Grand Livina Gak Kuat Nanjak ????

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Khöedhöe wrote:
johnlegend wrote:mmh, tp jujur aja yah, gw nyetir GL 1.5 matic kok ngga pernah melorot? waktu gw coba nanjak di tretes/trawas dengan sudut kemiringan 40 derajat jg tetep bisa naek.. walaupun berat *mobil isi 5 orang + barang2.. walaupun ga banyak*
Ancang2nya cukup? Langsung bablas ato berhenti di tengah2 trus baru jalan lagi?

Kayaknya yg jadi permasalahan adalah klo ancang2nya kurang trus berhenti di tengah dgn kapasitas 7 orang sesuai spek.

Klo ttg. buka kap di Puncak, tanpa ada poto yg valid, berprasangka baik aja. Mungkin ada kotoran atau apalah gitu.
waktu itu saya sharing mobil diisi 5 orang (termasuk driver) + barang2 (dikit banget).. coba berhenti waktu ditanjak'an trus jalan lagi.. berat.. tp saya bandingin ama mobil lain jg sama berat.. yg paling nyata tuh civic 1.7 matic..

yang dimasalahin tuh, kapan hari ada yg sharing.. mobil diisi 2 penumpang.. trus ngga bisa nanjak.. (sampe melorot2) katanya waktu naik atoz diisi 5penumpang bisa nanjak dengan gampang2 aja..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

jadi kesimpulannya mitos apa bukan neh? :D gw sih dulu selalu ketawain temen gw, tapi kalo ini bukan mitos, berarti kemaren2 gw kaya ketawain diri sendiri dunk :?
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Risol1 wrote:
johnlegend wrote:hehehe.. bisa jg ada yg sengaja buka kap mesin livina pas nanjak buat pamerin ruang mesin livina k temen nya.. tar dikira mogok.. hehehe
hehehe.....temen gw juga ada kalo lagi ke puncak dan pas lagi berenti (misal lagi makan siang atau belanja di FO) selalu buka kap mesin soalnya die percaya mitos, kalo kap mesin dibuka, mesin jadi lebih cepet dingin. :D
OT nih, kalo ga salah (saya pernah baca), ada peraturannya kalo kita mau berhenti di bahu jalan tol, diwajibkan membuka kap mobil. CMIIW.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Risol1 wrote:jadi kesimpulannya mitos apa bukan neh? :D gw sih dulu selalu ketawain temen gw, tapi kalo ini bukan mitos, berarti kemaren2 gw kaya ketawain diri sendiri dunk :?
IMHO. Begitu mobil berhenti dan mesin mati, suhu mesin justru bergerak naik dulu sebelum turun lagi karena fan langsung mati. Saya pernah perhatikan, bisa naik 5-10 C lho. Tapi buat sebagian mobil, itu nggak terlalu masalah karena suhu kerja mesin nya dibawah suhu optimal pembakaran 90-100 C. CMIIW.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

uch wrote:
Risol1 wrote:jadi kesimpulannya mitos apa bukan neh? :D gw sih dulu selalu ketawain temen gw, tapi kalo ini bukan mitos, berarti kemaren2 gw kaya ketawain diri sendiri dunk :?
IMHO. Begitu mobil berhenti dan mesin mati, suhu mesin justru bergerak naik dulu sebelum turun lagi karena fan langsung mati. Saya pernah perhatikan, bisa naik 5-10 C lho. Tapi buat sebagian mobil, itu nggak terlalu masalah karena suhu kerja mesin nya dibawah suhu optimal pembakaran 90-100 C. CMIIW.
mungkin juga....ditambah lagi terpaan angin ke mesin berkurang drastis dibanding kalo mobil lagi jalan :D
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

Wah kalo buka kap mesin berarti mobil gak bisa ditinggal dong, ntar kalo ditinggal balik2 mesinnya udah hilang lagi.
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

uch wrote:
dony wrote:
Risol1 wrote: hehehe.....temen gw juga ada kalo lagi ke puncak dan pas lagi berenti (misal lagi makan siang atau belanja di FO) selalu buka kap mesin soalnya die percaya mitos, kalo kap mesin dibuka, mesin jadi lebih cepet dingin. :D
Yuuup betul kok, sy slalu buka kap mesin sehabis melakukan perjalanan jauh, agar udara panas didalam mesin lbh cepat keluar dibandingkan dgn kap mesin tertutup. :D :lol:
Dibuktikan dengan pict. Jgn disangka mogok juga ya.... :D


Foto source : copy fr photos lib milist blazer.
He he he.. sama gw juga punya kebiasaan gitu tuh.. kalo pulang dan sesampe di garasi rumah.. kap mesin gw buka, tp berbeda alasan.. bukan supaya mesin cepat dingin.. tapi agar kap mesinnya cepat dingin dan catnya lebih awet.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Koq malingnya milih mesin daripada mobil nya komplit... :D :D
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

uch wrote:Koq malingnya milih mesin daripada mobil nya komplit... :D :D
pengen ngembat baterenya kali...lumayan laku tuh dijual ke tukang loak :D
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

^
jadi skarang apanya yg mo dicuri? :lol:
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

ce nya aja.. yg cakep2..
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

ini ada review yg cukup obyektif soal TANJAK MENANJAK, semoga didengar dan direspons NMI

--- In [email protected], Ryan <ryandslee@...>
wrote:

Re: Test Livina 1.5 MT di Tanjakan.


(dikutip dari milis livina)

Frens,

Hari ini saya nyoba Livina di tanjakan bersama teman saya di daerah Dago ke arah Maribaya.

Percobaan 1,

Setelah lewat perumahan dosen di dago, jalan belok ke kanan kurang lebih 10 meter dan langsung belok ke kiri dengan tanjakan sudah di hadapan. Tanjakannya sekitar 40 derajat.
Setelah jalan kurang lebih 15 meter, mobil saya berhentikan di tanjakan. Tarik rem tangan supaya tidak mundur. Begitu siap, saya gas mobil pada 4000rpm, dan kupling di buka. Hasilnya mesin hampir mati dan kupling harus di tengkep 2-3 kali supaya mesin tidak mati. Mobil berhasil naik dan perlahan lahan putaran mesin naik dari 1000 rpm sampai 2000 rpm. Lewat 2000 rpm, mobil berhasil melewati tanjakan dengan sukses dan tenaga mesin juga tidak kekurangan.

Percobaan 2,

Kurang lebih 300 dari dari tanjakan percobaan 1, ada satu jalan buntu yang tanjakannya cukup tinggi dengan panjang kurang lebih 100 meter, kemiringan mungkin sekitar 50 derajat.
Saya coba lagi di tanjakan kedua. Setelah mobil berada pada posisi menanjak, di lakukan percobaan seperti yang pertama, hasilnya saya harus menengkep kupling lebih sering daripada percobaan 1 supaya mesin tidak mati dan mobil dapat naik. Ban juga spin pada saat kopling di buka. Karena kupling slip agak lama, sesampai di atas bau kupling tercium, dan juga ban lebih cepet menipis.

Selanjutnya saya lakukan driving biasa di jalan yang menuju Maribaya, di tanjakan tidak berhenti. Hasilnya selama ada tanjakan yang cukup tinggi asal putaran mesin tidak kurang dari 2000rpm, berhasil dengan sukses melewati tanjakan tanpa hambatan sedikit pun.

Masih jauh ke Maribaya, saya putar balik. Langsung menuju ke RM the Valley. Sesampai di sana, saya melihat pada jalan ke luar dari RM. The Valley, ada tanjakan yang cukup tinggi. Mau di coba, tapi The Valleynya masih tutup. Akhirnya di putuskan untuk pulang saja.

Menurut saya, karena saya mencoba dengan 2 penumpang saja, di tanjakan yang cukup berat berhasil dengan sukses, walaupun harus mengekep kupling beberapa kali dan kupling juga jadi bau. Juga dibutuhkan driving skill untuk berhasil melewati tanjakan apabila di tanjakan terpaksa harus berhenti.

Karena saya kurang mengerti soal teknis, ada baiknya NMI melakukan perubahan supaya akselerasi di putaran mesin di bawah 2000 rpm lebih baik (mungkin sudah di lakukan dengan me re-map ECU), atau kalau memungkinkan merubah final gear ratio atau merubah rasio gear gigi 1 menjadi lebih besar dari yang sekarang.

Kalau ada kesempatan lagi, saya mau coba lagi dengan Livina 1.5AT. Sekedar informasi saja, saya sudah beberapa kali melewati jalan tersebut menggunakan 1.8AT tidak ada masalah sama sekali, walaupun harus sampai berhenti di tanjakan.

salam,
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

pak gun.. comment? saya matic.. jd kaga ngerti nih..
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

Gak tahu persis mengenai kondisi yang disebutkan di atas. Mungkin lebih curam dari trawas? Tapi yang pasti, kayaknya tidak sesulit yang digambar kan disitu..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

sayang tanjakan di parkiran the valley gak dicoba, buat gw pribadi, tanjakan itu bisa dijadikan patokan mobil2 MPV umumnya kuat ngga untuk nanjak. soalnya kalo tanjakannya lebih tinggi/curam dari itu, kayanya memang bukan porsi mobil2 MPV lagi :D
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

johnlegend wrote:pak gun.. comment? saya matic.. jd kaga ngerti nih..
hmmmm.. kalo 40derajat mahh anggep aja sama kaya tanjakan di metro atom atau taman anggrek kali yah.. wahhh..artinya yang matic malah lebih ngga masalah nih even yang 1.5 ditanjakan asal ngga pake D.. karena gw sih selama ini jg cuman ngeden doank.. tapi kalo udah oper gigi 1 yah udah lancar.... artinya.. yang sering melorot pada manual tuhh hauhahahaha.. malu2in dehh ihh manual kalah sama matic. btw bung dion.. itu yang nulis siapa? kok kaya moderator livinanya sendiri yah? gw liat ada ryan2 nya..

bung dion.. livina sampean tipe apa? kalo masalah tanjakan nih yah, perspektif gw sih gini.. kalo peruntukkannya ngga banyak buat luar kota.. coba deh, ngga setiap hari jg kan kita kena tanjakan macam the valley? thats why kalo emang pengen livina dan sering keluar kota.. ambil yang 1.8 atau innova deh.. bodo dahh boross.. tapi lega, mesin jg udah lewat longterm tes, dalkot oke, luar kota jg oke segala medan... cuman yah itu.. ngga ekonomis kalo pakenya banyak di dalam kota....

unit gw yang cuman 1.5 ini sampe sekarang pun dipake kemana aja belum pernah melorot.. ngeden iya.. itu jg kalo gw pake D.. tapi kalo udah ambil ancang2 pake 2 udah cukup.. berenti dan jalan ditanjakan metro atom.. tinggal oper 1 narik deh gw jamin.. cuman emang artinya ada batch2 yang gagal produksi tuh... dulu kan pernah gw tulis waktu gw ke puncak itu.. tanjakannya lumayan tuh.. mirip deh sama the valley, duh lupa gw di nama tempatnya... pokoknya orang hamil mahh bisa brojol dahhh kalo turun cepet di itu tanjakan.. cuman gw tetep berhasil nanjak setelah pake 1... masalah FC bener kaya kata lu di thread sebelah.. pake pertamax 1:10an, pake premium sekarang 1:11an (buat dalkot, ini info adek gw yang sekarang gw suruh dia pake aja ni mobil tiap pagi biar kena macet ke kantor
daripada nggangur doank itu mobil didepan, sekalian biar bisa di servis 1000 kekekke)

so buat tanjakan atau FC gw sih ngga ada masalah, tapi buat kenyamanan.. kampret tuh bangkunya!! saran gw.. kalo kita lebihbanyak buat dalkot.. udah dehhh.. 1.5 and MATIC! tapi kalo lebih banyak buat luar kota.. heheeh mending elu 1.8 and MATIC!.. karena gw liatini yang pada melorot kok banyak di manual yah?!

note for kandang k or sithlord : EHHH KALO BERANI NGGA USAH PAKE NICK2 PALSU DEHH!! sok2 interfere gw ama maxx segala lagi lu!.. NGOMONG DONK DI SINI!! JANGAN JADI JAGOAN KANDANG DIMILIS MULU DEHH!!! ATAU BANGUNIN TUH CONAN! CARI LAWAN YANG SEIMBANG.. atau gini deh.. gw rasa elu jg udah lama kali ye ngincer jabatan si bos teddy.. gimana kalo gw bantuin akuisisi NMI terus elu gw jadiin marketing direkturnya aja.. so emang elu bicara dengan kapasitas elu sebagai direktur... and bos teddy?? kita turunin aje jabatannya jadi tukang fotokopi.. gimana? daripada elu kaya orang stress kaya gini belain kaleng dicat sampe bilang livin lebih nyaman dari grandis.. duh.. duh.. direktur elu aja kaga sampe gitu2 banget gw rasa... hahahahha..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

suruh masuk balek ke kandangnya ajah... :lol: JK
Image
bokap-si-ichsan

Post by bokap-si-ichsan »

deleted by t0mc4t
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

"ati2 darah tinggi, triglyceride, cholesterol.. inget.. check up nak" kata bokap-si-ichsan
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

OUCHHHHHH... bakal rame nihh!! .. adrenalin mulai terbakar.. ha ha ha. .:lol:
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

ichsan_n wrote:
. btw bung dion.. itu yang nulis siapa? kok kaya moderator livinanya sendiri yah? gw liat ada ryan2 nya..
iya, ente masih trauma ya sama die :-). atleast reviewnya bisa jadi masukan buat NMI, kali aja nanti gear rationya diperbaiki shg lbih wookeh ditanjakan. lumayanlah mereka sdh mau remap ECU gratis
ichsan_n wrote: bung dion.. livina sampean tipe apa?
gue baru kepikir ambil 1.5 AT, kemarin tanya sales indent september delivery desember, gue tahan dulu biar sekalian lewat tahun baru. cuman yg bikin gue masih binun-dan kali ada hubungan dg pinggang ente :-) - yaitu soal pedal rem yg terbukti bikin capek di kemacetan, ini juga dilaporkan di milis. jangan2 dari kaki terus naik ke pinggang. kalo soal tanjakan, gue masih tunggu review temen2 NLC yg katanya mau test 1.5AT ke puncak, cuma sayangnya ngetestnya malem
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

ichsan_n wrote:
johnlegend wrote:pak gun.. comment? saya matic.. jd kaga ngerti nih..
hmmmm.. kalo 40derajat mahh anggep aja sama kaya tanjakan di metro atom atau taman anggrek kali yah.. wahhh..artinya yang matic malah lebih ngga masalah nih even yang 1.5 ditanjakan asal ngga pake D.. karena gw sih selama ini jg cuman ngeden doank.. tapi kalo udah oper gigi 1 yah udah lancar.... artinya.. yang sering melorot pada manual tuhh hauhahahaha.. malu2in dehh ihh manual kalah sama matic. btw bung dion.. itu yang nulis siapa? kok kaya moderator livinanya sendiri yah? gw liat ada ryan2 nya..

bung dion.. livina sampean tipe apa? kalo masalah tanjakan nih yah, perspektif gw sih gini.. kalo peruntukkannya ngga banyak buat luar kota.. coba deh, ngga setiap hari jg kan kita kena tanjakan macam the valley? thats why kalo emang pengen livina dan sering keluar kota.. ambil yang 1.8 atau innova deh.. bodo dahh boross.. tapi lega, mesin jg udah lewat longterm tes, dalkot oke, luar kota jg oke segala medan... cuman yah itu.. ngga ekonomis kalo pakenya banyak di dalam kota....

unit gw yang cuman 1.5 ini sampe sekarang pun dipake kemana aja belum pernah melorot.. ngeden iya.. itu jg kalo gw pake D.. tapi kalo udah ambil ancang2 pake 2 udah cukup.. berenti dan jalan ditanjakan metro atom.. tinggal oper 1 narik deh gw jamin.. cuman emang artinya ada batch2 yang gagal produksi tuh... dulu kan pernah gw tulis waktu gw ke puncak itu.. tanjakannya lumayan tuh.. mirip deh sama the valley, duh lupa gw di nama tempatnya... pokoknya orang hamil mahh bisa brojol dahhh kalo turun cepet di itu tanjakan.. cuman gw tetep berhasil nanjak setelah pake 1... masalah FC bener kaya kata lu di thread sebelah.. pake pertamax 1:10an, pake premium sekarang 1:11an (buat dalkot, ini info adek gw yang sekarang gw suruh dia pake aja ni mobil tiap pagi biar kena macet ke kantor
daripada nggangur doank itu mobil didepan, sekalian biar bisa di servis 1000 kekekke)

so buat tanjakan atau FC gw sih ngga ada masalah, tapi buat kenyamanan.. kampret tuh bangkunya!! saran gw.. kalo kita lebihbanyak buat dalkot.. udah dehhh.. 1.5 and MATIC! tapi kalo lebih banyak buat luar kota.. heheeh mending elu 1.8 and MATIC!.. karena gw liatini yang pada melorot kok banyak di manual yah?!

note for kandang k or sithlord : EHHH KALO BERANI NGGA USAH PAKE NICK2 PALSU DEHH!! sok2 interfere gw ama maxx segala lagi lu!.. NGOMONG DONK DI SINI!! JANGAN JADI JAGOAN KANDANG DIMILIS MULU DEHH!!! ATAU BANGUNIN TUH CONAN! CARI LAWAN YANG SEIMBANG.. atau gini deh.. gw rasa elu jg udah lama kali ye ngincer jabatan si bos teddy.. gimana kalo gw bantuin akuisisi NMI terus elu gw jadiin marketing direkturnya aja.. so emang elu bicara dengan kapasitas elu sebagai direktur... and bos teddy?? kita turunin aje jabatannya jadi tukang fotokopi.. gimana? daripada elu kaya orang stress kaya gini belain kaleng dicat sampe bilang livin lebih nyaman dari grandis.. duh.. duh.. direktur elu aja kaga sampe gitu2 banget gw rasa... hahahahha..
justru aneh ya kalo misal MANUAL kaga bisa nanjak. Kalo lihat gear ratio gigi 1, kan ga beda banyak dengan Taruna, atau yang sebangsanya. Bahkan power lebih gede dari Taruna (walau max torsi di rpm 4400). Saya pikir ketrampilan penggunaan kopling, gas, pada tanjakan u/ manual itu lebih berperan dibanding matic. IMHO, CMIIW. At least itu yang saya alami di tanjakan. Justru selama ini saya punya impresi (dan asumsi) kalo AT tuh butuh cc gede supaya smooth jalannya.

Pak Ichsan sekarang FC nya ga masalah ya? Saya juga loh gak masalah. Terakhir 1:11.59.. Premium biasa. uedan tenan!!

Itu ada yang tulis, kalo ga salah mas Dion? Yang bilang kalo justru premium lebih irit dari pertamax (atau pertamax gak pengaruh), karena emang dari sononya tuh timing pengapian sengaja di set mundur? Ini belum dikonfirm nih.

BTW mana yah MAXX? Katanya mau kasih share hasil kunjungan ke pabrik NMI?
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

iya pak gun.. saya jg mikir harus nya kl manual kita bisa kira2 antara gas n kopling.. yah bisa maenin gitu lah.. emang kalo 1.5 a/t mampu.. HARUS nya yg manual (kl ngerti cara and sela nya) bisa nanjak donk.. ini harusnya lho.. may be yes may be no :P depends on the stud behind the wheel.. hehehe..

kl kaga terampil.. well, no offense, but.. tar kayak atoz isi 5 orang bisa nanjak.. tp livina isi 2 orang kaga nanjak -_-" isn't it sO wEIrd?

btw, mengenai FC, coba kapan2 ikutin saran saya pak.. ganti gigi nya di rpm 2500-2800.. trus kalo cruising di jaga di level 2000-2200 rpm.. kecepatan 50-70kmh.. 1:12 dalam kota surabaya bisa dapet pak..

adik saya kemarin ngater temen k malank naek livina.. jalan 256n.. (pulang pergi + kombinasi dalam kota sebelum nya) di test FC abis bbm 17.20liter.. u do the math ;) 1:14,8.. mungkin 1:15,5 kl luar kota 100%

gaya nyetir: mayan kalem.. kecepatan tinggi, sedikit ada tanjak'an, sekitar 50-70km buat dalam kota..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

gunawan98 wrote: BTW mana yah MAXX? Katanya mau kasih share hasil kunjungan ke pabrik NMI?
Msh mantau.. cuman males ngomong.. tar dianggap sales Nissan yg dikasih makan tiap hari oleh NMI.
Soal KP udah di share dimilist.. dibaca aja disana.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

maxx wrote:
gunawan98 wrote: BTW mana yah MAXX? Katanya mau kasih share hasil kunjungan ke pabrik NMI?
Msh mantau.. cuman males ngomong.. tar dianggap sales Nissan yg dikasih makan tiap hari oleh NMI.
Soal KP udah di share dimilist.. dibaca aja disana.
Allo Dony, bisa copas disini? gw ga join milis soalnya...