review Pulsar-200

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Nampaknya Bajaj sedang membuktikan keseriusannya dalam memasarkan Pulsar... udah sampai ke Purwakarta.... tinggal selanjutnya membuktikan keseriusan dalam hal dukungan after sales....penyediaan spareparts dan penanganan servis/perbaikan...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

JESKONENG wrote:gak boleh dong salahpaham... kan kalo sesama speedlover gak masalah soal geber2an hehehehe.....
sy sih bukan speed lover tp demennya jalan santai2 aja..cuma kadang2 iseng aja ama motor2 yg gede2 gitu..pernah HD sy isengin..cuma pas sikon jalanannya padat-merayap..tp klo BM ga deh.. :lol:
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

Kenapa BAJAJ tetap kasi nama motornya PULSAR..ada yg 180cc ada jg yg 200cc..jadi kya Shogun dong..ada yg mesin 110cc ada yg 125cc.

entar bisa2 dijadiin plesetan nih..
Klo Shogun yg bikin mahal G-nya..klo ga jd soun dong.. :)
klo Pulsar yg bikin mahal R-nya..klo ga jd PULSA :)
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

anak_singkong wrote:Kenapa BAJAJ tetap kasi nama motornya PULSAR..ada yg 180cc ada jg yg 200cc..jadi kya Shogun dong..ada yg mesin 110cc ada yg 125cc.

entar bisa2 dijadiin plesetan nih..
Klo Shogun yg bikin mahal G-nya..klo ga jd soun dong.. :)
klo Pulsar yg bikin mahal R-nya..klo ga jd PULSA :)
Bisa aja om singkong..... :D :D
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

didin wrote:fyi please.....

buat bro2 yg tinggal di sekitar purwakarta, hari ini telah dibuka untuk umum test ride & display bajaj pulsar 180 & 200 cc di cafe kedaikoka (koperasi milik karyawan pt.south pacific viscose).

info lebih lanjut silahkan masuk link ini http://www.kedaikoka.com/news.php
atau http://www.pulsar.or.id
Test ridenya sukses, ada 2 motor yg test yaitu silver 180cc & hitam 200cc. ini pertama x nya gw liat pulsar secara langsung. wuih....ternyata sangat jauh beda dg di gambar & dari dugaan...ternyata motor pulsar guuede banget.... tankinya kaya moge abis, pastes aja isinya pe 17 ltr lebih. itu yg gw liat baru 180 cc yg 200cc masih di mobil. pas gw deketin yg 200cc....lebih guede lagi & tinggi, jok lebih luas & ban lebih lebar. pokoknya keren deh.

tp sorry yah gw ga ikutan test ride, Jujur aja gw jiper plus jalanan basah & rame. gw biasa pake satria FU yg beratnya hanya 95 kg, tiba2 nyemplak yg 145 kg ngeri gw. secara berat badan gw <60 kg. Tp banyak jg yg ikutan test, termasuk istri temen gw. gw sempet di malu2in sih. tp liat pun udah puas.

sebenarnya masih banyak lagi sih yg harus gw tulis....berhubung sudah ngantuk (hampi jam 1 malem)...jadi segitu aja reviewnya....pokoknya beli pulsar...ga malu2in deh...di jamin....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Sejauh ini, keluhan atau kerusakan P-200 gue :
1) dari baru posisi stang agak mlintir ke kanan.. lalu oleh mekanik bajaj JAR Depok, komstir dikendorin, lalu stang "dipaksain" dihantamkan sampai mentok agak keras ke kiri... lalu komstir dikencengin lagi, hasilnya memang rasa mlintir ke kanan jauh berkurang, walau belum 100% centered lurus....
2) pada km 2200, speedometer tidak berfungsi alias "putus"... lalu oleh mekanik Bajaj Jogja, dicheck.. ternyata sambungan/solderan sensor digital yang ada di dekat gir speedo di dekat as roda depan, putus...dugaannya, kabel speedo di bagian yang dekat gir itu agak tertarik, kurang longgar... untungnya hehehe... harga barunya cuma 75 ribu rupiah. Garansi kelistrikan angus katanya, karena gue udah pasang CDI BRT... padahal kalo dipikir2, apa seh hubungannya antara CDI dengan kabel speedometer...
3) pada km 2400, setiap ngegas atau lepas gas rasanya gak smooth, motor terasa menyentak2... lalu diperiksa dengan cara motor distandar tengah, ban diputar, nyata nampak gir belakang terlambat ikut berputar/oblak, kesimpulannya karet tendang (gue gak tau istilahnya yang bener) yang ada di dalam tromol roda belakang udah kalah, harus ganti.. nah ternyata gak ada stock di Bajaj Jogja, terpaksa ke bengkel pinggir jalan, minta diganjal dengan lembaran potongan ban dalam... masing2 celah karet tendang diganjal 2 lapis ban dalam, beres dengan ongkos cuma 5 ribu untuk bengkelnya, plus 5 ribu tip untuk montirnya... tapi gue gak tau seberapa lama bisa bertahan sebelum oblak lagi... Kalo masalah ini mungkin akibat dari kebiasaan gue main bejek gas tarik2an....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

didin wrote:
didin wrote:fyi please.....

buat bro2 yg tinggal di sekitar purwakarta, hari ini telah dibuka untuk umum test ride & display bajaj pulsar 180 & 200 cc di cafe kedaikoka (koperasi milik karyawan pt.south pacific viscose).

info lebih lanjut silahkan masuk link ini http://www.kedaikoka.com/news.php
atau http://www.pulsar.or.id
Test ridenya sukses, ada 2 motor yg test yaitu silver 180cc & hitam 200cc. ini pertama x nya gw liat pulsar secara langsung. wuih....ternyata sangat jauh beda dg di gambar & dari dugaan...ternyata motor pulsar guuede banget.... tankinya kaya moge abis, pastes aja isinya pe 17 ltr lebih. itu yg gw liat baru 180 cc yg 200cc masih di mobil. pas gw deketin yg 200cc....lebih guede lagi & tinggi, jok lebih luas & ban lebih lebar. pokoknya keren deh.
[/size]
tp sorry yah gw ga ikutan test ride, Jujur aja gw jiper plus jalanan basah & rame. gw biasa pake satria FU yg beratnya hanya 95 kg, tiba2 nyemplak yg 145 kg ngeri gw. secara berat badan gw <60 kg. Tp banyak jg yg ikutan test, termasuk istri temen gw. gw sempet di malu2in sih. tp liat pun udah puas.

sebenarnya masih banyak lagi sih yg harus gw tulis....berhubung sudah ngantuk (hampi jam 1 malem)...jadi segitu aja reviewnya....pokoknya beli pulsar...ga malu2in deh...di jamin....
Bro Didin, secara dimensi memang P-200 lebih panjang sumbu rodanya dibandingkan Tiger.... dan Tiger beratnya cuma 137 kg, Pulsar 200 beratnya 145 kg... Ukuran ban blakang Pulsar juga lbh gede daripada Tiger... Jadi teorinya, susah bagi P-200 buat nyaingin Tiger dlm akselerasi awal jika keduanya dalam kondisi sama2 standar....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

udah ketemu Pulsar 200 bodynya keliatan lbh gede drpd 180. sepintas aga mirip Tiger Revo.

sayangnya sy blm prnah sma sekali coba motor ini.
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

JESKONENG wrote: Bro Didin, secara dimensi memang P-200 lebih panjang sumbu rodanya dibandingkan Tiger.... dan Tiger beratnya cuma 137 kg, Pulsar 200 beratnya 145 kg... Ukuran ban blakang Pulsar juga lbh gede daripada Tiger... Jadi teorinya, susah bagi P-200 buat nyaingin Tiger dlm akselerasi awal jika keduanya dalam kondisi sama2 standar....
Hari ini gw ngebraniin diri pake 180cc, eh ternyata ga sesulit yg di bayangin. pas brenti gw coba standar tengah...ternyata gampang2 ajah tuh....

test dilakukan di lokasi pabrik tempat gw kerja. karena pasilitas kreditnya bagus (kerja sama dg koperasi karyawan), tanpa uang muka, ada diskon, di cicil lagi...makanya 20 orang langsung daftar...semua p200, 180cc hanya 2 orang...awal bulan depan mudah2an sudah ada di garasi...cihuy...he..he..he..
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

didin wrote:
JESKONENG wrote: Bro Didin, secara dimensi memang P-200 lebih panjang sumbu rodanya dibandingkan Tiger.... dan Tiger beratnya cuma 137 kg, Pulsar 200 beratnya 145 kg... Ukuran ban blakang Pulsar juga lbh gede daripada Tiger... Jadi teorinya, susah bagi P-200 buat nyaingin Tiger dlm akselerasi awal jika keduanya dalam kondisi sama2 standar....
Hari ini gw ngebraniin diri pake 180cc, eh ternyata ga sesulit yg di bayangin. pas brenti gw coba standar tengah...ternyata gampang2 ajah tuh....

test dilakukan di lokasi pabrik tempat gw kerja. karena pasilitas kreditnya bagus (kerja sama dg koperasi karyawan), tanpa uang muka, ada diskon, di cicil lagi...makanya 20 orang langsung daftar...semua p200, 180cc hanya 2 orang...awal bulan depan mudah2an sudah ada di garasi...cihuy...he..he..he..
selamat ya.. :beer:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Bro Didin ambil P-180 atau P-200 ? Tolong review nya ya.. sejak awal kayak apa... Kalo P-200 gue skarang lagi nyoba setting CDI BRT, pengapian di 36 drajat, limiter di 11.000 rpm.... Sebagai catatan, pagi tadi gue liat setelan asli oleh bengkel MJ ternyata pengapian di 35 drajat, dan tarikan di rpm atas (sekitar 7000-10000) masih terasa agak nahan, ngeden gitu.... gue mau tau gimana kalo diset di 36 drajat.... kalo rpm kayaknya di set di 11.000 aja... karena prakteknya jarang banget gue sampai gas pol melewati 10000 rpm.... toh tenaga puncak sudah dicapai pada 8000-an rpm...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Mungkin ada kawan di Jogja yang tau, dimana toko yang jual spuyer Pilot Jet ukuran 22,5 Kitaco ya ? PJ standar P-200 ukuran 17,5 dan skarang gue udah pake ukuran 20... Pingin nyoba gimana kalo pake yang 22,5...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

wah..
yah..ngapain pake spuyer KITACO klo emang karbunya pake MIKUNI..kta temen sy yg gaweannya mekanik KITACO susah dpt settingannya..
spuyer MIKUNI banyak koq di sentra2 onderdil YAMAHA.

mo ukuran brp? sy pake di King 30-160
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Kitaco susah settingnya ya... gue dapet info dari kawan2 pengguna P-180, banyak dari mereka yang udah ganti PJ Kitaco ukuran 22,5.... Nah skarang jadi mikir2 nih.. Mungkin spuyer PJ Mikuni aja ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

klo spuyer angin diganti yg ukuran gedean entar malah ngempos tuh tarikannya..suara doang yg kenceng tp ga motor narik..dr yg udah2 ya kya gtu sih..tau dah tuh klo di motor 4t gmna jadinya..?

klo motor 2t emang perlu campuran bensin banyakan makanya spuyer gede sih ga masalah..makin banyak bensin..mesin makin dingin..tp klo kegedean spuyer paling2 busi yg kalah.

katanya klo seting gir jg perlu ganti spuyer yah? perbandingannya gimana?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

@bro anak singkong... gue ngerubahnya dikit2 aja, bertahap... PJ standar ukuran 17,5 udah gue ganti jadi 20.... Skarang mau nyoba ukuran 22,5... kalo ternyata gak bagus, ya balik lagi ke 20 aja... Yang jelas pake 20 skarang ini terikan lebih ringan daripada pake standarnya 17,5..... Soal settingan CDI BRT juga kayak gitu... dari bengkel MJ di set pengapian 35 drajat, limiter rpm pada 11.000, hasilnya tarikan makin ringan tapi di rpm atas (mulai 7000-an) agak ngeden nahan gitu..... Lalu kmaren gue coba rubah pengapian ke 36 drajat, ternyata menurut perasaan gue jadi lebih ringan, tarikan gak berkurang, sedangkan di rpm atas sudah gak ngeden lagi.... jadi perubahannya bertahap aja...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

wah..wah..
udah sampe ganti gir ga? klo sy sih demen ama motor yg punya tarikan kenceng..maksudnya..akselerasi gitu..makanya King cuma mainan pnp doang.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

@ bro anaksingkong... blum sampai ganti gir, krn blum menemukan gir depan 15 mata yang bisa langsung plek menggantikan gir depan standar P-200.. Mungkin yang lbh mudah adalah mau nyobain PJ 22,5, masih mau nyari nih.... Untuk update report : saat ini dengan settingan pengapian di CDI BRT pada 36 drajat sebelum TMA, tarikan terasa lebih panjang, mesin lebih halus gak ngeden/nahan lagi.. dengan catatan mesin sudah mengalami Port n Polish, potong pulser, busi pake Denso Iridium IU27A, spuyer PJ ukuran 20, setelan angin dibuka 4 putaran (standarnya 2,5 putaran)..
BTW, untuk info kawan2.. perbedaan karbu dan gir antara P-180 dan P-200 adalah sbb :

P-180
Karbu Mikuni 28 mm vaccuum, PJ-17,5 MJ-117,5
Perbandingan gir = 15/43
ukuran rantai = 428

P-200
Karbu Mikuni 29 mm vaccuum, PJ-17,5 MJ-110
Perbandingan gir = 14/38
ukuran rantai = 520
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

katanya..
ganti gir hrs jg seting spuyer? sy ganti gir yg gedean..ama temen diseting basah..makanya King yg spuyernya std 25-150 dinaikin jd 30-160..tarikannya enteng bgt ky motor bebek..cuma top speed ga ada..enak bwt ngebetot2 gas dijalanan macet..tarikan cepet dptnya.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

AKHIRNYA PULSAR 200 BISA NGELEWATIN SCORPIO...

Post by JESKONENG »

@anak singkong.... Gue blum menemukan gir depan 15 mata untuk P-200 bro... jadi belum terpikir settingan PJ/MJ untuk menyesuaikannya... Oh RX-King Anda jago akselerasi ya.... makin pas dong dengan julukannya "si jambret" heheheheheh.... jangan tersinggung ya....
BTW, hari ini gue punya BERITA BESAR !!!.... Dengan settingan pengapian CDI BRT di 36 drajat seblm TMA, BBM pertamax dicampur hot pill crazy octane griffone... baru tadi pagi, untuk pertama kalinya gue bisa ngelewatin Scorpio !!! Hebatnya lagi, gue bisa ngelewatin saat ngejar dia yang manas2in gue duluan... dan baru di gigi 4 gue udah bisa meninggalkan dia dengan m e y a k i n k an.... hehehehe.. rasanya sangat puas di hati... Tapi kan baru seekor Scorpio yah.... gue masih mau nyoba lagi.. mudah2an bisa segera ketemu kalajengking2 yang lain ya....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Re: review Pulsar-200

Post by azizdth »

ane dapet info dari milis, katanya T. Ishikawa, org yg berada di balik sukses yamaha thailand, yg kemudian ditarik yamaha india kini akan gabung dgn bajaj. wah gimana yah kalo pulsar mendapat sentuhan tehnologi dan disain yamaha, jadi makin keren aja kali yah....?
(repost ga sih?)
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

ya mudah2an sentuhan mantan ahli yamaha pada hasil pengembangan mesin berbasis kawasaki bisa menghasilkan sesuatu yang hebat....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Wah.. gue malu bro.. postingan gue dengan topik yang sama di milis Pulsar owner community diketawain sama seorang pengguna P-180, katanya, dia udah lama bisa ngelewatin Scorpio, dan modifnya dikerjain oleh Bintang Racing Team (BRT Cibinong) a.l. velocity port (katanya port n polish udah kuno) hehehe... lalu pasang CDI BRT yang dibuat khusus untuk motornya, pake busi Shindengen... di dyno, tenaganya naik 6 hp dari standarnya, menjadi 19 koma sekian hp.... top speed 143 kpj... hebat banget ya.... padahal cuma 180 cc.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: review Pulsar-200

Post by TUFF Stough »

azizdth wrote:ane dapet info dari milis, katanya T. Ishikawa, org yg berada di balik sukses yamaha thailand, yg kemudian ditarik yamaha india kini akan gabung dgn bajaj. wah gimana yah kalo pulsar mendapat sentuhan tehnologi dan disain yamaha, jadi makin keren aja kali yah....?
(repost ga sih?)
Berarti Bajaj bakalan ikut MotoGP donk? :beer:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: review Pulsar-200

Post by TUFF Stough »

JESKONENG wrote:Wah.. gue malu bro.. postingan gue dengan topik yang sama di milis Pulsar owner community diketawain sama seorang pengguna P-180, katanya, dia udah lama bisa ngelewatin Scorpio, dan modifnya dikerjain oleh Bintang Racing Team (BRT Cibinong) a.l. velocity port (katanya port n polish udah kuno) hehehe... lalu pasang CDI BRT yang dibuat khusus untuk motornya, pake busi Shindengen... di dyno, tenaganya naik 6 hp dari standarnya, menjadi 19 koma sekian hp.... top speed 143 kpj... hebat banget ya.... padahal cuma 180 cc.....
Gila, habis berapa tuh?