New KIJANG Innova V.S. New SERENA !

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Sejak krisis di Indo, harga mobil semuanya jadi ngga kira2 ! Emang bener juga sih, kalo mobil2 di Jepang lebih murah. Kan itu mobil produksi dalam negeri bagi masyarakat Jepang, jadi ngga mungkin mahal2.

Psssttt ... Pajak di Indo sangat mahal saja orang tetep beli, apalagi pajaknya rendah ! Ngga kebayang tuh jalanan bakal macetnya kaya apa !

Tapi di compare dengan Singapore, harga mobil Indo tetep masih lebih murah. Kalo di Singapore pajaknya super tinggi. That's why penduduk sana lebih baik menggunakan transportasi umum yang jauh lebih murah dan praktis. Di Sing, kalo parkir sejam itu hampir 25 ribu ! Gila tuh !
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

DigitALL wrote:.....
Tapi di compare dengan Singapore, harga mobil Indo tetep masih lebih murah. Kalo di Singapore pajaknya super tinggi. That's why penduduk sana lebih baik menggunakan transportasi umum yang jauh lebih murah dan praktis. Di Sing, kalo parkir sejam itu hampir 25 ribu ! Gila tuh !
Emang di Singapore pajak mobil lebih mahal drpd di Indo krn pem. Sng punya alasan yg kuat, mereka harus kontrol ketat mobil/kendaraan yg berada dijalan, kalo gak, bakal hilang tuh jalan karena ke tutup oleh mobil semua.

Yang jadi masalah itu di Indo nya, alasan apa mereka menetapkan pajak setinggi itu, kalo bukan untuk memperkaya kantong2 pejabat busuk yg pro korupsi dan KKN.

Pajak mobil di Indo really "unbelievable" ... dan kecium aroma busuk dalam pengelolaannya... maaf kalo terlalu kasar omongmya. :x
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Ga pa pa kok bung herry, ga usa di tutupin deh kebusukan pemerintah indonesia pada umumnya dan pemerintah daerah jakarta pada khususnya.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Emang di Singapore pajak mobil lebih mahal drpd di Indo krn pem. Sng punya alasan yg kuat, mereka harus kontrol ketat mobil/kendaraan yg berada dijalan, kalo gak, bakal hilang tuh jalan karena ke tutup oleh mobil semua.

Yang jadi masalah itu di Indo nya, alasan apa mereka menetapkan pajak setinggi itu, kalo bukan untuk memperkaya kantong2 pejabat busuk yg pro korupsi dan KKN.

Pajak mobil di Indo really "unbelievable" ... dan kecium aroma busuk dalam pengelolaannya... maaf kalo terlalu kasar omongmya.
Yup Singapore memasang pajak tinggi karena tidak ingin jalannya penuh sesak oleh kemacetan mobil.

Mungkin ngga ya kalo pemerintah Indo memakai alasan spt halnya pemerintah Sing ? Atau karena adanya krisis moneter yang menyebabkan harga mobil anjlok ?

Soalnya dulu sebelum krisis ( < 1997 ), harga mobil murah banget. Dengan uang 200 juta sudah dapat Land Cruiser.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Dari sales kit Kijang Innova, terdapat bahwa ruang kepala untuk produk tersebut sbb:

Ruang Kepala Kijang Innova Serena (dari website)
Depan (mm) 935 955 1.045/1.035
Baris Kedua (mm) 915 950 1.045
Baris Ketiga (mm) 905 887 955/940

Jadi tampaknya Innova kalah ama Serena dari segi ruang kepala, dan bahkan kalah ama kapsul di baris ketiga. For me this matters!!
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

JapanInsight wrote:Di Jepang Serena bersaing dengan Noah/Voxy nya toyota atau Oddisey-nya atau step wagon-nya Honda. Dan to tell you frankly, sepertinya Noah/Voxy dan Oddisey lebih unggul dalam penjualan. Apalagi si Oddisey, semakin banyak aja yang berkeliaran dijalan. Kalo Stream tandingannya Wish bukan Serena.
JapanInsight san, mau sedikit bertanya tentang pasar otomotif di Jepang, mudah mudahan anda dapat menjawabnya. Kalau Odyssey kan kelasnya/harganya/cc mesinnya beda, tapi kenapa Noah/Voxy lebih unggul dari Serena? Apakah karena Noah/Voxy model yang lebih baru (model keluaran tahun 2001 dibandingkan Serena model keluaran tahun 1999)? Ataukah lebih murah? Ataukah orang Jepang juga lebih gila merek Toyota?
JapanInsight
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Jul 28, 2004 3:24

Post by JapanInsight »

Bung Observer benar.
Menurut saya pribadi, karena Toyota-nya itu. Selain itu juga karena strategi Toyota yang menamakan mobil yang sama ini dengan dua brand Voxy dan Noah.

Sbg informasi saya punya data penjualan mobil di jepang perbulan.

Selama tahun 2003 penjualan Nissan hanya sepertiga dari penjualan Voxy + Noah. Bahkan jika dibandingan dengan penjualan Voxy sekalipun Serena secara rata-rata berada dibawahnya. Kondisi penjualan Serena diperparah ketika New Odissey dari Honda masuk ke pasaran. New Odissey bahkan pernah mencatat penjulana tertinggi pada bulan 12 tahun 2003. selanjutanya penjulan tertinggi juga untuk bulan 1 dan 2 tahun 2004. Melonjaknya penjualan Odissey ini juga berakibat buruk terhadap Voxy/Noah. Noah yang selama tahun 2003 berada pada 10 besar melorot ke poisisi 15 pada tahun 2004 bulan 6. Walaupun ada pengaruh munculnya New Crown di pasaran pad awal tahun ini.

Saya pribadi punya pengalaman langsung dengan penagangan kualitas mobil Toyota dan Saya bisa memberikan 2 jempol untuk itu. Selain itu sepertinya after sales dan kemudahan spare parts juga memberikan pilihan tersendiri buat calon pembeli.

Bisa jadi juga pengaruh umur model mobil. Serena sudah saatnya di re-model dan pembeli menunggu kesempatan itu untuk mendapatkan all-new serena. Namun kalau saya lihat penjualan Serena pada awal tahun 2001 hingga munculnya new-Noah di penghujung 2001, Serena tidak pernah bisa menembus 10 besar. Sedangkan Noah sejak setahun setelah peluncurannya pun masih bisa berada di 10 besar. Dan itu belum termasuk Voxy.

Jadi sepertinya because of TOYOTA deh...
Bisa dibilang di jepang ini dari 10 mobil 6 dapat dipastikan TOYOTA atau bahkan lebih.

IJ
JapanInsight
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung JI,

Yr point of view saya partially agree. Yes, saya memang akui Toyota adalah merek bagus. Tapi yang saya ngeluhkan adalah Toyota di Indo. Mereka kadang kadang sucks. Bukan mobilnya sering rusak, tapi sudah kelihatan mereka hanggap kita orang di Indo sepertinya 2nd atau 3rd class ya.

Lihat Innova. Saya ngak percaya airbag semahal apasih, apalagi cuman 2. Paling 10 juta. Nah, kenapa Innova V tetap ngak ada airbag ? Itukan versi Krista ! Jadi artinya Toyota hanggap orang Indo nyawanya lebih mura dari orang Jepang, ngak perlu airbag protection. Dan mungkin mereka kira orang Indo saking miskinnya, ngak mampu nombok cuma 10-20 juta untung 2 Goddamn airbags ! Come on ! Lihat jalan Jakarta, BMW / Mercedez kan banyak. Indonesia bukan negara full of beggars !

Dan lihat mesin 2000 cc VVT-i. Kok cuman 136 Hp. Standarnya kan sekitar 147-150 Hp. Selisihnya ke mana ?

Toyota di Jepang bisa lebih popular dari Nissan kan ngak surprise. Toyota kan give full service kepada rakyat Jepang sendiri. SAya kan bilang jika Toyota Noah di rakit di sini, Nissan Serena akan run into some trouble. Tapi God knows kapan Toyota give Indonesia their best menu !

Anyway saya lihat Noah / Voxy lebih jelek dari Serena. Mereka terlalu tinggi, jadi kesanya kurus mobilnya. Orang lebih suka Noah its their business, tapi teman 2 di forum sini jujur saja, masa Serena mukanya lebih jelek dari Voxy / Noah ?

Dan saya sudah bilang Jepang ngak macet seperti Indo. Ya pakai Odyssey yang keren its OK. Tapi untuk Indonesia yang macet, pilih Odyssey yang sempit kan asking for stress nanti. Dan juga harga Odyssey di Jepang kan pasti ngak beda jauh ama Serena, ngak kaya di Indo, harga Odyssey U tahu berapa ? Serena berapa ?

Indonesia memang kondisinya beda banget ama Jepang. Jadi jika compare sales di Jepang ama Indo its not comparing apples with apples. Kebutuhan orang Jepang dan kondisi traffic di Jepang, dan juga selisih harga sangat berbeda.

Jika Toyota pintar, mereka akan rakit Toyota Alphard di sini, dan jual dengan harga 350-400 juta. Dijamin laku ! Kan yang versi IU 500-700 juta ! Tapi that day baru akan datang when Toyota hanggap orang Indonesia " pantas " pakai mobil se-eren itu. Saya sudah suggest ke Nissan untuk rakit Elgrandnya di sini. Mereka bilang lagi consider.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

szli wrote:Bung JI,

Yr point of view saya partially agree. Yes, saya memang akui Toyota adalah merek bagus. Tapi yang saya ngeluhkan adalah Toyota di Indo. Mereka kadang kadang sucks. Bukan mobilnya sering rusak, tapi sudah kelihatan mereka hanggap kita orang di Indo sepertinya 2nd atau 3rd class ya.

Lihat Innova. Saya ngak percaya airbag semahal apasih, apalagi cuman 2. Paling 10 juta. Nah, kenapa Innova V tetap ngak ada airbag ? Itukan versi Krista ! Jadi artinya Toyota hanggap orang Indo nyawanya lebih Jakarta, BMW / Mercedez kan banyak. Indonesia bukan negara full of beggars !
mura dari orang Jepang, ngak perlu airbag protection. Dan mungkin mereka kira orang Indo saking miskinnya, ngak mampu nombok cuma 10-20 juta untung 2 Goddamn airbags ! Come on ! Lihat jalan
Dan lihat mesin 2000 cc VVT-i. Kok cuman 136 Hp. Standarnya kan sekitar 147-150 Hp. Selisihnya ke mana ?.......
Gue setuju dengan pendapat Bung Szli, toyota di Indo really suck. Mereka sama sekali tidak menghargai masyarakat Indo, dgn menganggap kita dapat naik mobil dah untung. Gue bukan anti Toyota, mobil gue diInd pake kijang, diluar negeri juga tetap pake sedan toyota. Tapi yang gue kecewain adalah pelayanan dan penghargaan Toyota Ind terhadap masyarakat Indo sangat merendahkan sekali. Kasih teknologi dan fitur pelit2, harganya dibikin setinggi langit. Emang dipikir masyarakat Indo bisa dikibulin trus2an, No..no...no... U make BIG MISTAKE TOYOTA! :twisted:
But secara overall diluar negeri Toyota still no 1, dan gue mengakui itu.

So nurut gue bagi temen2 yg pingin beli MPV atau van dengan budget diatas 200 jt, lupakan aja innova, mending ambil merk lain yg menawarkan kelebihan dgn harga yg masuk akal.
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

szli wrote: Jika Toyota pintar, mereka akan rakit Toyota Alphard di sini, dan jual dengan harga 350-400 juta. Dijamin laku ! Kan yang versi IU 500-700 juta !
Mas szli ada gambar-gambar interiornya Alphard engga? Saya cuma pengin ngebandingin saja interiornya Alphard dgn interior MPVs lain yg sekelas.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

But secara overall diluar negeri Toyota still no 1, dan gue mengakui itu.
Di Dunia Toyota berada di peringkat ke-2. Peringkat satunya adalah GM. Dan kabarnya TOYOTA ingin menduduki peringkat kesatu di dunia. Oleh karena itu Toyota berkolaborasi dengan Daihatsu untuk menciptakan mobil2 murah n berkualitas. Di Indo dan Asia Tenggara ada Avanza / Xenia dan Projek Global Quality yang menghadirkan INNOVA. Kemudian di Jepang ada PASSO yang juga hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Gue setuju dengan pendapat Bung Szli, toyota di Indo really suck. Mereka sama sekali tidak menghargai masyarakat Indo, dgn menganggap kita dapat naik mobil dah untung. Gue bukan anti Toyota, mobil gue diInd pake kijang, diluar negeri juga tetap pake sedan toyota. Tapi yang gue kecewain adalah pelayanan dan penghargaan Toyota Ind terhadap masyarakat Indo sangat merendahkan sekali. Kasih teknologi dan fitur pelit2, harganya dibikin setinggi langit. Emang dipikir masyarakat Indo bisa dikibulin trus2an, No..no...no... U make BIG MISTAKE TOYOTA!
Gw juga setuju dengan pendapat bung szli.
Emang Toyota Astra Motor (TAM) di Indo sangat2 suck. Dengan harga mahal, fasilitas yang ada di KIJANG ngga ada apa2nya. Dan menurut gw, KIJANG itu cuma unggul di resale value dan kemudahan spare parts saja. Bagi konsumen yang mungkin suka ganti mobil, pas banget beli KIJANG.

Sedangkan orang yang ingin menggunakan mobil dalam jangka waktu lama sekali, sebaiknya hindari KIJANG. Bodinya ringkih, tipis dan mudah pentok / dent. Pilihan paling pas ya itulah NISSAN New SERENA. Mengenai INNOVA kita belum tau kualitas bodinya, tapi kalo memang bagus. Berarti pilihannya ada 2, yaitu New SERENA dan INNOVA.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

G setuju denganpendapat lu orang semua deh. hehehe
JapanInsight
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Jul 28, 2004 3:24

Post by JapanInsight »

Wah lagi pada BT sama TAM yah....

Kalo ditanya saya pribadi, kalo punya uang dan suruh milih saya enggak akan milih Wish dari pada Stream atau Noah dari pada serena. Maksudnya saya sendiri enggak begitu suka sama model-model yang dikeluarin sama toyota. Look wierd..or a little bit strange and not stylish, except some of them.

Tapi saya hanya bicara fakta aja, dan menjelaskan apa yang ditanyakan oleh bung observer.
Karena menurut saya fakta tidak bisa dibohongi.
Survey JD powers yang di posting oleh Bung Chalupa membuktikan bahwa kualitas Toyota secara overall memang lebih unggul dari pada merek Jepang lainnya.

Saya percaya daya beli konsumen di Indonesia, lah wong pendapatan per kapita yang sepersepuluh dari Jepang saja bisa beli mobil yang harganya dua kali lipat dari harga di negara asalnya. Namun point saya harga mobil di Ina enggak wajar.

JI
JapanInsight
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

JapanInsight wrote:Kondisi penjualan Serena diperparah ketika New Odissey dari Honda masuk ke pasaran. IJ
Bagaimana dengan penjualan Honda Stepwagon (yang lawannya Serena) waktu New Odyssey masuk?

Mungkin orang Jepang sudah bosan dengan mobil kotak jangkung kayak Serena/Noah/Voxy/Stepwagon, dan begitu Odyssey yang aerodinamis itu masuk, langsung diserbu orang?? Apalagi katanya di Jepang cari tempat parkir itu susah kalau bodinya terlalu tinggi, betul?

Sebaliknya di Indonesia orang malah lagi favorit mobil yang jangkung dan punya ground clearance tinggi (mungkin karena sering banjir, banyak polisi tidur, terus secara psikologis juga merasa lebih punya privasi dan aman terutama di lampu merah). Lihat aja Toyota Alphard N Nissan Elgrand, menurut I very ugly N brash tetapi banyak sekali pengemarnya (sorrynya Mr. Szli :lol: ).

Mengenai Toyota Indo, I think bagi mereka Kijang/Innova adalah suatu product yang harus bisa diterima seluruh rakyat indonesia, baik orang perkotaan maupun orang pedesaan, orang yang suka ke authorized dealer maupun orang yang suka ke bengkel pinggir jalan, yang isi bensin SuperTT maupun bensin yang tidak jelas kualitasnya.

Jadi teknologi yang diadopsi adalah the lowest common denominator: mudah dimengerti para montir, murah di servis, dan bisa dipakai beratus-ratusan ribu km. Jadi airbag tentunya tidak masuk kriteria (Karena airbag itu walaupun ngak pakai harus diganti setiap 5 tahun, kalau ngak sudah tidak berfungsi secara optimal).

Maka jangan salahkan Toyota Indo kalau Innova bukan produk yang berteknologi canggih. Memang that's not the idea.

Pertanyaannya adalah: kapan Toyota mulai memasarkan produk MPV untuk segmen pasar yang lebih canggih???
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

JapanInsight wrote: Namun point saya harga mobil di Ina enggak wajar.

JI

Saya setuju dengan JapanInsight dalam hal ini.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Gue juga setuju ama pendapat kalian semua hehehe...:)
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

DigitALL wrote:
But secara overall diluar negeri Toyota still no 1, dan gue mengakui itu.
Di Dunia Toyota berada di peringkat ke-2. Peringkat satunya adalah GM. Dan kabarnya TOYOTA ingin menduduki peringkat kesatu di dunia. Oleh karena itu Toyota berkolaborasi dengan Daihatsu untuk menciptakan mobil2 murah n berkualitas. Di Indo dan Asia Tenggara ada Avanza / Xenia dan Projek Global Quality yang menghadirkan INNOVA. Kemudian di Jepang ada PASSO yang juga hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu.
Terima kasih atas ralatnya bung Digitall, maksud gue toyota itu merk no 1 khusus kawasan asia tenggara dan sekitar, kalo secara peringkat dunia emang GM dan ke 2 Toyota.
caldina
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jul 01, 2004 14:29
Location: Jakarta

Post by caldina »

Kalau Voxy, Noah kami ada jual, mengenai harga coba ke http://www.puriauto.com

Sebenarnya IU, untung tidak besar, pasar kita benar-benar pasar sempurna :) Persaingan di kami sendiri ekstra ketat

Odyssey saja banyak yang rugi, Absolute yang harusnya di atas Rp. 450 juta, sekarang harganya tinggal berapa ... akibat diterpa issue CKD dan barang keluar yang bersamaan

Tapi memang benar, banyak produsen di Indonesia, yang menganggap customer cuma obyek saja.

Contoh saja, Airbag yang merupakan perlengkapan standard saja disunat, padahal di negara asalnya ada. Kalau Kijang kita susah ngomong, karena itu mobil kan memang lahirnya dari negara kita.

Belum lagi iklan tidak resmi, seperti bensin yang 1 liter bisa berapa puluh km, pakai lomba irit-iritan segala yang sebenarnya semuanya [cencored] dan merupakan PENIPUAN :)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Sebaliknya di Indonesia orang malah lagi favorit mobil yang jangkung dan punya ground clearance tinggi (mungkin karena sering banjir, banyak polisi tidur, terus secara psikologis juga merasa lebih punya privasi dan aman terutama di lampu merah). Lihat aja Toyota Alphard N Nissan Elgrand, menurut I very ugly N brash tetapi banyak sekali pengemarnya (sorrynya Mr. Szli ).
Yah disesuaikan aja sama kondisi di tanah air. Kalo ground clearance nya ngga tinggi kan repot juga. Bukan cuma banjir dan polisi tidur aja, tapi kondisi jalan di tanah air kan banyak lobang, gelombang dan keritingnya.

Mobil jangkung di sini emang lagi digemari, karena memberikan ruang kepala yang lebih luas. Dan secara langsung, daya pandang ke luar pun jadi lebih luas. Kalo mobil rendah sulit juga mau liat pemandangan.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Belum lagi iklan tidak resmi, seperti bensin yang 1 liter bisa berapa puluh km, pakai lomba irit-iritan segala yang sebenarnya semuanya [cencored] dan merupakan PENIPUAN
Hmmm ... Contohnya adalah New City / Jazz. Tidak aneh dan tidak heran kalo akhirnya banyak konsumen yang terus menerus menanyakan kebenaran ini. Karena konsumen tsb sudah mencoba sedemikian iritnya, tapi ngga pernah tercapai spt yang di iklankan ... ( Ya namanya juga iklan, pasti melebih2 kan donk ! Kan biar laku, Hehehe ... )
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

DigitALL wrote:
Belum lagi iklan tidak resmi, seperti bensin yang 1 liter bisa berapa puluh km, pakai lomba irit-iritan segala yang sebenarnya semuanya [cencored] dan merupakan PENIPUAN
Hmmm ... Contohnya adalah New City / Jazz. Tidak aneh dan tidak heran kalo akhirnya banyak konsumen yang terus menerus menanyakan kebenaran ini. Karena konsumen tsb sudah mencoba sedemikian iritnya, tapi ngga pernah tercapai spt yang di iklankan ... ( Ya namanya juga iklan, pasti melebih2 kan donk ! Kan biar laku, Hehehe ... )
Napa konsumen Indo terutama pemilik city/jazz gak menuntut ya? Iklan menyesatkan kayak city ama jazz diluar negeri bisa dituntut abis. :e-think:

Hmm... karakter masy. kita maybe yg slalu nrima aja biarpun dikibulin trus ama iklan2 menyesatkan.

Btw teman2 diforum ini ada yg pemilik city/jazz gak? Kalo ada, kalian protes keras donk ke produsen mewakili pemilik2 city dan jazz yg lain... hehehe...
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

caldina wrote:Kalau Voxy, Noah kami ada jual, mengenai harga coba ke http://www.puriauto.com
Menurut I penjualan Voxy N Noah pasti akan terpengaruh ama keluarnya Serena CKD, karena pangsanya sama dan harganya lebih murah, apalagi ada warrantynya ATPM.
BTW, kalau lihat harganya Odyssey M type di pricelist Puriauto, selisih harga mobil yang ada dan ngak ada TV/VCD 7" Panasonic in dash + fujitsu rear view camera adalah Rp10 juta.

Kalau I pakai asumsi itu untuk menghitungkan selisih harga antara Serena standar & Serena Highway star:

TV/DVD/VCD + rear view camera = 10 juta
jok kulit = 6 juta (menurut sales nissan)
door mirror cover with turning light, plated front grill & fog lamp & rear spoiler = 3 juta (menurut sales nissan)
Electric sliding door = ??

Di pricelist Nissan, Serena Highway star lebih mahal Rp42 juta dari tipe standar. Berarti electric sliding door itu dinilai 42-10-6-3 = 23 juta!!!
Wah mahal betul ya.

Teman2 disini ada yang tau ga soal electric sliding door? Awet ga sih?
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Herry wrote:
DigitALL wrote:
Belum lagi iklan tidak resmi, seperti bensin yang 1 liter bisa berapa puluh km, pakai lomba irit-iritan segala yang sebenarnya semuanya [cencored] dan merupakan PENIPUAN
Hmmm ... Contohnya adalah New City / Jazz. Tidak aneh dan tidak heran kalo akhirnya banyak konsumen yang terus menerus menanyakan kebenaran ini. Karena konsumen tsb sudah mencoba sedemikian iritnya, tapi ngga pernah tercapai spt yang di iklankan ... ( Ya namanya juga iklan, pasti melebih2 kan donk ! Kan biar laku, Hehehe ... )
Napa konsumen Indo terutama pemilik city/jazz gak menuntut ya? Iklan menyesatkan kayak city ama jazz diluar negeri bisa dituntut abis. :e-think:

Hmm... karakter masy. kita maybe yg slalu nrima aja biarpun dikibulin trus ama iklan2 menyesatkan.

Btw teman2 diforum ini ada yg pemilik city/jazz gak? Kalo ada, kalian protes keras donk ke produsen mewakili pemilik2 city dan jazz yg lain... hehehe...
Kayaknya ga bisa diprotes deh, soalnya kan di iklan resmi City/ Jazz (eg.di iklan TV atau brosurnya) ga pernah disinggung tentang konsumsi bahan bakarnya, Eco Challenge (lomba irit-iritan) itu kan bukan iklan resmi, lagipula in certain condition (not with normal driving), mungkin aja bisa lebih dari 20km/l (I've never get more than 14km/l though). Yg perlu diprotes itu beberapa majalah otomotif kayak MobilMotor dll, yg hasil testnya bilang kalo konsumsi bahan bakar Jazz 18km/l (seharusnya mereka kan test dengan normal driving), apa jangan2 majalah2 itu udah disogok ama ATPM?
caldina
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jul 01, 2004 14:29
Location: Jakarta

Post by caldina »

observer wrote:
caldina wrote:Kalau Voxy, Noah kami ada jual, mengenai harga coba ke http://www.puriauto.com
Menurut I penjualan Voxy N Noah pasti akan terpengaruh ama keluarnya Serena CKD, karena pangsanya sama dan harganya lebih murah, apalagi ada warrantynya ATPM.
BTW, kalau lihat harganya Odyssey M type di pricelist Puriauto, selisih harga mobil yang ada dan ngak ada TV/VCD 7" Panasonic in dash + fujitsu rear view camera adalah Rp10 juta.

Kalau I pakai asumsi itu untuk menghitungkan selisih harga antara Serena standar & Serena Highway star:

TV/DVD/VCD + rear view camera = 10 juta
jok kulit = 6 juta (menurut sales nissan)
door mirror cover with turning light, plated front grill & fog lamp & rear spoiler = 3 juta (menurut sales nissan)
Electric sliding door = ??

Di pricelist Nissan, Serena Highway star lebih mahal Rp42 juta dari tipe standar. Berarti electric sliding door itu dinilai 42-10-6-3 = 23 juta!!!
Wah mahal betul ya.

Teman2 disini ada yang tau ga soal electric sliding door? Awet ga sih?
Electric sliding door kalau di Alphard satu sisi sekitar JPY 65,000. Jika dua sisi tinggal dikalikan dua.
Chrome grill sekitar Rp. 1.5 juta kurang, Wood panel sekitar Rp. 3 juta, Spion pakai sign sekitar Rp. 3 juta lebih sedikit, roof spoiler sekitar Rp. 2.5 juta kurang.

Leather jika asli Jepang lebih dari Rp. 20 juta (tenaga kerja di sana mahal), kebanyakan pasti bikinan lokal, Rp. 5 juta kurang sudah bagus.

LCD Monitor merangkap rear view camera jika original mahal bisa 20 juta lebih (kalau di Toyota merk-nya Toyota juga, padahal sebenarnya bukan), pasang sendiri cuman Rp. 10 juta kalau pakai merk Jepang kelas satu. Kalau pakai merk Taiwan atau RRC, misalnya Necvox pasti di bawah 7 juta.

Electric Sliding Door belum ada keluhan yang berarti :D