Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
GTR wrote:kan phanter ga ada engine managementnya..
oohh..ga ada yah? hehehehe.....sorry,
lha trus yg bikin tenaganya naek apanya dong? kan turbo-nya emang buat performa "emisi"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
meski banyak yg mengatakan turbo pada panther hanya sebagai efesiensi, tapi realitanya adalah utk meningkatkan HP, meskipun kecil. sesuai dengan harga mobil yg ditawarkan. maka dari itu panther yg turbo lebih gesit dibanding yg non turbo.
ingat prinsip kerja turbo adalah meningkatkan daya power, mengkompresi udara ke mesin untuk meningkatkan jumlah molekul oksigen yang masuk ke silinder. Tingginya molekul oksigen yang masuk mendorong tambahan pasokan BBM. Dengan demikian, lebih banyak BBM yang dibakar, hingga daya yang diproduksi meningkat.
bukan meningkatkan performa emisi, tapi karena turbo membutuhkan solar yg bagus... maka emisi menjadi lebih bersih. itu tujuan nya...
but... karena tidak semua daerah menyediakan solar yg bagus... so, pengaruhnya tidak ada.
and so on...
Sebetulnya Turbo memang utk perbaikan kinerja & efisiensi mesin, dan karena membaiknya kinerja mesin otomatis emisi gas buang juga akan lebih baik.
Dia membantu memadatkan udara, konsentrasi O2 jadi lebih tinggi, proses pembakaran menjadi lebih baik.
Di mesin Diesel kerja Turbo adalah hanya di seputaran menyangkut udara masuk & aliran gas buang, samasekali ga ada kaitannya dengan Diesel fuel, karena AFR Diesel bersifat broadband & flexible.
Sedang aplikasi Turbo di mesin gasoline memang biasanya dituntut penggunaan BBM bermutu Oktan tinggi, karena AFR mesin gasoline harus bermain di zona ratio tertentu.
Pasokan bahan bakar (gasoline / diesel) pada level boost turbo tertentu (turbo bekerja, kecuali boostnya super kecil) harusnya diintervensi dgn banyaknya udara yg masuk akibat tekanan turbo; or mesin stall (/knocking) juga pada rpm tertentu krn AFR luar biasa tidak imbang.
Kelihatannya emang nggak ada perubahan tenaga & torsi IsPan turbo.
Mesin 4JAI-L turbo ya masih 80 PS, sama kyk yg nonturbo.
Lagian akhiran "L" di belakang itu mencurigakan,
soalnya klo D-Max pakai mesin 4JBI-TC
TC = turbocharger (?)
mestinya mesin IsPan kalau bener2 turbo sejati 4JAI-TC dong ya?
Trus apa donk beda nya Panther Touring dgn grand Touring?
Apakah kl ada Turbo nya kyk Touring otomatis konsumsi solar nya jg lebih boros drpd non turbo kyk LS?
Wah kl gitu mestinya Panther gak perlu embel2 Turbo yah? khan fungsinya lebih condong kyk Catalytic Converter..
Ada yg udah pny bocoran seperti apa New Panther yg akan keluar?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:
1. Apakah kl ada Turbo nya kyk Touring otomatis konsumsi solar nya jg lebih boros drpd non turbo kyk LS?
2. Wah kl gitu mestinya Panther gak perlu embel2 Turbo yah? khan fungsinya lebih condong kyk Catalytic Converter..
1. Enggak, krn AFR Diesel sgt flexible. Mesin Diesel NA bisa ditambah turbo tanpa harus utak atik suplai solar , tapi anda jangan coba2 lakukan hal tsb. di mesin gasoline, otherwise mesin knocking berat & bisa jebol.
Mesin2 Diesel modern saat ini boleh dibilang hampir semua menggunakan turbocharger utk mengejar efisiensi.
2. Kalo ane lihat sih mungkin sebetulnya persepsi masyarakat yg keburu menganalogikan mesin dgn Turbo pasti larinya kenceng (kayak iklan Speedy), padahal iklan Panther yg ane lihat mengedepankan keiritan BBM.
Padahal fungsi Turbo yg sesungguhnya adalah utk meningkatkan kinerja & efisiensi mesin, nah hasil dr improvement ini mau dipakai utk fuel economy / hauling / speed / Power tergantung aplikasinya.
kalo lihat mesin Diesel alat2 berat / truk2 besar / truk tambang / gen-set besar banyak sekali yg ber-Turbo, tapi bukan utk speed
iya tuh pak turboman, soalnya persepsi masyarakat kita mengenai "turbo" kan hanya mengarah ke 1 pengertian...
sebaiknya perlu dicarikan istilah lain supaya tidak timbul kerancuan seperti ini.
sebenarnya produsen mobil/mesin pun sudah bikin "istilah-pelengkap" untuk turbo yg ditujukan utk meningkatkan power output. Mereka kan pake istilah turbo-charger, bukan turbo-saja hehehe....
dari pihak isuzu-astra sendiri, kemungkinan malah "senang" dengan adanya salah kaprah persepsi masyarakat kita mengenai turbo yg ada di panther...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
fungsi turbo "yg sesungguhnya adalah utk meningkatkan kinerja & efisiensi mesin, nah hasil dr improvement ini mau dipakai utk fuel economy / hauling / speed / Power tergantung aplikasinya".
Turbo memang tidak langsung buat speed, tapi peningkatan daya / power, yg kalo diaplikasikan di mobil (bukan alat berat kan) might be improve speed juga, that's why awalnya phanter ini adanya hanya di a/t yg lebih banyak powerloss drpd m/t.
Turbo "pd most mobil2" modern yg daya nya makin lama makin besar malah memang juga buat speed, liat aja turbodiesel mobil2 EUDM.
Jangan sampai kalo berdaya besar (makin kenceng) dibilang memang mutlak buat speed, lantas kalo hasil improvement power akhirnya masih kurang ("pelan") dibilang buat tekan emisi.
GTR wrote:Turbo memang tidak langsung buat speed, tapi peningkatan daya / power, yg kalo diaplikasikan di mobil (bukan alat berat kan) might be improve speed juga, that's why awalnya phanter ini adanya hanya di a/t yg lebih banyak powerloss drpd m/t.
ya, kayaknya memang logika ini yg ada dibalik pemikiran petinggi isuzu astra pas mutusin turbo cuma ada di varian LS at aja (di jamannya)
Memang mungkin kalo dirasain secara praktek gak akan berasa peningkatan 6ps apalagi di mobil diesel, tapi angka (hp diatas kertas) kan gak bisa boong
Risol1 wrote:
ya, kayaknya memang logika ini yg ada dibalik pemikiran petinggi isuzu astra pas mutusin turbo cuma ada di varian LS at aja (di jamannya)
Benar memang saat pertama di launch di th 2000 hanya LS AT yg ber Turbo, dugaan kuat selain utk emisi juga utk mengkompensasi Power loss akibat Torque Converter. Ane dulu pakai LS AT
Udah itu juga Touring, mengingat ukuran roda Touring yg besar.
Tapi konon di Panther pra Euro II ada sedikit perbedaan di fuel sistemnya, 4JA1 NA GPH nya sedikit lebih besar drpd 4JA1-T (Turbo), maka itu dulu hasil discuss di milis panther-mania, andai 4JA1 NA dikasih sistem Turbo yg persis sama spt di 4JA1-T diduga kuat output Powernya bisa lebih besar. Nah utk jelasnya mending join milis [email protected] aja deh, pakar2 nya di situ : Pak FG (ex pemilik Touring A/T - Garret T-02)
Pak Waay
Bro "Jd" (LS MT - Garret T-02 / Intercooler / WM-i)
Bro Adhit (LS MT - CT 20)
Kalo skg Panther Euro II semua udah pake keong
Last edited by Turboman on Fri Sep 12, 2008 16:14, edited 2 times in total.
GTR wrote:
Jangan sampai kalo berdaya besar (makin kenceng) dibilang memang mutlak buat speed, lantas kalo hasil improvement power akhirnya masih kurang ("pelan") dibilang buat tekan emisi.
IMHO:
Sebetulnya sih bagi cust. saat ini nggak perlu pusing2, jika mencari mobil yg performa oke cukup lihat spec. akselerasi serta hasil test report spt akselerasi 0-100, juga akselerasi pertengahan 60-80 / 80-120, etc. Juga grafik Torsi / BHP nya.
Jika mencari mobil yg kons. BBM nya hemat salah 1 nya bisa lihat dari data emisi CO2 (gr / Km) atau test kons. BBM berdasarkan metoda ECE 101. CMIIW
Forced Induction / valve train, etc. hanya sebagian teknik2 pembantu, hasil akhir yg dicapai adalah ramuan & kombinasi dr banyak unsur.........heheheh.
GTR wrote:yup. makanya, bagi saya "turbo" di phanter itu lebih (buat ngangkat) ke merk dagangan nya aja..
Bener......apalagi Panther Euro II yg skg ini dikasih emblem "T U R B O" di pintu belakangnya......ane kalo di jalan jadi merhatiin lagi.....jadi pengen ketawa rasanya........ekekekekekekekekek
hehehe rame juga nih, anyway... akhirnya gue ambil new panther LS buat di bali... okelah!
minggu lalu, sempet nyoba panther touring 2nd A/T. aduh... disusul sama sepeda balap... patah arang deh...
@Badak : kemaren gue ditawarin 117jt. utk thn 2001. tapi beda area (kota/daerah) beda harga, jakarta rasanya lebih murah...
hehehe kapan kita ke bali bareng? yuk jalan2 pake new panther, wakakakaka! elo tau kan di bali sering krisis bbm...? makanya gue ambil panther, solar aman soalnya.
hehehe kapan kita ke bali bareng? yuk jalan2 pake new panther, wakakakaka! elo tau kan di bali sering krisis bbm...? makanya gue ambil panther, solar aman soalnya.
sip dah! low season aja yah, jgn peak season.. jalanan macet..
iye, gw beliin bensin kijang ngantrenya panjang bgt..
hehehe kapan kita ke bali bareng? yuk jalan2 pake new panther, wakakakaka! elo tau kan di bali sering krisis bbm...? makanya gue ambil panther, solar aman soalnya.
sip dah! low season aja yah, jgn peak season.. jalanan macet..
iye, gw beliin bensin kijang ngantrenya panjang bgt..
nah itulah... tadinya gue mau ambil GL buat disana... tapi dengan pertimbangan cerita teman2 dan saran dari semua pihak soal bensin, akhirnya dengan semangat "poeticmind" gue ambil panther, nes...
sekalian, itu hardtop bensin swap mesin... jadi diesel turbo! wakakaka! maknyooooos!
Wah di jkt pasaran touring 2001 117 jt??
Brarti di sby bisa 120-125 donk...
Trus bro, kira2 untuk mobil turbo 2nd apa aja yg perlu diperhatiin?
Kenapa Touring pasaran 2nd nya lebih murah dr LS?
Apakah setelah pemakaian jangka lama, brarti turbo udah gak fit lg?
Oiya satu lagi, aku jg pny Innova diesel yg dipasangi timer untuk mengatur delay matinya mesin kyk di Panther turbo.
Apakah alat seperti itu juga hrs dipasang di Innova diesel agar tubro tidak mudah rusak?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today