Hallo,
Menjelang datangnya hari Paskah, forum Seraya Motor mengadakan acara Bakti Sosial. Dimohon kiranya rekan2 forum dapat ikut berpartisipasi di dalamnya.
Link : viewtopic.php?f=13&t=22181
Jumlah dana hingga saat ini (27Mar) : 1.599.000
Terima kasih.

Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10942
Joined: 09 Jun 2008, 17:51

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby esh » 23 Feb 2011, 20:49

captiva 4X2 vcdi '09 3.728.000 Jakarta Utara

balakutax
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 09 Sep 2010, 00:28

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby balakutax » 23 Feb 2011, 21:56

Avanza G '09 1300cc 1.470.000 Bandung (termasuk swdkllj)
Picanto '10 1100cc 1.283.000 Bandung (termasuk swdkllj)

Dennif
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 14 Jan 2008, 14:32

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby Dennif » 23 Feb 2011, 22:36

Toyota rush S M/T 2007 1500CC Rp. 1.725.000
Grand livina 1,8 M/T 2008 Rp. 1,8jtaan (lupa angka pastinya soalnya lg dipinjem sodara)
Daihatsu sirion Drift M/T 1300CC 2011 (belum tahu kena PKBnya berapa) :big_peace:
Lokasi Palembang.

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby imsus2c » 23 Feb 2011, 23:44

kebetulan barusan bayar pajak 2 minggu lewat...

nilainya masih sama, tapi sekarang di STNK-nya (keluaran samsat surabaya/jawa timur), ada tulisan "Pajak Progresif ke-1" (secara mobil memang saya atas namakan orang lain :mrgreen: )
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby BADAK » 24 Feb 2011, 09:06

Isuzu panther GT 2006, Diesel 2500cc, PKB+SWDKLLJ Rp. 2.271.500.
Lokasi plat N.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today

User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: 12 Feb 2010, 08:07

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby brekeledan » 24 Feb 2011, 13:54

Ikutan setor nih

Ford Focus 2.0 HB tahun 2006
Jenis/Model= Minibus
PKB 2.445.000
SW 143.000

ditotal= 2.588.000

User avatar
Pak Uwo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: 24 Feb 2011, 10:32

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby Pak Uwo » 24 Feb 2011, 14:26

imsus2c wrote:kebetulan barusan bayar pajak 2 minggu lewat...

nilainya masih sama, tapi sekarang di STNK-nya (keluaran samsat surabaya/jawa timur), ada tulisan "Pajak Progresif ke-1" (secara mobil memang saya atas namakan orang lain :mrgreen: )


Ini penting sekali... Pajak Progresif sudah mulai diberlakukan. Jadi yang mobilnya sudah dijual, harus cepat-2 balik nama. Kalau tidak, akan dikenakan pajak progresif...
Prepared and Tuned by Suzuki Works Techno
Image

silverlining
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 10 Aug 2009, 16:02

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby silverlining » 24 Feb 2011, 15:40

Mobil sepuh Great 96 plat D
PKB 1.020.000
SWDKLLJ 143.000
STNK 75.000
TNKB 50.000
Total 1.288.000

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9384
Joined: 10 May 2008, 19:09

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby doq » 24 Feb 2011, 16:27

Pak Uwo wrote:
imsus2c wrote:kebetulan barusan bayar pajak 2 minggu lewat...

nilainya masih sama, tapi sekarang di STNK-nya (keluaran samsat surabaya/jawa timur), ada tulisan "Pajak Progresif ke-1" (secara mobil memang saya atas namakan orang lain :mrgreen: )


Ini penting sekali... Pajak Progresif sudah mulai diberlakukan. Jadi yang mobilnya sudah dijual, harus cepat-2 balik nama. Kalau tidak, akan dikenakan pajak progresif...


wahhhh, nice info nih................pajak progresif dah mulai berjalan :e-think:
tp kok sy ga denger beritanya ya, klo hal ini sdh resmi d berlakukan?? :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: 10 Jul 2005, 23:36

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby jeremyray » 24 Feb 2011, 18:21

Barusan bayar pajak Innova D4D AT V 2010.....tahun lalu 3.225.000.....tahun ini jadi 3.528.000
Image

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby imsus2c » 24 Feb 2011, 19:32

doq wrote:
Pak Uwo wrote:
imsus2c wrote:kebetulan barusan bayar pajak 2 minggu lewat...

nilainya masih sama, tapi sekarang di STNK-nya (keluaran samsat surabaya/jawa timur), ada tulisan "Pajak Progresif ke-1" (secara mobil memang saya atas namakan orang lain :mrgreen: )


Ini penting sekali... Pajak Progresif sudah mulai diberlakukan. Jadi yang mobilnya sudah dijual, harus cepat-2 balik nama. Kalau tidak, akan dikenakan pajak progresif...


wahhhh, nice info nih................pajak progresif dah mulai berjalan :e-think:
tp kok sy ga denger beritanya ya, klo hal ini sdh resmi d berlakukan?? :e-think:


Pajak Progresif, acuannya atau dasar peraturannya dari : UU nr. 28 tahun 2009, yang memuat tantang pengaturan pajak dan retribusi daerah

artinya (kurang lebih, cmiiw), untuk hal tertentu, daerah berhak menentukan dan melaksanakan pajak/retribusi

contohnya besarnya PKB, BBN termasuk kebijak pemutihan BBN, karena dasar hukumnya adalah UU 28/2009, makanya besarnya bisa lain antar daerah

termasuk Pajak Progresif ini, kapan pemberlakuan dan besarannya, tergantung kebijakan Pemda masing masing...

cmiiw lagi ya :D
Last edited by imsus2c on 24 Feb 2011, 19:34, edited 1 time in total.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby imsus2c » 24 Feb 2011, 19:33

jeremyray wrote:Barusan bayar pajak Innova D4D AT V 2010.....tahun lalu 3.225.000.....tahun ini jadi 3.528.000


karena kena pajak progresif? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
Pak Uwo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: 24 Feb 2011, 10:32

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby Pak Uwo » 24 Feb 2011, 20:30

1. Berita dari adik saya yang baru saja ambil Merc C200 CGI. Karena memang anaknya tiga dan masih pada kuliah, 5 mobilnya semua masih atas nama dia. Jadi kena deh pajak progresif ini.

2. CO PAS dari milis alumni SMA saya, yang juga copas dari temannya :
Berita dari copas teman.

​Info; moga bermanfaat: teman2 sy baru saja ngurus
pajak perpanjangan STNK Toyota Rush sy punya, seharusnya bayar pajaknya sekitar
2,5 jt, tetapi sy harus membayar 6,7 jt dg alasan ini mobil sy yg ke 4 & pajak
progressive sdh diberlakukan thn ini, krn dianggap mobil yg ke 4 maka dikenakan
pajak 4% dari harga jual (kalau jumlah mobil :1=1%, 2=2%, 3=2,5%, 4=4%), sy
complain ke samsat knp disebut mobil ke 4, pdhl mobil sy cuma 2, ternyata
dikomputer samsat tertera ada 4 termasuk 2 unit yg sdh sy jual 2 thn lalu tetapi
sama pemiliknya blm balik nama sehingga masih terhitung 4, kemudian sy bloklir 2
mbl yg sdh dijual agar perhitungan tdk 4 lg, tetapi sayangnya akan berlaku utk
perpanjangan berikutnya, jadi saran sy utk teman2 kalau mobil anda sdh dijual
segera lapor ke samsat utk blokir dg cara isi form keterangan sdh dijual agar
terhindar kesalahan perhitungan pajak progressive, yg sy heran adalah kenapa org
bisa perpanjang STNK tanpa balik nama & tanpa KTP asli sehingga nama mobil dia
masih memakai nama kita sehingga sgt merugikan kita, so segera laporkan mobil yg
sdh dijual ke samsat. Demikian sekilas info, semoga bermanfaat (NB: saat ini
pajak progressive baru diberlakukan utk kend. Pribadi, bukan kendaraan barang
spt Pick up/truk, dll
Prepared and Tuned by Suzuki Works Techno
Image

User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 633
Joined: 12 Nov 2008, 23:57

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby scorpio » 24 Feb 2011, 21:10

dengan di blokir begitu berarti mau ga mau orangnya harus balik nama yah??
berarti asik nih :mrgreen:

soalnya kebeneran, orang yg kemaren beli mobil dari bokap ogah balik nama. alasannya sih karena deket, jadi tinggal pinjem ktp.
dengan adanya mobil ntu mobil bokap sekarang dihitung jadi 2, padahal yg aktif dipake sekeluarga cuman 1 :frm_bang_head:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................

User avatar
edw4rdz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 26 Dec 2009, 22:15

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby edw4rdz » 24 Feb 2011, 21:36

ikutan ya.. kebetulan minggu lalu bau bayar pajak..

BLazer DOHC tahun 2000 SUV 2200cc
PKB 1.230.000
SW 143.000
wilayah Depok
total= 1.373.000
tahun lalu 1,6 jt.. :mrgreen:
BIC 876

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13964
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby DOHC » 24 Feb 2011, 22:17

livina XR taon 2008.... pajak nya 2 hari yg lalu ane bayar kena 1.673.000


utk ipah V manual, akhir taon lalu kena 3.993.000 buat pajak plus balik nama... ga tau dehh kena brapa taon ini...
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9384
Joined: 10 May 2008, 19:09

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby doq » 24 Feb 2011, 22:37

ada yg punya info mengenai kendaraan2 atas nama PT. ?apa kena progresif jg? :e-think:
trus klo yg pada punya usaha rental gmana yah?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1439
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby ilhami » 25 Feb 2011, 13:51

kalau kendaraan atas nama PT kena progresif... PT Bluebird bisa kena pajak 5000% donk bro :big_peace:
Powered by BBM Subsidi

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8763
Joined: 12 Jun 2007, 15:46

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby Abu2 » 25 Feb 2011, 15:02

GV 2.0 m/t
April 2007
SW
Rp.2.3jt-an per tahun
Image

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9384
Joined: 10 May 2008, 19:09

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby doq » 25 Feb 2011, 15:10

ilhami wrote:kalau kendaraan atas nama PT kena progresif... PT Bluebird bisa kena pajak 5000% donk bro :big_peace:


itu khan plat kuning oom :ungg: :ungg:
klo fleet non plat kuning ceritanya gmana ya?
trus data yg dipakai utk pengenaan progresif ini dr nama pemilik atawa alamat stnk yah? atau justru keduanya?
kalo misalnya nama sama tapi alamat berbeda gimana jg tuh? :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

AlphardLover
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 09 Feb 2008, 19:11

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby AlphardLover » 27 Feb 2011, 19:40

imsus2c wrote:kebetulan barusan bayar pajak 2 minggu lewat...

nilainya masih sama, tapi sekarang di STNK-nya (keluaran samsat surabaya/jawa timur), ada tulisan "Pajak Progresif ke-1" (secara mobil memang saya atas namakan orang lain :mrgreen: )



Saya pake ANJ RS M/T 2010, Lokasi di malang, kena pajak 2.633.000.. di STNK juga ditulis "Pajak Progresif ke-1"

5758
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: 05 Sep 2010, 12:08

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby 5758 » 27 Feb 2011, 20:42

jeremyray wrote:Barusan bayar pajak Innova D4D AT V 2010.....tahun lalu 3.225.000.....tahun ini jadi 3.528.000


mahal juga ya pajak ipah, tipe (E,G,V) sama jenis transmisi mempengaruhi besarnya pajak gak om? Deg - degan nih taun ini kena brp ya?

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby asudarsono » 28 Feb 2011, 08:02

Peugeot 504 thn 1982, Rp 385 ribu.

No worries mate.

Livina plat merah, Rp 250 ribu.... lha kok mirip?
Ready to Race

User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1253
Joined: 27 Mar 2007, 13:03

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby Hikoza » 01 Mar 2011, 12:21

silverlining wrote:Mobil sepuh Great 96 plat D
PKB 1.020.000
SWDKLLJ 143.000
STNK 75.000
TNKB 50.000
Total 1.288.000

Report dari "temen seangkatan", Ferio 96, plat H
PKB 1.245.000, -
SWDKLLJ 143.000,-
Total 1.388.000,-
Updated last week, Feb 25th 2011

h3nk1
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 02 Mar 2011, 15:25

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Postby h3nk1 » 03 Mar 2011, 11:40

grand civic 88 plat BA, Rp 608.000, bulan februari.... :big_peace:


Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 8 guests