SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Om PT dimana yaah... banyak yg pingin ditanyakan neh...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Mau tanya nih,
Kenapa ya pada mesin2 turbo compression rationya lebih rendah(mungkin tidak ada yang lebih dari 11 : 1, CMIIW) daripada mesin2 NA?
Apakah dengan begitu, persyaratan octane number untuk bahan bakar mesin turbo lebih rendah?
Di artikel ini, bahkan RR Ghost compression rationya cuma 10:1 -> bisa pakai pertamax
Kenapa ya pada mesin2 turbo compression rationya lebih rendah(mungkin tidak ada yang lebih dari 11 : 1, CMIIW) daripada mesin2 NA?
Apakah dengan begitu, persyaratan octane number untuk bahan bakar mesin turbo lebih rendah?
Di artikel ini, bahkan RR Ghost compression rationya cuma 10:1 -> bisa pakai pertamax
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26930
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
numpang report dehh... livina ane akhirnya minggu lalu ane carbon clean... karena mesin nya uda gelitik bener2 parah... gigi 1 aja bahkan uda menggelitik... jalan ndut2an kaya orang baru blajar nyetir... mau jalan langsam pake gigi 2 pun jg susah bener...
dan stelah di masukin obat dan disedot kembali... kira2 beginilah warna cairan nya...
stelah di carbon clean... tarikan sudah mendingan... glitik jauhhhhh sekali berkurang... mau jalan langsam jg enak...
lumayan lahh buat servis ringan 1 jam an....
dan stelah di masukin obat dan disedot kembali... kira2 beginilah warna cairan nya...
stelah di carbon clean... tarikan sudah mendingan... glitik jauhhhhh sekali berkurang... mau jalan langsam jg enak...
lumayan lahh buat servis ringan 1 jam an....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
kenapa berapa ongkosnya tuh meneer? ga sekalian kalibrasi injektor?DOHC wrote:numpang report dehh... livina ane akhirnya minggu lalu ane carbon clean... karena mesin nya uda gelitik bener2 parah... gigi 1 aja bahkan uda menggelitik... jalan ndut2an kaya orang baru blajar nyetir... mau jalan langsam pake gigi 2 pun jg susah bener...
dan stelah di masukin obat dan disedot kembali... kira2 beginilah warna cairan nya...
stelah di carbon clean... tarikan sudah mendingan... glitik jauhhhhh sekali berkurang... mau jalan langsam jg enak...
lumayan lahh buat servis ringan 1 jam an....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
sudah brapa km ga di carbon clean tu?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26930
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
@ meneer imsus : kena 325 rebu om.... waktu kmaren rada ngejar waktu... itu jg nyuri2 waktu jem siang ane... makanya gt selsai carb clean ane lgs jalan... dan lagi kayanya mobil ane blom ada gejala2 membrebet berat gt... idle jg masi blom parah geter2 nya.... jadi yahh biarin dulu dehh...
@ evolution : km uda 60 rebu pas...
@ evolution : km uda 60 rebu pas...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
lumayan juga yah biayanya...DOHC wrote:@ meneer imsus : kena 325 rebu om.... waktu kmaren rada ngejar waktu... itu jg nyuri2 waktu jem siang ane... makanya gt selsai carb clean ane lgs jalan... dan lagi kayanya mobil ane blom ada gejala2 membrebet berat gt... idle jg masi blom parah geter2 nya.... jadi yahh biarin dulu dehh...
@ evolution : km uda 60 rebu pas...
tempohari saya kalibrasi dan bersihin injektor (4 pcs) jatuhnya 250ribuan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
sy baca di brosur rubicon IU... fuel recomendation 87 octane..... waduh... bisa premium donk.... bner ga tu.......
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
saya juga pernah mengobrol dengan teman, dan dia mengatakan bahwa kompresi ford mustang tergolong rendah, jadi bisa kita langsung kaitkan bahwa ford mustang dan rubicon IU bisa minum premium.. hehehe..ak4ng wrote:sy baca di brosur rubicon IU... fuel recomendation 87 octane..... waduh... bisa premium donk.... bner ga tu.......
tapi di sisi lain, menurut saya sih, bukankah kualitas bahan bakar juga menjadi pertimbangan selain menggunakan nilai RON yang tertera sebagai acuan?
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
coba cek ini :
http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
United States: in the US octane rating is displayed in AKI. In the Rocky Mountain (high elevation) states, 85 AKI (90 RON) is the minimum octane, and 91 AKI (95 RON) is the maximum octane available in fuel[citation needed].
California fuel stations will offer 87, 89, and 91 AKI (91, 93 and 95 RON) octane fuels
http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
United States: in the US octane rating is displayed in AKI. In the Rocky Mountain (high elevation) states, 85 AKI (90 RON) is the minimum octane, and 91 AKI (95 RON) is the maximum octane available in fuel[citation needed].
California fuel stations will offer 87, 89, and 91 AKI (91, 93 and 95 RON) octane fuels
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
tapi ane menemukan keanehan lain, contoh:
http://www.mitsubishicars.com/MMNA/jsp/ ... ngineering
itu adalah lancer 2000cc speknya persis dengan yg ada di Indonesia
kalo disini min octane lancer 90
di USA, lancer recomend fuelnya : 87 octane rating
http://www.mitsubishicars.com/MMNA/jsp/ ... ngineering
itu adalah lancer 2000cc speknya persis dengan yg ada di Indonesia
kalo disini min octane lancer 90
di USA, lancer recomend fuelnya : 87 octane rating
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
sebentar..........
octane rating dan research octane rating (RON) itu apakah sama?
octane rating dan research octane rating (RON) itu apakah sama?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
satuan octane (octane rating), saat ini yg lazim dipakai ada 3 satuan, cmiiw yadoq wrote:sebentar..........
octane rating dan research octane rating (RON) itu apakah sama?
RON (Research Octane Number)
MON (Motor Octane Number)
AKI (Anti-Knocking Index) --> kadang disebut juga PON (Pump Octane Number)
coba cek lagi halaman2 awal topic ini, seingat saya sudah disinggung dikit2 sama pak penyuturbo
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
wooo iya2, thx meneer ............ lupa saya
berarti si lancer itu kemungkinan satuan nya MON ya?
berarti si lancer itu kemungkinan satuan nya MON ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re:
Liat ada kata Biofuel, sreeeet mata ane langsung ngebaca...! Bioetanol dari bahan2 nabati macam jagung yg menghasilkan ethanol ya..? cmiw, mastah..!PenyuTurbo wrote: Waoow ... semua serba BIO ... Apa sih sebenarnya OBJECTIVES makai BIOETHANOL ?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
di US (R+M)/2doq wrote:wooo iya2, thx meneer ............ lupa saya
berarti si lancer itu kemungkinan satuan nya MON ya?
http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
A US gas station pump offering five different (R+M)/2 octane ratings.
jadi jangan bikin isu lagi ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
bikin isu?? maksud nya gmana ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
maaf. maksudnya jgn salah paham, kalau octane 88 kebawah masih diperkenankan di amerika.
karena itu maksudnya (RON+MON)/2
karena itu maksudnya (RON+MON)/2
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
lalu kenapa mobil2 yg disini recomend pake pertamax ron92
di usa recomend 87 aja?
di usa recomend 87 aja?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
RON=92, MON lebih rendah dari itu.
jadi Pump Octane Number = (RON+MON)/2 hasil nya pasti dibawah 92.
di amerika yang ditulis itu Pump Octane Number nya.
jadi Pump Octane Number = (RON+MON)/2 hasil nya pasti dibawah 92.
di amerika yang ditulis itu Pump Octane Number nya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Maap... Mon ap ya?? Hubungannya sm Ron ap??? Kl CN ap tu??.....
Maap banyak tanya...
Maap banyak tanya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Td baca2 artikel lg,supercar mclaren CMIIW -> 3800cc twinturbo,580dk,rasio kompresi cuma 8.7:1. Pertanyaan : Apakah kompresi mesin merupakan satu2nya parameter dalam menentukan bahan bakar(asumsi sdh unleaded) yg digunakan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Kalo rate bahan bakar di US,CMIIW. Regular -> RON 91(kalo di US 87), Plus -> RON 95(di US 91/92?), Premium -> RON 98(di US 95).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Saya rasa tidak oom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
rasanya hampir semua mesin klo dimodif pake turbo pasti selalu (atau hampir selalu) disuru ganti ke piston low compression, walaupun compression mengecil tapi ron bbm harus naek dari yg tadinya ron 88 jadi ron 92 atau lebih..
klo begitu kasusnya gimana?
klo begitu kasusnya gimana?
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................