SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 24 Oct 2014, 22:22

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 25 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 11 Mar 2008, 22:25 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
ada yg udh buat topic soal Honda GL series..sy jg boleh dong ikut2an buka topic soal Yamaha RX :)
mulai dr RX-100, RX-125, RX-S/Special, RX-K/King, sampe RX-Z.

karena sy suka sama King makanya sy mulai dgn King dulu deh..
biar udh terhitung motor jadul tp RX-King tetep jd legenda motor2 di Indonesia. terutama soal kecepatan biar skrg ini udh banyak motor2 yg lbh cepat drpd King tetep aja jd idola. buktinya harga pasaran King msh terbilang stabil dan msh banyak jg yg cari.

sayangnya isu soal uji emisi gas buang ditambah lg naiknya harga BBM membuat King jd kurang diminati. sekarang jamannya motor 4t yg rendah emisi dan irit BBM. dgn kemajuan teknologi banyak jg motor2 bebek 4t yg lbh kencang drpd King tp ga lbh boros BBM drpd King. salut! :beer:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Mar 2008, 14:38 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 05 May 2007, 10:07
Posts: 702
^^ RX King = Motor Jambret jadul :mrgreen: yg paleng inget cuma itu

_________________
wait ajah deh... klo sempet seh.. see :mrgreen:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Mar 2008, 18:12 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 29 Jan 2008, 08:10
Posts: 444
Iya yah.. RX King itu satu2nya motor yang ane anggep legenda di tanah air kita..
Coz gini, betul yang bro2 bilang kalo keunggulan RX itu mesin nya yang kenceng. Tapi kalo kita pikir-pikir lagi,

Satu-satunya motor yang bertahan lebih dari 20 tahun tanpa banyak berubah bentuk? Ya cuma RX King kan. Pada jamannya, Honda GL juga diminati, tapi seiring waktu berjalan, Honda harus ngerobah bentuk nya sampe jadi Megapro seperti skrg ini, supaya peminatnya tetep banyak. Coba kalo GL Pro tetep model yang sama spt waktu tahun 1980an. Tapi RX King, model sama ajah, cuma bentuk tangki berubah dikit (apa malah ga berubah ya, ga tau deh), terus lampu sein, ama spidometer.

Maap ane sih ga pernah punya RX King, maap kalo info nya salah. Just my opinion. ;)


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Mar 2008, 00:12 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
RX-King sy dulu thn 1993 diblok mesinnya msh ada cap Y-2 trus dibak koplingnya ada grafir MADE IN JAPAN..skrg motornya udh dijual.

skrg punya King 97 ga ada tanda2 spt itu. malahan blok aslinya udh ga jelas ke mana. skrg sy pake YP-1 (King th 2000+) dpt ngoplos dr temen.

klo dr bentuk tangki sy lht King ga ada perubahan apa2 cuma di spido aja.
klo dibagi generasinya..

1983-1994 spido kotak - panel terpisah (generasi King Cobra)

1995-2000 bentuk spido menyatu - panel2nya jd satu (generasi King Jumbo)

2001+ ada yg bilang istilahnya King millenium. cirinya warna silver body/mesin sama

2002 perubahan dimodel spidometernya model bulat menyatu kesannya klasik pdhal itu cuma copotan dr RX-Z yg sejak 1997 udh stop produksi.

2003 ditandai dgn hadirnya RX-King limited edition klo ada yg punya special edition ini spidometer lapis emas biar cuma tipis..soale waktu itu King udh mencapai 20thn produksinya

2006 King dipasangi semacam alat diknalpot spy lbh rendah emisi.

2008 denger2 produksi King msh jalan terus??

klo King msh produksi berarti usianya udh mencapai 25th!!

dr semua merk yg typenya rata2 udh ber-evolusi tp ga demikian dgn King.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Mar 2008, 07:38 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 09 Jul 2007, 11:19
Posts: 11
Baca RX jadi inget masa SMA ....
Saya SMA di Jogja tahun 1994 pakai RX-Z, modif dikit:
- monosock pakai punya AR, sock RGR
- firing buatan satya sunarso jogja
- stang punya RZR dipotong dikit ujungnya
- velg + ban punya tiger
- full black kecuali velg
saat itu sih rasanya dah mantap, soalnya jarang ada motor modif, tidak seperti sekarang.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 18 Mar 2008, 22:21 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
RX-Z termasuk motor kategori sport turing mesinnya lbh tahan panas drpd King sayangnya usia produksinya pendek. RX-Z diproduksi sejak 1990-1997 selebihnya ga ada.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Mar 2008, 01:57 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 660
Location: Yogyakarta
King masih bisa melawan mesin2 sekarang lo, apalagi mesin2 4t yang cuma dibawah 200 cc. bahkan yang 250 cc (tes jalanan komparasi thunder 250 vs rx king knalpot racing versi m+) syaratnya, mesin dirombak dikit, ato mesin std pake knalpot racing, ato std tapi yang bawa jago. kalo mesin std, mungkin top speed kalah, tapi siapa yang mau top2an di jalanan indonesia? paling kalo lagi sepi n bali. jelas, kalo bali mesinnya dh dirombak, n pasti kenceng abis. yang pasti 2t tarikannya tetap lebih kencang. coba aja, liat di dragbike, semua catatan waktu kelas FFA pasti direbut pengguna 2t. Sayangnya, teknologi mesin gak berubah, coba dipasangi Direct injection, pasti bisa jauh lebih irit dan ramah lingkungan tanpa pasang macam2 di knalpotnya.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Mar 2008, 09:29 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Mar 2008, 12:31 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
http://www.youtube.com/watch?v=Mexx5XlX7Hw

di video itu YAMAHA RXS yg sanggup masuk 140kpj..ga heran emang..masuk diakal

ga usah heran..
soale..biar motor jadul ga ada CDI limiter segala..tinggal main karbu jg udh kenceng..

lagian jg seri Yamaha RX emang diciptakan buat ngebut alias 'born to run'

sapa mo lawan!?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Mar 2008, 22:02 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
baca di motorplus minggu kemaren katanya lingkar roda pengaruh ke konsumsi BBM..

jd pengen ganti velg nih di King ke 17"

tp koq keliatannya jd jelek yah?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Apr 2008, 09:12 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 660
Location: Yogyakarta
Eh, lingkar roda berpengaruh, tapi itu berlaku buat jalan macet. coba baca, tesnya kan di jalan macet. efeknya seperti pake perbandingan sprocket berat buat jalan macet atau tanjakan. pasti gas dibuka lebih besar, dan hasilnya lebih boros. beda kalau untuk jalan yang tidak macet. justru ban kecil atau perbandingan sprocket ringan lebih boros karena gas dibuka lebih besar pada kecepatan yang lebih tinggi.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2008, 22:34 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
sy cuma cari gesitnya aja..ga bwt nguber top speed..tp secara tampilan jd jelek.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Apr 2008, 10:39 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
ternyata pake stang jepit di King ga enak bgt. udh balikin skrg lg nyoba pake stang Ninja.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 May 2008, 21:36 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
ini adlh 'seremoni perpisahan' sy dgn King kesayangan yg mulai hr ini dikandangin dlu sampai batas waktu yg ga ditentukan..boros BBm :(

sekalian jajal snalpot kolong telo dijalan baru LA tembusan yg ada antara IISIP yg ada pom bensin Petronas sampe fly over Tanjung Barat. gila King sy tiap oper gigi ngangkat..wktu itu emang sikon jalanan emang sepi bgt..ga ada motor2 yg kenceng2an yg ada cuma motor2 bebek yg pd jalan nyantai dijalur kiri.

di rel KA sy lht KRL Pakuan..barusan melintas..sy uber kena kepalanya trs bs lewat deh tuh..ga lama kemudian sy udh sampe dikolong flyover Tanjung Barat trus balik arah ke Depok.

perjalanan pulang..
rencananya cuma mo jalan nyantai aja tp di perjalanan pulang ini tp sempet gatel tangan gara2 lht CBR dr situ sy tempel truus..ngikutin aja ke mana arahnya..biarin aja dia seneng dulu..pikirnya dia sy ga bs ngejar kli. :P

didepan stasiun UP berhasil sy tinggal jauh2 disitu yg kedengeran cuma suara snalprotnya aja..tulisannya sih Yoshimura..apa yoshimurah tuh.. :P trus ngebantai Satria F ama maen2 bentar ama bebek2 sampe fly over UI.

sampe di Margonda macet. ga bs kenceng2 lg ga taunya ada polantas di Pesona Khayangan yg ngatur arus keluar masuk kendaraan yg keluar masu komplek..lanjut perjalanan nyantai sampe Sawangan.

pesan sy..
jangan maen2 ama sang Raja. motor 2t ga kya 4t..mo lari hrs ngobok gas dulu..klo 4t mo menang butuh trek yg panjaaaaannnng sekali. :e-naughty:

hahahaa..kesannya..kya sy yg punya jalanan aja yah.. :)

pastinya..
hati2 dijalan ajalah.

sampe sang Raja dikandangin..sy ga pernah tau brp top speednya? :roll:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 May 2008, 22:00 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 02 Jan 2008, 00:15
Posts: 196
ngomongin RX king jd inget tahun 1998 waktu saya masuk SMU kelas 1. nyokap ngebeliin tuh motor. waktu itu badan masih ceking jd pas bw king rasanya terbang-terbang gt. msh inget Fc Rx king standar 1L :35 km. tarikan neh motor mantap, maklumlah motor jambret. tp kurangnya emang top speed. kondisi standar maximal cm dpt 120an. tp speedometernya 120an bener2 120an deh. pernah punya honda supra tahun1997, top speed gile nyentuh 140kpj, eh pas dipadanin ama king ternyata labih cepet king yg lari 120kpj.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 05 May 2008, 23:00 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
remedusakti wrote:
ngomongin RX king jd inget tahun 1998 waktu saya masuk SMU kelas 1. nyokap ngebeliin tuh motor. waktu itu badan masih ceking jd pas bw king rasanya terbang-terbang gt. msh inget Fc Rx king standar 1L :35 km. tarikan neh motor mantap, maklumlah motor jambret. tp kurangnya emang top speed. kondisi standar maximal cm dpt 120an. tp speedometernya 120an bener2 120an deh. pernah punya honda supra tahun1997, top speed gile nyentuh 140kpj, eh pas dipadanin ama king ternyata labih cepet king yg lari 120kpj.


masa sih cuma 120kpj??
dulu waktu punya King 93 masuk 160kpj..keadaan standarrrr ngetesnya di LA. klo King sy yg skrg ini ga tau deh tuh brp..soale belinya secondhand udh bondol. :P

kemungkinan King keluaran 1995 s/d skrg (jumbo) tuh mesinnya udh bukan buatan Jepang..bs dilihat tulisan cetakan diblok kopling ada tulisan MADE IN INDONESIA. beda ama King 83-94 (cobra) yg msh asli Jepang pastinya diblok kopling ada tulisan cetakan MADE IN JAPAN. ga heran performanya menurun.

soal Supra..
spido Supra tuh banyak yg ngaco..punya temen jg ada yg katanya masuk 140 tp pas dicek ama motor yg sama..ternyata yg ktanya 140 itu cuma 90kpj. pas dibongkar gigi nanas spido yg ada di as roda dpn udh gompal..makanya jalannya jarum spido jd loncat2.

jadinya..
klo mo ngebohongin temen soal top speed motor sih gampang aja..cukur aja dikit gigi nanas 1 mata pasti top speed bertambah 10kpj.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 May 2008, 23:02 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 02 Jan 2008, 00:15
Posts: 196
anak_singkong wrote:
remedusakti wrote:
ngomongin RX king jd inget tahun 1998 waktu saya masuk SMU kelas 1. nyokap ngebeliin tuh motor. waktu itu badan masih ceking jd pas bw king rasanya terbang-terbang gt. msh inget Fc Rx king standar 1L :35 km. tarikan neh motor mantap, maklumlah motor jambret. tp kurangnya emang top speed. kondisi standar maximal cm dpt 120an. tp speedometernya 120an bener2 120an deh. pernah punya honda supra tahun1997, top speed gile nyentuh 140kpj, eh pas dipadanin ama king ternyata labih cepet king yg lari 120kpj.


masa sih cuma 120kpj??
dulu waktu punya King 93 masuk 160kpj..keadaan standarrrr ngetesnya di LA. klo King sy yg skrg ini ga tau deh tuh brp..soale belinya secondhand udh bondol. :P

kemungkinan King keluaran 1995 s/d skrg (jumbo) tuh mesinnya udh bukan buatan Jepang..bs dilihat tulisan cetakan diblok kopling ada tulisan MADE IN INDONESIA. beda ama King 83-94 (cobra) yg msh asli Jepang pastinya diblok kopling ada tulisan cetakan MADE IN JAPAN. ga heran performanya menurun.

soal Supra..
spido Supra tuh banyak yg ngaco..punya temen jg ada yg katanya masuk 140 tp pas dicek ama motor yg sama..ternyata yg ktanya 140 itu cuma 90kpj. pas dibongkar gigi nanas spido yg ada di as roda dpn udh gompal..makanya jalannya jarum spido jd loncat2.

jadinya..
klo mo ngebohongin temen soal top speed motor sih gampang aja..cukur aja dikit gigi nanas 1 mata pasti top speed bertambah 10kpj.


yup, king saya 98. waktu itu nyobain king tetangga thn rada tuaan, pas dicoba ternyata beda bgt ama saya puny, getran mesin lbh hls, tarikn lbh entng(kond standar). 160kpj? sproket belkng apa dikecilin ya buat ngejet top speed?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 May 2008, 06:33 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 01 May 2008, 10:34
Posts: 190
gw ingetnya cuma 1 = "Di-Asapin" :(


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 May 2008, 01:25 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 660
Location: Yogyakarta
bedanya 4 t dan 2t, pernah py bebek 2t, sprocket depan 14 mata diganti 16 mata, topspeed naik 20 kph. kalo 4t, dalam cc yang sama naik dari 14 mata ke 15, topspeed malah turun, mesin gak kuat, apalagi kalo dinaikkan jadi 16.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 May 2008, 13:25 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
Cloud wrote:
bedanya 4 t dan 2t, pernah py bebek 2t, sprocket depan 14 mata diganti 16 mata, topspeed naik 20 kph. kalo 4t, dalam cc yang sama naik dari 14 mata ke 15, topspeed malah turun, mesin gak kuat, apalagi kalo dinaikkan jadi 16.


itu krn hantaran torsi pd kedua jenis mesin tsb beda.

coba baca di 'torsi pd sepeda motor' deh.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 May 2008, 15:25 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Apr 2008, 00:01
Posts: 1214
Location: -=SURABAYA=-
anak_singkong wrote:
Cloud wrote:
bedanya 4 t dan 2t, pernah py bebek 2t, sprocket depan 14 mata diganti 16 mata, topspeed naik 20 kph. kalo 4t, dalam cc yang sama naik dari 14 mata ke 15, topspeed malah turun, mesin gak kuat, apalagi kalo dinaikkan jadi 16.


itu krn hantaran torsi pd kedua jenis mesin tsb beda.

coba baca di 'torsi pd sepeda motor' deh.


tull.... klo 2 tak kan emang di rpm atas aja....

klo diganti lebih berat girnya, masih bisa naik.

klo 4 tak ya berat...

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 May 2008, 22:23 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 08 Apr 2004, 19:02
Posts: 539
Location: B A N D U N G
waduh.. ini motor gila yang bener2 Two Thumbs Up deh...

bener-bener gak ada lawannya..

tapi kalo vs Satria 120 gimana ya? soalnya aga2 sama gilanya sih.. hehehe..

_________________
B6133PJO


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 May 2008, 08:06 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 660
Location: Yogyakarta
sama satria 120 kalo standar jelas menang king/special. kalo dikorek, lain cerita, tergantung korekannya.
temen saya punya satria 120 standar, topspeednya maksimal 115 kph, bisa 120 kph, tapi berat banget, bahkan tarikan n topspeed sama fizr teman sekelas kalah (fizr standar)
nah, punya kakak saya, satria 120 nya bisa ngalahin rx king standar, bahkan rx king semi korek. ubahannya cukup sederhana, bobok knalpot, porting n polish, papas head. spuyer karbu cuma dinaikin beberapa step.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2008, 15:37 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 22 May 2008, 12:17
Posts: 171
Location: www.rubycruiser.net
hueheehhee..
RX-King, the best 1st motorcycle i ever have..

tahun 1994 punya king cobra lansiran 1986, oversize 100, setang jepit, knalpot telo made in surabaya, peredam RPM nya motor trail, pake airscoop di bawah, gas spontan Magura + alat pengenteng kopling Easy Clutch.

korekan hasil buah tangan abang sendiri. whuuuaaah.. serasa jagoan jalanan deh, maklum namanya anak SMA baru punya SIM.

Jkt-Sumedang jalan sendirian, wuiiiih pegel tenaaaan.. akhirnya ganti setang 3/4 punya trail waktu itu beli di MSD di kawasan Senen (sekarang cuman ada di Radio Dalam), lumajan gak pegel2 lagi.

After all, say good bye to Mr. RX in 1997. Ganti sama RGR 93 body belakang pake RGR 91.

huehehe..

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2008, 21:21 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Posts: 995
Location: Indonesia
emang bener kta situ..
King enakan pake stang 3/4 lbh enteng kyanya utk 'ngutik'

King sy jg waktu br beli pake stang jepit variasi trus sy ganti ama punya Ninja..lumayan badan ga telalu bongkok.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 25 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com