Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poeticmind »

GTR wrote:kalo mobil tua agak alergi dgn bbm tanpa timbal, mungkin krn premium dll jaman dulu masih kaya kandungan timbal, yg lebih "ramah" knalpot, bukan lingkungan.
tapi mobil modern sudah disesuaikan(lebih tahan) untuk bbm tanpa timbal, lagipula semakin tinggi temperatur exhaust gas, relatif semakin rendah emisi nya kalo ga salah.
maaf bro, dikoreksi... mobil2 tua disarankan tetap memakai premium karena timbalnya dibutuhkan utk melapisi daleman mesin, sama seperti jenis oli jaman dulu, berbeda dengan oli jaman sekarang... jadi tidak ada hubungan nya dengan knalpot. bahan exhaust system tidak berubah, masih sama seperti dahulu, hanya sekarang bahan yg dipakai lebih bervariatif.
pada mobil jaman sekarang bahan mesin nya sudah aluminium, jadi sebenernya bensin dengan timbal sudah tidak diperlukan lagi...
blok mesin alum rata2 pada mobil 80an keatas... jadi pertamax sebenernya aman. berbeda dengan mobil keluaran tahun 60-70an.

makanya, pada mobil tahun 80-90an ada pabrikan yg merecommended bbm super 98. let say, merc-biem-volvo and else, saya ga hapal... kalo ga salah toyota cressida juga. koreksi saya kalo salah.
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

betul, bro tujuan langsung bbm timbal utk internal mesin.
tapi secara tidak langsung/ kebetulan, lebih awet juga buat knalpot drpd "kering" tanpa timbal.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poeticmind »

GTR wrote:betul, bro tujuan langsung bbm timbal utk internal mesin.
tapi secara tidak langsung/ kebetulan, lebih awet juga buat knalpot drpd "kering" tanpa timbal.
iya, exhaust system juga terpengaruh jadinya... gitu ya? hehehe
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

ini paling terasa di motor honda bebek astrea jaman dulu yg dirancang utk bbm timbal, begitu ganti pertamax sering cepet keropos kalo ga dikasih/lumuri oli, tapi yg sekarang2 walaupun mesinnya sama sudah dirubah lebih awet knalpotnya tape perlu lumuri oli.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

stuju bro ddaru...penurunan kualitas sgt nyata terasa antara swift cbu dan ckd..moga2 suzuki tidak melakukan lagi langkah demikian:)

berarti asumsi selama ini mbl eropa agak susah dijaga blm tentu jg dgn pernyataan bro swift..daftarnya sikit bgt..dan rada2 ringan..hehehe
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by MitshuToyo »

Hallo salam kenal,

saya ikutan cerita ahh..

saya punya Mitsubishi tua, T120 SS tahun 1992. mobil ini mobil pertama gw. skrg udah tak kasihkan ke Ortu di jawa.
sekilas mesin mobil ini bandel banget. Hampir 4 -6 bulan sekali PP jawa timur - Jakarta !. udah 3 tahun ini. kemarin udah saya larang dipakai untuk jarak jauh lagi. karena ngeri sendiri saya nya..
Pelek makai standard. meski bikin lemot, tapi nurutku pelek standar sangat enak untuk cruising jarak jauh..karena lebih berat.

Mobil tua di pakai seberat itu, sampai jawa kembali problemnya paling rem & kopling yang kendor.. Bensin sangat irit. untuk oli dulu saya kasih syntetik, tapi sekarang pakai pertamina ajah. tapi selalu beli di POM. Pernah saya pakai ber 5 dr jakarta. sampai tol palikanci di geber saudara saya smp 135 kmh. Padahal baru gigi 4. suara mesin di kabin udah kayak Genset. untungnya diisi orang banyak & muatan barang.untuk Van 1350 CC kecil gitu udah hebat, apalagi plus muatan berat.
Yang lucu lagi pernah saya bawa agak ngebut di tol karawaci, karena telat ngantor. eee di belakang di siksa sama jazz.. dikira ngajakin balapan.. ketawa sendiri saya.padahal saya hanya keburu2 telat kantor :mrgreen:
Cerita lain yang asik waktu mudik ke jawa, saya lewat jalur selatan bandung. waktu itu awal2nya cipularang ada. waktu balik ke jkt macet banget di Tanjakan Nagrek. muatan penuh lagi. bayangin stop & go jam 1 malem di tanjakan sepanjang itu. Banyak kendaraan yang minggir krn gak berani. Untung akhirnya sampai jg diatas. bau kopling udah dimana2 & temperatur udah separo lebih.
lucunya, sempat telat lepas kopling; mobil melorot sedikit & berhenti. tak pikir macet remnya. ternyata di belakang ada anak2 udah ganjel rodanya pakai balok kayu.. hehehe.. Rp.5000 dapetlah dia.

smp skrg problem yang ada
1) Boss Rem udah kena. masih bisa nge rem bagus tapi gak pakem2 bgt.
2) Tierod udah Oblak.
3) Ganti piringan/disk rem depan 2 thn lalu 200 rb.

makanya skrg saya pengen punya mitshu lagi nih.. inceran sih lancer 2000 atau Hiu.. tapi takut apa mesinnya sebandel Mitshu lama saya..

pendapatnya doong..
Lagi nginjek rem..
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

mkgn nga oom..colt t120 itu mesin teknologi lama..hehehe..galant ato lancer dah injeksi lhor:)
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by MitshuToyo »

ZombiEE wrote:mkgn nga oom..colt t120 itu mesin teknologi lama..hehehe..galant ato lancer dah injeksi lhor:)
iya.. yang gw maksud bandel tuh gak gampang rusakan. meski part mahal tapi awet kan sebanding.. jangan sampai dikit2 rusak. apalagi kalau penyakitnya ganti2..kan repot. :mrgreen:
Lagi nginjek rem..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poeticmind »

MitshuToyo wrote:
ZombiEE wrote:mkgn nga oom..colt t120 itu mesin teknologi lama..hehehe..galant ato lancer dah injeksi lhor:)
iya.. yang gw maksud bandel tuh gak gampang rusakan. meski part mahal tapi awet kan sebanding.. jangan sampai dikit2 rusak. apalagi kalau penyakitnya ganti2..kan repot. :mrgreen:
bandel kok , bro... hanya Lancer lemah di kaki2nya... utk menjawab pertanyaan bro, nanti saya undang mitsu Freak disini utk menjelaskan... atau coba bro tanya di thread mitsu...
rasanya saya lihat mas Mitsu sudah kesana kan... hehehehe...

welcome to SM mas Mitshutoyo... :)
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

yeap..welcome bro..oiya bro mitshutoyo, mksd postingan saya di atas, perawatan dan perbaikin colt pasti lbh mudah drpd either lancer ato galant, jadi mnrt saya cold lbh bandel kan..hehehehe

ayo bang poectic, share ur ride:)
poke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Apr 16, 2008 4:16

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poke »

betul, bro tujuan langsung bbm timbal utk internal mesin.
tapi secara tidak langsung/ kebetulan, lebih awet juga buat knalpot drpd "kering" tanpa timbal.


wah terima kasih banyak niy atas penjelasannya... :thanks:
hehehe gw g akan macem2 lagi coba pake pertamax deh
dari pada knalpot ane ancur :mrgreen:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

tuh mantab kan bro..hehehe...coba jadi member aza bro..jgn visitor dunk(sales mode on):P
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

Mitsu T120ss 1992 kan = Suzuki Futura 1300cc
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by Hikoza »

poeticmind wrote:bandel kok , bro... hanya Lancer lemah di kaki2nya... utk menjawab pertanyaan bro, nanti saya undang mitsu Freak disini utk menjelaskan...
Hayu atuh Mitsu freak di SerayaMotor, dijawab dong undangan bro Poetic.... :P
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

Oh iya, maw nambahin niy tentang karakter mobil papa saya:
Papa saya pake Toyota Kijang LGX EFI 1800cc 2004 (persis sebelum Innova), tanggung banget deh belinya, nunggu ga sampe stengah taun dah bisa dapet Innova.
- Ni mobil suka ngelitik, sebel banget, dah biasa nyetir Yaris, ngangkat kopling dikit langsung ngacir, kalo pake Kijang ngangkat kopling dikit bakal bunyi kretek-kretek-kretek.
- Ni mobil kalo untuk dalam kota lumayan boros menurut saya, rata-rata dalam kota kalo yang bawa papa ga sampe 1:10, paling-paling 1:8 sampe 1:9, kalo saya yang bawa pelan-pelan eco-driving 1:10 bisa deh, tapi susah banget. Luar kota bisa 1:11-1:12. Bagi saya seperti itu boros karena tidak sebanding dengan tenaganya, loyo banget. Untuk tenaga saya masih suka Mitsubishi Kuda yang 1600cc lho daripada Kijang EFI 1800cc. Beda sama Innova, mungkin dalem kota susah juga dapet 1:10, tapi tenaganya mantap.
- Lampunya mantap! Terang buanget! Foglampnya aja dah cukup terang buat nyetir dalam kota kalo menurut saya, saya biasa bawa Swift yang lampu standarnya redup minta ampun, nyetir Kijang mantap! Padahal bohlam standar.
- Limbung, ga heran deh mobil tinggi gini, masih pake per daun pula.
Yang jelas mesinnya bandel banget, belum ada masalah sampe detik ini. Masalah cuma di ngelitik & tenaga yang ga gitu mantep. Mungkin alasan papa pilih Kijang karena reputasinya & ketahanan mesin 7K yang legendaris, resale value juga ga usah ditanya, pasti bagus.

Karakter diluar mobil (yang ada di mobil papa saya):
- Ga tau kenapa papa ga mau pasang kaca film buat kaca depan, kalo siang puanaaaas buangeeeet, ogah deh kalo suruh nganter papa siang-siang pake Kijangnya, mending pake Yaris ato Swift aja yang udah saya pasang kaca film semuanya.
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by remedusakti »

ddaru wrote:Oh iya, maw nambahin niy tentang karakter mobil papa saya:
Papa saya pake Toyota Kijang LGX EFI 1800cc 2004 (persis sebelum Innova), tanggung banget deh belinya, nunggu ga sampe stengah taun dah bisa dapet Innova.
- Ni mobil suka ngelitik, sebel banget, dah biasa nyetir Yaris, ngangkat kopling dikit langsung ngacir, kalo pake Kijang ngangkat kopling dikit bakal bunyi kretek-kretek-kretek.
- Ni mobil kalo untuk dalam kota lumayan boros menurut saya, rata-rata dalam kota kalo yang bawa papa ga sampe 1:10, paling-paling 1:8 sampe 1:9, kalo saya yang bawa pelan-pelan eco-driving 1:10 bisa deh, tapi susah banget. Luar kota bisa 1:11-1:12. Bagi saya seperti itu boros karena tidak sebanding dengan tenaganya, loyo banget. Untuk tenaga saya masih suka Mitsubishi Kuda yang 1600cc lho daripada Kijang EFI 1800cc. Beda sama Innova, mungkin dalem kota susah juga dapet 1:10, tapi tenaganya mantap.
- Lampunya mantap! Terang buanget! Foglampnya aja dah cukup terang buat nyetir dalam kota kalo menurut saya, saya biasa bawa Swift yang lampu standarnya redup minta ampun, nyetir Kijang mantap! Padahal bohlam standar.
- Limbung, ga heran deh mobil tinggi gini, masih pake per daun pula.
Yang jelas mesinnya bandel banget, belum ada masalah sampe detik ini. Masalah cuma di ngelitik & tenaga yang ga gitu mantep. Mungkin alasan papa pilih Kijang karena reputasinya & ketahanan mesin 7K yang legendaris, resale value juga ga usah ditanya, pasti bagus.

Karakter diluar mobil (yang ada di mobil papa saya):
- Ga tau kenapa papa ga mau pasang kaca film buat kaca depan, kalo siang puanaaaas buangeeeet, ogah deh kalo suruh nganter papa siang-siang pake Kijangnya, mending pake Yaris ato Swift aja yang udah saya pasang kaca film semuanya.
wah kijang 1.8 bs dpt 1:10 dalam kota, pastinya bukan kota jakarta kan.hehe.
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by MitshuToyo »

GTR wrote:Mitsu T120ss 1992 kan = Suzuki Futura 1300cc
masak sih ? di stnk disebut 1350 CC. berarti kalau sama dgn Futura, pas timing belt putus mesin futura jebol jg dong ya.. setahuku suzuki gak masalah pas timing belt putus. kalau yang lain emang sama,soalnya pas ganti disc rem sama persis futura. tp mesin tau deh..
Lagi nginjek rem..
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

remedusakti wrote:wah kijang 1.8 bs dpt 1:10 dalam kota, pastinya bukan kota jakarta kan.hehe.
Jogja bro! Bersyukur belum sepadat Jakarta. Saya di Jakarta aja pengalaman pake Kijang Super 1.5 cuma dapet 1:7an kok.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

Sepertinya mesin masih satu basis ya.
karena kalo beda bore x stroke hanya sedikit masih mungkin saja di satu basis head & blok mesin walaupun mungkin berbeda di beberapa parts seperti timing belt dsb;
juga feature timing belt safety ini cuma beda di celah surface piston yg memang bisa saja berbeda pistonnya.

[quote="MitshuToyo"][quote="GTR"]Mitsu T120ss 1992 kan = Suzuki Futura 1300cc[/quote]

masak sih ? di stnk disebut 1350 CC. berarti kalau sama dgn Futura, pas timing belt putus mesin futura jebol jg dong ya.. setahuku suzuki gak masalah pas timing belt putus. kalau yang lain emang sama,soalnya pas ganti disc rem sama persis futura. tp mesin tau deh..[/quote]
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by uch »

ddaru wrote: Ni mobil kalo untuk dalam kota lumayan boros menurut saya, rata-rata dalam kota kalo yang bawa papa ga sampe 1:10, paling-paling 1:8 sampe 1:9, kalo saya yang bawa pelan-pelan eco-driving 1:10 bisa deh, tapi susah banget. Luar kota bisa 1:11-1:12. Bagi saya seperti itu boros karena tidak sebanding dengan tenaganya, loyo banget. Untuk tenaga saya masih suka Mitsubishi Kuda yang 1600cc lho daripada Kijang EFI 1800cc. Beda sama Innova, mungkin dalem kota susah juga dapet 1:10, tapi tenaganya mantap.
-
1:11 luar kota, dah hemat banget tuh bos. Tapi "sebanding" juga ama tenaganya kali yg katanya loyo banget.
Kalo saya yg disuruh testimoni malah terbalik. Kijang 1.8 termasuk boros tapi tenaganya lumayan, terutama dibawah kagak ada matinye.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poeticmind »

kijang 1.8 mana nih? kapsul? kalo saya masih lebih prefer 1.8 yg LGX bentuk lama... apa tuh ya, lupa... grand extra ya kalo ga salah... mantep bgt. masih platina, but setelan oke, lari nya edan... :D
Image
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by inoz »

ikut sharing aaahh
ana pake santi th 2002 2.4 L manual konsumsi BBM sekitar 1:10, ane pake speed yaaa rata-rata 140 kpj, di tol sb rumah pinggir tol jkt bdg
sudah ane tes berkali-kali konsumsi segitu, lumayan
klo kijang kapsul ku juga gak boros sih 1 : 8

ane beli sekond km 50.000, ada beberapa problem :
1. ban sudah kadaluwarsa lebih dari 7 th, makanya ane ganti walau masih bagus kembangannya, takut meledak mendadak
2. mesin suka batuk-batuk dan kadang2 gak ada tenaga, tapi klo sudah pake terapi 125 dtk, boil bisa maju normal kembali. maksudnya posisi kunci kontak distart, mesin masih mati, injak pedal gas sekitar 60 dtk lalu kontak di ACC, setalah itu kontak distart dan mesin hidup, ini manjur, tapi hanya untuk beberapa saat. solusi besarnya : ane tune up dan ganti semua cairan oli, mulai oli PW, oli rem, coollen radiator, oli persneling. boil bisa mak nyussss. tapi penyakit timbul lagi, sering mati mendadak dan tenaga ngempos
3. lalu ane priksan dan bersiin filter dan pompa bensin, dimana posisinya ada di dalam tangki blakang jadi mesti dibongkar. ternyata betul saringan kotor pisan dan dibersihkan. hasilnya mobil langsung maknyuuuuus sampe skarang
4. ban depan klo lewat jalan kriting, bunyi gluduk gluduk tapi handling dan high speed 160 kpj masih enak dan stabil
ane priksakan dengan bongkar kaki-kaki depan, walaaah mak shockbreaker sudah pada mati total, lalu ane ganti semuanya bushing, stabiliser, baljoint dan tie road
skarang sudah pada enak dan sudah ane coba 170 kpj enak tenan
itu sedikit pengalaman dengan santi ane
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

poeticmind wrote:kijang 1.8 mana nih? kapsul? kalo saya masih lebih prefer 1.8 yg LGX bentuk lama... apa tuh ya, lupa... grand extra ya kalo ga salah... mantep bgt. masih platina, but setelan oke, lari nya edan... :D
Kapsul lah bro, dah taun 2004 kok. Kalo ngatur gasnya pinter emang tenaga gampang didapet, kalo kurang pinter pasti bakal ngelitik ga keruan, kretekkretekkretek...
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by remedusakti »

ddaru wrote:
poeticmind wrote:kijang 1.8 mana nih? kapsul? kalo saya masih lebih prefer 1.8 yg LGX bentuk lama... apa tuh ya, lupa... grand extra ya kalo ga salah... mantep bgt. masih platina, but setelan oke, lari nya edan... :D
Kapsul lah bro, dah taun 2004 kok. Kalo ngatur gasnya pinter emang tenaga gampang didapet, kalo kurang pinter pasti bakal ngelitik ga keruan, kretekkretekkretek...
mesin 7k toyota emang hebt bgt ya, kan dari bawaan orok mesin kijang selalu ngelitik. sampe hafal kl lg didalam rumah ada mobil hbs belok n ngelitik pasti itu kijang :mrgreen: eh bener :mrgreen: ngelitik kan terjadi pembakaran sebelum waktunya otomatis ada mekanisme pergerkn dlm mesin mobil yg ga normal makanya ngelitik tp mesin kijng walopun ngelitik tetep aj bandel n awet. kl pake logika mesin yang gampang ngelitik harusnya gampang rusak ga ya? sory kl salah OOT..
poke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Apr 16, 2008 4:16

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poke »

uch wrote:
ddaru wrote: Ni mobil kalo untuk dalam kota lumayan boros menurut saya, rata-rata dalam kota kalo yang bawa papa ga sampe 1:10, paling-paling 1:8 sampe 1:9, kalo saya yang bawa pelan-pelan eco-driving 1:10 bisa deh, tapi susah banget. Luar kota bisa 1:11-1:12. Bagi saya seperti itu boros karena tidak sebanding dengan tenaganya, loyo banget. Untuk tenaga saya masih suka Mitsubishi Kuda yang 1600cc lho daripada Kijang EFI 1800cc. Beda sama Innova, mungkin dalem kota susah juga dapet 1:10, tapi tenaganya mantap.
-
1:11 luar kota, dah hemat banget tuh bos. Tapi "sebanding" juga ama tenaganya kali yg katanya loyo banget.
Kalo saya yg disuruh testimoni malah terbalik. Kijang 1.8 termasuk boros tapi tenaganya lumayan, terutama dibawah kagak ada matinye.
iya tuh, hemat banget...
soalnya gw pernah pake terano and kijang lgx dari bandung ke jogja, magelang and bandung pp
pake terano buat bensin abis 500 rb eh buat kijang bensin habis 750 rb... :cry:
gw sendiri aja sampe bingung, masa kijang 1800 cc lbh boros dari terano 2400 cc :?
tapi emang tarikan bawahnya enak..