Honda Karisma tembus 95 km/liter

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sandosicora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Tue Apr 15, 2008 2:29

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by sandosicora »

emang di jkt ada jalan yang bisa lancar bro :e-snooty: paling baru 15 meter dah ngerem :e-whistle:
rise of the SP
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by Cloud »

yah, kalah ma shogun 110 sy, 1 liter 107 km. tp emang kecepatan konstan, 40 km/h :capede: , keliling stadion mandala krida,hehehe. eh, padahal tu sudah digedein spuyernya lo, n ban juga agak kempes
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by p4nd4 »

pertanyaanku...kok karisma ku borossss :D
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by Cloud »

maksudnya boros gimana? kalau boros tergantung pemakaian sih normal, misal karisma cuma 1 liter 40 km ato malah 35 km, tapi bawaannya gas pol rem pol, kalo pindah gigi sampai rpm melengking. itu namanya normal. kalo pake jalan biasa, idealnya 1 liter 50 sampe 60 km. nah, kalo econo ride, rata-rata diatas 80 km/ liter.
pertama, cek tekanan ban. kalo kempis, bisa lebih boros. kalo pake ban besar, juga lebih boros walau dikit banget.
cek juga ketegangan dan kelancaran rantai.
kalo dirasa masih boros, coba diperiksa filter udaranya, mungkin kotor, kevakuman di venturi lebih tinggi, bensin tersedot lebih banyak. kalo udah kotor banget, ganti aja.
periksa juga, apakah komponen di karbu sudah aus, ato jangan2 spuyer sudah dirojok? spuyer jarang banget aus, kalo yang cepet aus justru jarum skep n rumahnya (suling)
lalu periksa kerenggangan katup. standarnya 0,03 mm. pake 0,05 mm gak papa (setelan filler seret/rapat), tapi mesin sedikit lebih berisik. tarikan justru lebih enak, n bbm lebih hemat.
kalo udah, periksa tekanan kompresi, pake compression tester. kalo tekanannya rendah, silakan cek katup, piston, ring, ato liner. tapi biasanya cuma skir katup aja. kecuali motor sudah diatas 100 ribu km, ato pernah telat ganti oli, maka ring piston, piston n liner bisa kena.
periksa busi, busi yang sudah tidak bagus biasanya tenaga motor turun, ato malah kadang brebet, bensin jadi boros.
kalo koil n cdi kayaknya jarang rusak ya, tapi kalo mo periksa juga gak papa,
terakhir, bensin yang digunakan harus bersih, tidak tercampur kotoran atau zat lain.
nah, cukup itu aja, dijamin mesin jadi hemat lagi, hehehe....
etdah
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Feb 14, 2008 11:00

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by etdah »

^ klo kek diatas mo cari irit ja uda modal brapa duid tu... masuk bngkel service lom ganti part.. :o blom cari jalan sepi, blajar teknik ngendara motor yg efisien... blom cari jalan yang ga da lobang ato poldur ato tukang grobak ato anak nyebrang... en cuma bertahan 2 hari plg kondisi fit tu motor abis ntu masuk lg bngkel.. worthed kah?

sama ja lo mo bkin motor grand dengan spek full racing buat ngalahin ninja r racing tapi sekali jalan... worthed?

dijkarta mah ga da motor lebih dari 1:45... mo cc kecil kek mo gede...
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by Prive »

Karisma 1L = 97km....
jangan2 yang naik dukun, jadi motornya dibantu dorong sama jin temen2nya.
hiiiii......




......... :glodak: GUBRAK!!! (mau kabur gak bisa, he..he..)
bajajku
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Aug 06, 2008 18:27

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by bajajku »

Kharisma bisa tembus 59 km/liter.
Ga mungkin, pada praktek sehari hari.
Ini asal jalan aja, noken as nya diganti supaya tarikan bbm, dikiit.
Pantaslah motor honda irit, karena derajat bukaan klepnya lebih singkat dibanding rata rata motor lain.
Tapi ada harga yang harus dikorbankan, tenaga juga irit.
megapro 1: 35 buat harian.
shogun 110 1 : 45.
Mau cari simbol irit HONDA atau fakta sehari hari mega pro boros untuk motor 4 tak.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by p4nd4 »

Cloud wrote:maksudnya boros gimana? kalau boros tergantung pemakaian sih normal, misal karisma cuma 1 liter 40 km ato malah 35 km, tapi bawaannya gas pol rem pol, kalo pindah gigi sampai rpm melengking. itu namanya normal. kalo pake jalan biasa, idealnya 1 liter 50 sampe 60 km. nah, kalo econo ride, rata-rata diatas 80 km/ liter.
pertama, cek tekanan ban. kalo kempis, bisa lebih boros. kalo pake ban besar, juga lebih boros walau dikit banget.
cek juga ketegangan dan kelancaran rantai.
kalo dirasa masih boros, coba diperiksa filter udaranya, mungkin kotor, kevakuman di venturi lebih tinggi, bensin tersedot lebih banyak. kalo udah kotor banget, ganti aja.
periksa juga, apakah komponen di karbu sudah aus, ato jangan2 spuyer sudah dirojok? spuyer jarang banget aus, kalo yang cepet aus justru jarum skep n rumahnya (suling)
lalu periksa kerenggangan katup. standarnya 0,03 mm. pake 0,05 mm gak papa (setelan filler seret/rapat), tapi mesin sedikit lebih berisik. tarikan justru lebih enak, n bbm lebih hemat.
kalo udah, periksa tekanan kompresi, pake compression tester. kalo tekanannya rendah, silakan cek katup, piston, ring, ato liner. tapi biasanya cuma skir katup aja. kecuali motor sudah diatas 100 ribu km, ato pernah telat ganti oli, maka ring piston, piston n liner bisa kena.
periksa busi, busi yang sudah tidak bagus biasanya tenaga motor turun, ato malah kadang brebet, bensin jadi boros.
kalo koil n cdi kayaknya jarang rusak ya, tapi kalo mo periksa juga gak papa,
terakhir, bensin yang digunakan harus bersih, tidak tercampur kotoran atau zat lain.
nah, cukup itu aja, dijamin mesin jadi hemat lagi, hehehe....

Karisma aku sih tahun 2003...standard abis ga pernah ganti apa2 kecuali kanpas rem, rantai dan ban :P trus tiap bulan ganti oli dan servis sekali-kali servis da bulan sekali...cara pakai alus....ga narek2, biasanya pake gigi 3 di 50kmph sekali-kali masuk gigi 4 ke 80kmph tidak pernah lebih...1 hari jalan kirakira 40km 2 hari isi minyak sekitar 15rb (2,5liter) termasuk boros toh ? kalo ukuran 4tak ?
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by Cloud »

Wah, itu sih sudah termasuk boros, kalau pemakaian seperti itu (tanpa kena macet parah), idealnya bisa 1 : 50 an, atau seboros-borosnya 1 : 40. kalau 80 km (2hari) bensin 2,5 liter, berarti 1:32.
coba dicek secara keseluruhan. kalo mesinnya tidak bermasalah, cek juga kelancaran roda, rem, dsb. kalo misalkan rem agak tertekan (seret), juga bikin boros.
eh, kalo 50 km/jam boleh kok pake gigi 4, bahkan 40 km/jam bisa pake gigi 4, asalkan jalan datar n cuma kecepatan konstan.
atau, bisa jadi pemilihan oli mesin yang terlalu kental? idealnya pakai 20W 50, atau 15 W 50. kalau sering pakai 10 W 40 juga gak papa,asalkan kualitasnya bagus.
terus, 1 lagi. kalo karburator gk ada yang aus, tapi boros, kemungkinan setelan ketinggian pelampung terlalu boros. solusinya bisa diiritkan lagi.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by p4nd4 »

itu dia bro..jadi bingung loh, oli mesin pake mobil extra 4t 10 w 40 dah 3 tahun lebih kayanya...perjalanan ga sering kena macet...cuman ada naek turun gitu...yahh ga tinggi2 amat dehh....aku ga sering masuk gigi 4 soalnya kok masuk gigi 4 tenaga langsung drop gitu...gigi 3 aku panjang...dulu pernah test tarik sampe ke 80kmph...nahh jadi kalo mo masuk gigi 4 itu minimal harus tarik dulu ke 70 trus masuk 4 baru enak...masuk gigi 4 di 60aja kadang langsung drop tenaganya...ga kuat di tanjakan...terpaksa buang gigi lagi ke 3...apa ratio gearnya yahh...kalo mesin seharusnya ga masalah bro sampe sekarang mesinnya masih halus gitu lohh..roda dan rem mmm tiap bulan servis loh bro..trus mekaniknya juga dah kenal sihh...
FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by FARID »

bro motornya jangan sering2 diservis.kalo 40km/hari satu bulan baru 1200km.bisa longar semua tuh bautnya terlalu sering buka pasang.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by p4nd4 »

wahh gitu toh bro...trus biasanya berapa km baru servis bro ?...

dulu sering pake pertamax..ada yang bilang kalo pake pertamax bisa kena karbu yah bro ?
BlueShark
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Sep 13, 2008 16:03

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by BlueShark »

halah.... penipuan ini mah....
orang AHM nya yg bilang sendiri kalo Honda Beat itu yg paling irit (73 km/L kkalo g salah).
lah ini koq produk karatan mau dibilang 97km/L ???
where is the logic??? :capede:
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by 123stu »

bro Blue Shark, kyknya ente dendam amat ama AHM yak?
punya pengalaman buruk saat make motor Honda Bro? :lol:
ha3x... :weekk:
piss bro.
User avatar
spin022
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
Location: serpong

Re: Honda Karisma tembus 95 km/liter

Post by spin022 »

BlueShark wrote:halah.... penipuan ini mah....
orang AHM nya yg bilang sendiri kalo Honda Beat itu yg paling irit (73 km/L kkalo g salah).
lah ini koq produk karatan mau dibilang 97km/L ???
where is the logic??? :capede:
iklan itu bener kok bro, tapi pas lomba irit2an, jadi tidak mencerminkan kondisi jalan dan lalulintas yg sebenarnya