Isuzu Panther Hi-Sporty

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 19 Feb 2006, 21:12

Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby FARID » 11 Jul 2008, 06:01

BRO mohon info dan harga,review mesin+kaki2+handling+perawatan.....

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8290
Joined: 25 Mar 2008, 02:52

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby andy1800 » 14 Jul 2008, 15:11

Hi-Sporty plg banyak th '97 (circa 96-98-99?)
harga 50-55 jt sblm BBM naik, tp nampaknya skrg sudah menjadi sktar 60-65 jtan.

keluarga (chasis & body) Panther Kotak kodenya adlh TBR-54...sedangkan mulai kapsul adlh TBR-541
Hi-sporty, adlh (Grand) Royale yg digedein, di-add-on, ditampang jeep kan....dengan velg & ban juga membesar.
sedangkan mesin, transmisi, dan kaki2...sama persis..kecuali di-body lift, dan per (daun) yg lbh tinggi

Engine yg ditanamkan ke mobil TBR-54 ini adalah 4JA1 (lupa. tp nampaknya sama dg kapsul ya...CMIIW)
mesin diesel konvensional 2500 cc, dg direct injection ini bila utk mentenagai body standar akan cukup berasa gahar.
terutama kalau disetting "voor" dikit ya.
namun daya mesinnya menjadi berasa agak berat kl utk narik Hi-Sporty yg lbh "berbobot".....

oiya, satu "rahasia" kecil, adalah adanya Bug, di jeroan injektor Zyxel-nya...sampai produksi pertengahan 97, per-nya defect. mudah patah tiba2. per-nya sih tidak mahal, tp kalau nggak nyadar patahnya, maka bisa kena ke rotor injektornya... ini yg kadang dikelluhkan sbg mahal ongkosnya...kira2 2jt an utk pengantian rotor ini, plus kalibrasi injektor.
namun setelah masa produksi yg itu, per-nya sudah oke.
jadi, perlu dicek apakah udah diganti atau belum...kalau belum, langsung ganti saja...4 per mgkin cuma sktr 250 rb.

pada dasarnya keluarga TBR-54 dgn engine-nya tersebut adalah kendaraan yg sangat bandel..proven.
purging (pembersihan saluran2 mikro jalur BBM) kira2 per 6 bulan (?) sekali adalah kewajiban...(silakan baca artikel2nya TurboMan)
krn kualitas solar Ina angin2an, maka yg wajib diganti realtif sering adalah Filter Solar

Pada kaki2, krn Hi-Sporty dipakai utk menggerakkan ban yg jauh lbh gede padahal bearing nya sama saja dg Royale, maka Hi-Sporty akan sedikit lebih sering minta ganti bearing.

suspensinya cukup soft dibanding kijang kapsul. ada sedikit "rasa eropa", boleh dibilang kelembutannya kira* 1/2 nya Pug deh....heuheheh.
namun, keempukannya ini juga sering dituduh membuat krg enak ketika cruising, jadi berasa mengayun.
terus terang, ketika naik panther pd awal kemunculannya dulu, untuk pertama kali (dan sekali2nya) gw mabok (darat), ya krn naik panther itu..... heuheheh.
tp habis itu enggak pernah lagi.

feature interior Hi-Sporty udah otomatis kelas plg lengkap yaitu: AC DB, PW di 4 pintu.
mutu (build) interior standar panther adalah kalah jauh, dibanding kijangs kapsul (LGX) series yg mampu bertahan belasan tahun.
sedangkan panther, sekarang pasti jok & door trimnya udah byk amburadul.


namun layout interior, lbh lega.. di kelasnya, lega-nya leg-space baris keduanya nggak ada yg ngalahin.
boleh dibilang, panther udah mengadopsi desain flat-deck.
jok belakang saling hadap2an spt pada kijang LX
kalau nggak suka begitu, masih bisa modif (diganti) utk jadi hadap depan, meskipun perlu jg dipikirkan bagaimana sebaiknya akses ke baris ketiga tsb.


FC luar kota, kl gw yg setir, Grand Royale rata2 dapat 1:16
sedangkan Hi-Sporty, krn lbh "berbobot" wajar saja kalau kurang dr itu, tapi, kalau cuma utk mencapai 1:14 sih, masih enteeeng.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: 22 Nov 2007, 17:26

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby GTR » 14 Jul 2008, 15:16

tapi flat deck lain loh,,, bukan spt stream / civic / vios..
ini mirip flat deck nya Pick up, jadi tinggi deck nya..
setirnya sporty/Hi-sporty suka "narik2" kiri kanan kalo jalan gelombang..

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8290
Joined: 25 Mar 2008, 02:52

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby andy1800 » 14 Jul 2008, 15:34

iya...makanya, maksdunya, hanya "boleh dibilang"....atau flat-deck dlm tanda kutip.
tapi itu sudah mebuat perbedan yg nyata, biasanya menjadi space-wise, dibanding toyotas.

yup..stirnya tidak mengadopsi rack & pinion...tp recirculating ball & nut (pake rumah setir gitu deh)...
yg kalau utk mobil kelas atas dimaksdukan spy getaran roda nggak nyampe ke setir.
masalahnya panther bukan kelas atas, jd ya "seadanya" saja bikin recirculating-ball-&-nut nya...heuheheh
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: 22 Nov 2007, 17:26

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby GTR » 14 Jul 2008, 15:37

iya, bener.
stirnya ga akurat banget, kalo lagi jalan lurus, setirnya digoyang2 (dibelokin) kiri kanan dikit2 aja mobilnya tetep jalan lurus, he3 parah.

FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 19 Feb 2006, 21:12

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby FARID » 16 Jul 2008, 22:53

KALO BELI PANTHER BEKAS(HI-SPORTY) yang masuk dalam daftar check dan harus diganti apa bro?

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8290
Joined: 25 Mar 2008, 02:52

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby andy1800 » 16 Jul 2008, 22:58

checklist standar saja, spt mobil lainnya
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby Risol1 » 17 Jul 2008, 02:43

Buset dah....bro Andy ternyata masternya Panther toh..... :off_good_job:

Bagar
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Jul 2008, 10:54

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby Bagar » 18 Jul 2008, 12:43

bro..
kalau ada yang mau jual panther hi sporty boleh nih hubungi saya. kalau bisa antara taun 97-2000 warnanya yang biru atau abu abu metalik, lebih disukai pelat nomor D atau B juga ga apa2 asal harganya lebih menarik.
lagi butuh cepet2 nih! :ngacir:

FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 19 Feb 2006, 21:12

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby FARID » 27 Jul 2008, 22:01

bro bagar udah dapat panthernya, kalo udah dapat direview ya.

f10a
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 23 Apr 2009, 07:30

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby f10a » 07 Jun 2010, 09:09

Permisi, mau nanya2,yang dimaksud dg lemah di komponen kaki2 itu komponen apa aja? Gmn sdg bearing, tie rod, shockbreaker standar, dan per keongnya? mohon reviewnya...

Gmn dg panther touring yg scara dimensi jg "sdikit" lbh besar dibanding dg jenis lain kluaran th yg sama? apakah kaki2nya jg punya masalah yg sama dg hi sporty?

Maturnuwun

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3053
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby m4rio » 07 Jun 2010, 10:44

f10a wrote:Permisi, mau nanya2,yang dimaksud dg lemah di komponen kaki2 itu komponen apa aja? Gmn sdg bearing, tie rod, shockbreaker standar, dan per keongnya? mohon reviewnya...

Gmn dg panther touring yg scara dimensi jg "sdikit" lbh besar dibanding dg jenis lain kluaran th yg sama? apakah kaki2nya jg punya masalah yg sama dg hi sporty?

Maturnuwun



komponen kaki kaki ya seperti ball joint, tie rod, long tie rod shock absorber, dll.
oh ya broo. panther gk pake per keong broo. dia suspensi depan typenya kalo gk salah double wishbone with torsion bar, jadi dia gk pake per keong tapi cuman shock absorber aja.

kalo gecek komponen kaki kaki juga gampang kok broo.
1. kalo mau cek bearing bisa dengan cara angkat ban trus gerakin ban atas bawah pake tangan nah kalo ada oblak berarti bearingnya udah kemakan ( kalo rusaknya belom parah ) kalo rusaknya udah parah ampe ada bunyi gemuruh cukup dengan putar ban trs pegang aja shock absorbernya, ada getaran gk, kalo ada berarti bearing rusak.
2. kalo mau check tie rod atau long tie rod angkat ban terus gerakin ban kiri kanan pake tangan kalo ada oblak pasti salah satu komponen itu rusak, nah buat mastiinnya minta bantuan org lain buat gerakin nah kita yang ngeliat sumber gerakannya dimana, nah sumber oblaknya itu lah yang rusak.
3. kalo shock absorber yang rada sulit broo. ane sih cuman berdasarkan feeling aja pas lewat polisi tidur kalo shock absorbernya udah gk kuat angkat mobil lgi alias ud gk ngayun lgi setelah turun berarti udah lemah tuh...

ane sih biasanya kalo ngecek komponen kaki2 kyk gitu.
kalo ane salah jangan dimarahin yakk.... ane juga masih belajar nih... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

kalo panther touring ane gk tau deh broo, ane belom pernah make sih, skrg ane cuman make panther kapsul LS thun 2000 aja sih..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

f10a
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 23 Apr 2009, 07:30

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby f10a » 07 Jun 2010, 14:33

m4rio wrote:
f10a wrote:Permisi, mau nanya2,yang dimaksud dg lemah di komponen kaki2 itu komponen apa aja? Gmn sdg bearing, tie rod, shockbreaker standar, dan per keongnya? mohon reviewnya...

Gmn dg panther touring yg scara dimensi jg "sdikit" lbh besar dibanding dg jenis lain kluaran th yg sama? apakah kaki2nya jg punya masalah yg sama dg hi sporty?

Maturnuwun



komponen kaki kaki ya seperti ball joint, tie rod, long tie rod shock absorber, dll.
oh ya broo. panther gk pake per keong broo. dia suspensi depan typenya kalo gk salah double wishbone with torsion bar, jadi dia gk pake per keong tapi cuman shock absorber aja.

kalo gecek komponen kaki kaki juga gampang kok broo.
1. kalo mau cek bearing bisa dengan cara angkat ban trus gerakin ban atas bawah pake tangan nah kalo ada oblak berarti bearingnya udah kemakan ( kalo rusaknya belom parah ) kalo rusaknya udah parah ampe ada bunyi gemuruh cukup dengan putar ban trs pegang aja shock absorbernya, ada getaran gk, kalo ada berarti bearing rusak.
2. kalo mau check tie rod atau long tie rod angkat ban terus gerakin ban kiri kanan pake tangan kalo ada oblak pasti salah satu komponen itu rusak, nah buat mastiinnya minta bantuan org lain buat gerakin nah kita yang ngeliat sumber gerakannya dimana, nah sumber oblaknya itu lah yang rusak.
3. kalo shock absorber yang rada sulit broo. ane sih cuman berdasarkan feeling aja pas lewat polisi tidur kalo shock absorbernya udah gk kuat angkat mobil lgi alias ud gk ngayun lgi setelah turun berarti udah lemah tuh...

ane sih biasanya kalo ngecek komponen kaki2 kyk gitu.
kalo ane salah jangan dimarahin yakk.... ane juga masih belajar nih... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

kalo panther touring ane gk tau deh broo, ane belom pernah make sih, skrg ane cuman make panther kapsul LS thun 2000 aja sih..


Gitu ya... maklum msh awam. kirain panther bisa "mentul2" empuk pakai per keong. Komponen kaki2 panther dr th 199x-20xx apa sama smua?

maturnuwun

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3053
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby m4rio » 07 Jun 2010, 20:58

nah kalo masalah " mentul2 " ane juga ngerasain tuh dulu, tapi pas ganti shock absorber sih rada berkurang. mungkin karena udah lemah shock absorbernya, jadi gk bisa meredam kejutan lgi dah.. tapi ane pribadi suka dengan suspensi depan panther, daya redamnya bagus bgt. mungkin ini karena pengaruh mesin diesel yang lebih berat kali ya..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby BADAK » 07 Jun 2010, 20:58

Untuk panther touring kaki2nya lebih kuat, karena tidak menggunakan kaki panther kapsul lainnya.
Berbeda dgn panther hi-sporty yg menggunakan kaki royale. Selain bearing yg lebih kuat, pada touring juga menggunakan 6 baut roda, sedangkan panther kapsul menggunakan 5 baut roda. CMIIW.
Untuk kaki2 panther 199x-20xx sama semua.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby BADAK » 07 Jun 2010, 21:03

Shock absorber pd panther ada 2 jenis, tipe oli & gas. kalo mau lebih stabil coba aja pake yg tipe gas, hanya nanti jd terasa lebih keras bantingannya. kalo masalah empuk, tipe LS menurut saya plg empuk suspensi nya. bahkan lebih empuk drpd kijang kapsul & kuda.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3053
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby m4rio » 07 Jun 2010, 21:04

kapsul 6 juga loh broo baut rodanya broo.. barusan ane liat panther kapsul ane tuh, karena ane juga lupa berapa bautnya, gk pernah perhatiin sih. hehehehe
mank partz kaki2 kapsul ama touring beda ya broo??
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3053
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby m4rio » 07 Jun 2010, 21:06

BADAK wrote:Shock absorber pd panther ada 2 jenis, tipe oli & gas. kalo mau lebih stabil coba aja pake yg tipe gas, hanya nanti jd terasa lebih keras bantingannya. kalo masalah empuk, tipe LS menurut saya plg empuk suspensi nya. bahkan lebih empuk drpd kijang kapsul & kuda.


kalo type LM, LV gmn tuh bro? kan sama kaki kakinya kyk LS ???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby BADAK » 07 Jun 2010, 21:19

m4rio wrote:
BADAK wrote:Shock absorber pd panther ada 2 jenis, tipe oli & gas. kalo mau lebih stabil coba aja pake yg tipe gas, hanya nanti jd terasa lebih keras bantingannya. kalo masalah empuk, tipe LS menurut saya plg empuk suspensi nya. bahkan lebih empuk drpd kijang kapsul & kuda.


kalo type LM, LV gmn tuh bro? kan sama kaki kakinya kyk LS ???

Iya, sama bro. Maksud gw td smua tipe new panther suspensi nya empuk, bukan cmn tipe LS doang :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13861
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby DOHC » 07 Jun 2010, 21:19

yg ane tau sehh kalo panther kotak shock depan nya kalo dipakein yg punya nya touring sehh jadi mantep tuhh.... lebi awet dan lebi stabil pas kenceng.... cuman waktu pemasangan nya aja yg agak ribet...
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

f10a
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 23 Apr 2009, 07:30

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby f10a » 14 Jun 2010, 15:41

BADAK wrote:Untuk panther touring kaki2nya lebih kuat, karena tidak menggunakan kaki panther kapsul lainnya.
Berbeda dgn panther hi-sporty yg menggunakan kaki royale. Selain bearing yg lebih kuat, pada touring juga menggunakan 6 baut roda, sedangkan panther kapsul menggunakan 5 baut roda. CMIIW.
Untuk kaki2 panther 199x-20xx sama semua.


Apakah kaki2 panther hi sporty bsa diperkuat (misal diganti bearing punya touring)? Apa panther kotak (royal dll) msh pakai baut 5 di roda?

Maturnuwun

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3053
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby m4rio » 14 Jun 2010, 21:35

kalo panther kotak seinget dan setau ane sih baut rodanya masih 4 tuh broo..

kalo kapsul udah 6 baut bro rodanya..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

f10a
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 23 Apr 2009, 07:30

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby f10a » 15 Jun 2010, 08:02

m4rio wrote:kalo panther kotak seinget dan setau ane sih baut rodanya masih 4 tuh broo..

kalo kapsul udah 6 baut bro rodanya..


Klo roda panther kotak 4 baut, apa hi sporty 4 baut jg? Kan msh 1 generasi? Apa yg di hi sporty cm dikasih adapter gitu biar bsa pakai velg yg 5 baut?

Maturnuwun

inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 18 Feb 2010, 13:51

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby inuendo » 17 Jun 2010, 09:52

sproty sama bro 4 baut, kalo saya kok recomend yg royal atau grand royale deh, sporty bawanya berasa melayang, dan limbung, setirnya juga makin gak presisi, ditambah lagi saat ganti ban, lebih mahal harganya, pengalaman saya untuk yg sporty tieroadnya boros banget, paling umur 1th lebih dikit dah mesti ganti, kalo ban dah mulai tipis lebih parah lagi, pernah ngalamin ban nya oglek2 kalo akselerasi mendadak, tapi pas ganti make gran royal semua gejala tadi hilang, sampai di jual di posisi odo 300rb an masih mantab, PP medan jakarta solo jakarta gak masalah, puas make panther gak pernah mikir ketemu tanjakan seberat apapun hajar terus, pengalaman naik sarangan muatan full najak santai aja, sementara lgx isi 5 ngos2an padahal kondisi baru. kelebihan diesel emang buat nanjak sih...

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Isuzu Panther Hi-Sporty

Postby BADAK » 17 Jun 2010, 10:28

inuendo wrote:sproty sama bro 4 baut, kalo saya kok recomend yg royal atau grand royale deh, sporty bawanya berasa melayang, dan limbung, setirnya juga makin gak presisi, ditambah lagi saat ganti ban, lebih mahal harganya, pengalaman saya untuk yg sporty tieroadnya boros banget, paling umur 1th lebih dikit dah mesti ganti, kalo ban dah mulai tipis lebih parah lagi, pernah ngalamin ban nya oglek2 kalo akselerasi mendadak, tapi pas ganti make gran royal semua gejala tadi hilang, sampai di jual di posisi odo 300rb an masih mantab, PP medan jakarta solo jakarta gak masalah, puas make panther gak pernah mikir ketemu tanjakan seberat apapun hajar terus, pengalaman naik sarangan muatan full najak santai aja, sementara lgx isi 5 ngos2an padahal kondisi baru. kelebihan diesel emang buat nanjak sih...

LGX nya bensin ya? wah gak imbang donk kalo membandingkan panther dgn LGX bensin, karena karakter diesel kuat diputaran bawah.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests