New KIJANG Innova V.S. New SERENA !

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Lihatnya pake 2buah mata atau sebelah aja neh?

Kalau pake sebelah aja g yakin mata bung szli pasti salah, kalau pake 2belah ga tau deh. hehehe
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Wah ini mah sudah MPV full size kayak si alphard deh.

Yg menarik minat saya justru pas disandingkan ama stream....

Itu stream seperti habis dimakan ama new serena....hahaha
Dari size body,style dan penampilannya,dan herannya harganya hampir mendekati new serena.
Pantesan pasar sekarang byk kebanjiran stream2 lama.
Mungkin ada dua kemungkinan alasan melepas stream....untuk ditukar ama stream baru versi facelift,atau bisa juga antisipasi ganti MPV baru model innova ama new serena ini......

Tahun 2004 ini kita akan makin byk liat mobil2 baru bermunculan,,,,,

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Kasus Honda Stream membuktikan bahwa orang Indo akhirnya tetap setia ama kebutuhan mereka dan uang mereka. Why ?

Waktu Stream keluar, ramai banget. Saya saja inden 4 bulan. Dan merek Honda seperti Toyota, semua orang bilang beli Honda pasti nilai jualnya bagus.

Fast forward 2 tahun. Orang makin tahu barang yang makin bagus akan keluar. Lihat Stream. Saya sempat mau jual, tapi baru tahu versi 1700 cc A/T setelah 2 tahun, harga pasarnya turun ke 150-160 juta ! 50 juta after 2 years ! Ya itu lah ! Demandnya mulai menurun, dan yang mau jual makin banyak. Law of economics (Supply / Demand) sedang bekerja.

Jadi akhirnya saya simpan Stream saya. Untuk ke tempat seram, sempit, dan everyday use. Nanti Serena untuk keluar kota, atau ke tempat yang ngak seram ama mobil. Misalnya ke mal. Ngak akan saya bawa ke tempat seperti Glodok, yang rawan dan parkirnya minta ampun.

Jadi just because dulu Toyota / Honda perkasa, dan yang miliki mobil mereka pasti enjoy resale value yang tinggi, does not mean mereka di jamin pasti tetap kuat selamanya. Seperti manusia, hidup sering seperti roda wheel of fortune, yang kaya sekarang belum tentu kaya saat tuanya, dan sebaliknya.

Feeling saya, Honda dan Toyota selama ini agak too smart for their own good. Rasa PD banget dengan merek mereka yang sangat kuat di Indonesia. Jadi mereka mulai jual mahal dan ngak kasih banyak feature yang seharusnya ada.

Sekarang sinar Stream mulai pudar, dan CRV di anjam ama X-Trail. Nah, jika Toyota tetap sombong, dan Innova nanti featurenya tetap minim vs harganya, bisa saja pelan pelan Kijang baru di "gebukin" Serena, meskipun perlu waktu. If it can happen to Honda Stream and CRV, kenapa Kijang ngak bisa lumer jika Toyota ngak waspadai lawan barunya yang aggressive ?

Kijang Diesel saja dengar hancur resale valuenya. What happen to the magic Kijang name ? Simple. Orang Indo tau Diesel harganya mulai mahal, dan mesinya berisik, ngak nyaman. So, makin banyak orang ngak suka ama mobil Diesel. Jadi not even nama besar Kijang bisa tolong jika pasar menemukan yang lebih baik. Apalagi Panther, yang dulu lumayan OK, saingan terberat Kijang jaman orba. Sekarang juga mulai di tinggalkan konsumen.
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

Setelah lama ngga ngecek serayamotor, ternyata sekarang seraya uda jauh beda dengan seraya yang dulu (banyak yang ngejar point, cuap2 kagak ada ujung pangkalnya), terima kasih banget pak szli, your opinions n informations are so objective, walaupun saya ada CRV tapi dengan jujur kalo dulu X-Trail uda seharga sekarang, kagak bakal saya beli tuh CRV hahaha, kalau soal serena saya mesti liat lebih jauh lagi, tadi saya liat Honda Edix, cukup menarik tapi ngga tau kapan masuk ke ATPM, saya agak alergi beli mobil ke IU, takut kalo ada masalah jadi repot dikemudian hari.

kira2 kalo mobil yang sekitar 180-220jt yang 7 seater tapi bisa bawa barang lumayan banyak(maklum dagang baju di tanabang hehe) apa yah?

anyway apa kabarnya temen2 yang lain nih? bung eq n digitall?n salam kenal juga buat yang baru, mas tomcat gimana masih sibuk?
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Welcome to mr. e121ck
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Mungkin saya kurang perhatian. Tapi ngejar point apa ya di forum ini ? Emang bisa dapat cash money :) ? Ada untung apa ngejar point ? Atau banyak point bisa jadi moderator ?

Suggestion saya untuk mobil 7 seater yang harga 180-220 yang bisa bawa barang ya Kijang Kapsul / Panther / Kuda. Malah jika saya pedagang seperti anda, saya akan cari Capsul 2nd hand yang murah, di bawa 150 atau bahkan dibawa 100 juta. Mobil untuk dagang pasti cepat wear and tearnya, lebih cepat baret dan rusak mungkin. Sayang jika mobil 200 jutan di pakai untuk niaga. Mending satu van " tua dan jelek untuk dagang ", satu lagi untuk hibur anda dan keluarga. Tapi jika anda mau cuman pakai satu mobil saja (dwifungsi), ya anda harus compromise level of comfortnya vs seberapa tega anda melihat mobil anda lagi bekerja keras seperti mobil box ngangkut barang.

Jika anda agak tega, dan yakin lingkungan tanah abang anda tidak akan terlalu merusak mobil, Serena baru (lagi !) cocok. Why ? Lihat photo belakang Serena vs Kijang Kapsul atau Innova. Serena ruang belakang paling lega dan tinggi. Saya sendiri sudah lihat kan. Bisa muat banyak Koper full size. Innova baru mungkin juga lumayan, tapi lebih pendek.



Semua tergantung selera anda. Jika anda mau lihat Serena baru, silahkan ke 2 Nissan yang sudah ada Serena (tapi lihat di belakang showroom, mobilnya masih di "ngumpetin".) Nissan Pantai Indah Kapuk dan Nissan Kelapa Gading. Innova masih terkunci di pabrik Toyota. Mau lihat harus nekat bobol pintu pabrik Toyota !

Atau balik ke Serena lagi, carilah Serena lama yang model seperti roti, tahun 1996-98, yang sekarang harganya sangat murah, 60-80 juta, umur 6-7 tahun. Bisa 7 orang dan kayaknya bisa muat banyak barang juga. Saya udah berapa kali lihat Serena roti ini di pakai jadi warung di samping jalan, jualan apa deh saya ngak lihat jelas.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

webek e121ck ..
dulu sempet gak aktif alesannya sama ma e121ck Image

Saran saya sih kalo emang buat mblusuk2 di tanah abang, mending cari kendaraan ops yang spare partnya murah , kokoh dijalan en gak masalah kalo baret :wink:

saran saya sih mendingan Panther .. atau Ford Ranger
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Feeling saya orang Indonesia ngak anti Nissan. Cuman dulu ngak ada model yang mereka minati. Sekarang buktinya, X-Trail cocok untuk kebutuhan orang Indonesia. Salesnya malah sekarang melebihi CRV. Di jalan saya lebih sering lihat X-Trail dari pada CRV. Ngak seperti dulu waktu masih CBU, 318 juta. Terlalu mahal. Sekarang, 250 juta, ya banyak yang suka dan beli.
Sebetulnya brand NISSAN di tanah air itu cukup baik. Terutama sejak Serena dan Terrano hadir di pasaran tanah air.

Hebatnya lagi, pihak NISSAN ngga tanggung2 manghadirkan X-TRAIL versi CKD dengan kapasitas mesin lebih besar dibandingkan dengan versi CBU nya ! Dari 2000cc ke 2500cc dan dengan harga lebih terjangkau serta sederet fitur baru ! Siapa yang tidak tergiur coba ?

Kalo brand laen agak aneh emang. Udah di CKD, harga ngga beda jauh dengan CBU nya. Terus ada juga yang melakukan spec down. Beberapa fitur dihilangkan, alias nanggung banget ! Jadi udah CKD, harga juga ngga turun banyak, spec down lagi ...

Laen banget sama X-TRAIL ! Mungkin NEW SERENA juga ...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

To : e121ck
anyway apa kabarnya temen2 yang lain nih? bung eq n digitall?n salam kenal juga buat yang baru, mas tomcat gimana masih sibuk?
Baek2 aja bung e121ck.

Oya, kalo mau cari mobil buat dagang dan bisa juga buat angkut penumpang hingga 7 orang ... pilihan paling pas sih KIJANG ya. Tapi kalo bener2 buat kerja keras, lebih baik Panther tipe lama. Yang baru mah sayang buat angkut barang.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Karena threadnya ngga cuma ngebahas New KIJANG Innova aja, jadi judul topiknya saya ganti ya.

Berubah jadi : "New KIJANG Innova V.S. New SERENA !"

THANKS !
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

untuk szli,
kamu kemaren itu mengatakan udah bayar 211 juta untuk stream masih juga belum dapat airbag?
memangnya masih banyak mobil baru yg dipasarkan di Indonesia tanpa airbag sbg standard? setidaknya kan harus ada satu airbag di driver side gitu, sedangkan di negara-negara lain minimal standard itu 2 airbags yaitu driver side dan front passenger side, malah banyak mobil baru yg dipasarkan standard dgn side airbags spt Hyundai Elantra disini Amrik yg dilengkapi 4 airbags (depan 2, side airbags 2).

kalau kijang baru Innova ini udah dikasih airbags belum sbg perangkat standardnya? atau masih optional?
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Spec mesin Kijang Innova !

Post by szli »

Hi Chalupa,

Memang menyedihkan. 1 airbag pun tidak ada. Saya merasa di tipu Honda. Cuman waktu itu 7 seater yang modern cuman Stream. Kijang, Kuda dan Panther saya ngak mau, bosan ama mereka. Waktu saya beli, harga officialnya 214 juta, cuman saya kan ordernya waktu launching, jadi dikasi discount 3 juta.

Tahu kak, sekarang Stream 1.7 A/T ini sekarang Honda turunin harganya ke 208 juta. Artinya pemilik awal seperti saya sudah rugi 6 juta for nothing. Dan obvious kan mengapa Honda perlu turunkan harga. Mereka sudah ada pabrik buat Stream di sini, tapi salesnya pasti turun, jadi mereka terpaksa turunkan harga untuk hopefully naikan volume.

Malah ada orang bilang Honda turunkan harga malah juga turunkan citra Stream. Orang kan pasti tanya, whats going on ? CRV mana perna begitu ? Dan jelas harganya overvalued. Kan sudah CKD, dan mesin cuma 1700 cc ? No airbag. Cuman untung sedikit mesinya bagus. If only Serena lahir di tahun 2002 !

Oh yah, saya ada info dari tabloid Otomotif, spec mesin Kijang Innova sudah ada :

Bensin tipe 1TR-FE 16 katup, DOHC, VVT-i, 1998 cc
Daya maksimum 136 dk / 5600 rpm
Torsi maximum 18.5 Kgm / 4000 rpm
Tangki bensin 55 liter

Diesel tipe 2KD-FTV 16 katup, DOHC, belt & Gear drive (ngak tahu ini common rail atau ngak), 2494 cc
Daya maksimum 102 dk / 3600 rpm
Torsi maksimum 26.5 Kgm / 1600 rpm

Sekarang compare mesin Kijang Kapsul :

Bensin 1 RZ-E 4 cylinder, SOHC, 1998 cc
97 PS / 4800 rpm,
15.4 Kgm / 2800 rpm

Diesel 2L 4 cylinder OHC
83 PS / 4200 rpm
16.3 Kgm / 2400 rpm

Lihat data ini, saya feelingnya dari dulu Toyota bercanda ama kita. Mereka mampu kok bikin mesin bagus. Kenapa tunggu lawan Honda ama Nissan makin kuat baru keluar mesin yang pantas dengan harganya. Bedanya sangat jauh ! Harga Innova katanya cuman beda 10 juta ama Capsul, jadi saya pesimis ada airbag. Let's see.

Dan mesin Innova baru juga ngak 100% full kemampuan Toyota sebenernya. Why ? Mesin Toyota Voxy / Noah 1AZ-FSE kekuatanya mirip Nissan Serena baru, 1998 cc, juga VVT-i, tapi Daya maxnya 152 PS / 6000 rpm, Torsinya 20.4 Kgm / 4000 rpm. Lebih kuat 11 %, PS nya maupun torsinya.

Saya ngak terlalu jago soal mesin. Mungkin teman di forum ini bisa cerita, beda 16 PS dan 1.9 Kgm siknifikan atau ngak untuk mesin cc sama dan technology sama. Cuman saya mau bilang, Toyota, lu tiap kali kok tanggung tanggung sih ? Sudah mau kasih Indonesia mesin Tech VVT-i kok masih kalah 11% dari mesin you di Jepang dan ama Honda, Nissan ?

Tapi, ya, a lot better dibanding Kapsul yang mau pensiun. Sudah saatnya ! Dan torsi mesin Dieselnya jauh lebi kuat untuk niaga di banding Diesel Kapsul lama.

Spykids, mana dong gambar interior Innovanya ? Sebelum saya terima Serena, saya mau yakin pilihan saya tidak salah, bahwa Innova ngak mungkin lebih lega dari Serena. Terus terang, saya lihat pantat Innova sudah jadi malas. Ibaratnya mau Honda Odyssey baru atau Toyota Alphard, satu Aerodynamic, satu kotak. Saya lebih suka bentuk kotak dan tinggi.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Ya uda bung szli suka yang kotak pilih serena aja, ga perlu ragu2 lagi. Lagian bung szli kan ga terlalu suka ama toyota, yang sering tanggung2 ngasih fitur dimobilnya.

TOYOTA = NOKIA
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Sebenernya saya ngak ngak suka ama Toyota. Yang saya sayangkan cuman model model Toyota yang di rakit di sini.

Malah tahun lalu, saya lihat pameran mobil Ivan's Motor di Taman Anggrek, saya pertama kali lihat Toyota (bukan Nissan loh) Voxy. Saya langsung jatuh cinta padanya. Interiornya lega banget dan headroomnya jauh di atas saudaranya Kijang local. Beda antara Siti Nurhaliza ama mbak mbak biasa.

Hampir saya mau beli. Cuman setelah pikir, ngak tega (dan agak ngak mampu) tuh keluarin uang sebanyak 310 juta. Dan saya tahu beli mobil CBU artinya lumayan banyak uang kita lari ke pajak, bukan enjoy mobilnya. Jadi dengan berat hati, saya say Good Bye kepada Toyota Voxy / Noah ini.

Dan sekarang mungkin teman di forum ini mulai ngerti kenapa saya puji Serena terus sampai anda mungkin mulai enek. Kan story saya mirip satu laki yang jatuh cinta ama satu gadis, tapi gadis itu ngak mau saya, soalnya keuangan saya kurang kuat, dan juga saya ngak mampu membiayai gadis cantik ini yang " mahal " harga perolehanya.

Eh setelah break-up satu tahun, dan sebagian cinta ama gadis pertama itu masih ada, tiba tiba saya dikenalin gadis baru. Badan, sifat dan cantiknya mirip banget ama gadis pertama itu. Malah saya bilang lebih cantik! Dan hebatnya, gadis baru ini ngak permasalakan saya bukan orang kaya banget. Cuman di ajak nonton ke Taman Anggrek saja dia sudah puas. Ngak perlu ke theater apa namanya yang mahal di Plaza Senayan. Dan sekarang dia setuju mau nikah dengan saya.

Can you imagine how I feel about this new girl ? Dan meskipun dia keluarganya ngak seterkenal dan sekaya yang pertama saat ini, tapi ngak dari keluarga yang hancur kok, dan keluarganya pintar, ngak macam macam. Satu hari pasti bisa sehebat yang pertama.

Jadi saya pilih mobil agak mirip pilih pasangan. Asal saya suka, dan ngak bikin repot, ngak peduli ada gadis lain yang lebih kaya / terkenal. Orang Indo pasti ada sebagian yang sebenernya suka mobil A, tapi akhirnya beli B, soalnya B terkenal banget. Ya jika anda cuman pakai sebentar lalu cerai, ya its OK. Tapi kalau mau ama dia bersama agak lama, yang pentingkan how yr heart feels ?

Jika Toyota Noah di rakit di sini, saya suda beli jauh hari. Tapi that day might never come... But its OK. Sudah hampir dapat "istri" yang baik juga.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Mas szli jangan bandingin siti nnurhaliza ama mbak2 disini dong, kan bedanya antara bumi dan langit.

Neh kalau di suruh pilih siti nurhaliza atau mbak2 local pilih yang mana? Kalau g baca dari cerita bung szli seh, keliatannya bung szli lebih prefer ke mbak local neh. hehehe. just kidding.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Nissan Serena life span

Post by conan »

Salam kenal, saya baru di forum ini :)

Saya sangat setuju dengan bung Szli tentang Kijang lama. Bahkan, bagi saya Kijang lama itu was never a Toyota in the first place! It's an Astra pick up made into a minivan. Toyota tentu memiliki standar safety yang tinggi. Jangankan airbag, pada Kijang lama A-pillar nya itu menurut saya masih kurang tipis :twisted: Kalau terjadi roll over ck ck ck...

Saya juga sangat tertarik dengan Serena, tapi saya ingin berbagi suatu hal yang mengganggu saya tentang Serena nih :?
Di Jepang, generasi Serena ini di-release on July 1999, dan telah mengalami mid-life facelift (menjadi Serena yang kita lihat sekarang). Jika life cycle Serena ini adalah 6 tahun (dan bukan 5 tahun seperti umumnya mobil Jepang lain), maka pada tahun 2005 di Jepang sudah akan keluar Serena baru, yang beberapa bulan kemudian tentu model CKD disini juga sudah diganti model baru.
Untuk informasi, Serena model pertama di-release pada tahun 1991, jadi bertahan 8 tahun hingga model kedua. Tapi saya tidak yakin Serena model sekarang akan bertahan 8 tahun juga, selain karena competition juga karena mid-life faceliftnya dilakukan pada tahun 2002 (ketika berumur 3 tahun). Jadi dugaan saya sangat kuat bahwa Nissan akan me-release generasi ketiga Serena pada tahun 2005.
Sedangkan Innova, seperti halnya Avanza, life cyclenya akan mencapai 7 tahun (saya mendapat info ini dari sumber yang dapat diandalkan).
Masalahnya bagi yang lebih prefer Serena than Innova, ingin menunggu generasi berikut tapi tidak bisa menunggu sampai tahun 2005...seperti saya inii :?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Satu hal lagi..

Post by conan »

Satu hal lagi, kabarnya harga Serena 233 juta on the road, apakah ini versi basic? Jika full options (leather seats, automatic sliding doors) ada yang pernah menyebut akan mencapai 270-280 jutaan? Bung Slzi, apakah Toyota Voxy yang seharga 310 juta itu sudah fully equipped? Thanks in advance... :D
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Hmm...

Post by conan »

And I found this news article that supports my post...
:?

NISSAN TAPS VISTEON, VALEO TO SUPPLY AUTOMODULES. Nissan Motor Co. is using Visteon Corp. tosupply cockpit modules to its Canton, Miss., pickup truckplant—its first use of an outside supplier for subassem-blies, reports the Nihon Keizai Shimbun.Until now, Nissan has bought modules only fromCalsonic Kansei Corp., a Nissan group member.The newspaper also says Valeo SA, the Frenchsupplier, will provide Nissan with front-end modules for the next-generation Serena minivan made in Japan and similar assemblies for Sentra sedans built in Mexicobeginning in 2005. The deal eventually will cover modulesfor more than 200,000 vehicles annually.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Welcome to this forum, Conan (the Barbarian ?, :) ),

Ternyata anda lebih tahu sejarah abt Serena dari pada saya. Saya kirain cuman saya yang pelajarin Serena ini.

Versi Serena yang mahal memang 275 juta. Sliding door, fog lamp, LCD, DVD, VCD player, rear view camera, spion ada lampu sein, leather seat, Chrome grill. Tapi saya akan ambil yang 233. Yang lain nanti saya pelan pelan upgrade sendiri. beda 42 juta terlalu berat rasanya. Tapi FYI, jika anda pesan sekarang, sebelum launchnya di tanggal 22 July, anda dapat discount 3 juta.

Lihat majalah sekarang, Ternyata harga Voxy sudah naik. Yang basic 330 juta. Ada 2 airbag, Electric seat, CD player. Thats all. Yang versi mewah ada electric door etc. Harganya 400 juta ! Noah juga sama kasusnya.

Tentang kemungkinan New Serena di tahun 2005, feeling saya adalah, jika anda suka ama yang sekarang, bentuknya dan featurenya, just go for it. Why ? New version belum tentu lebih bagus. Contohnya, New Honda Stream mukanya agak radical. At first lihatnya bagus. Tapi lama lama lihatnya seperti mata ikan Goldfish yang bengkak, habis fighting. Malah Stream saya mukanya mesih babyface, lucu.

Dan Nissan Indonesia baru CKD model ini. Ngak mungkin secepatnya ganti model di Indo. Pasti ada time lag antara launch di Jepang dan di Indo. Seperti saya beli handphone atau computer. Jika mau tunggu terus versi yang lebih bagus dan canggih, ya tunggu sampai kapan ? What if Nissan Indo benar santai launch new modelnya ? Anda kan waste berapa tahun ngak bisa enjoy Serena baru ini ?

Misalnya Terrano di luar negeri tampangnya beda banget ama yang di sini. Malah versi Terrano di sinih belum juga ganti model total, even after sudah berapa tahun exist di sini. Cuman facelift saja. Mau launch new version artinya pabriknya harus di rombak, beli mesin baru etc. Repot dan mahal. Jika saya jadi Nissan Indonesia, saya tidak akan cepat cepat ikutin Jepang dan ganti model yang baru launch 1 tahun.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Membaca comment nya bung szli,kalo toyota voxy seperti nurhaliza membuat saya penasaran pingin ngliat seperti apa sih siti nurhaliza ini?


Oh ternyata memang dia lebih cantik drpd diana zubiri toh....

Pantesan bung szli bisa "jatuh cinta pada pandangan pertama" :lol: :lol: :lol:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Saya yakin bung szli sudah mantap and comitted ama new serena pilihannya,tidak perlu tengok kanan kiri lagi,just say I DO,when asked to say so.... :D

Kita memang harus bisa menjadi pembeli yg kritis dan bawel seperti Jeremy Clarsson dalam TOPGEAR nya BBC itu,semua seluk beluk luar dalam mobil di jelajahi sebelum menjatuhkan vonis sebuah mobil layak menjadi Editor Choice,saya menyukai caranya menilai sebuah mobil..

Seandainya MONEY IS NOT A MATER,frankly speaking,saya akan kesulitan saat ini untuk menentukan mobil2 MPV yg spesial buat keluarga,diantara begitu banyaknya brand new cars dr merk2 yg selama ini sudah kita kenal.
Begitu banyak pilihan mobil yg berkualitas,yg semuanya menawarkan sederet features yg dulu cuma ada dalam khayalan semata,dan belum menjadi standar mobil keluarga saat ini.

More you spent money, more you will get more features,kadangkala tidaklah selalu benar,seperti kita lihat kisah toyota dinegeri tercinta ini.
Mereka meninabobokan konsumen sekian lama dg mobil yg miskin fitur tapi harganya selangit.....

Dan disaat jaman yg sudah berubah ini,begitu banyak pilihan mobil yg tinggal disesuaikan dg kemampuan kantong kita ini,kita perlu menjadi pembeli yg kritis seperti halnya bung szli ini,dan menilai diantara banyak pilihan ini,manakah mobil yg benar2 VALUE FOR MONEY.

Itulah salah satu gunanya kita nongkrong di forum SM ini
:D :D

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Many thanks to Mr. Szli for the info! Btw, it's not the barbarian, it's Conan Edogawa the Detective. Only I'm a car detective :)

Ternyata fully equipped Voxy/Noah mencapai 400 jtan. Kalau begitu it's in an entirely different league.. competenya dengan Honda Odyssey.
But fully equipped Nissan Serena at 275 jt is a better value for money. Kalau begitu akan bersaing dengan Toyota Kijang Innova with a 2.7L petrol engine and automatic only yang rencananya di-release tahun 2005.

Bung Szli, aku jadi sependapat dengan Anda yang mengatakan Nissan akan 'menunda-nunda' pergantian model pada Serena seperti pada Terrano. Kemungkinan besar hal ini juga yang menyebabkan Nissan memilih Serena untuk di -CKD..Nissan tentu telah melakukan studi dan kemungkinan hasilnya, model 'people carrier' seperti Terrano dan Serena adalah model yang dapat laku terus dijual di Indonesia walaupun generasi barunya sudah di-release di Jepang. Dengan begitu investasi awal dan production cost juga dapat seminimal mungkin. Nissan tentu tidak bisa melakukan hal ini dengan X-Trail atau flagshipnya 350Z.

Tapi dengan 'milking' Terrano dan Serena seperti itu, Nissan justru akan menjadi Toyota/Astra yang di masa lalu telah memerah profit sebanyak2nya dengan mempertahankan model Kijang lama sepanjang-panjangnya. Ironis ya? Suatu hari akan ada seseorang juga yang mengkritik Nissan yang belum juga me-release model barunya, sementara brand lain sudah memperkenalkan teknologi terbaru. The world is a round thing :wink:
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

I don't think Nissan akan seperti Toyota local, mau milk market di sini dan ngak cepat introduce new model. Meski mereka inggin, tapi Tidak Bisa, soalnya pasar sekarang competitionnya sudah gila banget. Apalagi keran CBU sudah di buka lagi. Siapa yang ikut resep Toyota dulu akan run into trouble. Thats why Toyota sudah sadar, ngak bole lagi mempertahankan Kijang Kapsul. Sebelum satu hari barang ini jadi laughing stock Toyota di sini. At last goodbye Kapsul dan mesin loyo 1 RZ-E nya.

Dan Serena kenapa datangnya telat ke Indo ? I think ada hubungan dengan nasip Nissan pusat. You see, di akhir 1990s, Nissan lagi banyak masalah, seperti Indo sekarang. Hutangnya sampai US$22 billion ! Dan sudah mau bangkrut. Untung satu executive tinggi di Renault, Carlos Ghosn, recommend Renault bantu Nissan dan jadi alliance. Soalnya Ghosn bilang dia dulu sering pakai mobil Nissan, dan sadar bahwa mobil Nissan qualitynya bagus. Cuman praktek managementnya ada problem.

Dan benar, di tahun 1999, terbentuklah Renault - Nissan Alliance, semacem pernikahan, bukan hostile takeover. Carlos Ghosn jadi presiden direktur Nissan. Dan marriage ini akur sampai sekarang. Jika anda notice, di Indo saja, sering lihat showroom Nissan pasti di sebelah Renault, seperti di PIK dan Kelapa Gading. Malah yang di Gading, share satu building. Mobil Renault di pajang samping Nissan, as if mereka satu merek.

Nah, ini cerita yang hebat (saya baca di satu buku). Dalam cuman 2 tahun, Ghosn bekerja keras dengan staff Nissan dan Renault, dan hey presto ! Sekarang Nissan sudah sembuh, jadi profitable ! If only presiden Indo kita nanti bisa seperti Ghosn, dengan cepat turn around kapal Indo.

Dan dalam 1999-2001, mereka di pusat lagi fight for survival, I think mereka ngak akan interest cepat cepat invest banyak uang untuk rakit new Serena di Indo. 2 tahun ini mereka memperbaiki proses dan way of doing things di Nissan pusat dan yang di Amrik, pasar sangat penting untuk Nissan. Boro boro launch new products di Indo yang jauh dan pasarnya relatif kecil vs Amrik, Jepang dan Eropa.

Sekarang sudah sembuh, baru mereka ikut unjuk gigi di Indo. That could explain telatnya Serena baru ke Indo. Sudah sembuh, do some market research, baru rakit pabrik untuk Serena ini.

Saya pikir, jika satu CEO dan staffnya bisa dalam waktu 2 tahun lunasin banyak utang dan cepat turn around, bisa bayangkan kecerdasan dan semangat Nissan ini sekarang. If they can do this, what else they cannot do ? Thats why saya agak optimis dengan Nissan sekarang. Malah Mitsubishi yang sekarang lagi banyak masalah. Dan partnernya Daimler Chrysler kelihatanya bukan hanya ngak bantu, tapi mau lari.

Di forum ini ada teman yang point out, X-Trail di CKD, jadi murah, dan hebatnya, specnya naik ! Dari sini kelihatan, Nissan serious abt offering product banyak feature dan harga pas. I don't think Nissan will macam macam ama pasar Indo. Carlos Ghosn ngak se bodoh itu. Dia ada satu motto yang saya suka " There are no problems good products cannot solve ".

Dan justru jika anda lihat, X-Trail 2500 cc, CRV 2000 cc, dan feature lainnya sama. Nah anda tahu dak, Pajak Indo 2000 cc ke atas naik tajam. Jadi Nissan sebenernya kena tax bracket yang lebih gede dari Honda. Kok harganya sama ? Artinya Nissan demi pasar Indo, mereka ngalah ! Thank You Nissan. Honda lah yang guilty as charged, dan mereka mulai rasain gigitan X-Trail yang sakit. Mereka marginnya terlalu gede. Pasang dong mesin 2400 cc I-VTEC itu ! di CRV.

Dan kelihatanya yang Terrano itu terlalu mahal, featurenya kan ngak ada apa. Dulu saya kirain Nissan peres kita. Tapi saya akhirnya sadar, mesin Terrano kan 2400 cc. Dia atas 2000 cc. Emang cuman Carburator, tapi pemerintah Indo kan ngak mau tahu, asal lebih 2000 cc, pajaknya naik. Jadi kelihatannya mereka ngak bisa upgrade Terrano lagi.

Dan since margin X-Trail sudah lebih kecil vs CRV, mungkin ada some kind of cross subsidi dari Terrano ke X-Trail. Jika 2, 2 nya di upgrade, kasihan Nissan. Kita enak, tapi Nissan untungnya terlalu kecil nanti. Saya paham kok situasi Nissan sekarang.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Wah ! TOYOTA VOXY atau juga disebut NOAH ! Itu sebetulnya sama kan ...

Lah emang jelas harganya selangit. Faktor pertama karena tuh mobil masuknya lewat IU. Tau kan ? Berapa besar keuntungan yang diraup oleh IU itu. Jadi jelas harganya mahal. Kedua karena faktor spesifikasi yang lebih tinggi. Spt biasa, mobil IU speknya lebih tinggi dibandingkan dengan ATPM lokal, kecuali NISSAN Indonesia. Nissan ini emang laen dari yang laen.

So ... Toyota VOXY ato NOAH ngga bisa dibandingkan dengan NISSAN New SERENA dan New KIJANG Innova.

Sekian ...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Dan justru jika anda lihat, X-Trail 2500 cc, CRV 2000 cc, dan feature lainnya sama. Nah anda tahu dak, Pajak Indo 2000 cc ke atas naik tajam. Jadi Nissan sebenernya kena tax bracket yang lebih gede dari Honda. Kok harganya sama ? Artinya Nissan demi pasar Indo, mereka ngalah ! Thank You Nissan. Honda lah yang guilty as charged, dan mereka mulai rasain gigitan X-Trail yang sakit. Mereka marginnya terlalu gede. Pasang dong mesin 2400 cc I-VTEC itu ! di CRV.
Hihihi ... si HONDA mau pake alasan apa lagi coba. Dulu si manager Honda Indo bilang kalo sebetulnya Honda tuh mau nurunin harga alias kasih harga murah buat konsumen sini ... bahkan beberapa fitur pun dihilangkan (spec down), tapi karena pajak untuk kapasitas mesin diatas 2000cc sangat mahal. Jadi ngga mungkin !

Lah ! Buktinya NISSAN X-TRAIL aja bisa tuh ! Mana murah dan mesinnya 2500cc pula ... Terus liat deh sedan Mazda Protege 2000cc dan Ford LYNX 2000cc. Koq bisa sih mereka menset harga lebih murah dibandingkan dengan ALTIS & CIVIC yang cuma 1800cc dan 1700cc itu ? Mana fitur Mazda dan Ford lebih lengkap lagi !

Ayo neh ... alasan apa lagi coba selain mau untung besar2an ... Hehehe !