Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by GTR »

ga juga. ratio topgear a/t 5speed dan a/t 4speed hampir sama, bedanya hanya jadi lebih rapat ratio antar posisi giginya (tidak terlalu renggang => ini memperkecil penggunanaan slip kopling otomatis), so justru kontribusi di berbagai kecepatan terutama dalam kota dan tanjakan/turunan.
Kapasitas mesin berapapun pakai ratio lebih banyak lebih bagus, jaman dulu mobil m/t=4speed, mobil modern ada yg 6speed (walaupun saat ini 5speed dirasa cukup untuk mobil biasa), a/t jaman dulu = 2 speed, lalu 3speed, terus 4speed.
Saat itu most user mobil2 m/t juga tidak masalah pakai 4speed saja karena sudah terbiasa.
sejak 2001 honda fit pun sudah 5speed (yg non cvt version) walaupun 1500cc; maybe sooner or later suzuki, nissan & lainnya pun 5speed a/t nya maybe pada generasi beriktunya 5 or 6 tahun lagi kalo transmisi 5speed a/t sudah cukup murah.
Last edited by GTR on Thu Jul 03, 2008 8:08, edited 1 time in total.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by €lj€p€ »

GTR wrote:ga juga. ratio topgear a/t 5speed dan a/t 4speed hampir sama, bedanya hanya jadi lebih rapat ratio antar posisi giginya (tidak terlalu renggang => ini memperkecil penggunanaan slip kopling otomatis), so justru kontribusi di berbagai kecepatan terutama dalam kota dan tanjakan/turunan.
Kapasitas mesin berapapun pakai ratio lebih banyak lebih bagus, jaman dulu mobil m/t=4speed, mobil modern ada yg 6speed (walaupun saat ini 5speed dirasa cukup untuk mobil biasa), a/t jaman dulu = 2 speed, lalu 3speed, terus 4speed.
sejak 2001 honda fit pun sudah 5speed (yg non cvt version) walaupun 1500cc; maybe sooner or later suzuki, nissan & lainnya pun 5speed a/t nya maybe pada generasi beriktunya 5 or 6 tahun lagi kalo transmisi 5speed a/t sudah cukup murah.
Nah ini spesialis auto transmission... Tetapi kenapa kalau di M/T... kita jarang pakai gigi 5 di dalam kota sedangkan di jalan bebas hambatan... baru bisa pakai 5...
Tapi besok saja diteruskan .. udah jam 1 pagi nih... mau tidur dulu...
Dari Solo ke Oslo
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by GTR »

betul, topgear / gigi5 nya tetap jarang terpakai; kontribusi dalam kota nya, perpindahan2 antara posisi gigi 1 s/d 3or4 jadi tidak terlalu renggang lebih natural mirip mobil m/t 5speed aja.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

naldo wrote:4 silinder masa bandingin sama V12? ga sebanding kali bos... Apalagi suara khas ferrari...
Gw baru aja coba GV 2.4. Sekarang ada dirumah gw... wekewkewkewke... Kalo ketemu di jalan, pasti ga bisa bedain.. Yang pasti, mesin lebih kenceng, tarikan mantap, suspensi lebih bagus, fitur lebih lengkap, boros/iritnya sama aja kaya CRV, n exterior ga ada beda. wekwekwekwekw... Sabar menanti hingga 2009 ya...
gw quote postingnya bang Naldo dari topik yg lain....
pingin doong ikutan ngerasainnnnnnnnn......

tambahin dong reviewnya ....

eh, GV yg 1.9 DDis (F9Q), kira kira ikutan launching gak Bos?
naldo

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by naldo »

Diesel ga ikutan. Diesel nyampe sini mahal pajaknya, tahun depan juga pajak mobil naek lagi. Trus sekarang bantingan agak beda. tarikkan jauh lebih enak. tapi tetep tunggu sampe 2009...hehehe... Yang ane ga tau ini mobil 4 speed or 5 speed. Bis ga ada beda juga lah pke 5 speed kaya di CRV, menurut gw. Wong paling banyak di pke juga gigi 1-4, 5nya banyak diem. Di tol malah tenaganya kaya turun, kalo panteng di 4 kan tenaga ada terus. Menurut ane sih gitu... Tapi GV 2.4 layak di beli, CRV lego aja dah... hehehe... Fitur lebih menyenangkan... Harga juga lebih bersahabat
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

kalo mnrt spek dan data dari jepunnya yg J24B vvt itu 4speed at boss
kalo boleh tau, vendor untuk suspensi masih kayaba kah? (gv skrg shocknya di supply ama kayaba khan?)

ane jg naksir nih dg J24B.... :D

PM bocoran harga dongg....seputar berapa...
naldo

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by naldo »

Pokoknya kalo GV 2.4 layak di tunggu, mungkin penggila Honda sih ga mungkin begitulah.... Fitur lengkap, mesin kenceng tapi bisa irit asal kita ga ganas injek pedal gas, ya sama CRV mirip2 aja, ga beda. Bantingan lebih enak n juga harga masih bersahabat. Looks ada perbedaan dikit. Ya harga ga nyampe 300jutaan. Palingan se captiva lah, dengan fitur yang lengkap n audio nambah tweeter di tengah(tempat MID dulu). Interior warnanya tetep crem, bukan hitam.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

Midi_Amp wrote:Akhirnya, keluar juga refresh Suzuki Escudo/Grand Vitara dengan mesin 2400cc. Secara fisik gak ada yang berubah, tapi interior terutama dashboard dan instrument panel banyak perubahan.

Image

Perhatiin ada yang ilang gak? :mrgreen: Yap, MID yang letaknya di tengah dashboard udah pindah ke tengah instrument panel. Gw sih gak suka banget... Bagusan di tengah, lebih gede display-nya terutama jam. Tapi warna MID-nya lebih ramah, kadang kalau merah gimana gitu.

Image

Tambahan yang paling signifikan mungkin di versi 3.2L-nya. Fisik masih tetap sama, tapi sudah dilengkapi dengan penghangat jok depan, Active Brake Control System dan precrash system. Serupa dengan sistem Honda dan Toyota, Active Brake Control System dan precrash menggabungkan penggunaan milimeter radar untuk mengukur jarak mobil yang bergerak di depan. Kalau kedua sistem ini nyala, maka cruise control akan mengatur kecepatan secara otomatis dengan kecepatan kendaraan di depan. Kemudian bila kendaraan didepan melambat dan terlalu dekat dengan Escudo/Grand Vitara maka sistem akan memberitahu dengan sistem suara dan bila perlu melambatkan kendaraan hingga berhenti.

Image
Image

Transmisi masih tetap 5MT dan 4AT, khusus untuk versi 3.2L 5AT.

Konsumsi bensin... Umm... Pengujian in-house terbaik dapet 1:11,0... Ini teoritis, kenyataan biasanya lebih parah. Tapi seandainya FR doang mungkin lebih baik, Escudo refresh ini semuanya standar 4WD.

Duh, padahal seandainya J20 dikasih VVT kayaknya lebih cocok deh, malah digedein jadi 2400cc :shrug: boros euy.

Sumber:
Website Suzuki Escudo Jepun

just refresh, wait n See, mdh2an mesin 2.4 lebih efisien
naldo

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by naldo »

2400 VVT koq
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by €lj€p€ »

Abu2 wrote:kalo mnrt spek dan data dari jepunnya yg J24B vvt itu 4speed at boss
kalo boleh tau, vendor untuk suspensi masih kayaba kah? (gv skrg shocknya di supply ama kayaba khan?)

ane jg naksir nih dg J24B.... :D

PM bocoran harga dongg....seputar berapa...
XL_7 lokal dapat TOKICO tapi rasanya sih itu bawaan dari Jepang... karena tidak dikasih merk Suzuki.
Abu2 pakai J24B : Lampung - Denpasar PP.... nak/cucu Hafidz growing up dijalan nih....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

Pak Uwo, spertinya dah bawaan deh...tokico, produk USA - cmiiw, harusnya lebih bagus.
yg GV skrg, denger orang beres bilang SA nya dari kayaba, tp ya gak ada merknya juga di SA nya :D

iya nih pak Uwo, cita2 pingin rute lmpg-denpasar, atau lmpg-NAD dengan J24B.....konvoy bareng dengan XL7 calmini...he..h.e.he...biar gak nyasar krn xl 7 ada garmin nya...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by nescafe »

Abu2 wrote:Pak Uwo, spertinya dah bawaan deh...tokico, produk USA - cmiiw, harusnya lebih bagus.
yg GV skrg, denger orang beres bilang SA nya dari kayaba, tp ya gak ada merknya juga di SA nya :D

iya nih pak Uwo, cita2 pingin rute lmpg-denpasar, atau lmpg-NAD dengan J24B.....konvoy bareng dengan XL7 calmini...he..h.e.he...biar gak nyasar krn xl 7 ada garmin nya...
ayo mas abu2, ditunggu J24B-nya.. :off_team:

Kompor Mode: ON

kalau ke bali, ajak2 gw ya, rugi lho kalau ndak ngajak nescafe turut serta.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

sipp, pasti gw ajak Nes lah, secara warga asali bali..he..he.h. tp gak naik di mobil gw yah, bawa tuh yg SUV 2.4 nya juga, ntar kita adu2an di sepanjang perjalanan...wekekekekkkekke
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by nescafe »

yahh.. gw ga bsa numpang donk mas.. Image

wah..wah.. kalau lawan raja jalanan luar kota gw ngeri lah.. gw gak ada skill mas.. :(

btw, seru juga yah kalau kya gitu, sekalian buat komparatif test mas.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

koq ngeri Mas?
yg di adu itu ya adu irit, adu lambat dan adu nyaman lah....
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by nescafe »

ooh.. tak kira adu syapa yg duluan sampai.. hehehe.. :mrgreen:

hmm.. adu irit dan adu nyaman? nahh.. boleh lha.. :D
nanti kalau sudah 1/2 perjalanan tukar mobil, biar bener2 ngerasaiin.. hehehe..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

mau liat teknologinya, seperti :
1. apakah pakai electronic power steeering
2. apakah ada pembenahan pada transmisi manualnya?
3. apakah ada material mesin yg berbahan ringan.

dan, apakah ada yg berubah berubah drastis spt hal nya pemakaian VVT pada mesin J24B ini.
still wait n see
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by nescafe »

yg versi 2.4 ada manual jg ya?
hmm.. sebenarnya gw tertarik sama transmisi CVVT-nya.. dan juga sistem keamanannya, apakah ada penambahan airbag..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
naldo

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by naldo »

manual? rasanya kaya CRV d, matic semua. Kalo berubah drastis sih ga, cuma lebih baik aja.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by aldy »

Wah bro kalo deket2 300juta ambil X-Trail dong..qiqiqi.. Transmisi mulus CVT 6 speed lagi..he2..
0-100km/h 9,4 detik mantabz..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by €lj€p€ »

Suzuki harus amat sangat berhati-hati.... dalam mengatur strategi penetrasi....
1. Fuel Consumption mengingat harga bbm
2. Transmisi CVT
3. Tempat duduk baris ke dua bisa degeser atau tidak
4. Rear Disc Brake
5. Untuk kelas 2.4L.. harga pasti diatas Rp.250jt... material tempat duduk harus kelas 1..
Jangan seperti XL_7 saya Oktober nanti 5 tahun tetapi kulit tempat duduk sudah pada terkupas...

hal yang tidak terlalu perlu (menurut saya lho)
1. Head light leveling
2. Remote entry kalau tanpa alarm. Biasanya alarm after market lebih mudah diperbaiki.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

aldy wrote:Wah bro kalo deket2 300juta ambil X-Trail dong..qiqiqi.. Transmisi mulus CVT 6 speed lagi..he2..
0-100km/h 9,4 detik mantabz..
mau kebut2an?.....
mending ambil GTR sekali Bro.... :D :mrgreen:

its about pricing and its equipment and accommodation...
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by Abu2 »

€lj€p€ wrote:Suzuki harus amat sangat berhati-hati.... dalam mengatur strategi penetrasi....
1. Fuel Consumption mengingat harga bbm
2. Transmisi CVT
3. Tempat duduk baris ke dua bisa degeser atau tidak
4. Rear Disc Brake
5. Untuk kelas 2.4L.. harga pasti diatas Rp.250jt... material tempat duduk harus kelas 1..
Jangan seperti XL_7 saya Oktober nanti 5 tahun tetapi kulit tempat duduk sudah pada terkupas...

hal yang tidak terlalu perlu (menurut saya lho)
1. Head light leveling
2. Remote entry kalau tanpa alarm. Biasanya alarm after market lebih mudah diperbaiki.
setuju ama Pak Uwo...tp yg point 4 sepertinya gak "begitu penting" deh.. :D
ditambah lagi sanggup minum premium...
karena kalo nggak, agak repot kalo sering mobile ke luar kota yg gak ada pertamax..
naldo

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by naldo »

Fuel consumption lebih baik dari 2.0. Rear disc brake dapet, pakem banget. baris kedua ga tau bisa di geser apa kagak d, bis rasanya di X-trail ga bisa juga d, cuma di CRV, toh sami mawon aja bisa maju mundur, buat ane orang tinggi di CRV pas-pasan duduk di belakang dengan bangku paling mentok. Material duduk sama dengan 2.0 kulitnya, tipe JLX. Remote entry ya gpp, salah satu tambahan fitur. Transmisi udah ga bisa di ganggu gugat, udah mau ga mau ikut japan version punya. Tapi di jamin nih mobil kenceng, ga pelan kaya 2.0. Sama CRV bisa adu kencengnya. GV 2.4 juga menang di fiturnya sih, lengkap banget n mungkin harga se- captiva lah semahal2nya. Mobilnya juga redam koq sekarang, ga berisik.nti liat aja lah, pas launching.
naldo

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Post by naldo »

bensin, tetep minum premium, bukan pertamax... tenang aja...0-100 9.4? bener? sapa yang bilang 9.4 detik? rasanya di AB x-trail yang baru pelanan sedikit dari yang lama d, karena tenaganya turun jadi 170HP supaya bisa minum premium.