Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R - PART 01

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

PissCenk wrote:punyaku juga gt bro.. pusing...
mw tak beliin kabel body, takute ntar gitu lagi...
maunya tak beliin kabel bodinya thunder..
tapi sama ga ya kira2
mohon pencerahannya bro...

pusing iki :frm_bang_head:
Emang permasalahan utama apa @PissCenk ?
aku bingung nih Bro PissCenk ngerespon yg mana? :mrgreen:
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

Alhamdulilah my Swift ga pernah mogok lagi udah 10 bulanan :mrgreen: semenjak ganti rumah sekring & sekring & motongin kabel Aki yg isolatornya pada genting kegenjet jok depan. sekring pakai yg model pipih kaya motor2 sekarang.
ga overheat lagi sejak dibersihin lubang masuk water jacket dari kotoran2 mengeras :mad:

inget klo overheat motor cepat panas & tarikan tengah kaya ketahan mungkin pompa radiator merasa berat karena aliran air dihadang gumpalan kotoran yg keras :drinking:

sekarang enak & irit pakai karbu ori megapro yg skep beli di toko barang rejectan kayanya soalnya murah tapi ada kode pabrik di bodinya persis kode karbu asli (dibandingin dengan karbu motor mpro temen) :mrgreen:. Tapi sayang tuas chokenya ga bisa pakai kabel :off_no: harus ada bracketnya kaya karbu swift model sekarang.
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

sekring model pipih kyk apa ya bro?
punya ku masi sekring mobil carry (katae mekanikku yg jaman jadul).
klo ane sih permasalahan mesin tidak ada, cm di kelistrikan ajah,
gara2 kabel semerawut habis custom ini itu.
yg bikin ribet juga, ane cm pake eletrik stater (gak pake kick stater,uda di lepas sama pemilik pertama).
jadi klo elektrik g idup,terpaksa dorong deh heheee :drinking:
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by teuku »

sama bro...kmren ane juga dorong karena spul ane rusak lagi,,,kalo kick stater happy sama ga si sama punya mimin..??

semenjak setahun ini gw udah bosen bngt masalahnya itu2 mulu,udah 3 kali ganti,trus kmren gw coba pake punya tigre dua000 asli (gatau deh asli atw g) gw bli di service care honda
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

aro wrote:sekring model pipih kyk apa ya bro?
punya ku masi sekring mobil carry (katae mekanikku yg jaman jadul).
klo ane sih permasalahan mesin tidak ada, cm di kelistrikan ajah,
gara2 kabel semerawut habis custom ini itu.
yg bikin ribet juga, ane cm pake eletrik stater (gak pake kick stater,uda di lepas sama pemilik pertama).
jadi klo elektrik g idup,terpaksa dorong deh heheee :drinking:
bentuk sekring bisa dilihat di gambar .

klo custom kabel2 pasang ini itu, klo bisa pakai konektor & pelindungnya biar rapi beli di bengkel mobil yg kualitas konektornya tebal klo ga ada beli di toko elektronik. masang konektornya pakai tang khusus buat masang konektor tsb seperti pada gambar, beli yg buatan china aja sekitar 30rban, lagian ga sering dipakai jadi ga usah yg mahal2 :mrgreen:. klo yg bagus harganya 150rban bentuknya gede kaya tang buat motong gembok :mrgreen: .

dan klo pasang peralatan elektronik sebaiknya kabel posisif dari aki memakai konektor yang cewe & kabel posisif dari peralatan memakai konektor cowo, biar klo dilepas(terlepas) kabel positif dari aki ga nyentuh bodi atau lainnya & ga konslet.

kick starter juga penting juga sih, pengalaman minggu2 kemaren kick starter swiftku susah dipakai, mau lepas & suka nyangkut akhirnya dilepas.pas minggu berikutnya arang dinamo starter habis, jadi motor harus dan harus didorong :mrgreen: .
setelah ganti arang dinamo starter punya tige* baru bisa e-starter lagi. :e-clap:
bulan depan harus pesan kickstarter denger2 harganya 75rban.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by accswiftura on Tue Dec 14, 2010 3:39, edited 2 times in total.
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

teuku wrote:sama bro...kmren ane juga dorong karena spul ane rusak lagi,,,kalo kick stater happy sama ga si sama punya mimin..??

semenjak setahun ini gw udah bosen bngt masalahnya itu2 mulu,udah 3 kali ganti,trus kmren gw coba pake punya tigre dua000 asli (gatau deh asli atw g) gw bli di service care honda
Bro teuku sering banget gonta ganti spul... jadi penasaran apa ya penyebabnya...
spull & pulser happy swift itu spul basah soalnya kerendem oli, jadi spul aslinya sambungan kawat emailnya dibungkus rapat & ga boleh sobek / berlubang.

mending pas ganti spul ganti sekalian kabel bodinya :mrgreen: .
kabel antara spul ke kiprok di lindungi atau dibungkus lagi buat pengamanan, kabel antara kiprok ke aki juga, takutnya ke tekan kaki jok depan dan kejepit ke bodi & jangan lupa setelah kiprok pasang sekering sesuai standarnya 10A jangan melebihi dari itu soalnya kemampuan kiprok maksimal keluaran arusnya sekitar 10A.

kick starter beda kayanya pas di dekatin ke bodi klo punya swift pas banget lekukannya sama blok kanan tutup kopling.
swift ku juga udah ga bisa dipakai kick starternya & dilepas, pengin pesen sih buat jaga2 & ditaro di bagasi :mrgreen:
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by teuku »

aduh,gatau deh gw bro...udah pernah ganti tuh kabel boddynya...
kalo udah mentok,ntar gw bli senter aja lah(kidding)/ :big_slap:
meskipun begitu entah kenapa gw cayang bner ma ni motor,maklum hasil perdana gawean...ga bakal gw jual ni motor...ampe kapan juga bakal gw bela2in buat bener!!!!MEERRDEEEKAAAA
smntr perbaikan kmren untung ada rizki tambahan,akhirnya ane bli lancer (Curhat MODE>ON)
:big_peace:
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

teuku wrote:aduh,gatau deh gw bro...udah pernah ganti tuh kabel boddynya...
kalo udah mentok,ntar gw bli senter aja lah(kidding)/ :big_slap:
meskipun begitu entah kenapa gw cayang bner ma ni motor,maklum hasil perdana gawean...ga bakal gw jual ni motor...ampe kapan juga bakal gw bela2in buat bener!!!!MEERRDEEEKAAAA
smntr perbaikan kmren untung ada rizki tambahan,akhirnya ane bli lancer (Curhat MODE>ON)
:big_peace:
udah pernah ganti ya kabel body. tapi spul sering koid.
sekarang gw curiga ama beban listrik & ukuran kiprok yg gede nih. banyak peralatan "lenong" yg makan listrik gede ga di motor?.

klo mau repot tiap saluran ke peralatan listrik kasih sekring satu2 ntar ketahuan penyebabnya jika ada yg putus, cara pakai ukuran sekringnya misalkan lampu 15 watt = (daya lampu berapa watt / 12 volt) = 15 watt/ 12 volt = 1,25A
ketemukan arus yg dibutuhkan lampu 15 watt, beli aja sekring sedikit lebih gede arusnya berarti sekitar >1,25A. di pasaran ada yg ukuran 1,5A .
pakai aja rumah sekring yg 2000 an dan sekringnya 2000 isi 6.

kiprok pakai punya motor apa ya?
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

nah bener ane pake sekring itu bro, di bagian atas ada tulisan 25 .
apakah 25 ini adalah ampere ato cuma kode??
pny bro accswiftura tulisannya brapa di atas sekring?
soalnya dulu ane beli tu sekring, pas bengkelnya ke habisan stok yg ORI , adae yg tak pake sekarang.

eh bro, identifikasi arang dinamo habis diliat darimananya y? dinamo ane dulu juga ga mampu ngidupin mesin,
untung sama pemilik yg pertama langsung di ganti sama dinamo tigi nya dia, langsung cesplenggg...

pake kiproknya tigi bro teuku, cm 200an. cm klo g salah konektor di kiprok tigi ada 3 sedangkan pny swift cm 2 , gak tau gimana carae mekanikku ngakalinnya, tp sampe skrg fine2 sazaaaa
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by teuku »

oh gitu ya bro,,tegangan sekring juga mempengaruhi kondisi spul?

ntar tak praktekin dulu

kiprokku make punya tiger 2000 bro
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

aro wrote:nah bener ane pake sekring itu bro, di bagian atas ada tulisan 25 .
apakah 25 ini adalah ampere ato cuma kode??
pny bro accswiftura tulisannya brapa di atas sekring?
soalnya dulu ane beli tu sekring, pas bengkelnya ke habisan stok yg ORI , adae yg tak pake sekarang.

eh bro, identifikasi arang dinamo habis diliat darimananya y? dinamo ane dulu juga ga mampu ngidupin mesin,
untung sama pemilik yg pertama langsung di ganti sama dinamo tigi nya dia, langsung cesplenggg...

pake kiproknya tigi bro teuku, cm 200an. cm klo g salah konektor di kiprok tigi ada 3 sedangkan pny swift cm 2 , gak tau gimana carae mekanikku ngakalinnya, tp sampe skrg fine2 sazaaaa
buset 25 ... :big_slap: , itu amperenya Gan. hati2 ntar jebol sel akinya klo dipasang setelah aki. kiproknya juga klo sekring yg antara aki & kiprok saat ada konslet.

spul juga bisa kena loh, misal klo ada beban berat, biasanya salah satunya konslet, klo aki dah ga mampu nangani beban berat lewat kiprok spul turun tangan, klo beban terus mbebanin spul terus lama2 menjadi panas tuh spul, misalkan si kiprok masih mampu dilewati arus gede(ampere kiprok lebih gede dibandingkan kemampuan spul) spul akan semakin panas dan meleleh lapisan kawat emailnya spul setelah bugil tuh kawat email bersentuhan deh terus jeduarrrrrrrrrrr..... :e-dance:


sekring pipih paling kecil 10 ampere, aku belum pernah lihat di bawah 10 ampere. makanya sekring buat lampu2 & saklar pakai yg tabung, khusus sekring pusat pakai pipih.

cari di toko elektronik pasti ada itu sekring, klo ga ya di bengkel mobil.

pengalaman pernah putus sekring pusat gara2 switch rem depan nyenggol stang mogok deh motor jadinya, makanya di switch depan ditaro sekring.
di switch rem kaki juga pernah konslet gara2 pakai punya family hond*. kata toko spare part klo spare part kelistrikan klo misal pakai yamah* bisa mending pakai punya yamah*. bahan atumnya tahan panas & ga mudah meleleh.

identifikasi arang dinamo mau benar2 ga kerja (mau minta ganti), caranya pas diklik start ada bunyi bendik cetak..cetak.. terus dinamo mau muter ga jadi kaya keberatan. nah pas ga jadi coba matikan kunci kontak terus selah pakai kick starter (tujuannya biar dinamo muter & ngepas arang ke penghubung spul dinamo). setelah itu nyalakan kunci kontak terus pencet tombol start. klo misalkan mesin bunyi tapi dinamonya agak lama berarti gejala arang mau minta diganti.

klo pengin pasti pas ga mau muter dinamo ya bongkar jok & tangki terus ambil obeng, tempelkan di kutub2 bendik, klo dinamo tetap diam seribu bahasa berarti minta ganti arang.

iya pakai kiprok tige* bagus, ada sensor tegangannya. Klo dilihat dari spul swift , swift cocoknya pakai kiprok thunde* karena ada 3 kelompok spull menyatu di dalam satu spul & titik atau ujung yg menyatu tidak menyentuh massa, klo pakai kiprok tige* berarti harus modif spull di dalamnya biar kepakai semua kelompok spul2nya, klo pengin ga bongkar spull di dalam berarti harus nganggurin salah satu kelompok spul :shrug:

klo kiprok tige* udah fullwave tapi masih 2 fase, sedangkan thunde* 125 dan happy swift juga fullwave tapi 3 fase alias punya swift lebih halus gelombang listriknya ketimbang tige* :big_weee:
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

ngomong2 masalah kelistrikan... mau update motor dulu neh... :mrgreen:

habis pasang luxeon 5 watt & led (hemat energi Bro... :mrgreen: )
ganti saringan oli thunde*/smas*/shogu*
ganti slang radiator

lampu remnya lupa ga di photo, lampu rem led nyala ditengah2 lampu belakang malam.

sekedar tips nih:
* hati2 beli driver luxeon 5 watt setelah dibuka kadang2 ada yg ga pakai pembatas arus aktif, cuman pembatas tegangan aktif doang :frm_bang_head:

*untuk lampu led belakang termasuk rem, biar awet klo bisa dibikin pembatas arus aktif dan tegangan aktif. umumnya orang bikin cuman pembatas tegangan doang pakai lm7812 & resistor, malahan ada yg cuman pakai resistor doang :off_lazy: .

* yg terakhir untuk lampu senja & sein model jagung, karena bikinan pabrik dan didesain untuk 12 volt konstan tapi tetap ga ada pembatas arus aktif, adanya cuman pembatas arus pasif (resistor) dan ga bisa diganti resistornya (susah :frm_bang_head: ), jika dipasangin pembatas arus aktif maka tegangan listrik akan drop 2 volt alias jadi 10 volt, padahal nih led jagung harus kerja pakai 12 volt. oleh karena itu sebaiknya sebelum dipasangin pembatas arus pasang dahulu penaik tegangan(rangkaian inverter) baru pembatas arus yg dibutuhkan terus pembatas tegangan 12 volt.
tapi punyaku led jagungnya langsung aja ke 12 volt :mrgreen: dah cape bikinnya :big_weee:

salam swifter
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

accswiftura wrote:ngomong2 masalah kelistrikan... mau update motor dulu neh... :mrgreen:

habis pasang luxeon 5 watt & led (hemat energi Bro... :mrgreen: )
ganti saringan oli thunde*/smas*/shogu*
ganti slang radiator

lampu remnya lupa ga di photo, lampu rem led nyala ditengah2 lampu belakang malam.

sekedar tips nih:
* hati2 beli driver luxeon 5 watt setelah dibuka kadang2 ada yg ga pakai pembatas arus aktif, cuman pembatas tegangan aktif doang :frm_bang_head:

*untuk lampu led belakang termasuk rem, biar awet klo bisa dibikin pembatas arus aktif dan tegangan aktif. umumnya orang bikin cuman pembatas tegangan doang pakai lm7812 & resistor, malahan ada yg cuman pakai resistor doang :off_lazy: .

* yg terakhir untuk lampu senja & sein model jagung, karena bikinan pabrik dan didesain untuk 12 volt konstan tapi tetap ga ada pembatas arus aktif, adanya cuman pembatas arus pasif (resistor) dan ga bisa diganti resistornya (susah :frm_bang_head: ), jika dipasangin pembatas arus aktif maka tegangan listrik akan drop 2 volt alias jadi 10 volt, padahal nih led jagung harus kerja pakai 12 volt. oleh karena itu sebaiknya sebelum dipasangin pembatas arus pasang dahulu penaik tegangan(rangkaian inverter) baru pembatas arus yg dibutuhkan terus pembatas tegangan 12 volt.
tapi punyaku led jagungnya langsung aja ke 12 volt :mrgreen: dah cape bikinnya :big_weee:

salam swifter



bujubuneng ...... ratjoen bener nih ..... :off_good_job:
kerjaan bro apa yah kok ada waktu buat bikin beginian ?
klo ane dah gak da waktu hikz .....
ane pengennya klo uda bosen ama batok depan, pengennya ane bikin single lamp ajah
tp pake lamp proyektor, kemaren sempet tanya lampu proyektor pny "ssadam" hargae 350rb 1 buah.
tentunya kalau diganti single aku harus ganti batok dengan custom.
yang ane bingungin lampu proyektor itu memakan banyak daya ndak yah? sama sistem pencahayaannya itu pakai
lampu bohlam kah didalamnya?ada apakah di balik lensa cembungnya?

*penasaran
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

buset 25 ... :big_slap: , itu amperenya Gan. hati2 ntar jebol sel akinya klo dipasang setelah aki. kiproknya juga klo sekring yg antara aki & kiprok saat ada konslet.

spul juga bisa kena loh, misal klo ada beban berat, biasanya salah satunya konslet, klo aki dah ga mampu nangani beban berat lewat kiprok spul turun tangan, klo beban terus mbebanin spul terus lama2 menjadi panas tuh spul, misalkan si kiprok masih mampu dilewati arus gede(ampere kiprok lebih gede dibandingkan kemampuan spul) spul akan semakin panas dan meleleh lapisan kawat emailnya spul setelah bugil tuh kawat email bersentuhan deh terus jeduarrrrrrrrrrr..... :e-dance:


sekring pipih paling kecil 10 ampere, aku belum pernah lihat di bawah 10 ampere. makanya sekring buat lampu2 & saklar pakai yg tabung, khusus sekring pusat pakai pipih.

cari di toko elektronik pasti ada itu sekring, klo ga ya di bengkel mobil.

pengalaman pernah putus sekring pusat gara2 switch rem depan nyenggol stang mogok deh motor jadinya, makanya di switch depan ditaro sekring.
di switch rem kaki juga pernah konslet gara2 pakai punya family hond*. kata toko spare part klo spare part kelistrikan klo misal pakai yamah* bisa mending pakai punya yamah*. bahan atumnya tahan panas & ga mudah meleleh.

identifikasi arang dinamo mau benar2 ga kerja (mau minta ganti), caranya pas diklik start ada bunyi bendik cetak..cetak.. terus dinamo mau muter ga jadi kaya keberatan. nah pas ga jadi coba matikan kunci kontak terus selah pakai kick starter (tujuannya biar dinamo muter & ngepas arang ke penghubung spul dinamo). setelah itu nyalakan kunci kontak terus pencet tombol start. klo misalkan mesin bunyi tapi dinamonya agak lama berarti gejala arang mau minta diganti.

klo pengin pasti pas ga mau muter dinamo ya bongkar jok & tangki terus ambil obeng, tempelkan di kutub2 bendik, klo dinamo tetap diam seribu bahasa berarti minta ganti arang.

iya pakai kiprok tige* bagus, ada sensor tegangannya. Klo dilihat dari spul swift , swift cocoknya pakai kiprok thunde* karena ada 3 kelompok spull menyatu di dalam satu spul & titik atau ujung yg menyatu tidak menyentuh massa, klo pakai kiprok tige* berarti harus modif spull di dalamnya biar kepakai semua kelompok spul2nya, klo pengin ga bongkar spull di dalam berarti harus nganggurin salah satu kelompok spul :shrug:

klo kiprok tige* udah fullwave tapi masih 2 fase, sedangkan thunde* 125 dan happy swift juga fullwave tapi 3 fase alias punya swift lebih halus gelombang listriknya ketimbang tige* :big_weee:
owh berarti malah lebih bagus pake kiproknya thundie klo gt ya bro ?

tp klo ada yg konslet putus ndak sekringnya bro ? soalnya setelah ganti sekring bertuliskan 25 itu
motorku g pernah konslet, adae kiprok ganti kemaren, sebelum kiprok dulunya dah ganti aki juga jebol.
ini sekarang aja aki ku uda mulai rewel lagi, sering kehilangan daya. apa karna kelebihan daya ini itu yah
penyebab semua itu ? hikzzzzz
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

aro wrote:
accswiftura wrote:ngomong2 masalah kelistrikan... mau update motor dulu neh... :mrgreen:

habis pasang luxeon 5 watt & led (hemat energi Bro... :mrgreen: )
ganti saringan oli thunde*/smas*/shogu*
ganti slang radiator

lampu remnya lupa ga di photo, lampu rem led nyala ditengah2 lampu belakang malam.

sekedar tips nih:
* hati2 beli driver luxeon 5 watt setelah dibuka kadang2 ada yg ga pakai pembatas arus aktif, cuman pembatas tegangan aktif doang :frm_bang_head:

*untuk lampu led belakang termasuk rem, biar awet klo bisa dibikin pembatas arus aktif dan tegangan aktif. umumnya orang bikin cuman pembatas tegangan doang pakai lm7812 & resistor, malahan ada yg cuman pakai resistor doang :off_lazy: .

* yg terakhir untuk lampu senja & sein model jagung, karena bikinan pabrik dan didesain untuk 12 volt konstan tapi tetap ga ada pembatas arus aktif, adanya cuman pembatas arus pasif (resistor) dan ga bisa diganti resistornya (susah :frm_bang_head: ), jika dipasangin pembatas arus aktif maka tegangan listrik akan drop 2 volt alias jadi 10 volt, padahal nih led jagung harus kerja pakai 12 volt. oleh karena itu sebaiknya sebelum dipasangin pembatas arus pasang dahulu penaik tegangan(rangkaian inverter) baru pembatas arus yg dibutuhkan terus pembatas tegangan 12 volt.
tapi punyaku led jagungnya langsung aja ke 12 volt :mrgreen: dah cape bikinnya :big_weee:

salam swifter



bujubuneng ...... ratjoen bener nih ..... :off_good_job:
kerjaan bro apa yah kok ada waktu buat bikin beginian ?
klo ane dah gak da waktu hikz .....
ane pengennya klo uda bosen ama batok depan, pengennya ane bikin single lamp ajah
tp pake lamp proyektor, kemaren sempet tanya lampu proyektor pny "ssadam" hargae 350rb 1 buah.
tentunya kalau diganti single aku harus ganti batok dengan custom.
yang ane bingungin lampu proyektor itu memakan banyak daya ndak yah? sama sistem pencahayaannya itu pakai
lampu bohlam kah didalamnya?ada apakah di balik lensa cembungnya?

*penasaran
racun...sedikit madu...wkwkwkwkkk :e-dance:

kerjaan ane cuman NOC Bro..
klo di rumah nganggur ya ngoprek montor hehehe..
sekarang lg mau pasang fuel meter bensin termignoni & bikin thermometer buat air radiator pake voltmeter digital & sensor suhu

nih panduan termometernya
http://sulae.blogspot.com/2008/12/membu ... rhana.html

tadinya ane juga mau pasang lampu projektor, tapi dapat harga 1 lampu paling murah 750rb merk b-xenon. tapi kok Bro Aro dapat harga segitu murah juga tuh klo sepasang 700rb. tapi tetap murah ane modif lampu depan belakang, ga makan setrum banyak lagi..lampu utama aja (luxeon) klo nyala semua cuman 20 watt :big_weee:

projektor bixenon kelebihannya bisa Hi Lo Lampunya.

klo lampu projektor paling kecil daya lampunya 32 watt. ane belum pernah lihat yg di bawah itu.

lampu projektor di dalamnya ada bohlam HID Xenon nya tentu saja harus ada trafo ballast nya, cahayanya dilewati ke lensa cembung yg kelihatan dari depan klo kita lihat.
antara lensa lensa cembung dan bohlam HID ada semacam penyekat setengah lingkaran tujuannya biar cahaya ga ke atas, cahaya akan ada batasnya kira2 setinggi lampu mobil biar ga silau pengemudi lain.
lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

aro wrote:
buset 25 ... :big_slap: , itu amperenya Gan. hati2 ntar jebol sel akinya klo dipasang setelah aki. kiproknya juga klo sekring yg antara aki & kiprok saat ada konslet.

spul juga bisa kena loh, misal klo ada beban berat, biasanya salah satunya konslet, klo aki dah ga mampu nangani beban berat lewat kiprok spul turun tangan, klo beban terus mbebanin spul terus lama2 menjadi panas tuh spul, misalkan si kiprok masih mampu dilewati arus gede(ampere kiprok lebih gede dibandingkan kemampuan spul) spul akan semakin panas dan meleleh lapisan kawat emailnya spul setelah bugil tuh kawat email bersentuhan deh terus jeduarrrrrrrrrrr..... :e-dance:


sekring pipih paling kecil 10 ampere, aku belum pernah lihat di bawah 10 ampere. makanya sekring buat lampu2 & saklar pakai yg tabung, khusus sekring pusat pakai pipih.

cari di toko elektronik pasti ada itu sekring, klo ga ya di bengkel mobil.

pengalaman pernah putus sekring pusat gara2 switch rem depan nyenggol stang mogok deh motor jadinya, makanya di switch depan ditaro sekring.
di switch rem kaki juga pernah konslet gara2 pakai punya family hond*. kata toko spare part klo spare part kelistrikan klo misal pakai yamah* bisa mending pakai punya yamah*. bahan atumnya tahan panas & ga mudah meleleh.

identifikasi arang dinamo mau benar2 ga kerja (mau minta ganti), caranya pas diklik start ada bunyi bendik cetak..cetak.. terus dinamo mau muter ga jadi kaya keberatan. nah pas ga jadi coba matikan kunci kontak terus selah pakai kick starter (tujuannya biar dinamo muter & ngepas arang ke penghubung spul dinamo). setelah itu nyalakan kunci kontak terus pencet tombol start. klo misalkan mesin bunyi tapi dinamonya agak lama berarti gejala arang mau minta diganti.

klo pengin pasti pas ga mau muter dinamo ya bongkar jok & tangki terus ambil obeng, tempelkan di kutub2 bendik, klo dinamo tetap diam seribu bahasa berarti minta ganti arang.

iya pakai kiprok tige* bagus, ada sensor tegangannya. Klo dilihat dari spul swift , swift cocoknya pakai kiprok thunde* karena ada 3 kelompok spull menyatu di dalam satu spul & titik atau ujung yg menyatu tidak menyentuh massa, klo pakai kiprok tige* berarti harus modif spull di dalamnya biar kepakai semua kelompok spul2nya, klo pengin ga bongkar spull di dalam berarti harus nganggurin salah satu kelompok spul :shrug:

klo kiprok tige* udah fullwave tapi masih 2 fase, sedangkan thunde* 125 dan happy swift juga fullwave tapi 3 fase alias punya swift lebih halus gelombang listriknya ketimbang tige* :big_weee:
owh berarti malah lebih bagus pake kiproknya thundie klo gt ya bro ?

tp klo ada yg konslet putus ndak sekringnya bro ? soalnya setelah ganti sekring bertuliskan 25 itu
motorku g pernah konslet, adae kiprok ganti kemaren, sebelum kiprok dulunya dah ganti aki juga jebol.
ini sekarang aja aki ku uda mulai rewel lagi, sering kehilangan daya. apa karna kelebihan daya ini itu yah
penyebab semua itu ? hikzzzzz
iya dong Bro bagus kiproknya thundie & happy swift kan udah 3 fase. output kiprok mereka udah hampir kaya output aki untuk jelasnya lihat gambar di bawah ini bentuk gelombang listriknya.

gambar2 gelombang di sini belum melewati rangkaian filter loh. klo udah melewati rangkaian filter tentu saja lebih halus lagi.
biasanya di kiprok udah ada rangkian filternya.

klo ada konslet belum tentu bisa bikin sekring putus Bro.
Misal yg konslet kabel kecil dengan kemampuan melewati arus 5A terus Bro Aro pasang sekring 25A, tentu saja kabel kecil tersebut yg terbakar & putus, klo lagi sial malah sel aki yg kebakar berkurang deh kemampuan aki .

klo kasus kiprok sering ganti bisa juga akibat sekring terlalu gede. di swift kabel bodinya termasuk gede kemampuan melewati arusnya, 20A lebih kayanya.

klo misal di swift dipasangin sekring gede 25A & rata2 kiprok punya kemampuan sekitar di bawah 10A (bisa ditebak dari sekring bawaan motor), . jika ada beban listrik antara 10A sampai 20A (biasanya konslet kecil2an :mrgreen: ) pasti klo ga kiprok aki akan kena dulu.
klo kemampuan arus aki & kiprok di atas spul bisa jadi spul yg kena dulu.

Buruan Bro Aro ganti sekring yg ukuran standar sebelum kelistrikan ngerongrong kantong :mrgreen:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

woaaa ternyata anak NOC , kakak2 kelasku ada juga di NOC ada titimnugroho(sby),bimbim(jkt).ada yg kenalkah?

siap .... segera ganti sekring :frm_salut:
motor uda mulai nyusain ortu ane d rumah (lg proses balik nama di kampung) , katae ortu minta di dorong
aki kayaknya uda mulai kena lg nih :weekk:
harus segera di ambil tindakan takutnya kena kiprok lg .

pengennya single lamp aja bro (gambar di bawah) , tu mongtor2 kakak kelas ane smua.
kira2 kuat ndak kelistrikan swift pake proyektor bro?

mas bro, jadi buat kick stater ndak? klo mas bro mau buat, aku pesen jg boleh ndak?
kick stater bawaan motor uda g cocok (kena footstep) , ane pake footstep underbone.
buat jaga2 di jok klo kelistrikan lg loyo.

ternyata simple bikin thermo digitalnya,td ane ke TKP.tp sayangnya masih basis mesin lama ndak ada radiator hehee

*maap bnyk tny .newbie bgt mslh motor, makanya blajar walopun dikit2
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by teuku »

gan
kalo kabel body,kiprok ama CDI yang kompetible ama motor ini apa ya..
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

aro wrote:woaaa ternyata anak NOC , kakak2 kelasku ada juga di NOC ada titimnugroho(sby),bimbim(jkt).ada yg kenalkah?

siap .... segera ganti sekring :frm_salut:
motor uda mulai nyusain ortu ane d rumah (lg proses balik nama di kampung) , katae ortu minta di dorong
aki kayaknya uda mulai kena lg nih :weekk:
harus segera di ambil tindakan takutnya kena kiprok lg .

pengennya single lamp aja bro (gambar di bawah) , tu mongtor2 kakak kelas ane smua.
kira2 kuat ndak kelistrikan swift pake proyektor bro?

mas bro, jadi buat kick stater ndak? klo mas bro mau buat, aku pesen jg boleh ndak?
kick stater bawaan motor uda g cocok (kena footstep) , ane pake footstep underbone.
buat jaga2 di jok klo kelistrikan lg loyo.

ternyata simple bikin thermo digitalnya,td ane ke TKP.tp sayangnya masih basis mesin lama ndak ada radiator hehee

*maap bnyk tny .newbie bgt mslh motor, makanya blajar walopun dikit2
ane jadi NOC di Jkt, Gan..
klo ntar ganti sekring standar kok sekring cepat putus, sebaiknya jng ambil kesimpulan "ini sekring kurang gede" tapi itu jelas ada yg konslet atau semi konslet atau beban listrik terlalu gede. coba dicek bagian saklar, fitting lampu biasanya bagian ini mudah meleleh, kabel ada yg kegencet trus nempel bodi atau tidak, dll :mrgreen: .

klo pengin ga mogok mesin gara2 kelistrikan, pisahin jalur kelistrikan cdi tersendiri. pisahkan dengan dikasih sekring. khusus lampu dkk pakai satu sekring. khusus cdi sekring sendiri. ntar klo ada konslet di bagian lampu dkk ga bikin listrik ke cdi tekor alias nyala mesin ga keganggu alias tetap tancap gas :e-dance: .

ingat kunci swift itu panjang, klo dikasih bandul bisa memepengaruhi saklar kontaknya jika goyang2 karna bikin saklarnya slek. pastikan saklar kontak ga bikin listrik ga stabil (putus-nyambung) & bisa mesin mogok

mantap dah single lamp (asymetris :mrgreen: ).

Bro itu projektor 350rban merk apa ya?. ane lagi nyari projektor tapi tanpa lampu, mau ku-isi luxeon 10 watt.

swift pake projektor dengan isi lampu HID xenon kuat lah. lampu HID paling 35watt + daya serap ballastnya +/- 5 watt total -/+40watt an.

ane juga pernah pake bohlam lampu 2 x 32 watt kuat2 aja.
ane pesen kick starter di dealer, Gan. harga klo ga salah 75rban.

CMIIW
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

teuku wrote:gan
kalo kabel body,kiprok ama CDI yang kompetible ama motor ini apa ya..
Klo kiprok mirip thundie 125, CDI bisa pakai mega pro, klo pengin unlimitter bisa pakai shogoen 110 dari SGP, pakai merk lain juga bagus, banyak merknya. pernah ane lihat perbandingan rangkaian cdi shogoen 110 dari SGP dengan merk lain sama plek, mungkin yg mbedain kualitas komponennya kali.
klo kabel body dari motor jepang yg plek sekali kayanya ga ada yg sama persis, paling ada rubah2 dikit khususnya bagian lampu depan, cdi & kiprok.

klo menurut ane enakan pakai punya mega pro, soket cdi sama karena cdi emang sama. paling tinggal ganti soket kiprok karena kiproknya beda. itu klo ga pakai fairing. Jika masih pakai fairing ya pakai punya cbr 150 rubah soket bagian kiprok,cdi, jalur lampu utama & belakang malam, karena cbr 150 lampu utama & belakang malam ambil dari spul.

CMIIW
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

kirain kick stater nya custom bro, kalau pakai yg standart dealer pasti ketatap footstep deh.

proyektor punyae minerv* mad*ss bro swift, lumayan murah.

thx bgt ilmunya bro swift, bakalan ane sampein sama mekaniknya, supaya dibuatin model sekring seperti panduan di atas.

keep in touch ajah disni, klo ke sby hub ane klo ada apa2 / bth bantuan heee :big_peace:
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

aro wrote:kirain kick stater nya custom bro, kalau pakai yg standart dealer pasti ketatap footstep deh.

proyektor punyae minerv* mad*ss bro swift, lumayan murah.

thx bgt ilmunya bro swift, bakalan ane sampein sama mekaniknya, supaya dibuatin model sekring seperti panduan di atas.

keep in touch ajah disni, klo ke sby hub ane klo ada apa2 / bth bantuan heee :big_peace:
pakai punyanya byson bagus kayanya engkolnya. bisa jauh dari footstep klo mau kickstarter, tapi ga tau masuk ga dipasang di geriginya swift.
oh punyanya madazz... ane juga penasaran dari dulu nih projynya madazz harganya berapa..

sama2 Bro Aro.
Aby_Hole
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Dec 26, 2010 2:50

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by Aby_Hole »

:big_peace:

saya mau nanya nich tntang mtor happy swift 200cc al'y kbetulan saya jga punya and da masalah ma mtorku ini....

knapa yac nie mtor buntu2 tyus padahal dah sring skali cuci karbu, trus cuci tangki motor, ttap ja penyakitnya itu gug mau hilang....

yng bkin saya heran kdang2 pnyakitnya hlang dngan sndirinya, tpi low msin dah dingin kmbuh lgi ntu pnyakit....

dan biasanya alat2 yng cocok dngan mtor nie pa ja?????? alnya saya satu2nya orang yang punya mtor happy suwift 200cc di kendari...... hehehehe

tolong yach solusinya :e-clap:
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

Aby_Hole wrote::big_peace:

saya mau nanya nich tntang mtor happy swift 200cc al'y kbetulan saya jga punya and da masalah ma mtorku ini....

knapa yac nie mtor buntu2 tyus padahal dah sring skali cuci karbu, trus cuci tangki motor, ttap ja penyakitnya itu gug mau hilang....

yng bkin saya heran kdang2 pnyakitnya hlang dngan sndirinya, tpi low msin dah dingin kmbuh lgi ntu pnyakit....

dan biasanya alat2 yng cocok dngan mtor nie pa ja?????? alnya saya satu2nya orang yang punya mtor happy suwift 200cc di kendari...... hehehehe

tolong yach solusinya :e-clap:
coba sy bantu ya Bro..
pengalaman sy biasanya penyebab mogok jika karbu & tangki dah dibersihkan di kelistrikan diantaranya:

* sambungan kabel pulser kotor (gejalanya mogok jika keadaan panas kering atau jika dah jalan lama. tapi klo hujan jarang/ga pernah mogok karena uap air membantu mengantarkan sinyal listrik disambungannya)>>> solusi ganti sambungan atau lilit antar sambungan yg tebel.
* cdi ga dapat suply listrik dari aki>> penyebabnya karena ada konslet atau beban listrik piranti lain nyedot lebih gede sehingga cdi ga kebagian listik dan pengapian gagal>>>solusi cari piranti yg makan listrik gede atau cari bagian yg konslet. bisa juga setelah saklar kontak listrik dibagi dua saluran. saluran pertama khusus ke cdi, saluran kedua khusus lampu dkk.jng lupa di setiap saluran dikasih sekring masing2. jadi jika ada konslet cdi tetep kebagian listrik (tapi sekring yg ke lampu dkk jangan terlalu gede).kasih aja sekring ke cdi 5A dan ke lampu dkk 7A.
*kabel listrik yg dari aki (warna merah) nempel bodi juga bisa bikin cdi kehilangan kelistrikan
*sekring pusat di bawah jok kadang ga konek >> ganti sekring model pipih

btw Bro Aby apa penyakitnya setelah mesin dah dingin????..
aku curiga sama akinya klo gitu. jantung happy swift itu di aki.. klo aki dah soak klo motor didiemin lama setrum cepat hilang.

CMIIW
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

accswiftura wrote:
Aby_Hole wrote::big_peace:

saya mau nanya nich tntang mtor happy swift 200cc al'y kbetulan saya jga punya and da masalah ma mtorku ini....

knapa yac nie mtor buntu2 tyus padahal dah sring skali cuci karbu, trus cuci tangki motor, ttap ja penyakitnya itu gug mau hilang....

yng bkin saya heran kdang2 pnyakitnya hlang dngan sndirinya, tpi low msin dah dingin kmbuh lgi ntu pnyakit....

dan biasanya alat2 yng cocok dngan mtor nie pa ja?????? alnya saya satu2nya orang yang punya mtor happy suwift 200cc di kendari...... hehehehe

tolong yach solusinya :e-clap:
coba sy bantu ya Bro..
pengalaman sy biasanya penyebab mogok jika karbu & tangki dah dibersihkan di kelistrikan diantaranya:

* sambungan kabel pulser kotor (gejalanya mogok jika keadaan panas kering atau jika dah jalan lama. tapi klo hujan jarang/ga pernah mogok karena uap air membantu mengantarkan sinyal listrik disambungannya)>>> solusi ganti sambungan atau lilit antar sambungan yg tebel.
* cdi ga dapat suply listrik dari aki>> penyebabnya karena ada konslet atau beban listrik piranti lain nyedot lebih gede sehingga cdi ga kebagian listik dan pengapian gagal>>>solusi cari piranti yg makan listrik gede atau cari bagian yg konslet. bisa juga setelah saklar kontak listrik dibagi dua saluran. saluran pertama khusus ke cdi, saluran kedua khusus lampu dkk.jng lupa di setiap saluran dikasih sekring masing2. jadi jika ada konslet cdi tetep kebagian listrik (tapi sekring yg ke lampu dkk jangan terlalu gede).kasih aja sekring ke cdi 5A dan ke lampu dkk 7A.
*kabel listrik yg dari aki (warna merah) nempel bodi juga bisa bikin cdi kehilangan kelistrikan
*sekring pusat di bawah jok kadang ga konek >> ganti sekring model pipih
*pastikan kabel massa cukup untuk semuanya. klo bisa busi kasih kabel massa sendiri dengan dipasangin ring. begitu juga di koil

btw Bro Aby apa penyakitnya setelah mesin dah dingin????..
aku curiga sama akinya klo gitu. jantung happy swift itu di aki.. klo aki dah soak klo motor didiemin lama setrum cepat hilang.

CMIIW