Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Post by shochu »

saya juga setuju kalo santa fe bandingannya sama harrier.
yang bikin kesan murahan buat saya cuma itu LED2 biru2nya aja. korea banget, kaya HP2 monochromatic jaman dulu yang backlightnya dipakein lampu biru :)
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Yah...bukan di Indonesia aja sih mobil Korea di cibir, di mana mana pun masih dicibir. Sama kaya mobil Jepang jaman dulu, masih dicibir sama merek Amerika/Eropa. Yah namanya masih baru bergeliat, pelan2 nanti pasti image menjadi kuat.

But for me personally, I won't buy a 400+ million Hyundai. Not yet.
Kalo masih di 100, 200an, I would consider a Hyundai.

Kalo udah main di 400 ke atas, mereknya saya juga mau yg kuat - Jepang atau Eropa atau Amerika. Kalo ada LC Prado atau Harrier atau Pajero atau X5 seharga 400an, for me - gak masuk itungan udah Santa Fe :p
Silahkan org lain dulu yg menaikkan nama Hyundai hehehe...
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

FortunerMan wrote:Yah...bukan di Indonesia aja sih mobil Korea di cibir, di mana mana pun masih dicibir. Sama kaya mobil Jepang jaman dulu, masih dicibir sama merek Amerika/Eropa. Yah namanya masih baru bergeliat, pelan2 nanti pasti image menjadi kuat.

But for me personally, I won't buy a 400+ million Hyundai. Not yet.
Kalo masih di 100, 200an, I would consider a Hyundai.

Kalo udah main di 400 ke atas, mereknya saya juga mau yg kuat - Jepang atau Eropa atau Amerika. Kalo ada LC Prado atau Harrier atau Pajero atau X5 seharga 400an, for me - gak masuk itungan udah Santa Fe :p
Silahkan org lain dulu yg menaikkan nama Hyundai hehehe...
Wah, wah.. kalau yang ini, perlu diluruskan.

Justru Anda keliru jika mengatakan mobil Korea itu masih dicibir dimana2. Hyundai Sonata sukses besar di Amerika Utara, Kia doing well di Eropa, GM-Chevrolet Captiva menjadi hit di banyak negara.

Mau bukti kualitas Hyundai?

Click http://www.strategicvision.com/press_release.php?pr=27

Selain itu, di Amerika Utara mereka membuat gebrakan : garansi 10 tahun atau 100,000 miles, untuk mobil bekas mereka!
Hyundai Motor America today announced an industry first with its new Hyundai Certified Pre-Owned Limited Warranty, boasting a 10-year/100,000 mile powertrain warranty on used vehicles going back five model years with less than 60,000 miles.

The enhanced pre-owned program and pre-owned warranty provides buyers with an added level of comfort and satisfaction with their vehicle purchase. The enhanced pre-owned program was launched to Hyundai dealers in May 2007, with warranty being effective from date of original sale.
BMW X5? Gengsi sebuah BMW, tapi kalau soal reliability? Bolak-balik workshop. Tidak percaya? Coba lihat review para users disini, berapa banyak yang mengalaminya :

http://www.carsurvey.org/model_BMW_X5.html

Punya mobil bekas bermerk bergengsi, tapi bolak balik bengkel dan menguras kantong? Apa gunanya sebuah gengsi? Masyarakat kita memang masih terlalu pentingkan yang namanya gengsi, sedangkan dalam masyarakat yang pemikirannya lebih maju, mereka lebih melihat kualitas sebuah produk daripada merknya atau gengsinya.

Dan, di dunia industri otomotif yang global ini, kita harus bedakan antara mobil MERK Jepang dan mobil MADE IN Japan.

Avanza = mobil merk Toyota buatan Daihatsu Indonesia.
Innova = mobil merk Toyota buatan Toyota Indonesia.
Fortuner = mobil merk Toyota buatan Toyota Thailand.
Santa Fe = mobil merk Hyundai buatan Hyundai Korea.
Harrier = mobil merk Toyota buatan Toyota Jepang.

Menurutku, mobil Korea CBU dari Korea, secara build quality, kastanya masih di atas mobil bermerk Toyota hasil produksi Thailand, yang tidak dijual bahkan di negara Jepang sendiri. Maaf jika ada pemilik yang tersinggung, tapi ini adalah kenyataan apa adanya. Tidak percaya? Silakan rasakan dan bandingkan sendiri, misalnya Fortuner vs Santa Fe, yang mana yang lebih tinggi build qualitynya.

Jangan lupa bahwa Korea Selatan itu sudah termasuk negara maju yang hampir setara Jepang, dibanding Thailand apalagi Indonesia.

Build quality Santa Fe, lebih mirip Harrier daripada Fortuner (yang lebih mirip Innova).

Yang tidak percaya, silakan buktikan sendiri.

:)
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Ya kualitas sudah OK, tapi image masih belon OK. Saya nggak bilang kualitasnya nggak OK kan? :) Yg dicibir bukan kualitasnya, tapi imagenya. Image is important everywhere, bukan Indonesia aja.

Anda bilang Santa Fe lebih dekat ke Harrier kan? Setuju, makanya saya bilang - saya lebih baik beli Harrier bekas :P Apa Harrier bekas (2004) juga merongrong?

Kalo sama Fortuner, harga aja udah beda seratus lebih.

Yg saya bilang, saya belum mau beli Hyundai 400 juta. Kalo anda mau, ya silahkan. Lurus toh?
FortunerMan

Post by FortunerMan »

conan wrote: Menurutku, mobil Korea CBU dari Korea, secara build quality, kastanya masih di atas mobil bermerk Toyota hasil produksi Thailand, yang tidak dijual bahkan di negara Jepang sendiri. Maaf jika ada pemilik yang tersinggung, tapi ini adalah kenyataan apa adanya. Tidak percaya?
:)
Tidak, belum tentu :p Kalo saya disuruh pilih Toyota Corolla Thailand vs Hyundai Accent (atau yg sekelas Corolla), saya tetap pilih Corolla.

Camry Thailand vs Sonata Korea - ya pilih Camry.

Yaris Thailand vs Hyundai Avega? ya Yaris
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

FortunerMan wrote:
conan wrote: Menurutku, mobil Korea CBU dari Korea, secara build quality, kastanya masih di atas mobil bermerk Toyota hasil produksi Thailand, yang tidak dijual bahkan di negara Jepang sendiri. Maaf jika ada pemilik yang tersinggung, tapi ini adalah kenyataan apa adanya. Tidak percaya?
:)
Tidak, belum tentu :p Kalo saya disuruh pilih Toyota Corolla Thailand vs Hyundai Accent (atau yg sekelas Corolla), saya tetap pilih Corolla.

Camry Thailand vs Sonata Korea - ya pilih Camry.

Yaris Thailand vs Hyundai Avega? ya Yaris
Lho, coba jawab dulu :

1. Apakah Camry, Corolla dan Yaris itu tidak dijual di Jepang?
2. Apakah Corolla sekelas dengan Accent?
3. Accent itu buatan mana? Apakah CBU Korea? Tidak, sudah rakitan lokal.
4. Hyundai Avega? Rakitan lokal, di negara lain tidak dikenal Hyundai Avega.

Coba Anda baca lagi baik2 apa yang kutulis sebelum Anda sebut2 ttg Camry dan Corolla :
Menurutku, mobil Korea CBU dari Korea, secara build quality, kastanya masih di atas mobil bermerk Toyota hasil produksi Thailand, yang tidak dijual bahkan di negara Jepang sendiri.
Anda sudah mengerti? Mobil Toyota yang tidak dijual bahkan di Jepang sendiri. Camry dan Corolla itu dijual di Jepang, Yaris juga (namanya Toyota Vitz).

Kalau Anda sudah mengerti, tentu Anda bisa sebut sendiri mobil merk TOYOTA tapi tidak dijual bahkan di negara asalnya sendiri.

Avanza, Innova, Fortuner.

Kembali lagi pada pernyataanku;
Menurutku, mobil Korea CBU dari Korea, secara build quality, kastanya masih di atas mobil bermerk Toyota hasil produksi Thailand, yang tidak dijual bahkan di negara Jepang sendiri.
Berarti bukan Accent atau Avega yang dirakit bukan di Korea. Tapi contohnya, Sonata atau Santa Fe.

Silakan bandingkan Santa Fe dengan Fortuner, terutama pada build quality interior, dan standar perlengkapan safety seperti airbag.

Mengenai harga Santa Fe yang lebih mahal, itu disebabkan oleh bea masuk CBU (utuh) dari negara non-AFTA, tidak seperti Fortuner yang hanya 5% dengan skema AFTA. Anggap tidak ada perbedaan biaya ini, dan kita bisa bandingkan build quality mereka head-to-head..
Last edited by conan on Thu Jun 07, 2007 14:29, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22031
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

IMHO :

Apa yang dikatakan Mr. Conan sbg pengamat otomotif adalah benar dan apa yg dikatakan Mr. Fortunerman mewakili customer pada umumnya adalah realistis.

Teringat sebuah artikel di maj. Business Week terbaru bahwa CEO Hyundai USA sedang berusaha mati matian utk meningkatkan image Hyundai dimana saat ini kualitas produk2 Hyundai semakin prima tetapi banyak customer di US tetap Berpersepsi "kalau harganya sudah di atas sekian puluh ribu dollar ngapain beli merek Hyundai" :

http://www.businessweek.com/autos/conte ... han=search


Perbaikan akan kualitas sudah dapat mereka capai, tinggal sekarang peningkatan image & brand value mereka.

Urusan dengan brand dan persepsi customer, memang bukanlah hal mudah, masih ingat waktu [cencored] melebur merek National & menjadikan Panasonic sebagai merek tunggal saja sampai keluar duit sangat besar utk mengkampanyekannya ke seluruh dunia.

Mengenai "brand" Hyundai & usaha mereka dalam memasuki pasar premium cars :

http://www.businessweek.com/magazine/co ... han=search


Sekedar opini pribadi, mohon koreksi kalau salah, maap bila ada yg kurang berkenan.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Leonhearts »

cowcool wrote:Here it is Hyundai Veracruz

http://www.hyundaiusa.com/vehicle/verac ... acruz.aspx
conan wrote:
Turboman wrote: Moga2 Hyundai Indonesia di Gaikindo Expo nanti bisa mamerin "Harrier wannabe" Veracruz 3.0 TDI &
Koreksi sedikit, Veracruz ini bukan Harrier wannabe tapi sekelas di atas kelas Harrier, lebih tepat disebut Audi Q7 wanna be karena Veracruz ini besar, true 7-seater.

Untuk kelas Harrier, model dari Hyundai adalah Santa Fe ini. Harganya lebih murah, kapasitas lebih banyak (7 seats), dan kapasitas mesin mirip2.

Walaupun di Indo banyak yang mencibir Hyundai, tapi realitanya Hyundai sudah menjadi pemain sangat besar di dunia dan akan terus bertambah besar. Toyota sampai mengatakan, they are not worried about Honda or Nissan, but Hyundai. "They're doing everything we did, and they're doing it right."
OOT:Sepintas Veracruz kaya captiva ya.

Bung conan di Indo banyak mencibir Hyundai itu pantas soalnya line up di INdo itu ga ada yang bagus kecuali new santa fe, Tetapi harganya jauh dari jangkauan kebanyakan orang Indo. Dari situ SANTE FE sekelas HARRIER tapi dijalanan orang pasti orang awam atau cewek2 pasti bilang harrier lebih keren dan bagus. Dan new santa fe itu image manjadi buruk akibat dari jeleknya kualitas SANTA FE lama dan bentuknya yang membulat2 itu. Kalo New santa fe mau laku ya harus pake nama laen jangan SANTA FE lagi yang imagenya dah buruk. CMIIW

Bung conan anda bilang captiva bagus ya, gw tertarik nih tapi takut AFTERSALES di kota saya Medan yang jelek. Gw ada rencana mau indent juga. Takut dispecdown demi harga. Sekarang lagi pake blazy mau tukar captiva. Tapi liat2 di majalah sih sangat tertarik dengan CAPTIVA.
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Silakan bandingkan Santa Fe dengan Innova/Fortuner, terutama pada build quality interior, dan standar perlengkapan safety seperti airbag.
Kepemilikan mobil bukan hanya dr feature list saja, setuju? Resale value, reliability, spare part availability, dan juga of course image juga masuk itungan toh?

Kalo saya masih mikir resale value, mungkin anda tidak. Silahkan mencoba Santa Fe, nggak dimarahin kok :)

Nah, udah ada artikel businessweeknya tuh. Persepsinya masih ketinggalan dr produknya. It takes time to build an image. Makanya saya bilang dr semula, nantinya akan kuat. Kata kunci, nanti.

With my money today? 400+ juta buat Hyundai? Belum. 10 tahun lagi, we'll see.
Last edited by FortunerMan on Thu Jun 07, 2007 14:41, edited 1 time in total.
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

Duh bingung amit :?

Kalo sy dikasih duit untuk pilih antara 2 itu sy pilih Fortuner 4x2 yg G kan cuman 310 terus sisa duitnya buat ganti 22", sound, headlight, jok kulit etc... lebih seneng deh :e-dance:
User avatar
fortunerspeed
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Sun May 20, 2007 2:53

Post by fortunerspeed »

mnrt gw klo emang ud sreg abis sama suatu barang yah go for it aja bro ,jgn pusing mikirin apalagi banding2 in sama barang yg laen nya .simple aja lah ,sama ky milih cewe aja kan semuanya serba relative mnrt masing2 orang pasti beda .he3...sori oot neh ,mohon di koreksi klo salah . gw sendiri japanese car minded .
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Kalau tidak salah, aku pernah baca bahwa Hyundai ada rencana merilis varian ketiga Santa Fe setelah 2.7L V6 4x4 dan 2.2L diesel, sepertinya versi 4x2 dengan mesin bensin 4 silinder. Jika benar, sepertinya yang dihargai Rp 325 juta adalah versi ini.

Semakin banyak pilihan terutama bagi yang tidak suka dengan design new CRV yang aneh ;)
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

SantaFe baru pernah keluar 4x4? Memang OTR berapa?
User avatar
xtreme
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Mon Mar 19, 2007 3:52

Post by xtreme »

relisar wrote:Duh bingung amit :?

Kalo sy dikasih duit untuk pilih antara 2 itu sy pilih Fortuner 4x2 yg G kan cuman 310 terus sisa duitnya buat ganti 22", sound, headlight, jok kulit etc... lebih seneng deh :e-dance:
ini yang paling realistis... hue hehehehehehe :e-clap: :e-dance: :D
life is an adventure...~
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24

Post by tigor »

conan wrote:Kalau tidak salah, aku pernah baca bahwa Hyundai ada rencana merilis varian ketiga Santa Fe setelah 2.7L V6 4x4 dan 2.2L diesel, sepertinya versi 4x2 dengan mesin bensin 4 silinder. Jika benar, sepertinya yang dihargai Rp 325 juta adalah versi ini.

Semakin banyak pilihan terutama bagi yang tidak suka dengan design new CRV yang aneh ;)
ya, waktu pameran tuh kalo ndak salah yg diesel atau petrol yah, lupa aku. Yg kuingat harganya 300sekian, n dia 4x2.
Kalo feature n modelnya SantaFe...jauh deh kalo komper ama CRV. Tiga baris, electric seat, dll. jangankan SantaFe...Tuscon aja uenak tenan...160 jt dah dpt tuh yg 2005.
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

wah, kalau New Santa Fe bisa dilepas dengan harga 300-an jt sih cukup menarik tuh, terlepas dengan mesin 4 cylindernya.

Terlepas dari masalah image, menurut saya memang Hyundai has come a long way to improve their product. Produk2 mereka sekarang sudah jauh lebih bagus, bahkan mereka sedang merencanakan lunching sedan Genesis V8 rwd.

Tapi dalam kenyataannya people memang masih terkait dengan masalah image sih (The Yugo Factor), makanya sekarang Hyundai sedang berusaha keras untuk memperbaiki image mereka. :)
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Santa Fee emang bagus.. Fortuner jg cakep (sedikit terlalu tinggi, imho)

Tapi kalo gw pribadi, di level 300 an jt dan 400 an jt, akan milih yg ini nih daripada Santa fee dan Fortuner..

Image

- 2000 cc sekitar Rp 350 jt
- 2500 cc sekitar Rp 430 jt (4x4)

Mesin kecil tapi cabe rawit (wong pake turbocharged). Harga keliatan mahal, tapi turbocharged aja udah berapa..?

Fitur, Image, build quality dijamin yg lain "lewaatt...!" :D :D
Last edited by uch on Fri Jun 08, 2007 2:40, edited 2 times in total.
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Post by cowcool »

Fair enough . Org ngeluarin 400 jeti biasanya ada unsur prestigenya termasuk saya. Inilah PR Hyundai yang harus bisa terus menerus menaikan brand imagenya secara perlahan, kalau secara cepat sulit ya.

Masalah ini dibahas di Business Week Indonesia terbaru dengan judul headline Hyundai - produk prima, brand memble ... kabarnya Hyundai frustated karena meskipun mereka sudah banyak melepas model baru plus 7 years warranty + 10 years engine warranty + discount , penjualannya tetep belum bisa menembus 600.000 unit/year di USA.

Tapi yah memang jualan mobil itu gak gampang terutama menyangkut image dan resale value, karena banyak sekali orang memperhitungkan resale value.

Mazda dan Subaru saja yang menyandang Japanese brand pun banyak di Indo yg tak mau membeli karena masalah resale value ini.

Masalah resale value ini boleh dikata tidak terdapat di industri elektronik, itulah sebabnya Samsung dan LG dapat menggurita dengan cepat. Sebab orang beli tv misalnya mereka tidak mempermasalahkan resale value, asal barang suka ya dibeli.


FortunerMan wrote:Yah...bukan di Indonesia aja sih mobil Korea di cibir, di mana mana pun masih dicibir. Sama kaya mobil Jepang jaman dulu, masih dicibir sama merek Amerika/Eropa. Yah namanya masih baru bergeliat, pelan2 nanti pasti image menjadi kuat.

But for me personally, I won't buy a 400+ million Hyundai. Not yet.
Kalo masih di 100, 200an, I would consider a Hyundai.

Kalo udah main di 400 ke atas, mereknya saya juga mau yg kuat - Jepang atau Eropa atau Amerika. Kalo ada LC Prado atau Harrier atau Pajero atau X5 seharga 400an, for me - gak masuk itungan udah Santa Fe :p
Silahkan org lain dulu yg menaikkan nama Hyundai hehehe...
User avatar
dhejay
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08

Post by dhejay »

FortunerMan wrote:


With my money today? 400+ juta buat Hyundai? Belum. 10 tahun lagi, we'll see.
gue juga. saat ini seandainya gue punya +/- 400mio, buat dibelikan ke hyundai? nggak la ya
mending gue ambil yg lainnya deh.
no offense
endy_en
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Fri Nov 10, 2006 9:48

Post by endy_en »

cowcool wrote:Fair enough . Org ngeluarin 400 jeti biasanya ada unsur prestigenya termasuk saya. Inilah PR Hyundai yang harus bisa terus menerus menaikan brand imagenya secara perlahan, kalau secara cepat sulit ya.

Masalah ini dibahas di Business Week Indonesia terbaru dengan judul headline Hyundai - produk prima, brand memble ... kabarnya Hyundai frustated karena meskipun mereka sudah banyak melepas model baru plus 7 years warranty + 10 years engine warranty + discount , penjualannya tetep belum bisa menembus 600.000 unit/year di USA.

Tapi yah memang jualan mobil itu gak gampang terutama menyangkut image dan resale value, karena banyak sekali orang memperhitungkan resale value.

Mazda dan Subaru saja yang menyandang Japanese brand pun banyak di Indo yg tak mau membeli karena masalah resale value ini.

Masalah resale value ini boleh dikata tidak terdapat di industri elektronik, itulah sebabnya Samsung dan LG dapat menggurita dengan cepat. Sebab orang beli tv misalnya mereka tidak mempermasalahkan resale value, asal barang suka ya dibeli.
yup...gw setuju sekali dengan pernyataan diatas.
Ini menjadi tugas berat Hyundai untuk membangun image mereka. Sambil berandai-andai, kalo kita jadi boss Hyundai gimana cara kita membangun image ?

ayo..ayo.. yang pakar marketing :D
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

endy_en wrote:yup...gw setuju sekali dengan pernyataan diatas.
Ini menjadi tugas berat Hyundai untuk membangun image mereka. Sambil berandai-andai, kalo kita jadi boss Hyundai gimana cara kita membangun image ?

ayo..ayo.. yang pakar marketing :D
Contact aja lembaga2 survey. Hire jd konsultan selama 3-5 thn.. :D
Dijamin hasil survey akan membaik. Jauh lebih efektif daripada iklan.

Mau jadi gubernur..? Bupati..? Hubungi LSI.. akan sangat efektif.

Lho...koq jadi politik..

Sory Pak Lurah.. :D
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Post by shochu »

seinget saya waktu pameran taun lalu, yg murah itu yg petrol 4x2, yang mahal versi CRD nya yg 4x4. harga2 sih udah ga inget lagi..

waktu itu saya juga sempet tanya, hyundai lagi promosi2in program buy back mereka. harga depresiasinya ok banget, tapi santa fe ngga masuk programnya. ya pasti susah jualannya.. :)

coba dia ada program buybacknya juga dgn depresiasi yang setara dgn mobil hyundai lainnya. pasti lebih menarik buat buyer.
naldo

Post by naldo »

Terus terang gw juga demen si Subaru Forester, but yang gw cari mobil bagus, lega, kenceng, kenyamanan... Forester memang kencang, handling bagus banget but sempit... Sori aja neh, tapi rata-rata tinggi di keluarga gw tuh 180CM keatas semua, jadi gak pada bisa duduk belakang...
Gw cari harrier aja x y... Apa honda elysion... Keren tuh Elysion, tinggal minta ganti velg 20"... hehehe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22031
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

cowcool wrote:Fair enough . Org ngeluarin 400 jeti biasanya ada unsur prestigenya termasuk saya. Inilah PR Hyundai yang harus bisa terus menerus menaikan brand imagenya secara perlahan, kalau secara cepat sulit ya.
FortunerMan wrote:Yah...bukan di Indonesia aja sih mobil Korea di cibir, di mana mana pun masih dicibir. Sama kaya mobil Jepang jaman dulu, masih dicibir sama merek Amerika/Eropa. Yah namanya masih baru bergeliat, pelan2 nanti pasti image menjadi kuat. .
IMHO :

Teringat waktu Toyota 18 tahun yg lalu memperkenalkan Lexus ke US, jauh sebelum produknya dikeluarkan Toyota "menggoreng" brand & image Lexus dengan intensive & dgn biaya yg nggak kecil, infrastruktur dibuat beda, Lexus punya showroom & bengkel sendiri yg terpisah dgn Toyota.

Begitu produknya dirilispun, harga yg ditawarkan sgt kompetitif, dulu LS 400 pertama kali keluar th. 1989 MSRP nya di bawah U$D 40 rb. (base price nya 35.000 kalo ga salah), mobil 4000 cc V8 yg setara BMW seri 7, Mercs S class, Jag. XJ ditawarkan dengan harga setara / sedikit lebih murah dr 300 E / BMW 530i, sampai para produsen Jerman kebakaran jenggot & ada yg mengatakan harga LS 400 = harga dumping. ES 250 nya ditawarkan seharga U$D 25 rb. kalo ga salah.

So ketika dirilis di US Lexus diterima pasar dgn cepat, apalagi 5 tahun semenjak dirilis Lexus scr teratur memenangi award di JD Power utk quality survey.

Suatu kisah sukses yg menarik :D
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by DigitALL »

naldo wrote:Guys at SM... Gw lagi mempertimbangkan untuk membeli Santa Fe yang bensin 2700CC V6... Kira-kira bila di bandingkan dengan Fortuner bagaimana y?? Saya tidak melihat harga jual kembali... But harga barunya, santa fe hanya terpaut 5 juta(325juta) n mendapatkan banyak fitur seperti Sunroof, Jok kulit, Model yang sangat cantik dll...
Bokap dapet pinjeman santa fe yang kebetulan diesel(390juta)... Sangat powerfull n torquenya berasa sekali... tidak berasa juga tadi pagi agak rame bisa 120Km/j... Memang bantingannya tidak terlalu empuk n keras because banyak yang bilang fortuner itu keras... Jadi pertimbangan saya disitu, but sekali lagi, bagaimana dengan presepsi rekan-rekan SM?? Apakah ketersediaan Spare parts n servicenya sudah bagus??
Gampang koq, kalo budget ga masalah langsung aja tancap Hyundai Santa Fe 2.7L V6. Dibandingkan dgn Fortuner, jelas Santa Fe unggul secara keseluruhan kecuali resale valuenya (btw, bro kan ga masalah juga dgn hrg jual kembalinya). Baik dari interior, eksterior, mesin dan handling, juga karena memang beda kelas, kualitas dan beda harga. (ini persepsi gw ya).

Ketersediaan spare parts n service ga masalah apalagi bro tinggal di jakarta kan ?! :roll: Tinggal pake 3-5 tahun ganti lagi baru.

Kalo resale value penting, lebih baik ambil Fortuner. Banyak peminatnya di pasar used car dan depresiasi tidak sebesar Santa Fe.

Skrng tinggal test drive, bandingkan sendiri, langsung beli. Gampang toh haha...