Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bwidayatmo wrote:Pak PenyuTurbo,
Saya sudah ke 2 bengkel, bengkel knalpot dan bengkel resmi honda. Kok semuanya bilang CRV tahun 2003 / 2004 ndak ada O2S nya? Yang ada O2S-nya crv tahun 2005 ke atas... Gimana Pak?
Dan kata bengkel resminya klo ngelitik di crv itu kebanyakan yang diservis itu knock sensornya meskipun nggak ada kepastian juga.
Mohon arahan lebih lanjut pak....
Honda CRV itu udah dipasangin O2S sejak tahun 1997 ... coba ngolong ke boil ... O2S nya diletakkan di Down Pipe (yang menghubungkan antara HEADER dengan CATALITYC CONVERTER ... memang tempatnya untuk honda CRV tersembunyi dan kabel O2S nya pendek. Kalau udah pakai EFI ... Electronic Fuel Injection maka presisi injection-nya dimonitor dengan O2S.
Kalau O2S sampai gak ada berarti ada penyunatan (Law Violation) dan hilangnya O2S ini akan menyebabkan ECU menyuntikkan BBM berlebihan sehingga boil akan boros. Penyuntikan BBM yang berlebihan ini bertujuan untuk memproteksi mesin boil agar tidak overheating. Kelebihan BBM yang tidak terbakar yang bercampur dengan oli dalam ruang bakar akan menimbulkan endapan karbon dan ini akan meningkatkan CR - Compression Ratio yang sebagai konsekwensinya akan memerlukan Oktan Bensin yang lebih tinggi. Disamping itu endapan karbon ini juga dapat menyebabkan Pre-Ignition sehingga ngelitik juga akan dapat terjadi.
Kalau knock sensor udah gak berfungsi memang ada kemungkinan memang ngelitik ... dan knock sensor ini bukannya di servis tapi diganti dengan yang baru. Knock Sensor ini bisa tahan lama.
Cara yang terbaik dan termurah adalah dengan mengganti Fuel Filter (Saringan Bensin) terlebih dahulu. Karena dengan kurang lancarnya aliran bensin (ada sumbatan pada filter bensin karena udah kotor) ... maka AFR akan menjadi sangat LEAN dan ini akan menyebabkan mesin jadi NGELITIK.
Lho Pak, bukankah setiap tune up hal itu selalu dilakukan? (ganti busi, ganti saringan udara, ganti saringan bensin)... tpi spt yg sudah saya katakan hal itu tidak bertahan lama pak... paling nggak 3 hari lalu knocking lagi...
Lalu, saya harus lakukan apa nih pak? Bagaimana dengan membersihkan kerak karbon?
bwidayatmo wrote:Lho Pak, bukankah setiap tune up hal itu selalu dilakukan? (ganti busi, ganti saringan udara, ganti saringan bensin)... tpi spt yg sudah saya katakan hal itu tidak bertahan lama pak... paling nggak 3 hari lalu knocking lagi...
Lalu, saya harus lakukan apa nih pak? Bagaimana dengan membersihkan kerak karbon?
klo daleman tangki kotor filter bbm cepet buntu..... unjung2nya knocking lagi......
ga ada salahnya coba bersihkan tangki bbm dolo
klo masih knocking coba sesuaikan kebutuhan oktan bbm untuk mobilnya dolo...
Saya pengendara mobil eterna taon 92. Mobil tua pak.
Nah boil ini dah bongkar setengah mesin dan injector dah di kalibrasi.
Saya biasa pake mobil ini dari jkt-bdg dan sebaliknya.
Boilnya kalo lagi tanjakan di tol cipularang, sering ngelitik, padahal kecepatan saya dah 120.
Tapi kalo nyetir biasa mah gak ngelitik.
Cuma kalo dah di atas 115km/jam trus kita gas lagi, lgsg ngelitik.
bole bantuin saya gak. gimana cara ngilangin nya.
Saya pengendara mobil eterna taon 92. Mobil tua pak.
Nah boil ini dah bongkar setengah mesin dan injector dah di kalibrasi.
Saya biasa pake mobil ini dari jkt-bdg dan sebaliknya.
Boilnya kalo lagi tanjakan di tol cipularang, sering ngelitik, padahal kecepatan saya dah 120.
Tapi kalo nyetir biasa mah gak ngelitik.
Cuma kalo dah di atas 115km/jam trus kita gas lagi, lgsg ngelitik.
bole bantuin saya gak. gimana cara ngilangin nya.
hah? kcpatan tinggi bisa denger ngelitik?
mang bisa ya?
Mobil ogud kayaknya juga ngelitik nih...
kayaknya gara2 olinya keenceran, mungkin ga ya?
padahal 15W50 doank... Biasa 20W50.. mobil tua sih..
Waktu itu sempet kedengeran bunyi tik..tik..tik------tik..tik..tik... pas lagi idle..
ada intervalnya...
dari atas cyl head kedengerannya...
Suaranya lumayan gede juga, tapi terakhir denger udah jadi kecil, padahal ga diapa2in...
tapi ga tau juga...
Mungkin dari klep ga ya?
r1210g wrote:hah? kcpatan tinggi bisa denger ngelitik?
mang bisa ya?
Mobil ogud kayaknya juga ngelitik nih...
kayaknya gara2 olinya keenceran, mungkin ga ya?
padahal 15W50 doank... Biasa 20W50.. mobil tua sih..
Waktu itu sempet kedengeran bunyi tik..tik..tik------tik..tik..tik... pas lagi idle..
ada intervalnya...
dari atas cyl head kedengerannya...
Suaranya lumayan gede juga, tapi terakhir denger udah jadi kecil, padahal ga diapa2in...
tapi ga tau juga...
Mungkin dari klep ga ya?
r1210g wrote:hah? kcpatan tinggi bisa denger ngelitik?
mang bisa ya?
Mobil ogud kayaknya juga ngelitik nih...
kayaknya gara2 olinya keenceran, mungkin ga ya?
padahal 15W50 doank... Biasa 20W50.. mobil tua sih..
Waktu itu sempet kedengeran bunyi tik..tik..tik------tik..tik..tik... pas lagi idle..
ada intervalnya...
dari atas cyl head kedengerannya...
Suaranya lumayan gede juga, tapi terakhir denger udah jadi kecil, padahal ga diapa2in...
tapi ga tau juga...
Mungkin dari klep ga ya?
suara HLA kah?
wah bukan bos...
Mobil gw masih konvensional gila!
Karbu dan ga ada sistem katup...
r1210g wrote:hah? kcpatan tinggi bisa denger ngelitik?
mang bisa ya?
Mobil ogud kayaknya juga ngelitik nih...
kayaknya gara2 olinya keenceran, mungkin ga ya?
padahal 15W50 doank... Biasa 20W50.. mobil tua sih..
Waktu itu sempet kedengeran bunyi tik..tik..tik------tik..tik..tik... pas lagi idle..
ada intervalnya...
dari atas cyl head kedengerannya...
Suaranya lumayan gede juga, tapi terakhir denger udah jadi kecil, padahal ga diapa2in...
tapi ga tau juga...
Mungkin dari klep ga ya?
suara HLA kah?
wah bukan bos...
Mobil gw masih konvensional gila!
Karbu dan ga ada sistem katup...
ooo...kirain mobil zaman sekarang... jadi mobil apa toh?
apakah hot pill griffon, cetane booster, fuel conditioner, dan sejenisnya khusus diesel ini bisa dipake untuk generator listrik (genset) yang bermesin diesel juga?
gw sih cuman berniat membersihkan injector, ruang bakar, dsb. di mesinnya dan mengurangi emisi gas buang... dan meningkatkan kualitas Solar juga...
note: generatornya bermesin diesel & mengkonsumsi Solar Pertamina biasa...
wah bukan bos...
Mobil gw masih konvensional gila!
Karbu dan ga ada sistem katup...
ooo...kirain mobil zaman sekarang... jadi mobil apa toh?
jangan ah malu... wakakaka... Kemungkinan juga bukan ngelitik sih...
Gw blom pengalaman masalah ngelitik...
Kayaknya masalah bearing timingnya, ato katupnya kurang rapet...
Gitu...
r1210g wrote:
wah bukan bos...
Mobil gw masih konvensional gila!
Karbu dan ga ada sistem katup...
ooo...kirain mobil zaman sekarang... jadi mobil apa toh?
jangan ah malu... wakakaka... Kemungkinan juga bukan ngelitik sih...
Gw blom pengalaman masalah ngelitik...
Kayaknya masalah bearing timingnya, ato katupnya kurang rapet...
Gitu...
apakah hot pill griffon, cetane booster, fuel conditioner, dan sejenisnya khusus diesel ini bisa dipake untuk generator listrik (genset) yang bermesin diesel juga?
gw sih cuman berniat membersihkan injector, ruang bakar, dsb. di mesinnya dan mengurangi emisi gas buang... dan meningkatkan kualitas Solar juga...
note: generatornya bermesin diesel & mengkonsumsi Solar Pertamina biasa...
apakah hot pill griffon, cetane booster, fuel conditioner, dan sejenisnya khusus diesel ini bisa dipake untuk generator listrik (genset) yang bermesin diesel juga?
gw sih cuman berniat membersihkan injector, ruang bakar, dsb. di mesinnya dan mengurangi emisi gas buang... dan meningkatkan kualitas Solar juga...
note: generatornya bermesin diesel & mengkonsumsi Solar Pertamina biasa...
klo buat injector pk injector cleaner aja spt STP super concentrate injector cleaner ato sejenisnya .
kalo pake injector cleaner yang dituangkan ke tangki bbm apakah harus pada saat fuelnya lagi penuh?udah beli n pengen coba tapi masih binun pakenya gimana
swift wrote:kalo pake injector cleaner yang dituangkan ke tangki bbm apakah harus pada saat fuelnya lagi penuh?udah beli n pengen coba tapi masih binun pakenya gimana
liat di kemasannya aja Oom..
rata2 sih kalo pake bahasa inggris tulisannya, "1 bottle treats 12 gallons of fuel.."
itu kurang lebih buat 1x full tank. kalo terlalu pekat mungkin malah bahaya buat mesin?
keknya kalo terlalu pekat takutnya kualitas BBMnya menurun...
Pembersihan sama aja, tapi bawa mobilnya ga enak kan jadinya males pake...
Takutnya mungkn ngelitik...
Pabrik pembuatnya kan pasti dah itung2, mana yang paling optimal..
Ho3..
Sapa tau pas PPT online... bos, kalo Aerio itu bensinnya harus RON berapa yah? bore x stroke 58x58, kompresi 9,7:1 (spek menurut buku).. ud replacement I/H/E.. sekarang pake premium kok enak banget yah?? ndak nglitik ditarik sampe redline any gears (kec gear 5 belum pernah sampe redline) irit pula kalo cruising 3000-3500rpm.. pencerahan dong.. takut mesin enggak awet.. Thanks.
borexstroke aerio bukannya 75x78mm yah?
Krn CR masih 9,7:1 kondisi mesin masih bisa tidak terlalu dipaksa kalo pake premium, & sptnya aerio juga sudah ada anti-knock sensor deh.