komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by abrof »

billyd1773dz wrote:
cruizer wrote:@ billy

o iye, kyknya gout mesti se7 ama bokap lo. Drpd triton strada, mendingan navara, lebih gahar, mesinnya lebih power pula.

..........
yang saya garis bawahi, mungkin navara bisa nyemburin 174ps dalam kondisi mesin prima, untuk mencapai kondisi prima ini tentu bahan bakarnnya mesti yan memenuhi kriteriannya kan? nah kalau navara di isi bio/solar mungkin memang bisa, tpi powernnya enggak bakal bisa 174ps, walau tetep berasa kencang,sehingga ownernnya tidak sadar sampai tahap tertentu. belum efek samping penggunaan solar biasa yang bisa nyumbat nozel highpress CRDnya yang berujung mesin makin lemot. frontier lama sja yg nonCRD sering tuh kasus lemot gara2 nozelnnya kotor, blm klw misalnnya mesin overheating atau jebol lalu cylider headnya kena kalau tidak salah, nissan letak nomer mesinnya justru di bagian ini, jadi klw sampai rusak dan di ganti urusannya bisa sampai kepolisian.

thx
:beer:
Gw kemaren barusan ngobrol ama service advisornya nissan, untuk new frontier navara yg baru nozel injektor lebih tahan daripada frontier yg lama (3000cc), karena sdh disesuaikan dgn kondisi solar di indo. Sudah setahun lebih belum ada komplain, beda ama yg lama gak nyampe setahun sdh banyak yg ke bengkel untuk servis injektor bahkan ganti injektor.....cuman performanya beda ama yg di brosur tapi dia bilang masih diatas 150 HP lah....masih bisa spin kalo akselerasi....
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

shochu wrote:kalo mesin diesel VX100 rewel ga ya, sama solar jelek?
misalnya kita beli bekas & tu mobil dari awal sampe sekarang cuma pernah minum solar pertamina biasa doang, kira2 banyak potential problem ga sih?
@sochu, mo sharing .Kalo cuma solar pertamina tidak masalah, ya masalah solar mix minyak tanah atau air. Sekarang ini baru ada SPBU pasti pas yg bisa dipercaya, kalo dulu kan banyak spbu nakal, atau yg dipinggiran luar kota. Siapa yang tahu kalo gini.
Nah, berhubung tenaga dan torsi jeep diesel gede gede kayak VX, patrol, pajero gede gede plus peredaman nya bagus supirnya tidak sadar kalo solar yg baru diisi jelek kecuali yang sensitive banget ato ada yg perhatiin asap putih di knalpot, terus tangkinya juga gede 90lt (pajero), 160lt (VX) bisa 600 Km baru ngisi lagi ,kalo ngak dikuras tapi di geber terus ......

Saran kalo mo nyari Vx 100 ato SUV diesel taon tua lainya.ambil yang banyak pakai dalam kota, tapi KM jangan yang terlalu irit misal 7 tahun baru 40rb KM, ideal 1 taon 10 km kecuali yang mesin bensin. Karena yang diesel KM irit (original) jarang pakai justru akan jadi masalah seperti bahan karet pada kaki kaki :bushing, engine mounting, body miring, seal oli, ban retak, injector jamuran. Begitu di pakai jalan terus satu per satu giliran minta diganti. Faktor usia, kelembaban saat digarasi, bobot berat dan jarang gerak adalah penyebabnya.
VX 100 STD Bukan LTD, ganti lower arm, upper arm, seal seal oli yang di mesin, matic,gardan ,mounting 4 biji, shockbreaker depan kiri kanan di tahun 2006 hampir 40 jt loh.Yang rusak karet bushing nya, tapi tidak jual bushing tok jadi belinya komplit sama besi besi. Misal karet stopper shock pecah, jual nya harus sama shockbreaker 1 set .
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

abrof wrote:
billyd1773dz wrote:
cruizer wrote:@ billy

o iye, kyknya gout mesti se7 ama bokap lo. Drpd triton strada, mendingan navara, lebih gahar, mesinnya lebih power pula.

..........
yang saya garis bawahi, mungkin navara bisa nyemburin 174ps dalam kondisi mesin prima, untuk mencapai kondisi prima ini tentu bahan bakarnnya mesti yan memenuhi kriteriannya kan? nah kalau navara di isi bio/solar mungkin memang bisa, tpi powernnya enggak bakal bisa 174ps, walau tetep berasa kencang,sehingga ownernnya tidak sadar sampai tahap tertentu. belum efek samping penggunaan solar biasa yang bisa nyumbat nozel highpress CRDnya yang berujung mesin makin lemot. frontier lama sja yg nonCRD sering tuh kasus lemot gara2 nozelnnya kotor, blm klw misalnnya mesin overheating atau jebol lalu cylider headnya kena kalau tidak salah, nissan letak nomer mesinnya justru di bagian ini, jadi klw sampai rusak dan di ganti urusannya bisa sampai kepolisian.

thx
:beer:
Gw kemaren barusan ngobrol ama service advisornya nissan, untuk new frontier navara yg baru nozel injektor lebih tahan daripada frontier yg lama (3000cc), karena sdh disesuaikan dgn kondisi solar di indo. Sudah setahun lebih belum ada komplain, beda ama yg lama gak nyampe setahun sdh banyak yg ke bengkel untuk servis injektor bahkan ganti injektor.....cuman performanya beda ama yg di brosur tapi dia bilang masih diatas 150 HP lah....masih bisa spin kalo akselerasi....
@abrof, coba cek juga nissan palembang, medan,pekanbaru. injectornya disesuaikan dengan dengan solar jakarta doang ya, kenapa Navara tidak banyak disana malah masih banyak kelihatan Frontier nya.Terus Ranger dan Triton yang sudah CRD malah lebih banyak keliaran di sana, sudah hampir 2 tahun tapi jarang nongkrong lama di bengkel.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by abrof »

Gw di makassar, mungkin orang jarang pake navara karena trauma/takut lha wong Frontier teknologi lama aja banyak kena injektornya apalagi navara yg lebih modern....tapi ini di makassar lho...kebetulan ngobrol gara2 ada telp cari aksesori navara di sebelah itu SA....ya sekalian nanya2 Navara....malah gw komporin coba Navara ada model kayak Everest (Parthfinder) di Indo gw pesen dah...gitu gw bilang...dia jawab coba tanya ke marketingnya mas...
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

Om, ada thread judulnya "Nissan Navara yg mengecewakan" di http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 4&p=201848, mungkin bukan mengecewakan secara product, mungkin karena dapet unit yang memang ngga bagus
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by abrof »

Gw cuman ngomporin Service Advisor gak ada rencana beli navara, lha mobil yg lg ditunggu aja masih kurang duitnya (untung mobil blm dateng)...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

mdid wrote:
shochu wrote:kalo mesin diesel VX100 rewel ga ya, sama solar jelek?
misalnya kita beli bekas & tu mobil dari awal sampe sekarang cuma pernah minum solar pertamina biasa doang, kira2 banyak potential problem ga sih?
@sochu, mo sharing .Kalo cuma solar pertamina tidak masalah, ya masalah solar mix minyak tanah atau air. Sekarang ini baru ada SPBU pasti pas yg bisa dipercaya, kalo dulu kan banyak spbu nakal, atau yg dipinggiran luar kota. Siapa yang tahu kalo gini.
Nah, berhubung tenaga dan torsi jeep diesel gede gede kayak VX, patrol, pajero gede gede plus peredaman nya bagus supirnya tidak sadar kalo solar yg baru diisi jelek kecuali yang sensitive banget ato ada yg perhatiin asap putih di knalpot, terus tangkinya juga gede 90lt (pajero), 160lt (VX) bisa 600 Km baru ngisi lagi ,kalo ngak dikuras tapi di geber terus ......

Saran kalo mo nyari Vx 100 ato SUV diesel taon tua lainya.ambil yang banyak pakai dalam kota, tapi KM jangan yang terlalu irit misal 7 tahun baru 40rb KM, ideal 1 taon 10 km kecuali yang mesin bensin. Karena yang diesel KM irit (original) jarang pakai justru akan jadi masalah seperti bahan karet pada kaki kaki :bushing, engine mounting, body miring, seal oli, ban retak, injector jamuran. Begitu di pakai jalan terus satu per satu giliran minta diganti. Faktor usia, kelembaban saat digarasi, bobot berat dan jarang gerak adalah penyebabnya.
VX 100 STD Bukan LTD, ganti lower arm, upper arm, seal seal oli yang di mesin, matic,gardan ,mounting 4 biji, shockbreaker depan kiri kanan di tahun 2006 hampir 40 jt loh.Yang rusak karet bushing nya, tapi tidak jual bushing tok jadi belinya komplit sama besi besi. Misal karet stopper shock pecah, jual nya harus sama shockbreaker 1 set .

betul om... yg kurang ajar tuh solar yang mix sama yang lain parah bngt ini sih...
selain itu skrng sih, nda tw gw aja yg terlalu sensitif, kadang2 kerasa kalau gw ke daerah jawautara minum solar d pasti pas terus ke daerah selatan ngisi di pasti pas juga. yang di daerah utara rasannya lebih enak tuh solarnnya d banding yang di selatan...

ktannya sih, ada pengaruh dri kilang solarnnya.. yg d balongan lebih bagus dri d cilacap... pusing kan d pastipas aja bisa beda kualitasnya.. ini sya rasakan di mobil diesel TDi konvensional gmn d CRD pasti lebih kerasa lagi...

soal triton.... kemarin ngobrol sama temen dia baru pulang dri lokasi pertambangann d kalimantan, mobil disana baru baru semua, triton DiD dan GLX 4M40 nonCRD.... sudah setahun.. eh kena 1 injection pumpnya DiD jeprut... selain itu di pkennya bwat hard worker yang GLX masih lebih tangguh dan minim perawatan d banding DiD.

sya pikir ini masalah peruntukan, sma mitsunnya juga yang GLX memang d buat dgn part kaki2 yang lebih tebal dan tangguh seperti ford ranger SORVnnya, selain itu di kalimantan tempat tambang pedalaman gitu solarnnya udah nda bisa d jangjiin kualitasnnya.. bisa jadi udah kecampur minyak atau air selama transport ke pedalamannya..



om btw klw pajero DiD dgn VX80 halus mana om suara dan getarannya? beda sih 6cyld VS 4 cyld tpi di padu perema jadi halus mana om?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

billyd1773dz wrote:
om btw klw pajero DiD dgn VX80 halus mana om suara dan getarannya? beda sih 6cyld VS 4 cyld tpi di padu perema jadi halus mana om?

thx
:beer:
Hi Billy, kamu tuh salah jurusan, seharusnya Teknik Geology atau teknik Mesin yang cocok :big_peace:

Vx 80 dan DiD kalo sama2 baru Vx 80 lebih halus. Tapi tahun termuda Vx80 1999, sedangkan tahun tertua DiD adalah 2000 jadi DiD lebih halus . Tapi kalo DiD dibandingkan dengan VX 100 tahun tertuanya 2000 ya VX 100 lebih halus. Cuma kalo akselasi di jalan lurus atau tikungan DiD lawan VX100 ya DiD jauh di depan, apalagi kalo VX 80 ikut ada dinomor 3. No offence ya Vx driver or lover, ini sudah di test orang orang kantor. Faktanya Did 5 speed A/t, 2.2 Ton, suspensi agak firm keras dikit apalagi kalau banyak tikungan dan jalan pen2urunan sedang VX series ya tahu sendiri. Mungkin karena itu meski Vx ikut rally Paris Dakar tapi pajero 8X berturut menang di Paris Dakar ya :big_peace: :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

^^
hehehe ukuran bodi,suspensi FISS dan coefisien of dragnnya pajero DiD nda bohong... pasti bisa bikin lebih ngacir... hehehe

VX kan udah hampir d atas 2.5ton rigid pula serem klw d geber2 pasti limbung...


jadi kesimpulannya "pokonnya DID enak" gitu yah? hehehe :big_peace: :big_peace:



wah om.. klw geologi atw mesin ane nda kuat... kaga bisa ngitung.. bisa2 mabok sama kimia n fisikannya hehehe terus karna kesibukan lupa deh sma otomotif.... wkekeke

thx bngt yah om..
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
cintamobil
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Oct 30, 2008 15:50

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cintamobil »

billyd1773dz wrote:^^
hehehe ukuran bodi,suspensi FISS dan coefisien of dragnnya pajero DiD nda bohong... pasti bisa bikin lebih ngacir... hehehe

VX kan udah hampir d atas 2.5ton rigid pula serem klw d geber2 pasti limbung...


jadi kesimpulannya "pokonnya DID enak" gitu yah? hehehe :big_peace: :big_peace:



wah om.. klw geologi atw mesin ane nda kuat... kaga bisa ngitung.. bisa2 mabok sama kimia n fisikannya hehehe terus karna kesibukan lupa deh sma otomotif.... wkekeke

thx bngt yah om..
:beer:
allow bro.. Kalo yang permobilan beginian kyknya ga perlu kimia-fisika itung2.. Cukup palu godam doankk buat ketok2 kalo ada yang bocor. Wakaka.. Ngeliat sizenya, VX jelas sekali dan ga mungkin lah buat dipake geber2.. Blm ada LC yang ikut slalom ato drag race.. He3.. Pengalaman ane, mobil VX ini, karena rigid, enaknya sebenarnya di offroad ladang sawit.. (Krn gw dr sumut gitu loh).. Kalo di jalan aspal, he3.. ga begitu asik, plg buat ngusir angkot yang nyelonong.. Mesin jgn dilawan bung, awet pisan! Mesin 80VX solar banding am 2.5 V M/T inno, masih lebih bagus VX.. Bokap gw aj nyesal dia beli 2.5, katanya ko baru pake 2 tahun, tapi suaranya separah panther, n turbo ntah kemana, jd kyk Hi Ace aja.. VX?? sampai sekarang belum ada masalah (Paling ganti fuel pump 3 tahun lalu, sama master rem, bodi belum ad karat dan dempul)

Eh bos, gw mau nanya nih, knp ya kalo diesel intercooler ko ga pernah dipasang turbo timer? Kalo gw liat di LC, kyknya ada yah?!

:thanks:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

gw jadi pengen land cruiser ... :mrgreen:
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

billyd1773dz wrote:^^
wah om.. klw geologi atw mesin ane nda kuat... kaga bisa ngitung.. bisa2 mabok sama kimia n fisikannya hehehe terus karna kesibukan lupa deh sma otomotif.... wkekeke

thx bngt yah om..
:beer:
Coba bayangin dengan setelah tamat teknik geologi bisa kerja di pertambangan, pulang pergi tiap hari offroad kan asyik sampai puas :big_peace: . Kalo teknik mesin sudah bisa bikin mobil offroad diesel CRD hibrid electric yang tangguh dan bebas perawatan, tinggal ngenjot,off road Ok, city crusing Ok :big_peace:
Jadi Fisika dianggap transmisi dan suspensi, teros math kayak fuel yang irit dan murah , mungkin waterfuel 50, 50 air campur 50 BBM fosil ... :mad: :mad:
cintamobil
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Oct 30, 2008 15:50

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cintamobil »

gmx wrote:Om, ada thread judulnya "Nissan Navara yg mengecewakan" di http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 4&p=201848, mungkin bukan mengecewakan secara product, mungkin karena dapet unit yang memang ngga bagus
buset dah.. mobil ini ternyata bermasalah ya? tapi jgn salah loh, di Australia n US, mobil ini laku banget n ga pernah ad masalah.. HArganya juga diatas $ 35000.. ckckck.. pdhl gw ngiler bgt am pathfindernya.. Citra nissan pun lagi bagus karena livina n Xtrail, ko skrg begini yah.. Ogah bli nissan dl ah..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

mdid wrote:
billyd1773dz wrote:^^
wah om.. klw geologi atw mesin ane nda kuat... kaga bisa ngitung.. bisa2 mabok sama kimia n fisikannya hehehe terus karna kesibukan lupa deh sma otomotif.... wkekeke

thx bngt yah om..
:beer:
Coba bayangin dengan setelah tamat teknik geologi bisa kerja di pertambangan, pulang pergi tiap hari offroad kan asyik sampai puas :big_peace: . Kalo teknik mesin sudah bisa bikin mobil offroad diesel CRD hibrid electric yang tangguh dan bebas perawatan, tinggal ngenjot,off road Ok, city crusing Ok :big_peace:
Jadi Fisika dianggap transmisi dan suspensi, teros math kayak fuel yang irit dan murah , mungkin waterfuel 50, 50 air campur 50 BBM fosil ... :mad: :mad:
hehehe itu juga yang di bilangi bokap gw.. waktu gw ngotot pingin masuk IT hehehe.... masuk geologi aja ktanya.. bisa oprut tiap hari... atw teknik mesin.. kan seneng mesin ktanya... wah gw pikir, masa masuk geologi hannya karena seneng oprut.. :frm_bang_head: :frm_bang_head: bisa2 nggak lulus2 tuh... karena interest d materinnya kurang, bgtu juga teknik mesin.. jujur aja d sna kan fisika termokimia dan dinamika buanyak blm yg aneh... hehehe dri sma jg nilai nya pas pasan mulu....

tpi da gmn hati terbagi 2 antara mobil dan PC... hehehe intinnya sih seneng ngoprek om.. 2 2nya ada kesamaan gampang di oprek oprek.. :big_peace:

wah yang terakhir itu ane nda ngerti... hehehe klw om mdid kerjanya d bidang apa nih? pasti nda jauh-jauh dri teknik nih... hehehehe mohon bimbingannya yah om..

thx yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

cintamobil wrote:
allow bro.. Kalo yang permobilan beginian kyknya ga perlu kimia-fisika itung2.. Cukup palu godam doankk buat ketok2 kalo ada yang bocor. Wakaka.. Ngeliat sizenya, VX jelas sekali dan ga mungkin lah buat dipake geber2.. Blm ada LC yang ikut slalom ato drag race.. He3.. Pengalaman ane, mobil VX ini, karena rigid, enaknya sebenarnya di offroad ladang sawit.. (Krn gw dr sumut gitu loh).. Kalo di jalan aspal, he3.. ga begitu asik, plg buat ngusir angkot yang nyelonong.. Mesin jgn dilawan bung, awet pisan! Mesin 80VX solar banding am 2.5 V M/T inno, masih lebih bagus VX.. Bokap gw aj nyesal dia beli 2.5, katanya ko baru pake 2 tahun, tapi suaranya separah panther, n turbo ntah kemana, jd kyk Hi Ace aja.. VX?? sampai sekarang belum ada masalah (Paling ganti fuel pump 3 tahun lalu, sama master rem, bodi belum ad karat dan dempul)

Eh bos, gw mau nanya nih, knp ya kalo diesel intercooler ko ga pernah dipasang turbo timer? Kalo gw liat di LC, kyknya ada yah?!

:thanks:
oyah inova om udah seperti itu? kemudian kebul om? odometernya udah brp om? hehehe dri dulu.. penasaran sma CRD masih wait n see klaim atpm tuh bisa dipegang tidak... hehehe

soal turbo timer
gunannya untuk memberi delay, agar turbo yang semula berputar kencang dgn panas membera, selama kita cruising, agar bisa berhenti dulu sebelum mesin di matikan dgn memberi jeda mesin idle selama beberapa detik. bila sebelum turbo berhenti berputar mesin di matikan otomatis, suplai oli dri mesin bakal di tutup,bila suplai oli di hentikan bilah turbin yang berputar itu bisa menjadi aus dan panas dan mengalami kerusakan.
kalau diesel yang turbonnya VGT bahannya sudah lebih advance klw tidak salah dri keramik yg di gunakan nasa, yang tahan panas. sehingga aman langsung di matikan.

kalau inova sya kurang tahu om... tpi klw mau aman, sebelum matiin mesin om hitung sampai 20 aja dulu.... hehehe turbo timer manual...

klw 1HD-T sih wajib pke turbo timer juga om... CT26 turbonnya 1HD-T tuh turbo besar yang berputar cepat dgn boost bisa sampai 1,2bar.... sebagai langkah antisipasi aja om.. biar awet turbonnya...

yg enggak abis pikir lagi2 panther touring turbonnya kecil bngt... tpi ma atpmnnya udah di kasih turbo timer... play save kah?

klw pajero DiD gmn om mdid? pke turbo timer wajib kah?


thx yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

gmx wrote:gw jadi pengen land cruiser ... :mrgreen:
hehehe nyantai aja om... tlc VX80 harganya 2 biji pajero gen2 nih...... bwat ngimpi aja... hehehe


klw ada yang diesel uy pajero gen2 asik kliyah? tpi ane pernah lihat d bandung, kasian juga lgi d pinggir jalan bukap kap mesin terus asap knalpotnnya putih bngt kya motor 2tax...

wah ini sih kena injectornya nih... klw nda kompresinya bocor...

tpi saat itu triton GLX 4M40 belum masuk, mungkin saat itu sparepartnya masih susah kli yah?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
cintamobil
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Oct 30, 2008 15:50

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cintamobil »

billyd1773dz wrote:
gmx wrote:gw jadi pengen land cruiser ... :mrgreen:
hehehe nyantai aja om... tlc VX80 harganya 2 biji pajero gen2 nih...... bwat ngimpi aja... hehehe


klw ada yang diesel uy pajero gen2 asik kliyah? tpi ane pernah lihat d bandung, kasian juga lgi d pinggir jalan bukap kap mesin terus asap knalpotnnya putih bngt kya motor 2tax...

wah ini sih kena injectornya nih... klw nda kompresinya bocor...

tpi saat itu triton GLX 4M40 belum masuk, mungkin saat itu sparepartnya masih susah kli yah?

thx
:beer:
Wah, itu aneh juga yah. Mungkin solarnya udah kecampur am oli mesin kyknya.. Tapi ada yang aneh, kenapa ko mobil solar di bdg ga bnyk ya yah? jarang2 ngeliat asap jelaga item (kecuali damri).. Hrg LC 80 ud turun ko, kmrn tmn gw iseng2 mw nyari defender di jkt, ditawarin lc 80 240jt 95an.. tp ga tau bensin ato solar. kalo mau awet n spare part terjamin,sih mending LC. kl pajero rada2 ribet ya kyknya, secara populasi ga bnyk.. Btw gw suka am mobil solar jaman baheula.. Ha3.. Stater ga pernah bermasalah. Kalo ud lama ga pernah distart (>3minggu) tinggal pukul2 pompanya doank.. start gas dikit, udah jalan.. Ha3..

Innova odo nya baru 75rb.. Jrg dipake, kecuali pergi ke medan.. Dulu pake LC, cuman dl pertimbangan beli karena solar LC boros n ikut2an.. Skrg lagi mikir2 buat mau ganti. pengennya nissan. tapi gara2 td bc ad yg navara. weleh weleh.. ga jadi deh..
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

billyd1773dz wrote:^^
hehehe ukuran bodi,suspensi FISS dan coefisien of dragnnya pajero DiD nda bohong... pasti bisa bikin lebih ngacir... hehehe
VX kan udah hampir d atas 2.5ton rigid pula serem klw d geber2 pasti limbung...
jadi kesimpulannya "pokonnya DID enak" gitu yah? hehehe :big_peace: :big_peace:
:beer:
He he he Billys jangan ngomporin LC lover dong :big_peace: Sebenarnya semuanya enak kok. Tapi tergantung kebutuhan kita dan tempat kerja kita. Beda kebutuhan atau beda medan maka mana yang enak juga berubah.
Dulu waktu pembukaan lahan di sumatera, Aku lebih suka bawa VX , jalan primer yang darurat jelek dilalui dengan enak oleh VX. kecepatan dan memperpendek waktu tempuh bukan prioritas saat itu, yang penting bisa keluar masuk lokasi. Tapi sekarang, jalan ke lahan sudah ada meski hanya tanah yang dikerasin, kontur dan kondisi medan sudah hafal dengan Pajero Di-D jauh lebih cepat dan enak.
Waktu kembali ke jakarta, setelah pikir lama aku putusin pake Pajero Di-D pertimbangan nya lebih dari 50% mobil dipakai on road, lebih banyak nyetir sendiri, pergian ada wanita dan anak anak naik turun gampang. Coba bayangkan ada yang pake rok mini dan ketat naik / turun LC :shrug: :shrug:
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

[quote="billyd1773dz
wah yang terakhir itu ane nda ngerti... hehehe klw om mdid kerjanya d bidang apa nih? pasti nda jauh-jauh dri teknik nih... hehehehe mohon bimbingannya yah om..

thx yah
:beer:[/quote]

Yang terakhir motitvasi tugas mulia tuk menurunkan emisi carbon.Eropa fokus ke pegembangan ke diesel, jepang ke hybrid. Nah nanti Billy yang mengabungkan kedua teknologi tsb . Kuliah jurusan IT bagus sekali, sekarang dan kedepan semua barang akan fokus mobile technology. IT adalah sarana untuk pengabungan ke sana. the secret thing for better living is not to do what you like, but to like what you do. Mohon sharing ilmu ya juga, sekarang belajar tidak jamannya harus dari yang tua ke muda lagi. Salam buat ortu, kapan kapan ajak offroad bareng yo ...
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

[quote="cintamobil"]
Hrg LC 80 ud turun ko, kmrn tmn gw iseng2 mw nyari defender di jkt, ditawarin lc 80 240jt 95an.. tp ga tau bensin ato solar.

[quote="]
LC Vx 95-96 kayaknya belum ada intercooler. Perbedaan tenaga lumayan terasa, apalagi kalau lagi narik sampai rpm tinggi.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

gmx wrote:gw jadi pengen land cruiser ... :mrgreen:
@gmx, pinjam dan coba dulu landcruiser deh baru kasih commet. Saran ,kalo mo yang enak harus cari dan coba LX 470 atau min VX LTD. Kalo Sahara, mainan di dalamnya ngak semenarik VX ltd, malah Pajero Gmx lebih banyak dari sahara.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

billyd1773dz wrote:
cintamobil wrote:
allow bro.. Kalo yang permobilan beginian kyknya ga perlu kimia-fisika itung2.. Cukup palu godam doankk buat ketok2 kalo ada yang bocor. Wakaka.. Ngeliat sizenya, VX jelas sekali dan ga mungkin lah buat dipake geber2.. Blm ada LC yang ikut slalom ato drag race.. He3.. Pengalaman ane, mobil VX ini, karena rigid, enaknya sebenarnya di offroad ladang sawit.. (Krn gw dr sumut gitu loh).. Kalo di jalan aspal, he3.. ga begitu asik, plg buat ngusir angkot yang nyelonong.. Mesin jgn dilawan bung, awet pisan! Mesin 80VX solar banding am 2.5 V M/T inno, masih lebih bagus VX.. Bokap gw aj nyesal dia beli 2.5, katanya ko baru pake 2 tahun, tapi suaranya separah panther, n turbo ntah kemana, jd kyk Hi Ace aja.. VX?? sampai sekarang belum ada masalah (Paling ganti fuel pump 3 tahun lalu, sama master rem, bodi belum ad karat dan dempul)

Eh bos, gw mau nanya nih, knp ya kalo diesel intercooler ko ga pernah dipasang turbo timer? Kalo gw liat di LC, kyknya ada yah?!

:thanks:
oyah inova om udah seperti itu? kemudian kebul om? odometernya udah brp om? hehehe dri dulu.. penasaran sma CRD masih wait n see klaim atpm tuh bisa dipegang tidak... hehehe

soal turbo timer
gunannya untuk memberi delay, agar turbo yang semula berputar kencang dgn panas membera, selama kita cruising, agar bisa berhenti dulu sebelum mesin di matikan dgn memberi jeda mesin idle selama beberapa detik. bila sebelum turbo berhenti berputar mesin di matikan otomatis, suplai oli dri mesin bakal di tutup,bila suplai oli di hentikan bilah turbin yang berputar itu bisa menjadi aus dan panas dan mengalami kerusakan.
kalau diesel yang turbonnya VGT bahannya sudah lebih advance klw tidak salah dri keramik yg di gunakan nasa, yang tahan panas. sehingga aman langsung di matikan.

kalau inova sya kurang tahu om... tpi klw mau aman, sebelum matiin mesin om hitung sampai 20 aja dulu.... hehehe turbo timer manual...

klw 1HD-T sih wajib pke turbo timer juga om... CT26 turbonnya 1HD-T tuh turbo besar yang berputar cepat dgn boost bisa sampai 1,2bar.... sebagai langkah antisipasi aja om.. biar awet turbonnya...

yg enggak abis pikir lagi2 panther touring turbonnya kecil bngt... tpi ma atpmnnya udah di kasih turbo timer... play save kah?

klw pajero DiD gmn om mdid? pke turbo timer wajib kah?


thx yah
:beer:
@billy dan @cintamobil,
di pajero Di-D tidak ada turbo timer. Di mannualnya cuma di kasih kalo mobil di pakai lama dengan rpm tinggi >3000 kayaknya jalan keluar kota via tol waktu sebelum dimatikan tunggu 20 detik.Lagian boost turbo pajero ngak tinggi amat kayak mobil bensin. Kalo stop n run dalam kota tidak apa apa. Kenyataannya sampai sekarang sudah 8 tahun Pajero ngak masalah dengan turbonya. Yang diperhatikan pemilihan oli speknya cocok untuk turbo.Tapi sempat binggung juga lihat isuzu phanter turbo yang dipasangi timer dari pabriknya ?
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

mdid wrote:@gmx, pinjam dan coba dulu landcruiser deh baru kasih commet. Saran ,kalo mo yang enak harus cari dan coba LX 470 atau min VX LTD. Kalo Sahara, mainan di dalamnya ngak semenarik VX ltd, malah Pajero Gmx lebih banyak dari sahara.
:mrgreen: ngga kok om, cuma pikiran iseng aja, pajero seri II ini juga udah lebih dari cukup.. :mrgreen:
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

shochu wrote:kalo mesin diesel VX100 rewel ga ya, sama solar jelek?
misalnya kita beli bekas & tu mobil dari awal sampe sekarang cuma pernah minum solar pertamina biasa doang, kira2 banyak potential problem ga sih?
so far kaga...tinggal pinter2 nyari nya aja coy, bila perlu bawa ke bengkel langganan yg biasa cbu utk periksa.
Setelah beli, umumnya mobil bekas, pasti lsg ganti oli semua muanye, tune up, bersihin filter solar. Kecuali klo tuh mobil ada history di atpm.
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cruizer »

cintamobil wrote:Sori, newbie juga mau ikutan comment.. :e-think:

Kalau mau nyari yang irit, mending jgn VX 80, karena teman gw punya tahun 1997 n solarnya boros banget.. jakarta-bdg, 500rb duit bbm... Kalo VX 80 setahu saya manual yah, karena yang matik kan VX-R? Harga VX kalo tidak salah udah lumayan terdepresiasi, mungkin sekitar 270 thn 95.. Mau punya teman saya? warna merah, tapi plat medan.. he3..

saran ane, kalo buat dalam kota, mending pakai bensin aja.. mengingat solar kita yang belum baik.. He3.. kasian juga kan, teman moto-rider kita terbatuk2 kena asap hitam diesel yang bau banget itu.. Ha3.. Kalo itu, pilihan yang cukup tepat sepertinya HArrier.. Ha3.. Tapi btw harganya berapa ya sekennya..
ga jg coy. dulu pernah pk vx / vx-r kedua2nya fc nya normal dan mirip sekitar 1:10an.
Mungkin mesin temennye kurang dirawat.

bensin lokal juga belum bagus kualitasnye, jd sama aja. Jadi kembali ke perawatan. O iye crdi udah hampir tidak berasap bos.