SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 26 Oct 2014, 10:38

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 25 posts ] 
Author Message
 Post subject: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 18 Apr 2008, 09:03 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 09 Aug 2005, 11:14
Posts: 31
Rekan2 sekalian ada yg udah pernah ngerawat kijang krista diesel ga yah? mesin nya gimana?penyakitnya apa ajah? rewel ga yah? soalnya lg pingin krista diesel yg tahun 2003an nih...tolong komentarnya yah thx


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 18 Apr 2008, 15:36 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 04 Jul 2007, 13:16
Posts: 243
Location: Java
Gue pernah 2-3 tahun pake Kijang diesel.. Kayanya mobil ini nggak rewel kok. Untuk masalah perawatan, mirip2lah sama mobil diesel yang lain. Selain rutin ganti oli & filter oli, filter udara juga mesti sering dibersihin. Filter & sedimenter solar juga bagusnya dibersihin tiap ganti oli. Jangan lupa kalo mesin diesel 2L ini masih pake timing belt, jadi kalo udah 50 ribu km lebih baik ganti.

Tarikan cukup enak, kalo dimuatin penuh 7-8 orang juga masih ok tarikannya walaupun agak berat. Karakter mesin cocok buat di kota, tapi kalo buat di tol, nafasnya pendek. Ngebut 120 kpj, rpmnya udah 3800, padahal redlinenya di 4800 rpm, top speed paling sekitar 140-150 kpj.

Penyakitnya di mesin menurut pengalaman sih nggak ada, suspensi juga ok. Yang rewel itu malah electric mirrornya, sama alarmnya suka ngadat hehe.. Udah gitu getaran mesin kadang nular ke dasbor & interior. Jadi kadang kalo pas idle, bunyi getaran muncul dari mana2..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 18 Apr 2008, 16:31 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2007, 11:41
Posts: 303
Kalau gak mau bunyi terlalu banyak karena getaran, jangan pilih yang Krista, pilih yang LGX saja ... kan sama


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 18 Apr 2008, 21:46 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 28 Dec 2007, 20:33
Posts: 660
BudiDarmawan wrote:
Kalau gak mau bunyi terlalu banyak karena getaran, jangan pilih yang Krista, pilih yang LGX saja ... kan sama


yang krista aja bergetar hebat apalagi yang LGX bos... bisa goyang dangdutz he..he.. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

_________________
Seeing is believing[*]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 18 Apr 2008, 22:14 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 31 Dec 2007, 15:12
Posts: 975
bknnya goyang ny tetap sama aja LGX ma Krista..yg beda ma yg LX tu..lbh brasa kenceng.hehe


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 19 Apr 2008, 10:48 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
Mesin ini kalo sudah hi-milleage rentan kena gejala overheat karena 'retak rambut' di head-cyl kalo kurang dirawat / exhausted.
Gejalanya kalo di tol agak lama, air reservoir radiator sering berkurang karena keluar/meluber akibat tertekan ruang pembakaran yg menerobos ke jalur pendinginan mesin.
Tapi ini tidak terjadi kalo dirawat dgn baik, atau tidak sering dijalankan pada Rpm tinggi (tol).
Kalo pemakaian "asal2an" masih lebih durable mesin phanter.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 21 Apr 2008, 08:53 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2007, 11:41
Posts: 303
Maksud saya kalau Krista kan bodynya ada yang dari plastic/fiber, biasanya itu juga menyumbang bunyi bunyi
Saya lebih suka LGX karena tidak ada body fiber yang samping (di pintu separo kebawah).

Tapi memang Krista produk Kijang yang teratas seperti Inova type V


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 22 Apr 2008, 14:24 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 21 Apr 2008, 15:00
Posts: 96
Location: pekanbaru
Setau saya...spare part krista diesel lebih mahal ketimbang isuzu lho...
(mungkin di pekanbaru)

dan temen2 yang bandingin panther dengan kijang diesel tetap lebih irit panther...
kijang krista diesel memang lebih gaya...itu kelebihannya :)

_________________
just sijinem user


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 22 Apr 2008, 14:46 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 04 Jul 2007, 13:16
Posts: 243
Location: Java
kalo untuk mesin masih lebih ok panther. mesin kijang ini masih pake timing belt, udah gitu nafasnya pendek banget, 100-120 kpj mesin udah meraung-raung nggak karuan. tapi model masih enakan diliat kijang.

saya masih salut sama hasil adukilo panther beberapa tahun silam, 1 juta kilometer tanpa turun mesin, udah gitu kompresi juga masih oke.. hmm..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 22 Apr 2008, 22:56 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5870
BudiDarmawan wrote:
Maksud saya kalau Krista kan bodynya ada yang dari plastic/fiber, biasanya itu juga menyumbang bunyi bunyi
Saya lebih suka LGX karena tidak ada body fiber yang samping (di pintu separo kebawah).

Tapi memang Krista produk Kijang yang teratas seperti Inova type V


dan juga di dashboard krista ada tempelan wood panel yang bikin bunyi2 :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 06 Oct 2008, 18:11 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 06 Oct 2008, 17:30
Posts: 9
Kijang saya Diesel LSX 1997.
Mesin sih masih enak lah.
Perawatan Rutin di Maju Jaya Diesel : Test Injection Pump& Injector.
Jln. Raya Cibabat no. 46 Depan Polres Cimahi
telp 022 6651936-6651937.
Terima Turun mesin juga.
Semua mesin diesel dikerjakan : Panther, Kijang, Mitsubhisi, Daihatsu.

Yang masih sulit : injector common rail spt di Kijang diesel Innova. Toyota Astra nya masih pelit nggak mau kasih training servis Injectornya + alatnya.

Kalo lihat bengkel nya pasti merasa bukan di bengkel. Wong rupanya seperti cafe. Bersih banget. Lantai kantornya saja keramik bagus.
Bengkel non diesel aja pasti kalah deh bersih dan nyaman nya.
Alat-alat test nozzle & injector nya bagus, bahkan mesin test injectornya sudah digital.
Buka 7 hari penuh. Karena yg punya nya tinggal disitu juga. Orang Sunda asli, Pa Haji, beliau dari kecil hobby nya otomotif. Sebelumnya bengkel ini di Kiaracondong, Bdg (pindah ke Cimahi mulai thn 2008).
Kakaknya juga pakar diesel, buka bengkel di kebon jati Bdg (AA motor).

Thn 2006 - Oct kijang tsb diturun mesin disitu . Hanya 4 hari selesai. Cepet banget kerjanya.

Penyakit terakhir bulan lalu :
kalo pake harian jalan normal, siang malam : temp radiator 1/2 kurang dikit. Nggak naik lagi.
tetapi kalo dipake di tol Cipularang, ke Bdg, di KM86 (setelah exit Jatiluhur) pas jalan nanjak panjang, temp radiator naik cepat . hampir "RED".
Dicek : air di reservoir nya tumpah. Terpaksa harus jalan pelan sekali, 40-60KM/jam. Yang penting pas hampir RED , pelanin lagi jalannya ato berhenti dulu.

Perbaikan :
ke tukang radiator. Beritahu masalah, dan katanya radiator perlu diservis (Rp. 80 rb saja).
Setelah dibuka radiatornya (cover atas - kuningan body), benar ada saluran nya kesumbat.
Radiator Kijang diesel ada 3 ply (yang bensin 2 ply) hanya ukuran nya kecil, sehingga mudah mampet. 1 thn sekali lah rutin di servis itu radiator.

Saran Maju Jaya : untuk Kijang Diesel 2L
- Ganti filter solar tiap 15000 KM (3 kali ganti oli lah - Saat ini saya pake PETRONAS CS3).

demikian sharing info nya.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 06 Oct 2008, 22:28 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
Kijang, memang tiada duanya............... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 06 Oct 2008, 22:32 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
Klo kijang diesel mo lebih enteng tarikannye, ganti aje injektor nyang 4 lubang (standard 2 lubang), trus timing nya dirubah jadi 110 (tanya tkg setel). Standard antara 86-96.
Pasti deh tarikan n tanjakannye jadi lebih enteng. :big_smoking: :big_smoking:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 12 Oct 2008, 16:06 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 06 Oct 2008, 17:30
Posts: 9
Kalo ada info nya :

Kijang kapsul diesel itu sudah nggak pake istilah "stel klep" karena sudah pake "coin" / tappet.
Ciri-ciri harus cek tebal nya "coin" tsb (kemudian diganti ) itu seperti apa ya ?
Apa jika suara mesinnya jadi kaya mesin diesesl genset las listrik pinggir jalan ?
Kalo selalu rajin untuk perawatan nozzel, injector, saringan udara / oli, tetapi urusan cek "stel klep" mesin nya ngak dilakukan mungkin kurang sip ini mesin kijang dieselnya.

Di bengkel mana yang bisa cek, ukur, ganti "coin" klep mesin 2L kijang ini ?

Pernah dengar nggak ada bengkel yang bisa karena perlu alat khusus dan cari sapre "coin" penggantinya juga sulit (ada s/d 40 variasi ukuran tebal , jadi toko spare parts Toyota sering nggak punya, soalnya bukan stock onderdil fast moving).

Kalo Auto 2000 Sunter masih mau terima nggak kerjaan ini ?
soalnya ini kijang lawas dan bukan rawatan rutin Auto 2000.

Thank's untuk masukannya.

Bagimanapun Kijang Kapsul diesel tetap andalan di perjalanan mudik tanjakan berat Nagrek Jabar, Gunung Bromo Jatim, Cemoro Sewu Tawangmangu Solo.
Yang pake Avanza > turun semua penumpangnya di tanjakan.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 12 Oct 2008, 16:10 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
coba ajah bro di auto 2000 pluit. :big_peace: :big_peace:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 13 Oct 2008, 18:14 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8241
qjank2L wrote:
Di bengkel mana yang bisa cek, ukur, ganti "coin" klep mesin 2L kijang ini ?


Mustinya sih bengkel2 yg biasa nanganin mesin Twin Cam / DOHC ber-shim spt mesin2 TwinCam Toyota (4A-FE family) / Fiat DOHC lawas bisa.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 13 Oct 2008, 18:17 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8241
flexiblebil wrote:
Udah gitu getaran mesin kadang nular ke dasbor & interior. Jadi kadang kalo pas idle, bunyi getaran muncul dari mana2..


Kalo dr pengalaman pake kapsul 2L, engine mounting asli kalau di atas 3 tahun dah mulai getas / gepeng.

Engine mounting aftermarket yg harganya @ 110 rebuan lebih dikit usia pakainya 2 tahun, di atas itu getas / gepeng.

Yeah kalo dah lama bisa ganti engine mounting & Trans. mounting, murah ini.....hehehehehehe

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 13 Oct 2008, 20:03 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
gw copy aja deh ya testi gw ttg kijang diesel dari trit sebelah.. pokoke, kijang memang tiada duanya.. :big_peace:

gw 3 tahun pake kijang diesel, buat operasional di lapangan dan harus dibawa pulang, jadi udah kayak mobil sendiri, boleh dipakai untuk pribadi juga, rata2 tiap hari jalan 120-140km. walaupun 3 kali ganti mobil tapi semuanya thn 2000 ke atas..

sebagai pemakai gw puas, biaya perawatan yg gw ga tau karena ada mantenance kontrak antara bengkel dgn kantor, tapi tiap service routine 5000km-an, ga banyak yang keluhan yang perlu diperbaiki, seringnya malah ga ada keluhan. FC rata2 1:12-13 km/l full ac, lari 160kph juga bisa dan tetap stabil

standard kantor gw untuk operasional lapangan pake kijang diesel n panther. gw salut sama kijang diesel n panther, sangat berguna sekali menembus banjir besar 2007 untuk menjaga service kantor gw pada customernya yg mesti tetap in service 24 jam/hari & 7 hari/minggu ga ada libur 1 menit pun walaupun terjadi bencana. Banjir setinggi kap mesin juga masih tembus sampe air masuk kabin, walapun abis itu dinamo starter mesti dibersihin. kalo 4x4 bisa buat off road kali ya. dari puluhan mobil armada operasional, yg sampe kejadian mogok itu cuma karena aki-nya udah harus ganti

waktu gw mau ganti mobil pribadi bbrp bulan lalu & gw pindah department jd ga dapet mobil lagi, kijang diesel 2003/2004 adalah pilihan kedua sbg alternatif kalo gw ga bisa dapetin mobil yg sekarang ini gw pakai, karena range harganya ga jauh beda.

minusnya, getaran dan suaranya itu lho..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 11 Jan 2009, 13:08 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 06 Oct 2008, 17:30
Posts: 9
Tentang Saringan udara :
Sepertinya mesin diesel itu hanya bisa diotak atik tenaga di injector + nozzel dan perbaikan kualitas udara yang masuk ke ruang bakar serta gunakan oli mesin yang bagus.
Kalo mesin gasoline tuh banyak banget pilihan part untuk naikkan performance mesin.

Cara yang umum (tapi mahal) untuk perbaikan supply udara : tambahkan perangkat Turbo.

Untuk perbaikan kualitas udara :
1. Supply udara harus lancar. Saringan udara harus punya hambatan sekecil mungkin. Sering dibersihkan.
Saringan udara standard coba ganti merk JFC (dilapisi oli tipis). Buatan lokal tetapi bagus (bahan sama dgn KNN).
Untuk Kijang kapsul Bensin EFI & Diesel sama ukurannya. Harga Rp. 240 rb.
Setelah pakai JFC untuk tarikan gigi 1,2,3 terasa enteng. Di tol juga lebih ngacir. Hanya suara sedotan udara terdengar lebih keras dibanding pakai saringan standard original Toyota.
Jika pakai saringan model kawat halus Stainless steel :rasanya juga enteng hanya debu halus tetap masuk sehingga bagian dalam intake manifold mudah kotor oleh debu .

Dicoba ditambah lagi / pasang Magic jet di kotak saringan udara nya : lebih enteng lagi.
Jangan pasang Proxima (turbin kecil di saluran udara > turbo manual kali) : nggak ada efek malah tersendat, soalnya saluran udara yang harusnya plong maka ada hambatan.

2. Kalo saja ada alat sederhana buat injeksi gas oksigen O2 dingin : rasanya bisa lebih ngacir lagi itu diesel.
Coba bedakan nyetir diesel di luar kota atau di tol saat malam hari atau cuaca habis hujan : koq sepertinya tenaga diesel itu makin enak saja.

Demikian liputan batara Bayu.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 12 Jan 2009, 21:34 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 12 Jan 2009, 11:56
Posts: 32
GTR wrote:
Mesin ini kalo sudah hi-milleage rentan kena gejala overheat karena 'retak rambut' di head-cyl kalo kurang dirawat / exhausted.
Gejalanya kalo di tol agak lama, air reservoir radiator sering berkurang karena keluar/meluber akibat tertekan ruang pembakaran yg menerobos ke jalur pendinginan mesin.
Tapi ini tidak terjadi kalo dirawat dgn baik, atau tidak sering dijalankan pada Rpm tinggi (tol).
Kalo pemakaian "asal2an" masih lebih durable mesin phanter.


wah ini dia gejala gw bos,,
brarti retak rambut yha om head cyl saya??
kalo di geber > 100km/jam di tol lama2 jadi overheat,,
dan setelah di cek air di reservoir luber,,
jadi apa yg mesti saya lakukan dan perkiraan ongkos sekitar brp yha om??
thanx buat infonya,,


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 13 Jan 2009, 09:07 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
ga dilanjutkan bro, karena udah dijual boilnya.
terjadi mulai sekitar km120rb ke atas, pokoknya sektor pendinginan udah dikerjain semua, termasuk ganti waterpump; tapi jgn salah analisa, gejala hi-temp ini ga akan muncul kalo ga digeber2 continuosly or normal2 aja bagi light-footed driver.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 13 Jan 2009, 16:07 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 12 Jan 2009, 11:56
Posts: 32
GTR wrote:
ga dilanjutkan bro, karena udah dijual boilnya.
terjadi mulai sekitar km120rb ke atas, pokoknya sektor pendinginan udah dikerjain semua, termasuk ganti waterpump; tapi jgn salah analisa, gejala hi-temp ini ga akan muncul kalo ga digeber2 continuosly or normal2 aja bagi light-footed driver.



iya bro gw juga nyobanya di tol,,
maksudnya kalo uda kecepatan 100 km / jam dan mulai naik terus lama klamaan jadi overheat boss,,
padahal cuma dr gading ke grogol bos,,
eh pas di belokan pisahan soekarno hatta dan grogol uda overheat,,
mana pas lg buru2 maw ke kampus,,
nah pas gw cek air di reservoir luber om,,
sementara air di radiator berkurang banyak,,
waduh2 bingung saya,,
tapi kalo jalan maks 80 / 90 km per jam masi biasa2 aja bos,,
tinggal water pump ni yg blum di cek,,


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 13 Jan 2009, 18:24 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
bolakbalikmabok wrote:
iya bro gw juga nyobanya di tol,,
maksudnya kalo uda kecepatan 100 km / jam dan mulai naik terus lama klamaan jadi overheat boss,,
padahal cuma dr gading ke grogol bos,,
eh pas di belokan pisahan soekarno hatta dan grogol uda overheat,,
mana pas lg buru2 maw ke kampus,,
nah pas gw cek air di reservoir luber om,,
sementara air di radiator berkurang banyak,,
waduh2 bingung saya,,
tapi kalo jalan maks 80 / 90 km per jam masi biasa2 aja bos,,
tinggal water pump ni yg blum di cek,,

mbl ane wlp digeber ampe diatas 140 km/jam kaga apa2 tuh, jadi klo ada penyakit spt nt nampaknya mesti diperiksa satu persatu. Water pump adalah salah satu penyebabnya, selain itu mungkin juga dari acnya, coba nt perhatikan juga ato coba periksa ke tukang ac apakah peralatan acnya ada yg kaga benar.
Dlm hal ini ane cuma bisa menduga2 aja kira2 mana yg menyebabkan keluhan tsb, jadi klo ada salah analisa ntar ane jangan disalain yah, krn ane khan kaga liat langsung. tul ga?. :e-doh:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 14 Jan 2009, 23:22 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 12 Jan 2009, 11:56
Posts: 32
sjamsul wrote:
bolakbalikmabok wrote:
iya bro gw juga nyobanya di tol,,
maksudnya kalo uda kecepatan 100 km / jam dan mulai naik terus lama klamaan jadi overheat boss,,
padahal cuma dr gading ke grogol bos,,
eh pas di belokan pisahan soekarno hatta dan grogol uda overheat,,
mana pas lg buru2 maw ke kampus,,
nah pas gw cek air di reservoir luber om,,
sementara air di radiator berkurang banyak,,
waduh2 bingung saya,,
tapi kalo jalan maks 80 / 90 km per jam masi biasa2 aja bos,,
tinggal water pump ni yg blum di cek,,

mbl ane wlp digeber ampe diatas 140 km/jam kaga apa2 tuh, jadi klo ada penyakit spt nt nampaknya mesti diperiksa satu persatu. Water pump adalah salah satu penyebabnya, selain itu mungkin juga dari acnya, coba nt perhatikan juga ato coba periksa ke tukang ac apakah peralatan acnya ada yg kaga benar.
Dlm hal ini ane cuma bisa menduga2 aja kira2 mana yg menyebabkan keluhan tsb, jadi klo ada salah analisa ntar ane jangan disalain yah, krn ane khan kaga liat langsung. tul ga?. :e-doh:



siaapppp!!!!
makasi om sjamsul,,


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kijang krista diesel
PostMessage posted...: 14 Jan 2009, 23:32 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
bolakbalikmabok wrote:
siaapppp!!!!
makasi om sjamsul,,

sippp, u r welcome........... :e-whistle:


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 25 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Baidu [Spider] and 14 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com