SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 21 Oct 2014, 20:28

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 304 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 ... 13  Next
Author Message
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 06 Jan 2009, 08:07 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 660
Location: Yogyakarta
anangmoe wrote:
untuk st20, gosipnya kalo oli samping langsung di campur ke tangki bensin, bandul mesin bisa cepet ambrol ya???tolong dibantu ya...suwun.soalnya saya punya st20 th 82 kondisi masih sehat...


bandul cepet rusak (bearingnya yang rusak) kalo campur di tangki, sebenarnya karena pelumasannya tidak dirancang autolube (campur langsung dengan bensin di tangki ato karbu, ato manifold).
konstruksi kedudukan bearing hanya dapat dijangkau secara baik oleh oli kalo pake pompa khusus, yang disemprotkan ke bagian bearing tersebut. Konstruksi bearing sulit dijangkau agar volume karter menyempit, sehingga menaikkan kompresi primer. makanya, tetep pake pompa oli, tapi kalo khawatir macet pada perjalanan jauh, boleh ditambah oli di tangki.

salah kaprah biasanya dilakukan pemilik. ada yang banyakin oli di tangki (biar bearing kruk as aman) tapi tidak pake pompa oli, . jadinya, asap supertebal, tapi kemampuan pelumasan bearing masih kalah bagus dibandingkan dengan memakai pompa oli. Jadi, teteplah pake pompa oli,


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 06 Jan 2009, 08:18 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
Cloud wrote:
tips, kalo beli mending st aja, L100 lebih banyak masalahnya
St, yang perlu diperhatikan adalah:
- oli samping, jangan pernah sekalipun abis.
- pompa bahan bakar (diafragma), BISA BERMASALAH, biasanya mesin ndut2an, kalo digas statis bagus, kalo buat jalan (kena beban), tak bertenaga
- mesin, asalkan rajin decarbonizing, di head, port silinder, ma leher knalpot
- radiator juga gk blh berkerak. dijamin temperatur stabil.
- reed valve (harmonika), setelan kekerasan harus sama, dan masih rapat (coba cek pake bensin)
- karburator standar gpp, yg penting setelan pas (busi merah bata, ato abu2 agak gelap, jangan sampai putih),
- filter udara sebisa mungkin dipasang, pake yang hambatan rendah juga bisa,
- knalpot, kalo udah dibersihin harus terpasang rapat, kalo masih bau sangit di mobil, berarti knalpot ada yang bocor. ujung knalpot ditambah tekukan landai keluar sisi kiri pake pipa ato muffler agak besar
- setelan pompa oli dibuat pas, cirinya, kalo masih dingin berasap, tapi kalo udah panas hampir tak keliatan asapnya.

kalo mesin benar2 sehat, 1 liter 15 km (normal), kalo jalan datar, nggak macet, bisa di atas 20 km/l. dulu waktu masih kecil saya pernah naik (punya dad), bisa diatas 120 km/h lo (di tol),


ini yang kita harap, makasih sebanyak mungkin bung :frm_salut: pendekar turun gunung harus kita elu-elukan he . . he . . dan dijamu . . dengan pertanyaan:
- trungtung sy kalo pas mau start sering kagok / rendet / nyendal (apalagi pas di lampu bang-jo), jadi harus dibantu kocok gas. adakah yang berlu debereskan ? :e-think:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 06 Jan 2009, 08:33 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
sy jane pengin bangets lho sama itu mitsu L100, bentuke lebih mengesankan kuno dengan nonongnya to. tapi karna maseh blajar yo mendingan ST20 wae lah.
bechunk wrote:
matus nuwun lek supi oiya ...sy mau tny sebenarnya oli samping yg bagus buat truntung itu apa ya lek?saya skrg pake oli samping SUNRISE.

lha nyambung ini pertanyaan bung cloud, kalo sy agak lama make castrol tapi sekarang pindah shell. ada tips untuk oli samping nyang baek (he . . he . . kayak simcard saja . .) :e-doh:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 06 Jan 2009, 12:02 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Aug 2008, 19:44
Posts: 58
Wah sajak tambah rejo topik ini ya Lek Supi...Kalo tambah rame, brarti tambah banyak yang wiwit gandrung sama truntung. Jadi suatu saat nanti kita sesekali bisa touring pake truntung, mungkin ke Jawa Timur apa ke Jawa Barat buat mencari sedulur-sedulur yang masih setia ngopeni mobil imut bermesin 2 tak (LJ50) ini.
Iya kemarin saya ikut pelatihan di Solo selama 2 minggu, jadi nggak sempet ngungak forum ini. Kabar saya juga masih baik-baik. Lek, saya juga pernah ngalami mesin truntung yang tenaganya loyo pas mau start. Ternyata setelah dicari-cari, penyebabnya ada satu busi yang sudah setengah koit. Awalnya agak aneh juga, karena pas dicek men-start mesin dengan kondisi busi dilepas dan ditempel ke ground/masa, percikan apinya masih ada tapi ternyata nggak cukup kuat untuk menyalakan BBM di ruang bakar.
Diagnosanya sederhana: Coba lepas semua busi, jika ada satu busi yang basah/ klomoh bensin, besar kemungkinan busi itu yang tewas. Atau jika belum mantep, coba pasang kembali ketiga businya lalu nyalakan mesin. Cabut kabel busi yang basah tadi. Jika dia memang mati, maka putaran mesin tidak akan terpengaruh biar kabel busi dicabut. Jika putaran melambat pas kabel dicabut brarti busi masih berfungsi baik. Setelah busi yang sudah lemah itu saya ganti baru, ternyata mesin langsung ngacir.
Perhatikan juga lek warna ujung elektroda businya, seperti kata Mas Cloud. Kalau warnanya ireng nglanges, sudah pasti ada yang tidak beres dengan setelan karbunya. Apalagi jika selalu basah. Ini pertanda pembakarannya nggak sempurna. Bisa karena busi koit seperti tadi, atau reed valve (katup harmonika) udah pada bocor, jadi bensin selalu masuk ke ruang bakar, meski belum saatnya pengapian. Efeknya, bensin boros, tenaga drop dan busi cepet tewas.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 06 Jan 2009, 12:11 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Aug 2008, 19:44
Posts: 58
Soal reed valve (katup harmonika) kebanyakan yang dijual di toko-toko onderdil sekarang adalah yang imitasi dengan harga Rp 45 - 50 rb per bijinya dan menurut saya parts imitasi ini kualitasnya nggak bagus. Terutama pada pelat katupnya yang tidak se-elastis produk asli, sehingga lebih gampang bocor.
Jadi waktu harus mengganti satu harmonika yang sudah rusak parah di bagian bodi, saya akhirnya beli harmonika bekas yang asli. Selain lebih bagus, harganya juga lebih murah.
Halo Mas Cloud, barangkali bisa nambahi ilmu soal reed valve. Mungkin saja untuk memodifikasi reed valve biar lebih mumpuni buat meningkatkan performa mesin si truntung. Matur nuwun.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 07 Jan 2009, 09:03 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
ediwarsito wrote:
Wah sajak tambah rejo topik ini ya Lek Supi...Kalo tambah rame, brarti tambah banyak yang wiwit gandrung sama truntung. Jadi suatu saat nanti kita sesekali bisa touring pake truntung, mungkin ke Jawa Timur apa ke Jawa Barat buat mencari sedulur-sedulur yang masih setia ngopeni mobil imut bermesin 2 tak (LJ50) ini.

Ho'oh nggih bapake edi . . moga2 mangkin nambah para pendemen-nya, lumayan di forum ini bisa ngangsu kawruh . . . denger sarane bung cloud tentang ST20 sy juga jadi nambah manteb lho dengan si-trungtung. apalagi untuk jarak 200an kilo juga masih ok, naek turun pegunungan jambu dengan 4 penumpang juga masih ok.
yo moga2 bisa kelakon itu bikin club Limo$en he. . . trus mo touring he. . .he. . .
ediwarsito wrote:
Lek, saya juga pernah ngalami mesin truntung yang tenaganya loyo pas mau start. Ternyata setelah dicari-cari, penyebabnya ada satu busi yang sudah setengah koit.

coba nanti sy blajar ngecek, lha wong biasane kalo ada yang perlu perhatian mung njaluk tulung bengkel je, oje neh sing rumit2 ukuran kunci busi 16 ato 17 sj sampe skarang blum tahu je . . memang baiknya perlu blajar yo bapake edi . .


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 11 Jan 2009, 09:47 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 660
Location: Yogyakarta
LekSupi wrote:
trungtung sy kalo pas mau start sering kagok / rendet / nyendal (apalagi pas di lampu bang-jo), jadi harus dibantu kocok gas. adakah yang berlu debereskan ? :e-think:


yang pertama, dicek dulu, biasanya busi ada yang bermasalah. yang diingat, kalo mesin bergetar, rendet, ato nyendal, biasanya ada salah 1 silinder yang bermasalah. untuk mudahnya, dicek busi dulu.(seperti saran bro edi w)

ediwarsito wrote:
Diagnosanya sederhana: Coba lepas semua busi, jika ada satu busi yang basah/ klomoh bensin, besar kemungkinan busi itu yang tewas.


syaratnya, platina juga harus ok (kontaknya halus dan rata), disetel celahnya, sekitar 1/2 celah busi (kurang lebih). platina ok, tapi keluar api berlebih di platina, silakan cek kondensor, harusnya dicek pake ohm meter, bergerak ke kanan, trus balik ke kiri lagi, sesuai angka kapasitasnya.

busi di luar kelihatan hidup (ada apinya), di dalam silinder belum tentu lo, soalnya terkena kompresi dan hambatan lain (bensin dan oli). kalo busi sudah tidak stabil (api merah ato nyebar2) dan warnanya hitam, sebaiknya diganti jika setelah dibersihkan dan disetel celahnya, api tetep gk stabil.
jika busi ok, namun salah satu silinder ada yang beda warna businya (lebih hitam), boleh dicek harmonikanya.
jika busi n harmonika ok, silakan setel karbu, yang ini mending ke ahli karburator aja, ato yang biasa menangani, soalnya beda2 cara nyetelnya, kan sudah berumur.
jika semua ok, (kompresi bagus, harmonika ok, busi bagus, platina dkk bgs), tapi tetep lelet (sationer bagus, digas bagus, tapi dikasih beban jadi lelet), bisa dipastikan pompa bensinnya,

oya, harmonika emang lebih baik pake yang asli, tapi saya belum tahu cara mengakali harmonika, mau di dobel takut terlalu rapat (belum pernah coba) mungkin bro yang lain ada yang tahu ato mencoba? please share ya?

oli samping yang bagus? wah saya kurang tahu, tapi kalau di motor, saya pakai motul bagus juga, saat dibongkar, keraknya tidak ada, malah head mengkilap. asap juga tipis, tapi mahal lo,
kalo shell ato castrol, saya kurang tahu, tapi menurut teman2, lumayan bagus juga. kalo saya dulu biasanya pake mesran super (biru) buat st, beli di pom yang pake drum2an. murah meriah, kan kalo beli untuk st harus banyak, jadi pilih yang murah. tapi ruang bakar cepat berkerak. asal rutin dibersihkan, tidak masalah. kalau pake enviro, keraknya berkurang drastis.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 12 Jan 2009, 14:01 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
Cloud wrote:
LekSupi wrote:
trungtung sy kalo pas mau start sering kagok / rendet / nyendal (apalagi pas di lampu bang-jo), jadi harus dibantu kocok gas. adakah yang berlu debereskan ? :e-think:


yang pertama, dicek dulu, biasanya busi ada yang bermasalah. yang diingat, kalo mesin bergetar, rendet, ato nyendal, biasanya ada salah 1 silinder yang bermasalah. untuk mudahnya, dicek busi dulu.(seperti saran bro edi w)

ediwarsito wrote:
Diagnosanya sederhana: Coba lepas semua busi, jika ada satu busi yang basah/ klomoh bensin, besar kemungkinan busi itu yang tewas.


syaratnya, platina juga harus ok (kontaknya halus dan rata), disetel celahnya, sekitar 1/2 celah busi (kurang lebih). platina ok, tapi keluar api berlebih di platina, silakan cek kondensor, harusnya dicek pake ohm meter, bergerak ke kanan, trus balik ke kiri lagi, sesuai angka kapasitasnya.

busi di luar kelihatan hidup (ada apinya), di dalam silinder belum tentu lo, soalnya terkena kompresi dan hambatan lain (bensin dan oli). kalo busi sudah tidak stabil (api merah ato nyebar2) dan warnanya hitam, sebaiknya diganti jika setelah dibersihkan dan disetel celahnya, api tetep gk stabil.
jika busi ok, namun salah satu silinder ada yang beda warna businya (lebih hitam), boleh dicek harmonikanya.

ok tur suwun . . ., trus sy tanyaken itu sama temen driver tentang harmonika koq dianya engga ngerti yo . . . opo yo itu istilahe laen ato istilahe standar yo bung . . .?
malah beberapa hari ini trungtung sy tdk sy bw2 keluar ngendon di kandang je . . soale pas di jalan hujan2 tahu2 lampu panel bensin/suhu, trus lampu reting sama sweeper kaca malah mendadak tidak fungsi. sy cari2 penyebababe ternyata putus sekring. tapi stelah sy ganti dicoba putus lagi, sy ganti lg coba putus lagi. kayak gitu konslet po yo . . tapi sy cari blum ktemu lagi . . . ada kemungkinan lain yg perlu sy cek ? :e-doh:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 22 Jan 2009, 11:26 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Aug 2008, 19:44
Posts: 58
Iya kali Lek, itu mungkin ada yang konslet. apalagi jika sebelumnya tidak pernah ada kasus serupa. Sekering putus akibat beban arus yang lewat terlalu besar dan melebihi kapasitas ambang arus sekering itu. Bisa saja karena arus kegedean, misal sekering cuma 5 ampere, tapi beban pemakaian sampai 10 ampere, maka sekering akan putus meski tidak terjadi korsleting.
Prinsipnya sama kayak sakelar pada meteran listrik rumah yang tiba-tiba anjlok kalo beban pemakaiannya berlebih. Bisa dicoba memakai sekering dengan angka ampere yang lebih besar, tapi jika memang korsleting akibatnya akan lebih berbahaya. Jadi sebaiknya dicek dulu kemungkinan terjadinya korsleting.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 22 Jan 2009, 14:22 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
ediwarsito wrote:
Iya kali Lek, itu mungkin ada yang konslet. apalagi jika sebelumnya tidak pernah ada kasus serupa. Sekering putus akibat beban arus yang lewat terlalu besar dan melebihi kapasitas ambang arus sekering itu. Bisa saja karena arus kegedean, misal sekering cuma 5 ampere, tapi beban pemakaian sampai 10 ampere, maka sekering akan putus meski tidak terjadi korsleting.
Prinsipnya sama kayak sakelar pada meteran listrik rumah yang tiba-tiba anjlok kalo beban pemakaiannya berlebih. Bisa dicoba memakai sekering dengan angka ampere yang lebih besar, tapi jika memang korsleting akibatnya akan lebih berbahaya. Jadi sebaiknya dicek dulu kemungkinan terjadinya korsleting.

Ho'oh betul bapake edi, setelah sy tobat nguthek2nya, sy bw ke bengkel; lumayan makan waktu setengah hari baru ketahuan ada kabel tambahan/by pass yang konslet.
sama bengkelnya kabel di tata ulang tapi malahan lampu atretnya sama lampu kabin penumpang malah jadi mati. rencana mbesuk ahad mau sy priksakke lagi . .
bagemana kabare trungtung kesayangane bapake edi, kapan terakhir diajak jalan2 ? terakhir punyae sy tak pake ke jepara bapake edi. pulange lewat tol kaligawe - ungaran. kayake sempat agak kesengko karena dipacu terus to . . jadine sekarang kalo untuk jalan di atas 60an suarane jadi agak ngentul nggrung nggrung nya . . (tadine suarane datar-datar saja meskipun digeber). bisa mari ora yo . . .bapake edi . . . :e-doh:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 11 Feb 2009, 08:15 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
wueeh . . . barusan perpanjangan trungtung kesayangan . . . toblas sampe 3 hari baru klar :shrug: . gara-garane itu nomor rangka nggak beres . .
bagi pengalaman nih . . . bagu trungtung'ers yang kebetulan dah keropos itu nomor rangkanya (...namanya juga barang tua) . . . agar bisa ganti plat / perpanjangan / balik nama . . dempullah serapi mumkin trus dicat sebisa mungkin sewarna dengan cat sekitar noka-nya . . . baru bisa lolos 'gesek'nya. . . .
ada pengalaman yang lebih praktis and nggak mbullet ?!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 12 Feb 2009, 02:24 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 24 Jan 2009, 09:32
Posts: 4
Halo para MASTER trungtung... :frm_salut: :frm_salut:
saya berniat mau beli trungtung nih..
tapi budget cekak euy :e-think: ... cuman ada 3 jeti di tangan co :e-think: y...
soalnya kemaren dulu saya pernah liat di iklan baris, ada yang jual ST20 seharga 2.5 juta...
kalo menurut para masters gimana???
ato ada yng mau jual?? hehehhe :e-whistle: :e-whistle:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 13 Feb 2009, 10:45 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Aug 2008, 19:44
Posts: 58
Lha trus akhire gimana soal nomor rangka itu lek? Punya saya juga sudah nggak kebaca je. Dulu saya pikir ketutup cat atau kotoran, trus tak amplas sampai bersih ternyata juga cuma kelihatan beberapa angka thok, yang lain udah ilang.
Buat yang mau ngoleksi truntung, kalo saran saya yang harus diperhatikan adalah di sektor bodi. Kalo sudah ancur, biar mesin bagus mending enggak usah dibeli. Mendingan bodi bagus mesin agak ancur dikit. Soale khusus truntung ini mesin rusak separah apapun (asal jangan blok yang ada nomor mesinnya pecah) masih bisa diperbaiki dengan biaya relatif murah. Tapi kalo bodi biayanya bisa sangat mahal.
Soal bodi yang penting diperhatikan adalah bentuk dasar bodinya masih bagus (tidak keropos parah), trus kalo soal cat, agak jelek gpp. Paling cat ulang habisnya ga lebih dari 2,5 jt. Pilih juga yang interiornya masih bagus, doortrim masih ada,instrumen di dashboard juga masih fungsi dll. Jadi yang diiklanke 2,5 jt itu ditengok aja, masih bagus gak barangnya. Btw itu pickup atau stwg? tahun berapa?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 17 Feb 2009, 13:25 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
ediwarsito wrote:
Lha trus akhire gimana soal nomor rangka itu lek? Punya saya juga sudah nggak kebaca je. Dulu saya pikir ketutup cat atau kotoran, trus tak amplas sampai bersih ternyata juga cuma kelihatan beberapa angka thok, yang lain udah ilang.

lha yo itu bapake edi . . . sy harus ngapeli untuk cek fisik di polres sampae tiga hari lho. . . pokoke apapun sarane pak polish sy ikutin waton bukan pelicin (sy ndak mau model begituan . . . takut dosa menyuburkan corrupt & pungli to bapake edi...)
***sy betul2 nggonduk lho masak mau pajek saja koq susah nguruse to . . (apalagi opo2 opo2 harus pajek, . . . ini negeri pemungut pajek tenan)
akhire sy harus ndempulke sampe halus trus sy pilox rata sewarna dasaran body, baru setelah itu pak pollish mau acc . . dengan bukti surat keterangan keropos . . . . akhire bisa balik nama . . .
lah mau perpanjangan itu to bapake edi . . . biwayanya hampir sama dengan balik nama, jadi mendingan mbalik sekalian . . .


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 24 Feb 2009, 14:39 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
tentang platina, dalam enam bulan terakhir dah ngganti 2x. ateges 3 bulan sekali. ada yang tahu kenapa seboros itu ? terakhir disarankan ditambah elektroda . . . :ngacir:
yang ini malah pakae punyae toyota. sy baru mau lihat beberapa bulan ke depan . . .


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 05 Mar 2009, 08:47 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
tentang busi, kalo lihat pada petunjuke busi st20 adalah NGK BP6HS ataw ND W20F. busi tsb termasuk kategori standar tetapi sulit dicari. (ataw barangkali ada yang biasa pakai).
padahal busi tersebut sesuai juga untuk CITROENCE, RENULT, FIAT, VOLVO-PENTA, NISSAN, untuk generasi mobil baru nissan terrano . . .
kalau kesulitan nyari kedua jenis busi tsb ada juga konversinya
yaitu BOSCH W6BC, CHAMPION L66Y, nggak tahu nyarine susah ndak . .
lihat http://www.alibaba.com/product-gs/20899 ... _plug.html atau http://www.topdoo.cn/products/products. ... N%20SYSTEM


Attachments:
File comment: . . . . sulit nyarinya
yhst-60964367126619_2043_12540657.gif
yhst-60964367126619_2043_12540657.gif [ 5.61 KiB | Viewed 6152 times ]
Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 07 Mar 2009, 08:00 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
Djangdjawooken wrote:
Halo para MASTER trungtung... :frm_salut: :frm_salut:
saya berniat mau beli trungtung nih..
tapi budget cekak euy :e-think: ... cuman ada 3 jeti di tangan co :e-think: y...
soalnya kemaren dulu saya pernah liat di iklan baris, ada yang jual ST20 seharga 2.5 juta...
kalo menurut para masters gimana???
ato ada yng mau jual?? hehehhe :e-whistle: :e-whistle:

ho'oh bung Djangdjawooken
sampeyan memang kudu punya trungtung agar tahu seninya bertrungtung
trungtung itu nilai seninya lebih tinggi kalau malam hari.
ing ngayogjo begitu sedikit malem jalanan dah sepi . . .
jadi jika pulang kerja sedikit malem saja jalanan dah lega. . .
saat itulah merdunya deru trungtung bisa dinikmati leluasa . . .
trung . . .tung . . .tung . . .. . . . .sambil jalan nyante . . . :ngacir:

(beli saja bung, 3,5 dah dapet, 6 gelo dah istimewa :ngacir: )


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 13 Mar 2009, 15:24 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Aug 2008, 19:44
Posts: 58
Soal busi saya juga belum terlalu paham. Cuma yang saya tahu busi untuk mesin 4 tak & 2 tak berbeda. Kalau busi 4 tak dipake buat 2 tak biasanya nggak tahan lama, karena di mesin 2 tak busi selalu basah oleh oli. Sehingga busi 2 tak memang didesain lebih tahan terhadap oli yang selalu membasahinya. Mangkanya pada mesin 4 tak (baik mobil atau motor) kalau celah piston-sehernya udah terlalu lebar sehingga mesin 'ngebul', umumnya usia pakai busi juga menjadi pendek lantaran busi selalu basah.
Coba njenengan cek Lek Supi, busi yang njenengan pakai itu khusus buat 2 tak atau bukan. Lha kalau saya pakai businya vespa, ukurannya persis plek, dan sejak pertama kali beli sampai sekarang belum ada masalah (skitar 7 bulan).
Lalu soal nomor rangka itu, berarti ditutupi cat sekalian ya Lek? pengalaman kemaren perpanjangan habis berapa plus tetek bengeknya itu?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 16 Mar 2009, 12:59 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
ediwarsito wrote:
Coba njenengan cek Lek Supi, busi yang njenengan pakai itu khusus buat 2 tak atau bukan. Lha kalau saya pakai businya vespa, ukurannya persis plek, dan sejak pertama kali beli sampai sekarang belum ada masalah (skitar 7 bulan).

iya bapake edi, soal busi itu, sy pernah disarankan sama bengkel untuk pake busi vespa.
lha tapi pas mo beli busi sama penjualnya dibilangin kalo busi vespa dratnya lebih pendek dia khawatir mempengaruhi pengapian, justru disarankan pake yang dratnya lebih panjang punyae mobil.
dari pada binun nggak jadi ganti busi . . .
tapi karena penasaran, saya cermati lagi ternyata itu ada tulisan busi standarnya tertempel pada (karet saluran anginapa ya. . . ), kodenya NGK BP6HS ataw ND W20F. tapi ketika ditanyakan ke toko onderdilnya NGK BP6HS ndak ada, adanya BP7HS sama BP5HS . . ..
nah setelah sy runut di internet kedapatan tuh konversinya bapake edi . . . tapi sy blum nanyain lagi ke toko onderdil ada nggak itu BOSCH W6BC, CHAMPION L66Y
lha kalo yg ada di trungtung sy katane pak bengkel itu busi yang biasa digunakan pada sedan, . . . sy blum liat serinya, selama ini nggak masalah juga blum pernah ganti... :ngacir:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 16 Mar 2009, 13:08 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Oct 2008, 13:11
Posts: 84
ediwarsito wrote:
Lalu soal nomor rangka itu, berarti ditutupi cat sekalian ya Lek? pengalaman kemaren perpanjangan habis berapa plus tetek bengeknya itu?

total habise sy agak lupa je bapak edi, tapi yang tertulis di lampiran pajaknya, bbn-kb 110, pkb 165 jasarahja 143 stnk 50 tnkb 20, totale 488
khusus untuk nomor rangka biaya cek 20 plus keterangan kropos 25
total jendral 550an . . . pas dengan trungtungnya 550cc he.e.ehe :ngacir:
kapan habis plat nopol punyae sampeyan bapake edi ?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 26 Mar 2009, 22:17 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Aug 2008, 19:44
Posts: 58
Plat saya habis tahun depan (2010) tapi sekarang pajek dah wafat sejak September. Males je ngurusnya dan lagi duitnya juga belum ngumpul. Mungkin juga busi vespa lebih pendek dratnya. Tapi waktu saya beli pertama, pakenya bosch (lupa serinya), pas saya harus ganti busi, ternyata dratnya sama panjang dengan busi vespa. Jadinya sampai sekarang pake busi vespa dan nggak ada masalah. Powernya tetep bagus kok. Coba aja busi vespa Lek. Trus yang keluarin keterangan kropos itu siapa? bengkel catnya atau pak polisinya?
Bung Djangdjawooken, sudah jadi dapat truntungnya apa belum nih?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 01 Apr 2009, 23:02 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 01 Apr 2009, 22:45
Posts: 1
Boss,
Aku pengen jual tronthong koleksi bokap neeh... smua msh orisinil... ndak pernah dipake muatan, klangenan bokap waktu muda, pgn dijual coz, udah ndak ada tempat di rumah... minat call 08883937750 ya...
Suwun


Attachments:
DSC00307.jpg
DSC00307.jpg [ 35.33 KiB | Viewed 5682 times ]
Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 08 Apr 2009, 21:10 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Aug 2008, 19:44
Posts: 58
Wah masih kuinclong yo Kang B464z... btw kok plat nomornya Pati, apa njenengan tinggal di Pati? Saya masih ingat di Pati juga ada yang punya klangenan truntung pikap. Kalo nggak salah namanya Pak Edi Buntoro, salah satu dari beberapa juragan di Pati. Kinyis-kinyis tenan. Trus ada lagi teman namanya Madyono, panggilan kerennya Mbah Mad. Mbah Mad ini pakar modifikasi vespa di Pati. Karya-karyanya pernah masuk di tabloid Motor Plus. Dia pernah punya satu truntung pikap warna biru. Masih apik, dan pernah saya pakai ke Blora bertiga. Menariknya ketiga penumpang itu berukuran jumbo. Saya 75 kg, teman satu lagi 98 kg dan yang seorang lagi 80 kg. Coba bayangkan tiga gorila berdesak-desakan di dalam kabin truntung yang sempit itu. Tapi alhamdulillah perjalanan lancar, bahkan sempat nyalip banyak angkot dan bus (karena mereka berhenti pas naik turun penumpang hehehehe................)
Psst....Kang B464z, nyuwun pinten truntunge itu? :big_peace:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 08 Apr 2009, 21:14 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Aug 2008, 19:44
Posts: 58
Setelah ide ngasih AC pada truntung belum juga kesampaian, tiba-tiba muncul akal-akalan lagi nih tentang truntung. Bagaimana ya misalnya mesin truntung diganti pake mesin Suzuki berkode F10A (Carry, Jimny, Katana dll) bisa tidak ya? trus, gearbox pakai punya Jimny Jangkrik plus transfercasenya sekalian. Lalu as rodanya depan belakang juga pakai punya Jangkrik, sehingga jadilah Truntung 4WD. Rodanya pakai punya Jangkrik juga, jadi biar kelihatan jangkung, tambah winch depan belakang dan pakai snorkel pulak. Ketoka bakal keren ya truntung pikap kalau disulap jadi begitu. Iya nggak Lek Supi?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: ST20
PostMessage posted...: 09 Apr 2009, 19:16 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 04 Apr 2009, 21:04
Posts: 6
Salam Kenal,
Saya punya ST20 th 83 karoseri Liling Putra

Ogin-Bdg

Image
Image
Image


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 304 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 ... 13  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com