review Pulsar-200

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

toyokanetsu
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jan 08, 2008 4:17

Re: review Pulsar-200

Post by toyokanetsu »

aloo bro semua . ... :ungg: pagi td seperti biasa gw panasin pulsar gw dulu sebelum gw pergi ke kantor tapi setelah mesin pulsar gw start ada kurang dari 1 menit tiba2 indikator suhu mesin berkedip selama 5 detik trs mati lagi dan dengan jeda beberapa detik hidup lagi padahal tahu sendiri mesin baru di hidupin masak indikator suhu udh kasi kode yg menurut pihak bajaj indikator suhu ini baru trigger ketika suhu sekitar 100 derajat wewww... kira2 apa penyebabnya yah apa perangkat digital nya eror .. motor baru lho masak udh eroro STNK aja udh 30 hari kerja lom turun motornya udh kasi gejala kek gitu :upss: pencerahanya dong bro buat pengguna pulsar yg udh pengalaman
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: review Pulsar-200

Post by Dogies »

JESKONENG wrote:Up-date si BJ (singkatan dari BlackJak, si hitam dari Jakarta) : hari ini barusan ke bengkel MJ, dan Pak Mul melakukan ritual rutin untuk ngilangin potensi suara ngorok "kerrr.... krrr..." dengan memotong pulser... Setelah itu motor di test... tarikan lebih ringan rasanya, yang jelas suara mesin lebih alus... bebas dari suara aneh itu....
Bro Jeskoneng, pulser tuh semacam apaan sih kok bisa dipotong? Menghubungkan bagian apa dgn bagian apa di mesin?
Klo bisa sih dgn gambarnya biar paham. Maklum awam dgn motor.
Thx b4
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

@bro Dogies : wah, pulser itu letaknya di mesin bagian kiri bawah ditempat casing yang bulat itu, dan bentuknya seperti logam menonjol pipih panjang di lingkaran, dikikir/gerinda dikit aja (Pak Mul yang tau seberapa banyak motongnya)... Mungkin paling bagus kalo sempat datang aja ke bengkel MJ supaya lebih jelas.....

@bro blakcpit : wah kalo P-200 standar mungkin awalnya kalah tarikan sama Tiger, tp setelah 500 meteran, gue yakin P-200 bisa nyusul bahkan nyalip Tiger.... Tp mohon maap gue yakin tiger kalah jauh baik tarikan maupun top speed skarang ini sama P-200 gue, karena gue udah pasang CDI BRT smart click di bengkel MJ... tarikan jadi mak nyuss....mesin bersuara lebih garing lebih meledak tapi masih dalam batas lembut tidak berisik ya.. kmaren sempat dari lampu merah ke lampu merah tarik2an sama Scorpio (pasti dia lebih kencang dari Tiger dooong).... gue surprised, karena dari awal sampai akhir gue cuma beda 1 ban di blakang Scorpio, tapi gak bisa ngelewatin sih... Si Scorpio juga gak bisa ninggalin atau menjauh dari gue..... sayang keburu lampu merah lagi... gak tau kalo jarak di atas 700 meteran kayaknya sih tetap aja gak bisa ditinggal oleh Scorpio, bahkan MUNGKIN aja bisa ngelewatin ya.... (kan P-200 gue udah port n polish, potong pulser dan pasang CDI BRT diset pengapian maju dari 35 menjadi 36 drajat dan RPM di limit di 11.000).... heheheehh.... gue cukup puas skarng ini dengan performa P-200 gue.... proyek masa depan : mungkin ganti karbu Keihin PE-28 yang katanya sakti itu..... lalu rubah perbandingan gigi.... sambil ngeliat dayatahan mesin Pulsar dalam jangka panjangnya.... tapi gue sih jaga2 aja, jadi interval ganti oli gue perpendek menjadi setiap 1000 atau max 1500 km aja, dengan oli Verkol.... Oh ya, gue udah crita ya, stang udah gue pasang riser 2 cm aja, jadi riding position gak terlalu membungkuk..... Kalo lebih dari 2 cm kayaknya harus ganti kabel rem dll karena terlalu ngepas panjangnya....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

BTW, gue menaruh hormat sama bikers yang beraliran standar anti modif mesin.... kalo gue memang penganut aliran motor kencang, tapi TANPA BORE UP, kecuali kalo misalnya blok mesin Pulsar 22O itu sama ukurannya dengan P-200 hanya beda ukuran lubang untuk piston, maka gue mungkin tertarik mindahin piston dan kruk as P-220 ke P-200 gue ya (artinya ketebalan blok mesin masih dalam batas amanjaya).... we'll just wait n see aza ya... Kalo kata Chris di bengkel JAR Samanhudi, kita bisa ganti bearing (4 biji) di camshaft dengan yang racing type buatan jerman, membuat putaran mesin jadi lebih ringan banget.... tapi kan harus bongkar mesin bawah ya... gak kayak port n polish cuma cyl head aja yang dibuka dan pengerjaannya dalam hitungan 2-3 jam aja...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
lon3lyboyx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Jan 29, 2008 1:10

Re: review Pulsar-200

Post by lon3lyboyx »

Wah bro, udah coba top speed berapa? Terus kalo pulsar 200 itu kedengeran banget ga suara klepnya kalo udah panas, kaya tiger gitu..??
User avatar
Alexander
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: review Pulsar-200

Post by Alexander »

JESKONENG wrote:Yang paling parah di produk India ini adalah ban.... saat aspal basah... siap2 aja goyang bollywood... atau kalo yang blum pernah ngrasain gaya sliding ala Rossi... coba aja menikung di jalan basah pake ban standar Pulsar.... paling mengerikan kalo menikungnya dengan ban blakang menjejak marka jalan yang cat putih/kuning itu.. hehehe... kan catnya menutup pori2 aspal... jadi makin mudah selip sliding... tapi kalo slidingnya ban depan kayaknya kita bakal mencium aspal... Aku yakin udah banyak lah pengendara Pulsar yang mencium aspal gara2 ban India superlicin itu.. cuma mereka yang jatuh itu mungkin pada malu mengakui jatuhnya, kuatir dicap kurang gape bawa motor..... kasian kan.... herannya kok PT. BAI masih aja menggunakan ban biangkerok itu.... ????
Kan Pulsar 200 kan masih CBU
Get home safe, respect road rules !
User avatar
lon3lyboyx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Jan 29, 2008 1:10

Re: review Pulsar-200

Post by lon3lyboyx »

Alexander wrote:
JESKONENG wrote:Yang paling parah di produk India ini adalah ban.... saat aspal basah... siap2 aja goyang bollywood... atau kalo yang blum pernah ngrasain gaya sliding ala Rossi... coba aja menikung di jalan basah pake ban standar Pulsar.... paling mengerikan kalo menikungnya dengan ban blakang menjejak marka jalan yang cat putih/kuning itu.. hehehe... kan catnya menutup pori2 aspal... jadi makin mudah selip sliding... tapi kalo slidingnya ban depan kayaknya kita bakal mencium aspal... Aku yakin udah banyak lah pengendara Pulsar yang mencium aspal gara2 ban India superlicin itu.. cuma mereka yang jatuh itu mungkin pada malu mengakui jatuhnya, kuatir dicap kurang gape bawa motor..... kasian kan.... herannya kok PT. BAI masih aja menggunakan ban biangkerok itu.... ????
Kan Pulsar 200 kan masih CBU
Umm bro.. Setau gw walaupun produk CBU itu kalo masalah kaki2 kaya ban gitu udah harus dipertimbangkan sama importir sini. Contohnya kaya suzuki raider thailand, di sono aslinya ban blakang depan 2.50/2.25 nah begitu nyampe sini, diubah jadi 2.75/2.50, mungkin karena mempertimbangkan kondisi jalan di Indo yang berbeda dari Thailand. CMIIW.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Iya bro.. ada juga masukan dari milis seblah, katanya ban blakang Pulsar memang licin dalam bulan2 pertama pemakaian, tapi selanjutnya akan lebih menggigit aspal.. ya kita liat aja, mudah2an bener kayak gitu...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
RyoSaeba
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Wed Feb 27, 2008 1:25
Location: Jkt-Bdg-Sby-Jkt

Re: review Pulsar-200

Post by RyoSaeba »

Edane..keren...Bro jeskoneng salah satu orang yang berani coz motor masih baru sdh dimodif..salut.. :e-clap:
:ungg: Btw Bro ente sudah pernah ngetes vs Tigi ngga?Or ada orang yang nantang githu tuk ngajak adu kebut di lampu merah?
User avatar
lon3lyboyx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Jan 29, 2008 1:10

Re: review Pulsar-200

Post by lon3lyboyx »

JESKONENG wrote:Iya bro.. ada juga masukan dari milis seblah, katanya ban blakang Pulsar memang licin dalam bulan2 pertama pemakaian, tapi selanjutnya akan lebih menggigit aspal.. ya kita liat aja, mudah2an bener kayak gitu...
Wah emang nya merek apa bannya ? Berarti kompon bannya kurang bagus ya? Padahal kalo liat traksi bannya keliatan cukup stabil ya dibawa jalan licin..
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

@bro RyoSae ba.... sementara dengan hasil "draw" pulsar gue vs scorpio dalam jarak dekat (lampu merah ke lampu merah) gue anggap tiger kemungkinan besar ketinggalan hehehehehe....
@bro lon3lyboyx.... bannya made in india, kalo gak salah merk HMF atau MHF..... ban blakang licin di aspal basah itu sudah jadi ciri Pulsar sejak keluar yang 180cc......
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51

Re: review Pulsar-200

Post by h3ndryg »

JESKONENG wrote:@bro RyoSae ba.... sementara dengan hasil "draw" pulsar gue vs scorpio dalam jarak dekat (lampu merah ke lampu merah) gue anggap tiger kemungkinan besar ketinggalan hehehehehe....
Kalau Tiger sih memang dari dulu larinya agak bolot kang, sama motor Tossa Optima 125 waktu masih standar aja, cuma ganti knalpot eces eces, Ane dulu aja bisa ngalahin Tiger.
waktu ngelawan Scorpio sndiri, ane berdua sama teman, Tossa ane bisa masuk 140km/jam
tapi tetep kalah sama scorpio, ya iyalah dia sendiri 225, ane berdua, 125cc pula :D, tapi kalahnya juga nggak jauh jauh amat, cuma 2 motor doang. Kalau sekarang sih bisa bejaban booo sama scorpio, sudah 200cc, cuma masih terbelah belah gara gara kruck as tigernya macet :lol;
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

@bro lon3lyboyx.... maap, ban India itu merknya MRF...

@bro h3ndryg.... tossa optima 125 ternyata sakti ya.... apalagi sudah 200 cc.... dengan body seringan itu, pasti bisa lah nglewatin Scorpio... Plat nomornya brapa ? Sapatau kita ketemu di jalan... jadi gue taudiri gak akan coba2 panas2an sama motor sakti hehehehehe....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51

Re: review Pulsar-200

Post by h3ndryg »

@bro Jeskoneng,
nggak lah masa sampe mundur, biasa aja kog, lagian motor Tossa kondisinya semuanya masih standar baik lubang in dan exhaustnya, cuma main di cc doang.
Kalau body sih kalau dibilang berat juga. Jadi kalau dibawa lebih dari 120 nggak terasa melayang sama sekali ditambah panjang motornya lebih panjang daripada bebek bebek yg beredar disini.
Plat nomor he..he...he...... jangan ah, nanti diajak tarik tarikan :lol:
blackholez
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Sep 02, 2007 18:45

Re: review Pulsar-200

Post by blackholez »

halo salam kenal bro semua......selamat yang sudah pada nunggang p200nya....bro ane mo tanya bengkel MJ itu pondok indah sebelah mana? ato mungkin patokannya apa....soale p180 ane mulai gak enak tarikannya klo di servis di BAI DW sartika....trus...spido-nya sering berembun..di BAI c sudah di bongkar trus ada tempat baut spido yang patah....debenerin tetep aja berembun...mau ujan atopun panas....jadi ganggu....thanks bro informasinya....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Bengkel MJ, dari arah PI Mall menuju ke Pejompongan..... di depan mall masuk aja ke kolong underpass... terus aja... lalu pada underpass yang kedua, jangan masuk kolong, karena bengkel MJ terletak persis di atas underpass itu, di kiri jalan.... lebih baik nelp. bossnya yaitu Mas Said 081808548484, critakan problem PIBO nya.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
ngencox
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: Mon Nov 20, 2006 7:17
Location: Jakarta

Re: review Pulsar-200

Post by ngencox »

bro jeskoneng, gw jadi pengin PnP PIBO gw di MJ padahal tiap hari pergi kerja selalu lewat situ :)

reviewnya ga diposting ke milis BIM nih? mantap reviewnya, tetangga gw juga akhirnya beli P200
tadinya dia mau beli PIBO kayak gw, gw bilamg ada yang baru P200 eh akhirnya udah nangkring

JESKONENG wrote:Bengkel MJ, dari arah PI Mall menuju ke Pejompongan..... di depan mall masuk aja ke kolong underpass... terus aja... lalu pada underpass yang kedua, jangan masuk kolong, karena bengkel MJ terletak persis di atas underpass itu, di kiri jalan.... lebih baik nelp. bossnya yaitu Mas Said 081808548484, critakan problem PIBO nya.....
Image _alon-alon asal kelakon, biar lambat asal selamat,ga usah ngebut biar hemat bensin
bukan Fanboy: beli sesuai bujet aja :mky_08:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

@bro ngencox.. (nick mu agak berbau forno ?) gue gak promosi bengkel MJ ya... kalo ngikutin pembicaraan di milis milis pulsar, memang dia (mekaniknya namanya Mas Mulyadi) termasuk yang brani memodif pulsar, mulai pnp, potong pulser, pasang CDI BRT, pasang monoshock/swing arm versi MJ, upside down shock, dan yang "mengerikan" adalah bore-up mesin PIBO sampai ada yang 300 cc bahkan lebih.... Cuma kalo soal setting karbu/klep aku yakin banyak yang bisa... Malahan di bengkel Bajaj Jogja aku ketemu Mas Sigit, mekanik muda yang inovatif...dia sedang trial dan katanya hasilnya sudah dirasakan bagus oleh beberapa anggota PRA Jogja yaitu tarikan dan top speed PIBO jadi lebih bengis dengan cara :
- pulser bukan dipotong, tapi ditutup dengan lem hitam aja sebanyak kurang lebih seperti bagian yang dipotong oleh MJ
- kabel TRICS dicopot dari socketnya
- kalo PIBO, bisa pake CDI punya PZOO
- ini yang aneh : melepas cop busi kanan....
Aku sih cuma brani ikut2an copot kabel TRICs... kalo lepas cop busi kanan masih blum brani hehehe..
hayo siapa brani coba copot busi kanan, copot kabel TRICS dari socketnya ?
Oh ya.. kalo di milis2 pulsar kayak BIM, pusar raiders dll gue sungkan bekoar2 tentang modifikasi pulsar hehehehe... gue lebih banyak nanya2 aja kalo disana..... karena banyak juga orang2 gila yang memodif pulsarnya habis2an hehehehe...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

Hallo Bro semua,

Mo nanya nih, kok ga ada yg komplain masalah berat badannya sih. Secara tiger saja yg dah pake cakram belakang beratnya 137 kg, Lah ini 145 kg. tadinya gw serius mo beli ini motor, berhubung keberatan jadinya gw milin ninja R (124 kg).

Soalnya motor bg gw adalah alat transfortasi keluarga gw.
blackholez
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Sep 02, 2007 18:45

Re: review Pulsar-200

Post by blackholez »

JESKONENG wrote:Bengkel MJ, dari arah PI Mall menuju ke Pejompongan..... di depan mall masuk aja ke kolong underpass... terus aja... lalu pada underpass yang kedua, jangan masuk kolong, karena bengkel MJ terletak persis di atas underpass itu, di kiri jalan.... lebih baik nelp. bossnya yaitu Mas Said 081808548484, critakan problem PIBO nya.....
wah...thanks bro JESKON-ENG he....he....informasinya....iya soale ane dah sering lewat sana ...celingak-celinguk...tapi gak pernah liat MJ motor...... :oops: :lol: :lol: thanks ya...broooo.....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

memang pulsar 200 cc beratnya 145 kg... dan gue milih dia karena sangat mantap saat kita mengendarainya, gak gampang goyang kena angin kalo papasan sama bus/truck hehehehe....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
blackholez
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Sep 02, 2007 18:45

Re: review Pulsar-200

Post by blackholez »

didin wrote:Hallo Bro semua,

Mo nanya nih, kok ga ada yg komplain masalah berat badannya sih. Secara tiger saja yg dah pake cakram belakang beratnya 137 kg, Lah ini 145 kg. tadinya gw serius mo beli ini motor, berhubung keberatan jadinya gw milin ninja R (124 kg).

Soalnya motor bg gw adalah alat transfortasi keluarga gw.
halo bro didin....emang c pulse berat matinya mpe 145 kg....tapi coba bro rasain saat lagi jalan....apalagi klo lagi touring...wah ane gak mo ngomong....coba aje....baru ntar bisa ngebedain....ane c udah coba 22nya..... ;)
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

apa yg di katakan bro jeskoneng & lobangz hitam benar sekali, klo secara sendirian & orangnya tinggi besar kaya om jeskoneng. Lah gw berat di bawah 60 kg mulu, tinggi 160 cm, bawa 2 anak & mamanya anak2. Di tambah nantinya mo gw pasang Box Givi >30 liter.

saking seriusnya gw pengen pulsar, gw dah 2 mingguan latihan treadmill & latihan beban tiap hari. Treadmill dg kecepatan 5 + incline (sudut menanjak) 6% selama 1 jam bro treadmillnya doang plus barbell setelahnya.

ini gw lakuin tuk antisipasi obesitasnya pulsar. sebenarnya masih 50-50 sih antara ninja & Pulsar. Istri gw pilih pulsar alasannya bentuknya bagus & duduknya nungging.

BTW hari ini jam 11an gw ketemu dg rombongan pulsar di wanayasa purwakarta. gw acungin jempol ke mereka dan di balas klakson yg merdu dan khas banget, pokoknya khas deh suaranya dan tiada duanya.... dalam ati pulsar aja deh....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Mungkin P-200 yang memang lbh tinggi dari P-180 itu bisa diakalin supaya jadi lebih rendah ketanah... segi 3 pemegang shock depan bisa diturunin.. kalo perlu pasang raiser yang agak miring (shg stang jadi lbh dkt kearah pengendara dan riding position gak terlalu nunduk) sekaligus memberi ruang bagi ujung atas shock yang jadi menonjol ke atas..... Itu untuk bagian depan... Kalo bagian belakang, kayaknya sih paling praktis ganti shock dengan yang lebih pendek. Secara jarak ban belakang dengan spakbor/bodi motor belakang sih jauh, jadi mestinya oke aja kalo dipendekin...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Gue salut sama bro Didin... sampe2 berlatih fitness untuk persiapan menyemplak P-200... Tapi gak ada ruginya latihan fitness bro.. saran gue : nyemplak Pulsar atau tidak, tetap lanjutkan fitnessya.. No pain no gain... BTW, mungkin perlu juga siapin sepatu boot yang sol bagian tumit agak tebal/tinggi....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999