Mitsubishi Colt vs. Toyota Dyna vs. Isuzu Elf

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Mitsubishi Colt vs. Toyota Dyna vs. Isuzu Elf

Postby TiongBahru_Ahbeng » 15 Jun 2007, 00:33

Guys, utk kategori light trucks (utk dijadikan mobil box angkut barang) 4 roda dan 6 roda, manakah yg kalian lbh prefer, mitsubishi colt, isuzu elf ato toyota dyna? Tolong dijabarkan jg keunggulan en kelemahan masing masing, reliabilitynya mulai dr engine sampe ke kaki kakinya krn dlm waktu dekat kami akan meremajakan sebagian besar dr armada perusahaan kami. Thanks.<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>

KUYA
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 04 May 2007, 22:44

Postby KUYA » 16 Jun 2007, 00:35

Kenapa tidak menjajaki Foton? Foton adalah salah satu produsen kendaraan-2 niaga terkemuka di China dan light truck-nya termasuk best seller di China dan di Indonesia diageni Indomobil. Saya pernah melihatnya di pameran, modelnya bagus dan terkesan kokoh dan well-built. Tapi untuk sekarang ini yang ada hanya yang roda 4, harganya cuma 90-an jt (dibandingkan dengan merek-merek Jepang yang berkisar sekitar 130-145 jt kosong/tanpa bak) dan gratis bak besi (mungkin ada garansi). Konon sangat ekonomis. Kabarnya Indomobil juga akan memasukkan van diesel serba gunanya (semacam Alphard yang diberi nama "View") tahun depan.

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9514
Joined: 15 May 2003, 23:12

Postby DigitALL » 16 Jun 2007, 08:08

Gw kurang begitu tau kalo light truck. Tp yg pasti Mitsu Colt masih paling laris di Indo.

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Postby TiongBahru_Ahbeng » 16 Jun 2007, 08:42

Kl truk foton yg buatan china itu ketersediaan spare partsnya gimana? Unitnya didisplay di showroom indomobil yg mana? Memang waktu gw ke china, disana banyak skali truk merek china yg dipake disana. Apalagi meliat gaya org mainland mengendarai mobil mrk itu sgt kasar en urak urakan, seharusnya memang truk mrk cukup tough en ga buruk buruk amat.<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Postby TiongBahru_Ahbeng » 16 Jun 2007, 09:00

Bro digitall memang dr pengalaman kami, truk colt kaki kakinya lbh tangguh dr isuzu elf, cm harga spare partsnya sdkt diatas isuzu elf. Skrg armada kami itu campuran berbagai merek, dan utk peremajaan kali ini kami berencana utk menyeragamkan armada kami, salah satu jenis yg kita minati adalah dyna, cm kita tdk tau banyak tentang dyna. Gw pernah dikasih tau sopir kami kalo dyna yg keluaran awal awal dulu kurang bagus, pertanyaannya adalah bagaimana dgn dyna yg skrg?<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>

KUYA
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 04 May 2007, 22:44

Postby KUYA » 18 Jun 2007, 01:02

Coba hubungi Indomobil PIK karena menurut sales Indomobil d pameran bahwa truk Foton ini nantinya bisa dilihat di Indomobil PIK. Mereka juga menjamin ketersediaan suku cadang. Saya sendiri juga tertarik untuk membeli karena selain modelnya cukup bagus, horse power-nya juga cukup besar untuk mesin diesel ukuran 2700-2800 cc dan menurut beberapa relasi kami di Cina bahwa truk Foton ini cukup handal dan tidak kalah dengan Isuzu.

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8847
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Postby Turboman » 18 Jun 2007, 01:29

Mulai 2008 mesin2 truk Foton akan berbasis mesin2 buatan Cummins :

http://www.greencarcongress.com/2006/10 ... d_bei.html

ween
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: 16 Nov 2005, 21:21

Postby ween » 18 Jun 2007, 08:20

untuk dyna baru, itu ada kembarannya: Hino Dutro.......sama halnya dengan xeniavanza,&rushter yang dirakit ADM, Dyna ini juga dirakit oleh hino.........

fyi, sekarang colt diesel/canter dan elf sudah pakai turbo,lho....
dan dutro/dyna kayaknya belom pake turbo....

untuk alternatif aja, coba deh liat2 Mercedes MB700 / MB800 Turbo/non turbo......jauh lebih nyaman, bro....
:)

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Postby TiongBahru_Ahbeng » 19 Jun 2007, 18:40

Bro Kuya, yakin foton didisplay di PIK? Gw sering lewat depan showroom sana loh, so far gw ga ngeliat truk foton disana, ato mungkin gw yg kurang teliti.

Memang betul bung ween, dr yg gue baca di brochure isuzu, memang elf sdh ada turbonya. Sedangkan dyna sptnya masih belum (CMIIW). Kalo yg mercedes MB700 dan MB800 yg bung mentioned, harganya itu brp? Krn gimana pun, untuk peremajaan armada kami, costs itu slalu jd pertimbangan utama.

Bro turboman, keliatannya bung ini sgt ahli dlm masalah mesin mesin diesel, apakah menurut bung, truk foton untuk saat ini worth buying (dibandingkan dgn Dyna, Elf dan Kepala Kuning)? Atau mungkin bung turboman ada suggestion yg lain?

Thx.

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9514
Joined: 15 May 2003, 23:12

Postby DigitALL » 20 Jun 2007, 15:23

TiongBahru_Ahbeng wrote:Bro digitall memang dr pengalaman kami, truk colt kaki kakinya lbh tangguh dr isuzu elf, cm harga spare partsnya sdkt diatas isuzu elf. Skrg armada kami itu campuran berbagai merek, dan utk peremajaan kali ini kami berencana utk menyeragamkan armada kami, salah satu jenis yg kita minati adalah dyna, cm kita tdk tau banyak tentang dyna. Gw pernah dikasih tau sopir kami kalo dyna yg keluaran awal awal dulu kurang bagus, pertanyaannya adalah bagaimana dgn dyna yg skrg?<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>


Saya sih tidak begitu tau detil masing2 kelebihan dan kekurangan, cuma suka baca di majalah saja kalo Mitsu Colt masih menjadi leader di kelas truk. Harusnya otomatis resale value jg lebih tinggi dibandingkan rival. Kalau kaki2nya lebih tangguh berarti masa penggantian jg lebih panjang kan. So ga masalah kalo partsnya cuma sedikit lebih mahal dari Elf. Dijual jg lebih tinggi.

KUYA
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 04 May 2007, 22:44

Postby KUYA » 20 Jun 2007, 17:45

Pak Ah-Beng, memang di Indomobil PIK sudah ada sales Fotonnya (tapi unitnya belum ada). Coba hubungi 588-1370. Ternyata Foton ini launching resminya di pertengahan bulan Juli nanti (di pameran Gaikindo?) dan baru bisa dilihat di gudang Indomobil di Ancol pertengahan bulan Juli nanti. Kabarnya Indomobil baru-baru ini melakukan uji coba 3 unit dengan muatan penuh (> 3 ton) melalui tanjakan-tanjakan (di daerah Nagrek?) dan hasilnya sangat memuaskan. Harga on-the-roadnya di bawah Rp 95 jt dengan garansi 2 tahun atau 50.000 km dan bagi yang inden sekarang akan diberi bak besi (eks built-up) gratis.

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Postby TiongBahru_Ahbeng » 27 Jun 2007, 20:56

Gw dikirimin penawaran sbg berikut (cm chassisnya, belum termasuk Box Aluminum karoserinya):
- Utk Isuzu Elf, gw dikasih discount Rp. 12 juta dr harga price list
- Utk Toyota Dyna dikasih discount Rp. 14 juta dr harga pice list
- Utk Mitsubishi Colt ............ belum tau discountnya berapa dr harga price list.

Ada org sales mitsubishi di forum ini ga yg bisa 'matahin' discount yg diberikan olh sales isuzu en toyota?

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Postby TiongBahru_Ahbeng » 18 Jul 2007, 21:45

Ternyata gw yg kurang teliti, rupanya Dyna model baru juga sdh pake turbo intercooler.

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Postby TiongBahru_Ahbeng » 01 Sep 2007, 22:09

Bung Ween, sesuai dgn permintaan you ke gw:


Mitsubishi Fuso Colt Diesel (OFF THE ROAD)
FE 71 110PS 4 BAN Rp. 129.900.000,-
FE 71 BC 4 BAN Rp. 128.400.000,-
FE 73 110PS 6 BAN Rp. 137.300.000,-
FE 73HD 110PS 6 BAN Rp. 146.700.000,-
FE 74 125PS 6 BAN Rp. 153.700.000,-
FE 74HD 125PS 6 BAN Rp. 158.700.000,-
FE 75 136PS 6 BAN Rp. 165.100.000,-
FE 84 136PS 6 BAN Rp. 176.300.000,-
FE 84G BC 6 BAN Rp. 169.600.000,-


Toyota Dyna (ON THE ROAD)
115 ST 4 BAN Rp. 129.800.000,-
115 ET 6 BAN Rp. 137.500.000,-
125 LT 6 BAN Rp. 156.300.000,-
125 HT 6 BAN Rp. 159.550.000,-
140 GT 6 BAN Rp. 176.150.000,-


Isuzu ELF (ON THE ROAD)

NHR 55 C/C 4 BAN Rp. 134.500.000,-
NKR 55 C/C 4 BAN Rp. 142.500.000,-
NKR 71 C/C 6 BAN Rp. 163.500.000,-
NKR 71 HD 6 BAN Rp. 166.500.000,-

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1005
Joined: 03 Nov 2005, 15:11

Postby anak_singkong » 03 Sep 2007, 14:50

pernah ikut anak2 ekspedisi luar kota pake truk yg paling enak larinya Colt Diesel tarik2an ama Elf di voor jauh tuh.

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Postby TiongBahru_Ahbeng » 05 Sep 2007, 21:45

Bung anak_singkong, apa yg you katakan itu ada benarnya.

Di antara Colt, Elf en Dyna, Elf sebenarnya adalah yg plg lame dlm soal tarikan di tanjakan, slogan ELF yg berbunyi 'rajanya tanjakan' itu hanyalah omong kosong, tanya deh ke supir-supir truck yg sudah terbiasa bawa truck, pasti mereka ga akan recommend ELF, mereka recommendnya either kepala kuning (1st choicenya mereka), ato dyna.

ELF biasanya dipake utk ngangkut beban yg ga terlalu berat, soalnya ini truk ga tangguh, kaki kakinya en tarikannya lame. Sedangkan kalo utk bawa beban berat, plg bagus ambil colt ato dyna, krn chassisnya, kaki-kakinya en tarikannya lebih kuat.

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6429
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Postby imsus2c » 08 Sep 2007, 21:58

Om ahbeng bener, kalo buat tanjakan emang si kepala kuning. Di jalanan solo-semarang ato yogya-semarang, si kepala kuning ini rajanya! Kan tau sendiri di deket gunung merapi ada penambangan pasir. Tuh kepala kuning nyebur ke aliran lava (dingin tentunya!!!) trus naik bawa tuh pasir ke semarang or solo (100 Km, penuh tanjakan, turunan curam, tikungan dan jalanan sempit).
Om ahbeng tau sendiri kan, kalo muat pasir basah 1 bak penuh tuh beratnya berapa ton??? pasti ga lolos di jembatan timbang tuh. Tapi nyatanya si kepala kuning anteng aja sampe semarang atao solo ato yogya.
Ya...kata orang2 kalo buat light truck (mitsu=colt) even heavy truck (mitsu=fuso), yg paling kuat pasarannya di negara kita ya si mitsu.

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1005
Joined: 03 Nov 2005, 15:11

Postby anak_singkong » 12 Sep 2007, 13:07

tempat sy kerja dulu prshn ekspedisi baru aja peremajaan mobil dr Toyota Dyna ke Isuzu ELF eh larinya malah kalah tuh ama Colt Diesel.

apa truk Colt Diesel itu 4x4 ya? koq masuk2 jalanan lumpur tetep bs jalan.

User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: 19 Apr 2007, 13:15

Postby TiongBahru_Ahbeng » 12 Sep 2007, 17:55

Gw tadinya jg kurang begitu tau kekurangan en kelebihan ketiga light trucks tsb., makanya gw bikin thread ini, tp setelah gw tanya ke sana sini (mekanik bengkel, sopir sopir truk perusahaan gw, sampe ke teman yg jg kebetulan ada mobil box), akhirnya semakin 'terang' sudah yg mana yg menjadi 'the weakest link' diantara ketiga merek en tipe tsb.

Kalo utk hino, gw masih belum tau terlalu banyak krn sopir sopir gw ga ada yg pernah berpengalaman bawa hino. Jd, apabila ada member disini yg tau en bs share pengetahuannya tentang hino mau pun truk truk pendatang baru asal china, silakan dipaparkan disini krn gw yakin yg pake mobil box bukan cm company gw seorang, pasti ada beberapa member disini yg jg pake mobil box utk armadanya, lumayan untuk nambah wawasan tentang light trucks.

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Postby Risol1 » 25 Sep 2007, 11:12

udah lah kalo mao beli truk ambil aja mitsu colt diesel. enak bro sparepartnya banyak barang KWnya.
gw dari dulu gak pernah beli barang ori mitsu kalo truk gw ada masalah. abis itu bener kalo colt diesel itu mesin dan sasisnya paling kuat bawa beban berat. IMHO, bahkan untuk mobil pick upnya sekalipun masih jauh lebih hebat L300 daripada kijang/panther pick up. colt diesel dijual lagi juga banyak yg nyari....

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1005
Joined: 03 Nov 2005, 15:11

Postby anak_singkong » 04 Oct 2007, 13:07

klo FUSO gimana?

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6429
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Postby imsus2c » 04 Oct 2007, 13:12

^^^
kalo fuso kayaknya dah beda kelas deh, kalo mo fuso harusnya:
Mitsubishi = Fuso
Isuzu = Borneo
Toyota = Hino
CMIIW

User avatar
mungkin_estilo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 08 Jun 2007, 14:12

Postby mungkin_estilo » 04 Oct 2007, 15:39

Saya punya sepupu yang jadi sales di auto2000 denpasar. Dia sukses jualan dyna. Dia bilang bahwa antara toyota dyno dengan hino dutro sama halnya dengan avanza dan xenia. Dyno dan dutro berasal dari Hino. Malah pada tipe yang 125 PS dutro lebih kuat daripada dyna. Di Bali ada suatu tempat dimana tidak ada truk sekelas itu yang bisa dipake selain dutro (karena beratnya medan, nanjak). Gardan dutro pada tipe 125 PS lebih kuat daripada dyna tipe yang sama sehingga bisa membawa muatan yang lebih banyak (dia gambarkan dyna hanya bisa bawa muatan setinggi 2 papan, dutro bisa bawa 3 papan). Ini keterangan dari sepupu saya lho. Karena saya belum pernah punya n belum pernah pake truk..... Kalo sewa buat angkut barang pindahan dah sering... He he he

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1005
Joined: 03 Nov 2005, 15:11

Postby anak_singkong » 04 Oct 2007, 21:54

mungkin_estilo wrote:Saya punya sepupu yang jadi sales di auto2000 denpasar. Dia sukses jualan dyna. Dia bilang bahwa antara toyota dyno dengan hino dutro sama halnya dengan avanza dan xenia. Dyno dan dutro berasal dari Hino. Malah pada tipe yang 125 PS dutro lebih kuat daripada dyna. Di Bali ada suatu tempat dimana tidak ada truk sekelas itu yang bisa dipake selain dutro (karena beratnya medan, nanjak). Gardan dutro pada tipe 125 PS lebih kuat daripada dyna tipe yang sama sehingga bisa membawa muatan yang lebih banyak (dia gambarkan dyna hanya bisa bawa muatan setinggi 2 papan, dutro bisa bawa 3 papan). Ini keterangan dari sepupu saya lho. Karena saya belum pernah punya n belum pernah pake truk..... Kalo sewa buat angkut barang pindahan dah sering... He he he


sorry..
bukannya DYNA itu sekelas Colt Diesel yg cuma 100PS. masa sih tenaga mesinnya sampe 125PS? klo gitu kalah dong Mitsubishi FUSO? FUSO aja ada yg cuma 120PS (tergantung typenya).

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6429
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Postby imsus2c » 04 Oct 2007, 22:14

imsus2c wrote:^^^
kalo fuso kayaknya dah beda kelas deh, kalo mo fuso harusnya:
Mitsubishi = Fuso
Isuzu = Borneo
Toyota = Hino
CMIIW


Setahu saya, fuso terkecil tenaganya 220PS, kalo msh 120an, masih masuk kelas colt diesel. Sedangkan yg hino. seri-nya ranger sg dan fg.

Utk kelas light truck:
Mitsubishi = Colt Diesel
Toyota = Dyna (Hino Dutro)
Isuzu = Elf

Saya juga belum pernah nyetir truk, tapi berdasarkan omongan orang2 (sopir truk) dan liat dijalanan, mitsu colt diesel emang paling tangguh terutama di tanjakan. Mesin terkenal bandel tetapi spare part mahal. Kalo dyna dan elf, dengan umur pake dan beban yg relatif sama, kata mereka mesinnya lebih cepet ngebul (berasap)


Return to “Suggestion Corner”

Who is online

Users browsing this forum: jason28, kintamani and 7 guests



cron