SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 24 Jul 2014, 02:36

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 42 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: (ASK) Suspensi Panther
PostMessage posted...: 09 Feb 2008, 09:37 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
Wanna ask bro, adakah pengalaman bro semua bikin suspensi belakang (daun) panther jadi lebih empuk?
Apa harus modif leaf spring nya atau ganti shock macam bilstein, tokico dll.
Kasih bengkel yg recommended dong, asal jangan yg kelas Terminal Per (Penas)................... mahal bro.

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Feb 2008, 20:02 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
Pada kemana aja nih pakar2 per. Ya udahlah saya jawab aja sendiri. MAU EMPUK? GANTI AJA PER SE MOBIL2NYA SEMUA SAMA YG LEBIH CEPER................... SEDAN.

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Feb 2008, 15:18 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 30 May 2006, 14:02
Posts: 1746
Mau empuk doang ? Ini salah tiga caranya.

1. Potong Per 2 agar Per 1 lebih banyak bergerak. Termasuk juga buat mobil yg Per 1 dan 2 menyatu di shackle (anting nya). Pisahkan dan potong per ke 2. Kalo masih kurang empuk juga.
2. Pindahkan "ikatan" per dari atas poros ke bawah poros roda. Masih kurang juga ?
3. Ganti per nya dengan per yg lebih lurus. Semakin lurus semakin empuk. Makin mendekati huruf U, makin keras.

Prosedur diatas tidak berlaku kalo request nya "makin empuk tapi tetap bisa bawa beban 1 ton" :D


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Feb 2008, 23:40 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
bro, modif per nya setelah shock diganti dulu gak? atau tetap pake SA standar.
ada bengkel rekomen?
thanks a lot bro atas responnya.

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Feb 2008, 14:26 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 30 May 2006, 14:02
Posts: 1746
Diganti dong bro. Cari shock yg olie. Kalo bengkel nggak bisa rekomen.

Bro. Mobil tinggi terlalu empuk jg nggak enak lho. Ntar goyang dombret bikin mual perut kalo lewat jalan gelombang.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Feb 2008, 07:56 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2007, 11:41
Posts: 303
Hmm

Saya pemakai Panther Turbo thn 2005
Wih kerasnya minta ampun ... padahal Panther yg lama kan empuk ...
Kemudian saya ganti PER yang paling dekat ke TANAH (Per yang pendek) dengan PER yang lebih tipis ...

Karena lebih tipis dia lebih mudah berayun ...

Kalau di Surabaya pergi saja ke Timur Jaya Spring di sebelah pasar atum yang sekarang tidak boleh parkir mobil ... nah di seberangnya ...

Sekarang Panther saya nyaman sekali ... karena memang saya tidak pakai untuk barang :)
Kalau masih mau bawa barang 1 ton jangan diganti PER nya ...
Tetapi kalau cuma bawa keluarga full loaded dengan barang bawaaan ke luar kota bisa diganti PER nya


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Feb 2008, 23:04 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
Thanks bro budi, really useful info. Memang panther saya juga hanya mobil keluarga, 3 anak + baby sitt. Makanya pengennya berharap lebih dari sebuah panther ini. Rasanya dari pilihan2 yg ada, ganti 1 spring lebih bisa diterima. btw per yg paling bawah tuh yg no 3 atau 4, karena saya lihat ada 3 per melengkung dan 1 agak lurus tebal paling bawah. ????

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Feb 2008, 08:35 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7666
BudiDarmawan wrote:
Hmm

Saya pemakai Panther Turbo thn 2005
Wih kerasnya minta ampun ... padahal Panther yg lama kan empuk ...
Kemudian saya ganti PER yang paling dekat ke TANAH (Per yang pendek) dengan PER yang lebih tipis ...

Karena lebih tipis dia lebih mudah berayun ...

Sekarang Panther saya nyaman sekali ... karena memang saya tidak pakai untuk barang :)
Kalau masih mau bawa barang 1 ton jangan diganti PER nya ...
Tetapi kalau cuma bawa keluarga full loaded dengan barang bawaaan ke luar kota bisa diganti PER nya


Trus dah itu cari shock double action yg oli, sukur2 masih bisa nemu yg buatan KONI :mrgreen:

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Feb 2008, 18:03 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
Kemarin saya lihat Panther 2006, saya Black Panther 2003. Ternyata per belakang kok beda ya?
Jadi yg 2006 ada 4 per, semuanya melengkung U, tapi kalo mobil saya Per No.1 lurus (pendek dan tebal) kemudian 3 diatasnya nempel diatasnya melengkung, jadi yang antara per no 1 dan 2 bersinggungan saja. Kalo ganti per seperti bro BudiDarmawan yang diganti yang no 1 atau no 2 buat saya?
thanks.
btw shock Koni Double Action dimana bisa didapat?

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Feb 2008, 12:02 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2007, 11:41
Posts: 303
hard_joe wrote:
Thanks bro budi, really useful info. Memang panther saya juga hanya mobil keluarga, 3 anak + baby sitt. Makanya pengennya berharap lebih dari sebuah panther ini. Rasanya dari pilihan2 yg ada, ganti 1 spring lebih bisa diterima. btw per yg paling bawah tuh yg no 3 atau 4, karena saya lihat ada 3 per melengkung dan 1 agak lurus tebal paling bawah. ????


Betul yang paling bawah itu yang lurus paling tebal .. diganti .. tapi hati hati yah gantinya jangan terlalu tipis karena pada waktu aku minta ganti aku minta yang lebih tipis tapi yang pasang bilang 'jangan Pak', ini yang pas ...
Karena kalau terlalu tipis/empuk bisa limbung .

Sebaiknya kalau toko carilah yang sudah sering ganti per Panther dan memang usahanya cuma per doang ...
Kalau di Sebelah pasar Atum jalan waspada toko "timur jaya spring" memang dia khusu jualan per doang ... :) :) :)
dan tukangnya sudah sering ganti per panther ... bukan promosi yah ... :) :) :)


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Feb 2008, 21:52 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
Thank you Pak Budi, Pasar Atum dimana? saya lokasi di jakarta timur.
btw shock bawaan panther merk apa ya?

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Feb 2008, 08:52 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2007, 11:41
Posts: 303
Sorry .. Gue di Surabaya ...
Oh iya untuk shock Gue gak ganti karena ternyata sudah cukup nyaman ...
Setelah Gue ganti per nya sudah nyaman ... dan juga tidak berayun ... ARTINYA shock juga meredam

Sampe anak gue bilang wah sekarang enak yah kalau kena lobang cuma geli geli ... :) :) :)
dan bilang kalo gini lebih enak Panther dari pada GL karena luas dan sudah empuk :) :) :)

OH iya informasi Gue keluar duit cuma 65.000 an (beli per nya thn 2007) kalau gak tahu dianggap 120.000
Karena dianggap semua spare partnya diganti seperti karet karet, mur baut, pen, dll
Jadi tanya dulu dengan detail kalau masih bisa bagus buat apa diganti


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Feb 2008, 11:25 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
BudiDarmawan wrote:
Sorry .. Gue di Surabaya ...
Oh iya untuk shock Gue gak ganti karena ternyata sudah cukup nyaman ...
Setelah Gue ganti per nya sudah nyaman ... dan juga tidak berayun ... ARTINYA shock juga meredam

Sampe anak gue bilang wah sekarang enak yah kalau kena lobang cuma geli geli ... :) :) :)
dan bilang kalo gini lebih enak Panther dari pada GL karena luas dan sudah empuk :) :) :)

OH iya informasi Gue keluar duit cuma 65.000 an (beli per nya thn 2007) kalau gak tahu dianggap 120.000
Karena dianggap semua spare partnya diganti seperti karet karet, mur baut, pen, dll
Jadi tanya dulu dengan detail kalau masih bisa bagus buat apa diganti


bisa aja pak.................. masa enakan panth sih dari GL.
iya sih kalo dari harga barunya sebanding mahalnya.
ok deh pak, ntar saya report lagi setelah ganti.

jakarta lagi gak kondusif pak, mana2 macet..... jalan rusak..... hujan mulu........ banjir.... :cry: :cry: :capede:
jadi enggan keluar jalan2.

Thank you very much.
Salam Panty :lol:

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Feb 2008, 08:53 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2007, 11:41
Posts: 303
Kabari yah Pak Hasilnya :)


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Feb 2008, 10:46 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 30 Apr 2007, 12:20
Posts: 347
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
hard_joe wrote:
Wanna ask bro, adakah pengalaman bro semua bikin suspensi belakang (daun) panther jadi lebih empuk?
Apa harus modif leaf spring nya atau ganti shock macam bilstein, tokico dll.
Kasih bengkel yg recommended dong, asal jangan yg kelas Terminal Per (Penas)................... mahal bro.

Buat leaf spring Phanter jadi empuk dan nyaman, ga usa ganti shockbreaker dulu.
Coba cara pintar dari edisi Otomotif, memotong sisi kanan dan kiri per daun no 2 atau 3 dari atas, coba bro baca edisi otomotif edisi minggu lalu tanggal 20 Feb. Mungkin cara ini lebih efektif dan menghemat biaya ketimbang ganti shok. CMIIW

_________________
Get home safe, respect road rules !


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Feb 2008, 22:43 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
Bro, yang potong memotong per juga udah disarankan sama bro uch.
Trus bro Budi saranin ganti per paling bawah.
Kalo buat saya sih cari alternatif yang paling aman dan simpel untuk dilakukan.
Kalo shock memang udah gak bagus juga gak papa kan diganti. Rencana mau ke bengkel nunggu tanggal merah yg agak lama, kalo gak salah maret banyak merah tuh. Thanks for the advise semua.

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Mar 2008, 18:24 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
Sudah boss, per 1 ganti.
Di Cahaya per DMF. tapi kok 290 rb ya........ plus bushing2 dll 390 rb. 3 x lipat dari surabaya ya?
rencana mau ganti SA juga yg KYB adjust gas 400 rb. gak jadi............
sekarang sdh gak mbanting lagi........ thanks all.

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Mar 2008, 20:05 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
hmmm jadi kepikir, kijang doyok gue cuman pake 3per di belakang (aslinya 6 kalo ga salah, correct me)... nyaman, tapi ga bisa ngangkut 1ton... :P

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Mar 2008, 20:10 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
bisa patah tuh, bro...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Mar 2008, 23:33 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
haha! selamet sampe saat ini, bro... asal jangan ngangkut 1ton... :)
justru yg patah itu depan, karena aslinya kijang pake per daun melintang kiri ke kanan... nah ditengahnya yg sering patah... tahun 2000 kemaren saya ganti per keong... nyaman...

sekarang lagi mikirin suspensi si gajah travello... duh kayak naek truk... hahahaha!

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Apr 2008, 16:58 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
yahhhhhhhh baru sebulan udah masalah lagi, sekarang per belakang kadang suka bunyi nguk..... nguk.
ada lagikah rekomendasi tukang per yg bagus kerjaannya? udah males kesana lagi.

tambah lagi sekarang jadi lebih limbung banding awal2 pas ganti.

:glodak:

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Apr 2008, 18:22 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
nguk nguk? ganti bushing nya bro... sudah habis/keras mungkin... murah kok, ambil yg paling bagus sekalian.

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Apr 2008, 08:18 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2007, 11:41
Posts: 303
Wah kasihan juga Bro,
Kalau ke bengkel harus cari yang ahli ... kalau gak ahli wah bisa diganti yang gak rusak ... udah gitu pasang kembali nya bisa merusak yang lain lagi .. capeee deeehhhhhhh

Panther saya dari baru GRESS pernah bunyi nguk nguk ... diberi stenpet antar per daunnya oleh BeRes selesai ...
Kalau panther lama bisa juga bushingnya yang sudah rusak/kalah/mati


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Apr 2008, 14:29 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 30 May 2006, 14:02
Posts: 1746
Betul, bushing nya tuh. Emang itu resiko per daun yg empuk bro. Umur bushingnya lebih pendek dibanding per daun yg keras karena relatif lebih sering "main".


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Apr 2008, 22:20 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Jun 2007, 22:35
Posts: 108
Location: jakarta
:thanks:
bushing......... hmmm rasanya sih termasuk diganti juga waktu ganti per nya tuh.
( gak tau kalo diboongin ya )
emang susah sih berharap semua perfect........ ini juga yg habis kuras tanki solar kayaknya ada yg belum fit pasangnya..... apa tanki ato knalpot gak taulah....... kadang brrrrrrrrrrr .......bbbrrrrrr (padahal yg ini di BeRes)

Andai aa a a a ku bisa benerin sendiri...................

Salam nguk nguk ......... dan brrrr brrrr

_________________
trust your hope................ not your fear


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 42 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Yandex [Bot] and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com