di jamin ngga cempreng, ... tapi kalo punya telinga yang rada mahal, yaaa mesti nambah... heheheehehe

dalam hal perawatan, ini baru masalah ... karena jaringan MI' nya maseh kurang sekali... apalagi ntuk didaerah... tapi berhubung boil baru ngga terlalu pusing dah, paling ganti oli mesin ma oli transmisi untuk matic .... n kalo masalah sparepart kan bisa order langsung aja ke agen nya....kirim pake paket ....heehehehehehe
tapi menurut g, n merupakan salah satu alasan g ambil ni boil, ini mobil bagus, n g rasa juga ngga terlalu merepotkan kalo kebutuhan standar nya dipenuhi, seperti penggantian oli secara berkala. n tuning ...
N yang paling penting ini boil maseh japan made.


regards :big_peace:
mulhen
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Apr 06, 2009 13:34

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by mulhen »

Dear rekan2..

ada yang bisa berbagi pengalaman kenapa nisssan xtrail 2.0 M/T 2007, suka pindah gigi sendiri pada posisi gigi 2 tiba2 pindah sendiri ke netral kalao jalan lagi gelombang atau di rem mendadak ?

Regards
hen
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by Abu2 »

FortunerMan wrote:Ha ha ha...ini pada org Chevron ya? Saya lahir di Rumbai hospital lho ;) pernah tinggal di Duri, Dumai.
jgn2 Om 42nerman orang slambersi...he.h.eh.e
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by asudarsono »

Wah kalau kawan s'berger bukannya 2 minggu on line, 2 minggu tiarap. Ini om Fortunerman nyala terus SMnya. Bagaimana om Fortunerman?

@ om Joko : emang bener, kudu cari yg manual. Juga kudu cari setengah milyar perak. Waduh, berat bawanya. Kenapa ya, 2008 nggak ambil waktu masih murah2nya?
Ready to Race
FortunerMan

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by FortunerMan »

SM hidup terus...ketinggalan komputer nyala he he...

Oil money flows through my veins (babeh dulu di Caltex), tp skrg malah anti-oil activist kecil2an he he. Tidak sabar menanti merebaknya alternative energy :)
jokosuryo1254
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by jokosuryo1254 »

asudarsono wrote:Wah kalau kawan s'berger bukannya 2 minggu on line, 2 minggu tiarap. Ini om Fortunerman nyala terus SMnya. Bagaimana om Fortunerman?

@ om Joko : emang bener, kudu cari yg manual. Juga kudu cari setengah milyar perak. Waduh, berat bawanya. Kenapa ya, 2008 nggak ambil waktu masih murah2nya?
bener om, kan baru !/2 eMber x .... tapi diluar cukup favorit loh ...


:big_peace:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by asudarsono »

Iya bro, di Jakarta juga banyak kok yg keliaran. Bandingkan ama Evo X, Golf GTI, apalagi Audi dll masih bagus penjualan Impreza deh. Bahkan kata teman saya di Mitsubishi, penjualan Evo X ini "busyet sebusyet busyetnya busyet" (aku nggak ngomong angka lho).

Om, di Sumatera udah ada pengalaman urusan perawatan Forester, mengingat mesinnya boxer gitu.

Aku di Jakarta sih tenang aja. Apalagi udah biasa pegang Peugeot, lihat perawatan R2 serasa pelihara motor aja.
Ready to Race
jokosuryo1254
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by jokosuryo1254 »

oli nya aja nih om, yang rada sensitive...
, sepertinya tuk mesin boxer oli nya ngga boleh kurang deh, kalo ngga langsung bunyi mesin kasar...
kejadiannya pas waktu ganti filter g' hanya ngisi 4 liter... set dah bunyi mesin nya lumaya,... heheheheh
akhirnya nambah deh 1 liter lagi, baru adem doi ....
heheheehehe
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by asudarsono »

Oh Pak Joko, kalau nggak salah baca, baut buat ganti oli ada ring plastik putihnya. Tiap ganti oli, itu ring katanya baiknya diganti.

Salam
Ready to Race
jokosuryo1254
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by jokosuryo1254 »

g ada denger dari room tetangga, porsche juga ada pakai mesin boxer yah ...
apakah sama dengan model subaru punya ....
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by billyd1773dz »

sorry ada impreza nyelonong disini..

tp ada yg unik dgn impreza 1.5R ini..
Jakarta - siapa yang tidak mengenal sepak terjang Subaru Impreza? Ya, mobil rally legendaris ini memang tidak perlu diragukan soal performa dan pengendalian. Tapi bagaimana kalau versi paket hemat dari Subaru Impreza?

Nah, OTOMOTIFNET.com coba menjajalnya. Yakni varian Impreza hatchback 1.5R bertransmisi manual. Kenapa dibilang paket hemat? karena dari spesifikasi mesin maupun harga, dibawah Impreza WRX. Seperti apa rasanya?


Desain

Tidak berbeda dari versi Impreza WRX, berjenis hatchback, hanya saja Impreza 1.5 R tampil lebih sederhana minus aplikasi bodikit sporti seperti layaknya versi WRX yang kental nuansa rally.

Bodi membulat yang aerodinamis, namun kesangaran sedikit berkurang karena tidak adanya air scoop pada permukaan kap mesinnya, juga spoiler belakang yang minimalis.

Namun, masuk kedalam kabin, bukan berarti tidak ada yang bisa diunggulkan. Kabin Impreza 1.5R sudah bisa menawarkan kesan mewah, sekaligus sporty. Berbagai fitur tertanam pada dashboard-nya.


Fitur dan Teknologi

Sebagai mobil rally harian, tidak hanya fitur entertaiment saja yang tersemat pada Impreza 1.5 R ini. Tombol Audio pada stir, serta multi information display pada bagian tengah dashboard sangat memudahkan pengemudi dalam mengontrol mobil.

Selain itu, tunjangan keamanan tak pernah dilupakan Subaru. Dua Airbags, rem ABS dan EBD, juga fitur andalannya, transmisi manual Dual Range 5 Speed. Bagaimana sensasinya? Baca soal performanya!


Performa

Subaru membekali Impreza 1.5 R ini dengan mesin mesin Boxer horizontally-opposed, 4 silinder DOHC. Mesin ini berkapasitas 1.498 cc, dan bisa memproduksi tenaga mencapai 107 Ps dan torsi 142 NM.

Memang, tidak bisa berharap banyak soal performa, dan jangan bayangkan seperti ketika anda sedang dibalik kemudi Impreza WRX, jauh bedanya! Tapi, sekedar untuk keperluan harian, lebih dari cukup kok.

Akselarasi mesinnya terbilang responsif dan tenaga terus mengisi di tiap-tiap perpindahan giginya. Tapi! ya, tapi Impreza 1.5 R transmisi manual ini masih menyimpan senjata andalannya.

Apalagi kalau bukan fitur Dual-Range, yang bisa diaktifkan melalui tuas dibelakang tuas perseneling. Disitu tertera tulisan Hi dan Low. Fitur ini menjanjikan karakter akselarasi yang berbeda ketika mengendarai Impreza 1.5 R ini.

Tuas diposisi 'Low' cocok ketika mengendarai mobil diputara bawah, atau saat macet dan didalam kota. Akselarasi sangat spontan karena putaran mesin naik sampai sekitar 1000 RPM dari normal.

Begitu juga sebaliknya, ketika diposisi 'Hi', maka putaran mesin menurun, rata-rata dibawah 2.000 RPM, yang berarti cocok untuk putaran atas, atau saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Asiknya lagi, Dual-Range ini bisa diaktifkan dalam keadaan mobil berjalan! Tinggal injak kopling sebelum menggeser tuas tersebut, dan perubahan langsung terasa. Silakan dicoba!


Handling dan Kenyamanan

Satu lagi yang menjadi andalan Subaru, yakni rangka mobil yang sudah mengusung fitur Subaru Intelligent Chassis Design (SI-Chassis). Sehingga, walaupun paket hemat, tapi Impreza 1.5 R tidak melupakan karakter handling dari WRX.

Sehingga, silakan meliuk-liuk dan melakukan manuver, baik pada kecepatan rendah maupun dibesut kencang, Impreza 1.5R anteng meladeni kemauan pengemudi. Stir sangat presisi dan tikungan bisa dilahap dengan tajam.

Begitu juga suspensinya, pada permukaan jalan bergelombang, bahkan rusak sekalipun, mobil seperti mengikuti kontur jalan, sehingga minim guncangan. tentu ini menjadi poin penting penunjang kenyamanan.


Konsumsi BBM

Meskipun berkarakter sport, tapi asiknya paket hemat dari Impreza ini bermesin kompak, 1,5 liter, sehingga konsumsi bahan bakarnya tidak sehaus versi WRX.

Pengetesan OTOMOTIFNET.com, dilintasan dalam kota yang cenderung padat dan mengharuskan stop and go, Impreza 1.5 R hanya butuh 1 liter Pertamax untuk jarak 9,8 km dan jarak 13,7 km ketika dijalan tol dengan kecepatan tinggi.


Harga dan Pesaing

PT Motor Image yang bekerjasama dengan TC Subaru sebagai distributor mobil Subaru di tanah air, Impreza 1.5R M/T dilego dengan banderol seharga Rp 290 juta On The Road. Rentang harga ini membuat Impreza 1.5 R melenggang sendirian dipasar tanpa pesaing.
DUAL RANGE??
transfercase kah?
ada low gearnya?
sedan pake lowgear?? waw....
:e-dance: :e-dance: :e-dance: :e-dance:


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: subaru forester 2000 cc vs nissan xtrail 2000 cc

Post by ak4ng »

sedan oprut????
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR