SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 21 Apr 2014, 14:05

All times are UTC + 7 hours






Post new topic Reply to topic  [ 10 posts ] 
Author Message
 Post subject: Ganti Timing Belt
PostMessage posted...: 04 Sep 2007, 10:17 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 17 Jul 2007, 16:35
Posts: 4
Dear All,
(OOT mode:on)..,
Ada yang punya pengalaman Ganti Timing Belt (buat mobil yg masih pake timing belt), bisa sharing ngga tentang:
1. Ciri-ciri (tanda-tanda) fisik mobil sudah minta ganti timing belt selain jumlah km nya ?? (karena ada yg bilang 50 rebu, 60 rebu bahkan 80rb km masih aman...)
2. Kisaran ongkos pasang dan harga penggantian parts ini di Bengkel Resmi beberapa merk mobil. Sebenernya mahal ngga sih?
3. Apa pengaruh jika timing belt sampe putus sebelum sempet diganti?
4. Parts apa lagi yang biasanya (direkomendasikan) sekalian ganti dengan timing belt

Thanks all.....

bodz


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 04 Sep 2007, 15:47 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6032
Location: almost there...
halo bro,

Wah, setahu saya sih susah ciri-ciri fisik buat indikasi saatnya ganti timing belt (CMIIW). Biasanya ya lihat odometernya. Ga bisa bilang sekian KM masih aman...mendingan ikutin petunjuk mobil masing2 deh :D .

Masalah harga tentu saja variatif sekali, kembali ke boil masing2, ada yg dari 300rban sampe jutaan. Ada yg perlu ganti belt-nya aja ada juga yg musti 1 set sama tensioner-nya (pengencang).
Sbg contoh, untuk punya saya, Hyundai Santa Fe thn 2001, kira2 Rp.2jtaan (termasuk ongkos pasang di bengkel resmi). Ganti tiap 65rban Km :wink: .
Kalo timing belt ga diganti, trus putus waktu mesin hidup/boil jalan, dapat dikatakan fatal dan mahal akibatnya buat mesin :e-naughty: . kalo ga salah kepala piston dan klep-nya bisa tumbukkan, rusak tuh kepala silidernya CMIIW

Kalo yg harus ganti bareng timing-belt, sebaiknya juga tensioner-nya. Semuanya kembali ke petunjuk manual boil itu, apa yg harus diganti di tiap berapa KM-nya (CMIIW). kalo mbak wiki bilang, saat ganti timing belt, ganti juga tuh water pump-nya.
Kalo pertanyaanya, apa yg harus diganti (berhubungan dgn mesin tentunya...)saat beli boil bekas...pasti lebih banyak lagi daftarnya he..he... :lol:
Segala macam filter dan cairan wajib tuh diganti, kita kan ga tahu previous ownernya "care" dan displin ga soal ngerawat tuh boil :roll: .

Buat referensi, lihat di:
http://en.wikipedia.org/wiki/Timing_belt

Ada yg mau nambah bantuan?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 04 Sep 2007, 15:54 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 26 Jul 2007, 14:53
Posts: 7
Location: pinggiran Depok
Hallo Bodz,
coba jawab sebisanya ya ... mungkin nanti ada yg lebih expert yg bisa membantu.
1. Blm pernah lihat ciri-ciri fisik timing belt yg sudah mau putus ... jd nggak bisa kasih jawaban. Biasanya patokan memang dari Kmnya saja yg dipakai. kl mobilnya sering kena macet sebaiknya ganti di 50 ribu km.
2. Ongkos kerja bengkel resmi biasanya selalu lebih mahal.
3. Kerusakan palling parah adalah valvenya bengkok, piston rusak, dll. Beberapa merek mobil mesinnya masih aman kl timing belt putus ... seperti suzuki, timor atau new espass (CMIIW).
4. part lainnya adalah tensioner dan idler ... kl mobilnya sudah uzur/berumur dan ada kelebihan uang... mungkin bisa juga sekalian ganti pompa oli atau pompa air (CMIIW ... tergantung mobilnya).

brgds,
Harkres


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 06 Sep 2007, 19:17 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 02 May 2007, 11:35
Posts: 257
coba ditekan permukaan timing beltnya, kalo udah keras kaya plastik, mending buru-buru ganti, tapi kalo ditekan pake kuku masih lunak, masih aman..
kalo ongkos pasang, di bengkel resmi bisa 2x bengkel biasa.
tadi ane ngedrop mobil ke bengkel resmi buat ganti timing belt, perkiraan biaya 275k utk bongkar TB aja, padahal ane juga ganti water pump
biasanya yang diganti sekali jalan (tiap 2x ganti TB) sih seal camshaft & crankshaft (liat kondisi, rembes gak), auto tensioner, water pump, fan belt

mending jangan nunggu putus deh, apalagi kalo pas putus, mogok, karena gak ngerti TB putus, maen stater ato dorong, duh, tambah banyak yang kena

tadi barengan di bengkel ada yang TBnya putus, musti ganti per klep, klep, piston + ring, lebih mahal jatuhnya


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 19 Sep 2007, 11:24 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 13 Feb 2007, 15:18
Posts: 831
ada suara mendecit mungkin itu salah satu indikasinya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 19 Sep 2007, 20:55 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Posts: 1881
Location: Sunter
mansetha wrote:
ada suara mendecit mungkin itu salah satu indikasinya.

Ini mah bukan timing belt, tapi fan belt... wekekekek...

_________________
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Ganti Timing Belt
PostMessage posted...: 08 Dec 2008, 08:04 
Offline
Newbie
Newbie
User avatar

Joined: 14 May 2008, 20:08
Posts: 11
Location: Bandung
halo bro sm'ers semua...
gini mobil saya soluna dan mau ganti timing belt, saya udah beli timing belt sama lahernya, tapi masih bingung mau pasang di bengkel mana..

mungkin dari bro sm'ers ada yang bisa ngasih tau alamat bengkel yang recommended di bandung?

thanks...


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Ganti Timing Belt
PostMessage posted...: 08 Dec 2008, 10:41 
Offline
SM Affiliate
SM Affiliate
User avatar

Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Posts: 7869
Location: JakPUs (021)688.36.360, JakUt (021)9999.5600, -- www.monza-autosport.com
Umumnya timing belt original (bukan part aftermarket kw1 ato 2) di ganti 60rb KM atau max 5thn tergantung mana yg duluan tercapai.

_________________
Image
JakPUs (021)68836360, JakUt (021)9999 5600, BSD City (021)3366 3883
BLOG: http://www.monza-autosport.co.cc
Website: http://www.monza-autosport.com
Monza@Other Forum: SO! -- MODCOM -- OTOMOTIFNET


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Ganti Timing Belt
PostMessage posted...: 08 Dec 2008, 11:54 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 05 Mar 2006, 23:49
Posts: 449
bro klo jazz lama ganti timing belt tiap brapa KM y?buku servis gw ilang soalnya...

trus klo 60rb km jazz lama servis ap aja y?sori OOT...


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Ganti Timing Belt
PostMessage posted...: 09 Dec 2008, 11:50 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
bukannya jazz itu udah ga pake timing belt yah tapi pakai timing chain yg seumur mesin....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 10 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: haristk7, twa and 29 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group